emm.. yang beli mobil T juga gak peduli tentang fun to drive apa enggak, mereka cuma butuh basic tranportation yang gampang ngerawat nya. Tapi nyata nya emang mobil yang boring kan?. Dan mobil basic kaya gini juga ngapain dibikin fun to drivePenikmat_Kopi wrote: Fri Dec 22, 2017 9:01Boring to drive? Bagi orang2 yg beli mungkin enggak lho, nyatanya paling laris.rajapb wrote: Fri Dec 22, 2017 8:20so, semua orang harus beli mobil yang gampang ngerawat nya, boring to drive, sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus gitu? gak bisa lah.Penikmat_Kopi wrote: Thu Dec 21, 2017 8:18
Mindset kompetitornya yg perlu.dirubah supaya lebih laku berdasarkan kebutuhan pembeli, bukan mindset pembelinya
Nah kalau kebanyakan orang milih avanza dengan pertimbangan sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus, harga terjangkau dan muat banyak, ya karena mungkin itulah yg mereka butuhkan dibanding dengan fitur2 yg bertebaran.
Ini konteksnya kan kenapa susah meruntuhkan dominasi avanza? Karena suka atau tidak suka ya harus diakui kalau avanza lebih mengerti kebutuhan pembelinya, dibanding kompetitornya.
Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Toyota di sini itu memang punya human resource yang hebat
Dulu saya pernah ambil innova sekitar tahun 2004, saat itu masih inden panjang
Ada sales toyota yang menawarkan saya innova status ready karena pemilik sebelumnya ingin berganti warna
Beliau membantu urusan mobil saya dgn ramah dan tulus, ga kaku sama sekali
Jadinya saya akrab dan masih sering kontak2an sm saya walau skr saya udh ga tertarik sama produk mereka
Selama ini saya melihat karyawan mereka bekerja secara profesional dan menjalani SOP dgn baik
Belum lagi sales toyota itu mengerti apa yang dibutuhkan konsumennya
Terasa sekali sales mereka paham swot, stp, marketing mix, dll
Intinya, selain investasi pabrik, perusahaan harus investasi utk human resourcenya
Pelatihan, recruitment, pendidikan dari karyawannya harus dipikirkan matang2
Tentu masih banyak urusan lain yg harus dipikirkan oleh perusahaan agar produknya mengalahkan toyota
Dan saya tau itu sangat sulit
Dulu saya pernah ambil innova sekitar tahun 2004, saat itu masih inden panjang
Ada sales toyota yang menawarkan saya innova status ready karena pemilik sebelumnya ingin berganti warna
Beliau membantu urusan mobil saya dgn ramah dan tulus, ga kaku sama sekali
Jadinya saya akrab dan masih sering kontak2an sm saya walau skr saya udh ga tertarik sama produk mereka
Selama ini saya melihat karyawan mereka bekerja secara profesional dan menjalani SOP dgn baik
Belum lagi sales toyota itu mengerti apa yang dibutuhkan konsumennya
Terasa sekali sales mereka paham swot, stp, marketing mix, dll
Intinya, selain investasi pabrik, perusahaan harus investasi utk human resourcenya
Pelatihan, recruitment, pendidikan dari karyawannya harus dipikirkan matang2
Tentu masih banyak urusan lain yg harus dipikirkan oleh perusahaan agar produknya mengalahkan toyota
Dan saya tau itu sangat sulit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Mkresnap wrote: Fri Dec 22, 2017 12:28nah kalo ini baru mindset pembeli, kalo bbm dihilangin yang busuk emang pada nggak demo? nanti teriak teriak pemerintah tidak memperhatikan kesejahteraan rakyat, karena yang butuh mobil fun to drive siapa? mungkin orang orang di forum SM yang berduit ini jadi nggak butuh lagi beli bbm busuk kayak premium pertaliteJoehard30 wrote: Fri Dec 22, 2017 10:50 Harga papanja n ipah itu mungkin lbh dr 30% harga durability n ass. Problem nya g ada rival yg cukup kuat krn manufaktur global lain ogah masuk allout. Mesin mereka bsa remuk kl minum bbm busuk. Pertama biar orang indo dpt bareng bagus harga kompetitif, bbm busuk harus d enyahkan dulu. Bbm busuk konon sarang korupsi krn impor bbm bagus, malah d proses jd jelek n krn d pojok dunia lain g ada yg pake, harganya g ada standarnya.
