Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
poeticmind wrote:oh fungsinya buat apa mas kalo di hid?
nah itu, justru, buat apa yah. Secara akunya juga kaga tau neh klo di hid...............
bwakakakakaka....!
sayang mas, wis ga ada hid nya... ntar kalo ada yg pake lagi tak potoin deh! aneh banget soalnya, baru liat ada relay set hid pake resistor...
poeticmind wrote:oh fungsinya buat apa mas kalo di hid?
nah itu, justru, buat apa yah. Secara akunya juga kaga tau neh klo di hid...............
bwakakakakaka....!
sayang mas, wis ga ada hid nya... ntar kalo ada yg pake lagi tak potoin deh! aneh banget soalnya, baru liat ada relay set hid pake resistor...
tar dulu , yg nt maksud resistor, adanya di kabel rly set ato di kabel bawaan hidnya neh?
relay set bawaan hid, mas... karena produk yg ini relay dan kabel ke ballast nyatu. kalo di merek lain tidak pake relay rata2 sekarang... jadi mesti beli atau bikin custom.
tiap2 merek ada yg baek ngasih, ada yg pelit... hahaha!
Bro...
Fuse box udah OK setelah ditest lebih dari 3 jam head lamp di On.
Sebelumnya sih baru 15 menit Fuse udah meleleh habis. Thanks yah Bro...
Cuma alternator spertinya ada masalah nih...Kurang pengisian
Kalo head lamp, spot light, AC dan Audio (tanpa Power Amp) semua di ON malah klakson ga bunyi (kecil) ane pake kalkson 2-keong. Apa ada masalh dgn pengisian ato yg lainnya...?
Kira2 alternator harganya berapa yah? dan disaranin pake merk apa buat nagngkat aki 60Amp. Mohon bantuannya Bro...
Bro...
Jadi kabel dari terminal 86 (rly Arcom) disambung kemana? karena selama ini kabel 86 tersambung ke 87 melalui Resistor tsb. Skrang kabelnya 86-87 ane putus dan ane isolasi aja. Fuse box udah OK setelah lampu ditest lebih dari 3 jam lampu di On.
Sebelumnya sih baru 15 menit Fuse udah meleleh. Thanks Bro...
Cuma alternator spertinya ada masalah nih...Kurang pengisian
Kalo head lamp, spot light, AC dan Audio (tanpa Power Amp) semua di ON malah klakson ga bunyi (kecil). Apa ada masalh dgn pengisian ato yg lainnya...?
Kira2 alternator harganya berapa yah? dan disaranin pake merk apa buat nagngkat aki 60Amp. Mohon bantuannya Bro...
Ikut nimbrung ah,kok bisa ya ganti aki merembet jd mau ganti alternator,wiii syerem.coba2 ngitung ah. Aki 45 amp x 12 v=540 watt per detik,aki 60 amp x 12 v=720 watt per detik. Makin kenceng daya yg disalurkan ya.hmmm... Kalo lampunya 130 watt:fuse 30 amp=4.3 volt untuk lampunya.masing2 kabel punya impedansi(tahanan) tersendiri.bener jg om sjamsul analisanya, analoginya ntu kabel/terminal biasa cuman di lewatin beban berapa ampere per dtk,krn aki pengumpannya dinaikin,jd kewalahan dia.akhirnya minta pensiun,untung ada relay.kalo ga bisa bablas jg tuh lampu. Hehehe.
spidymoon wrote:Bro...
Jadi kabel dari terminal 86 (rly Arcom) disambung kemana? karena selama ini kabel 86 tersambung ke 87 melalui Resistor tsb. Skrang kabelnya 86-87 ane putus dan ane isolasi aja. Fuse box udah OK setelah lampu ditest lebih dari 3 jam lampu di On.
Sebelumnya sih baru 15 menit Fuse udah meleleh. Thanks Bro...
Cuma alternator spertinya ada masalah nih...Kurang pengisian
Kalo head lamp, spot light, AC dan Audio (tanpa Power Amp) semua di ON malah klakson ga bunyi (kecil). Apa ada masalh dgn pengisian ato yg lainnya...?
Kira2 alternator harganya berapa yah? dan disaranin pake merk apa buat nagngkat aki 60Amp. Mohon bantuannya Bro...
klakson tidak bunyi biasanya ada kekurangan power atau ground loss... coba dicek konektor2 klakson, bersihkan. jika menggunakan relay, sekalian dibersihkan. masalah lain juga bisa dari kabel yg sudah mulai lemah.
sebaiknya sebelum mengganti altenator, dipertimbangkan dulu utk diservis saja... coba ke tempat servis dinamo/altenator, mereka akan cek terlebih dahulu... jika ada masalah akan mereka bongkar. beli unit baru memang gampang, tapi sayang kan mahal... mending traktir mas sjamsul makan gule kambing... trus nonton dan ajak ke diskotik..
kalo susah, coba maen2 ke mas sjamsul utk di cek... atau ke garasi saya.
oya, rata2 altenator bisa mengangkat sampe 75amp. ga masalah kalo 'cuma' 60amp sih... utk mobil2 tertentu bisa sampai 100amp.
spidymoon wrote:Bro...
Jadi kabel dari terminal 86 (rly Arcom) disambung kemana? karena selama ini kabel 86 tersambung ke 87 melalui Resistor tsb. Skrang kabelnya 86-87 ane putus dan ane isolasi aja. Fuse box udah OK setelah lampu ditest lebih dari 3 jam lampu di On.
Sebelumnya sih baru 15 menit Fuse udah meleleh. Thanks Bro...
Cuma alternator spertinya ada masalah nih...Kurang pengisian
Kalo head lamp, spot light, AC dan Audio (tanpa Power Amp) semua di ON malah klakson ga bunyi (kecil). Apa ada masalh dgn pengisian ato yg lainnya...?
Kira2 alternator harganya berapa yah? dan disaranin pake merk apa buat nagngkat aki 60Amp. Mohon bantuannya Bro...
Jangan disambung kemana2, klo bisa kabel dari terminal 86 yg ke 87 diputus ajah n terminal yg 87 dilepas dari soket rlynya. Jadi nt kaga usah pake isolasi lagi.
Coba ajah diliat setelah 1 bulan apakah masih ok apa meleleh lagi, klo masih meleleh n klo kebetulan nt tinggal di jakarta, pm ane ajah, nanti klo diperlukan ane akan turun tangan bantuin nt.
u r welcome.
Yg ane mo tau adalah apakah saat siang hari itu klakson bunyinya normal apa kaga neh? Trus apakah klakson nt masih standard apa dah diganti, juga apakah dah pake rly klo dah diganti.
Klo masalah pengisian nt tinggal pergi aja ke tukang alternator n minta diperiksa pengisiannya. Biasanye klo pengisian kaga normal, bisa diganti arangnya aja (pada mbl tertentu) ato minta saran dari tukang alternatornye.
Nt jangan langsung ganti itu alternatornye yah, krn selain harganye mahal, juga belum tentu diperlukan.
poeticmind wrote:
klakson tidak bunyi biasanya ada kekurangan power atau ground loss... coba dicek konektor2 klakson, bersihkan. jika menggunakan relay, sekalian dibersihkan. masalah lain juga bisa dari kabel yg sudah mulai lemah.
sebaiknya sebelum mengganti altenator, dipertimbangkan dulu utk diservis saja... coba ke tempat servis dinamo/altenator, mereka akan cek terlebih dahulu... jika ada masalah akan mereka bongkar. beli unit baru memang gampang, tapi sayang kan mahal... mending traktir mas sjamsul makan gule kambing... trus nonton dan ajak ke diskotik..
kalo susah, coba maen2 ke mas sjamsul utk di cek... atau ke garasi saya.
oya, rata2 altenator bisa mengangkat sampe 75amp. ga masalah kalo 'cuma' 60amp sih... utk mobil2 tertentu bisa sampai 100amp.
iyah, ngawur. Klo bebannye 130 watt, trus mo diitung bebannya, maka 130 dibagi 12 = 10 amper lebih sedikit. Jadi bukan 130 dibagi 30...... :big_peace:
Hihihi.. betul-betul Om Sjamsul.. namanya juga ngikutin rumus..
P = VxI
Daya = Voltase x Arus
Nyang diitung harusnya Daya / Voltase ya, secara voltasenya dah stabil di 12 V. Ane iseng2 ngitung kalo ngumpan 130 watt pake
Relay 30 Ampere gitu.. Om Sjamsul. Jadi terbukti sudah.. bahwa relaynya ga pa-pa karena arus yang lewat cuman 10.8 ampere....
iyah, ngawur. Klo bebannye 130 watt, trus mo diitung bebannya, maka 130 dibagi 12 = 10 amper lebih sedikit. Jadi bukan 130 dibagi 30...... :big_peace:
Hihihi.. betul-betul Om Sjamsul.. namanya juga ngikutin rumus..
P = VxI
Daya = Voltase x Arus
Nyang diitung harusnya Daya / Voltase ya, secara voltasenya dah stabil di 12 V. Ane iseng2 ngitung kalo ngumpan 130 watt pake
Relay 30 Ampere gitu.. Om Sjamsul. Jadi terbukti sudah.. bahwa relaynya ga pa-pa karena arus yang lewat cuman 10.8 ampere....
......... hehehe.........
pada kenyataannya di mbl yg sehat, voltage nya bisa melebihi dari 12 volt. Pada mbl bensin sekitar 13,8 volt saat digas, sedangkan di mbl diesel adalah 14,1 volt (tanpa digas), contoh tsb ane coba di mbl kijang bensin n diesel.
bukan bisa melebihi mas... tapi memang harusnya diatas 12volt. karena recommended diatas 14volt yg sempurna(dalam keadaan mesin jalan), makanya ada volt stabilizer, VSS dan sejenisnya. sama seperti voltase di rumahan, harusnya sih 220volt (misalnya...) kadang hanya mendekati.
kalo ga salah sih seperti itu...
13,8 utk standar bagus itu... rata2 saya temui hanya di 13,2volt.
poeticmind wrote:
13,8 utk standar bagus itu... rata2 saya temui hanya di 13,2volt.
mungkin pembacaan di alat ukurnye ajah yg beda. Saat itu ane pake alat ukur nyang bermerk kyoritsu, yg menurut penjualnye bikinan jepang n ane yakin ukurannye tepat.......
artinya seluruh board sudah kena? wah... parah kalo begitu, mungkin temen mas bukan nyerah... tapi kepikir mending beli baru... wakakaka! ganti full komponen sama aja buat baru.
poeticmind wrote:artinya seluruh board sudah kena? wah... parah kalo begitu, mungkin temen mas bukan nyerah... tapi kepikir mending beli baru... wakakaka! ganti full komponen sama aja buat baru.
poeticmind wrote:artinya seluruh board sudah kena? wah... parah kalo begitu, mungkin temen mas bukan nyerah... tapi kepikir mending beli baru... wakakaka! ganti full komponen sama aja buat baru.
nampaknya sih begitu.......
wah sayang banget ya mas... ganti sama merek lokal aja, kekeke kalo rusak ga bikin hati meringis...
lokal ? bisa dong mas... meski saya ga punya. hehe! eeeeh, maksudnya lokal itu taiwan ya... bukan indo. biasanya merek2 taiwan/cungkuo, korea, malay udah lumayan lah...