[NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by diveblues »

yuhuu wrote:Bro asfur,
Yang saya tanya adalah vw dan mazda, tiguan dan cx5. Karena belum pengalaman, dan saya memang ga pernah miara dua merek ini sebelumnya.
Setelah dibaca2 bro2 di atas, pengalaman mazda sangat unfriendly sekali ya.
Faktor kecelakaan ditabrak dan menabrak serta banjir semua bukan kehendak kita.
Kalo di mazda sepertinya sudah menjadi downside, bagaimana di vw?
@diveblues: cx5 kompresi nya lebih tinggi dari mobil manapun, juga harus pemakaian bensin minmal 95, karena yang tertinggi ya 95. Saya tinggal di jakarta dan saya rasa tidak sulit mencari oktan 95 di jakarta.

Kalo bro asfur dan diveblues dalam kondisi saya pilih mana vw tiguan or 2.500 touring cx5?
cx5 walaupun kompresi tinggi, tapi memang support bensin setingkat pertamax atau lebih tinggi. Tiguan memang dari sananya minimum butuh ron 95 atau lebih tinggi bro.
Kalau di jkt memang gak susah cari bensin ron 95, tapi kalo udah keluar jakarta yg bukan kota besar, akan sulit cari bensin ron 95. Tapi kalau memang pemakaian untuk dalam kota dan sekitarnya sih gak masalah.

Imho, ASS vw indo masih lumayan kok, cuma bengkelnya masih terbatas dan seperti bro evolution21 bilang, cost labournya cukup mahal :e-doh:
mungkin karena standar mobil eropa.
Bagusnya lagi, komunitas pengguna vw cukup dekat dengan atpm-nya. Jadi ada problem apa2, bisa dibantu melalui komunitas.

Untuk 2 pilihan yg bro sebutin, ane cenderung ke tiguan. Walopun powernya dibawah cx5 2.5, tapi shifting dsg nya bener2 mantep
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by madcat015 »

Apapun mobil yg dibungkus temen2 SM, ane turut senang. Ga peduli Mazda, Honda, Toyota, dst dst... :mrgreen:

Siapapun pasti bahagia kl uda beli mobil utk diberikan ke orang2 terdekat... :cupss:

Apalagi temen2 SM punya privilege utk tanya2 mobil sampe tuntas sebelum bungkus... :mrgreen:

Makasih om Joe mendengarkan pendapat nubitol lontong kayak ane... di tunggu review CX-5 2.5 nya ya om... dan congrats utk mobil barunya... :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by Good_boy86 »

Info salesnya gak konsisten.. Kemaren waktu sodara mau ambil 2.5touring, dibilang belum tau kapan masuk.
Yg datang duluan grand touring.
Nah kok di om joehart uda bisa tau kalo akhir bulan ya...
Kalo yg 2.5GT sudah di gudang kata salesnya.
Sama2 di surabaya, cuma 1 dealer mazda
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by dubz »

mobilover wrote:yah kl menurut pendapat nubie, kalo memang ga siap beli mobil CBU (yg notabene slow moving partnya susah), jangan dipaksa juga :mky_01: drpd entar komplen nunggu indent kaca lama dan sebagainya. kalo yg udah siap sih, ada persiapan hati kalo mmg kena musibah siap2 nunggu lama haha.
Mantap. Kalo udah siap jadi gak kaget dan ngomel2 kalo kena musibah. Wajar kan...mobil bukan bikinan sini, ya agak lama kalo slow moving - asal jangan kelamaan haha.
pdm
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Fri May 11, 2012 3:26

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by pdm »

Ya betul harus siap. Di sini udah ada contoh di page2 sebelumnya, ada yang kena tabrak dari belakang. Kaca belakang pecah.
Sekarang masalahnya indent lama - ok karena cbu, kita harus bisa terima.

Tapi kalo gak bisa dikasih kepastian kapan tuh kaca dan parts2 yg harus diganti dateng kan kita sebagai user dirugikan.
Contoh yang sudah di kompas tgl 26 Juni 2013, mazda2 user complain indent sparepart nya 1tahun masih belum sampe tu barang, apa kata dunia..
Padahal populasi mazda2 pasti lebih banyak dari cx5.

Silahkan membaca dan menilai
joehart
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Sun Jul 29, 2012 7:57

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by joehart »

goodboy: ya cuma nurut aja dibilang akhir bulan ada unitnya, karena warna putih ama silver touring quotanya dibanyakin. nanti kalo mbleset, baru mulai neror sales personnya :frm_bang_head:
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by xtr40rd1n4rym4n »

yah begitulah nasib punya mobil yg enak banget disetirin tp ga enak banget urusan ama bengkel dan dealernya.. :mky_01:
pdm
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Fri May 11, 2012 3:26

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by pdm »

Well, kepala teknisi dan managernya oke kok. Beberapa kali ngobrol sama mereka. Dan liat sedikit cara mereka handle service rutin di bengkel. Oke kok, no problems.

Yang dikhawatirkan gw tuh indent sparepart seperti kasus di mazda2 itu sampe 1 tahun barang gak nyampe2.
Okelah 1-2 or 3 bulan, gw bisa terima, yang penting jelas. Jangan cuma janji besok / minggu depan , ujung2nya 1 tahun nunggu gak ada hasil.

Gw rasa etika bisnis orang jepang gak sesadis itu. Ntah pejabat mmi mana yang nutup2in kasus gini sampe presdirnya gak tau. Tiap ngomong di tv bilang mazda mau memenuhi kebutuhan dan kepuasan customer cih...
Mending cepet2 berbenah atau sekalian ancur dulu aja mmi, mulai dari awal lagi, kasian buka banyak2 dealer, tapi gak efektif kerja nya.

Contoh kasus di facebook mmi, customer relation manager mazda, alexander, sampe menghindar, tidak profesional. Makanya surat complain di fb mmi tertulis "untuk presdir mmi"
Suara konsumen mazda yang frustasi, gak tau mau kemana lagi menyuarakan hak2nya.
Last edited by pdm on Wed Jul 17, 2013 3:54, edited 1 time in total.
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by xtr40rd1n4rym4n »

setuju ma om PDM :mky_02:
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 859
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by mobilover »

Yah kita cuma bisa berharap MMI bisa lebih tanggap untuk pengadaan sparepartnya. nubie rasa masyarakat jg bisa nilai kok kalo memang Mazda ASSnya jelek banget, penjualan pasti turun dan manajemen MMI jg pasti gak akan tinggal diam :mky_01:

Anyway, minta info soal komunitas CX-5 dunk, mo join nih :mky_02:
Kalo ada komunitas kan bisa saling tolong kalo ada apa2 :mky_08:
pdm
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Fri May 11, 2012 3:26

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by pdm »

Welcome bro, PM-in gw pin BB u , or ke asfur juga bisa :)
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 859
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by mobilover »

PM sent :mky_08:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by ricz »

pdm wrote:Well, kepala teknisi dan managernya oke kok. Beberapa kali ngobrol sama mereka. Dan liat sedikit cara mereka handle service rutin di bengkel. Oke kok, no problems.

Yang dikhawatirkan gw tuh indent sparepart seperti kasus di mazda2 itu sampe 1 tahun barang gak nyampe2.
Okelah 1-2 or 3 bulan, gw bisa terima, yang penting jelas. Jangan cuma janji besok / minggu depan , ujung2nya 1 tahun nunggu gak ada hasil.

Gw rasa etika bisnis orang jepang gak sesadis itu. Ntah pejabat mmi mana yang nutup2in kasus gini sampe presdirnya gak tau. Tiap ngomong di tv bilang mazda mau memenuhi kebutuhan dan kepuasan customer cih...
Mending cepet2 berbenah atau sekalian ancur dulu aja mmi, mulai dari awal lagi, kasian buka banyak2 dealer, tapi gak efektif kerja nya.

Contoh kasus di facebook mmi, customer relation manager mazda, alexander, sampe menghindar, tidak profesional. Makanya surat complain di fb mmi tertulis "untuk presdir mmi"
Suara konsumen mazda yang frustasi, gak tau mau kemana lagi menyuarakan hak2nya.
Sebenarnya bukan salah MMInya...

Salahnya di bea cukai sial*n yang suka nahan2 barang, trus ama kebijakan Mazda Jepun sendiri yang kalo mau inden barang musti pake VIN...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by xtr40rd1n4rym4n »

ricz wrote:Sebenarnya bukan salah MMInya...

Salahnya di bea cukai sial*n yang suka nahan2 barang, trus ama kebijakan Mazda Jepun sendiri yang kalo mau inden barang musti pake VIN...
setuju sih, emang beacukai yg bikin ribet dah..
kemarin ada nitip beli aksesoris CX-5 di US, dan uda jalan kirim ke indo skrg.
Moga2 kiriman gua lancar2 aja :e-pray:
pdm
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Fri May 11, 2012 3:26

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by pdm »

Kalo bea cukai apa ia kasusnya sampe 1 tahun barang belum dateng, mau tunggu berapa tahun lagi lolz

Kalo memang indent barang disampaikan ke jepang beneran, kenapa sampe 1 tahun pun belum datang? Kenapa ga disampaikan penjelasan yang jelas dan berstruktur nyangkut dimana masalah indent sparepart, kalo perlu konsumen dikasih lihat bukti order dan shipping dari jepang jalan tgl berapa, daripada masuk surat pembaca kompas.

Lagian, di wall nya MMI, ada yang complain, dan terlihat di situ customer relationship manager pun bisa "lupa" ada jadwal ketemu dengan customer, bisa tidak merespon email, sms, ignore phone calls.
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by boilers »

Iya nih, jadi was2 juga yah punya Mazda kalau baca2 berita begini. Semoga ke depannya MMI bisa terus memperbaiki diri.

So far sih banyak survey nih dari MMI, kemarin ditelp-in mau disurvey lagi sama 3rd party market research yg ditunjuk MMI. Nti coba saya input ya mengenai ketersediaan spare parts ini.
yuhuu
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jul 16, 2013 10:17

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by yuhuu »

Wah2.... kok update post-nya malah ga enak buat mazda...
Gua jadi ragu nih, apalagi abis baca postingan di Facebook fan page.
Sepertinya harus gw mest cari2 info lagi, kemaren udah mantep banget cx5 vs tiguan.
Bisa gak tenang nyetirnya kalo dibayang2in sama risk sparepart 1 tahun ckck...
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 859
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by mobilover »

Ane rasa ketersediaan sparepart Mazda n VW sebelas duabelas alias mirip2 secara sama2 CBU :mky_01:

bedanya volume penjualan mobil Mazda lbh gede dr VW, makanya problemnya keliatan lbh banyak drpd VW.

Rumusnya :
More car sales = More maintenance sparepart needed = More sparepart availability problem

Kalo gak mau pusing n nyaman di pikiran, CRV aja deh bro yuhuu :big_peace:
yuhuu
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jul 16, 2013 10:17

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by yuhuu »

Bukan nya tiguan itu ckd yah mas bro ?prinsip gw siap kok mobil mau cbu, cuma seperti yang sudah dijelasin master2 di atas, nunggu boleh, tapi yang jelas. Kalo sudah ada kasus indent gak jelas, kan jiper juga jadinya, bener2 thanks buat sharing link ke fb mmi , jadi tau ada kasus gituan, dan kasusnya itu relatif baru terjadi..
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by ricz »

yuhuu wrote:Wah2.... kok update post-nya malah ga enak buat mazda...
Gua jadi ragu nih, apalagi abis baca postingan di Facebook fan page.
Sepertinya harus gw mest cari2 info lagi, kemaren udah mantep banget cx5 vs tiguan.
Bisa gak tenang nyetirnya kalo dibayang2in sama risk sparepart 1 tahun ckck...
Yah resikolah py mbl CBU...

Tmn nyokap pake Harrier, pesan spion kadang2 2 minggu, kadang2 bisa 1 bulan...

Tp terbayar dgn built quality yg tentu saja lebih baik drpd CKD...

Kalo misalnya buat mbl perang / cuman 1-1nya mbl di rumah / gak siap kalo mau nunggu 2 bln lebih, ambil CRV aja...

Kecuali kalo udh siap mental, ya silahkan saja...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by g4ndalf »

Mobil cbu tidak selalu identik spare part sulit, selama spare spart tersedia di luar negri tinggal dipesan dibayar bea masuknya, selesai. Pengiriman antara 2 minggu sampe sebulan. Utk fast moving, cbu yg populasinya gede spt alphard, malah tersedia banyak di dlm negeri.

Spt dijelaskan mr stig sebelumnya, spare part tertentu membutuhkan proses birokrasi, mesti cocokin no rangka dsb, mungkin ini yg bikin lama?
Saya kira kuncinya di populasi, cx5 cukup banyak seharusnya ke depan spare part ga terlalu susah ya... tapi kembali lagi ini pr besar buat mmi.
pdm
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: Fri May 11, 2012 3:26

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by pdm »

Yup kalo cuma 1 mobil doank di rumah, jgn ambil resiko.

Semoga pr-nya dikerjain yah sama mmi..
lol...
Resale Value

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by Resale Value »

Jangan bilang CX-5 yang CBU, ternyata sih HONDA yang udah advantage CKD, toh ternyata masalah sparepart juga bisa MASALAH ! NGAK ADA JUGA !



Nih, baca kasus beneran, bukan teriakan member SM yang ngak jelas :



Pelayanan Buruk Honda



Tanggal 22 September 2009, mobil Honda kami mengalami masalah bunyi ngerosok di mesin. Sore hari kami ke Honda Cicendo dan di persilahkan kembali esok hari tanggal 23, karena bengkel tutup.



Besoknya, mobil kami dibongkar dan ada masalah pada kompresor AC. Tapi tidak ada suku cadang (ternyata ngak cuman Mazda kok !). Dan pihak Honda Cicendo-Bandung merekomendasikan tidak apa untuk jalan balik ke Jakarta.



Sesampai di Jakarta bunyi semakin keras. Dan tanggal 25, bunyi mencicit mesin susah berjalan. Kami hubungi Honda Permata Hijau (Pak Gunawan) dan di kirim orang tanpa peralatan hanya melihat dan bilang mobil tidak bisa dijalankan dan harus di derek. Begitu ditanya apakah ada suku cadang? Mereka tidak bisa memberikan jaminan.



Buat apa mobil di derek cuma di anggurkan karena tidak ada suku cadang? Kami hubungi lagi Honda Megatama Raya Kali Malang (Sandy Yunita). Jawaban sama. Yaitu tidak ada suku cadang. Kesal 3 bengkel resmi punya jawaban sama, kami coba hubungi Customer Care Hinda (0800)1122789, mengejutkan sekali. Ternyata pemenang Call Center Award 2009 for service excellence, libur. Dan dijawab mesin yang bicara ngebut.



Kami coba hubungi nomor yang terdengar (0800)1446632. Ternyata nomor tidak untuk Honda kami. Dan diberikan lagi nomor (021)6011101 yang akhir-akhirnya di lempar kembali ke nomor 021-6262222 (Pak Tjetjep) yang dijanjikan akan menelpon kembali. Ternyata samapai saat ini, telpon dari Honda juga tidak terdengar.



Bagaimana bisa nama besar Honda dipertaruhkan seperti ini? Semua juga akan kapok membeli produk Honda jika layanan Purna jual dari bengkel resmi dan juga Customer Care seperti saat ini. Ini kendala ke dua saya dalam menghadapi pelayanan dari Honda. Harusnya saya berpikir menjual dan mengganti ke merk asal bukan Honda.



Marcelus Ardiwinata
Kejaksaan I Blok Ao No. 12
Jakarat


http://202.146.4.17/suratpembaca/readtanggapan/10277


g4ndalf wrote:Mobil cbu tidak selalu identik spare part sulit, selama spare spart tersedia di luar negri tinggal dipesan dibayar bea masuknya, selesai. Pengiriman antara 2 minggu sampe sebulan. Utk fast moving, cbu yg populasinya gede spt alphard, malah tersedia banyak di dlm negeri.

Spt dijelaskan mr stig sebelumnya, spare part tertentu membutuhkan proses birokrasi, mesti cocokin no rangka dsb, mungkin ini yg bikin lama?
Saya kira kuncinya di populasi, cx5 cukup banyak seharusnya ke depan spare part ga terlalu susah ya... tapi kembali lagi ini pr besar buat mmi.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by VanzMatic »

Ndas koplak, trid bagus bahas Mazda, elo rusak, RV..!
Nggada yang nanya Honda, guoblook...!! :mad:

Elu itu member SM paling ga jelas..paling ga bisa bertanggung jawab!
Tukang kabur!
Cuih...makhluk tidak berguna!
Last edited by VanzMatic on Thu Jul 18, 2013 8:51, edited 1 time in total.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: [NEW] Official Mazda CX-5 - PART 02

Post by madcat015 »

Sudah lah om VM, jangan diladeni...

Skr mana berani dia berani sama ane... :big_smoking:

Mari kita jaga trit ini tetap rapi... :mrgreen:
Obey the mahakitteh. :big_cat: