Fortuner 4x4

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

jalu wrote:weh yang ngumpul pakar ofroad kelas kakap semua nih...numpang nyimak aja sambil belajar...

numpang nanya juga, untuk selector transfer case (mode 4wd) yg udah sistem "push button" /bukan tongkat, itu sebenernya hanya perbedaan di aktuasi-nya aja atau memang konstruksi transfer case nya berbeda (jauh lbh canggih) ?

mohon dicerahkan om... :big_peace:
klw masih pke transfercase/bukan basisnya FWD,biasanya sih buttonnya dpakai bwat aktivin vakum atw motor elektrik bwat neken mekanisme d transfercasenya. dan fungsi lainnya masih sama, dgn yg tuas bedanya tuasnya d gerakin vakum/motor.
tpi ga tw juga yah, untuk mobil rwd yg baru2 sih...

klw tu mobil basisnya fwd, kya escape xtrail dll.. kemungkinan uda full elektrik.

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Fortuner 4x4

Post by zweifellos »

billyd1773dz wrote:
zweifellos wrote:jadi LSD di semuanya HANYA untuk ngebatasi? bukan misalnya dari ketiganya ada yang pake MURNI mengambil torsi dari roda yang ga ada traksi (terpatar) buat dipindahkan ke yang ada traksi? saya benar2 masih bingung dengan LSD yang dipakai ketiganya.
semuanya ngebatasin om biar tdk 100% torsi dialihkan ke yg hilang traksi. tapi di batasi MAKSIMAL 60% ke yg hilang traksi 40% ke yg dapat traksi.

Om billy bilang semuanya ada LSD dan centerdifflok. dan TIDAK ada DIfflok d gardan, apakah artinya semuanya bisa 50:50 antara depan dan belakang TAPI tidak bisa 50:50 buat kiri dan kanan?
btul om.. saat centraldifflok aktif namanya d mode PARTIME.
kalau ngunci 50:50 kanan kiri harus ada difflok di gardanya.
oh iya mengenai jumlah dan lokasi buat ketiganya? apakah sama juga, cuman punya satu LSD semuanya dan berada di posisi gardan belakang aja?
btul om LSDnya di axle blkng saja.
iya om billy, saya tengok banyak juga yang pake everest di medan. tadi barusan beli bukaan, ngeliat everest parkir. panjang euy (ntah keliatannya aja, ntah emang panjang gitu). mengenai mesinnya emang gimana sih om? kok kayanya sangar bgt (dibanding fortie dan PS)? apa punya everest punya power dan torsi sesangar nissan navara?
teknologi commonrail 2.5 ltr nya setaraf 4D56T yg bandel tpi sudah pke turbo VGT, sehingga powernya lebih gede dari PS,ford powernya 143ps & 330Nm yg 3ltr 158ps dan 380Nm mesin dgn basis yg sama dpakai oleh landrover defender. tulisan d webnya sih accept high sulphur diesel oil around the world.

klw ford pke solar biasa sudah bisa dapat peak power, klw navara mungkin harus pke solar "mewah" agar bisa dapat peak power 174ps 400nm nya.

hehehe emang panjang tu mobil....
oh iya, kemaren baca situs g-klasse, disebutkan g-klasse satu2nya di dunia yang punya/bisa 50:50 disemua posisi (tengah, depan dan belakang atau punya 3 fully differential lock) serta traction system. trus dibilang juga jika satu roda terpatar, akan dialihkan powernya ke yang punya traksi. jadi saya nangkepnya, jika roda salah satu roda terpatar, torsi yang sebenarnya buat roda terpatar ini akan dialihkan ke yang tidak terpatar. nah apakah hal ini (power bisa dialihkan) karena adanya peran traction system atau memang ada differential lock yang bisa bekerja seperti itu?
satu2 nya di dunia sih TIDAK om...
bnyk kok yg dari pabriknya sudah ada 3 difflok seperti ini... seperti sejak tahun 80an LC60,rangerover,nissan patrol pajero gen4, disco3, wrangler JK rubicon, dll... buanyakk... biasanya jd opsi dri pabriknya.

