Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
1:17 sama om skyaviation dan bung sembalap?
Ekspektasi di jalanan indonesia gak usah jauh2 average user di 1:14an lah
Mirip2 sama econobox 1.5L cvt
Nilai plus paling klo butuh pickup power ajah, akomodasi dan emblem hybrid yg beneran
Oh ya sama subsidi untuk harga beli dari pemerintah (klo goal)
Ekspektasi di jalanan indonesia gak usah jauh2 average user di 1:14an lah
Mirip2 sama econobox 1.5L cvt
Nilai plus paling klo butuh pickup power ajah, akomodasi dan emblem hybrid yg beneran
Oh ya sama subsidi untuk harga beli dari pemerintah (klo goal)
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 769
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
mungkin karena 2000cc. corolla cross di jakarta kayanya nembus 1:20 di kemacetan jakarta. Semoga 2023, toyota keluarin avanza hybrid 1500cc di harga sekitar 350jt, bakal jadi mobil mainstream.
Tapi kalau dibandingin innova bensin lama yang sehari2 1:7, dapet 1:14 pun masih 2x lipetnya. Tapi karena kompresi rendah, innova lama masih aman pertalite juga sih.
Tapi kalau dibandingin innova bensin lama yang sehari2 1:7, dapet 1:14 pun masih 2x lipetnya. Tapi karena kompresi rendah, innova lama masih aman pertalite juga sih.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
kok blom ada yang ngetes yah type binzin mitic dapet berapaariswp wrote: Sat Dec 24, 2022 5:29 1:17 sama om skyaviation dan bung sembalap?
Ekspektasi di jalanan indonesia gak usah jauh2 average user di 1:14an lah
Mirip2 sama econobox 1.5L cvt
Nilai plus paling klo butuh pickup power ajah, akomodasi dan emblem hybrid yg beneran
Oh ya sama subsidi untuk harga beli dari pemerintah (klo goal)


dah kaya bandingin innivi binzin vs innivi dizil lama. harga beli mahalan dizil tp ongkos jalan murah dizil padahal operasional sebenernya imbang malah bisa murah versi binzin.
dugaan ane sih karena bobotnya ngaruh itu batre ama motor listrik jelek banget kan sekalinya kena high load panas di gaspol sekali aja langsung depleted dah kaya batre hp nyalain aplikasi banyaktimbermaniac123 wrote: Sat Dec 24, 2022 5:32 mungkin karena 2000cc. corolla cross di jakarta kayanya nembus 1:20 di kemacetan jakarta. Semoga 2023, toyota keluarin avanza hybrid 1500cc di harga sekitar 350jt, bakal jadi mobil mainstream.
Tapi kalau dibandingin innova bensin lama yang sehari2 1:7, dapet 1:14 pun masih 2x lipetnya. Tapi karena kompresi rendah, innova lama masih aman pertalite juga sih.

corolla cross ringan, batre lebih besar sepertinya. cm mesin benzene nya cupu 98hp doank.
Last edited by ChZ on Sat Dec 24, 2022 5:40, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
1TR dl sy pakai 1:6-7ChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 5:33kok blom ada yang ngetes yah type binzin mitic dapet berapaariswp wrote: Sat Dec 24, 2022 5:29 1:17 sama om skyaviation dan bung sembalap?
Ekspektasi di jalanan indonesia gak usah jauh2 average user di 1:14an lah
Mirip2 sama econobox 1.5L cvt
Nilai plus paling klo butuh pickup power ajah, akomodasi dan emblem hybrid yg beneran
Oh ya sama subsidi untuk harga beli dari pemerintah (klo goal)anggep binzin mitic dapet 10 kml (masa 8 kml sedih amat mesin canggih2 ga beda ma 1TR), ini real world usage anggaplah 15 kml. harga batre 30jt harga beli selisih 30jt kalo gak disubsidi pemerintah
![]()
dah kaya bandingin innivi binzin vs innivi dizil lama. harga beli mahalan dizil tp ongkos jalan murah dizil.
Berisik dan lemot pula
Klo misal m20A bisa 1:8-9 dan lbh responsif
Ya udah improvement brp sektor itu

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
M20 FKS 176hp mayan lah 30hp lebih gede dari TRSuryaputra wrote: Sat Dec 24, 2022 5:35
1TR dl sy pakai 1:6-7
Berisik dan lemot pula
Klo misal m20A bisa 1:8-9 dan lbh responsif
Ya udah improvement brp sektor itu![]()

ribon 1TR punya mbah @DOHC aja ktanya bisa 1:10 kan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Nah extra 30an hpChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 5:41M20 FKS 176hp mayan lah 30hp lebih gede dari TRSuryaputra wrote: Sat Dec 24, 2022 5:35
1TR dl sy pakai 1:6-7
Berisik dan lemot pula
Klo misal m20A bisa 1:8-9 dan lbh responsif
Ya udah improvement brp sektor itu![]()
body jg ringan zenix dari innivi manapun
ribon 1TR punya mbah @DOHC aja ktanya bisa 1:10 kan.
Torque juga naik dan fwd monokok pula, jadi should be relatively much better in terms of driving performance yaa.
Tp cvt

