Forum Spare parts

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

peradam atau damper di pulley kan berfungsi untuk meream kejutan2 yang di terima pulley crackshaft waktu tejadi beban yang tiba2, misalkan kompressor AC yang on/off. kan otomatis akan mempengaruhi dumper/peredam pulley ini.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Forum Spare parts

Post by BADAK »

m4rio wrote:peradam atau damper di pulley kan berfungsi untuk meream kejutan2 yang di terima pulley crackshaft waktu tejadi beban yang tiba2, misalkan kompressor AC yang on/off. kan otomatis akan mempengaruhi dumper/peredam pulley ini.
Benar bro, makanya biasanya bunyi ini akan muncul seaktu AC di on/off kan, atau waktu setir dibelokkan.
Kalo udah selip mmg udah parah bro, jd harus secepatnya diganti.
Oiya, buat bung momod buat thread lg donk mengenai bunyi2an di mobil dan problem yg kemungkinan terjadi.
Jadi misal sewaktu mobil start berjalan, ada bunyi "klang", itu berarti cross joint perlu diganti.
Begitu dst, jadi kita para newbie ini bisa paham kerusakan2 yg muncul dr bunyi nya.
Mungkin para SMer ada yg bisa menambahkan untuk bunyi2an lain?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

kalo untuk bunyi2an saya rasa suah untuk di buat kan.
kan masing2 orang penjelasan bunyi2annya itu berbeda. misalkan kalo saya bilang bunya " klek klek" nah mungkin orang lain bakal bilang bunyi " tek tek "
trus juga posisi bunyi2annYa ini susah untuk di deteksi sama orang yang awam.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Forum Spare parts

Post by DOHC »

m4rio wrote:
DOHC wrote:btw, gmana caranya ntuh pulley uda minta diganti bro, sperti bunyi, atau muter nya aneh ??
caranya coba top kan mesin anda pada top 1 dengan tanda top pada pulley, nah setelah itu check apakah masing2 rocker arm yang seharusnya pada top 1 tersebut menekan atau bebas dengan semestinya apa kagak, kalo udah kgk berarti itu tandanya pulleyNYA udah geser. dan kalau ampe sudah bunyi ( saya belom tau gimana bunyiNYA, karena belom ampe bunyi punya saya ) itu harus cepat2 di ganti loh. atau copot bgitu aja, kata mekanik beres.
oww bearti ini musti pas stel klep baru ketauan yah... terakhir waktu stel klep sigh masi fine2 aja...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Forum Spare parts

Post by DOHC »

btw, pulley crankshaft di panther itu kan muat buat 3 belt... yg dimaksud oleh bro mario itu pulley uda geser itu, antara masing2 3 belt tsb itu saling geser (celah nya ga sama lebar) atau apa neh....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

DOHC wrote:btw, pulley crankshaft di panther itu kan muat buat 3 belt... yg dimaksud oleh bro mario itu pulley uda geser itu, antara masing2 3 belt tsb itu saling geser (celah nya ga sama lebar) atau apa neh....
bukan broo.. bukan itu maksud saya. maksud saya geser itu begini loh. pulley itu terbagi jadi 2. bagian dalam dan bagian luar ( tempat dudukan belt ) nah kedua bagian ini di batasi ama peredam atau damper yang gunanya untuk meredam kejutan2 yang di sebabkan oleh mesin itu sendiri seperti pada saat on/off AC yang dimana terjadi hentakan pada saat magnetic clutch kompressor ac menempel dan melepas. kalau tidak di beri peredam atau damper seperti ini maka kemungkinan pulley itu bisa berakibat pecah.
nah yang dimaksud dengan geser itu misalkan yang semula apa bila dengan mengikuti tanda coakan TOP pada pulley dengan tanda yang di mesin itu TOP nya dapat, kalau pulleyNYA udah geser itu jadi bagian luar dan dalam sudah tidak sejajar lagi TOPnya. contoh misalkan kita mau menyetel pada posisi top 1, kalau pulley yang sudah geser waktu kita mau TOP-in tanda coakan TOP di pulley sudah ketemu dengan tanda yang di mesin tapi sewaktu kita mengecek push rod atau rocker arm maka mesin itu belom menunjukan tanda2 kalao sedang TOP 1.. nah itu berarti pulley sudah geser antara bagian luar dengan bagian dalam, kalau sudah begini kalao mau top 1 ya harus dengan keahlian masing2, kalao orang yang sudah lihai tentu saja tak masalah.... begitu broo penjelasan dari saya, dan apa yang saya tau aja ini.

