Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Jambangan wrote:
c_adhi_k wrote:om turbo mau nanya
1nz-fe pakai shell helix HX7 10w-40 api sn gapapa ya?
trus kalau shell helix hx7 semi synth atau udah full?
thx before
shell helix HX7 itu semi synth bro


bro turbo mo nanya lagi dong
kalo oli transmisi manual yg bagus apa ya??
mobil ane udh 9000 KM nih dari baru belum pernah ganti oli transmisi
kalo di buku manual sih pake SGO 75W-90 GL-4
Kalo diganti Shell 80W GL-4 atau Castrol 80W-90 GL-4 oke ga bro??
males ke beres kerjannya beberapa kali ga bener & ga bisa diawasi kerjaannya :e-doh:

thx bro jawabannya :thanks:
Bisa coba Valvoline 75w90 gl4 atau Castrol 75w90 gl4 full synth di toda cideng (pail)

Bukan seles oli
* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

Jambangan wrote:
kalo oli transmisi manual yg bagus apa ya??
mobil ane udh 9000 KM nih dari baru belum pernah ganti oli transmisi
kalo di buku manual sih pake SGO 75W-90 GL-4
:
ada alternatif lain nya, bisa coba oli MTF nya nissan bro..

itu GL-4 dan 75W-85... kategori oli encer tuh..

trakir ane ganti stelah jalan 40 rebu km aja masi ga hitam2 legam amat..

iseng2 ane coba ke kaleng apanja ane jg lebi enak.. problem susah masuk gigi jg jd ilang..

cuman seliter nya agak mahal... sliter bisa 80 rebu... 2 kali lipet dari harga rored nya pertamina..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

Turboman wrote:
Bisa coba Valvoline 75w90 gl4 atau Castrol 75w90 gl4 full synth di toda cideng (pail)

Bukan seles oli
oke thx bro infonya :thanks:
kebetulan toda cideng deket kampus ane. bsk abis pulang kuliah mo nyoba kesana
btw itu oli transmisi full synth kisaran harga brp ya bro??
kalo oli transmisi full synth gitu bisa dipake brp KM/bulan??

thx

DOHC wrote:
ada alternatif lain nya, bisa coba oli MTF nya nissan bro..

itu GL-4 dan 75W-85... kategori oli encer tuh..

trakir ane ganti stelah jalan 40 rebu km aja masi ga hitam2 legam amat..

iseng2 ane coba ke kaleng apanja ane jg lebi enak.. problem susah masuk gigi jg jd ilang..

cuman seliter nya agak mahal... sliter bisa 80 rebu... 2 kali lipet dari harga rored nya pertamina..
bro DOHC, itu 75W-85 ga keenceran buat transmisi sujuki??
encer jg ya oli transmisi nissan
coba besok ane cari di toda cideng ada ga

btw agak oot nih bro, kalo bengkel buat tune up & buat pasang2 part/ganti2 oli yg mantap dmn bro??
daerah jakbar aja soalnya deket kampus ane
kalo Advance Motor Sport gmn tuh bro?? baca2 katanya mayan tapi harganya agak mahal
baca2 lagi itu pecahannya amiaw ya bro??
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by azu »

om turbo mau nanya lagi (jangan bosen ya ditanyain terus :big_peace: )

untuk Civic 2001 cocoknya pakai oli apa ya? baca di manual booknya sih pakai 10W-50 API SG atau SJ, yang kira2 ekuivalen atau mendekati apa ya? seumur-umur ga pernah liat oli 10W-50 soalnya :mky_01: dan saya gak tau mesin ini roller rocker atau flat tappet, tapi kayanya sih blm roller rocker..

terus cari-cari di web luar, untuk mesin Honda D17 malah disaranin pakai oli encer macem 0W-20, 5W-20, terus ada juga yg rekomen5W-30, dan ada juga yg rekomen 10W-30.. malah jadi bingung saya :big_slap:

oiya harganya sih di kisaran maks 130an per liter aja kalo bisa..

thanks a lot :thanks:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

@ azu : D17 honda civic itu uda roller rocker om.. dijamin.. nah sisanya biar pakar oli yg jawab..

@ jambangan : gearbox transmisi nissan emang agak unik om.. rata2 minta nya GL-4.. bahkan ampe seri yg top of the line mereka jg rata2 masi minta GL-4... dan ane ngubek2 website luar jg pada blg, mending stick with GL-4 dan tingkat keenceran tsb utk gearbox nissan... karena mereka emang ngedesain nya agak rapet demi ngejar pengurangan bobot tp tetep enak utk performance..
mengenai keenceran atau kaga, coba aja liat di manual book nya om.. cuman kalo yg ane liat sehh 85 dan 90 ga beda jauh rentang ambient temperature nya..

nah kalo jakbar, ada 3 om, akon, ams ama rev.. ini 3 kerja nya lmayan lah kalo cuman utk servis rutin biasa.. cuman kalo sekedar tune up biasa tanpa embel2 apa, mending saran ane ke akon aja, kerjaan nya ga jelek dan harga nya lmayan murah ketimbang 2 lain nya, cuman ingat, ini bengkel ada ritual aneh dan nyeleneh, jadi musti pinter2 nya kita utk memilah mana yg perlu dan mana yg ga perlu utk di lakukan oleh doi... kalo abis tune up, kalo mreka mau melakukan ritual "nyeleneh" nya yg tuang bensin ke ruang bakar buat ngebilas sisa obat carb jet, ente tolak aja, dan utk ritual "nyeleneh" nya yg ngebersihin ruang mesin stelah di tune up pake cuci steam dgn solar campur air, jg ditolak aja...

kalo mau oprek2 modif mesin, REV mungkin bisa, cuman terakhir ane kesana, mreka kayanya lebi banyak konsumen mesin diesel skrg, jadi yahh bsa coba cari alternatif lain... firna di tanjung duren jg lumayan walaupun tarif nya mirip rev.. atau sigma speed di gatsu bole dilirik..

kalau honda, honda clinic lmayan tuh..


*bukan sales salah satu bengkel diatas, cuman sharing pengalaman pribadi..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

@DOHC
Wew aneh bgt bro ritualnya. Baru tau abis tune up ada ritual begituan :D
Akon dmn tuh bro??
kalo firna baca2 di forum sebelah katanya kalo mobil standar kyk ga dianggep gitu ama mekaniknya. Jadi males mo kesitu hehehe..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

Jambangan wrote:@DOHC
Wew aneh bgt bro ritualnya. Baru tau abis tune up ada ritual begituan :D
Akon dmn tuh bro??
kalo firna baca2 di forum sebelah katanya kalo mobil standar kyk ga dianggep gitu ama mekaniknya. Jadi males mo kesitu hehehe..

hehehehe... ams ama rev jg ane perna digituin koq bro.. apalagi kalo bengkel lagi rame.. makanya ane uda agak males ke tuh 2 bengkel lg... yahh mungkin mobil ane cuman sbuah livina xr tua yg banyak baret dan penyok2 lengkap dengan segudang penyakit bawaan dari orok nya... makanya makin dipandang sebelah mata lah oleh mreka.. :big_weee: :big_weee: :big_weee:

kalo yg ams, saran ane sehh lgs cari engko owner yg agak gendut aja... masi lebi enak di ajak ngomong dan masi lebi ramah, kalo yg satu lagi sehh... speechless dehh.. dan kalo bisa cari montir nya jgn yg anak muda, apalagi yg tinggi dan kurus, lupa ane namanya, tp ane perna liat dia kurang ajar banget ama customer nya.. ditanya malah jawab nya kaya ngeledek gt, bgitu ditegur ama tuh customer malah lgs ngeloyor..

akon itu di jalan panjang jg, sederetan dgn rev, cuman beda beberapa rumah doank.. cuman inget bro, kalo servis disana, harap diperhatikan ritual2 nyeleneh tsb... ditolak aja, jangan mau..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

DOHC wrote:
Jambangan wrote:@DOHC
Wew aneh bgt bro ritualnya. Baru tau abis tune up ada ritual begituan :D
Akon dmn tuh bro??
kalo firna baca2 di forum sebelah katanya kalo mobil standar kyk ga dianggep gitu ama mekaniknya. Jadi males mo kesitu hehehe..

hehehehe... ams ama rev jg ane perna digituin koq bro.. apalagi kalo bengkel lagi rame.. makanya ane uda agak males ke tuh 2 bengkel lg... yahh mungkin mobil ane cuman sbuah livina xr tua yg banyak baret dan penyok2 lengkap dengan segudang penyakit bawaan dari orok nya... makanya makin dipandang sebelah mata lah oleh mreka.. :big_weee: :big_weee: :big_weee:

kalo yg ams, saran ane sehh lgs cari engko owner yg agak gendut aja... masi lebi enak di ajak ngomong dan masi lebi ramah, kalo yg satu lagi sehh... speechless dehh.. dan kalo bisa cari montir nya jgn yg anak muda, apalagi yg tinggi dan kurus, lupa ane namanya, tp ane perna liat dia kurang ajar banget ama customer nya.. ditanya malah jawab nya kaya ngeledek gt, bgitu ditegur ama tuh customer malah lgs ngeloyor..