Oe jg curiga, orang2 bandar papanja tuh kolaborasi sm antek2 minyak biar terus jual bbm busuk. Markup lancar, jualan barang dibawah standar juga lancar, g ada kompetisi keras. Jd sama2 hepi deh![]()
Kl bbm udah bagus, manufaktur global jd rame2 deh mau ikut kompetisi. Bisa liat india, ngerasain mobil2 bagus mcm skoda, dacia, vw dll dg harga kompetitif. Atoyot baru bisa insaf deh hbs gt![]()
![]()
![]()
Cb aja cek harga minyak d negara2 yg g ngasih pajak tinggi k fuel, d us yg tenaga kerjanya mahal, 1 liter bensin (yg pasti bagus) bisa cm rp 7800/lt. D tempat kita bensin busuknya overprice, krn g ada acuan, negara lain udah hmpir g ada yg pake. Impor nya kualitas bgs terus malah d bikin busuk sama agen minyak. G oon tuh, biaya produksi yg dkeluarin bwt proses barang bagus jd busuk
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
https://www.eia.gov/dnav/pet/pet_pri_gnd_dcus_nus_w.htm coba dibaca gan berapa biayanyaCb aja cek harga minyak d negara2 yg g ngasih pajak tinggi k fuel, d us yg tenaga kerjanya mahal, 1 liter bensin (yg pasti bagus) bisa cm rp 7800/lt. D tempat kita bensin busuknya overprice, krn g ada acuan, negara lain udah hmpir g ada yg pake. Impor nya kualitas bgs terus malah d bikin busuk sama agen minyak. G oon tuh, biaya produksi yg dkeluarin bwt proses barang bagus jd busuk


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Saya ralat ya Om. Octane 87 di US disebut AKI 87, dan ini harus dibedakan dari octane 87 di kita, karena kita pakai RON. AKI 87 itu kira-kira sama dengan RON 91 lebih sedikit. Jadi bukan berarti di US octane 87 itu lebih jelek dari premium 88 kita.Mkresnap wrote:
https://www.eia.gov/dnav/pet/pet_pri_gnd_dcus_nus_w.htm coba dibaca gan berapa biayanyakalo berdasarkan government ya paling murah adalah 2,450 dollar pergallon dimana 1 gallon kurang lebih sekitar 3,8 liter dan 1 dollar dihitung berdasarkan kurs kurang lebih 13.400-13.500 berarti 1 gallon disana seharga 33.000 kurang lebih dibagi 3,8 liter jadi 1 liter = 8.600 pertanyaan saya dimana murahnya? ini bensin reguler yang anda bilang paling busuk oktan 87 bicara mengenai data aja ini, coba jelaskan ke saya dimana fakta yang anda bilang lebih murah? ngomong fakta aja dong kan kalo mau bicara harga jangan pendapat
IMHO
Saya kasih link nya ya... https://en.m.wikipedia.org/wiki/Octane_rating
Kalo dari hitungan om, kurang lebih harga regular di sana sama dengan pertamax di sini, dengan kualitas juga setara.
Yang beda, pendapatan dan living cost nya... [emoji16]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Lagi-lagi membosankan dari sudut pandang siapa? Kita kan gak gak bisa maksain apa yg kita pikir ke orang lain hehehe.rajapb wrote: Fri Dec 22, 2017 13:30emm.. yang beli mobil T juga gak peduli tentang fun to drive apa enggak, mereka cuma butuh basic tranportation yang gampang ngerawat nya. Tapi nyata nya emang mobil yang boring kan?. Dan mobil basic kaya gini juga ngapain dibikin fun to drivePenikmat_Kopi wrote: Fri Dec 22, 2017 9:01Boring to drive? Bagi orang2 yg beli mungkin enggak lho, nyatanya paling laris.rajapb wrote: Fri Dec 22, 2017 8:20
so, semua orang harus beli mobil yang gampang ngerawat nya, boring to drive, sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus gitu? gak bisa lah.
Nah kalau kebanyakan orang milih avanza dengan pertimbangan sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus, harga terjangkau dan muat banyak, ya karena mungkin itulah yg mereka butuhkan dibanding dengan fitur2 yg bertebaran.
Ini konteksnya kan kenapa susah meruntuhkan dominasi avanza? Karena suka atau tidak suka ya harus diakui kalau avanza lebih mengerti kebutuhan pembelinya, dibanding kompetitornya.
Ini ada crita di tahun 2015 English Premiere League (EPL) pertandingan Arsenal vs Chelsea di Emirates Stadium, stadionnya Arsenal. Suporter Arsenal pada teriak chant boring, boring Chelsea. Tau gak apa kata Jose Morinho (Manager Chelsea saat itu) pada saat konferensi pers?
Dia bilang pada intinya gini:
"You know, ‘boring’ I think is 10 years without a title: that’s very boring.
You support a club and you’re waiting, waiting, waiting for so many years without a Premier League title, so that’s very boring"
Mourinho membalas ejekan suporter Arsenal yang mengatakan Chelsea adalah tim yg mebosankan. Arsenal terakhir juara liga Inggris tahun 2004, dan kata Mourinho justru yg membosankan itu adalah tim yg udah 10 tahun tanpa gelar liga Inggris dan anda mendukung klub yang bikin anda menunggu, menunggu, menunggu sangat lama tanpa gelar liga Inggris, itu tuh yg namanya membosankan.
Bagi fans Chelsea, timnya adalah yang terbaik. Bagi fans kompetitornya, mungkin ada sebagian yg nggak cukup sportif dengan mengatakan hal2 jelek ttg Chelsea.
Analogi itu dipakai dalam konteks ini, bagi pemilik Avanza dan Innova, ini mobil yg sangat sesuai dengan kebutuhan mereka, sangat tidak membosankan. Membosankan itu adalah mobil yg anda suka ternyata nggak diminati banyak orang.



