Sedan-Sedan Tahun '90

Suka atau koleksi akan mobil-mobil tahun lama? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by maskopat »

ab4872rn wrote:hanya punya Peugeot 405 Sti.. :)
ane punyanya ya SL om...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by maskopat »

Xous wrote:Klo bicara mazda 90an, buat ane plg iconic itu, suspensi bs d stell n ac goyang2sendiri ke kanan ke kiri bak penari d pantai honolulu. *capella 90an awal, jaman ane sd kelas 3-6, memori childhood plg inget d kepala. Walau babeh akirna cm melihara vantrend. Trus ketemu lg mazda pas jaman kul, hopeng ane pake capella 88 sedan, merah maroon interiornya menggetarkans sukma beriringan dgn tipisnya dompet coz fc nya joss
oh iya kisi2 ac yang bisa goyang2... hampir lupa fitur ini di capalla. ingetnya cuman aas doang, sport, normal dan soft...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by newrubble »

ckd car turbo pertama x?

ya vol244-turbo (1985) saat saham indomobil sdh hampir majority di central sole agency. 99% sdh pada jebol krn tdk di pasang tt sbg factory std (unit yg cuma 50 ini u stock clearance phase-1 under "244" badge sblm 240 glt n/a released (1986)

dai ch g-11 turbo itu 1986 dgn IHI microturbo IHI RHB3 (kalo kurang kencang bisa beli RHB5 ex ch g-11 gtti)
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by maskopat »

ween wrote:Iya, kenapa jaman skrg atpm gak keluarin mbl2 "super" lagi kayak thn90an yah? Dulu itu ada eterna gti, galant lele, galant hiu, cronos v6, lancer gti 1.8, twincam gti, uno turbo, maestro 4ws, 300ce, ceret turbo, astina, tx3, sentra coupe dll......missing em all :(

Jaman skrg cuman ada pjs v6, fiesta ecoboobs & swift sport doang....

Btw, dulu sempet ngidam bgt sama daihatsu yrv, sayangnya versi turbo, awd & panoramic roofnya gak masuk ind, tapi yg versi indo pun udah super pada jamannya, mesin k3-ve kek avanza vvti, abs, dual airbag, tiptronic di setir, dll......eh itu taun 2000an y.....maap2....ott......

Back to 90's.....idaman ane waktu itu adl telstar tx5.....seksinya si pantat liftback plus fitur cruise control yg unik :big_love:
mobil sekarang kalo ngomong peak power per volume displacement juga ngeri om.. untuk yang NA aja dah besar2 juga
mesin 1.5L sekarang rata 105-120HP. itu standar lho...
tahun 90-an 120HP itu mesin 1.8L...
eterna GTI "cuma 145HP. sementara corolla atau civic 2.0L sekarang di kisaran 155HP.

tapi bedanya mobil yg om sebutkan emang lebih ke arah performa. dan mobil sekarang lebih ke arah efisiensi dan ekonomis.
mobil sekarang lebih berat dengan macam2 perangkat keamanan seperti sensor2 dan kantung udara. mobil 90-an cuman gazzpoll doang.... :big_weee:

80-an akhir dan 90-an awal emang indah untuk speak freak. kelas lancer, civic sudah full independent suspension. jalanan masih sepi dan di jalan protokol masih mulus...

di tahun 90-an, ane masih bisa ngegeber kisup sampe 100 km/jam dari lampu merah pramuka utan kayu sampe perempatan pramuka bypass... :big_weee:

lempar mic ke mod NG-U...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by marmut »

newrubble wrote:
dai ch g-11 turbo itu 1986 dgn IHI microturbo IHI RHB3 (kalo kurang kencang bisa beli RHB5 ex ch g-11 gtti)
mayoritas orang sini bilang produk gagal. padahal otak mereka yang gagal karena nggak tau memperlakukan mesin turbo.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by newrubble »

th 90 consumer spending org org indo mendadak upward krn local currency yg kuat thd USD ...meski bbrp x central bank lakukan upaya pelemahan. bank interest wkt itu 18-24%

saat itu indo (krn sudden high demand) alami brandnew (px n commercial) car shortage...sole agents yg meminta xtra ckd shipment tdk bisa di penuhi principal kalo yg di minta itu spec sama persis

sehingga apa yg ada sj di kirim asal quota terpenuhi tanpa odd-lot. bahkan pantja-niaga yg wkt itu masih state run n headoffice nya di gedung ctc (sebrang kramat-17 java motors) datangkan cbu FAW truck ca141 laku (copy isuzu tx truck)

apapun yg ada saat itu di beli meski overprice (maz 323 interplay yg pricetagged 47 juta bisa naik 53 juta n org tetap beli tanpa tawar)...sy sempat iseng beli suzi amenity (5 hatch) harga 28juta ssdh di pakai 9.000 km (ahir 90, plaat tetap "provit", temporary yg renewed tiap bln) masih laku 33juta n itupun yg beli pedagang

thn 94 juga ada phenomenon yg kurang lebih sama meski tdk sehebat 1990. ini tahun saat baru di berlakukan bea masuk komponen ...satu brand under astra yg hampir closedown nekat masukkan city car coupe n pasang turbine di vendor pdhl itu OEM. masih untung dia tdk kena tax penalty

sole agencies saat itu msaukkan ckd basic trim dan upgrade pack secara terpisah n mrk irit (roughly) taz imposition 15%

beda nya 94 dgn 90 adalah thn 94 principal sdh anticipated shg xtra supply demand bisa di penuhi dgn spec sama n overprice tdk ada lagi
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by Nightster Guy »

Yg om maksud itu federal motor dgn fiat uno turbo om?

Velg oem nya nih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Das Beste oder nichts.
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by montirangin »

marmut wrote:
newrubble wrote:
dai ch g-11 turbo itu 1986 dgn IHI microturbo IHI RHB3 (kalo kurang kencang bisa beli RHB5 ex ch g-11 gtti)
mayoritas orang sini bilang produk gagal. padahal otak mereka yang gagal karena nggak tau memperlakukan mesin turbo.
:big_cry: :big_biglaugh:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by Nightster Guy »

Cered turbo sama skali ngga gagal, saking aja ngga ada turbo timernya sampe turbonya jebol semua dan jg edukasi ke konsumen yg zero.
Das Beste oder nichts.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by Turboman »

Nightster Guy wrote:Cered turbo sama skali ngga gagal, saking aja ngga ada turbo timernya sampe turbonya jebol semua dan jg edukasi ke konsumen yg zero.
Zaman dulu juga oli kebanyakan mineral based

Trus mesin masih karbu, ditambah BBM sulphur tinggi............juga belum ada teknik Carbon Clean yg lewat lubang busi........jika mesin kurang perawatan, AFR berubah or mungkin knocking & akhirnya Turbo jadi korban
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by artoodetoo »

Turboman wrote:
Nightster Guy wrote:Cered turbo sama skali ngga gagal, saking aja ngga ada turbo timernya sampe turbonya jebol semua dan jg edukasi ke konsumen yg zero.
Zaman dulu juga oli kebanyakan mineral based

Trus mesin masih karbu, ditambah BBM sulphur tinggi............juga belum ada teknik Carbon Clean yg lewat lubang busi........jika mesin kurang perawatan, AFR berubah or mungkin knocking & akhirnya Turbo jadi korban
Gpp, asal jangan om Turbo yg jadi korban :upss:

Soal turbo ini, banyak yg menyiasati dengan menggunakan model body turbo look, padahal NA :big_biglaugh:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by Nightster Guy »

Salah 1nya starlet kapsul dgn hood turbo look nya haaaahahahaha pdhl enjin konvensional karbu sohc 12valve

:wkkk:
Das Beste oder nichts.
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4486
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by Ryan Steele »

maskopat wrote: lancer SL, gambot gak jelas. kotak kaku gambot. kek batu bata kegedean
Lah, trus kenapa situ pake SL? :big_weee:
maskopat wrote: dan gan? itu pantat kegedean euy... *ssttt... ane berondok dulu sebelum disambit noken as dan gan sama om ryan...
Noken as cadangan ane disimpen di mana ya? :big_smoking:
no signature
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16676
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by ChZ »

ween wrote:Iya, kenapa jaman skrg atpm gak keluarin mbl2 "super" lagi kayak thn90an yah? Dulu itu ada eterna gti, galant lele, galant hiu, cronos v6, lancer gti 1.8, twincam gti, uno turbo, maestro 4ws, 300ce, ceret turbo, astina, tx3, sentra coupe dll......missing em all :(

Jaman skrg cuman ada pjs v6, fiesta ecoboobs & swift sport doang....
lebih tepatnya terjadi pergeseran trend dan buat menuruti para antek greenpeace, oom. :mrgreen: oiya, EcoBoobs itu termasuk teknologi fuel efficient, arahnya bukan ke performa oom.

Ford Mustang 2015 sekarang juga pilihannya 2.3L Inline-4 EcoBoobs atau V8 5.0L GT. padahal dulu versi terbawah Mustang ya V6. Dan imbasnya ke Mazda yang juga pake mesin serupa di CX-9, konon gosipnya next gen CX-9 nggak pake V6 3.7L Cyclone engine lagi, tapi pake 2.5L SKYACTIV Turbo.

Honda dari produsen performance car juga berubah ngikutin trend jadi produsen mobil ramah lingkungan. Ini yang bikin saya kangen era nineties, pabrikan bikin mobil tanpa harus kompromi dengan berbagai macam embel-embel "green", jadi mobil-mobil nineties benar-benar punya karakter kuat. Ane masih sangat ragu 2015 NSX dan 2015 Civic Type-R bisa menyamai rasa fun dan karakter kuat dari pendahulu-pendahulunya.... karena sudah terlalu banyak kompromi di sisi teknologi. :e-snooty: :e-snooty:

salute dengan Suzuki, masih berani masukin Swift Sport di tengah membosankannya pasar mobil baru sekarang. Satu-satunya mobil performance harga cukup "murah" dan mungkin akan jadi collector's item ya Swift Sport ini. :big_exellent:

apalagi liat Swift Sport M/T harganya on-par dengan New Mazda2 GT... kalo disuruh beli ya jadi mikir-mikir.... :e-think: tapi saya ngga akan ngejudge dulu sebelum test drive :mrgreen:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by Xous »

@kris, SSS vs M2 GT? Sss lah, mazda itu mbl apa seh? ...... *siap2 d timpuk warga seraya mazda
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16676
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by ChZ »

Xous wrote:@kris, SSS vs M2 GT? Sss lah, mazda itu mbl apa seh? ...... *siap2 d timpuk warga seraya mazda
oh iya mazda itu mobil apa sih? jelek gitu.

:ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by Nightster Guy »

Mazda.. jepangan mediocre yg 'banyak tingkah' dgn byk breakthrough dan 'ngga cari aman'.. :D

Brani pk wankel enjin? Ya mazda..

Di indo, mazda kah perintis spido digital di 323 trendynamic dan 626 sgx? Pattern spidonya melingkar/radial, nyala kuning.

Diikutin corona efi, pattern spidonya kek grafik, backlite biru indiglo.
Das Beste oder nichts.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by amfibi »

Jadi teringat, sebenernya ini bukan digital sih,

tapi model speedo CX nya brand 'jeruk nipis prancis jagoan mogok' (pinjem yaa om rubble :mky_03: ) ini kayaknya salah satu speedo unik yg pertama2 di Indo... :mky_02:

Image
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by montirangin »

walah bacanya gimana itu speedonya..ane malah baru liat
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by Nightster Guy »

Si jeruk nipis rewel memang plg nyentrik n extravaganza soal desail layout dashboard. Ane bngung liat iklan2nya di majalah jadul indo jaman itu, beda luar biasa dr sedan jepangan. Di 16 trs (atau 19 gti, lupa) di konsolnya ada 3 panel kotak gede2 sejajar yg ntah fungsinya apa (slh 1nya bergambar rokok sperti cigar lighter), lalu ada lampu2 aneh semacam grafik warna amber yg ntah jg buat apa.

Blum lg design dashnya yg kotak2 nongol yg seolah saling timpa antar modul (ngga seperti jepangan era itu yg integrated style), dash citroen persis spaceship di film2 sci-fi jadul, dan makin tuntas 'nyentriknya' dengan steering wheel 1 spoke khas citroen

:upss:
Das Beste oder nichts.
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by ween »

Kek baca timbangan badan punya emak ane tuh......
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by montirangin »

ween wrote:Kek baca timbangan badan punya emak ane tuh......
ha ha ha betul sekali ya jadul
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by maskopat »

Ryan Steele wrote:
maskopat wrote: lancer SL, gambot gak jelas. kotak kaku gambot. kek batu bata kegedean
Lah, trus kenapa situ pake SL? :big_weee:
maskopat wrote: dan gan? itu pantat kegedean euy... *ssttt... ane berondok dulu sebelum disambit noken as dan gan sama om ryan...
Noken as cadangan ane disimpen di mana ya? :big_smoking:
gak jelas kan bukan jadi penentu mutlak untuk gak dipiara... :big_weee:

down shift... full throttle sebelum ditimpuk noken as... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by Nightster Guy »

Jgn lupakan yg 1 ini kl ngomongin mobil 90an.

Vectra, dan optima, dan akirnya blazer, jd nafas trakir GM alias garmak motor nya pak probo di indonesia.

*geser mic ke om rubblepedia utk jelasin histori garmak motor (yg sy inget logonya persis ama logo GM detroit), dr lahir hingga hiatus n then kolaps. Megang chevrolet dam sempat jaya di otomotif nasional. Blazer pun smpat jaya sbg perintis medium suv di indo dan sempat identik dgn suv nya yuppies.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Das Beste oder nichts.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Sedan-Sedan Tahun '90

Post by newrubble »

ah sy malas bahas nya

chevy di indo (1968) itu ibarat champion's trophy yg hrs nya di berikan ke astra qq alm william s sbg satu satu nya dealer chevy terbesar di indo jualan lbh dr sekedar seratus dua ratus chevy trucks di indo...door to door govt offices

bukan ke gatuda makmur yg (istilah sy) tadi siang pun blm terlihat debu nua

tapi bekas guru agama di inland sumatera itu hebat. dia jual automotive wing itu saat ada di peak n tdk ikutan terbanting keras saat monetary crisis. pdhl saat itu indo tinggal satu step lg u gantikan iran sbg satu satu nya overseas ckd facility cadillac (cadillac seville qq cad civil)