ada yang mau menambahkan???
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Forum Spare parts

Post by ZombiEE »

bro mario: kalo boleh tanya..damper ini kalo sudah soak..apakah dibarengi kebisingin mesin yg meningkat pada saat idle atau pun digas dikit?
apakah akan berpengaruh thd getaran mesin yg menjadi semakin getar maupun suplai listrik alternator yg kurang stabil?:)
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Forum Spare parts

Post by sjamsul »

BADAK wrote: Jadi misal sewaktu mobil start berjalan, ada bunyi "klang", itu berarti cross joint perlu diganti.
klo cross joint dah diganti, tp msh bunyi juga kemungkinan lainnya apa ya bro..... :e-think:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

ZombiEE wrote:bro mario: kalo boleh tanya..damper ini kalo sudah soak..apakah dibarengi kebisingin mesin yg meningkat pada saat idle atau pun digas dikit?
apakah akan berpengaruh thd getaran mesin yg menjadi semakin getar maupun suplai listrik alternator yg kurang stabil?:)

kgk ada hubungannya broo dengan kebisingan mesin yang meningkat kalau kondisi kerusakan damperNYA belom terlalu parah, kalao suaranya yang udah parah saya gk tau deh ya broo... tapi ngmg2 mobil bro apaan??? panther juga??? kalau mank panther juga suara berisik itu sebelumnya gk ada kan?? ada beberapa kemungkinan broo. yang pertama dari yang paling murah ya itu setelan KLEPnya. atau bisa juga dari timing gearnya yang sudah aus broo, ini bakalan signifikan banget kasarnya, mangkanya ada yang menyarankan kalau pengen timing gearnya awet dilakukan penggantian secara berkala bearing timing gearNYA... untuk mencegah timing gearNYA kena, cukup mahal loh kalo gk salah ini partz...

kalau getaran hmmm saya rasa tidak juga ya, kalo mank getaranNYA terlalu keras coba check engine mountingNYA tuh. oh ya getaran yang di maksud di sini getaran normal atau pincang?????

kalau suplai ke alternator saya rasa juga tidak ya broo. karena putaran beltNYA tetap sama hanya saja posisiNYA yang berubah.

ini menurut sepengetahuan saya ya, kalau ada yang mau menambahkan sihlakan????
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Forum Spare parts

Post by BADAK »

DOHC wrote:penjelasan teknis nya knapa tuh bro, kaga bole pake yg full bolong di dua sisi nya ??

btw thanks reply nya logh...
Ya setau gw sih, kl dibuat bolong di dua sisinya maka debu&partikel2 asing bisa ikut tersedot, trz akhirnya mengotori ruang bahan bakar, trz kotoran ini lama2 jd kerak yg akan menyebabkan gesekan pada piston.
Tapi filter yg dua2nya bolong kemungkinan dapat memeerikan efek tarikan yg lebih enteng.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Forum Spare parts

Post by ZombiEE »

@mario: mobil saya bkn panther bang:)..cuman dari pembahasan oom..kebetulan mobil ane agak geter juga....tapi khusus a/c aktip..makanya ane tanya2..mana tau bisa dapet clue..skg ane lagi meraba2...kira2 penyakit apa yg hinggap di mobil ane;)...thanks yo...
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

ZombiEE wrote:@mario: mobil saya bkn panther bang:)..cuman dari pembahasan oom..kebetulan mobil ane agak geter juga....tapi khusus a/c aktip..makanya ane tanya2..mana tau bisa dapet clue..skg ane lagi meraba2...kira2 penyakit apa yg hinggap di mobil ane;)...thanks yo...

oooo, gitu yaa.. kalau bro bilang AC aktif baru geter, coba liat deh RPMnya ketika AC nyala. turunnya drastis banget gkk????kalau mank iya berarti kemungkinan ya setelan IDLE UP acNYA broo.. jadi sewaktu mesin dapet beban dari kompressor IDLE UP gk bisa menambahkan RPM untuk menyeimbangkanNYA... bisa IDLE UPnya rusak ataupun setelannya yang berubah.. oh ya, berarti kalau AC off normal ya broo???

ini analisa saya ya broo....

ada yang mau menambahkan??
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Forum Spare parts

Post by ZombiEE »

yup..sekarang sudah pasrah...and dun care..hahahahah
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

ZombiEE wrote:yup..sekarang sudah pasrah...and dun care..hahahahah
pasrah gmn broo?????
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Forum Spare parts

Post by DOHC »

BADAK wrote:
DOHC wrote:penjelasan teknis nya knapa tuh bro, kaga bole pake yg full bolong di dua sisi nya ??

btw thanks reply nya logh...
Ya setau gw sih, kl dibuat bolong di dua sisinya maka debu&partikel2 asing bisa ikut tersedot, trz akhirnya mengotori ruang bahan bakar, trz kotoran ini lama2 jd kerak yg akan menyebabkan gesekan pada piston.
Tapi filter yg dua2nya bolong kemungkinan dapat memeerikan efek tarikan yg lebih enteng.
yg dibuat bolong itu hanya casing nya doank bro... kalo soal mengotori apalagi ampe kesedot debu2 dan partikel nya sigh ane rasa itu lebi ke arah kualitas bahan dari kertas saringan nya deh... kalo emang kertas saringan nya kualitas jelek, yah biar kata casing nya kaga bolong2 di dua sisi nya jg tetep aja kesedot debu2 nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Forum Spare parts

Post by DOHC »

m4rio wrote:
ZombiEE wrote:bro mario: kalo boleh tanya..damper ini kalo sudah soak..apakah dibarengi kebisingin mesin yg meningkat pada saat idle atau pun digas dikit?
apakah akan berpengaruh thd getaran mesin yg menjadi semakin getar maupun suplai listrik alternator yg kurang stabil?:)

kgk ada hubungannya broo dengan kebisingan mesin yang meningkat kalau kondisi kerusakan damperNYA belom terlalu parah, kalao suaranya yang udah parah saya gk tau deh ya broo... tapi ngmg2 mobil bro apaan??? panther juga??? kalau mank panther juga suara berisik itu sebelumnya gk ada kan?? ada beberapa kemungkinan broo. yang pertama dari yang paling murah ya itu setelan KLEPnya. atau bisa juga dari timing gearnya yang sudah aus broo, ini bakalan signifikan banget kasarnya, mangkanya ada yang menyarankan kalau pengen timing gearnya awet dilakukan penggantian secara berkala bearing timing gearNYA... untuk mencegah timing gearNYA kena, cukup mahal loh kalo gk salah ini partz...

kalau getaran hmmm saya rasa tidak juga ya, kalo mank getaranNYA terlalu keras coba check engine mountingNYA tuh. oh ya getaran yang di maksud di sini getaran normal atau pincang?????

kalau suplai ke alternator saya rasa juga tidak ya broo. karena putaran beltNYA tetap sama hanya saja posisiNYA yang berubah.

ini menurut sepengetahuan saya ya, kalau ada yang mau menambahkan sihlakan????
ganti bearing timing gear buat bikin awet timing gear ?? buset... ngeri amat saran nya... setau ane sigh, biar tuh timing gear awet yg plg penting itu dari oli yg dipake, kualitas bagus, jangan telat ganti oli dan jangan ampe tekanan oli turun...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Forum Spare parts

Post by ZombiEE »

m4rio wrote:
ZombiEE wrote:yup..sekarang sudah pasrah...and dun care..hahahahah
pasrah gmn broo?????
uda pasrah bro...emg gitu...kaenya salah air filternya..(dari riset baru2ini)...mobil geter karena TB nya clogged up..moga2..MAF gue kaga rusak..kalo rusak mampus lah aku:(
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Forum Spare parts