1TR ipah gen 1,
saya dapat 1:9-10 pas PP bogor - jakarta dulu

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Mangkanya sy kaget, temen2 sy yg pd pake Cross bisa dapet 1:20an, ini koq jauh banget, berarti bobot ngaruh banget yak ?. Kalo ada yg punya hybrid dan mau experiment : ganti batere pake Li-Ion, dengan berat dan dimensi yg sama kapasitas bisa naik 3x lipat, kan voltase terpaksa tetep 200V, Li-Ion nominal voltase 3.6V (Ni-Mh cuma 1.2V), sapa tau naik iritnya. Syarat : harus boss, soalnya parkir harus atap/basement, baterenya Zenix kan taruh dalam kabin dan cuman dikipasin pake anginChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 4:52
itu juga type G, ban lebih kecil dan eco tyre (low rolling resistance)jd yang Q jangan2 malah 1:15 juga
kalo innivi dizil mitic pake biosolar ya op costnya tetep murah innivi dizil mitic
pake dex pun minimal innivi dizil mitic ga perlu ganti batre 30juta
![]()
pantes tuh TAM taun depan masarin innivi dizil mitic lagi. ayo angkat suaramu para pecinta innivi dizil mitic![]()
di mobil ukuran gini kayaknya hybrid batre kecil gini udah gak efisienud berat jatohnya mesin bensin sering nyala. aturan pake plugin hybrid mobil gede. nyala nya luar kota aja.



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Itu pun dites sendirian, kalo bawa 7 orang + barang dibelakang curiga zenix hybrid cuma 1:12ChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 4:52itu juga type G, ban lebih kecil dan eco tyre (low rolling resistance)Bulgogi wrote: Sat Dec 24, 2022 0:38 1:17 itupun dites media
Yakin sih, sehari-hari cuma 1:14 normal jakarta
Reborn dieselku aja cuma 1:12 traffic bintaro-jakartajd yang Q jangan2 malah 1:15 juga
kalo innivi dizil mitic pake biosolar ya op costnya tetep murah innivi dizil mitic
pake dex pun minimal innivi dizil mitic ga perlu ganti batre 30juta
![]()
pantes tuh TAM taun depan masarin innivi dizil mitic lagi. ayo angkat suaramu para pecinta innivi dizil mitic![]()

Ide subtitute diesel to hybrid rasanya bukan solutif ya..ChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 4:52 di mobil ukuran gini kayaknya hybrid batre kecil gini udah gak efisienud berat jatohnya mesin bensin sering nyala. aturan pake plugin hybrid mobil gede. nyala nya luar kota aja.
Dan torsinya juga ternyata ngga bagus" amat, liat vlog ridwan bawa zenix nanjak ternyata berat juga.. sampe ridwan gak berani test stop & go, takut kena somasi mungkin..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Kalau torsi diperbesar, mungkin FWD gampang selip
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
ya biar kapasitas naik 3x kan ttp cooling hrus dibikin lebi badak um, li-ion sensi ama tempraturBibieight wrote: Sat Dec 24, 2022 6:58Mangkanya sy kaget, temen2 sy yg pd pake Cross bisa dapet 1:20an, ini koq jauh banget, berarti bobot ngaruh banget yak ?. Kalo ada yg punya hybrid dan mau experiment : ganti batere pake Li-Ion, dengan berat dan dimensi yg sama kapasitas bisa naik 3x lipat, kan voltase terpaksa tetep 200V, Li-Ion nominal voltase 3.6V (Ni-Mh cuma 1.2V), sapa tau naik iritnya. Syarat : harus boss, soalnya parkir harus atap/basement, baterenya Zenix kan taruh dalam kabin dan cuman dikipasin pake anginChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 4:52
itu juga type G, ban lebih kecil dan eco tyre (low rolling resistance)jd yang Q jangan2 malah 1:15 juga
kalo innivi dizil mitic pake biosolar ya op costnya tetep murah innivi dizil mitic
pake dex pun minimal innivi dizil mitic ga perlu ganti batre 30juta
![]()
pantes tuh TAM taun depan masarin innivi dizil mitic lagi. ayo angkat suaramu para pecinta innivi dizil mitic![]()
di mobil ukuran gini kayaknya hybrid batre kecil gini udah gak efisienud berat jatohnya mesin bensin sering nyala. aturan pake plugin hybrid mobil gede. nyala nya luar kota aja.
![]()
![]()
![]()

