Oli Gardan dan Transmisi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
- Location: Jkt
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Om turbo.. kalo masuk gigi keras terutama dr netral ke gigi 1, itu tandanya harus ganti mtf apa ada bushing yg rusak ya?
Udh 23.000km ga ganti mtf
Udh 23.000km ga ganti mtf
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Gardan dan Transmisi
dicoba dulu aja ganti MTF nya
MTF kurang juga bikin susah masuk gigi
Minyak kopling kalo udah 2 tahun ganti aja, pake DOT 3 cukup
MTF kurang juga bikin susah masuk gigi
Minyak kopling kalo udah 2 tahun ganti aja, pake DOT 3 cukup
Rasuano wrote:Om turbo.. kalo masuk gigi keras terutama dr netral ke gigi 1, itu tandanya harus ganti mtf apa ada bushing yg rusak ya?
Udh 23.000km ga ganti mtf
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Om turbo, kl soal kuras/ganti minyak rem itu ada 2 metode ya? Sy kemarin nguras di suzuki, krn nggak bersihin disc brake sama tromol sama mekanik nya cuman di tiap ban di bleeding sama ditambahin minyak rem baru dikit2. Kata mekanik nya kl mau bener2 nguras hrs sekalian buka disc brake sama tromolTurboman wrote: Sat Dec 21, 2019 4:07 dicoba dulu aja ganti MTF nya
MTF kurang juga bikin susah masuk gigi
Minyak kopling kalo udah 2 tahun ganti aja, pake DOT 3 cukup
Rasuano wrote:Om turbo.. kalo masuk gigi keras terutama dr netral ke gigi 1, itu tandanya harus ganti mtf apa ada bushing yg rusak ya?
Udh 23.000km ga ganti mtf
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Kalau ganti minyak rem di beberapa buku manual service ya cuma di bleeding sama di tambahin minyak rem di reservoir sampai cairan minyak rem lama kebuang semua. Kalau bongkar kasih grease ya jatuhnya service rem bukan kuras. Cmiiw.
erwinign wrote:Om turbo, kl soal kuras/ganti minyak rem itu ada 2 metode ya? Sy kemarin nguras di suzuki, krn nggak bersihin disc brake sama tromol sama mekanik nya cuman di tiap ban di bleeding sama ditambahin minyak rem baru dikit2. Kata mekanik nya kl mau bener2 nguras hrs sekalian buka disc brake sama tromolTurboman wrote: Sat Dec 21, 2019 4:07 dicoba dulu aja ganti MTF nya
MTF kurang juga bikin susah masuk gigi
Minyak kopling kalo udah 2 tahun ganti aja, pake DOT 3 cukup
Rasuano wrote:Om turbo.. kalo masuk gigi keras terutama dr netral ke gigi 1, itu tandanya harus ganti mtf apa ada bushing yg rusak ya?
Udh 23.000km ga ganti mtf
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Sun Sep 06, 2015 7:52
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Om turbo, mau tanya dong, ANF ane transmisinya ga enak bgt, udah bawa ke beres katanya emang karakternya. Kira2 ganti atf bisa ngobatin ga ya? Terima kasih
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Gardan dan Transmisi
level ATF nya kurang gak ?Ajun06 wrote:Om turbo, mau tanya dong, ANF ane transmisinya ga enak bgt, udah bawa ke beres katanya emang karakternya. Kira2 ganti atf bisa ngobatin ga ya? Terima kasih
odo udah brp ?
kalo mau enak kuras en ganti pake PTT LV1
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Sun Sep 06, 2015 7:52
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Untuk levelnya blm di cek om, mobil saya 2019 bulan july.Turboman wrote:level ATF nya kurang gak ?Ajun06 wrote:Om turbo, mau tanya dong, ANF ane transmisinya ga enak bgt, udah bawa ke beres katanya emang karakternya. Kira2 ganti atf bisa ngobatin ga ya? Terima kasih
odo udah brp ?
