Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

stingray_1409
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jul 13, 2009 13:31

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by stingray_1409 »

RWD base car, Wishbone front arms, SR20DET, ACT clutch, HKS ball bearing turbo, HKS intercooler, 1,5 LSD, Motec M4 Engine Management.. aduuuuh...
'98 Mercedes-Benz C230K
(Dry) Nitrous Express
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by Risol1 »

maskopat wrote:1. handling lebih bagus, ini masalah oversteer understeer. ane kagak tahu yang mana oversteer mana yang understeer.
FWD Understeer, RWD Oversteer.

Pernah nonton pelem Hunter jadul ngga bro? Yg banyak adegan2 kejar2an mobilnya?
Nah pas lagi kenceng, abis itu tiba2 dibelokkin, mobilnya si hunter "pan.tat"nya ngebuang dulu kan di tikungan, nah itu oversteer.....artinya kemungkinan besar si Hunter lagi naik mobil RWD tu :mrgreen:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by imsus2c »

maskopat wrote:
Welly2008 wrote:
gmx wrote:itulah kelebihan cefiro, RWD
Sebenarnya kelebihan RWD dibanding FFD itu apa ya... :big_peace:
Apa RWD terasa handling lebih mantab gitu... :roll: :roll:
1. handling lebih bagus, ini masalah oversteer understeer. ane kagak tahu yang mana oversteer mana yang understeer.
Dua-duanya ada plus/minus-nya....seperti yg ditulis meneer risol1, FWD=Understeer, RWD=Oversteer, jd kalo dah ngalamin over/understeer, sama2 ga enaknya... :mrgreen: yang terbaik tentu AWD, traksinya lebih baik
maskopat wrote:
Welly2008 wrote:
gmx wrote:itulah kelebihan cefiro, RWD
Sebenarnya kelebihan RWD dibanding FFD itu apa ya... :big_peace:
Apa RWD terasa handling lebih mantab gitu... :roll: :roll:
2. grip ketika akselerasi mendadak makin kuat. coba bayangin mobil 4000cc high performance dipasangin FWD. nge-drag, ban depan ke-angkat, alhasil ban depan slip mulu. :mrgreen: :mrgreen:
coba bayangin juga ditanjakan.. kalo gerak depan, bisa gak ada traksi tuh. makanya kalo mobil SUV FWD, kalo di jalanan offroad nanjaknya harus mundur.. :big_weee:
Betul...tapi dengan perkembangan jaman/teknologi, stigma itu juga sekarang kurang tepat
contohnya Ford Focus RS Mk2, sedan hatchback performa tinggi, mesin depan high-performance konfigurasi melintang...power output 300Hp/440Nm....sangat powerfull untuk ukuran mobill seukuran itu (hatchback) dan ajaibnya......100% FWD
Engineer ford sudah menemukan cara mentransfer tenaga sebesar itu full ke roda depan (FWD) dengan sistem RevoKnuckle
Performa tidak hanya diuji diatas kertas, sudah dicoba di track, 0-100Kph dibawah 6 detik (5.9 detik) :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
alau hanya FWD atau RWD saja, semuanya juga bisa spin, kalo yg FWD hidung mendongak, kalo yg RWD pan-tatnya megal-megol

Kalau dibanding 4x4, sudah pasti yang 4x2 repot, baik itu FWD maupun RWD....sama repotnya....
Kalau masalah traksi (diluar AWD/4x4), tidak berbeda jauh...
IMHO....di medan offroad, selama RWD bisa lewat, saya yakin FWD pun bisa...asal jangan diadu dengan AWD (4x4) :ungg:

Buktinya..., kita lihat truk trailer container....secara teori, dia (head-nya) memang RWD, tetapi setelah dia bertugas mengangkut kontainer, anggap aja yang 40', itu berat kotor trailer+kontainernya lebih dari 40ton....maka secara "praktek" kendaraan ini jadi FWD karena distribusi bobotnya jadi 20:80 depan belakang dan as penggeraknya tepat di bagian depan, saya sering lihat dia nanjak berat dijalanan jelekpun juga engga kehilangan traksi atau sampai spin :mrgreen:
Demikian pula dengan kereta api...kalo hanya lokomotive-nya saja dia AWD, tapi kalau sudah 1 rangkaian, dia jadi full FWD :mrgreen: bayangkan berapa ratus ton yang dia harus tarik? dan saya belum pernah lihat ada kereta api spin atau harus jalan mundur karena ga punya traksi :upss:
Last edited by imsus2c on Fri Jul 31, 2009 17:29, edited 1 time in total.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by poeticmind »

stingray_1409 wrote:Eterna asik.. Twincam GTi asik.. cuman sayang.. Setan jalanan yang ditulis diatas pada 'Wrong Wheel Drive'..