Notes:
- bukan sales mobil merk apapun
- bukan fans Chelsea
- bukan hater Arsenal
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
loh gan kan memang bener yang agan bilang, saya juga bilang kan yang dia bilang paling busuk di us which is octane 87, tapi memang saya nggak ngasih penjelasan tentang perbedaan perhitungan oktan disana sama disini, thanks loh gan udah di lengkapinliemivan86 wrote: Fri Dec 22, 2017 15:47Saya ralat ya Om. Octane 87 di US disebut AKI 87, dan ini harus dibedakan dari octane 87 di kita, karena kita pakai RON. AKI 87 itu kira-kira sama dengan RON 91 lebih sedikit. Jadi bukan berarti di US octane 87 itu lebih jelek dari premium 88 kita.Mkresnap wrote:
https://www.eia.gov/dnav/pet/pet_pri_gnd_dcus_nus_w.htm coba dibaca gan berapa biayanyakalo berdasarkan government ya paling murah adalah 2,450 dollar pergallon dimana 1 gallon kurang lebih sekitar 3,8 liter dan 1 dollar dihitung berdasarkan kurs kurang lebih 13.400-13.500 berarti 1 gallon disana seharga 33.000 kurang lebih dibagi 3,8 liter jadi 1 liter = 8.600 pertanyaan saya dimana murahnya? ini bensin reguler yang anda bilang paling busuk oktan 87 bicara mengenai data aja ini, coba jelaskan ke saya dimana fakta yang anda bilang lebih murah? ngomong fakta aja dong kan kalo mau bicara harga jangan pendapat
IMHO
Saya kasih link nya ya... https://en.m.wikipedia.org/wiki/Octane_rating
Kalo dari hitungan om, kurang lebih harga regular di sana sama dengan pertamax di sini, dengan kualitas juga setara.
Yang beda, pendapatan dan living cost nya... [emoji16]

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
https://www.eia.gov/petroleum/gasdiesel/Mkresnap wrote: Fri Dec 22, 2017 17:30loh gan kan memang bener yang agan bilang, saya juga bilang kan yang dia bilang paling busuk di us which is octane 87, tapi memang saya nggak ngasih penjelasan tentang perbedaan perhitungan oktan disana sama disini, thanks loh gan udah di lengkapinliemivan86 wrote: Fri Dec 22, 2017 15:47Saya ralat ya Om. Octane 87 di US disebut AKI 87, dan ini harus dibedakan dari octane 87 di kita, karena kita pakai RON. AKI 87 itu kira-kira sama dengan RON 91 lebih sedikit. Jadi bukan berarti di US octane 87 itu lebih jelek dari premium 88 kita.Mkresnap wrote:
https://www.eia.gov/dnav/pet/pet_pri_gnd_dcus_nus_w.htm coba dibaca gan berapa biayanyakalo berdasarkan government ya paling murah adalah 2,450 dollar pergallon dimana 1 gallon kurang lebih sekitar 3,8 liter dan 1 dollar dihitung berdasarkan kurs kurang lebih 13.400-13.500 berarti 1 gallon disana seharga 33.000 kurang lebih dibagi 3,8 liter jadi 1 liter = 8.600 pertanyaan saya dimana murahnya? ini bensin reguler yang anda bilang paling busuk oktan 87 bicara mengenai data aja ini, coba jelaskan ke saya dimana fakta yang anda bilang lebih murah? ngomong fakta aja dong kan kalo mau bicara harga jangan pendapat
IMHO
Saya kasih link nya ya... https://en.m.wikipedia.org/wiki/Octane_rating
Kalo dari hitungan om, kurang lebih harga regular di sana sama dengan pertamax di sini, dengan kualitas juga setara.
Yang beda, pendapatan dan living cost nya... [emoji16]![]()
D us, ada yg harganya usd 2.164/gallon (rp 7800/litr) om di daerah texas n states sekitarnya. Dan tentu bukan bbm busuk kayak d tempat kita

Dan ini US, texas apalagi, g mungkin harganya d subsidi. Dg beban gaji orang yg >5x lbh mahal dr tempat kita harganya bsa sgt, so harga d tempat kita overprice. Bandar minyak kn kl bandingin seringnya sm negara2 yg fuel nya d kasih tax gila2an buat enviromental compensation. D tempat kita kn boro2, yg ada fuel mlah mkn national budget. Kl bandingin base price minyak mah, keliatan ntar ngembat nya

Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
yah dibandingin negara bagian, oke emang texas murah kalo mau ngomong texas doang, kalo bandingin keseluruhan tetep lebih mahal gan, kenapa nggak sekalian dibandingin sama arab saudi aja? bensin murah meriahJoehard30 wrote: Fri Dec 22, 2017 21:48https://www.eia.gov/petroleum/gasdiesel/Mkresnap wrote: Fri Dec 22, 2017 17:30loh gan kan memang bener yang agan bilang, saya juga bilang kan yang dia bilang paling busuk di us which is octane 87, tapi memang saya nggak ngasih penjelasan tentang perbedaan perhitungan oktan disana sama disini, thanks loh gan udah di lengkapinliemivan86 wrote: Fri Dec 22, 2017 15:47
Saya ralat ya Om. Octane 87 di US disebut AKI 87, dan ini harus dibedakan dari octane 87 di kita, karena kita pakai RON. AKI 87 itu kira-kira sama dengan RON 91 lebih sedikit. Jadi bukan berarti di US octane 87 itu lebih jelek dari premium 88 kita.
Saya kasih link nya ya... https://en.m.wikipedia.org/wiki/Octane_rating
Kalo dari hitungan om, kurang lebih harga regular di sana sama dengan pertamax di sini, dengan kualitas juga setara.
Yang beda, pendapatan dan living cost nya... [emoji16]![]()
D us, ada yg harganya usd 2.164/gallon (rp 7800/litr) om di daerah texas n states sekitarnya. Dan tentu bukan bbm busuk kayak d tempat kita
Dan ini US, texas apalagi, g mungkin harganya d subsidi. Dg beban gaji orang yg >5x lbh mahal dr tempat kita harganya bsa sgt, so harga d tempat kita overprice. Bandar minyak kn kl bandingin seringnya sm negara2 yg fuel nya d kasih tax gila2an buat enviromental compensation. D tempat kita kn boro2, yg ada fuel mlah mkn national budget. Kl bandingin base price minyak mah, keliatan ntar ngembat nya![]()
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
nambahin ya om, membosankan ketikaPenikmat_Kopi wrote: Fri Dec 22, 2017 16:43 Membosankan itu adalah mobil yg anda suka ternyata nggak diminati banyak orang.![]()
![]()
![]()
Mobil sudah fun to drive, fitur berlimpah, mobil paling idealis (berasa eksklusif dijalan dah, pokoknya selain mobil dia itu mobil jelek)
tapi karena mobilnya eksklusif harus minum bbm eksklusif, ngeluh mobilnya ga seperti mobil yg laku dipasaran bisa minum minyak rakyat jelata.
karena mobilnya eksklusif, idealis, fiturnya berlimpah, ketika ada yg harus dimaintenance biayanya mahal parts mahal&susah (kw saja mahal) ditambah jaringan/layanan aftersalesnya buruk dan tidak banyak, ngeluh lagi kok mobilnya ga kaya mobil yang basic paling laku itu ya (maintenance,parts mudah murah, layanan aftersalesnya bagus).
sudah gitu ternyata mobilnya rewel harus bolak balik bengkel kena palak harga mahal lagi untuk maintenance, capek bolak balik bengkel ngeluh lagi mobilnya kok ga kayak mobil sejuta umat itu ya bisa disiksa durabilitynya terbukti.
ketika ngerasa udah bosen, mobilnya udah ga fun to drive lagi (nyusahin untuk ukuran orang yang tinggal di negara susah) mau dijual susah, ga ada yg nawar karena mobilnya eksklusif, turunin harga paling rendah biar ada yg mau beli.
Akhirnya ga bisa nerima kenyataan kalau mobil yg paling ideal buat disini adalah mobil basic yang paling laku (karena sudah merasa punya mobil paling eksklusif paling bagus). Akhirnya disenggol senggollah orang yang beli mobil basic paling laku ini hahaha (karena tetep ga bisa terima kenyataan kalo mobilnya ................ ).
disclaimer: saya cuma rakyat jelata biasa pengguna angkutan umum kemana mana yang suka mengamati psikologi orang orang sekitar untuk bahan pembelajaran.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1214
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Jd avanza inova laku krn masih ada bbm busuk?
Bkn nya toyota malah pinter bikin mobil yg bisa minum bbm busuk,knp saingan nya ga bikin gitu jg?
Bkn nya toyota malah pinter bikin mobil yg bisa minum bbm busuk,knp saingan nya ga bikin gitu jg?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
biasa gan netizen orang yang palng benar di muka bumiZaxis wrote: Sat Dec 23, 2017 5:26 Jd avanza inova laku krn masih ada bbm busuk?
Bkn nya toyota malah pinter bikin mobil yg bisa minum bbm busuk,knp saingan nya ga bikin gitu jg?



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3056
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Org kita kan gampang ngikutin "kata orang"
"Kata orang" kebanyakan avanza itu awet bandel dll
"Kata orang" livina itu ngelitik dan fwd jd kurang bandel
Jadi lah org beli banyak beli avanza Wkwk sekian analisis sotoy saya
"Kata orang" kebanyakan avanza itu awet bandel dll
"Kata orang" livina itu ngelitik dan fwd jd kurang bandel
Jadi lah org beli banyak beli avanza Wkwk sekian analisis sotoy saya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 139
- Joined: Sat Jul 01, 2017 15:23
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Couldn't agree more..calonjenazah wrote:nambahin ya om, membosankan ketikaPenikmat_Kopi wrote: Fri Dec 22, 2017 16:43 Membosankan itu adalah mobil yg anda suka ternyata nggak diminati banyak orang.![]()
![]()
![]()
Mobil sudah fun to drive, fitur berlimpah, mobil paling idealis (berasa eksklusif dijalan dah, pokoknya selain mobil dia itu mobil jelek)
tapi karena mobilnya eksklusif harus minum bbm eksklusif, ngeluh mobilnya ga seperti mobil yg laku dipasaran bisa minum minyak rakyat jelata.
karena mobilnya eksklusif, idealis, fiturnya berlimpah, ketika ada yg harus dimaintenance biayanya mahal parts mahal&susah (kw saja mahal) ditambah jaringan/layanan aftersalesnya buruk dan tidak banyak, ngeluh lagi kok mobilnya ga kaya mobil yang basic paling laku itu ya (maintenance,parts mudah murah, layanan aftersalesnya bagus).
sudah gitu ternyata mobilnya rewel harus bolak balik bengkel kena palak harga mahal lagi untuk maintenance, capek bolak balik bengkel ngeluh lagi mobilnya kok ga kayak mobil sejuta umat itu ya bisa disiksa durabilitynya terbukti.
ketika ngerasa udah bosen, mobilnya udah ga fun to drive lagi (nyusahin untuk ukuran orang yang tinggal di negara susah) mau dijual susah, ga ada yg nawar karena mobilnya eksklusif, turunin harga paling rendah biar ada yg mau beli.
Akhirnya ga bisa nerima kenyataan kalau mobil yg paling ideal buat disini adalah mobil basic yang paling laku (karena sudah merasa punya mobil paling eksklusif paling bagus). Akhirnya disenggol senggollah orang yang beli mobil basic paling laku ini hahaha (karena tetep ga bisa terima kenyataan kalo mobilnya ................ ).
disclaimer: saya cuma rakyat jelata biasa pengguna angkutan umum kemana mana yang suka mengamati psikologi orang orang sekitar untuk bahan pembelajaran.
[emoji106]
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Atau gini, lebih tepat nya. Mobil yang gak boring itu mobil ya kita beli , lalu kita senengi dan klop sama mobil nya, dah ya case closed.Penikmat_Kopi wrote: Fri Dec 22, 2017 16:43Lagi-lagi membosankan dari sudut pandang siapa? Kita kan gak gak bisa maksain apa yg kita pikir ke orang lain hehehe.rajapb wrote: Fri Dec 22, 2017 13:30emm.. yang beli mobil T juga gak peduli tentang fun to drive apa enggak, mereka cuma butuh basic tranportation yang gampang ngerawat nya. Tapi nyata nya emang mobil yang boring kan?. Dan mobil basic kaya gini juga ngapain dibikin fun to drivePenikmat_Kopi wrote: Fri Dec 22, 2017 9:01
Boring to drive? Bagi orang2 yg beli mungkin enggak lho, nyatanya paling laris.
Nah kalau kebanyakan orang milih avanza dengan pertimbangan sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus, harga terjangkau dan muat banyak, ya karena mungkin itulah yg mereka butuhkan dibanding dengan fitur2 yg bertebaran.
Ini konteksnya kan kenapa susah meruntuhkan dominasi avanza? Karena suka atau tidak suka ya harus diakui kalau avanza lebih mengerti kebutuhan pembelinya, dibanding kompetitornya.
Ini ada crita di tahun 2015 English Premiere League (EPL) pertandingan Arsenal vs Chelsea di Emirates Stadium, stadionnya Arsenal. Suporter Arsenal pada teriak chant boring, boring Chelsea. Tau gak apa kata Jose Morinho (Manager Chelsea saat itu) pada saat konferensi pers?
Dia bilang pada intinya gini:
"You know, ‘boring’ I think is 10 years without a title: that’s very boring.
You support a club and you’re waiting, waiting, waiting for so many years without a Premier League title, so that’s very boring"
Mourinho membalas ejekan suporter Arsenal yang mengatakan Chelsea adalah tim yg mebosankan. Arsenal terakhir juara liga Inggris tahun 2004, dan kata Mourinho justru yg membosankan itu adalah tim yg udah 10 tahun tanpa gelar liga Inggris dan anda mendukung klub yang bikin anda menunggu, menunggu, menunggu sangat lama tanpa gelar liga Inggris, itu tuh yg namanya membosankan.
Bagi fans Chelsea, timnya adalah yang terbaik. Bagi fans kompetitornya, mungkin ada sebagian yg nggak cukup sportif dengan mengatakan hal2 jelek ttg Chelsea.
Analogi itu dipakai dalam konteks ini, bagi pemilik Avanza dan Innova, ini mobil yg sangat sesuai dengan kebutuhan mereka, sangat tidak membosankan. Membosankan itu adalah mobil yg anda suka ternyata nggak diminati banyak orang.![]()
![]()
Notes:
- bukan sales mobil merk apapun
- bukan fans Chelsea
- bukan hater Arsenal
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
rajapb wrote: Sat Dec 23, 2017 6:42Atau gini, lebih tepat nya. Mobil yang gak boring itu mobil ya kita beli , lalu kita senengi dan klop sama mobil nya. Mau mobil nya mobil yang gak laku apa mobil mainstream. dah ya case closed.Penikmat_Kopi wrote: Fri Dec 22, 2017 16:43Lagi-lagi membosankan dari sudut pandang siapa? Kita kan gak gak bisa maksain apa yg kita pikir ke orang lain hehehe.rajapb wrote: Fri Dec 22, 2017 13:30
emm.. yang beli mobil T juga gak peduli tentang fun to drive apa enggak, mereka cuma butuh basic tranportation yang gampang ngerawat nya. Tapi nyata nya emang mobil yang boring kan?. Dan mobil basic kaya gini juga ngapain dibikin fun to drive
Ini ada crita di tahun 2015 English Premiere League (EPL) pertandingan Arsenal vs Chelsea di Emirates Stadium, stadionnya Arsenal. Suporter Arsenal pada teriak chant boring, boring Chelsea. Tau gak apa kata Jose Morinho (Manager Chelsea saat itu) pada saat konferensi pers?
Dia bilang pada intinya gini:
"You know, ‘boring’ I think is 10 years without a title: that’s very boring.
You support a club and you’re waiting, waiting, waiting for so many years without a Premier League title, so that’s very boring"
Mourinho membalas ejekan suporter Arsenal yang mengatakan Chelsea adalah tim yg mebosankan. Arsenal terakhir juara liga Inggris tahun 2004, dan kata Mourinho justru yg membosankan itu adalah tim yg udah 10 tahun tanpa gelar liga Inggris dan anda mendukung klub yang bikin anda menunggu, menunggu, menunggu sangat lama tanpa gelar liga Inggris, itu tuh yg namanya membosankan.
Bagi fans Chelsea, timnya adalah yang terbaik. Bagi fans kompetitornya, mungkin ada sebagian yg nggak cukup sportif dengan mengatakan hal2 jelek ttg Chelsea.
Analogi itu dipakai dalam konteks ini, bagi pemilik Avanza dan Innova, ini mobil yg sangat sesuai dengan kebutuhan mereka, sangat tidak membosankan. Membosankan itu adalah mobil yg anda suka ternyata nggak diminati banyak orang.![]()
![]()
Notes:
- bukan sales mobil merk apapun
- bukan fans Chelsea
- bukan hater Arsenal
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
ya mrk mrk yg suka berjamaah apapun trmsk urusan .... punya mobil .....farizfsa wrote: Sat Dec 23, 2017 6:20 Org kita kan gampang ngikutin "kata orang"
"Kata orang" kebanyakan avanza itu awet bandel dll
"Kata orang" livina itu ngelitik dan fwd jd kurang bandel
Jadi lah org beli banyak beli avanza Wkwk sekian analisis sotoy saya
mau pergi kluar indo juga dgn habit itu
mau ini itu mrk landing di forum ini itu n 'punya wang skian trilyun micro cent budget nya sebaik nya pilih itu atau ini ya'
dr situ culture of mainstreaming sdh terbaca u apapun meski ada ending nya "tapi jgn yg pasaran"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Y kn harga saudi itu bukan market price om, kl texas kn market price. 2.45 kn harga rata2 nasional, bukan harga terendah. Om kalo emosi gini saya makin seneng dehMkresnap wrote: Sat Dec 23, 2017 2:34yah dibandingin negara bagian, oke emang texas murah kalo mau ngomong texas doang, kalo bandingin keseluruhan tetep lebih mahal gan, kenapa nggak sekalian dibandingin sama arab saudi aja? bensin murah meriahJoehard30 wrote: Fri Dec 22, 2017 21:48https://www.eia.gov/petroleum/gasdiesel/Mkresnap wrote: Fri Dec 22, 2017 17:30
loh gan kan memang bener yang agan bilang, saya juga bilang kan yang dia bilang paling busuk di us which is octane 87, tapi memang saya nggak ngasih penjelasan tentang perbedaan perhitungan oktan disana sama disini, thanks loh gan udah di lengkapin![]()
D us, ada yg harganya usd 2.164/gallon (rp 7800/litr) om di daerah texas n states sekitarnya. Dan tentu bukan bbm busuk kayak d tempat kita
Dan ini US, texas apalagi, g mungkin harganya d subsidi. Dg beban gaji orang yg >5x lbh mahal dr tempat kita harganya bsa sgt, so harga d tempat kita overprice. Bandar minyak kn kl bandingin seringnya sm negara2 yg fuel nya d kasih tax gila2an buat enviromental compensation. D tempat kita kn boro2, yg ada fuel mlah mkn national budget. Kl bandingin base price minyak mah, keliatan ntar ngembat nya![]()

Cb baca lg juga, d us harganya beda2 alasan utama krn tax nya beda2 antar states, kaya California n newyork, orang Demokrat nya kuat, n u know, mereka kasih tax tinggi k fuel buat enviromental purpose. Kl texas, itu tax nya rendah, n d indo g pernah denger ada bagian dr tax untuk fuel yg d alokasikan buat lingkungan, ato greentech2 whatsoever. Jd y pantesnya y d bandingin texas lah. Itu aja g apple to apple. Perusahaan minyak texas kasih gaji karyawan n transport minyaknya harusnya 5x lbh dr gaji karyawan indo. Bisa tuh rendah.
Last edited by Joehard30 on Sat Dec 23, 2017 9:11, edited 3 times in total.
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
dulu harga bensin ron 88 rp.6500 rupiah lalu tiba tiba dikatakan subsidi dicabut sehingga harga menjadi 8000-8500an , habis itu demo bakar bakaran depan gedung mpr dpr sampe sekarang akhirnya depan gedung itu jalan tol nya dapet hadiah tembok tinggi supaya laen kali pendemo ga bisa enak saja lompat masuk tol. demo tidak berhasil harga bensin ron 88 tetap akhirnya di naikan ....
lalu kenapa ya tak lama sejak naik lalu terus diturunkan lagi dan sekarang kok bisa adem ayem di level 6500an seperti sebelum subsidi dicabut? ada yang bisa jelaskan? maaf OOT
namun waktu harga bensin itu naik segala harga bahan pangan pokok tidak pokok pokoknya semua naik, yang sudah naik ya tidak bisa turun lagi biasanya
lalu kenapa ya tak lama sejak naik lalu terus diturunkan lagi dan sekarang kok bisa adem ayem di level 6500an seperti sebelum subsidi dicabut? ada yang bisa jelaskan? maaf OOT
namun waktu harga bensin itu naik segala harga bahan pangan pokok tidak pokok pokoknya semua naik, yang sudah naik ya tidak bisa turun lagi biasanya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Status quo selalu nguntungin yg udah terlanjur mapan om. Y masak tiap pabrikan yg mau masuk kudu nyeting ulang mesin2 euro 5 k atas biar bsa tahan bbm busuk, terlalu berisiko buat ass sm g worthy di pengembangan nya. Buat pemain lama y g masalah, yg pasarnya dah jelas mapan design mesin gt y no problem. Pasti untung2 ajaZaxis wrote: Sat Dec 23, 2017 5:26 Jd avanza inova laku krn masih ada bbm busuk?
Bkn nya toyota malah pinter bikin mobil yg bisa minum bbm busuk,knp saingan nya ga bikin gitu jg?
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Kalo Om ikuti berita, pasti tau kalo harga premium 88 skr sudah tidak subsidi.jwid wrote:dulu harga bensin ron 88 rp.6500 rupiah lalu tiba tiba dikatakan subsidi dicabut sehingga harga menjadi 8000-8500an , habis itu demo bakar bakaran depan gedung mpr dpr sampe sekarang akhirnya depan gedung itu jalan tol nya dapet hadiah tembok tinggi supaya laen kali pendemo ga bisa enak saja lompat masuk tol. demo tidak berhasil harga bensin ron 88 tetap akhirnya di naikan ....
lalu kenapa ya tak lama sejak naik lalu terus diturunkan lagi dan sekarang kok bisa adem ayem di level 6500an seperti sebelum subsidi dicabut? ada yang bisa jelaskan? maaf OOT
namun waktu harga bensin itu naik segala harga bahan pangan pokok tidak pokok pokoknya semua naik, yang sudah naik ya tidak bisa turun lagi biasanya
Kenapa naik banyak? Karena subsidi dicabut.
Kenapa terus turun lagi? Karena harga minyak dunia turun.
Jaman itu, saya beli DEX harga 10 rb lebih, sekarang DEX tidak sampai 9000. Jadi ya wajar dong kalo premium nya juga ikut turun, beserta semua bbm lainnya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
kalo sdh invest terbesar tapi tdk jadi market leader itu keterlaluan ..... kecuali kalo investment yg ada hasil operan fihak lain atau rampasan
even kalo cuma satu lineup yg jadi market leader.masih keterlaluan ...... dua lineups ya wajar
even kalo cuma satu lineup yg jadi market leader.masih keterlaluan ...... dua lineups ya wajar
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1214
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Jd solusi nya gmn om?Joehard30 wrote: Sat Dec 23, 2017 8:55Status quo selalu nguntungin yg udah terlanjur mapan om. Y masak tiap pabrikan yg mau masuk kudu nyeting ulang mesin2 euro 5 k atas biar bsa tahan bbm busuk, terlalu berisiko buat ass sm g worthy di pengembangan nya. Buat pemain lama y g masalah, yg pasarnya dah jelas mapan design mesin gt y no problem. Pasti untung2 ajaZaxis wrote: Sat Dec 23, 2017 5:26 Jd avanza inova laku krn masih ada bbm busuk?
Bkn nya toyota malah pinter bikin mobil yg bisa minum bbm busuk,knp saingan nya ga bikin gitu jg?
Kan lucu ini masyarakat nya doyan ayam goreng
Trus ada resto baru jualan steak ternyata ga laku trus salahin warung yg jualan ayam goreng
Pabrikan baru uda tau yg laku gitu yah bikin euro 2 juga
Nama nya usaha yah pasti ada resiko
Kalo ga mau ada resiko yah ga usa usaha
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Krn g fair, bensin busuk itu kl dagang makanan udah kayak, ayam goreng kebanyakan micin plus borak. Sedap kenyal bikin orang ketagihan tp mematikan.Zaxis wrote: Sat Dec 23, 2017 10:18Jd solusi nya gmn om?Joehard30 wrote: Sat Dec 23, 2017 8:55Status quo selalu nguntungin yg udah terlanjur mapan om. Y masak tiap pabrikan yg mau masuk kudu nyeting ulang mesin2 euro 5 k atas biar bsa tahan bbm busuk, terlalu berisiko buat ass sm g worthy di pengembangan nya. Buat pemain lama y g masalah, yg pasarnya dah jelas mapan design mesin gt y no problem. Pasti untung2 ajaZaxis wrote: Sat Dec 23, 2017 5:26 Jd avanza inova laku krn masih ada bbm busuk?
Bkn nya toyota malah pinter bikin mobil yg bisa minum bbm busuk,knp saingan nya ga bikin gitu jg?
Kan lucu ini masyarakat nya doyan ayam goreng
Trus ada resto baru jualan steak ternyata ga laku trus salahin warung yg jualan ayam goreng
Pabrikan baru uda tau yg laku gitu yah bikin euro 2 juga
Nama nya usaha yah pasti ada resiko
Kalo ga mau ada resiko yah ga usa usaha
Udah tahu bbm busuk jelek buat alam, jelek buat boil, harga d pasar internasional gelap, krn g ada yg jual lg plus prosesnya g masuk akal, beli bbm bagus dr singapore, eh nambah ongkos proses d kilang, malah jd busuk. Itu kn wasting resources luar biasa, plus jd sarang rente minyak, krn harga gelap. Makanya itu oe contohin d texas, yg pasti harga market, non subsidi, n tax enviromental nya rendah. harga fuel nonbusuk, rp 7800/lt dg beban gaji perusahaan mereka ke tenaga kerja d sana jauh lbh tinggi. D kita, bandar minyak nggaji murah, transport murah kok harga bsa mirip. Kan aneh. D tambah oe g yakin tax fuel kt lbh tinggi dr d texas. Itu makanya bbm busuk itu wajib dihapuskan buat masa dpn alam n otomotif yg lbh bagus
Kl bbm bagus semua, harganya nanti bakal d kontrol sama semua orang, d bandingin harga dasar b4 tax sm negara lain, kl garongnya kebanyakan, kn gampang ketauan tuh, g gelap kaya sekarang.
Lalu knp brand bbm non busuk jg harganya lain d tempat kita. Taun 2009 oe ada semacam acarasalah satu yg ngisi juragan d bandar minyak, die terkekeh waktu ceritain bandar asing yg ngeklaim minyaknya kualitas nya lbh bagus, wong mayoritas beli dr bandar minyak, y barang aslinya sama, cm pemanis nya pling beda, bandar asing g pada punya tmpat tampung minyak. Makanya harganya jd g kompetitif, harga dasarnya yg nentuin udah bandar minyak. Cuma kerang laut apa y (oe agak lp, tp cm 1 aja) yg die bilang punya tampungan minyak sendiri, jd bisa ambil langsung dr pengedar minyak d luar.
Last edited by Joehard30 on Sat Dec 23, 2017 10:48, edited 1 time in total.
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Haha yang bikin emosi tuh karena agan nggak logis membandingkan negara us dengan indo, okelah tax segala macem kalo ente bilang di indo bbm busuk apa segala macem ya oke sekarang sama aja kan harga di us sama indo? Mau bandingin ke mana lagi gan? Kalo agan bilang bbm busuk dihapus ya karena sorry to say anda mungkin orang berduit yang duitnya banyak dan nggak butuh premium, coba liat yang lain di daerah kalo diapus bbm busuk gimana? coba dipikirkan monggoJoehard30 wrote: Sat Dec 23, 2017 8:38Y kn harga saudi itu bukan market price om, kl texas kn market price. 2.45 kn harga rata2 nasional, bukan harga terendah. Om kalo emosi gini saya makin seneng dehMkresnap wrote: Sat Dec 23, 2017 2:34yah dibandingin negara bagian, oke emang texas murah kalo mau ngomong texas doang, kalo bandingin keseluruhan tetep lebih mahal gan, kenapa nggak sekalian dibandingin sama arab saudi aja? bensin murah meriahJoehard30 wrote: Fri Dec 22, 2017 21:48
https://www.eia.gov/petroleum/gasdiesel/
D us, ada yg harganya usd 2.164/gallon (rp 7800/litr) om di daerah texas n states sekitarnya. Dan tentu bukan bbm busuk kayak d tempat kita
Dan ini US, texas apalagi, g mungkin harganya d subsidi. Dg beban gaji orang yg >5x lbh mahal dr tempat kita harganya bsa sgt, so harga d tempat kita overprice. Bandar minyak kn kl bandingin seringnya sm negara2 yg fuel nya d kasih tax gila2an buat enviromental compensation. D tempat kita kn boro2, yg ada fuel mlah mkn national budget. Kl bandingin base price minyak mah, keliatan ntar ngembat nya![]()
Cb baca lg juga, d us harganya beda2 alasan utama krn tax nya beda2 antar states, kaya California n newyork, orang Demokrat nya kuat, n u know, mereka kasih tax tinggi k fuel buat enviromental purpose. Kl texas, itu tax nya rendah, n d indo g pernah denger ada bagian dr tax untuk fuel yg d alokasikan buat lingkungan, ato greentech2 whatsoever. Jd y pantesnya y d bandingin texas lah. Itu aja g apple to apple. Perusahaan minyak texas kasih gaji karyawan n transport minyaknya harusnya 5x lbh dr gaji karyawan indo. Bisa tuh rendah.