Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ariswp »

Kandar wrote: Mon Jan 02, 2023 4:04
Turboman wrote: Fri Jul 07, 2017 8:19
W42d wrote:Halo om turbo, salam kenal. Sebelumya saya sempat post juga di thread oli nanya oli mesin yg cocok. Disini saya mau tny ttg oli matic yg cocok buat honda brio th 2015 sblm cvt. Kalo liad di manual book pake nya honda atf dw. Ada alternatic lain yang lebih bagus n worth to buy sama kisaran harga nya? Kondisi sekarang blm pernah ganti maupun kuras. Umur uda 2.5 tahun dan 27.500 km. Mohon sekalian petunjuk tempat ganti nya. Lokasi saya bogor, tp kl ke jkt juga gpp. Thanks.
Total MVLV ?

Amsoil ATL (Label biru )
Om turbo, mau tanya saran utk oli matic honda crv 2005.
1. Bagusan atf z1 atau aftermarket?
2. aftermarket minta saran merk dan tipenya apa?
3. Apa benar klo V100 : diatas 7 bisa sluggish?
Pilihan aja om, klo mau stick with honda stuff, ambil dw1 aja
V100nya mirip (z1 6.9 vs dw1 6.8)

Klo aftermarket bisa pakai yg castrol transmax botol emas, atau klo mau berani coba dan yakin maticnya sehat bisa dulu coba yg kelas dexron vi, karena beberapa atf dexron 6 pun backward comply dengan z1 macem maxlife valvoline dll

V100 7cst keatas sluggish? Enggak sih, cuma buat pengalaman saya di 5AT honda berasa lebih enak yg encer 5.9-6cst, lebih enteng, perpindahan lebih sigap dan responsif (meskipun lebih kasar/kasar yg firm bukan jedug), temperatur tinggi lebih stabil dan minim slip juga ternyata

Ini bukan placebo effect sih tp emang terasa di saya bedanya
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

ariswp wrote: Mon Jan 02, 2023 23:52

V100 7cst keatas sluggish? Enggak sih, cuma buat pengalaman saya di 5AT honda berasa lebih enak yg encer 5.9-6cst, lebih enteng, perpindahan lebih sigap dan responsif (meskipun lebih kasar/kasar yg firm bukan jedug), temperatur tinggi lebih stabil dan minim slip juga ternyata

Ini bukan placebo effect sih tp emang terasa di saya bedanya
idem

kita orang cobain di agya ama calya metik (jadul 4 sepit teknologi taon 80an) jg ternjata kaya gt impresi nya, lebi sigap dan stabil
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1749
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

Bhizmow wrote: Mon Jan 02, 2023 17:09 Saya baru ngikutin thread ini 10 page ke belakang.

Minta saran utk ganti oli cvt Xtrail t31 (sesuai bukman NS-2).
Histori pergantian, terakhir Nov 2021 kuras melalui kalter -+ 4L.
Kali ini mau flush / kuras total karena pingin upgrade dr oem nissan ns-2

1. Kira2 bengkel (Jkt) mana yang ada jasa flushing menggunakan mesin ?
2. Atau prefer kuras dengan metode buka kalter 2-3x ?? (Ini dalam 1x pergantian ya ? Atau interval km tertentu ?)
3. Referensi oli full synt apa range < 200k ? Baru nemu Aisin CVTF, PTT Automat CVT, Motul Multi CVTF.

Pgn ptt seperti banyak yg diobrolin disini. Tp kok ada statement di dts ptt: “Can use AUTOMAT CVT but less fuel economy benefit.”
Saya pake Nissan Xtrail T32
1. Saya kuras di toda, kalo ga salah disambung dari selang cvt coolernya abis 8 ato 9 liter , kalo T31 kan gak ada coolernya kurang tau bisa pake mesin ato gak. Sebaiknya ditanya aja langsung.

2. Bisa juga, tapi gak lebih dikit juga pakenya. Mirip mirip dan biasanya lebih bagus dijalananin dulu abis kuras pertama baru kuras yang kedua.

