Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 507
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Chr1stm1 »

Conceptu wrote: Fri Apr 28, 2023 15:45 Om dan puh mau tny lagi nih apakah benar klo flushing oli matic pakai mesin itu bisa negatif ke seal2 nya? Kalau iya jd metode apa yang aman?

Lebih baik ganti tambah tiap 20 rb atau “flush” 40 rb km?

maklum mobil udah mulai berumur 🙏🏻 thx sblum nya
Udah jalan brp KM?
Gerobak sy dulu pas flushing km 20rb, baik2 aja sampai sekarang km 37rb.
Kalo mau drain n refill jg gpp, lakukan 3x nanti jg gradually terganti cairan lamanya.
mbingtampan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Mon Jun 24, 2019 1:23
Location: Depok
Daily Vehicle: Innova Avanza

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by mbingtampan »

Malam Om, Avanza 1.3 AT 2016. Kalau RPM tinggi ga mau ganti gigi, kalau mau ganti gigi gas harus dikurangi supaya rpm rentang 2500 - 3000. Kalau dibejek full akan turun ke gigi sebelumnya, tapi ga akan mau naik2 lagi giginya kecuali ya gas dikurangi rpmnya di 2500-3000 rpm.

Udah flushing transmisi dan ganti filter transmisi tapi ga ada perubahan

Please advise[emoji120]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9666
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

mbingtampan wrote: Fri Apr 28, 2023 22:57 Malam Om, Avanza 1.3 AT 2016. Kalau RPM tinggi ga mau ganti gigi, kalau mau ganti gigi gas harus dikurangi supaya rpm rentang 2500 - 3000. Kalau dibejek full akan turun ke gigi sebelumnya, tapi ga akan mau naik2 lagi giginya kecuali ya gas dikurangi rpmnya di 2500-3000 rpm.

Udah flushing transmisi dan ganti filter transmisi tapi ga ada perubahan

Please advise[emoji120]
Baiknya bawa ke dokter spesialis matic mbah.
Cek dan riset reputasinya jg di forum ini.

Buat learning bersama, apakah bisa sharing mbah?
1. Sebelumnya ganti oli tiap brp km / brp tahun sekali?
2. Apakah pernah bawa beban berat / nanjak / dgn posisi transmisi di D terus?
3. Apakah pernah melakukan akselerasi dgn metode brake hold?
(Posisi gear di D 2 atau L, dan kaki ngegas, kaki satu injek rem)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by josomba »

mbingtampan wrote: Fri Apr 28, 2023 22:57 Malam Om, Avanza 1.3 AT 2016. Kalau RPM tinggi ga mau ganti gigi, kalau mau ganti gigi gas harus dikurangi supaya rpm rentang 2500 - 3000. Kalau dibejek full akan turun ke gigi sebelumnya, tapi ga akan mau naik2 lagi giginya kecuali ya gas dikurangi rpmnya di 2500-3000 rpm.

Udah flushing transmisi dan ganti filter transmisi tapi ga ada perubahan

Please advise[emoji120]
Paling coba bersihin body valve maticnya dulu saja om. Kalau sesudah dibersihin masih terasa aneh, mau gamau bongkar overhaul matic-nya.
Image
Conceptu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Apr 18, 2021 7:30
Location: jakarta

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Conceptu »

Chr1stm1 wrote: Fri Apr 28, 2023 22:43
Conceptu wrote: Fri Apr 28, 2023 15:45 Om dan puh mau tny lagi nih apakah benar klo flushing oli matic pakai mesin itu bisa negatif ke seal2 nya? Kalau iya jd metode apa yang aman?

Lebih baik ganti tambah tiap 20 rb atau “flush” 40 rb km?

maklum mobil udah mulai berumur 🙏🏻 thx sblum nya
Udah jalan brp KM?
Gerobak sy dulu pas flushing km 20rb, baik2 aja sampai sekarang km 37rb.
Kalo mau drain n refill jg gpp, lakukan 3x nanti jg gradually terganti cairan lamanya.
Sekarang KM menjelang 140 rb.. sudah jalan 32 rb setelah terakhir kuras pakai mesin..

