Pingin sharing dikit, kebetulan newbie pengguna GL 4A/T 2011
Odo saat ini 75rb km
Perawatan dan penggantian parts selama ini :
- shockbreaker belakang pada tahun ke 3. kyknya gara2 abis diisi full orang + barang + dibawa keluar kota main hajar di segala kondisi jalan

jadinya shockbreaker belakang bocor, tanda2nya kalo kena jalan jelek bunyi JEDUKKK. DC : free, masih garansi
- klakson mati. solusi : sambung ke kabel satunya lg (entah ini maksudnya apa, krn bkn newbie yang bawa ke bengkel waktu itu) DC : 300rb
- aki mati pada tahun ketiga, awetttttttt bangetttttttttt

DC : 400rb
- kampas rem depan ganti di km 72rb km, awet banget jg

DC :600rb, ori nissan
- 4 ban ganti di km 74rb km, lumayan awet juga

murahhhh lagi, tp pas itu dptnya yg standarnya avanza, punya livina lg kosong. DC : 2jt, 4 ban, dunlop entah tipe apa. Untuk yg ori livina sekitar 2.4jt 4 ban. bedanya apa? punya avanza utk top speed 180km/h, livina 210km/h. serem ah mau lari 210km/h
- ngelitik mulai tahun ke3.....ini yg agak bikin sebel. solusi : carbon clean (DC 500rb per 15rb km). tp jalan 5rb km sdh ngelitik lg, meskipun gak parah

solusi kedua : up ke pertalite, selama ini pake premium

dannnnn ngelitiknya hilang hampir 100%

meskipun newbie yakin kalo suatu saat pasti ngelitik lg karena kompresi 10.5:1, harusnya p+ yah?
lain2nya normal, paling cuma servis rutin tiap 10rb km di beres dengan biaya servis yang normal.
bahkan sekarang feeling pemakaian mobil masih mirip mobil baru...nggak banyak performance drop dan bagian2 yg longgar

setir masih sangat presisi, fuel cons premium 1:11 dalkot 1:18 lukot normal mode (sby-banyuwangi 5-6 jam), blm sempat itung utk pertalite, tp kyknya bisa sedikit lebih hemat drpd premium, matic halus, getaran mesin masih super halus, oli cukup pake standard beres.
ah satu lagi sisi minusnya, FWD!!

serem banget kalo harus stop di tanjakan curam dan ban depan traksinya nggak bagus krn nginjak pasir, air, dll. ngesot aja sambil berdoa semoga segera dpt traksi. Ini masalah umum yg terjadi juga di semua mobil FWD.
dulu pas awal2 bawa livina sempat kagok, tarikan bawahnya lemot bangettttt. jadinya kalo mau nyalip diluar kota, harus gas pollll dulu baru bisa nyalip. akibatnya fuel cons ancur jadi 1:9 buat lukot. penasaran banget kenapa bisa spt ini.
abis gitu newbie baru inget sopir dealer yg nganter livina ke rumah pernah bilang ada tombol O/D untuk nyalip di speed 60-80an. newbie coba lagi dan ternyata benar, pake O/D atau turun ke 2 untuk nyalip....mantapppp banget
ini krn mesin livina almost square, beda dgn kebanyakan lmpv lainnya yg overstroke. jd utk livina, memang perlu jaga rpm spy bisa nyalip. utk newbie nyetir normal lukot, main di rpm 2000-3000 sdh lebih dari cukup utk nyalip. tp kalo petrolhead yah monggo digas ke redline, enak jg kok.
top speed yg pernah dpt di 180km/h, gas blm mentok. perkiraan 200km/h on speedo mentoknya. tp batas nyamannya di 160km/h, lebih dari itu mobil sdh melayang.
overall ok banget. harga baru masuk akal, nyaman, stabil, irit, perawatan tidak menguras kantong, reliability tergolong ok meskipun nggak perfect, pajak asuransi running cost murah, bisa tidur nyenyak