akon itu di jalan panjang jg, sederetan dgn rev, cuman beda beberapa rumah doank.. cuman inget bro, kalo servis disana, harap diperhatikan ritual2 nyeleneh tsb... ditolak aja, jangan mau..
wew livina xr kan keren om. Ane dulu sempet pengen jg sayang dah ga diproduksi lagi sih :e-doh:
Oke deh om coba bsk abis dari toda cideng ane puter2 jalan panjang mo survei dulu mana yg kyknya meyakinkan hehe..
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by azu »

@mod DOHC
makasih oom, ternyata udah roller rocker ya :mky_02:
motor karisma aja dari taun 2002 udah pakai roller rocker arm ya, pantes aja mesin D17 juga udah pakai meskipun masuk mesin generasi lama :D

oiya utk Suzuki juga oli transmisinya minta GL-4, bukan GL-5.. dulu miara APV mintanya GL-4, sekarang di Ertiga juga mintanya GL-4.. saya kira karena SGO di Indo cuma punya oli transmisi yg GL-4 saja, taunya pas liat manual book punya Maruti juga minta hanya pakai GL-4 :D
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

beberapa pabrikan emang mintanya GL-4 om... kalo uda gini mendingan diturutin aja... nissan jg salah satu pabrikan yg minta nya GL-4... baca2 forum2 di luar negeri sana, ud banyak kasus pemilik nissan yg gearbox nya modar gara2 pake GL-5 walaupun ga dalam waktu dekat sehh modar nya..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

DOHC wrote:beberapa pabrikan emang mintanya GL-4 om... kalo uda gini mendingan diturutin aja... nissan jg salah satu pabrikan yg minta nya GL-4... baca2 forum2 di luar negeri sana, ud banyak kasus pemilik nissan yg gearbox nya modar gara2 pake GL-5 walaupun ga dalam waktu dekat sehh modar nya..
Yg parah beres daihatsu om waktu ane msh pake terios
Entah ga ngerti atau gmn itu transmisi diisi GL-5 pas servis besar 40rb KM :e-doh:
Pake 10rb KM perpindahan gigi ga enak/kasar. Akhirnya ganti GL-4 di bengkel deket rumah
Padahal di buku manual jelas spesifikasi oli transmisi disuruh pake GL-4
Ngaco beres jaman sekarang ga daihatsu,suzuki,nissan :e-doh:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

ini ada web bagus buat baca baca, kayak badan independent utk menguji oli2 yg beredar di pasar US

http://www.pqiamerica.com/March2013PCMO ... rndc1.html

Sayangnya merek2 yg kita kenal di sini hanya bbrp, sisanya justru merek2 gak jelas / antah berantah

tapi surprise juga ternyata di US sana oli2 murah juga laku, walau ada yg kualitasnya lebih rendah drpd produk2 Mesran jadoel

Kalo Mesran Super dijual di US dgn hrg spt di sini kayaknya laku juga tuh
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

azu wrote:om turbo mau nanya lagi (jangan bosen ya ditanyain terus :big_peace: )

untuk Civic 2001 cocoknya pakai oli apa ya? baca di manual booknya sih pakai 10W-50 API SG atau SJ, yang kira2 ekuivalen atau mendekati apa ya? seumur-umur ga pernah liat oli 10W-50 soalnya :mky_01: dan saya gak tau mesin ini roller rocker atau flat tappet, tapi kayanya sih blm roller rocker..
kalo mesin udah 12 tahun mending terusin pakai oli SAE yg sama spt sebelum2-nya dah

kalo ganti SAE yg lebih encer takut ada nguap nanti

Kalo mesin2 hOnda generasi baru sih mmg idealnya oli buntut 30 utk iklim Indo.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

Bro turbo, tadi ane ke toda cideng ga nemu oli MTF yg bro sebut :ungg:
Akhirnya ane beli castrol MTF 80w-90 GL-4. Ane beli 3 liter
Bisa ga ya buat swift??