oe curiga emg baterenya ga ngangkat buat mobil gede gtu.........
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
ini concern oe pas denger inopa pke hibrid, begitu batere depleted itu tenaga & torsi ilang banyak.ChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 4:52 di mobil ukuran gini kayaknya hybrid batre kecil gini udah gak efisienud berat jatohnya mesin bensin sering nyala. aturan pake plugin hybrid mobil gede. nyala nya luar kota aja.
ujungnya mesin kerja extra = boros
tp klo dibilang soal bobot & dimensi, kyknya mobil toyota laen ad yg lebi berat dan efisien
zenix emg cocoknya pke A25A sih klo menurut oe, tp yah............mahal
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
numpang nambahin mbahChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 5:41M20 FKS 176hp mayan lah 30hp lebih gede dari TRSuryaputra wrote: Sat Dec 24, 2022 5:35
1TR dl sy pakai 1:6-7
Berisik dan lemot pula
Klo misal m20A bisa 1:8-9 dan lbh responsif
Ya udah improvement brp sektor itu![]()
body jg ringan zenix dari innivi manapun
ribon 1TR punya mbah @DOHC aja ktanya bisa 1:10 kan.
1 : 12.8 utk transjawabahn dgn style nyetir ugal2an, kl nyetir ngikutin aturan speed max 100 kph bsa 1:13 an
dalkot macet2an 1:8an, kl dalkot 1:10 cuman pas psbb doank
tp ini berlaku hanya utk 1TR ribon metik yah, kl yg manual, ga beda jauh ama 1TR jadul borosnya
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Klo batre depleted (let say in 8-10 years)darrelund wrote: Sat Dec 24, 2022 17:21ini concern oe pas denger inopa pke hibrid, begitu batere depleted itu tenaga & torsi ilang banyak.ChZ wrote: Sat Dec 24, 2022 4:52 di mobil ukuran gini kayaknya hybrid batre kecil gini udah gak efisienud berat jatohnya mesin bensin sering nyala. aturan pake plugin hybrid mobil gede. nyala nya luar kota aja.
ujungnya mesin kerja extra = boros
tp klo dibilang soal bobot & dimensi, kyknya mobil toyota laen ad yg lebi berat dan efisien
zenix emg cocoknya pke A25A sih klo menurut oe, tp yah............mahal
Malah lbh irit sodara nya si M20A KFS dong ya
Bisa produce 176ps on crank

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Yes
Itu HRV turbo ditest sm mereka, matiin TC, selip mulu roda depan wkwkwkw
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Tue Jun 13, 2017 7:27
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Wagonr
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Izin share, ulasan lanjutan, zenix bensin v non hibrid, sudah km 500an, 1 minggu ini pakai.
Hari ini sudah uji coba ke luar kota,
tol, ke daerah pegunungan pegunungan selo boyolali. Overall cvt alus banget, tarikan awal "cenderung datar", karakter galakan all new livina (anl) 2019/ xpander kw, saya dl, namun ngisi terus tenaga tdk selinglung 4at anl saya dl bila tanjakan panjang didaerah bawen, handling oke, suspensi lebih nyaman utk cruising ketimbang anl, poldur kecil2 ditol tdk terasa ,ayunan minimal tdk seperti kapal. Suara mesin saat di gas dalam, hmmm ,berupa suara dengungan yg kurang nikmat/ gahar.
Posisi setir comanding, jok menyangga punggung dengan baik ,walau sedikit keras, jarak jauh cukup oke, posisi pedal gas rem, agak kurang rebah menurut sya. Utk konsumsi bbm ,masih manteng di 1:11-12, pake pertamax ,posisi di Eco ,main di persneling D, blm pernah main mode manual, blm terbiasa.isi penumpang 3 dewasa ,1 anak
Sekian. Nugroho smg
Hari ini sudah uji coba ke luar kota,
tol, ke daerah pegunungan pegunungan selo boyolali. Overall cvt alus banget, tarikan awal "cenderung datar", karakter galakan all new livina (anl) 2019/ xpander kw, saya dl, namun ngisi terus tenaga tdk selinglung 4at anl saya dl bila tanjakan panjang didaerah bawen, handling oke, suspensi lebih nyaman utk cruising ketimbang anl, poldur kecil2 ditol tdk terasa ,ayunan minimal tdk seperti kapal. Suara mesin saat di gas dalam, hmmm ,berupa suara dengungan yg kurang nikmat/ gahar.
Posisi setir comanding, jok menyangga punggung dengan baik ,walau sedikit keras, jarak jauh cukup oke, posisi pedal gas rem, agak kurang rebah menurut sya. Utk konsumsi bbm ,masih manteng di 1:11-12, pake pertamax ,posisi di Eco ,main di persneling D, blm pernah main mode manual, blm terbiasa.isi penumpang 3 dewasa ,1 anak
Sekian. Nugroho smg
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1603
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Kangen Semarang jadinya om, 6 tahun lebih disana. Menikmati jalur2 pegunungan sekitar sanaFearised wrote: Sun Dec 25, 2022 14:04 Izin share, ulasan lanjutan, zenix bensin v non hibrid, sudah km 500an, 1 minggu ini pakai.
Hari ini sudah uji coba ke luar kota,
tol, ke daerah pegunungan pegunungan selo boyolali. Overall cvt alus banget, tarikan awal "cenderung datar", karakter galakan all new livina (anl) 2019/ xpander kw, saya dl, namun ngisi terus tenaga tdk selinglung 4at anl saya dl bila tanjakan panjang didaerah bawen, handling oke, suspensi lebih nyaman utk cruising ketimbang anl, poldur kecil2 ditol tdk terasa ,ayunan minimal tdk seperti kapal. Suara mesin saat di gas dalam, hmmm ,berupa suara dengungan yg kurang nikmat/ gahar.
Posisi setir comanding, jok menyangga punggung dengan baik ,walau sedikit keras, jarak jauh cukup oke, posisi pedal gas rem, agak kurang rebah menurut sya. Utk konsumsi bbm ,masih manteng di 1:11-12, pake pertamax ,posisi di Eco ,main di persneling D, blm pernah main mode manual, blm terbiasa.isi penumpang 3 dewasa ,1 anak
Sekian. Nugroho smg
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Tue Jun 13, 2017 7:27
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Wagonr
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Kangen Semarang jadinya om, 6 tahun lebih disana. Menikmati jalur2 pegunungan sekitar sana
[/quote]
Tinggal didaerah mana om dl? Saya di pedurungan, semarang panas gerah ,mulai macet om
,kalau area kabupaten semarang dan sekitarnya yang mayan adem kearah selatan
[/quote]
Tinggal didaerah mana om dl? Saya di pedurungan, semarang panas gerah ,mulai macet om
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
electric motornya punya torque cuma 200 Nm max, mau instant torque pun diesel di 2000 rpm tetap lebih kuat (innivi dizil mitic 350 Nm). lbh kaya torsinya innova bensinBulgogi wrote: Sat Dec 24, 2022 10:47
Ide subtitute diesel to hybrid rasanya bukan solutif ya..
Dan torsinya juga ternyata ngga bagus" amat, liat vlog ridwan bawa zenix nanjak ternyata berat juga.. sampe ridwan gak berani test stop & go, takut kena somasi mungkin..![]()