RWD Rules..!!!
AWD...
Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by imsus2c »

poeticmind wrote:
stingray_1409 wrote:Eterna asik.. Twincam GTi asik.. cuman sayang.. Setan jalanan yang ditulis diatas pada 'Wrong Wheel Drive'..

RWD Rules..!!!
AWD...
betul pak....hehehe...

yang suka RWD berarti hobbynya drift, yg suka FWD berarti hobbynya slalom :upss:

Yg suka AWD berarti hobbynya....?
:e-think: :e-think: :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by poeticmind »

imsus2c wrote:
poeticmind wrote:
stingray_1409 wrote:Eterna asik.. Twincam GTi asik.. cuman sayang.. Setan jalanan yang ditulis diatas pada 'Wrong Wheel Drive'..

RWD Rules..!!!
AWD...
betul pak....hehehe...

yang suka RWD berarti hobbynya drift, yg suka FWD berarti hobbynya slalom :upss:

Yg suka AWD berarti hobbynya....?
:e-think: :e-think: :e-think:
semuanya... wong AWD... hahaha! btw, jaman dulu (90an) saya slalom pake kijang buntung lho... so, rwd. :)
Image
stingray_1409
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jul 13, 2009 13:31

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by stingray_1409 »

imsus2c wrote:
poeticmind wrote:
stingray_1409 wrote:Eterna asik.. Twincam GTi asik.. cuman sayang.. Setan jalanan yang ditulis diatas pada 'Wrong Wheel Drive'..

RWD Rules..!!!
AWD...
betul pak....hehehe...

yang suka RWD berarti hobbynya drift, yg suka FWD berarti hobbynya slalom :upss:

Yg suka AWD berarti hobbynya....?
:e-think: :e-think: :e-think:

Hobby pijit.. :big_peace:

ah AWD ga bisa ngedrift om..
'98 Mercedes-Benz C230K
(Dry) Nitrous Express
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by maskopat »

imsus2c wrote:
maskopat wrote:2. grip ketika akselerasi mendadak makin kuat. coba bayangin mobil 4000cc high performance dipasangin FWD. nge-drag, ban depan ke-angkat, alhasil ban depan slip mulu. :mrgreen: :mrgreen:
coba bayangin juga ditanjakan.. kalo gerak depan, bisa gak ada traksi tuh. makanya kalo mobil SUV FWD, kalo di jalanan offroad nanjaknya harus mundur.. :big_weee:
Betul...tapi dengan perkembangan jaman/teknologi, stigma itu juga sekarang kurang tepat
contohnya Ford Focus RS Mk2, sedan hatchback performa tinggi, mesin depan high-performance konfigurasi melintang...power output 300Hp/440Nm....sangat powerfull untuk ukuran mobill seukuran itu (hatchback) dan ajaibnya......100% FWD
Engineer ford sudah menemukan cara mentransfer tenaga sebesar itu full ke roda depan (FWD) dengan sistem RevoKnuckle
Performa tidak hanya diuji diatas kertas, sudah dicoba di track, 0-100Kph dibawah 6 detik (5.9 detik) :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
alau hanya FWD atau RWD saja, semuanya juga bisa spin, kalo yg FWD hidung mendongak, kalo yg RWD pan-tatnya megal-megol

Kalau dibanding 4x4, sudah pasti yang 4x2 repot, baik itu FWD maupun RWD....sama repotnya....
Kalau masalah traksi (diluar AWD/4x4), tidak berbeda jauh...
IMHO....di medan offroad, selama RWD bisa lewat, saya yakin FWD pun bisa...asal jangan diadu dengan AWD (4x4) :ungg:
yupe, selama teknologinya mendukung, tapi bisa aja FWD bisa lewat.. tapi kalo tanjakan 45 derajat, dimana bobot kendaraan sebagian besar bertumpu ke roda belakang, rasanya teknologinya harus bener2 luar biasa.. belum lagi diperburuk dengan lumpur di tanjakan.. :big_peace:
imsus2c wrote: Buktinya..., kita lihat truk trailer container....secara teori, dia (head-nya) memang RWD, tetapi setelah dia bertugas mengangkut kontainer, anggap aja yang 40', itu berat kotor trailer+kontainernya lebih dari 40ton....maka secara "praktek" kendaraan ini jadi FWD karena distribusi bobotnya jadi 20:80 depan belakang dan as penggeraknya tepat di bagian depan, saya sering lihat dia nanjak berat dijalanan jelekpun juga engga kehilangan traksi atau sampai spin :mrgreen:
Demikian pula dengan kereta api...kalo hanya lokomotive-nya saja dia AWD, tapi kalau sudah 1 rangkaian, dia jadi full FWD :mrgreen: bayangkan berapa ratus ton yang dia harus tarik? dan saya belum pernah lihat ada kereta api spin atau harus jalan mundur karena ga punya traksi :upss:
hm... :e-think: konstruksi trailer itu roda belakang kepalanya akan selalu dapat traksi, karena posisi depan trailer lebih tinggi, jadi roda belakang kepala akan tertekan. termasuk di tanjakan, traksi sepertinya akan cukup di roda belakang kepala trailer. apalagi biasanya di bagian belakang ini ada 4-8 ban yang siap membantu nanjak..

agak susah kalo kereta api, karena tidak ada tanjakan yang curam.. tapi yang ane tahu waktu naek kereta mutiara selatan begitu sampe daerah garut, di depan ada lokonya, dan di belakang dibantu dorong oleh loko lain... jadi keretanya jadi front-rear wheel drive.. bukan AWD yah...

ane setuju banget, teknologi jaman sekarang sudah banyak menutupi kelemahan nature dari FWD (FF) dan RWD (FR). tapi coba bayangkan sekali lagi, nature tetap dijalankan plus teknologi.. maknyus dah... makanya mobil F1 tetap dalam layout MR (Mid Engine RWD) gak tahu dalam 10 tahun ke depan akan dipasang layout FR.. :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by poeticmind »

stingray_1409 wrote:
Hobby pijit.. :big_peace:

ah AWD ga bisa ngedrift om..
bisa saja, tapi agak sulit di breaking traction.
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by GTR »

buat mobil kelas segini yah lebih cocok FWD...
Selain faktor bobot & FC masih jadi perhatian, tenaga nya juga bukan segede power mobil sport..
Manfaat Rwd di kelas ini seolah masih ga terlalu jauh dari yg fwd lain di kelasnya, lain cerita kalo peruntukan di sylvia or skyline, dll.
makanya di kelas ini kebanyakan pake FWD.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by imsus2c »

IMHO, satu faktor terpenting yg mempengaruhi handling (dan mungkin juga traksi)...selain dari sistem penggerak, ya distribusi bobot kendaraan tersebut.
Kalau distribusi bobotnya merata depan belakang, handling kendaraan akan jauh lebih bagus

Ini yg lazim diterapkan di sport-car, designernya bisa membagi distribusi bobot kendaraannya secara merata depan-belakang
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
stingray_1409
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jul 13, 2009 13:31

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by stingray_1409 »

Wah maskopat.. terima kasih udah saving my time nulis panjang lebar.. hehe kita sependapat banget tuh.. tadi sambil bengong pulang kerja ketemu juga jawabannya.. eh tapi udah ditulisin.. hehe thx yaaw..
'98 Mercedes-Benz C230K
(Dry) Nitrous Express
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by maskopat »

@Risol1: kalo understeer, seperti film apa ya? masih gak kebayang understeer ini.. berarti roda depan berada di dalam jalur belok ya? atau di luar?

kagak ngarti ane.. :big_slap:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by Risol1 »

Wah kalo understeer susah juga jelasinnya, apalagi nyari pelemnya soalnya understeer gak keliatan......kalo sampe keliatan juga gerakannya sebentar banget dan gak "seindah" oversteer.

Jadi kalo kita naik mobil FWD yg powernya cukup gede di tikungan, karena roda depan itu bebannya lebih berat dari roda belakang (karena posisi mesin), plus berfungsi juga sebagai alat belok, jadi roda depan sering ilang traksi, jadi gerakan mobil bisa agak jackknife gitu. Tapi enaknya understeer lebih gampang dikoreksi (gas diangkat + setir dikoreksi dikit), beda sama oversteer yg lebih susah untuk dikoreksi kalo buat yg belom biasa karena gerakannya agak liar.

Makanya buat orang2 level "pembalap", mereka bilang lebih fun naik mobil RWD....sebaliknya di kondisi salju/jalan licin, lebih enak/aman pake mobil FWD karena lebih gampang koreksi nya pada saat ilang traksi dibanding mobil RWD yang kalo udah ogel2 panta.tnya lebih gampang nyundul mobil lain
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by imsus2c »

Risol1 wrote:Wah kalo understeer susah juga jelasinnya, apalagi nyari pelemnya soalnya understeer gak keliatan......kalo sampe keliatan juga gerakannya sebentar banget dan gak "seindah" oversteer.

Jadi kalo kita naik mobil FWD yg powernya cukup gede di tikungan, karena roda depan itu bebannya lebih berat dari roda belakang (karena posisi mesin), plus berfungsi juga sebagai alat belok, jadi roda depan sering ilang traksi, jadi gerakan mobil bisa agak jackknife gitu. Tapi enaknya understeer lebih gampang dikoreksi (gas diangkat + setir dikoreksi dikit), beda sama oversteer yg lebih susah untuk dikoreksi kalo buat yg belom biasa karena gerakannya agak liar.

Makanya buat orang2 level "pembalap", mereka bilang lebih fun naik mobil RWD....sebaliknya di kondisi salju/jalan licin, lebih enak/aman pake mobil FWD karena lebih gampang koreksi nya pada saat ilang traksi dibanding mobil RWD yang kalo udah ogel2 panta.tnya lebih gampang nyundul mobil lain
yup...setuju meneer.... :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
nampaknya meneer risol1 sangat ahli dalam memberikan penjelasn... :mrgreen: besok kalo ada pilmod lagi, saya akan vote meneer risol1 .............. :ngacir:

FWD lebih nyaman/aman dan baik handling-nya...tapi bukan lebih FUN... :upss: tapi kalo mau lebih aman, nyaman dan mantap...pake AWD :ungg:
RWD akan mendekati "keamanan dan kenyamanan" ala FWD jika design distribusi bobot mobilnya balance, ini yg diterapkan di BMW dan Mercy, mereka RWD tapi handling hebat karena titik gravitasi dan distribusi bobotnya dapat dikatakan sempurna, cmiiw Salah satu cara lainnya, menempatkan mesin ditengah dan RWD ala VW atau porsche

RWD akan lebih mudah kehilangan traksi jika distribusi beratnya masih kurang bagus (terlalu berat di depan), lihat aja mobil pick up yg dia lagi ga bawa muatan...pasti mudah selip/spin apalagi saat jalan licin/lumpur/kubangan, makanya para driver2 mobil pick up kalo lagi kosong gabawa muatan, baknya suka dimuatin karung pasir kayak sansak tinju :mrgreen:

Tapi, sebaik apapun handling FWD/RWD, tetap kalah sama AWD, makanya seperti koreksi om poetic, AWD rules...

Sudah ada test untuk mewakili ini (kalo gasalah oleh autobild jerman di sirkuit contidrom dengan variasi track)
FWD = Ford Focus Mk2
RWD = BMW 130i
AWD = Audi S3

Ketiga mobil ini didesain dan dibuat di jerman (meskipun ford merk amrik)

Hasilnya, Ford Focus melibas BMW, tapi audi S3 mampu menempel ketat Focus, catatan disini, power Audi "dibawah" Focus untuk menunjukkan dengan AWD masih bisa ngejar defisit power dengan keunggulan traksi

Kelemahan lain FWD....siap siap jadi member langganan toko ban (terutama ban depan) jika bawa mobilnya ala pembalap :big_peace:


Halah...malah jadi OOT jauh sekali....ayo kembali ke nissan cefiro :upss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by GTR »

bro kalo kasus focus itu kan mobil sport, cuma segelintir, mungkan ga mutlak buat rata2 mobil fwd.
VW Porsche itu bukannya dikenal mesin belakang ya, di atas/belakang sumbu roda belakang, cmiiw.
yg mesin tengah / MR itu : most ferrari, lambo, nsx, MR-2, MR-S, Esprit.. dll

IMO, BMW merc mostly pilih lay-out FR buat faktor ekonomis juga selain handling, biar bisa sharing struktur dari varian power besar sampe yg power kecil. kebanyakan kelas ini, varian power gede lebih dominan, yah mending dia pilih FR jadi basis.
paling ngga, layout dari firewall, terowongan buat gearbox kopel gardan dll jadi ga banyak dirubah2.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by imsus2c »

GTR wrote:bro kalo kasus focus itu kan mobil sport, cuma segelintir, mungkan ga mutlak buat rata2 mobil fwd.
VW Porsche itu bukannya dikenal mesin belakang ya, di atas/belakang sumbu roda belakang, cmiiw.
yg mesin tengah / MR itu : most ferrari, lambo, nsx, MR-2, MR-S, Esprit.. dll

IMO, BMW merc mostly pilih lay-out FR buat faktor ekonomis juga selain handling, biar bisa sharing struktur dari varian power besar sampe yg power kecil.
betul pak, FF RS Mk2 mobil sport, masuk liga hothatch macam Golf Gti, Renaultsport Clio dll...
test itu mencoba compare FWD, RWD dan AWD
Audi S3 dan BMW 130i-nya juga sudah tuning sport, makanya per tipe penggerak diambil 1 sample, RWD=BMW, FWD=Ford, AWD=Audi
BMW sangat konsisten dengan lay out RWD, seri terkecilnya pun (seri 1) masih pake RWD, di Mercy, mobil kecil (misalnya seri A) sudah pake FWD, cmiiw

Betul pak, terimakasih koreksinya, Porsche dominasinya mesin belakang,
Tapi untuk VW kadang pake mesin tengah,
Kasus VW dan Porsche, dia gampang taruh mesin tengah, karena sama dengan subaru, mereka cukup konsisten (tapi tidak selalu) dengan mesin boxer, lebih ringkas dan rendah gravitasinya, cocok ditaruh ditengah, cmiiw lagi :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by maskopat »

GTR wrote:bro kalo kasus focus itu kan mobil sport, cuma segelintir, mungkan ga mutlak buat rata2 mobil fwd.
VW Porsche itu bukannya dikenal mesin belakang ya, di atas/belakang sumbu roda belakang, cmiiw.
yg mesin tengah / MR itu : most ferrari, lambo, nsx, MR-2, MR-S, Esprit.. dll

IMO, BMW merc mostly pilih lay-out FR buat faktor ekonomis juga selain handling, biar bisa sharing struktur dari varian power besar sampe yg power kecil. kebanyakan kelas ini, varian power gede lebih dominan, yah mending dia pilih FR jadi basis.
paling ngga, layout dari firewall, terowongan buat gearbox kopel gardan dll jadi ga banyak dirubah2.
tambahan muscle car amrik rata2 pake layout FR juga.. seperti corvette, viper.. tapi kayaknya bukan karena alasan ekonomis, barengan dengan produksi massal. kurang tahu deh kenapanya.. ada yang bisa jelaskan?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by GTR »

yap, seri 1 itu juga varian dari 3000cc turbo loh, makanya kalo udah gini, "hematnya" dia pilih Rwd aja. mungkin nanti dia mau develop lagi ke varian lebih dahsyat atau v8 misalnya, lebih gampang.

A class kan ngga/belum ada varian yg power gajah kaya seri 1 or 3 dll di BMW gitu yg rentang varian powernya lebar.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by GTR »

maskopat wrote:
GTR wrote:bro kalo kasus focus itu kan mobil sport, cuma segelintir, mungkan ga mutlak buat rata2 mobil fwd.
VW Porsche itu bukannya dikenal mesin belakang ya, di atas/belakang sumbu roda belakang, cmiiw.
yg mesin tengah / MR itu : most ferrari, lambo, nsx, MR-2, MR-S, Esprit.. dll

IMO, BMW merc mostly pilih lay-out FR buat faktor ekonomis juga selain handling, biar bisa sharing struktur dari varian power besar sampe yg power kecil. kebanyakan kelas ini, varian power gede lebih dominan, yah mending dia pilih FR jadi basis.
paling ngga, layout dari firewall, terowongan buat gearbox kopel gardan dll jadi ga banyak dirubah2.
tambahan muscle car amrik rata2 pake layout FR juga.. seperti corvette, viper.. tapi kayaknya bukan karena alasan ekonomis, barengan dengan produksi massal. kurang tahu deh kenapanya.. ada yang bisa jelaskan?
namanya juga muscle bro....kebanyakan varian tadi, v8 lebih "mudah" bikin rwd, juga buat nyalurin power dan torsi daripada bikin FF. apalagi v8 dan v10 ga mungkin dibikin layout FF.
soalnya dgn perkembangan teknologi, power gede dgn FF baru sekarang memadai di focus RS & segelintirnya.
stingray_1409
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jul 13, 2009 13:31

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by stingray_1409 »

Iya.. subyektif banget.. mobilnya ngga umum produksinya & yg sanggup beli..

Coba gini deh..

FWD: Honda City
RWD: Nissan Cefiro
AWD: Audi S3

btw, mercedes emang FR, tapi sapa bilang handling mercy bagus (Wishbone arm, weight over 2000kg) ? nyaman sih iya.. cuman suruh nyelip baleno di tol juga ga bakal bisa klo ga straight lurus.. beda sama BMW.. rasanya itu semua kembali ke karakteristik & kodrat si mobil tadi dipake sebagai apa.. masa mobil keluarga dipake kebut2an..

Yep.. mobil MR/RR cenderung pake mesin boxer karena lebih compact, well distributed (weight), almost "no" vibration (the pistons are cancelling each other's vibration), faktor gravitasi & dari struktur mesin sangat mudah untuk di forced induction..

Nah.. yang mau ngerasain understeer.. silahkan ngebut pake mobil FF, rem mendadak sambil setir dibelokin.. liat deh mobilnya lurus apa belok.. hehehe..

AWD is great.. true.. I used to drive Mitsubishi Evolution (4WD sih, bukan AWD kaya Impreza) tapi if u wanna drive with style.. go RWD..

Cefironya udah kemana tau nih kayanya om2 SM'ers..

:drinking: mabok ah..
'98 Mercedes-Benz C230K
(Dry) Nitrous Express
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by Risol1 »

GTR wrote:yap, seri 1 itu juga varian dari 3000cc turbo loh, makanya kalo udah gini, "hematnya" dia pilih Rwd aja. mungkin nanti dia mau develop lagi ke varian lebih dahsyat atau v8 misalnya, lebih gampang.

A class kan ngga/belum ada varian yg power gajah kaya seri 1 or 3 dll di BMW gitu yg rentang varian powernya lebar.
BMW juga dah punya mobil FF, itu si Mini Cooper :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by Risol1 »

imsus2c wrote:besok kalo ada pilmod lagi, saya akan vote meneer risol1 .............. :ngacir:
Wah saya belom pantes meneer Imsus, lha cuma nyadur dari web hehehe......halah ane jadi ikut2an meneer meneer nih :big_peace:
stingray_1409
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jul 13, 2009 13:31

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by stingray_1409 »

Risol1 wrote:
GTR wrote:yap, seri 1 itu juga varian dari 3000cc turbo loh, makanya kalo udah gini, "hematnya" dia pilih Rwd aja. mungkin nanti dia mau develop lagi ke varian lebih dahsyat atau v8 misalnya, lebih gampang.

A class kan ngga/belum ada varian yg power gajah kaya seri 1 or 3 dll di BMW gitu yg rentang varian powernya lebar.
BMW juga dah punya mobil FF, itu si Mini Cooper :mrgreen:
Lah.. klo emang bangga sama FF nya itu, ko ga ditempelin logo 'kipas' nya sekalian ? compact, not intended for sporty drivin & feminine.. wajar laaah si mini.. hehe..
'98 Mercedes-Benz C230K
(Dry) Nitrous Express
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by poeticmind »

great! bahasan nya berkembang... nice review, guys! :frm_tumbright:
Image