aro wrote:waduh uda masup2 ke dalem gini ane ijin menyimak saja

waktu ke dealer sidoarjo ada anak swifter yg uda bongkar bloknya di ganti punya tigi
tp ane g sebegitu faham prosesnya gmn, dan g tanya2 lebih dalem.
bro swift, sebenernya semua tachometer(rpm) itu sama ndak sih sistemnya?
misal punya tigi / scorpio / vixion sekalipun , itu bisa ndak sih di pasang ke motor kita?
ane dah nanya ke kenalan di dealer happy yg kupercaya, katanya emang bisa dikanibal ama gl atau tiger & boss klep bisa diganti. wah jadi lega.. nabung dulu buat mbenerin seher dkk biar busi nggak ngeceh lagi hehehe...

.
mengenai tachometer cara kerjanya sama untuk yang elektronik dan 4 tak.misal tiger sama vixy cara kerjanya sama yaitu elektronik yg mbedain keduanya cara pengambilan sinyalnya yg beda, klo tiger ngambil sinyal dari output cdi(atau ngambil dari input coil), sedangkan klo vixion pengambilan sinyalnya dari output sinyal khusus dari ECU khusus tachometer.
klo ada minat pakai tachometer mereka bisa menggunakan punya tiger tinggal ambil output cdi, tapi sayang speedometernya untuk ban ring 18" & harganya selangit(yg ori lohhh

).
bisa juga sih pakai tachometer vixyion selain bentuknya lebih bagus, speedometernya untuk ring ban 17 kaya swift dan harganya cukup murah serta ada indikator suhu radiator, tapi input tachometernya perlu dimodif dikit.berikut ane lampirin gambar rangkaian input tambahan buat tachometer vixy sebagai keterangan:
pada komponen SV1
no1. untuk input dari aki 12volt
no2. untuk input dari massa/ground
no3. untuk input dari radiasi kabel busi dengan cara dililit ke kabel busi
INTERUPT = dihubungkan ke kabel sensor tachometer vixyon
VCC adalah tegangan listrik 5 volt yg dihasilkan oleh 7805
(TAPI BELUM DICOBA LOH SOALNYA SAYA BELUM TAU OUTPUT ECU KE TACHO TEGANGANNYA BERAPA, KLO DAH TAU TINGGAL MENYESUAIKAN IC REGULATORNYA SAJA PAKAI UKURAN BERAPA)
klo tacho megapro, scorpio & thunder125 sistemnya mekanik, di dalamnya sama seperti speedometer semuanya. tacho megy, pio & thundi menghitung putaran kabel tachonya yg dihubungkan ke mesin.jadi ga bisa dipakai langsung ke swift karena harus modif besar2an di mesin

.
klo tacho untuk motor 2 tak beda lagi itung2annya & harus modif lagi di tacho nya sendiri bila mau dipakai di motor 4 tak

.
CMIIW
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.