yang aftermarket dari yg selectable merk ARB airlocker atw Auburn Ected yg LSD + Locker juga ada om.. tinggal pasang aja.. biasanya tersedia bwat jimny,landcruiser,cherokee,pajero dll....

ada juga yg automatic locker kya detroit locker terus ada lgi yg permanen.. banyak deh yg aftermarket gini sih..


kalau pke kata "dialihkan" bearti yg kerja traction control. klw LSD dan locker kerjanya "membagi"
saya sih lebih suka kata "membagi" hehe

tapi lebih suka lgi kata "traksi" maksudnya percuma pke full difflok sampai 3 biji atau peralatan 4x4 secanggih apapun klw ban yg diapakai dan travel suspensi tdk mendukung karena tidak bakal dapat traksi. dan percuma pke 3difflok klw jarang di pakai beraksi hehehe..... :D :D

oyah, ada kecendrungan mobil2 yg pke 3difflok asrodanya lebih mudah patah klw ga hati2 ngegasnya. jd bnyk yg lebih memilih membiarkan diffaxlenya tetap OPEN(terutama axle dpan) agar ngegasnya bisa "puas".
mohon dikoreksi: yang saya ngerti, differential lock itu buat MENGUNCI. jadi power ga dialihkan, cuman DITAHAN biar power ga diambil roda yang slip. sedang pengertian LSD yang saya tangkep adalah sebuah differential yang fungsinya MEMBATASI power yang "diambil" oleh roda yang slip dari roda yang punya traksi. benarkah yang saya mengerti selama ini?
simpelnya gini om.. klw difflok pasti ngunci 50:50.
klw LSD tujuannya sih biar ngunci agar pembagian daya bisa seimbang kya difflok, tapi tidak bisa sampai 50:50,pembagian LSD selalu bervariasi tergantung beban.
sori ya kalo balik lagi ke differential dan LSD soalnya masih ada keraguan. :mrgreen:

akhir kata, thanks bgt buat jawabannya.
hehehe nyantai aja om..
happy to share :D :D :D :D :D


:beer:
mantap bgt om billy. thanks bgt. :beer:

jadi sekarang udah yakin gimana prinsip kerja dari difflock dan LSD.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: Fortuner 4x4

Post by iwang »

v8 knalpot kanan kiri, kalo digas goyang mobilnya...heheh mrinding deh kalo dnger suaranya..
seinget saya tu mobil bekas punya tentara deh..yang 5,7L ? 351 yak?
difflock yang ARB2 gitu pada pake vacuum jg bukan yah..? aktifasinya sebatas merubah dari signal/tombol elektrik ke solenoid , motor listrik atau ke pompa vacuum
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

iwang wrote:v8 knalpot kanan kiri, kalo digas goyang mobilnya...heheh mrinding deh kalo dnger suaranya..
seinget saya tu mobil bekas punya tentara deh..yang 5,7L ? 351 yak?
difflock yang ARB2 gitu pada pake vacuum jg bukan yah..? aktifasinya sebatas merubah dari signal/tombol elektrik ke solenoid , motor listrik atau ke pompa vacuum
iya om, pernah nonton V8 5700 350CID yg balap.... wew bulu kuduk gw berdiri.. suara mesinnya sangar pisannn...
jgn kan mobil bwat balap yg biasanya knalpotnya d oprek, WJ V8 std aja uda lumayan hehehe....

iya om difflok ARB d gerakinnya secara pneumatic, di teken udara.jadi d dashbord ada tombol elektrik 1 buat nyalain kompresor 1 bwat locker, jd pertama nyalain dulu kompresornya, setelah mati kompresor(anginnya full) baru bisa di nyalain lockernya.

kelemahannya ARB gtu.. klw kompresornya baru d nyalain musti nunggu dulu sampe full....
dan saat nyalain locker sebaiknya jgn sambil jalan, apa lgi sdgn slip dan d gas..... klw yg langsung nyala ada elektrik locker + LSD Aurburn Ected dia pke magnet buat gerakin kuncinya...

bgtu on lockernya jg ga boleh sadis2 ngegasnya.. hampir sebagian kasus yg patah as/mechanical break down karena salah penggunaan locker.


thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

zweifellos wrote: mantap bgt om billy. thanks bgt. :beer:

jadi sekarang udah yakin gimana prinsip kerja dari difflock dan LSD.
sama2 om..

klw denger prinsip kerjanya dan keterangan ATPM tentang locker dan traction control yg katanya bisa menjamin tiap roda selalu dpt traksi memang mengiurkan..

tpi kenyataannya sekalipun uda fulllocked 3difflok klw bannya ga beres atau nyupirnya kurang baik tetep aja percuma...

apalgi namanya kita ke alam.. segala sesuatu sulit sekali untuk di prediksi.


thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Fortuner 4x4

Post by zweifellos »

nanya lagi om billy kali aja tau. ini tentang LSD nya pajero sport. tertulis di webnya:Hybrid Limited Slip Differential (LSD) mengkombinasikan fitur mechanical LSD dengan viscous coupling unit (VCU). Sistem ini di desain khusus bekerja dengan sistem Antilock Braking System (ABS) untuk menghasilkan traksi yang besar pada saat salah satu roda mengalami slip.

ini kira2 maksudnya apa ya yang dibold? apakah mirip2 traction control?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Fortuner 4x4

Post by zweifellos »

iwang wrote:differential = gunanya bisa membedakan putaran roda kanan dan kiri, asal katanya different/beda, karena traksi, karena mobil belok dsb..w463 g300 punya 3 difflock...satu di axle depan, satu di axle blakang, dan satu di tengah untuk mengunci kedua axle ..jadi asal mesin hidup keempat roda akan berputar dgn kecepatan yang sama, dan mbl bisa jalan terus..virtually unstoppable

difflock gunanya mengunci differential supaya kedua roda tetep muter dengan putaran yang sama..makanya tidak dianjurkan untuk belok..ada yang electric ada yang vacuum operated

LSD : limited slip differential dimana sampai nilai torsi tertentu (nilai slip-nya) torsi akan dipindahkan ke sisi roda yang lain..pake semacam viscous clutch gitu lah..jadi ini semacam traction control, tapi passive (di sisi output mesin)..
traction control yang baru2 ini lebih active, misalnya mengatur posisi gigi matic/shift down, dan mengatur torsi mesin (makanya pada pake drive by wire biar gampang ngatur trotel secara otomatis)..ada jg yang ngerem roda2 yang kekurangan traksi/slip biar torsi pindah ke sisi sebelah..yg paling ruwet di ML 320, 4ETS = traction control + abs + ESP untuk mobil 4x4...
thanks om infonya. :beer:

oh iya mengenai yang ada di ML 320, saya demen ESP nya. menurut survey ini termasuk fitur safety yang penting.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Fortuner 4x4

Post by zweifellos »

aneh juga ngeliat ini. saya ga tau pasti, cuman dari ngebaca2 ngeduganya Pajero Sport ga punya ESP (ESC), tapi baru ngegoogle, nemu berita tentang pentingnya ESP di situs KTB dan gambar pengatarnya di kasih Pajero Sport.
link-nya: http://www.aiwon.com/v2/?mod=autozone&o ... ail&id=618
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

zweifellos wrote:nanya lagi om billy kali aja tau. ini tentang LSD nya pajero sport. tertulis di webnya:Hybrid Limited Slip Differential (LSD) mengkombinasikan fitur mechanical LSD dengan viscous coupling unit (VCU). Sistem ini di desain khusus bekerja dengan sistem Antilock Braking System (ABS) untuk menghasilkan traksi yang besar pada saat salah satu roda mengalami slip.

ini kira2 maksudnya apa ya yang dibold? apakah mirip2 traction control?
mungkin maksudnya sistem LSD biasa + dibantu kontrol traksi lewat ABS bwat ngerem ban yg hilang traksi. klw memang PS di indo ada bearti punya "+" dibanding pesaingnya.

tapi klw ada yg punya pingin nyoba juga seefektif apasih kegunaanya..

