Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
budirlg wrote:iya.. ni taruna sdh 4 thn tp km baru 40.000, tiap sabtu minggu aja dipake. semester lalu mobil didress up interiornya biar tdk bosen, tp semenjak ketahuan lemot jd kepikiran ganti, lagian sudah 6 thn pake taruna. ada comment tt XL7? pajaknya berapa ya?
sudah saya response.. terima kasih atas informasinya...
Salam Hormat,
budirlg wrote:iya.. ni taruna sdh 4 thn tp km baru 40.000, tiap sabtu minggu aja dipake. semester lalu mobil didress up interiornya biar tdk bosen, tp semenjak ketahuan lemot jd kepikiran ganti, lagian sudah 6 thn pake taruna. ada comment tt XL7? pajaknya berapa ya?
sudah saya response.. terima kasih atas informasinya...
Salam Hormat,
sama-sama pak...
siapa tau bisa nambah rekan buat sharing sesama XL7
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
The last 14 days Part II : Odometer 124.000 km, 6th annive 27 Okt 2009.
Hari Sabtu Tgl 5 Sept rencana mau antar mobil ke Suzuki BIT Pulo Gadung. Tetapi baru jalan beberapa meter, mesin mati dan tidak bisa hidup lagi. Setelah diperiksa kelistrikan dan dicek pompa bensin ternyata tidak bisa diperbaiki ditempat jadi terpaksa digendong ke BIT Pulo Gadung.
Dari rencana hanya mengganti suku cadang yang menyebabkan mesin kotor karena rembesan oli seperti gasket, o-ring, seal dsb. Pemeriksaan awal ada 12 items yang harus diganti tetapi kemudian bertambah jadi 20 items.
Parts yang cukup mahal : Sensor Assy Speed, Pad-set Disc Brake, Fuel Pump, Gear Assy Power Steering.
Pekerjaan memerlukan waktu cukup lama karena :
1. Bersamaan dengan Promo dari Suzuki general check up untuk yang mau mudik, jadi semua montir sibuk sekali.
2. Suku cadang tidak tersedia di Pulo Gadung, jadi seperti Fuel Pump terpaksa ambil di Pasar Senen dan Gear Assy Power Steering ambil dari Tambun.
Seluruh pekerjaan selesai Kamis 17 Sept sore tetapi mobil baru bisa saya ambil Jum'at 18 Sep jam 16:30. Itu pun ada kejadian aneh lagi. Waktu saya masuk mobil menghidupkan mesin, mesin goncang, lampu check engine menyala, asap tebal keluar dari knalpot... wah sempat panik juga.. tapi tidak tahu kok setelah itu lancar-2 saja.
Tadi siang bersih-2 mesin, memprogram radio dsb-2.
Karena dulu pernah ada gangguan di starter, saya minta tolong pak Sjamsul untuk mendesign starter relay. Kemarin saya rapihkan supaya tidak terlalu banyak kabel yang malang melintang. Dari plug pemisah harness, saya ambil kontak yang ke dinamo, lalu saya tarik dua kabel ke box relay sehingga bisa bergabung dengan relay-2 lain yang asli dari pabrik... Untuk Positif dan Negatif, sudah tersedia. Sebelumnya pakai relay 4 kaki yang warna hitam, tetapi kemarin dikasih teman dari Indomobil / SJI, relay Denso yang warna putih seperti yang asli dari pabrik.. Jadi sekarang semua sudah kelihatan rapih...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Karena musibah pompa bensin sudah terjadi tahun lalu, kali bukan tetapi masalah pendingin..
Tgl 12 Juli, service 140.000 km..
hari Rabu 14 Juli,,,,, mesin panas.. dan mogok ditengah jalan... bocor agak kecil, masih bisa diatasi dengan mengisi air. ternyata selang heaternya.. jadi ganti inlet/outlet..tidak mahal sih... Rp.150.000 termasuk ongkos kerja.
Tgl 17 Juli, ke bengkel untuk check up dan ganti air radiator dengan coolant (sebelumnya masih air biasa).
Tgl 24 Juli kemarin ada selang bocor lagi tetapi di bagian lain.dan kali ini besar karena yang memisahkan blok kanan dan kiri. Lokasi tidak bisa dijangkau oleh montir biasa.. (maksudnya diperbaiki di jalan).. jadi terpaksa di gendong ke Suzuki Pulo Gadung.
Pengalaman yang diambil... secara komponen suku cadang, Suzuki masih boleh dibilang ok... karena selama ini tidak banyak yang diganti. Tetapi masalah kecil-2 seperti selang ini... mungkin karena sudah mengambil dari perusahaan-2 kecil, jadi kualitas agak terbatas... seharusnya pada 100.000 km, saya sudah harus ganti semua selang-2 air. Apalagi mesin V6 ini termasuk panas.
Kelihatannya kecil, tetapi karena berkaitan dengan pendingin mesin.. kalau sampai bocor, mesin panas.. akibatnya bisa fatal.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.