Post by DOHC »

uda coba semprot gzox atau dcs gt bang jemb ?? siapa tau bisa sembuh kalo cuman gara2 TB nya kotor...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

kalau menurut ane filter yang dua2nya bolong apa kgk sih sama aja. tergantung konstruksi dari rumah filter udara dan fungsinya aja.
contoh 1 di panther filter udara asliNYA cuman 1 lobang karena kan udara kotor masuk dari bagian samping, sampe di bagian dalam sudah bersih, karena lubanya yang menuju intake atau mesin di bagian atas ya di bikin bolong yg bagian atas aja, kenapa musti atas bawah.

contoh 2. di kijang kapsul dengan mesin 7 K (carburator) filter udaraNYA itu di bikin bolong atas bawah. udara kotor masuk dari samping dan di bagian dalam sudah bersih dan mulut carburator terletak di bagian bawah, dan tetapi kalau di lihat lagi bagian atas tutup rumah filter udara terdapat selang lagi yang saya lupa menuju kemana...

walaupun emang ada yang 2 lobang (atas, bawah) yang ane gk tau apa fungsiNYA. hehehehhe

ini kalo menurut saya loh yaaa....
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Forum Spare parts

Post by DOHC »

^^
yg ane maksud bolong dua sisi itu, bukan yg atas bawah bro... tapi sisi luar dan dalem tabung nya... nah kalo yg ori panther itu sisi luarnya kaga bolong2 smua alias cuman bolong dari stengah ampe ke bawah doank, sedangkan yg aftermarket ada yg full bolong2 seluruh sisi luar tabung nya...
tapi utk both aftermarket atau ori, bagian sisi dalem nya yah sama aja full bolong2 seluruh sisi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

DOHC wrote:^^
yg ane maksud bolong dua sisi itu, bukan yg atas bawah bro... tapi sisi luar dan dalem tabung nya... nah kalo yg ori panther itu sisi luarnya kaga bolong2 smua alias cuman bolong dari stengah ampe ke bawah doank, sedangkan yg aftermarket ada yg full bolong2 seluruh sisi luar tabung nya...
tapi utk both aftermarket atau ori, bagian sisi dalem nya yah sama aja full bolong2 seluruh sisi

ooaalaahhhhhhhh. ternyata saya salah paham ya broo...... maap deh, maap brooo
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Forum Spare parts

Post by BADAK »

m4rio wrote:
DOHC wrote:^^
yg ane maksud bolong dua sisi itu, bukan yg atas bawah bro... tapi sisi luar dan dalem tabung nya... nah kalo yg ori panther itu sisi luarnya kaga bolong2 smua alias cuman bolong dari stengah ampe ke bawah doank, sedangkan yg aftermarket ada yg full bolong2 seluruh sisi luar tabung nya...
tapi utk both aftermarket atau ori, bagian sisi dalem nya yah sama aja full bolong2 seluruh sisi

ooaalaahhhhhhhh. ternyata saya salah paham ya broo...... maap deh, maap brooo
Oaaallaaaahhhh jugaa... ternyata saya jg salah paham broo... Wekekekeke.. Kirain bolong atas bawah.. :upss:
Oiya, udah ada yg pernah make air filter merk FIN/FAST? Gw liat di dalemnya ada ulir nya yg katanya sich bertujuan agar aliran udara bisa lebih lancar mengalirnya. Apakah ada pengaruhnya ya?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Forum Spare parts

Post by DOHC »

^^
hahaha... ane jg smpet binggung bro, kirain uda ada filter jenis baru lagi buat panther...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

@ DOHC . emang bener broo untuk membantu agar supaya timing gear awet itu dari oli salah satunya denganmengganti oli ecara teratur dan jalur pelumasanNYA. tapi kalau mengenai bearing ini juga pengaruh bro, coba deh ya bayangin kalau bearing yang mulai rusak atau oblak kan pengaruh ke timing gearNYA Juga ikutan oblak nah kalau tetep di paksa muter, bagaimana dengan nasib timing gear yang gerakannya tak beraturan lgi??
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

oh ya ada yang pernah ketemu ISUZU panther patah AS roda depan gk ya?? saya pernah lihat 2 kali dan dua2 nya di bagian kanan patahnya. apa emang terlalu empuknya ya suspensi depan dan terlalu beratnya mesin yang digunakan?????

kalau patah begini ganti kena berapa broo partzNYA???
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!