jadi klw di ibaratkan dari skala 100 kendaraan dlm mengatasi obstacle oprut di indonesia. misalnya mobil 4x2 dgn ban aspal= 10point pke ban MT/XT jadi 40 klw dia 4x4 maka jadi 80, bila di tambah locker paling banter nambah 20 point.

nah klw LSD + kontrol traksi yg fungsinya d bawah difflok blm tentu sampai 20point itu. dtambah klw pke difflok perlakukan ngegasnya g bisa bebas.

tp gimana pun juga, lebih baik ada dri pada g ada hehehe..... cuma klw misalnya aftermarket dan mesti investasi yg di atas 10jt rasanya kurang worth it sih...

cmiiw

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:
billyd1773dz wrote:ow jadi bener yah?
ughhh... telatt keburu ngambil 1kz-te kemarin... :frm_bang_head: :frm_bang_head: tau gini mending ambil ford aja.. powernya lebih sadis gress pula..
brp harganya om?boleh om PM yah hehe..
harganya lumayan mahal om.. sekitar 60-70 jt.. kurang tahu juga apa yang didapat.. tapi waktu itu ane telepon ke bagian servicenya... nanya2 bisa gak convert evie 4x2 AT ke 4x4.. mereka bilang gak bisa.. paling jual mesin gelondongan.. harga pastinya mereka juga gak tahu.. tapi kisarannya segitu termasuk pajak dan surat2.. ceritanya legal..

hm.. kalo leaf spring gak ada arm yang megang gardan ya?? nanti ane ngolong lagi deh.. :big_peace:

sip sip.. makasih om billy infonya...
wah, mahal jg sih... klw bekas uda dpt 1HD-Tnya VX tu...

suka kepikiran, klw misalnya ATPM ngejual axle+gb 4x4 sebagai opsional, jd konsumen belinya harga+pajak 4x2 setelah di beli, bisa di tambah jadi 4x4, karena hitungannya opsioanal/modifkasi dan buka ke penjualan, jd tdk kena pajak 4x4 yg gede?

bisa kah seperti itu?atw seengaknya jual 4x4 set lengkep baru, biar yg mau masang klw ATPMnya g berani masang bisa di bengkel luar gtu?set lengkap jadi bener2 tinggal plek?



klw leafspring modrn seperti taft GT,wrangler dll biasanya tetep ada lateral rod/trakbar buat ngilangin gejala geboi/ngebuang saat belok.. tpi batang ini klw pun patah/d lepas mobil tetep bisa jalan, paling2 goyangnya nambah. malahan klw yg ngutamain travel suspensi trakbarnya justru sering di lepas.

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Fortuner 4x4

Post by zweifellos »

billyd1773dz wrote:
zweifellos wrote:nanya lagi om billy kali aja tau. ini tentang LSD nya pajero sport. tertulis di webnya:Hybrid Limited Slip Differential (LSD) mengkombinasikan fitur mechanical LSD dengan viscous coupling unit (VCU). Sistem ini di desain khusus bekerja dengan sistem Antilock Braking System (ABS) untuk menghasilkan traksi yang besar pada saat salah satu roda mengalami slip.

ini kira2 maksudnya apa ya yang dibold? apakah mirip2 traction control?
mungkin maksudnya sistem LSD biasa + dibantu kontrol traksi lewat ABS bwat ngerem ban yg hilang traksi. klw memang PS di indo ada bearti punya "+" dibanding pesaingnya.

tapi klw ada yg punya pingin nyoba juga seefektif apasih kegunaanya..

jadi klw di ibaratkan dari skala 100 kendaraan dlm mengatasi obstacle oprut di indonesia. misalnya mobil 4x2 dgn ban aspal= 10point pke ban MT/XT jadi 40 klw dia 4x4 maka jadi 80, bila di tambah locker paling banter nambah 20 point.

nah klw LSD + kontrol traksi yg fungsinya d bawah difflok blm tentu sampai 20point itu. dtambah klw pke difflok perlakukan ngegasnya g bisa bebas.