makanya orang2 banggain electric instant torque itu kan krn liat akselerasi tesla doank, commoners mah mana mungkin naik yang begitu


utk load gede diesel tetap lebih efisien. jadi kl sering nanjak dan bawa 7 penumpang mending beli innivi dizil mitic

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
dari kemaren jalan2x naek tol ujan mulu jalanan licin ngehindarin ban belakang selip akhirnya maen paddle pake gigi 5 ini dia yang gila dari torsi mesin diesel turbo gigi 5 aja masih enak buat selap selip urut dikit dari 70-80kmh gigi 5 tenaganya lsg keluar padahal masih di bawah 3000rpm atau rpm torsi maksimum soalnya maen di sekitar 2000anChZ wrote: Mon Dec 26, 2022 3:29
electric motornya punya torque cuma 200 Nm max, mau instant torque pun diesel di 2000 rpm tetap lebih kuat (innivi dizil mitic 350 Nm). lbh kaya torsinya innova bensin
makanya orang2 banggain electric instant torque itu kan krn liat akselerasi tesla doank, commoners mah mana mungkin naik yang begituinstant torque =/= big torque. kl buat common cars torque king tetap CR Diesel.
![]()
utk load gede diesel tetap lebih efisien. jadi kl sering nanjak dan bawa 7 penumpang mending beli innivi dizil mitic![]()

Last edited by b0ku on Mon Dec 26, 2022 4:07, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Beneran jauh lebih irit dari bensin Innova lama ya Gan? Kebetulan kmrn habis test V non hybrid juga, dari awal lihat dan coba masuk kabin di pameran udah kerasa posisi mengemudi pasti enak dan beneran memang enak nyaman waktu kmrn coba. Posisi tuas gigi juga pas dalam jangkauan, relaxed driving jadinya. Catatan aja 1 buat penumpang (kebetulan lagi cari mobil buat Cece saya), skrg posisi naik kabinnya tinggi banget hampir kayak kelas Pajero/Fortuner, jadi susah kalo mau naik turun buat penumpang yg agak pendek dan udah umurFearised wrote: Sun Dec 25, 2022 14:04 Izin share, ulasan lanjutan, zenix bensin v non hibrid, sudah km 500an, 1 minggu ini pakai.
Hari ini sudah uji coba ke luar kota,
tol, ke daerah pegunungan pegunungan selo boyolali. Overall cvt alus banget, tarikan awal "cenderung datar", karakter galakan all new livina (anl) 2019/ xpander kw, saya dl, namun ngisi terus tenaga tdk selinglung 4at anl saya dl bila tanjakan panjang didaerah bawen, handling oke, suspensi lebih nyaman utk cruising ketimbang anl, poldur kecil2 ditol tdk terasa ,ayunan minimal tdk seperti kapal. Suara mesin saat di gas dalam, hmmm ,berupa suara dengungan yg kurang nikmat/ gahar.
Posisi setir comanding, jok menyangga punggung dengan baik ,walau sedikit keras, jarak jauh cukup oke, posisi pedal gas rem, agak kurang rebah menurut sya. Utk konsumsi bbm ,masih manteng di 1:11-12, pake pertamax ,posisi di Eco ,main di persneling D, blm pernah main mode manual, blm terbiasa.isi penumpang 3 dewasa ,1 anak
Sekian. Nugroho smg

Kmrn udah semangat pengin ambil yg hybrid G tapi kok setelah liat2 banyak catatannya:
1) Soft touch nya ga ada semua, termasuk yg di center armrest depan

2) Setir no kulit --> wajib re-trim
3) Ga ada defogger kaca belakang --> netral
4) Ga ada armrest penumpang belakang --> netral
5) Ga ada ionizer --> gimmick nice to have tapi kalo ga ada juga gpp
6) Ga ada headlamp leveling --> netral
7) Ga ada monitor penumpang belakang --> netral
8. Ga ada electric retract buat spion --> DEALBREAKER sekali masak bayar 468jt mobil lebar gini spion nga ada electric retract??? Bisa kesundul2 itu spion kiri kalo lewat di jalan2 sempit
Kalau dengan konsumsi BBM non hybrid bisa 1:11-12 sepertinya better ambil V non hybrid di 477jt an, krn V hybrid bedanya 70jt dng keiritan BBM di level 1:15-17 menurut saya ga worth it (gara2 panoramic sunroof yg sebenernya ga ada juga gpp).
Cuman kalo masalah masuk kabin ketinggian sepertinya ini harus cari jalan, mungkin (kalo beneran ambil) di ganti lowering kit supaya akses kabin bisa turun dikit.
Habis TD Zenix iseng TD Veloz (alasan: akses kabin penumpang gampang)