kalo mau enak kuras en ganti pake PTT LV1
Siap om saya ciba ganti pakai ptt dulu
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Gardan dan Transmisi
ATF WS bawaan pake aja sampe 15 - 20 rb km bisaAjun06 wrote:Untuk levelnya blm di cek om, mobil saya 2019 bulan july.Turboman wrote:level ATF nya kurang gak ?Ajun06 wrote:Om turbo, mau tanya dong, ANF ane transmisinya ga enak bgt, udah bawa ke beres katanya emang karakternya. Kira2 ganti atf bisa ngobatin ga ya? Terima kasih
odo udah brp ?
kalo mau enak kuras en ganti pake PTT LV1
Siap om saya ciba ganti pakai ptt dulu
kalo ngejedug paling level ATF nya kurang, Top Up aja
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Sun Sep 06, 2015 7:52
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Turboman wrote:ATF WS bawaan pake aja sampe 15 - 20 rb km bisaAjun06 wrote:Untuk levelnya blm di cek om, mobil saya 2019 bulan july.Turboman wrote:level ATF nya kurang gak ?
odo udah brp ?
kalo mau enak kuras en ganti pake PTT LV1
Siap om saya ciba ganti pakai ptt dulu
kalo ngejedug paling level ATF nya kurang, Top Up aja
Ohiya odo saat ini 17rban,
Transmisinya kaya lompat2 gitu om apalagi kalau rpm mau 1500 tau2 langsung lompat
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Mon Aug 29, 2016 16:23
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Halo om semua, sy ada audi Q7 2012, rencana ada mau kuras oli transmisi nya dan juga oli transfer box nya. Yang mau saya tanyakan apa bisa pake oli aftermarket? Atau cuma bisa pakai oli OEM VW AUDI nya ya? Karena oli OEM sangat mahal sekali per liter sekitar 600rb an untuk oli transmisi dan 1 jutaan per liter untuk oli transfer box. Kalau ada oli merk lain, kira2 pakai merk apa yang bagus? Sbg info di beres untuk oli transmisi nya pakai tipe OEM G055 540 A2 dan oli transfer box nya G052 536 A2. Oh iya apakah ada bengkel selain bengkel resmi rekomendasi dari suhu2 disini untuk penggantian oli tsb. Terima kasih sebelumnya.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Gardan dan Transmisi
PTT LV1 meet std G055 540 tulaoshizaoan wrote:Halo om semua, sy ada audi Q7 2012, rencana ada mau kuras oli transmisi nya dan juga oli transfer box nya. Yang mau saya tanyakan apa bisa pake oli aftermarket? Atau cuma bisa pakai oli OEM VW AUDI nya ya? Karena oli OEM sangat mahal sekali per liter sekitar 600rb an untuk oli transmisi dan 1 jutaan per liter untuk oli transfer box. Kalau ada oli merk lain, kira2 pakai merk apa yang bagus? Sbg info di beres untuk oli transmisi nya pakai tipe OEM G055 540 A2 dan oli transfer box nya G052 536 A2. Oh iya apakah ada bengkel selain bengkel resmi rekomendasi dari suhu2 disini untuk penggantian oli tsb. Terima kasih sebelumnya.
Q8 AUTO MV juga
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Om utk power steering Kijang bagusnya pake ATF apa ya?
Spesifikasinya sih cuma minta Dexron II atau III
Spesifikasinya sih cuma minta Dexron II atau III
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Gardan dan Transmisi
BebasssscoklatMetalik wrote:Om utk power steering Kijang bagusnya pake ATF apa ya?
Spesifikasinya sih cuma minta Dexron II atau III
ane pake AFW+ enak juga
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Jul 21, 2018 6:04
- Location: Pindah pindah
- Daily Vehicle: Pajero Sport Dakar
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Om turbo, mobil sy old pajero dakar...
Oli matic yg rekomen gantiin oli dari diler ap yaa?
Yg high end jg ndak ap biar awet..
Terakhir gnti km 33rb skrg masih 55rb sdh tidak begitu enak pakai rekom beres kmrn..
Mohon pencerahan om..trims
Oli matic yg rekomen gantiin oli dari diler ap yaa?
Yg high end jg ndak ap biar awet..
Terakhir gnti km 33rb skrg masih 55rb sdh tidak begitu enak pakai rekom beres kmrn..
Mohon pencerahan om..trims
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Kalo mau yg tarikan enteng / karakter sporty driving & selip kopling sgt kecil = PTT AUTOMAT A1
kalo mau yg karakter smooth shifting = Q8 AUTO JK
smooth shifting yg murah = AISIN AFW+ (2 tahun kuras )
Kalo buat Stop & Go Dalkot = PTT AUTOMAT A1 enak bgt karena tarikan enteng
kalo mau yg karakter smooth shifting = Q8 AUTO JK
smooth shifting yg murah = AISIN AFW+ (2 tahun kuras )
Kalo buat Stop & Go Dalkot = PTT AUTOMAT A1 enak bgt karena tarikan enteng
barokah16 wrote:Om turbo, mobil sy old pajero dakar...
Oli matic yg rekomen gantiin oli dari diler ap yaa?
Yg high end jg ndak ap biar awet..
Terakhir gnti km 33rb skrg masih 55rb sdh tidak begitu enak pakai rekom beres kmrn..
Mohon pencerahan om..trims
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Jul 21, 2018 6:04
- Location: Pindah pindah
- Daily Vehicle: Pajero Sport Dakar
Re: Oli Gardan dan Transmisi

Terimakasih om turbo pencerahannya...spertinya ambil q8 saja..Turboman wrote: Sun Dec 22, 2019 4:47 Kalo mau yg tarikan enteng / karakter sporty driving & selip kopling sgt kecil = PTT AUTOMAT A1
kalo mau yg karakter smooth shifting = Q8 AUTO JK
smooth shifting yg murah = AISIN AFW+ (2 tahun kuras )
Kalo buat Stop & Go Dalkot = PTT AUTOMAT A1 enak bgt karena tarikan enteng
barokah16 wrote:Om turbo, mobil sy old pajero dakar...
Oli matic yg rekomen gantiin oli dari diler ap yaa?
Yg high end jg ndak ap biar awet..
Terakhir gnti km 33rb skrg masih 55rb sdh tidak begitu enak pakai rekom beres kmrn..
Mohon pencerahan om..trims
Soalny oli mesin pake q8 t8700 udh cocok...
Semoga atfnya jg cocok...trims


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Coba PTT Automate A1 aja Om, enak banget buat naik2 ke pegunungan. Ane isi full 8 orang di fortuner mantep om gak ada selip matic, apalagi pakai ATF cooler, galak tarikannya, kap mesin sampai dongak [emoji16]
barokah16 wrote:
Terimakasih om turbo pencerahannya...spertinya ambil q8 saja..Turboman wrote: Sun Dec 22, 2019 4:47 Kalo mau yg tarikan enteng / karakter sporty driving & selip kopling sgt kecil = PTT AUTOMAT A1
kalo mau yg karakter smooth shifting = Q8 AUTO JK
smooth shifting yg murah = AISIN AFW+ (2 tahun kuras )
Kalo buat Stop & Go Dalkot = PTT AUTOMAT A1 enak bgt karena tarikan enteng
barokah16 wrote:Om turbo, mobil sy old pajero dakar...
Oli matic yg rekomen gantiin oli dari diler ap yaa?
Yg high end jg ndak ap biar awet..
Terakhir gnti km 33rb skrg masih 55rb sdh tidak begitu enak pakai rekom beres kmrn..
Mohon pencerahan om..trims
Soalny oli mesin pake q8 t8700 udh cocok...
Semoga atfnya jg cocok...trims![]()
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Yg di toko ijo berkat otopart itu beneran distributornya ya?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 617
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Oli Gardan dan Transmisi
sore om Turbo,
ada mobil tua espass 1300, MT tentu. manual book gak tau kemana.
untuk gardan n taransmisi pakai apa ya bagusnya?
makasih om
ada mobil tua espass 1300, MT tentu. manual book gak tau kemana.
untuk gardan n taransmisi pakai apa ya bagusnya?
makasih om
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Trans manual = Wuling MTF 75W90 beli di BeRes Wul bag partssatriakarisma wrote:sore om Turbo,
ada mobil tua espass 1300, MT tentu. manual book gak tau kemana.
untuk gardan n taransmisi pakai apa ya bagusnya?
makasih om
kalo gardan 75W90 / 80W90 GL-5 bebas
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 617
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Oli Gardan dan Transmisi
terima kasih om Turbo.Turboman wrote: Mon Dec 23, 2019 10:28Trans manual = Wuling MTF 75W90 beli di BeRes Wul bag partssatriakarisma wrote:sore om Turbo,
ada mobil tua espass 1300, MT tentu. manual book gak tau kemana.
untuk gardan n taransmisi pakai apa ya bagusnya?
makasih om
kalo gardan 75W90 / 80W90 GL-5 bebas
untuk yang MTF butuh berapa liter ya om?
salam
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Gardan dan Transmisi
see manual book atau tanya ke BeRes Daihatsu ajasatriakarisma wrote:terima kasih om Turbo.Turboman wrote: Mon Dec 23, 2019 10:28Trans manual = Wuling MTF 75W90 beli di BeRes Wul bag partssatriakarisma wrote:sore om Turbo,
ada mobil tua espass 1300, MT tentu. manual book gak tau kemana.
untuk gardan n taransmisi pakai apa ya bagusnya?
makasih om
kalo gardan 75W90 / 80W90 GL-5 bebas
untuk yang MTF butuh berapa liter ya om?
salam
feeling saya 2 L / kurang atau paling mentok 2,5 L lah
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
- Location: cengkareng
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Om turbo kan di post awal2 om turbo saranin ganti oli cvt tiap 15rb. Nah mau tanya itu ganti yg keluar aja atau kuras total semua oli cvt nya?
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Jul 21, 2018 6:04
- Location: Pindah pindah
- Daily Vehicle: Pajero Sport Dakar
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Begitu ya gan, mohon info kalau di surabaya yg ada ptt automat a1 bengkel mn ya gan? Soalny biasa di mobeng, adanya q8 sm total kmrn...trims
benzz89 wrote: Mon Dec 23, 2019 9:41 Coba PTT Automate A1 aja Om, enak banget buat naik2 ke pegunungan. Ane isi full 8 orang di fortuner mantep om gak ada selip matic, apalagi pakai ATF cooler, galak tarikannya, kap mesin sampai dongak [emoji16]barokah16 wrote:
Terimakasih om turbo pencerahannya...spertinya ambil q8 saja..Turboman wrote: Sun Dec 22, 2019 4:47 Kalo mau yg tarikan enteng / karakter sporty driving & selip kopling sgt kecil = PTT AUTOMAT A1
kalo mau yg karakter smooth shifting = Q8 AUTO JK
smooth shifting yg murah = AISIN AFW+ (2 tahun kuras )
Kalo buat Stop & Go Dalkot = PTT AUTOMAT A1 enak bgt karena tarikan enteng
Soalny oli mesin pake q8 t8700 udh cocok...
Semoga atfnya jg cocok...trims![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Ke distributor resmi nya aja om di blibli.com, sama konfirmasi ke bengkel langganan nya aja boleh bw oli sendiri apa enggakbarokah16 wrote: Thu Dec 26, 2019 1:30 Begitu ya gan, mohon info kalau di surabaya yg ada ptt automat a1 bengkel mn ya gan? Soalny biasa di mobeng, adanya q8 sm total kmrn...trims
benzz89 wrote: Mon Dec 23, 2019 9:41 Coba PTT Automate A1 aja Om, enak banget buat naik2 ke pegunungan. Ane isi full 8 orang di fortuner mantep om gak ada selip matic, apalagi pakai ATF cooler, galak tarikannya, kap mesin sampai dongak [emoji16]barokah16 wrote:![]()
Terimakasih om turbo pencerahannya...spertinya ambil q8 saja..
Soalny oli mesin pake q8 t8700 udh cocok...
Semoga atfnya jg cocok...trims![]()