Oh ya sama mau nanya lagi bro
Tadi sekalian mampir ke beres suzuki rencana beli SGO 5W-30 1 liter aja buat nambahin kalo sewaktu-waktu kurang
Nah masalahnya di beres suzuki tadi ga jual yg 1 literan adanya yg drum2an
Akhirnya beli 1 liter tapi olinya dimasukin ke botol oli total quartz 9000 bekas om
Yg jadi pertanyaan boleh ga sih kyk begitu?? Ane msh ragu takutnya oli SGOnya kecampur ama oli total
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Jambangan wrote:Bro turbo, 1. tadi ane ke toda cideng ga nemu oli MTF yg bro sebut :ungg:
Akhirnya ane beli castrol MTF 80w-90 GL-4. Ane beli 3 liter
Bisa ga ya buat swift??

Oh ya sama mau nanya lagi bro
2. Tadi sekalian mampir ke beres suzuki rencana beli SGO 5W-30 1 liter aja buat nambahin kalo sewaktu-waktu kurang
Nah masalahnya di beres suzuki tadi ga jual yg 1 literan adanya yg drum2an
Akhirnya beli 1 liter tapi olinya dimasukin ke botol oli total quartz 9000 bekas om
Yg jadi pertanyaan boleh ga sih kyk begitu?? Ane msh ragu takutnya oli SGOnya kecampur ama oli total
1. Castrol 75W90 GL-4 VollSynth itu adanya cuman kemasan pail, itu buatan Jerman, hrg 100 rb / L.

2. Di toko2 oli banyak yg jual yg kemasan botol 1 L.

Di BeRes bukannya lebih mahal krn ada PPN ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

Turboman wrote:
Jambangan wrote:Bro turbo, 1. tadi ane ke toda cideng ga nemu oli MTF yg bro sebut :ungg:
Akhirnya ane beli castrol MTF 80w-90 GL-4. Ane beli 3 liter
Bisa ga ya buat swift??

Oh ya sama mau nanya lagi bro
2. Tadi sekalian mampir ke beres suzuki rencana beli SGO 5W-30 1 liter aja buat nambahin kalo sewaktu-waktu kurang
Nah masalahnya di beres suzuki tadi ga jual yg 1 literan adanya yg drum2an
Akhirnya beli 1 liter tapi olinya dimasukin ke botol oli total quartz 9000 bekas om
Yg jadi pertanyaan boleh ga sih kyk begitu?? Ane msh ragu takutnya oli SGOnya kecampur ama oli total
1. Castrol 75W90 GL-4 VollSynth itu adanya cuman kemasan pail, itu buatan Jerman, hrg 100 rb / L.

2. Di toko2 oli banyak yg jual yg kemasan botol 1 L.

Di BeRes bukannya lebih mahal krn ada PPN ?
Tadi di toda cideng ga ada SGO om :mky_01:
Di beres 65 rebu 1 liter ga tau diluaran :ungg:

Kemasan pail itu kyk gmn om??
Maklum nubie :ungg:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Jambangan wrote: Tadi di toda cideng ga ada SGO om :mky_01:
Di beres 65 rebu 1 liter ga tau diluaran :ungg:

Kemasan pail itu kyk gmn om??
Maklum nubie :ungg:
Pail = model ember ukuran 20 L

Di toko2 lain banyak, di Latumeten ada Sentra Otomotif, dulu sih harganya ga sampe 60 rb

ya kalo di Beres kena PPN

kalo sy sih oli mesin hindari yg kemasan drum, kecuali kalo cuman buat bilas mesin aja.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

Turboman wrote:
Jambangan wrote: Tadi di toda cideng ga ada SGO om :mky_01:
Di beres 65 rebu 1 liter ga tau diluaran :ungg:

Kemasan pail itu kyk gmn om??
Maklum nubie :ungg:
Pail = model ember ukuran 20 L

Di toko2 lain banyak, di Latumeten ada Sentra Otomotif, dulu sih harganya ga sampe 60 rb

ya kalo di Beres kena PPN

kalo sy sih oli mesin hindari yg kemasan drum, kecuali kalo cuman buat bilas mesin aja.
Jadi mending oli SGO yg baru ane beli ini ga usah ane pake kali ya bro??
Agak ragu soalnya kemasannya bukan kemasan aslinya
btw kenapa tuh bro menghindari oli mesin yg di drum??
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Jambangan wrote: Jadi mending oli SGO yg baru ane beli ini ga usah ane pake kali ya bro??
Agak ragu soalnya kemasannya bukan kemasan aslinya
btw kenapa tuh bro menghindari oli mesin yg di drum??
kalo sy sih dr dulu mmg hal2 ginian saya paling utamakan kebersihan

kalo kasus di US :
http://www.pqiamerica.com/March2013PCMO/silogram530.htm
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

