ane punyanya ya SL om...ab4872rn wrote:hanya punya Peugeot 405 Sti..
Sedan-Sedan Tahun '90
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
oh iya kisi2 ac yang bisa goyang2... hampir lupa fitur ini di capalla. ingetnya cuman aas doang, sport, normal dan soft...Xous wrote:Klo bicara mazda 90an, buat ane plg iconic itu, suspensi bs d stell n ac goyang2sendiri ke kanan ke kiri bak penari d pantai honolulu. *capella 90an awal, jaman ane sd kelas 3-6, memori childhood plg inget d kepala. Walau babeh akirna cm melihara vantrend. Trus ketemu lg mazda pas jaman kul, hopeng ane pake capella 88 sedan, merah maroon interiornya menggetarkans sukma beriringan dgn tipisnya dompet coz fc nya joss
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
ckd car turbo pertama x?
ya vol244-turbo (1985) saat saham indomobil sdh hampir majority di central sole agency. 99% sdh pada jebol krn tdk di pasang tt sbg factory std (unit yg cuma 50 ini u stock clearance phase-1 under "244" badge sblm 240 glt n/a released (1986)
dai ch g-11 turbo itu 1986 dgn IHI microturbo IHI RHB3 (kalo kurang kencang bisa beli RHB5 ex ch g-11 gtti)
ya vol244-turbo (1985) saat saham indomobil sdh hampir majority di central sole agency. 99% sdh pada jebol krn tdk di pasang tt sbg factory std (unit yg cuma 50 ini u stock clearance phase-1 under "244" badge sblm 240 glt n/a released (1986)
dai ch g-11 turbo itu 1986 dgn IHI microturbo IHI RHB3 (kalo kurang kencang bisa beli RHB5 ex ch g-11 gtti)
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
mobil sekarang kalo ngomong peak power per volume displacement juga ngeri om.. untuk yang NA aja dah besar2 jugaween wrote:Iya, kenapa jaman skrg atpm gak keluarin mbl2 "super" lagi kayak thn90an yah? Dulu itu ada eterna gti, galant lele, galant hiu, cronos v6, lancer gti 1.8, twincam gti, uno turbo, maestro 4ws, 300ce, ceret turbo, astina, tx3, sentra coupe dll......missing em all
Jaman skrg cuman ada pjs v6, fiesta ecoboobs & swift sport doang....
Btw, dulu sempet ngidam bgt sama daihatsu yrv, sayangnya versi turbo, awd & panoramic roofnya gak masuk ind, tapi yg versi indo pun udah super pada jamannya, mesin k3-ve kek avanza vvti, abs, dual airbag, tiptronic di setir, dll......eh itu taun 2000an y.....maap2....ott......
Back to 90's.....idaman ane waktu itu adl telstar tx5.....seksinya si pantat liftback plus fitur cruise control yg unik
mesin 1.5L sekarang rata 105-120HP. itu standar lho...
tahun 90-an 120HP itu mesin 1.8L...
eterna GTI "cuma 145HP. sementara corolla atau civic 2.0L sekarang di kisaran 155HP.
tapi bedanya mobil yg om sebutkan emang lebih ke arah performa. dan mobil sekarang lebih ke arah efisiensi dan ekonomis.
mobil sekarang lebih berat dengan macam2 perangkat keamanan seperti sensor2 dan kantung udara. mobil 90-an cuman gazzpoll doang....

80-an akhir dan 90-an awal emang indah untuk speak freak. kelas lancer, civic sudah full independent suspension. jalanan masih sepi dan di jalan protokol masih mulus...
di tahun 90-an, ane masih bisa ngegeber kisup sampe 100 km/jam dari lampu merah pramuka utan kayu sampe perempatan pramuka bypass...

lempar mic ke mod NG-U...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
mayoritas orang sini bilang produk gagal. padahal otak mereka yang gagal karena nggak tau memperlakukan mesin turbo.newrubble wrote:
dai ch g-11 turbo itu 1986 dgn IHI microturbo IHI RHB3 (kalo kurang kencang bisa beli RHB5 ex ch g-11 gtti)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
th 90 consumer spending org org indo mendadak upward krn local currency yg kuat thd USD ...meski bbrp x central bank lakukan upaya pelemahan. bank interest wkt itu 18-24%
saat itu indo (krn sudden high demand) alami brandnew (px n commercial) car shortage...sole agents yg meminta xtra ckd shipment tdk bisa di penuhi principal kalo yg di minta itu spec sama persis
sehingga apa yg ada sj di kirim asal quota terpenuhi tanpa odd-lot. bahkan pantja-niaga yg wkt itu masih state run n headoffice nya di gedung ctc (sebrang kramat-17 java motors) datangkan cbu FAW truck ca141 laku (copy isuzu tx truck)
apapun yg ada saat itu di beli meski overprice (maz 323 interplay yg pricetagged 47 juta bisa naik 53 juta n org tetap beli tanpa tawar)...sy sempat iseng beli suzi amenity (5 hatch) harga 28juta ssdh di pakai 9.000 km (ahir 90, plaat tetap "provit", temporary yg renewed tiap bln) masih laku 33juta n itupun yg beli pedagang
thn 94 juga ada phenomenon yg kurang lebih sama meski tdk sehebat 1990. ini tahun saat baru di berlakukan bea masuk komponen ...satu brand under astra yg hampir closedown nekat masukkan city car coupe n pasang turbine di vendor pdhl itu OEM. masih untung dia tdk kena tax penalty
sole agencies saat itu msaukkan ckd basic trim dan upgrade pack secara terpisah n mrk irit (roughly) taz imposition 15%
beda nya 94 dgn 90 adalah thn 94 principal sdh anticipated shg xtra supply demand bisa di penuhi dgn spec sama n overprice tdk ada lagi
saat itu indo (krn sudden high demand) alami brandnew (px n commercial) car shortage...sole agents yg meminta xtra ckd shipment tdk bisa di penuhi principal kalo yg di minta itu spec sama persis
sehingga apa yg ada sj di kirim asal quota terpenuhi tanpa odd-lot. bahkan pantja-niaga yg wkt itu masih state run n headoffice nya di gedung ctc (sebrang kramat-17 java motors) datangkan cbu FAW truck ca141 laku (copy isuzu tx truck)
apapun yg ada saat itu di beli meski overprice (maz 323 interplay yg pricetagged 47 juta bisa naik 53 juta n org tetap beli tanpa tawar)...sy sempat iseng beli suzi amenity (5 hatch) harga 28juta ssdh di pakai 9.000 km (ahir 90, plaat tetap "provit", temporary yg renewed tiap bln) masih laku 33juta n itupun yg beli pedagang
thn 94 juga ada phenomenon yg kurang lebih sama meski tdk sehebat 1990. ini tahun saat baru di berlakukan bea masuk komponen ...satu brand under astra yg hampir closedown nekat masukkan city car coupe n pasang turbine di vendor pdhl itu OEM. masih untung dia tdk kena tax penalty
sole agencies saat itu msaukkan ckd basic trim dan upgrade pack secara terpisah n mrk irit (roughly) taz imposition 15%
beda nya 94 dgn 90 adalah thn 94 principal sdh anticipated shg xtra supply demand bisa di penuhi dgn spec sama n overprice tdk ada lagi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
Yg om maksud itu federal motor dgn fiat uno turbo om?
Velg oem nya nih
Velg oem nya nih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
marmut wrote:mayoritas orang sini bilang produk gagal. padahal otak mereka yang gagal karena nggak tau memperlakukan mesin turbo.newrubble wrote:
dai ch g-11 turbo itu 1986 dgn IHI microturbo IHI RHB3 (kalo kurang kencang bisa beli RHB5 ex ch g-11 gtti)


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
Cered turbo sama skali ngga gagal, saking aja ngga ada turbo timernya sampe turbonya jebol semua dan jg edukasi ke konsumen yg zero.
Das Beste oder nichts.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
Zaman dulu juga oli kebanyakan mineral basedNightster Guy wrote:Cered turbo sama skali ngga gagal, saking aja ngga ada turbo timernya sampe turbonya jebol semua dan jg edukasi ke konsumen yg zero.
Trus mesin masih karbu, ditambah BBM sulphur tinggi............juga belum ada teknik Carbon Clean yg lewat lubang busi........jika mesin kurang perawatan, AFR berubah or mungkin knocking & akhirnya Turbo jadi korban
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
Gpp, asal jangan om Turbo yg jadi korbanTurboman wrote:Zaman dulu juga oli kebanyakan mineral basedNightster Guy wrote:Cered turbo sama skali ngga gagal, saking aja ngga ada turbo timernya sampe turbonya jebol semua dan jg edukasi ke konsumen yg zero.
Trus mesin masih karbu, ditambah BBM sulphur tinggi............juga belum ada teknik Carbon Clean yg lewat lubang busi........jika mesin kurang perawatan, AFR berubah or mungkin knocking & akhirnya Turbo jadi korban

Soal turbo ini, banyak yg menyiasati dengan menggunakan model body turbo look, padahal NA

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
Salah 1nya starlet kapsul dgn hood turbo look nya haaaahahahaha pdhl enjin konvensional karbu sohc 12valve


Das Beste oder nichts.
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
Lah, trus kenapa situ pake SL?maskopat wrote: lancer SL, gambot gak jelas. kotak kaku gambot. kek batu bata kegedean

Noken as cadangan ane disimpen di mana ya?maskopat wrote: dan gan? itu pantat kegedean euy... *ssttt... ane berondok dulu sebelum disambit noken as dan gan sama om ryan...

no signature
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
lebih tepatnya terjadi pergeseran trend dan buat menuruti para antek greenpeace, oom.ween wrote:Iya, kenapa jaman skrg atpm gak keluarin mbl2 "super" lagi kayak thn90an yah? Dulu itu ada eterna gti, galant lele, galant hiu, cronos v6, lancer gti 1.8, twincam gti, uno turbo, maestro 4ws, 300ce, ceret turbo, astina, tx3, sentra coupe dll......missing em all
Jaman skrg cuman ada pjs v6, fiesta ecoboobs & swift sport doang....

Ford Mustang 2015 sekarang juga pilihannya 2.3L Inline-4 EcoBoobs atau V8 5.0L GT. padahal dulu versi terbawah Mustang ya V6. Dan imbasnya ke Mazda yang juga pake mesin serupa di CX-9, konon gosipnya next gen CX-9 nggak pake V6 3.7L Cyclone engine lagi, tapi pake 2.5L SKYACTIV Turbo.
Honda dari produsen performance car juga berubah ngikutin trend jadi produsen mobil ramah lingkungan. Ini yang bikin saya kangen era nineties, pabrikan bikin mobil tanpa harus kompromi dengan berbagai macam embel-embel "green", jadi mobil-mobil nineties benar-benar punya karakter kuat. Ane masih sangat ragu 2015 NSX dan 2015 Civic Type-R bisa menyamai rasa fun dan karakter kuat dari pendahulu-pendahulunya.... karena sudah terlalu banyak kompromi di sisi teknologi.


salute dengan Suzuki, masih berani masukin Swift Sport di tengah membosankannya pasar mobil baru sekarang. Satu-satunya mobil performance harga cukup "murah" dan mungkin akan jadi collector's item ya Swift Sport ini.

apalagi liat Swift Sport M/T harganya on-par dengan New Mazda2 GT... kalo disuruh beli ya jadi mikir-mikir....


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
@kris, SSS vs M2 GT? Sss lah, mazda itu mbl apa seh? ...... *siap2 d timpuk warga seraya mazda
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
oh iya mazda itu mobil apa sih? jelek gitu.Xous wrote:@kris, SSS vs M2 GT? Sss lah, mazda itu mbl apa seh? ...... *siap2 d timpuk warga seraya mazda

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
Mazda.. jepangan mediocre yg 'banyak tingkah' dgn byk breakthrough dan 'ngga cari aman'.. 
Brani pk wankel enjin? Ya mazda..
Di indo, mazda kah perintis spido digital di 323 trendynamic dan 626 sgx? Pattern spidonya melingkar/radial, nyala kuning.
Diikutin corona efi, pattern spidonya kek grafik, backlite biru indiglo.

Brani pk wankel enjin? Ya mazda..
Di indo, mazda kah perintis spido digital di 323 trendynamic dan 626 sgx? Pattern spidonya melingkar/radial, nyala kuning.
Diikutin corona efi, pattern spidonya kek grafik, backlite biru indiglo.
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
Jadi teringat, sebenernya ini bukan digital sih,
tapi model speedo CX nya brand 'jeruk nipis prancis jagoan mogok' (pinjem yaa om rubble
) ini kayaknya salah satu speedo unik yg pertama2 di Indo... 

tapi model speedo CX nya brand 'jeruk nipis prancis jagoan mogok' (pinjem yaa om rubble



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
walah bacanya gimana itu speedonya..ane malah baru liat
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
Si jeruk nipis rewel memang plg nyentrik n extravaganza soal desail layout dashboard. Ane bngung liat iklan2nya di majalah jadul indo jaman itu, beda luar biasa dr sedan jepangan. Di 16 trs (atau 19 gti, lupa) di konsolnya ada 3 panel kotak gede2 sejajar yg ntah fungsinya apa (slh 1nya bergambar rokok sperti cigar lighter), lalu ada lampu2 aneh semacam grafik warna amber yg ntah jg buat apa.
Blum lg design dashnya yg kotak2 nongol yg seolah saling timpa antar modul (ngga seperti jepangan era itu yg integrated style), dash citroen persis spaceship di film2 sci-fi jadul, dan makin tuntas 'nyentriknya' dengan steering wheel 1 spoke khas citroen

Blum lg design dashnya yg kotak2 nongol yg seolah saling timpa antar modul (ngga seperti jepangan era itu yg integrated style), dash citroen persis spaceship di film2 sci-fi jadul, dan makin tuntas 'nyentriknya' dengan steering wheel 1 spoke khas citroen

Das Beste oder nichts.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
Kek baca timbangan badan punya emak ane tuh......
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
ha ha ha betul sekali ya jadulween wrote:Kek baca timbangan badan punya emak ane tuh......
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
gak jelas kan bukan jadi penentu mutlak untuk gak dipiara...Ryan Steele wrote:Lah, trus kenapa situ pake SL?maskopat wrote: lancer SL, gambot gak jelas. kotak kaku gambot. kek batu bata kegedean![]()
Noken as cadangan ane disimpen di mana ya?maskopat wrote: dan gan? itu pantat kegedean euy... *ssttt... ane berondok dulu sebelum disambit noken as dan gan sama om ryan...

down shift... full throttle sebelum ditimpuk noken as...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
Jgn lupakan yg 1 ini kl ngomongin mobil 90an.
Vectra, dan optima, dan akirnya blazer, jd nafas trakir GM alias garmak motor nya pak probo di indonesia.
*geser mic ke om rubblepedia utk jelasin histori garmak motor (yg sy inget logonya persis ama logo GM detroit), dr lahir hingga hiatus n then kolaps. Megang chevrolet dam sempat jaya di otomotif nasional. Blazer pun smpat jaya sbg perintis medium suv di indo dan sempat identik dgn suv nya yuppies.
Vectra, dan optima, dan akirnya blazer, jd nafas trakir GM alias garmak motor nya pak probo di indonesia.
*geser mic ke om rubblepedia utk jelasin histori garmak motor (yg sy inget logonya persis ama logo GM detroit), dr lahir hingga hiatus n then kolaps. Megang chevrolet dam sempat jaya di otomotif nasional. Blazer pun smpat jaya sbg perintis medium suv di indo dan sempat identik dgn suv nya yuppies.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Sedan-Sedan Tahun '90
ah sy malas bahas nya
chevy di indo (1968) itu ibarat champion's trophy yg hrs nya di berikan ke astra qq alm william s sbg satu satu nya dealer chevy terbesar di indo jualan lbh dr sekedar seratus dua ratus chevy trucks di indo...door to door govt offices
bukan ke gatuda makmur yg (istilah sy) tadi siang pun blm terlihat debu nua
tapi bekas guru agama di inland sumatera itu hebat. dia jual automotive wing itu saat ada di peak n tdk ikutan terbanting keras saat monetary crisis. pdhl saat itu indo tinggal satu step lg u gantikan iran sbg satu satu nya overseas ckd facility cadillac (cadillac seville qq cad civil)
chevy di indo (1968) itu ibarat champion's trophy yg hrs nya di berikan ke astra qq alm william s sbg satu satu nya dealer chevy terbesar di indo jualan lbh dr sekedar seratus dua ratus chevy trucks di indo...door to door govt offices
bukan ke gatuda makmur yg (istilah sy) tadi siang pun blm terlihat debu nua
tapi bekas guru agama di inland sumatera itu hebat. dia jual automotive wing itu saat ada di peak n tdk ikutan terbanting keras saat monetary crisis. pdhl saat itu indo tinggal satu step lg u gantikan iran sbg satu satu nya overseas ckd facility cadillac (cadillac seville qq cad civil)