Kalau drain and refill 3 x itu butuh sampai brp liter om beli oli nya? Thx
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 507
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Chr1stm1 »

Conceptu wrote: Sat Apr 29, 2023 4:27
Chr1stm1 wrote: Fri Apr 28, 2023 22:43
Conceptu wrote: Fri Apr 28, 2023 15:45 Om dan puh mau tny lagi nih apakah benar klo flushing oli matic pakai mesin itu bisa negatif ke seal2 nya? Kalau iya jd metode apa yang aman?

Lebih baik ganti tambah tiap 20 rb atau “flush” 40 rb km?

maklum mobil udah mulai berumur 🙏🏻 thx sblum nya
Udah jalan brp KM?
Gerobak sy dulu pas flushing km 20rb, baik2 aja sampai sekarang km 37rb.
Kalo mau drain n refill jg gpp, lakukan 3x nanti jg gradually terganti cairan lamanya.
Sekarang KM menjelang 140 rb.. sudah jalan 32 rb setelah terakhir kuras pakai mesin..

Kalau drain and refill 3 x itu butuh sampai brp liter om beli oli nya? Thx

Amannya ditakar dl om pas nge tap oli, keluar nya brp yah masuknya berapa
mbingtampan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Mon Jun 24, 2019 1:23
Location: Depok
Daily Vehicle: Innova Avanza

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by mbingtampan »


Suryaputra wrote:
mbingtampan wrote: Fri Apr 28, 2023 22:57 Malam Om, Avanza 1.3 AT 2016. Kalau RPM tinggi ga mau ganti gigi, kalau mau ganti gigi gas harus dikurangi supaya rpm rentang 2500 - 3000. Kalau dibejek full akan turun ke gigi sebelumnya, tapi ga akan mau naik2 lagi giginya kecuali ya gas dikurangi rpmnya di 2500-3000 rpm.

Udah flushing transmisi dan ganti filter transmisi tapi ga ada perubahan

Please advise[emoji120]
Baiknya bawa ke dokter spesialis matic mbah.
Cek dan riset reputasinya jg di forum ini.

Buat learning bersama, apakah bisa sharing mbah?
1. Sebelumnya ganti oli tiap brp km / brp tahun sekali?
2. Apakah pernah bawa beban berat / nanjak / dgn posisi transmisi di D terus?
3. Apakah pernah melakukan akselerasi dgn metode brake hold?
(Posisi gear di D 2 atau L, dan kaki ngegas, kaki satu injek rem)
Siap Om,
1. Oli transmisi flush di odo 40K, trus ganti biasa 80K, trus flush lagi di 100K (ini karena ga ngeh yg pas 80K ternyata bukan flush). Yg pas 40K pake aisin, yg di 80K pake Toyota Oil, yg 100K pake PTT.
2. Sekarang Odo di 110K, selama ini bawa beban berat jarang, mostly dalkot, pernah sekali isi 5 orang ke puncak cipanas, dan sekali isi 5 orang ke bandung
3. Never

Ada bengkel matic recommend di jakarta?

Trims Puh
mbingtampan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Mon Jun 24, 2019 1:23
Location: Depok
Daily Vehicle: Innova Avanza

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by mbingtampan »


josomba wrote:
mbingtampan wrote: Fri Apr 28, 2023 22:57 Malam Om, Avanza 1.3 AT 2016. Kalau RPM tinggi ga mau ganti gigi, kalau mau ganti gigi gas harus dikurangi supaya rpm rentang 2500 - 3000. Kalau dibejek full akan turun ke gigi sebelumnya, tapi ga akan mau naik2 lagi giginya kecuali ya gas dikurangi rpmnya di 2500-3000 rpm.

