wenk wrote:klukkluk wrote:LAPOR DAN MINTA PENCERAHAN PLISSS
akhirnya akte lahir jadi pas 1 minggu..horeeee~~~
tadi siang akhirnya servis si merah kerbus (kepiting rebus) di km 400
sekalian servis ga taunya akte lahir dah jadi di fontana daan mogot
waktu di servis c dengan harapan si kerbus jadi makin enak
ga taunya...
abis servis gw bawa jalan2 sampe kelapa gading sekitar 80 km
itu ga enak.......banget.....
tenanganya ngeden..mesin berisik..gigi selip beberapa kali..
lari dah gi gas pol cuma dapet 102 kpj itu pun dengan susah payah
padahal sebelom di servis tenaganya lebih asik T_T
kenapa yah...???
apakah karena olis fusch ato setingan ga bener...ato apa... T_T
help plis...
oh iya, tolong dong ajarin lagi caya setel karbu
yang di tempat warna emas di puter2 pake obeng minus
itu caranya gimana c, itungannya gimana..
soalnya itu mekanik kayanya cuma puter2 ama denger mesin..jadi kurang sreg
thanx kalo ada yang mau jelasin ke nubie
senin rencana mau ganti shell yang 10w-40 apakah ada yang sudah mencoba?
Mungkin oli nya bro, mending jgn pake fusch d.
BTW, kok cepet banget akte seminggu dah jadi bro? Punya ane dah 2 minggu blm keluar nih.....
bro wenk cara nyetel sekrup kuning or stelan angin. Kalo ane
1 nyalain mesin
2 pd posisi langsam puter dl sekrup langsam yg besar ada puterannya di naikin langsam ke ampir 2rb.
3. Dengan obeng minus mulai putar sekrup udara di kencangkan ato makin masuk . Terus perlahan2 sampai tdk bs di putar alias habis harap hati2 jgn terlalu keras muternya krn biasanya sekrup ini drat di karbu rawan slek/dol.
4. Pd kondisi sekrup udara tertutup gt biasanya mesin ampir mati jadi usahakan jgn smpi mesin mati lalu segera kendorkan lagi /buka lagi. Perlahan ya
5. Mulai pasang kuping dah dengerin perlahan2 sambil buka terus tuh sekrup per 1/4 putaran.
6. Cari bunyi mesin yg paling menghasilkan rpm tertinggi yang dengan irama konstan tdk naik turun.
7. Biasanya ketika stelan hampir pas akan ada sedikit lonjakan rpm dan mulailah tuning perlahan sampai irama mesinnya stabil konstan.
8. Bila sudah d rasa pas,setel kembali sekrup langsamnya {yg besar} kecilkan / kendorkan hingga titik rpm langsam yg menurut ente pas, kalo standar biasanya di 1200an kalau ane sekarang di setel di 1100an krn sudah gak reyen lagi. Kalo masih inreyen ane sarankan di 1300 sd 1500.
Ok bro wenk selamat mencoba.
Oh iya kalo stelan ente pas coba cek busi warnanya yg bgs merah bata kecoklatan. Kalau mengganti bahanbakar misal awal premium campur pertamax trus di isi ful pertamax yg merubah angka oktan disarankan stel ulang karbu seperti langkah d atas. Supaya pembakaran tetap sempurna. Smg bermanfaat.
Dulu Kesekolah naik Bajaj, Kemarin Kekampus naik Bajaj, Sekarang Kerja naik Bajaj..... Hidup Bajaj.