tp gimana pun juga, lebih baik ada dri pada g ada hehehe..... cuma klw misalnya aftermarket dan mesti investasi yg di atas 10jt rasanya kurang worth it sih...

cmiiw

:beer:
saya setuju om. ban (jenisnya) penting bgt. gitu juga bobot kendaraan (sayang ini kurang bisa dipreteli). saya keingat bobot karena ngeliat tronton bermuatan penuh lewat lumpur licin nyantai aja (bukan berarti bisa kencang, cuman itu tronton bisa lewat di jalanan lumpur licin tanpa kendala). resikonya paling nyangkut gara2 tanahnya ga kuat ngenahan tuh bobot. intinya yang penting itu traksinya.

cuman masalahnya om billy, kalo sekiranya mobil dipakai untuk kegiatan jalan raya 80% dan sisanya off road. mau mengganti ban ke jenis ban cangkol pun kurang efisien terlebih jika memang perjalanan di jalan raya ditempuh dengan kecepatan tinggi.

oh iya om, kalo dah coba2 apa benar memang sistem kerja LSD Pajero Sport dibantu sistem kontrol traksi, bagi2 ya om report nya. :mrgreen:

thanks bgt om billy atas informasinya. :beer:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

zweifellos wrote: saya setuju om. ban (jenisnya) penting bgt. gitu juga bobot kendaraan (sayang ini kurang bisa dipreteli). saya keingat bobot karena ngeliat tronton bermuatan penuh lewat lumpur licin nyantai aja (bukan berarti bisa kencang, cuman itu tronton bisa lewat di jalanan lumpur licin tanpa kendala). resikonya paling nyangkut gara2 tanahnya ga kuat ngenahan tuh bobot. intinya yang penting itu traksinya.

cuman masalahnya om billy, kalo sekiranya mobil dipakai untuk kegiatan jalan raya 80% dan sisanya off road. mau mengganti ban ke jenis ban cangkol pun kurang efisien terlebih jika memang perjalanan di jalan raya ditempuh dengan kecepatan tinggi.

oh iya om, kalo dah coba2 apa benar memang sistem kerja LSD Pajero Sport dibantu sistem kontrol traksi, bagi2 ya om report nya. :mrgreen:

thanks bgt om billy atas informasinya. :beer:
iya om, klw truk engkel biasanya jadi sakti karena pke ban dobel tu blkngnya traksinya jg jad dobel hehe... dan pernah lihat brosur truk ada opsi LSD atw locker gtu klw nda salah.... :D

hehe klw sering di aspal sih ngapin pke ban superkasar, pke ban AT/MT aja cukup... klw ud mulai serius siapin seset lgi bwat ban XT, khusus d pke klw mau turun... hehehe toh ban kasar gini memang ga enak di pke d aspal....


weleh... klw unit testdrive PS d showroom boleh d test aga "nakal" ga yah?? coba gw wartawan yah...

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Fortuner 4x4

Post by zweifellos »

billyd1773dz wrote:
zweifellos wrote: saya setuju om. ban (jenisnya) penting bgt. gitu juga bobot kendaraan (sayang ini kurang bisa dipreteli). saya keingat bobot karena ngeliat tronton bermuatan penuh lewat lumpur licin nyantai aja (bukan berarti bisa kencang, cuman itu tronton bisa lewat di jalanan lumpur licin tanpa kendala). resikonya paling nyangkut gara2 tanahnya ga kuat ngenahan tuh bobot. intinya yang penting itu traksinya.

cuman masalahnya om billy, kalo sekiranya mobil dipakai untuk kegiatan jalan raya 80% dan sisanya off road. mau mengganti ban ke jenis ban cangkol pun kurang efisien terlebih jika memang perjalanan di jalan raya ditempuh dengan kecepatan tinggi.

oh iya om, kalo dah coba2 apa benar memang sistem kerja LSD Pajero Sport dibantu sistem kontrol traksi, bagi2 ya om report nya. :mrgreen:

thanks bgt om billy atas informasinya. :beer:
iya om, klw truk engkel biasanya jadi sakti karena pke ban dobel tu blkngnya traksinya jg jad dobel hehe... dan pernah lihat brosur truk ada opsi LSD atw locker gtu klw nda salah.... :D

hehe klw sering di aspal sih ngapin pke ban superkasar, pke ban AT/MT aja cukup... klw ud mulai serius siapin seset lgi bwat ban XT, khusus d pke klw mau turun... hehehe toh ban kasar gini memang ga enak di pke d aspal....


weleh... klw unit testdrive PS d showroom boleh d test aga "nakal" ga yah?? coba gw wartawan yah...

thx
:beer:
iya om, bener bgt kata om. saya lupa melihat sisi jumlah bannya. tronton kalo ga salah ber ban 12 atau lebih. kebayang jumlah "tempat" mendapatkan traksi buat si tronton.

ban kasar ga enak di aspal, pas dah di off road ringan ke medium, bisa2 ga butuh 4WD buat ngelwatinnya, cuman modal ban kasar doang.

kenapa om ga jadi wartawan 4WD aja om? :mrgreen:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner 4x4

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote: weleh... klw unit testdrive PS d showroom boleh d test aga "nakal" ga yah?? coba gw wartawan yah...
kalo kita pake nama SM gimana ya? dateng ke showroom, bilang dari SM... mau nguji PS, fortie, evie untuk direport di SM... gimana? :e-think: :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

zweifellos wrote: iya om, bener bgt kata om. saya lupa melihat sisi jumlah bannya. tronton kalo ga salah ber ban 12 atau lebih. kebayang jumlah "tempat" mendapatkan traksi buat si tronton.

ban kasar ga enak di aspal, pas dah di off road ringan ke medium, bisa2 ga butuh 4WD buat ngelwatinnya, cuman modal ban kasar doang.

kenapa om ga jadi wartawan 4WD aja om? :mrgreen:
hehe, mungkin asal jalannya datar, dan tdk terlalu bnyk gelombang, walaupun licin/berlumpur dan asal tdk terlalu dalam yg sampai axle nyium tanah. pakai ban sekelas simex ET 4x2 kemungkinan bisa lewat,bgtu juga tronton atw truk engkel.. tpi bawanya mesti ngotot..

tapi klw ada nanjak + licin atau alurnya dalam dan lengket... 4x4 tetep mutlak d butuhin traksi jadi jauh lebih baik, sehingga bawanya bisa nyantai tdk perlu ngotot...

wah sya masih kuliah uy om... hehe

thx yah
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:
billyd1773dz wrote: weleh... klw unit testdrive PS d showroom boleh d test aga "nakal" ga yah?? coba gw wartawan yah...
kalo kita pake nama SM gimana ya? dateng ke showroom, bilang dari SM... mau nguji PS, fortie, evie untuk direport di SM... gimana? :e-think: :e-think:
boleh gtu om? ntar di tanya SM tu apa pula?

hehe ogah ah.. takut di coba trus rusak ntar d suruh beli lagi... taunya ada tag "pecah bearti membeli"


pernah di ceritain temen.. ada seorang offroader nasional dia d hire PT JAVA motor (ATPM landrover) klw nda salah bwat suatu acara ngenalin range rover sport ke media d sebuah trek ntah d sentul atau dimana... yang lucu ntah ke asikan gas atau gimana tu RRS, akhirnya patah suspensinya.... hehehe dia bingung donk.. soalnya sebelumnya yg buka trek ford ranger aja lewat dgn sehat.. nah loh ngerusakin mobil pinjaman 1M lebih tu...

pernah baca jg sih d kaskus klw g salah, ada user RR vogue atw sport yah, yg ngereturn mobilnya karena jajan kaki2 mulu...