-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 482
- Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Cerita dong om impresi driving Veloz nyapeterming77 wrote: Mon Dec 26, 2022 4:06Beneran jauh lebih irit dari bensin Innova lama ya Gan? Kebetulan kmrn habis test V non hybrid juga, dari awal lihat dan coba masuk kabin di pameran udah kerasa posisi mengemudi pasti enak dan beneran memang enak nyaman waktu kmrn coba. Posisi tuas gigi juga pas dalam jangkauan, relaxed driving jadinya. Catatan aja 1 buat penumpang (kebetulan lagi cari mobil buat Cece saya), skrg posisi naik kabinnya tinggi banget hampir kayak kelas Pajero/Fortuner, jadi susah kalo mau naik turun buat penumpang yg agak pendek dan udah umurFearised wrote: Sun Dec 25, 2022 14:04 Izin share, ulasan lanjutan, zenix bensin v non hibrid, sudah km 500an, 1 minggu ini pakai.
Hari ini sudah uji coba ke luar kota,
tol, ke daerah pegunungan pegunungan selo boyolali. Overall cvt alus banget, tarikan awal "cenderung datar", karakter galakan all new livina (anl) 2019/ xpander kw, saya dl, namun ngisi terus tenaga tdk selinglung 4at anl saya dl bila tanjakan panjang didaerah bawen, handling oke, suspensi lebih nyaman utk cruising ketimbang anl, poldur kecil2 ditol tdk terasa ,ayunan minimal tdk seperti kapal. Suara mesin saat di gas dalam, hmmm ,berupa suara dengungan yg kurang nikmat/ gahar.
Posisi setir comanding, jok menyangga punggung dengan baik ,walau sedikit keras, jarak jauh cukup oke, posisi pedal gas rem, agak kurang rebah menurut sya. Utk konsumsi bbm ,masih manteng di 1:11-12, pake pertamax ,posisi di Eco ,main di persneling D, blm pernah main mode manual, blm terbiasa.isi penumpang 3 dewasa ,1 anak
Sekian. Nugroho smg![]()
Kmrn udah semangat pengin ambil yg hybrid G tapi kok setelah liat2 banyak catatannya:
1) Soft touch nya ga ada semua, termasuk yg di center armrest depan--> harus ada anggaran buat re-trim
2) Setir no kulit --> wajib re-trim
3) Ga ada defogger kaca belakang --> netral
4) Ga ada armrest penumpang belakang --> netral
5) Ga ada ionizer --> gimmick nice to have tapi kalo ga ada juga gpp
6) Ga ada headlamp leveling --> netral
7) Ga ada monitor penumpang belakang --> netral
8. Ga ada electric retract buat spion --> DEALBREAKER sekali masak bayar 468jt mobil lebar gini spion nga ada electric retract??? Bisa kesundul2 itu spion kiri kalo lewat di jalan2 sempit
Kalau dengan konsumsi BBM non hybrid bisa 1:11-12 sepertinya better ambil V non hybrid di 477jt an, krn V hybrid bedanya 70jt dng keiritan BBM di level 1:15-17 menurut saya ga worth it (gara2 panoramic sunroof yg sebenernya ga ada juga gpp).
Cuman kalo masalah masuk kabin ketinggian sepertinya ini harus cari jalan, mungkin (kalo beneran ambil) di ganti lowering kit supaya akses kabin bisa turun dikit.
Habis TD Zenix iseng TD Veloz (alasan: akses kabin penumpang gampang)![]()
![]()
![]()
impresinya: (no komen)
Lihat data ground clearance veloz masih lebih tinggi 2cm soalnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Feeling saya itu semua sudah disiapkan om, untuk minor facelift Zenix 1 tahun dan 2 tahun lagipeterming77 wrote: Mon Dec 26, 2022 4:06Beneran jauh lebih irit dari bensin Innova lama ya Gan? Kebetulan kmrn habis test V non hybrid juga, dari awal lihat dan coba masuk kabin di pameran udah kerasa posisi mengemudi pasti enak dan beneran memang enak nyaman waktu kmrn coba. Posisi tuas gigi juga pas dalam jangkauan, relaxed driving jadinya. Catatan aja 1 buat penumpang (kebetulan lagi cari mobil buat Cece saya), skrg posisi naik kabinnya tinggi banget hampir kayak kelas Pajero/Fortuner, jadi susah kalo mau naik turun buat penumpang yg agak pendek dan udah umurFearised wrote: Sun Dec 25, 2022 14:04 Izin share, ulasan lanjutan, zenix bensin v non hibrid, sudah km 500an, 1 minggu ini pakai.
Hari ini sudah uji coba ke luar kota,
tol, ke daerah pegunungan pegunungan selo boyolali. Overall cvt alus banget, tarikan awal "cenderung datar", karakter galakan all new livina (anl) 2019/ xpander kw, saya dl, namun ngisi terus tenaga tdk selinglung 4at anl saya dl bila tanjakan panjang didaerah bawen, handling oke, suspensi lebih nyaman utk cruising ketimbang anl, poldur kecil2 ditol tdk terasa ,ayunan minimal tdk seperti kapal. Suara mesin saat di gas dalam, hmmm ,berupa suara dengungan yg kurang nikmat/ gahar.
Posisi setir comanding, jok menyangga punggung dengan baik ,walau sedikit keras, jarak jauh cukup oke, posisi pedal gas rem, agak kurang rebah menurut sya. Utk konsumsi bbm ,masih manteng di 1:11-12, pake pertamax ,posisi di Eco ,main di persneling D, blm pernah main mode manual, blm terbiasa.isi penumpang 3 dewasa ,1 anak
Sekian. Nugroho smg![]()
Kmrn udah semangat pengin ambil yg hybrid G tapi kok setelah liat2 banyak catatannya:
1) Soft touch nya ga ada semua, termasuk yg di center armrest depan--> harus ada anggaran buat re-trim
2) Setir no kulit --> wajib re-trim
3) Ga ada defogger kaca belakang --> netral
4) Ga ada armrest penumpang belakang --> netral
5) Ga ada ionizer --> gimmick nice to have tapi kalo ga ada juga gpp
6) Ga ada headlamp leveling --> netral
7) Ga ada monitor penumpang belakang --> netral
8. Ga ada electric retract buat spion --> DEALBREAKER sekali masak bayar 468jt mobil lebar gini spion nga ada electric retract??? Bisa kesundul2 itu spion kiri kalo lewat di jalan2 sempit
Kalau dengan konsumsi BBM non hybrid bisa 1:11-12 sepertinya better ambil V non hybrid di 477jt an, krn V hybrid bedanya 70jt dng keiritan BBM di level 1:15-17 menurut saya ga worth it (gara2 panoramic sunroof yg sebenernya ga ada juga gpp).
Cuman kalo masalah masuk kabin ketinggian sepertinya ini harus cari jalan, mungkin (kalo beneran ambil) di ganti lowering kit supaya akses kabin bisa turun dikit.
Habis TD Zenix iseng TD Veloz (alasan: akses kabin penumpang gampang)![]()
![]()
![]()
impresinya: (no komen)
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Emang selalu gtuAbdulHakim wrote: Mon Dec 26, 2022 4:23Feeling saya itu semua sudah disiapkan om, untuk minor facelift Zenix 1 tahun dan 2 tahun lagipeterming77 wrote: Mon Dec 26, 2022 4:06Beneran jauh lebih irit dari bensin Innova lama ya Gan? Kebetulan kmrn habis test V non hybrid juga, dari awal lihat dan coba masuk kabin di pameran udah kerasa posisi mengemudi pasti enak dan beneran memang enak nyaman waktu kmrn coba. Posisi tuas gigi juga pas dalam jangkauan, relaxed driving jadinya. Catatan aja 1 buat penumpang (kebetulan lagi cari mobil buat Cece saya), skrg posisi naik kabinnya tinggi banget hampir kayak kelas Pajero/Fortuner, jadi susah kalo mau naik turun buat penumpang yg agak pendek dan udah umurFearised wrote: Sun Dec 25, 2022 14:04 Izin share, ulasan lanjutan, zenix bensin v non hibrid, sudah km 500an, 1 minggu ini pakai.
Hari ini sudah uji coba ke luar kota,
tol, ke daerah pegunungan pegunungan selo boyolali. Overall cvt alus banget, tarikan awal "cenderung datar", karakter galakan all new livina (anl) 2019/ xpander kw, saya dl, namun ngisi terus tenaga tdk selinglung 4at anl saya dl bila tanjakan panjang didaerah bawen, handling oke, suspensi lebih nyaman utk cruising ketimbang anl, poldur kecil2 ditol tdk terasa ,ayunan minimal tdk seperti kapal. Suara mesin saat di gas dalam, hmmm ,berupa suara dengungan yg kurang nikmat/ gahar.
Posisi setir comanding, jok menyangga punggung dengan baik ,walau sedikit keras, jarak jauh cukup oke, posisi pedal gas rem, agak kurang rebah menurut sya. Utk konsumsi bbm ,masih manteng di 1:11-12, pake pertamax ,posisi di Eco ,main di persneling D, blm pernah main mode manual, blm terbiasa.isi penumpang 3 dewasa ,1 anak
Sekian. Nugroho smg![]()
Kmrn udah semangat pengin ambil yg hybrid G tapi kok setelah liat2 banyak catatannya:
1) Soft touch nya ga ada semua, termasuk yg di center armrest depan--> harus ada anggaran buat re-trim
2) Setir no kulit --> wajib re-trim
3) Ga ada defogger kaca belakang --> netral
4) Ga ada armrest penumpang belakang --> netral
5) Ga ada ionizer --> gimmick nice to have tapi kalo ga ada juga gpp
6) Ga ada headlamp leveling --> netral
7) Ga ada monitor penumpang belakang --> netral
8. Ga ada electric retract buat spion --> DEALBREAKER sekali masak bayar 468jt mobil lebar gini spion nga ada electric retract??? Bisa kesundul2 itu spion kiri kalo lewat di jalan2 sempit
Kalau dengan konsumsi BBM non hybrid bisa 1:11-12 sepertinya better ambil V non hybrid di 477jt an, krn V hybrid bedanya 70jt dng keiritan BBM di level 1:15-17 menurut saya ga worth it (gara2 panoramic sunroof yg sebenernya ga ada juga gpp).
Cuman kalo masalah masuk kabin ketinggian sepertinya ini harus cari jalan, mungkin (kalo beneran ambil) di ganti lowering kit supaya akses kabin bisa turun dikit.
Habis TD Zenix iseng TD Veloz (alasan: akses kabin penumpang gampang)![]()
![]()
![]()
impresinya: (no komen)
![]()

ada aja fitur yg ditambahin nanti untuk some batch berikutnya, sama spt update software aja, sampai final release sblm muncul yg baru lg, jadi 1D3S aja lahh
Duit ada - suka sikat senang

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Di sinilah peran dan kontribusi dari early adopter yang sangat berjasaSuryaputra wrote: Mon Dec 26, 2022 4:28Emang selalu gtuAbdulHakim wrote: Mon Dec 26, 2022 4:23Feeling saya itu semua sudah disiapkan om, untuk minor facelift Zenix 1 tahun dan 2 tahun lagipeterming77 wrote: Mon Dec 26, 2022 4:06
Beneran jauh lebih irit dari bensin Innova lama ya Gan? Kebetulan kmrn habis test V non hybrid juga, dari awal lihat dan coba masuk kabin di pameran udah kerasa posisi mengemudi pasti enak dan beneran memang enak nyaman waktu kmrn coba. Posisi tuas gigi juga pas dalam jangkauan, relaxed driving jadinya. Catatan aja 1 buat penumpang (kebetulan lagi cari mobil buat Cece saya), skrg posisi naik kabinnya tinggi banget hampir kayak kelas Pajero/Fortuner, jadi susah kalo mau naik turun buat penumpang yg agak pendek dan udah umur![]()
Kmrn udah semangat pengin ambil yg hybrid G tapi kok setelah liat2 banyak catatannya:
1) Soft touch nya ga ada semua, termasuk yg di center armrest depan--> harus ada anggaran buat re-trim
2) Setir no kulit --> wajib re-trim
3) Ga ada defogger kaca belakang --> netral
4) Ga ada armrest penumpang belakang --> netral
5) Ga ada ionizer --> gimmick nice to have tapi kalo ga ada juga gpp
6) Ga ada headlamp leveling --> netral
7) Ga ada monitor penumpang belakang --> netral
8. Ga ada electric retract buat spion --> DEALBREAKER sekali masak bayar 468jt mobil lebar gini spion nga ada electric retract??? Bisa kesundul2 itu spion kiri kalo lewat di jalan2 sempit
Kalau dengan konsumsi BBM non hybrid bisa 1:11-12 sepertinya better ambil V non hybrid di 477jt an, krn V hybrid bedanya 70jt dng keiritan BBM di level 1:15-17 menurut saya ga worth it (gara2 panoramic sunroof yg sebenernya ga ada juga gpp).
Cuman kalo masalah masuk kabin ketinggian sepertinya ini harus cari jalan, mungkin (kalo beneran ambil) di ganti lowering kit supaya akses kabin bisa turun dikit.
Habis TD Zenix iseng TD Veloz (alasan: akses kabin penumpang gampang)![]()
![]()
![]()
impresinya: (no komen)
![]()
![]()
ada aja fitur yg ditambahin nanti untuk some batch berikutnya, sama spt update software aja, sampai final release sblm muncul yg baru lg, jadi 1D3S aja lahh
Duit ada - suka sikat senang![]()

Meski begitu, mesinnya yg tangguh lazimnya Toyota bisa diharapkan.
Masih menyandang nama besar Kijang soalnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Veloz menurut saya:lawyerone wrote: Mon Dec 26, 2022 4:16Cerita dong om impresi driving Veloz nyapeterming77 wrote: Mon Dec 26, 2022 4:06Beneran jauh lebih irit dari bensin Innova lama ya Gan? Kebetulan kmrn habis test V non hybrid juga, dari awal lihat dan coba masuk kabin di pameran udah kerasa posisi mengemudi pasti enak dan beneran memang enak nyaman waktu kmrn coba. Posisi tuas gigi juga pas dalam jangkauan, relaxed driving jadinya. Catatan aja 1 buat penumpang (kebetulan lagi cari mobil buat Cece saya), skrg posisi naik kabinnya tinggi banget hampir kayak kelas Pajero/Fortuner, jadi susah kalo mau naik turun buat penumpang yg agak pendek dan udah umurFearised wrote: Sun Dec 25, 2022 14:04 Izin share, ulasan lanjutan, zenix bensin v non hibrid, sudah km 500an, 1 minggu ini pakai.
Hari ini sudah uji coba ke luar kota,
tol, ke daerah pegunungan pegunungan selo boyolali. Overall cvt alus banget, tarikan awal "cenderung datar", karakter galakan all new livina (anl) 2019/ xpander kw, saya dl, namun ngisi terus tenaga tdk selinglung 4at anl saya dl bila tanjakan panjang didaerah bawen, handling oke, suspensi lebih nyaman utk cruising ketimbang anl, poldur kecil2 ditol tdk terasa ,ayunan minimal tdk seperti kapal. Suara mesin saat di gas dalam, hmmm ,berupa suara dengungan yg kurang nikmat/ gahar.
Posisi setir comanding, jok menyangga punggung dengan baik ,walau sedikit keras, jarak jauh cukup oke, posisi pedal gas rem, agak kurang rebah menurut sya. Utk konsumsi bbm ,masih manteng di 1:11-12, pake pertamax ,posisi di Eco ,main di persneling D, blm pernah main mode manual, blm terbiasa.isi penumpang 3 dewasa ,1 anak
Sekian. Nugroho smg![]()
Kmrn udah semangat pengin ambil yg hybrid G tapi kok setelah liat2 banyak catatannya:
1) Soft touch nya ga ada semua, termasuk yg di center armrest depan--> harus ada anggaran buat re-trim
2) Setir no kulit --> wajib re-trim
3) Ga ada defogger kaca belakang --> netral
4) Ga ada armrest penumpang belakang --> netral
5) Ga ada ionizer --> gimmick nice to have tapi kalo ga ada juga gpp
6) Ga ada headlamp leveling --> netral
7) Ga ada monitor penumpang belakang --> netral
8. Ga ada electric retract buat spion --> DEALBREAKER sekali masak bayar 468jt mobil lebar gini spion nga ada electric retract??? Bisa kesundul2 itu spion kiri kalo lewat di jalan2 sempit
Kalau dengan konsumsi BBM non hybrid bisa 1:11-12 sepertinya better ambil V non hybrid di 477jt an, krn V hybrid bedanya 70jt dng keiritan BBM di level 1:15-17 menurut saya ga worth it (gara2 panoramic sunroof yg sebenernya ga ada juga gpp).
Cuman kalo masalah masuk kabin ketinggian sepertinya ini harus cari jalan, mungkin (kalo beneran ambil) di ganti lowering kit supaya akses kabin bisa turun dikit.
Habis TD Zenix iseng TD Veloz (alasan: akses kabin penumpang gampang)![]()
![]()
![]()
impresinya: (no komen)
Lihat data ground clearance veloz masih lebih tinggi 2cm soalnya.
1) Posisi mengemudi GAK BISA KETEMU YG ENAK krn setir ga ada telescopic dan jarak pedal ke kaki beda dari Raize yg meski sama2 ga telescopic tapi masih bisa ketemu posisi nyetir yg tolerable. Di Veloz kalau posisi setir pas, kaki kelipet2, tapi kalo posisi kaki pas, tangan ke setir tegak lurus punggung maju alias kugapai tak sampai

2) Kekedapan kabin ala noise cancelling headphone dng posisi ambience sound on, alias ga kedap
3) Di Zenix ketemu jalanan ga rata dihajar aja kabinnya masih nyaman, di Veloz ketemu jalan ga rata kayak naik kapal
4) GEDOMBRANGAN



GC lebih tinggi 2cm dari Zenix? Tapi masuk ke kabin tengah Veloz gampang sekali, naik ke kabin Zenix harus dikasih pijakan ...
Note: BENERAN GC Veloz 205 vs Zenix 185

maapkan saya ya pengguna Veloz, bukan mau roasting Veloz sebenernya.