3. Saya pake Q8 CVT evo, belom pernah coba yang lain selain bawaan tapi CVT EVO jauh lebih enak. Saya biasa ganti interval 40rb/ 2 tahun (pas pandemi sempet hampir 3 tahun karena mobil agak jarang jalan. Sekarang udah odometer 109xxx so far so good. Kalo di toda kyknya jualnya 205rb, online masih ada yang jual 170rb an
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9625
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Tue Jan 03, 2023 1:54
Bhizmow wrote: Mon Jan 02, 2023 17:09 Saya baru ngikutin thread ini 10 page ke belakang.

Minta saran utk ganti oli cvt Xtrail t31 (sesuai bukman NS-2).
Histori pergantian, terakhir Nov 2021 kuras melalui kalter -+ 4L.
Kali ini mau flush / kuras total karena pingin upgrade dr oem nissan ns-2

1. Kira2 bengkel (Jkt) mana yang ada jasa flushing menggunakan mesin ?
2. Atau prefer kuras dengan metode buka kalter 2-3x ?? (Ini dalam 1x pergantian ya ? Atau interval km tertentu ?)
3. Referensi oli full synt apa range < 200k ? Baru nemu Aisin CVTF, PTT Automat CVT, Motul Multi CVTF.

Pgn ptt seperti banyak yg diobrolin disini. Tp kok ada statement di dts ptt: “Can use AUTOMAT CVT but less fuel economy benefit.”
Saya pake Nissan Xtrail T32
1. Saya kuras di toda, kalo ga salah disambung dari selang cvt coolernya abis 8 ato 9 liter , kalo T31 kan gak ada coolernya kurang tau bisa pake mesin ato gak. Sebaiknya ditanya aja langsung.

2. Bisa juga, tapi gak lebih dikit juga pakenya. Mirip mirip dan biasanya lebih bagus dijalananin dulu abis kuras pertama baru kuras yang kedua.

3. Saya pake Q8 CVT evo, belom pernah coba yang lain selain bawaan tapi CVT EVO jauh lebih enak. Saya biasa ganti interval 40rb/ 2 tahun (pas pandemi sempet hampir 3 tahun karena mobil agak jarang jalan. Sekarang udah odometer 109xxx so far so good. Kalo di toda kyknya jualnya 205rb, online masih ada yang jual 170rb an
wowh T32 udh ada cvt coolernya yaa.
awet itu transmisinya.

udh pernah ngukur mbah? klo macet2an bisa sampai max brp derajat C?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1749
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Tue Jan 03, 2023 2:15
sahabatq8 wrote: Tue Jan 03, 2023 1:54
Bhizmow wrote: Mon Jan 02, 2023 17:09 Saya baru ngikutin thread ini 10 page ke belakang.

Minta saran utk ganti oli cvt Xtrail t31 (sesuai bukman NS-2).
Histori pergantian, terakhir Nov 2021 kuras melalui kalter -+ 4L.
Kali ini mau flush / kuras total karena pingin upgrade dr oem nissan ns-2

1. Kira2 bengkel (Jkt) mana yang ada jasa flushing menggunakan mesin ?
2. Atau prefer kuras dengan metode buka kalter 2-3x ?? (Ini dalam 1x pergantian ya ? Atau interval km tertentu ?)
3. Referensi oli full synt apa range < 200k ? Baru nemu Aisin CVTF, PTT Automat CVT, Motul Multi CVTF.

Pgn ptt seperti banyak yg diobrolin disini. Tp kok ada statement di dts ptt: “Can use AUTOMAT CVT but less fuel economy benefit.”
Saya pake Nissan Xtrail T32
1. Saya kuras di toda, kalo ga salah disambung dari selang cvt coolernya abis 8 ato 9 liter , kalo T31 kan gak ada coolernya kurang tau bisa pake mesin ato gak. Sebaiknya ditanya aja langsung.

2. Bisa juga, tapi gak lebih dikit juga pakenya. Mirip mirip dan biasanya lebih bagus dijalananin dulu abis kuras pertama baru kuras yang kedua.

3. Saya pake Q8 CVT evo, belom pernah coba yang lain selain bawaan tapi CVT EVO jauh lebih enak. Saya biasa ganti interval 40rb/ 2 tahun (pas pandemi sempet hampir 3 tahun karena mobil agak jarang jalan. Sekarang udah odometer 109xxx so far so good. Kalo di toda kyknya jualnya 205rb, online masih ada yang jual 170rb an
wowh T32 udh ada cvt coolernya yaa.
awet itu transmisinya.

udh pernah ngukur mbah? klo macet2an bisa sampai max brp derajat C?
Gak awet mbah, kalo servisan beres 80rb aja banyak yang jebol. Ya oli CVTnya dibilang lifetime, 100rb baru schedule ganti. Padahal waktu saya pake, 40rb aja udah :big_weee: .
Makanya kalo beli 2nd better di periksa bener bener record ganti oli cvtnya di kapan wkkwkwk

Temperatur belom pernah ukur sih
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9625
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Tue Jan 03, 2023 2:39
Suryaputra wrote: Tue Jan 03, 2023 2:15
sahabatq8 wrote: Tue Jan 03, 2023 1:54

Saya pake Nissan Xtrail T32
1. Saya kuras di toda, kalo ga salah disambung dari selang cvt coolernya abis 8 ato 9 liter , kalo T31 kan gak ada coolernya kurang tau bisa pake mesin ato gak. Sebaiknya ditanya aja langsung.

2. Bisa juga, tapi gak lebih dikit juga pakenya. Mirip mirip dan biasanya lebih bagus dijalananin dulu abis kuras pertama baru kuras yang kedua.

3. Saya pake Q8 CVT evo, belom pernah coba yang lain selain bawaan tapi CVT EVO jauh lebih enak. Saya biasa ganti interval 40rb/ 2 tahun (pas pandemi sempet hampir 3 tahun karena mobil agak jarang jalan. Sekarang udah odometer 109xxx so far so good. Kalo di toda kyknya jualnya 205rb, online masih ada yang jual 170rb an
wowh T32 udh ada cvt coolernya yaa.
awet itu transmisinya.

udh pernah ngukur mbah? klo macet2an bisa sampai max brp derajat C?
Gak awet mbah, kalo servisan beres 80rb aja banyak yang jebol. Ya oli CVTnya dibilang lifetime, 100rb baru schedule ganti. Padahal waktu saya pake, 40rb aja udah :big_weee: .
Makanya kalo beli 2nd better di periksa bener bener record ganti oli cvtnya di kapan wkkwkwk

Temperatur belom pernah ukur sih
divisi service nya perlu ditraining sm Honda tuh

paling pengalaman nanganin lendir cvt doang :weekk:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bhizmow
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Jan 02, 2023 16:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Xtrail T31

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Bhizmow »

sahabatq8 wrote: Tue Jan 03, 2023 1:54
Bhizmow wrote: Mon Jan 02, 2023 17:09 Saya baru ngikutin thread ini 10 page ke belakang.

Minta saran utk ganti oli cvt Xtrail t31 (sesuai bukman NS-2).
Histori pergantian, terakhir Nov 2021 kuras melalui kalter -+ 4L.
Kali ini mau flush / kuras total karena pingin upgrade dr oem nissan ns-2

1. Kira2 bengkel (Jkt) mana yang ada jasa flushing menggunakan mesin ?
2. Atau prefer kuras dengan metode buka kalter 2-3x ?? (Ini dalam 1x pergantian ya ? Atau interval km tertentu ?)
3. Referensi oli full synt apa range < 200k ? Baru nemu Aisin CVTF, PTT Automat CVT, Motul Multi CVTF.

Pgn ptt seperti banyak yg diobrolin disini. Tp kok ada statement di dts ptt: “Can use AUTOMAT CVT but less fuel economy benefit.”
Saya pake Nissan Xtrail T32
1. Saya kuras di toda, kalo ga salah disambung dari selang cvt coolernya abis 8 ato 9 liter , kalo T31 kan gak ada coolernya kurang tau bisa pake mesin ato gak. Sebaiknya ditanya aja langsung.

2. Bisa juga, tapi gak lebih dikit juga pakenya. Mirip mirip dan biasanya lebih bagus dijalananin dulu abis kuras pertama baru kuras yang kedua.

3. Saya pake Q8 CVT evo, belom pernah coba yang lain selain bawaan tapi CVT EVO jauh lebih enak. Saya biasa ganti interval 40rb/ 2 tahun (pas pandemi sempet hampir 3 tahun karena mobil agak jarang jalan. Sekarang udah odometer 109xxx so far so good. Kalo di toda kyknya jualnya 205rb, online masih ada yang jual 170rb an
1. Iya om, T31 blm ada oil cooler. Uda coba contact Toda dan mereka bisa utk flush. Mungkin weekend ini kesana, cm masih bingung sm brand oli yg mau di pake.

2. Kalo metode manual, berati cukup dengan“kuras - jalanin bentar - kuras - jalanin bentar - kuras”.
Ngga perlu nunggu km tertentu (contoh 100 km) baru kuras lagi?

3. Utk oli cvt ngaruh ngga sih full synt / semi synt / mineral? Kalo di oli mesin saya paham, bahasa marketing nya full synt bs tahan lbh lama dan minim penguapan. Kalo di cvt ?

Wkwkwk. Maaf rewel, maklum pengen sekalian ganti yg mahalan biar berasa responsif. Toh interval nya jg panjang
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11006
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Tue Jan 03, 2023 2:15

wowh T32 udh ada cvt coolernya yaa.
awet itu transmisinya.

udh pernah ngukur mbah? klo macet2an bisa sampai max brp derajat C?


ada cooler tapi gaada dipstick.... [emo-yesno]

jadi musti cari batang lidi buat nyolok.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1749
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

Bhizmow wrote: Tue Jan 03, 2023 3:59
sahabatq8 wrote: Tue Jan 03, 2023 1:54
Bhizmow wrote: Mon Jan 02, 2023 17:09 Saya baru ngikutin thread ini 10 page ke belakang.

Minta saran utk ganti oli cvt Xtrail t31 (sesuai bukman NS-2).
Histori pergantian, terakhir Nov 2021 kuras melalui kalter -+ 4L.
Kali ini mau flush / kuras total karena pingin upgrade dr oem nissan ns-2

1. Kira2 bengkel (Jkt) mana yang ada jasa flushing menggunakan mesin ?
2. Atau prefer kuras dengan metode buka kalter 2-3x ?? (Ini dalam 1x pergantian ya ? Atau interval km tertentu ?)
3. Referensi oli full synt apa range < 200k ? Baru nemu Aisin CVTF, PTT Automat CVT, Motul Multi CVTF.

Pgn ptt seperti banyak yg diobrolin disini. Tp kok ada statement di dts ptt: “Can use AUTOMAT CVT but less fuel economy benefit.”
Saya pake Nissan Xtrail T32
1. Saya kuras di toda, kalo ga salah disambung dari selang cvt coolernya abis 8 ato 9 liter , kalo T31 kan gak ada coolernya kurang tau bisa pake mesin ato gak. Sebaiknya ditanya aja langsung.

2. Bisa juga, tapi gak lebih dikit juga pakenya. Mirip mirip dan biasanya lebih bagus dijalananin dulu abis kuras pertama baru kuras yang kedua.

3. Saya pake Q8 CVT evo, belom pernah coba yang lain selain bawaan tapi CVT EVO jauh lebih enak. Saya biasa ganti interval 40rb/ 2 tahun (pas pandemi sempet hampir 3 tahun karena mobil agak jarang jalan. Sekarang udah odometer 109xxx so far so good. Kalo di toda kyknya jualnya 205rb, online masih ada yang jual 170rb an
1. Iya om, T31 blm ada oil cooler. Uda coba contact Toda dan mereka bisa utk flush. Mungkin weekend ini kesana, cm masih bingung sm brand oli yg mau di pake.

2. Kalo metode manual, berati cukup dengan“kuras - jalanin bentar - kuras - jalanin bentar - kuras”.
Ngga perlu nunggu km tertentu (contoh 100 km) baru kuras lagi?

3. Utk oli cvt ngaruh ngga sih full synt / semi synt / mineral? Kalo di oli mesin saya paham, bahasa marketing nya full synt bs tahan lbh lama dan minim penguapan. Kalo di cvt ?

Wkwkwk. Maaf rewel, maklum pengen sekalian ganti yg mahalan biar berasa responsif. Toh interval nya jg panjang
2. Mungkin yang lain yang pernah ngebandingin jalan bentar kuras vs jalan misalnya 500km bisa jawab. Saya selalu flush.

3. Biasanya kalo oli transmisi gak nguap kyk oli mesin. Tapi dari beberapa hasil tes lab yang pernah di post suhu-suhu disini salah satu problem adalah viskositas yang kurang stabil kalo olinya kurang bagus, jadi pada akhir masa pakai sudah jauh lebih encer. Jadi kalo pake oli bagus kita 40rb/2 tahun tenang aja
Saat pake Q8 CVT EVO yang saya rasakan selip style cvt jauh berkurang dibanding oli bawaan , terutama saat udah panas olinya.
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 503
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Chr1stm1 »

sahabatq8 wrote: Tue Jan 03, 2023 5:17
Bhizmow wrote: Tue Jan 03, 2023 3:59
sahabatq8 wrote: Tue Jan 03, 2023 1:54

Saya pake Nissan Xtrail T32
1. Saya kuras di toda, kalo ga salah disambung dari selang cvt coolernya abis 8 ato 9 liter , kalo T31 kan gak ada coolernya kurang tau bisa pake mesin ato gak. Sebaiknya ditanya aja langsung.

2. Bisa juga, tapi gak lebih dikit juga pakenya. Mirip mirip dan biasanya lebih bagus dijalananin dulu abis kuras pertama baru kuras yang kedua.

3. Saya pake Q8 CVT evo, belom pernah coba yang lain selain bawaan tapi CVT EVO jauh lebih enak. Saya biasa ganti interval 40rb/ 2 tahun (pas pandemi sempet hampir 3 tahun karena mobil agak jarang jalan. Sekarang udah odometer 109xxx so far so good. Kalo di toda kyknya jualnya 205rb, online masih ada yang jual 170rb an
1. Iya om, T31 blm ada oil cooler. Uda coba contact Toda dan mereka bisa utk flush. Mungkin weekend ini kesana, cm masih bingung sm brand oli yg mau di pake.

2. Kalo metode manual, berati cukup dengan“kuras - jalanin bentar - kuras - jalanin bentar - kuras”.
Ngga perlu nunggu km tertentu (contoh 100 km) baru kuras lagi?

3. Utk oli cvt ngaruh ngga sih full synt / semi synt / mineral? Kalo di oli mesin saya paham, bahasa marketing nya full synt bs tahan lbh lama dan minim penguapan. Kalo di cvt ?

Wkwkwk. Maaf rewel, maklum pengen sekalian ganti yg mahalan biar berasa responsif. Toh interval nya jg panjang
2. Mungkin yang lain yang pernah ngebandingin jalan bentar kuras vs jalan misalnya 500km bisa jawab. Saya selalu flush.

3. Biasanya kalo oli transmisi gak nguap kyk oli mesin. Tapi dari beberapa hasil tes lab yang pernah di post suhu-suhu disini salah satu problem adalah viskositas yang kurang stabil kalo olinya kurang bagus, jadi pada akhir masa pakai sudah jauh lebih encer. Jadi kalo pake oli bagus kita 40rb/2 tahun tenang aja
Saat pake Q8 CVT EVO yang saya rasakan selip style cvt jauh berkurang dibanding oli bawaan , terutama saat udah panas olinya.
Mbah, lebaran 2023 alias april ini rencana mau hanti oil cvt all new veloz ke q8 cvt evo, harusnya cocok yah? Sy baca2 cvt all new veloz itu "hybrid" yah?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9625
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Tue Jan 03, 2023 5:11
Suryaputra wrote: Tue Jan 03, 2023 2:15

wowh T32 udh ada cvt coolernya yaa.
awet itu transmisinya.

udh pernah ngukur mbah? klo macet2an bisa sampai max brp derajat C?


ada cooler tapi gaada dipstick.... [emo-yesno]

jadi musti cari batang lidi buat nyolok.
Ah honda aja jg gak ada dipstick :upss:

Masih bagus ada cvt cooler
Mahal itu hpp nya :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11006
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Tue Jan 03, 2023 6:37

Ah honda aja jg gak ada dipstick :upss:

Masih bagus ada cvt cooler
Mahal itu hpp nya :big_biglaugh: :big_biglaugh:


hondut ada check plug mbah.... lha T32? apa T32 ada check plug tapi saya yang kurang luas wawasannya?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9625
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Tue Jan 03, 2023 6:45
Suryaputra wrote: Tue Jan 03, 2023 6:37

Ah honda aja jg gak ada dipstick :upss:

Masih bagus ada cvt cooler
Mahal itu hpp nya :big_biglaugh: :big_biglaugh:


hondut ada check plug mbah.... lha T32? apa T32 ada check plug tapi saya yang kurang luas wawasannya?
Nah itu ngerepotin buka2 cek plug klo mau fine tuning :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11006
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Tue Jan 03, 2023 6:46

Nah itu ngerepotin buka2 cek plug klo mau fine tuning :mky_03:


semua fine tuning mana ada yang gampang?

suhu atf musti sesuai anjuran, kalo udah keburu panas ya musti ngaso dulu ngunyah roti sumbu sambil nyeruput kopi. kalo mau cepet turun, pasang kipas angin diatas mesin.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9625
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Tue Jan 03, 2023 6:53
Suryaputra wrote: Tue Jan 03, 2023 6:46

Nah itu ngerepotin buka2 cek plug klo mau fine tuning :mky_03:


semua fine tuning mana ada yang gampang?

suhu atf musti sesuai anjuran, kalo udah keburu panas ya musti ngaso dulu ngunyah roti sumbu sambil nyeruput kopi. kalo mau cepet turun, pasang kipas angin diatas mesin.
nganu mbah... itu nunggu ATF netes terakhir aja, kudu nyeruput kopi + ngabisin burger dulu satu + nonton drakor 1 episode :big_biglaugh: :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1749
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

Chr1stm1 wrote: Tue Jan 03, 2023 6:27
sahabatq8 wrote: Tue Jan 03, 2023 5:17
Bhizmow wrote: Tue Jan 03, 2023 3:59

1. Iya om, T31 blm ada oil cooler. Uda coba contact Toda dan mereka bisa utk flush. Mungkin weekend ini kesana, cm masih bingung sm brand oli yg mau di pake.

2. Kalo metode manual, berati cukup dengan“kuras - jalanin bentar - kuras - jalanin bentar - kuras”.
Ngga perlu nunggu km tertentu (contoh 100 km) baru kuras lagi?

3. Utk oli cvt ngaruh ngga sih full synt / semi synt / mineral? Kalo di oli mesin saya paham, bahasa marketing nya full synt bs tahan lbh lama dan minim penguapan. Kalo di cvt ?

Wkwkwk. Maaf rewel, maklum pengen sekalian ganti yg mahalan biar berasa responsif. Toh interval nya jg panjang
2. Mungkin yang lain yang pernah ngebandingin jalan bentar kuras vs jalan misalnya 500km bisa jawab. Saya selalu flush.

3. Biasanya kalo oli transmisi gak nguap kyk oli mesin. Tapi dari beberapa hasil tes lab yang pernah di post suhu-suhu disini salah satu problem adalah viskositas yang kurang stabil kalo olinya kurang bagus, jadi pada akhir masa pakai sudah jauh lebih encer. Jadi kalo pake oli bagus kita 40rb/2 tahun tenang aja
Saat pake Q8 CVT EVO yang saya rasakan selip style cvt jauh berkurang dibanding oli bawaan , terutama saat udah panas olinya.
Mbah, lebaran 2023 alias april ini rencana mau hanti oil cvt all new veloz ke q8 cvt evo, harusnya cocok yah? Sy baca2 cvt all new veloz itu "hybrid" yah?
Seharusnya sih, dia mintanya spek cvtf toyota kan? Maksudnya hybrid ? Kalo ga salah yang kyk raize tapi bukanya buat overdrive giginya malah buat dibawah ya?
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 503
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Chr1stm1 »

sahabatq8 wrote: Tue Jan 03, 2023 14:50
Chr1stm1 wrote: Tue Jan 03, 2023 6:27
sahabatq8 wrote: Tue Jan 03, 2023 5:17

2. Mungkin yang lain yang pernah ngebandingin jalan bentar kuras vs jalan misalnya 500km bisa jawab. Saya selalu flush.

3. Biasanya kalo oli transmisi gak nguap kyk oli mesin. Tapi dari beberapa hasil tes lab yang pernah di post suhu-suhu disini salah satu problem adalah viskositas yang kurang stabil kalo olinya kurang bagus, jadi pada akhir masa pakai sudah jauh lebih encer. Jadi kalo pake oli bagus kita 40rb/2 tahun tenang aja
Saat pake Q8 CVT EVO yang saya rasakan selip style cvt jauh berkurang dibanding oli bawaan , terutama saat udah panas olinya.
Mbah, lebaran 2023 alias april ini rencana mau hanti oil cvt all new veloz ke q8 cvt evo, harusnya cocok yah? Sy baca2 cvt all new veloz itu "hybrid" yah?
Seharusnya sih, dia mintanya spek cvtf toyota kan? Maksudnya hybrid ? Kalo ga salah yang kyk raize tapi bukanya buat overdrive giginya malah buat dibawah ya?
Kalo

Oh iya, sama dg Raiza, di bukman pakainya toyota CVTF, ini subtitute ke q8 evokah?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1749
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

Chr1stm1 wrote: Tue Jan 03, 2023 23:53
sahabatq8 wrote: Tue Jan 03, 2023 14:50
Chr1stm1 wrote: Tue Jan 03, 2023 6:27

Mbah, lebaran 2023 alias april ini rencana mau hanti oil cvt all new veloz ke q8 cvt evo, harusnya cocok yah? Sy baca2 cvt all new veloz itu "hybrid" yah?
Seharusnya sih, dia mintanya spek cvtf toyota kan? Maksudnya hybrid ? Kalo ga salah yang kyk raize tapi bukanya buat overdrive giginya malah buat dibawah ya?
Kalo

Oh iya, sama dg Raiza, di bukman pakainya toyota CVTF, ini subtitute ke q8 evokah?
Iya betul, kalo mintanya toyota CVTF brati bisa pake CVT EVO
dendeect
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Jan 02, 2023 7:05
Location: Malang
Daily Vehicle: Nissan Livina 2019

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by dendeect »

Ada saran oli matic yang paling cocok dengan karakter New Livina 2019?
Mohon pencerahannya suhu sekalian
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9625
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 1:55 Ada saran oli matic yang paling cocok dengan karakter New Livina 2019?
Mohon pencerahannya suhu sekalian
di manual book nya apa spec nya mbah?

Mitsu MA1 ?
atau beda lagi?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 503
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Chr1stm1 »

dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 1:55 Ada saran oli matic yang paling cocok dengan karakter New Livina 2019?
Mohon pencerahannya suhu sekalian
Livina 2019 podo wae dg xpander 2019, pake ptt ptt lv1 atau q8 auto mv udah joss
dendeect
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Jan 02, 2023 7:05
Location: Malang
Daily Vehicle: Nissan Livina 2019

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by dendeect »

Beberapa hari ini, mobil Nissan Livina 2019 saya sering nyentak RPM nya, Kronologi sbb :
1. Service rutin 130rb km ( Sep'22 ) ganti olie matic sesuai saran BeRes ( Olie standard )
2. 22 Des service rutin 140rb km
3. Kamis 29Dec mobil terasa mulai nyentak RPM nya...tiba tiba tarikan jeduk jeduk saat jalan..RPM naik ke 4 / 5.
4. saran BeRes ganti olie matic, saya ikuti ganti olie matic. dan memang tarikan sempat normal kembali.
5. Hari ini tarikan terasa nyentak nyentak lagi, jalan normal speed 40km/h, RPM nyentak ke 4 dan 5, serasa matic selip.

Mohon saran masukan dari suhu sekalian yang pernah alami hal serupa
Terima Kasih yg berkenan mampir kasih masukan.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9625
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 3:08 Beberapa hari ini, mobil Nissan Livina 2019 saya sering nyentak RPM nya, Kronologi sbb :
1. Service rutin 130rb km ( Sep'22 ) ganti olie matic sesuai saran BeRes ( Olie standard )
2. 22 Des service rutin 140rb km
3. Kamis 29Dec mobil terasa mulai nyentak RPM nya...tiba tiba tarikan jeduk jeduk saat jalan..RPM naik ke 4 / 5.
4. saran BeRes ganti olie matic, saya ikuti ganti olie matic. dan memang tarikan sempat normal kembali.
5. Hari ini tarikan terasa nyentak nyentak lagi, jalan normal speed 40km/h, RPM nyentak ke 4 dan 5, serasa matic selip.

Mohon saran masukan dari suhu sekalian yang pernah alami hal serupa
Terima Kasih yg berkenan mampir kasih masukan.
Bukan suhu, dan masih nubie sama2 belajar. :mky_03:

Sebelumnya udh pernah ganti oli matic nya?
Dari 0 - 130rb KM itu

Karena klo blm pernah ganti atf, itu pasti kotorr mbah, dan sampai nyentak.. perlu dicek:
- valve body
- AT selenoid
- filter matic nya udh pasti kudu ganti, klo gak pernah ganti atf
- multi plate clutch set
- ya pemeriksaan ideal nya, menyeluruh, bongkar girboks lah :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by josomba »

dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 3:08 Beberapa hari ini, mobil Nissan Livina 2019 saya sering nyentak RPM nya, Kronologi sbb :
1. Service rutin 130rb km ( Sep'22 ) ganti olie matic sesuai saran BeRes ( Olie standard )
2. 22 Des service rutin 140rb km
3. Kamis 29Dec mobil terasa mulai nyentak RPM nya...tiba tiba tarikan jeduk jeduk saat jalan..RPM naik ke 4 / 5.
4. saran BeRes ganti olie matic, saya ikuti ganti olie matic. dan memang tarikan sempat normal kembali.
5. Hari ini tarikan terasa nyentak nyentak lagi, jalan normal speed 40km/h, RPM nyentak ke 4 dan 5, serasa matic selip.

Mohon saran masukan dari suhu sekalian yang pernah alami hal serupa
Terima Kasih yg berkenan mampir kasih masukan.
Ini engine surging, udah dicek yg lain2nya nda om?

Misalkan busi n injector.
Image
dendeect
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Jan 02, 2023 7:05
Location: Malang
Daily Vehicle: Nissan Livina 2019

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by dendeect »

Suryaputra wrote: Wed Jan 04, 2023 3:30
dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 3:08 Beberapa hari ini, mobil Nissan Livina 2019 saya sering nyentak RPM nya, Kronologi sbb :
1. Service rutin 130rb km ( Sep'22 ) ganti olie matic sesuai saran BeRes ( Olie standard )
2. 22 Des service rutin 140rb km
3. Kamis 29Dec mobil terasa mulai nyentak RPM nya...tiba tiba tarikan jeduk jeduk saat jalan..RPM naik ke 4 / 5.
4. saran BeRes ganti olie matic, saya ikuti ganti olie matic. dan memang tarikan sempat normal kembali.
5. Hari ini tarikan terasa nyentak nyentak lagi, jalan normal speed 40km/h, RPM nyentak ke 4 dan 5, serasa matic selip.

Mohon saran masukan dari suhu sekalian yang pernah alami hal serupa
Terima Kasih yg berkenan mampir kasih masukan.
Bukan suhu, dan masih nubie sama2 belajar. :mky_03:

Sebelumnya udh pernah ganti oli matic nya?
Dari 0 - 130rb KM itu

Karena klo blm pernah ganti atf, itu pasti kotorr mbah, dan sampai nyentak.. perlu dicek:
- valve body
- AT selenoid
- filter matic nya udh pasti kudu ganti, klo gak pernah ganti atf
- multi plate clutch set
- ya pemeriksaan ideal nya, menyeluruh, bongkar girboks lah :big_peace:
Pernah ganti olie matic di KM70rb waktu itu, sesuai saran BeRes nya...
Aduhhhh banyak banget poin cek nya...bisa jebolll dompetttt