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Fortuner 4x4

Post by zweifellos »

kalo g-klasse gimana om? tahan bantingkah bagian2 mobilnya?

gpp dong om masih kuliah, itung2 cari pengalaman. :mrgreen:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: Fortuner 4x4

Post by iwang »

g-class oh g-class...
ya mayan kuat lah didesain buat perang...
mesin krg lebih sama dengan 300E..kaki2 sih kuat..bodi jangan tanya..kaya batu :mrgreen:
:ungg: :ungg: :ungg: jadi inget g300 lagi nehhhh :drinking: :drinking: :drinking:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Fortuner 4x4

Post by roadtrain99 »

^
G klasse? wah..ga salah..hrg nya masih bagus skrg..
pernah pake yg 300 wang?
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: Fortuner 4x4

Post by iwang »

kagak jadi...udah ngeDP..trus ga jadi dijual sama yang punya..hehehe..akhirnya beli 300TE yang abu2 dah
udah sempet diajak jalan2 sama temen...dia jg baru beli..375..thn 95..km 27rebu...macam baru coyyyy
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

klw mw test drive mobil musti kya gini...............

http://www.youtube.com/watch?v=Vk5cyCcn ... re=related

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner 4x4

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote:klw mw test drive mobil musti kya gini...............

http://www.youtube.com/watch?v=Vk5cyCcn ... re=related

:beer:
kurang sangar om bil.. belum ada tanjakan berlumpur, juga gak ada ngukur traveling suspension.. :mrgreen: :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Fortuner 4x4

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote:
maskopat wrote:
billyd1773dz wrote: weleh... klw unit testdrive PS d showroom boleh d test aga "nakal" ga yah?? coba gw wartawan yah...
kalo kita pake nama SM gimana ya? dateng ke showroom, bilang dari SM... mau nguji PS, fortie, evie untuk direport di SM... gimana? :e-think: :e-think:
boleh gtu om? ntar di tanya SM tu apa pula?

hehe ogah ah.. takut di coba trus rusak ntar d suruh beli lagi... taunya ada tag "pecah bearti membeli"


pernah di ceritain temen.. ada seorang offroader nasional dia d hire PT JAVA motor (ATPM landrover) klw nda salah bwat suatu acara ngenalin range rover sport ke media d sebuah trek ntah d sentul atau dimana... yang lucu ntah ke asikan gas atau gimana tu RRS, akhirnya patah suspensinya.... hehehe dia bingung donk.. soalnya sebelumnya yg buka trek ford ranger aja lewat dgn sehat.. nah loh ngerusakin mobil pinjaman 1M lebih tu...

pernah baca jg sih d kaskus klw g salah, ada user RR vogue atw sport yah, yg ngereturn mobilnya karena jajan kaki2 mulu...

thx
:beer:
waktu PS kemarin, yang nyobain si masouka.. diajak speed rally... :mrgreen: :mrgreen:
sayang bukan speed off road edan seperti lokalan...

hm.. kalo kita lagi TD mobil 4x4 trus patah as.. gimana ya? harusnya kan bukan kita yang salah..mobilnya aja yang kurang tangguh... :mrgreen: :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:
billyd1773dz wrote:klw mw test drive mobil musti kya gini...............

http://www.youtube.com/watch?v=Vk5cyCcn ... re=related

:beer:
kurang sangar om bil.. belum ada tanjakan berlumpur, juga gak ada ngukur traveling suspension.. :mrgreen: :mrgreen:
hehe tpi kan bener2 adu ketangguhan... hehehe d suruh adu nyundull..... :big_peace: :big_peace: :big_peace:

hehehe media mana yg nyoba gini hehe?

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Fortuner 4x4

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote: waktu PS kemarin, yang nyobain si masouka.. diajak speed rally... :mrgreen: :mrgreen:
sayang bukan speed off road edan seperti lokalan...

hm.. kalo kita lagi TD mobil 4x4 trus patah as.. gimana ya? harusnya kan bukan kita yang salah..mobilnya aja yang kurang tangguh... :mrgreen: :mrgreen:
hehehe iya itu yg sya takut......

kebayang ga klw waktu masuoka ngedemoin PS, terus bannya copot gtu? padahal kan pers lgi pada ngumpul..........

:snipersmile: :snipersmile: :snipersmile:

maksudnya nunjukin ketangguhan mobi, eh malah ketahuan cacatnya.. hehehe

tpi yg jempolan ngedemoin mobilnya sih ford uy, langsung d TKP hutan tropis....


thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz