ini om GMX yg dulu itu yah,.
he6x,. ini paj yg tadinya mau dijual tapi sayang,. trus mau di offroad in,.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
bener om... SL ane ganti overhaul setelah hampir 200rb km.. setelah 25 tahun...gmx wrote:Pajero 2800cc Turbo Diesel Intercooler 4M40T, bukan 3000cc om, keluaran IU, engine sama degan L200 Strada 2800cc non Turbo 4M40, beda di piston, ring piston dan flywheel, tapi kata om firawan bisa beli dari supplier spare part alat berat, karena ada excavator caterpilar yang mesinnya pakai 4M40T.
tapi tenang om, asal perawatan dan pemakaiannya bener, part mitsu apalagi pajero awet kok, bisa2 seumur2 ngga perlu ganti piston, ring piston dan flywheel, mudah2an..
sisanya pake mercy om... mercy 3 pintu, velg 22".... dan 55 kursi...gmx wrote:Rata2 orang pake mobil itu 20rb km/thn, kalo lancer om kopat 6rb km/thn, sisanya 14rb km pake pajero sport ya om
Wahhh om GMX mantaff sekali jawabanya dan cukup detail.... Thanks banget yaaa...gmx wrote:Om tuqij4n,
di sini yang pake pajero generasi 3 Di-D cuma om tuqij4n dan om sting, mungkin share dari om sting lebih akurat. kalo yang lain pakenya Gen 2.. ga usah terlalu khawatir om, pajero seperti halnya truck/truck based mitsubishi lainnya adalah mobil bandel, perlakuannya sama aja dengan mobil lainnya
- Apa langkah pertama perlu dilakukan? (ganti oli mesin? ganti filter dlsb?)
seperti biasa kalo beli mobil second sebaiknya langsung ganti semua cairan (Oli mesin, Oli gardan, Oli transmisi, air radiator, minyak kopling, minyak rem), filter2, dan karet2 (fanbelt, timing belt dll) tapi lebih enak kalo ada service recordnya, servicenya sebelumnya di Metro Tiga Berlian Sahardjo kan? pasti lengkap recordnya jadi tau apa aja yang seharusnya diganti
- thread sebelah menyarankan untuk dikuras tangkinya dan dilapisi, dimana bisa dilakukan itu ya? biayanya sekitar berapaan? butuh waktu berapa lama
ini ga tau om, mungkin para pemakai gen 3 yang ngerti? coba konsultasi dulu ke bengkel resmi
- User sebelumnya biasa ngisi solar shell, dekat rumah saya adanya biodiesel, gimana saranya...? bolehkah solar dicampur2 gimana dengan solar biasa (murah sih tapi efeknya??)
dari pengalaman om sting sih ngga apa2 pake solar biasa, sebaiknya biodiesel. Om mdid malah pake pajero karena sering dipake di kebon sawit di sumatra yang pasti jauh dari pertadex, pom shell atau petronas
- adakah yg punya buku user manual, misalnya rutinitas apa saja yg perlu dilakukan, dicek harian. apa yg boleh dilakukan apa yg tidak di mobil ini (seperti misalnya di mobil BMW gak boleh sembarangan ganti aku, ngisi air radiator dlsb).
coba om liat2 di http://www.mitsubishilinks.com/, mungkin aja ada
- Sistem Audio mobil ini masih asli dengan berbagai moitor blower AC dll, tapi setting tanggal dan lainnya nggak tahu caranya, adakah yg punya manualnya???
om sting.. mana nih om sting.. ada yang butuh bantuan nih
- Bagaimana dengan perawatan mobil ini, apakah harus ke bengkel resmi, atau bolah-boleh aja ke bengkel pinggir Jalan. ataukah masalah tertentu boleh ke "pinggir jalan" masalah tertentu harus ke bengkel resmi? boleh sekalian info bengkel2 resmi/non resmi yg direkomendasikan
kalo saya service berkala per 10rb km di bengkel resmi, yang 5rb km diantara 10rb itu ganti oli aja kecuali kalo ada keluhan karena di bengkel resmi pun service berkala 5rb ngga diapa2in, cuma check2 aja ngga ada stel apa2. kalo per 10ribuan ada yang di stel2, ganti busi, filter udara, dll. saya service berkala ke bengkel resmi karena mereka melakukan service sesuai check list, kalo bengkel biasa sih biasanya service itu yang diliat mesin aja.. kalo ada keluhan, saya lihat manual book, kebetulan untuk gen 2 lumayan lengkap engine, chasis, body, electrical download dari http://www.mitsubishilinks.com/, kalo spare part dan pengerjaannya mudah atau umum, saya kerjakan di bengkel biasa langganan mobil saya yang butut2 deket rumah, kalo dirasa sebaiknya ke bengkel resmi baru deh bawa ke bengkel resmi. saya ganti water pump di bengkel resmi karena pengerjaannya lumayan rumit, dan khawatir kalo beli di pusat onderdil takut dapet yang kw, takut malah ngerembet ke mana2. ganti antenna radio, dan switch antenna radio juga di bengkel resmi karena spare partnya sulit (body part) padahal pengerjaannya sih ngerjain sendiri juga bisa. ganti pulley fanbelt saya beli di atrium pake OEM, pengerjaannya di bengkel biasa, lumayan ngirit, pulley di bengkel resmi harganya 450rb 1 pcs, beli di atrium 300rb 2 pcs, hemat 60%. bengkel premium yang sepertinya biasa ngerjain pajero itu firna protechnik di tanjung duren, atau kalo service kelas berat di untung diesel sunter.
Om sting pasang piggyback di mana?
Purging juga om, penting.gmx wrote: - thread sebelah menyarankan untuk dikuras tangkinya dan dilapisi, dimana bisa dilakukan itu ya? biayanya sekitar berapaan? butuh waktu berapa lama
ini ga tau om, mungkin para pemakai gen 3 yang ngerti? coba konsultasi dulu ke bengkel resmi
- User sebelumnya biasa ngisi solar shell, dekat rumah saya adanya biodiesel, gimana saranya...? bolehkah solar dicampur2 gimana dengan solar biasa (murah sih tapi efeknya??)
dari pengalaman om sting sih ngga apa2 pake solar biasa, sebaiknya biodiesel. Om mdid malah pake pajero karena sering dipake di kebon sawit di sumatra yang pasti jauh dari pertadex, pom shell atau petronas
Pertanyaan Lanjutan :sting wrote:Halo Om tuqijan, selamat bergabung ya. Ane coba bantu sebisanya
di sini yang pake pajero generasi 3 Di-D cuma om tuqij4n dan om sting, mungkin share dari om sting lebih akurat. kalo yang lain pakenya Gen 2.. ga usah terlalu khawatir om, pajero seperti halnya truck/truck based mitsubishi lainnya adalah mobil bandel, perlakuannya sama aja dengan mobil lainnya
Setuju om, pajero gen2 dan gen3 bandel dan ngak rewel kalo dari beli sebelumnya tidak ada masalah. bahkan pajeron ane yg taon 2000 masih lebih kuat dari stream maupun escape ane lebih muda tahun produksi maupun KM nya
- Apa langkah pertama perlu dilakukan? (ganti oli mesin? ganti filter dlsb?)
seperti biasa kalo beli mobil second sebaiknya langsung ganti semua cairan (Oli mesin, Oli gardan, Oli transmisi, air radiator, minyak kopling, minyak rem), filter2, dan karet2 (fanbelt, timing belt dll) tapi lebih enak kalo ada service recordnya, servicenya sebelumnya di Metro Tiga Berlian Sahardjo kan? pasti lengkap recordnya jadi tau apa aja yang seharusnya diganti
Saya asumsi om tuqijan ngak dapet service record dari pemilik sebelumnya ya,
sebaiknya bawa ke bengkel resmi, lalu minta kuras tangki dan sekalian periksa dan bersihkan filter dalam tangki tsb. Lalu dari kuras tangki liat mayoritas kotoran dalam tangki tsb apa, kalo banyakan gram gram besi halus maka liat kondisi tangki apakah masih layak dipakai ato ngak, kalo masih layak pakai maka segera di lapisin cairan khusus. Yang ane tahu di beres lautan berlian kebun jeruk bisa melakukannya.
Tangki pajero terbuat dari bahan yg bisa di recycle dan tdk kuat dengan solar lokal sehingga besi /lapisan dalam tangki tergerus pasti, dan gram2 halus ini kalo terlalu sering lolos dari filter solar maka injector dan injection pump bisa kena, injection pump hampir 50 jutaan belum ongkos lainnya.
- User sebelumnya biasa ngisi solar shell, dekat rumah saya adanya biodiesel, gimana saranya...? bolehkah solar dicampur2 gimana dengan solar biasa (murah sih tapi efeknya??)
dari pengalaman om sting sih ngga apa2 pake solar biasa, sebaiknya biodiesel. Om mdid malah pake pajero karena sering dipake di kebon sawit di sumatra yang pasti jauh dari pertadex, pom shell atau petronas
kalo tangki sudah dilapisi mau diisi solar apa saja tidak masalah, lalu setiap 10,000 km ganti filter solar bareng filter oli, dan bersihkan saringan udara setiap 2500 km. kalo belum sempat cek tangki bisa cek dari filter solar, buka dan masukan jari ke dalam filter tsb, kalo terdapat gram2 besi halus berarti tangki belum pernah dikuras / lapisin. .
- Sistem Audio mobil ini masih asli dengan berbagai moitor blower AC dll, tapi setting tanggal dan lainnya nggak tahu caranya, adakah yg punya manualnya???
om sting.. mana nih om sting.. ada yang butuh bantuan nih
Mungkin maksud tuqijan monitor MIDnya, punya ane sudah dirubah oleh pemilik sebelumnya, sehingga sekarang jadi monitor buat DVD dan kamera. MID tsb hampir sama degna triton ato pajero sport sekarang cuma masih monokrom warnanya, coba pinjam manualnya ato tanya ke beres . kalo pajero ane Audio dan control AC terpisah. Audio asli hanya cd (6 disc), radio kaset. control AC dibagian paling bawah dan sudah auto climate, kalo GLS masih pakai putaran manual ya.
- Bagaimana dengan perawatan mobil ini, apakah harus ke bengkel resmi, atau bolah-boleh aja ke bengkel pinggir Jalan. ataukah masalah tertentu boleh ke "pinggir jalan" masalah tertentu harus ke bengkel resmi? boleh sekalian info bengkel2 resmi/non resmi yg direkomendasikan
kalo saya service berkala per 10rb km di bengkel resmi, yang 5rb km diantara 10rb itu ganti oli aja kecuali kalo ada keluhan karena di bengkel resmi pun service berkala 5rb ngga diapa2in, cuma check2 aja ngga ada stel apa2. kalo per 10ribuan ada yang di stel2, ganti busi, filter udara, dll. saya service berkala ke bengkel resmi karena mereka melakukan service sesuai check list, kalo bengkel biasa sih biasanya service itu yang diliat mesin aja.. kalo ada keluhan, saya lihat manual book, kebetulan untuk gen 2 lumayan lengkap engine, chasis, body, electrical download dari http://www.mitsubishilinks.com/, kalo spare part dan pengerjaannya mudah atau umum, saya kerjakan di bengkel biasa langganan mobil saya yang butut2 deket rumah, kalo dirasa sebaiknya ke bengkel resmi baru deh bawa ke bengkel resmi. saya ganti water pump di bengkel resmi karena pengerjaannya lumayan rumit, dan khawatir kalo beli di pusat onderdil takut dapet yang kw, takut malah ngerembet ke mana2. ganti antenna radio, dan switch antenna radio juga di bengkel resmi karena spare partnya sulit (body part) padahal pengerjaannya sih ngerjain sendiri juga bisa. ganti pulley fanbelt saya beli di atrium pake OEM, pengerjaannya di bengkel biasa, lumayan ngirit, pulley di bengkel resmi harganya 450rb 1 pcs, beli di atrium 300rb 2 pcs, hemat 60%. bengkel premium yang sepertinya biasa ngerjain pajero itu firna protechnik di tanjung duren, atau kalo service kelas berat di untung diesel sunter.
Berhubung ane beli dari pemilik lansung dan dikasih tahu semua, ane tinggal nerusin perawatan PAJERO DID. Tapi sebaiknya di periksa ke beres secara mereka memakai scanner u mengetahui kondisi terakhir dari mesin dan sensornya. kalo ganti oli mesin di toko oli langganan setiap 5000 km, ganti oli matic setiap 15,000-20rb km dan service beres ke beres setiap 20,000 Km u setel klep, ganti semua filter, termasuk bersihkan EGR. itu tok, sisa beli solar dan bayar parkir ato toll.
Om tuqijan, cek juga filter oli matic sudah ganti belum ? umumnya orang lupa ganti filter yang ini karena tidak tahu dan biaya mahal. Ane sudah ganti, itupun informasi dari pemilik sebelumnya. waktu ane ganti filter kotor dan hitam banget padahal jarak baru 35,000Km dari pergantian oleh pemilik sebelumnya. Pergantian sebaiknya di beres saja. filter nya sekitar Rp 600ribuan, dan direkomendasi pake lem khusus mitsubishi yang tahan suhu tinggi , harga lemnya Rp 350,000 dan oli sekitar 13-15 liter ane lupa persisnya
Kalo yang laen bisa diperiksa fisik seperti kampas rem, fan belt, radiator, AC.dan ngak harus di beres .
Berhubung om gmx sebut service berat di untung diesel, ane jadi ingat coba periksa filter solar dan injection pump dulu sebelum mobil di dandani terlalu banyak dan keluar biaya lainnya. karena teman ane tahun lalu beli pajero DID bekas , KM nya rendah ,setelah pake ngak lama mobil getar keras dan asal knalpor ngebul setelah dicek ternyata injection pump pernah dibetulin dan disarankan ganti unit baru karena ngak bisa diperbaiki di untung diesel akhirnya mobil dijual murah padahal barusan gantii shock depan belakang, bushing, ban 4 biji, dinamo starter dan dinamo ampere, pasang audio dvd dll
Siip... Makasih saranya om Sting, kemarin sudah kebengkel. Ganti oli mesin pilihanya ada 2 : motul sama mobil1, ambil yg motul karena direcord sebelumnya pakai itu.sting wrote:Pertanyaan Lanjutan :
Untuk oli mesin/gearbox, oli apa yg direkomendasikan dan mereknya apa...
sekali lagi thanks atas jawaban para om2 pakar disini....
============================================================================
Om ,coba liat spesicikasi oli2 dan interval ganti di atas tutup filter udara, minta nya bukan spec yg tinggi2 ato ke beres mitsu mereka udah tahu.
Kalo ane oli mesin pake 10W/40 agar tarikan lebih enteng cuma kalo ring piston udah aus oli agak Encer ini cepat nguap/kurang. Oli gardan pake GL 5. Hampir semua merk terkenal punya u spec tsb. Dan oli matic spec SP3 -bukan dextron 3 , SP3 tidak banyak merk yg punya spec ini kecuali diamond (asli mitsu), petronas, hyundai dan KTB. Kalo petronas dan hyundai warna olinya BIRU.
mdid wrote:hi All, aku memakai pajero did thn 2000 sejak thn 2004 sampai sekarang. Aku mau sharing mengenai injectors dan TDI pajero. Pajero did tidak rentan solar busuk seperti yang ditulis dan diketahui banyak orang, tapi yang menyebabkan injector rusak karena banyaknya kotoran dari pelapis tangki solar yang tidak tahan terhadap sulfur solar kita, kotoran yang berupa gram tsb lama lama lolos dari saringan solar dan masuk ke injector. Solusinya ada 2 cara . Cara sederhana adalah sering menganti filter solar, dulu aku menganti setiap 5000 km atau ganti oli, tapi waktu ganti cek filter solar yang diganti masih ngeri karena gram gram yang tertahan di filter cukup banyak.
Cara kedua adalah dengan memberi lapisan khusus kedalam tangki solar tersebut sehingga lapisan tangki tidak terkikis lagi. Cara ini cukup ampuh dan efektif berkat saran dari bengkel mitsubishi lautan berlian jl. panjang. Dan sampai sekarang tidak ada masalah dengan injector nya sama sekali.