Udah flushing transmisi dan ganti filter transmisi tapi ga ada perubahan

Please advise[emoji120]
Paling coba bersihin body valve maticnya dulu saja om. Kalau sesudah dibersihin masih terasa aneh, mau gamau bongkar overhaul matic-nya.
Siap Om, kemarin sempet minta temen scan juga ga ada isu apa2. Mudah2an ga sampai OH[emoji120]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9666
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

mbingtampan wrote: Sun Apr 30, 2023 15:28
Suryaputra wrote:
mbingtampan wrote: Fri Apr 28, 2023 22:57 Malam Om, Avanza 1.3 AT 2016. Kalau RPM tinggi ga mau ganti gigi, kalau mau ganti gigi gas harus dikurangi supaya rpm rentang 2500 - 3000. Kalau dibejek full akan turun ke gigi sebelumnya, tapi ga akan mau naik2 lagi giginya kecuali ya gas dikurangi rpmnya di 2500-3000 rpm.

Udah flushing transmisi dan ganti filter transmisi tapi ga ada perubahan

Please advise[emoji120]
Baiknya bawa ke dokter spesialis matic mbah.
Cek dan riset reputasinya jg di forum ini.

Buat learning bersama, apakah bisa sharing mbah?
1. Sebelumnya ganti oli tiap brp km / brp tahun sekali?
2. Apakah pernah bawa beban berat / nanjak / dgn posisi transmisi di D terus?
3. Apakah pernah melakukan akselerasi dgn metode brake hold?
(Posisi gear di D 2 atau L, dan kaki ngegas, kaki satu injek rem)
Siap Om,
1. Oli transmisi flush di odo 40K, trus ganti biasa 80K, trus flush lagi di 100K (ini karena ga ngeh yg pas 80K ternyata bukan flush). Yg pas 40K pake aisin, yg di 80K pake Toyota Oil, yg 100K pake PTT.
2. Sekarang Odo di 110K, selama ini bawa beban berat jarang, mostly dalkot, pernah sekali isi 5 orang ke puncak cipanas, dan sekali isi 5 orang ke bandung
3. Never

Ada bengkel matic recommend di jakarta?

Trims Puh
Apriauto, Jaktim
https://instagram.com/bengkelmaticapria ... MyMTA2M2Y=

Rizki Auto, Jaktim
https://instagram.com/bengkelmobilmatic ... MyMTA2M2Y=

Contohnya ini lbh parah :upss:


Pilih aja dan kontak2 dulu
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bryanguppiez
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Oct 06, 2020 9:31
Location: Solo
Daily Vehicle: Vario

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by bryanguppiez »

ijin nanya nanya dong.

punya 1NZ. maticnya toyota ws. km 125.000. tidak ada keluhan.
sbelumnya di 90000 flushing pakai ptt lv1.
di 113000 flushing lg pakai gulf lv.

yg ptt lv1 hrga udh naik banget ga ada diskon. :big_dunno:
guld lv di officialnya kosong. dlu smpet dapet di hrga 90rb/l :mky_01:

mohon rekom oli maticnya dong selain diatas itu yg budgetnya max 110rb/l. apakah asinan AFW+ bagus? sy selalu flushing di 25rb an km. :big_biglaugh:
sekalian link nya kl ada yg jamin ori :big_comfort:

htr nuhun yah
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by AbdulHakim »

Matic nya Corolla Cross Hybrid ini khan CVT, kok dari buku user manual disarankan pake oli Toyota ATF WS? bukan menggunakan oli matic TMO CVT FE
Oli Matic CorCross Hybrid.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9666
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Wed May 03, 2023 6:14 Matic nya Corolla Cross Hybrid ini khan CVT, kok dari buku user manual disarankan pake oli Toyota ATF WS? bukan menggunakan oli matic TMO CVT FE
Oli Matic CorCross Hybrid.JPG
Karena gak pakai belt dan puli spt CVT konvensional

Pakai dinamo spull :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by AbdulHakim »

Suryaputra wrote: Wed May 03, 2023 6:24
AbdulHakim wrote: Wed May 03, 2023 6:14 Matic nya Corolla Cross Hybrid ini khan CVT, kok dari buku user manual disarankan pake oli Toyota ATF WS? bukan menggunakan oli matic TMO CVT FE
Oli Matic CorCross Hybrid.JPG
Karena gak pakai belt dan puli spt CVT konvensional

Pakai dinamo spull :big_biglaugh:
hahaha.. bisa bisa.. kyk tamiya khan mbah :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9666
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Wed May 03, 2023 6:26
Suryaputra wrote: Wed May 03, 2023 6:24
AbdulHakim wrote: Wed May 03, 2023 6:14 Matic nya Corolla Cross Hybrid ini khan CVT, kok dari buku user manual disarankan pake oli Toyota ATF WS? bukan menggunakan oli matic TMO CVT FE
Oli Matic CorCross Hybrid.JPG
Karena gak pakai belt dan puli spt CVT konvensional

Pakai dinamo spull :big_biglaugh:
hahaha.. bisa bisa.. kyk tamiya khan mbah :big_biglaugh:
Tamiya 1:1 mbah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fannykuncoro
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV 2019

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by fannykuncoro »

Cvtf yg comply sama hcf2 ada pilihan apa aja ya om? Dari yg murah sampe yg keraton... :big_think:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9666
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

fannykuncoro wrote: Tue May 09, 2023 14:30 Cvtf yg comply sama hcf2 ada pilihan apa aja ya om? Dari yg murah sampe yg keraton... :big_think:
Termurah - Termahal:
1. Aisin CFEx / Total FluidMatic CVT MV - 100rb an seliter
2. Q8 CVT Evo - kurleb 200k seliter
3. Amsoil CVT - di atas 300k seliter
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fannykuncoro
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV 2019

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by fannykuncoro »

Suryaputra wrote: Tue May 09, 2023 14:49
fannykuncoro wrote: Tue May 09, 2023 14:30 Cvtf yg comply sama hcf2 ada pilihan apa aja ya om? Dari yg murah sampe yg keraton... :big_think:
Termurah - Termahal:
1. Aisin CFEx / Total FluidMatic CVT MV - 100rb an seliter
2. Q8 CVT Evo - kurleb 200k seliter
3. Amsoil CVT - di atas 300k seliter
Wuih mantap om.. PTT ga masuk om? Thanks anyway :big_exellent:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9666
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

bryanguppiez wrote: Wed May 03, 2023 4:22 ijin nanya nanya dong.

punya 1NZ. maticnya toyota ws. km 125.000. tidak ada keluhan.
sbelumnya di 90000 flushing pakai ptt lv1.
di 113000 flushing lg pakai gulf lv.

yg ptt lv1 hrga udh naik banget ga ada diskon. :big_dunno:
guld lv di officialnya kosong. dlu smpet dapet di hrga 90rb/l :mky_01:

mohon rekom oli maticnya dong selain diatas itu yg budgetnya max 110rb/l. apakah asinan AFW+ bagus? sy selalu flushing di 25rb an km. :big_biglaugh:
sekalian link nya kl ada yg jamin ori :big_comfort:

htr nuhun yah
Klo suka flushing gtu, ganti per 40rb KM gpp.
Tapi klo drain and refill 1x, bs per 20rb km.
Better drain and refill ajah.

Klo suka matic yg responsif, pakai aja Aisin AFW VI (krn lbh encer).

Jalan santai / push and glide bs pakai Aisin AFW+ lbh murah (lbh kentel).

Dua2nya support Toyota ATF WS.

Tapi krn sebelumnya pakai LV (low viscocity), better pakai sejenis, AFW VI, krn encernya mirip dan compatible.
Last edited by Suryaputra on Tue May 09, 2023 15:03, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9666
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

fannykuncoro wrote: Tue May 09, 2023 14:54
Suryaputra wrote: Tue May 09, 2023 14:49
fannykuncoro wrote: Tue May 09, 2023 14:30 Cvtf yg comply sama hcf2 ada pilihan apa aja ya om? Dari yg murah sampe yg keraton... :big_think:
Termurah - Termahal:
1. Aisin CFEx / Total FluidMatic CVT MV - 100rb an seliter
2. Q8 CVT Evo - kurleb 200k seliter
3. Amsoil CVT - di atas 300k seliter
Wuih mantap om.. PTT ga masuk om? Thanks anyway :big_exellent:
Karena harganya mirip.
Klo harga mirip Q8 dan PTT CVT, sy pribadi pilih Q8

Balik ke preferensi masing2 ajah :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fannykuncoro
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV 2019

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by fannykuncoro »

Suryaputra wrote: Tue May 09, 2023 14:58
fannykuncoro wrote: Tue May 09, 2023 14:54
Suryaputra wrote: Tue May 09, 2023 14:49

Termurah - Termahal:
1. Aisin CFEx / Total FluidMatic CVT MV - 100rb an seliter
2. Q8 CVT Evo - kurleb 200k seliter
3. Amsoil CVT - di atas 300k seliter
Wuih mantap om.. PTT ga masuk om? Thanks anyway :big_exellent:
Karena harganya mirip.
Klo harga mirip Q8 dan PTT CVT, sy pribadi pilih Q8

Balik ke preferensi masing2 ajah :big_peace:
Sepertinya memang Q8 cvt evo yg mau saya coba menggantikan hcf2 bawaan honda... Tadinya kepikiran amsoil tp kok mahal amat ya.. Hihihi... :big_grin:

Btw klo 77 lubricant ada yg pernah coba disini blm om?
IMG_20230509_220717.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9666
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

fannykuncoro wrote: Tue May 09, 2023 15:13
Suryaputra wrote: Tue May 09, 2023 14:58
fannykuncoro wrote: Tue May 09, 2023 14:54

Wuih mantap om.. PTT ga masuk om? Thanks anyway :big_exellent:
Karena harganya mirip.
Klo harga mirip Q8 dan PTT CVT, sy pribadi pilih Q8

Balik ke preferensi masing2 ajah :big_peace:
Sepertinya memang Q8 cvt evo yg mau saya coba menggantikan hcf2 bawaan honda... Tadinya kepikiran amsoil tp kok mahal amat ya.. Hihihi... :big_grin:

Btw klo 77 lubricant ada yg pernah coba disini blm om? IMG_20230509_220717.jpg
Harganya between Q8 sm Amsoil nih
Doi ngeklaim bisa long drain.

Amsoil aja gak ngeklaim long drain.

Menarik mbah
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by wicaksono99 »

Suryaputra wrote: Tue May 09, 2023 15:33
fannykuncoro wrote: Tue May 09, 2023 15:13
Suryaputra wrote: Tue May 09, 2023 14:58
Karena harganya mirip.
Klo harga mirip Q8 dan PTT CVT, sy pribadi pilih Q8

Balik ke preferensi masing2 ajah :big_peace:
Sepertinya memang Q8 cvt evo yg mau saya coba menggantikan hcf2 bawaan honda... Tadinya kepikiran amsoil tp kok mahal amat ya.. Hihihi... :big_grin:

Btw klo 77 lubricant ada yg pernah coba disini blm om? IMG_20230509_220717.jpg
Harganya between Q8 sm Amsoil nih
Doi ngeklaim bisa long drain.

Amsoil aja gak ngeklaim long drain.

Menarik mbah
Amsoil ngeklaim pada penggunaan kondisi berat (severe) lifetimenya 2x rekomendasi pabrikan. Penggunaan kondisi normal disamakan dengan rekomendasi pabrikan.
Di new ertiga saya penggunaan kondisi normal rekomendasi pergantian di 120rb km. Kalau kondisi berat rekomendasi pergantian di 30rb km.
Kebetulan saya pakai amsoil atf fe.. Ini udah jalan 46rb km sejak pergantian, rencana ganti lagi di 50rb km. :big_peace:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9666
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

wicaksono99 wrote: Wed May 10, 2023 0:55
Suryaputra wrote: Tue May 09, 2023 15:33
fannykuncoro wrote: Tue May 09, 2023 15:13

Sepertinya memang Q8 cvt evo yg mau saya coba menggantikan hcf2 bawaan honda... Tadinya kepikiran amsoil tp kok mahal amat ya.. Hihihi... :big_grin:

Btw klo 77 lubricant ada yg pernah coba disini blm om? IMG_20230509_220717.jpg
Harganya between Q8 sm Amsoil nih
Doi ngeklaim bisa long drain.

Amsoil aja gak ngeklaim long drain.

Menarik mbah
Amsoil ngeklaim pada penggunaan kondisi berat (severe) lifetimenya 2x rekomendasi pabrikan. Penggunaan kondisi normal disamakan dengan rekomendasi pabrikan.
Di new ertiga saya penggunaan kondisi normal rekomendasi pergantian di 120rb km. Kalau kondisi berat rekomendasi pergantian di 30rb km.
Kebetulan saya pakai amsoil atf fe.. Ini udah jalan 46rb km sejak pergantian, rencana ganti lagi di 50rb km. :big_peace:
Klo cvtf ini beda cerita mbah
Krn stress pulley dan belt nya lbh besar :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1772
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Wed May 10, 2023 2:10
wicaksono99 wrote: Wed May 10, 2023 0:55
Suryaputra wrote: Tue May 09, 2023 15:33

Harganya between Q8 sm Amsoil nih
Doi ngeklaim bisa long drain.

Amsoil aja gak ngeklaim long drain.

Menarik mbah
Amsoil ngeklaim pada penggunaan kondisi berat (severe) lifetimenya 2x rekomendasi pabrikan. Penggunaan kondisi normal disamakan dengan rekomendasi pabrikan.
Di new ertiga saya penggunaan kondisi normal rekomendasi pergantian di 120rb km. Kalau kondisi berat rekomendasi pergantian di 30rb km.
Kebetulan saya pakai amsoil atf fe.. Ini udah jalan 46rb km sejak pergantian, rencana ganti lagi di 50rb km. :big_peace:
Klo cvtf ini beda cerita mbah
Krn stress pulley dan belt nya lbh besar :mky_03:
Sama temperaturenya dari yang saya liat sih kebanyakan lebih tinggi ya CVTF dibanding ATF. Apalagi kalo kyk Mbah Surya kemaren ke pegunungan banyak tanjakan makin panas tuh, makin keliatan HCF2 bakal struggle kalo dipake lebih dari 20rb km
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9666
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Wed May 10, 2023 2:16
Suryaputra wrote: Wed May 10, 2023 2:10
wicaksono99 wrote: Wed May 10, 2023 0:55

Amsoil ngeklaim pada penggunaan kondisi berat (severe) lifetimenya 2x rekomendasi pabrikan. Penggunaan kondisi normal disamakan dengan rekomendasi pabrikan.
Di new ertiga saya penggunaan kondisi normal rekomendasi pergantian di 120rb km. Kalau kondisi berat rekomendasi pergantian di 30rb km.
Kebetulan saya pakai amsoil atf fe.. Ini udah jalan 46rb km sejak pergantian, rencana ganti lagi di 50rb km. :big_peace:
Klo cvtf ini beda cerita mbah
Krn stress pulley dan belt nya lbh besar :mky_03:
Sama temperaturenya dari yang saya liat sih kebanyakan lebih tinggi ya CVTF dibanding ATF. Apalagi kalo kyk Mbah Surya kemaren ke pegunungan banyak tanjakan makin panas tuh, makin keliatan HCF2 bakal struggle kalo dipake lebih dari 20rb km
HCF2 mah 10rb KM ganti aja lah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri