About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

Welly2008 wrote: Wah.... mantab nih foto-2nya dari Om Gmx, Om Kopat dan Om Sting....

Ane juga makin ngiler nih....pingin beli pajero second ...sekarang nabung-2 deh... :frm_bang_head: :oops:

saat ini ane masih pakai adiknya Pajero...alias kuda grandia MPI.... :mrgreen:
gw juga dulu nabung sepeser demi sepeser om, dari zebra 1.0 '89 ganti avanza G '05 trus ganti pajero V6 3000 '97.. puas, ngga nyesel sama sekali.. yg gw sesali cuma, kenapa ngga dari dulu.. padahal dulu bokap gw yg pengen mobil tangguh kayak pajero, tapi gw baru mampu beli pajero setelah bokap ga ada.. sorry jadi curhat..

mau mobil bagus tapi murah? ambil jandanya SUV mitsu hehehe.. kalo butuh, gw bisa kasih ilustrasi biaya piara pajero
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:
sting wrote: kalo FWD sensasi kurang ato lebih extreem om ?
kalo FWD berarti yang bawa punya nyali selangit.. karena kalo mau nanjak di mobil FWD, berarti harus mundur.. :big_slap: :big_slap:
haha iya harus mundur tu naiknya.... hehe

coba aja deh om...

sya pernah main2 pke xtrail 2ltr 4x2 sya rasa masih mending pke kijang capsul diesel deh... hehe

g tw klw escape sih, tpi mestinya sih better dri xtrail

sya tunggu aja reviewnya yah... hehe

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

gmx wrote:
billyd1773dz wrote:
gmx wrote:ada yang short, 94 jt, kemarin udah di DP sama kenalan yg nyari pajero itu, tapi dia batal, akhirnya ngambilnya yang V6 3000 mau? plat BK, STNK Juni baru perpanjang, 2500 TDi 4D56T, abis test drive dia langsung nelp gw, tarikannya galak katanya.. gen 1 tapi tahun 96.. rekondisi.. body mulusss..
om mobil ini masih janda kah? atw sudah ada yg minang?

hehe

:beer:
^^coba tanyain ke penjualnya langsung 021 98847630, kolektor mobil perang tuh, dijual karena dia baru ambil terrano military version
udah dikontak belum, bill?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by billyd1773dz »

^^
blm om.. hehe sya catet dulu nonya..
sepupu lgi nyari mobil, mwnya sih tak rekomendasiin itu..


thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

billyd1773dz wrote:
sting wrote: iya Om Bill, makin salut and sayang ama ini pajero. A/T membantu banget sekali. Mas Bambang, guide disana wanti2 berkali2 kalo penurunan terjal jangan lupa " LEPAS KOPLING, JANGAN INJAK NGEREM"
Nah, waktu ane di penurunan terjal, mas Budi teriakin dan ingetin lagi, ane malah binggung apa yg mau di injak dan apa yg di lepas, kan ini A/T . Ya udah ,ane konsen ke jalan dan stir aja, jadi gampang. Betul ngak Om Bill, ato bagaimana yg butulnya ?
hehe apa yg di injek wong AT kok... hehe
maksudnya "lepas kopling,jgn injek rem" itu biar engine brake yg melanin mobil fungsinya mirip HDC hehe.. apa lgi gigi 1 4L bisa lambat n smooth bngt tu turunnya...
klw matic, enaknya ngerem pke kaki kiri, kanan bwat gas aja hehe enak tu...

klw kopling malah di teken, terus di rem takutnya jungkel ke depan.. tapi yang rawan di kasus mobil SWB,apa lagi yg ringan macam jimny.. klw LWB macam pajero gini sih lebih aman, kecil sekali resiko bisa jungkel depan, kecuali ya treknya uda ga beres.... hehe
kalo injek kopling, ngga ada engine brake, mobil akan bablas meluncur ke bawah
kalo injek rem terlalu keras sampai ban diam sedangkan gaya gravitasi tetap menarik mobil ke bawah, mobil akan nggeleser susah dikendalikan

kalo injek kopling, mobil meluncur cepat dan lalu pengemudi reflek injek rem, mobil akan salto ke depan, seperti yang diceritain mas bambang sampe ada korban jiwa di poncab..

lepas kopling supaya ada engine brake, injek rem dikit yang smooth untuk membantu engine brake mengendalikan kecepatan roda, dan rasakan sensasinya.. :mrgreen:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote:
sting wrote:kontrol traksi apaan tuh Om ? ngak terasa kepake dimobil. Tapi memang ada kejadian , waktu di penurunan terjal, bengkok tajam, trek tanahnya sengaja dibuat berlobang berseberangan sehingga roda kiri depan dan kanan belakang terangkat agak tinggi dan 2 roda lainnya napak, ane di mobil ngak tahu dan ngak terasa apa2, tapi om Mico dan om Gmx yg liat dan ngasih tahu. Dan pajeronya jalan biasa saja ngak slip ato kesulitan apa2 sekali. apa peran kontrol traksi berperan disini ?
hehe akrobat uy
Image

klw di balik nanjak atw datar bisa nda om? klw bisa bearti memang kontrol traksinya yg kerja.. klw ban depan dan blkng sebelah hilang traksi, dan yg hilang traksi tidak berputar bebas di udara, kemungkinan ada kontrol traksinya tu, efektif bwat nutup kelemahan suspensinya tu...

thx
:beer:
kayaknya track poncab gak ada masalah bagi gen 3.. ban yang melayang gak muter, tapi masih bisa maju..

om bill, apakah ada perbedaan bagi driver untuk full rigid vs FISS + traction control?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by maskopat »

biar makin cinta ama SUV mitsu:
watch?v=VRQarSh_ph8
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

gw dapet PM dari seorang rekan di sini mengenai pajero, gw jawab di sini ya biar bisa informatif juga buat yang lain. ini untuk yang pajero gen 2 V6 3000cc bensin GLS resmi keluaran ATPM

1. Kira2 biaya rawatnya berapa ya? Bisa kasi illustrasi?

pajak kira2 3,5jt/thn, FC buat macet2 mampang sekitar 1:5,5, luar kota 1:7

gw perawatan di bengkel resmi per 10rb km, harusnya sih per 5rb, tapi tiap 5 ribuan ngga banyak yang dikerjain, jadi gw ganti oli sendiri aja kecuali ada yg dirasa perlu untuk diperbaiki. untuk service berkala 10ribuan (service besar) biaya jasanya 500ribuan. biasanya service 10ribuan yang diganti
- busi (spark plug) 6x16ribuan
- oil filter 25ribuan
- kadang2 air filter 50ribuan
- oli 5lt kalo ganti oil filter, kalo ga ganti oil filter olinya 4lt
- oli gardan 6lt, oli transmisi 6lt
harga total yang paling signifikan ada di oli tergantung pake oli apa, tapi oli gardan dan transmisi bisa lama gantinya. oli mesin gw pake motul 6100 15w-50

harga part lain bisa diliat di http://www.ktb.co.id/sparepart.php, walaupun ngga update tapi ngga beda jauh. part yang pernah gw ganti (bisa dibilang karena salah gw juga) adalah waterpump, harga di bengkel resmi 1,6jt, di toko om mandala bisa lebih murah


2. Susah ga cari di pasar, pajero yang masi maknyuss??

nah ini dia pertanyaan bagus, nyari pajero di pasaran aja udah susah, tapi rata2 masih lebih maknyus dibanding kondisi mobil bekas type lain dengan umur sama.. karena rata2 dulunya yang pake adalah kalangan orang2 yang punya cukup anggaran untuk perawatan mobil, kecuali anggaran itu ditilep sama sopirnya.. tetep aja harus hati2 namanya juga hunting mobil bekas..


3. dirumah juga piara galant hiu, kaki2nya rentan banged. gampang jebol. Kira2 pajero gimana kekuatan kaki2nya?

gw juga piara eterna, capek gw ngurusin kaki2nya..

kekuatan kaki pajero, silakan nonton klip ini, thanks to billy yang ngasih link-nya > http://www.youtube.com/watch?v=oZJJHAexN-4

gw belum pernah bermasalah dengan kaki2 pajero, walaupun gw pakenya agak sembarangan. pernah juga bengkel resmi bilang tie rod mesti diganti, ternyata cuma perlu spooring aja, masih bisa disiksa di poncab ngga masalah


4. Harga pasaran 97-98 berapa ya om?

antara 115-150jt, tapi rata2 buka harga 135jt di jkt
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by GTR »

keliatannya sedikit banyak, prestasi di kompetisi2 bergengsi semacam parisdakar maupun lainnya pasti ada kontribusi ke related mass product; paling tidak meskipun cuma sebagai lahan eksperimen/"bermain", disitu ada pengalaman2 yg dapat saja mereka petik dalam melahirkan-mengembangkan suatu produk versi jalanan.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote: kayaknya track poncab gak ada masalah bagi gen 3.. ban yang melayang gak muter, tapi masih bisa maju..

om bill, apakah ada perbedaan bagi driver untuk full rigid vs FISS + traction control?
hmmm jadi gini, klw misalnya tanahnya kering dan konturnya tidak terlalu ekstrim, FISS+tractioncontrol bisa dgn mudah ngelewatin. tpi bgtu di kasih hujan aja, misalnya saat 2 ban dpn blkng mulai ngegantung, yg punya traksi kan tinggal 2 ban lagi yg nempel di tanah. nah klw tanahnya licin 2 ban itu ga bakal sanggup ngegerakin mobil.. mobil pun tetep stuck, beda klw rigid, artikulasinya panjang, dimana bisa mertahanin ke 4 ban terus nempel ke tanah, traksi 4 ban kan tentu lebih baik dari 2 ban.. selain tu bila konturnya ekstrim, semakin sering ban melayang, semakin rawan klontang.

tapi klw id gen3 sih untuk katagori FISS, termasuk yg terbaik..artikulasinya lebih panjang dan durabilitas jg lebih kuat dari compact suv macam crv dkk... soalnya memang SUV beneran bukan crossover....

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by GTR »

crossover kompak kan memang buat keunggulan di rute paling umum bukan utk heavy off road, bro billy.

btw, most SUV sekarang kan jarang yg rigid depan belakang, alias IFS; ini juga traksi nya ga dari 4 ban kalo dari ilustrasi tadi, cmiiw
User avatar
micogilbert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Sep 08, 2008 13:29
Location: Selatan Jakarta

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by micogilbert »

Halo... om-om semua.. ijin gabung ya... hehehe.... fotonya bagus2 niy om kopat..,
baru sekali keluar kandang niy... hahahaha....
:big_peace:


jadi kapan lagi niy bikin seperti ini....??
BIC-655 | Kebo Gembel 4x4
djrudal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:24

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by djrudal »

MITSUBISHI NGGAK NIAT JUALAN ?!?

Teman2, sekedar sharing aja ya. Saya perhatikan kok rata2 showroom mitsu di jakarta (gimana yg di daerah ya? ) kayak nggak niat jualan mobil ya? Pernah suatu hari mau liat + test drive grandis ke cab tebet. Parah banget, showroom berantakan dan nggak clean. Unit nggak display, malah diajak sama sales girl-nya ke bengkel diatas utk liat punya customer yg lagi diservice, itupun seri 2008 awal. Trus si sales-nya jelasin kalau bedanya versi yg baru dimana aja. Halaahh..

Kemarin mau liat pajero sport di cab bintaro, boro2 ada unit display-nya. Yang ada truck semua. Dan yg jaga lagi keluar nggak jelas gitu. Memang sih, katanya fokus jualan mitsu utk niaga. Cuman utk passenger car kan ada market-nya juga yg harus dilayani dg baik. Apalagi beberapa seri kayak lancer, grandis, triton, pajero, dll BUKAN mobil murah kan?

Walaupun tertarik sama pajero sport, sampai sekarang jadi males utk dateng ke showroom mitsu. Kapan ya pihak mitsubishi indonesia menyadari kekurangan ini?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by billyd1773dz »

GTR wrote:crossover kompak kan memang buat keunggulan di rute paling umum bukan utk heavy off road, bro billy.

btw, most SUV sekarang kan jarang yg rigid depan belakang, alias IFS; ini juga traksi nya ga dari 4 ban kalo dari ilustrasi tadi, cmiiw
yup... yg full rigid, tinggal JK,defender,Gklass,LC70,jimny dan nissan patrol aja... jd yg born to be real offroader tinggal mobil td aja..

yg IFS lumayan masih kebantu oleh rear axlenya, yg fiss sulit, enginernya mesti benar2 pinter agar hasilnya tetep maksimal di 2 alam dan pastinya jadi tidak murah...

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by GTR »

Jimny maupun lainnya juga mesti yg model coil spring, kalo masih model leaf spring kan lebih terbatas flexibilitynya yah....selain itu leaf bikin lebih gampang kepentok?
hendra pajero
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Tue Jul 14, 2009 0:46

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by hendra pajero »

micogilbert wrote:Halo... om-om semua.. ijin gabung ya... hehehe.... fotonya bagus2 niy om kopat..,
baru sekali keluar kandang niy... hahahaha....
:big_peace:
Sama, bro
izin gabung jg, kita newbie disini, butuh bimbingannya

kemarin itu ke poncab
kita sangat awam ttg pajero
utk 4wdnya ada 3 setelan :
kalo gak salah nih ya (mbl lg rawat inap)

1. 4H, utk jalanin 4 roda, ganti sambil jalan biasa (nyoba super select-nya)
2. 4 HH ato 4HL, yg ada diff-nya, ada indikator tambahan, (nyoba super select jg)
sya pake buat libas lumpur dan rute yg kira2x akan ada ban yg gak nempel tanah
kayak pas mbl om sting gantung ato pas rute trakhir, ban belakang sya cemplungin ke rute air itu
yg lain udh jalan duluan
3. 4LL, ganti gigi, plus ditekan sebelumnya, harus berhenti dulu

kira2x ada yang salah gak penggunaannya tuh ?
minta pencerahannya
hendra pajero
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Tue Jul 14, 2009 0:46

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by hendra pajero »

hehe mungkin di poncab blm perlu 4LLc yah? torsi mesinnya masih kuat..
gigi 2 di 4LLc kan malah lebih rendah dari gigi 1 di 4H.... hehe kerasa nda om rendah bangt giginya?bwat nanjak segimana juga kuat tuh... di suruh narik truk juga gw yakin kuat... asal bukan dudukannya yg putus hehe...

klw yg kasus om gmx, klw naiknya geser dikit aja, di "angkangin" tu yg ga rata kemungkinan besar bisa naik.... klw gb MT sih di H atw L mestinya mudah ngatur tenaganya ada kopling dan bisa mulai dri gigi berapapun, klw di gb AT bru repot kaga ada kopling punya om sting sih enak triptonik hehehe..... apa lgi klw ngintip di youtube sih.. gen3 ada kontrol traksinya.. tiap ada ban yg ngangkat langusung di rem otomatis...

thx
:beer:[/quote]

kalo utk kasus bro gmx
yg sya liat itu
ban depan jalan, kayaknya masih niat naik tuh
ban belakangnya aja yg gak nempel ke tanah
kurang cengkeraman, muter sih muter
lebih ke arah kurang cengkeramannya aja
kayaknya gak ada yg salah dgn 4wd-nya kok
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

ini sepengetahuan gw dari nyoba2 mobil, baca2 manual book, ngobrol2 di SM terutama dengan billy

yang dimaksud super select adalah ada beberapa mode yaitu:

- 2H yaitu 4x2 High Gear penggerak roda belakang untuk jalan biasa

- 4H yaitu 4x4 High Gear tanpa differential lock dipakai untuk jalan raya, jadi power akan disalurkan secara tidak merata, paling banyak ke roda yang paling sedikit traksinya dengan permukaan trek. misalnya kalo mau naik di jalan yang bergundukan, satu ban ngangkat ngegantung ngga nyentuh tanah, maka semua power akan disalurkan ke ban yang ngangkat tersebut, jadi ngga bisa naik

- 4HLc yaitu 4x4 High Gear dengan differential lock untuk jalan tidak rata atau gravel yang masih memungkinkan kecepatan tinggi. power akan disalurkan secara tetap ke ban belakang dan depan, perbandingan penyaluran powernya gw lupa, gunanya misalnya seperti kasus diatas, power tidak hanya disalurkan ke ban yang ngangkat ngegantung tapi juga ke ban lain sehingga tetep bisa naik

- 4LLc yaitu 4x4 Low Gear, dipakai untuk trek berat. sama dengan 4HLc, tapi kecepatannya jadi rendah sekali namun power besar, misalnya buat manjat tanjakan curam, pelan tapi pasti asal traksi ban ke permukaan tetep bagus, dia akan bisa naik. bila menghadapi turunan tajam akan jadi engine brake yang bagus untuk mengendalikan kecepatan roda supaya mobil tidak meluncur tak terkendali. dengan adanya low gear ini, pajero yang 5 speed berarti sebenernya adalah 10 speed
hendra pajero
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Tue Jul 14, 2009 0:46

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by hendra pajero »

@om kopat
kemarin waktu ban kiri belakang om hendra ngangkat, perhatiin ngga, bannya muter apa ngga, soalnya sebelumnya setelah yang persneling dia ga masuk2, trus akhirnya bisa masuk, terus waktu naik ban kiri depan ngangkat dan muter sedangkan ban lainnya ngga muter makanya dia gagal naik.. gw khawatir masalah di diff lock-nya, mudah2an cuma karena emang tuasnya belum masuk bener[/quote]

utk kasus :

yg dialami di dlm mbl
gundukannya gak tinggi keliatannya
coba pake 4H, eh gak naik, malah turun lg
pas mundur ganti 4HL (yg ada diff-nya)\
sempet terasa naik tapi turun lg

krn esmosi pas mundur, ganti 4lc
kayaknya nekannya kurang ato krn sambil jalan,
lsng gas, trnyata gak naik jg

akhirnya tenangkan diri dulu
masuk 4LC, disentak2x dikit gas-nya
pelan2x naik jg

temen2x asyik diskusi diatas
om kopat agak panik dibelakang, terliat di spion
jadinya ikutan panik deh
hehehe
hendra pajero
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Tue Jul 14, 2009 0:46

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by hendra pajero »

intinya sih :
kita sama2x belajar,
belajar offroad
belajar sosialisasi
belajar ber-komunitas
belajar bikin club (hehehe)

kalo sya pribadi sih ingin menawarkan program jangka pendeknya :
1. Sabtu depan ikut ke jatiluhur bareng tmn2x dcab-id
jalurnya gak extreem banget
dan mrk pasti dgn seneng hati ngajarin kita dan bantuin kalo kepater
1 day experienced
hari kamis akan ada survey-nya, dan nanti dikbarin hasilnya
bisa bw keluarga ato enggak

2. kalo mau ke sentul
dulu rasanya pernah denger ada kursus singkat offroad disana
ada mbl dan instrukturnya
pernah nawarin waktu di Tumpek Blek senayan
gimana kalo kita coba ikut yg itu aja dulu ?
pake mbl-nya dia gantian dan pake mbl kita sendiri
lumayan nambah ilmu

OffroaD Is about having fun and teamwork

You Can Go Fast, But I Can Go Anywhere
Welly2008
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Fri Apr 25, 2008 5:29

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by Welly2008 »

gmx wrote:gw dapet PM dari seorang rekan di sini mengenai pajero, gw jawab di sini ya biar bisa informatif juga buat yang lain. ini untuk yang pajero gen 2 V6 3000cc bensin GLS resmi keluaran ATPM

1. Kira2 biaya rawatnya berapa ya? Bisa kasi illustrasi?

pajak kira2 3,5jt/thn, FC buat macet2 mampang sekitar 1:5,5, luar kota 1:7

gw perawatan di bengkel resmi per 10rb km, harusnya sih per 5rb, tapi tiap 5 ribuan ngga banyak yang dikerjain, jadi gw ganti oli sendiri aja kecuali ada yg dirasa perlu untuk diperbaiki. untuk service berkala 10ribuan (service besar) biaya jasanya 500ribuan. biasanya service 10ribuan yang diganti
- busi (spark plug) 6x16ribuan
- oil filter 25ribuan
- kadang2 air filter 50ribuan
- oli 5lt kalo ganti oil filter, kalo ga ganti oil filter olinya 4lt
- oli gardan 6lt, oli transmisi 6lt
harga total yang paling signifikan ada di oli tergantung pake oli apa, tapi oli gardan dan transmisi bisa lama gantinya. oli mesin gw pake motul 6100 15w-50

harga part lain bisa diliat di http://www.ktb.co.id/sparepart.php, walaupun ngga update tapi ngga beda jauh. part yang pernah gw ganti (bisa dibilang karena salah gw juga) adalah waterpump, harga di bengkel resmi 1,6jt, di toko om mandala bisa lebih murah


2. Susah ga cari di pasar, pajero yang masi maknyuss??

nah ini dia pertanyaan bagus, nyari pajero di pasaran aja udah susah, tapi rata2 masih lebih maknyus dibanding kondisi mobil bekas type lain dengan umur sama.. karena rata2 dulunya yang pake adalah kalangan orang2 yang punya cukup anggaran untuk perawatan mobil, kecuali anggaran itu ditilep sama sopirnya.. tetep aja harus hati2 namanya juga hunting mobil bekas..


3. dirumah juga piara galant hiu, kaki2nya rentan banged. gampang jebol. Kira2 pajero gimana kekuatan kaki2nya?

gw juga piara eterna, capek gw ngurusin kaki2nya..

kekuatan kaki pajero, silakan nonton klip ini, thanks to billy yang ngasih link-nya > http://www.youtube.com/watch?v=oZJJHAexN-4

gw belum pernah bermasalah dengan kaki2 pajero, walaupun gw pakenya agak sembarangan. pernah juga bengkel resmi bilang tie rod mesti diganti, ternyata cuma perlu spooring aja, masih bisa disiksa di poncab ngga masalah


4. Harga pasaran 97-98 berapa ya om?

antara 115-150jt, tapi rata2 buka harga 135jt di jkt
Thanks for sharing om Gmx... :big_peace:

FC : 5,5-7 km/lt termasuk irit juga ye....utk mobil segede pajero.
Btw, untuk ganti oli gardan & oli transmisi....masing-2 butuh 6 lt. Banyak juga pake oli gardannya. Tapi untuk oli mesinya cuman 5 lt ya...

Terus terang sejak gue liat foto-2 " Pajero in action " di Poncab itu ....ane jadi ngimpi-2 terus pingin beli jandanya... :oops:

Oh Pajero...you always in my dreams... I will find you soon... :mrgreen:
User avatar
micogilbert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Sep 08, 2008 13:29
Location: Selatan Jakarta

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by micogilbert »

hendra pajero wrote:intinya sih :
kita sama2x belajar, :frm_salut:
belajar offroad :frm_salut:
belajar sosialisasi :frm_salut:
belajar ber-komunitas :frm_salut:
belajar bikin club (hehehe) :frm_salut: untuk hal yang ini kita bisa bantu dari yang udah ada



2. kalo mau ke sentul :off_good_job:
dulu rasanya pernah denger ada kursus singkat offroad disana
ada mbl dan instrukturnya
pernah nawarin waktu di Tumpek Blek senayan
gimana kalo kita coba ikut yg itu aja dulu ?
pake mbl-nya dia gantian dan pake mbl kita sendiri
lumayan nambah ilmu
Naaahhhhh.... boleh niy sebelum make mobil sendiri... hehehehe......

OffroaD Is about having fun and teamwork : Setuju Om Hendra.... :frm_salut:

You Can Go Fast, But I Can Go Anywhere : Hahahahaha..... yang penting bisa manjat y...?? :e-dance:
BIC-655 | Kebo Gembel 4x4
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

hendra pajero wrote: utk kasus :

yg dialami di dlm mbl
gundukannya gak tinggi keliatannya
coba pake 4H, eh gak naik, malah turun lg
pas mundur ganti 4HL (yg ada diff-nya)\
sempet terasa naik tapi turun lg

krn esmosi pas mundur, ganti 4lc
kayaknya nekannya kurang ato krn sambil jalan,
lsng gas, trnyata gak naik jg

akhirnya tenangkan diri dulu
masuk 4LC, disentak2x dikit gas-nya
pelan2x naik jg

temen2x asyik diskusi diatas
om kopat agak panik dibelakang, terliat di spion
jadinya ikutan panik deh
hehehe
clear deh, ternyata waktu ga bisa naik itu pake 4H, gw diatas itu diskusiin ban muter itu karena seinget gw om hendra masukin ke 4LLc tapi kok ban yang gantung muter sendiri yang lain diem. gw ga tau kalo om hendra udah pindah ke 4H. wajar lah ban itu muter kalo pake 4H. setelah pake 4HLc bisa naik, bisa diartikan diff lock-nya bekerja
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

hendra pajero wrote: 2. kalo mau ke sentul
dulu rasanya pernah denger ada kursus singkat offroad disana
ada mbl dan instrukturnya
pernah nawarin waktu di Tumpek Blek senayan
gimana kalo kita coba ikut yg itu aja dulu ?
pake mbl-nya dia gantian dan pake mbl kita sendiri
lumayan nambah ilmu
gw barusan call temen kerja gw orang land rover, dia bilang bisa masuk perorangan seperti pondok cabe bayar 75rb, kapan mau ke sentul, dia juga pengen ikutan main bawa land rovernya. katanya SCOP itu punyanya orang LRCI ya?
hendra pajero wrote: You Can Go Fast, But I Can Go Anywhere
pajero bisa kenceng juga lho, gw pernah bawa 6 orang dewasa lari 185kmph di cipularang, di jakarta merak juga pernah. sudah ada di DNA-nya sebagai mitsubishi

terakhir ke bandung bawa nyokap, adik gw, mico, tante, om, sepupu, total 7 orang dewasa, ngejar suatu acara, start dari cimanggu bogor (kira2 20 menit dari tol) jam 8, sampe pasteur jam 10. gw cuma bilang gw bisa ngejar acaranya asal jangan ada yang protes..

sebaiknya untuk pajero bisa diganti jadi :

"I Can Go Fast and I Can Go Anywhere"
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

Welly2008 wrote: Thanks for sharing om Gmx... :big_peace:

FC : 5,5-7 km/lt termasuk irit juga ye....utk mobil segede pajero.
Btw, untuk ganti oli gardan & oli transmisi....masing-2 butuh 6 lt. Banyak juga pake oli gardannya. Tapi untuk oli mesinya cuman 5 lt ya...
kalo service 10rb, standardnya bengkel resmi ganti filter oli dan ganti oli, jadi pake oli 5 liter, sebenernya 4,3liter. kalo ganti oli aja tanpa ganti filter cukup 4 liter. biarpun 3000cc tapi mesinnya kecil karena konfigurasi V. service 10 standard bengkel resmi juga ganti oli gardan dan transmisi, walaupun mungkin sebenernya oli gardan dan transmisi bisa dipakai untuk lebih dari 10rb.
Welly2008 wrote: Terus terang sejak gue liat foto-2 " Pajero in action " di Poncab itu ....ane jadi ngimpi-2 terus pingin beli jandanya... :oops:

Oh Pajero...you always in my dreams... I will find you soon... :mrgreen:
bermimpi dan mencoba mengejar impian itulah yang membuat hidup kita menjadi lebih indah. gw juga dulu ngga ada pikiran ambil pajero om. dengan budget 140jt, seperti halnya orang lain pada umumnya, yang gw cari adalah kijang LGX keluaran tahun terakhir untuk keluarga. tapi liat2 ternyata harga pajero kisarannya sama, liat2 pajero yang dijual malah jadi ngga bisa tidur.. walaupun kijang umurnya lebih tua daripada pajero, tapi dipikir2 kijang yang rata2 dipakai sebagai mobil harian umur kerjanya lebih tinggi dibanding umur kerja pajero yang rata2 sehari2 kerjanya bengong nungguin garasi. pake pajero, kencengnya dan nyamannya dapet, ketangguhan juga dapet..