Turboman wrote:
Jambangan wrote: Jadi mending oli SGO yg baru ane beli ini ga usah ane pake kali ya bro??
Agak ragu soalnya kemasannya bukan kemasan aslinya
btw kenapa tuh bro menghindari oli mesin yg di drum??
kalo sy sih dr dulu mmg hal2 ginian saya paling utamakan kebersihan

kalo kasus di US :
http://www.pqiamerica.com/March2013PCMO/silogram530.htm
Wah ngeri jg ya ada kasus kyk gitu. Isi dalem drum beda ama keterangan diluar drum
Sip thx bgt infonya om :thanks:

Btw kalo antara SHU 5W-40 ama Castrol Edge 5W-40 pilih mana om??
Pengen nyobain full synth nih pas ganti oli berikutnya :mky_01:
Kalo graha sakti itu yg depan tokonya banyak holden itu ya om??
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

Turboman wrote:ini ada web bagus buat baca baca, kayak badan independent utk menguji oli2 yg beredar di pasar US

http://www.pqiamerica.com/March2013PCMO ... rndc1.html

Sayangnya merek2 yg kita kenal di sini hanya bbrp, sisanya justru merek2 gak jelas / antah berantah

tapi surprise juga ternyata di US sana oli2 murah juga laku, walau ada yg kualitasnya lebih rendah drpd produk2 Mesran jadoel

Kalo Mesran Super dijual di US dgn hrg spt di sini kayaknya laku juga tuh
situs bagus nih
jadi tau mana oli yg sebaiknya dihindari
sayang di indon ga ada lembaga kyk gini
org oli palsu aja msh banyak di pasaran :e-doh:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by azu »

Turboman wrote:
azu wrote:om turbo mau nanya lagi (jangan bosen ya ditanyain terus :big_peace: )

untuk Civic 2001 cocoknya pakai oli apa ya? baca di manual booknya sih pakai 10W-50 API SG atau SJ, yang kira2 ekuivalen atau mendekati apa ya? seumur-umur ga pernah liat oli 10W-50 soalnya :mky_01: dan saya gak tau mesin ini roller rocker atau flat tappet, tapi kayanya sih blm roller rocker..
kalo mesin udah 12 tahun mending terusin pakai oli SAE yg sama spt sebelum2-nya dah

kalo ganti SAE yg lebih encer takut ada nguap nanti

Kalo mesin2 hOnda generasi baru sih mmg idealnya oli buntut 30 utk iklim Indo.
kalo oli 10W-40 yg rekomen apa om? kalau bisa sih yg rentang pemakaiannya bisa aga panjang, soalnya ini mobil bukan saya yg pakai tp cuma kebagian rawat :D kalau bisa yg >5000 km pemakaian

thanks
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

azu wrote:
Turboman wrote:
azu wrote:om turbo mau nanya lagi (jangan bosen ya ditanyain terus :big_peace: )

untuk Civic 2001 cocoknya pakai oli apa ya? baca di manual booknya sih pakai 10W-50 API SG atau SJ, yang kira2 ekuivalen atau mendekati apa ya? seumur-umur ga pernah liat oli 10W-50 soalnya :mky_01: dan saya gak tau mesin ini roller rocker atau flat tappet, tapi kayanya sih blm roller rocker..
kalo mesin udah 12 tahun mending terusin pakai oli SAE yg sama spt sebelum2-nya dah

kalo ganti SAE yg lebih encer takut ada nguap nanti

Kalo mesin2 hOnda generasi baru sih mmg idealnya oli buntut 30 utk iklim Indo.
kalo oli 10W-40 yg rekomen apa om? kalau bisa sih yg rentang pemakaiannya bisa aga panjang, soalnya ini mobil bukan saya yg pakai tp cuma kebagian rawat :D kalau bisa yg >5000 km pemakaian

thanks
memang rata2 oli 10W40 bisa pakai sampai 7000 Km kok

Kalao mau yg spec terbaru ya bisa pakai Shell HX7 API SN, krn dia comply ke MB 229.3

Pakai saja sampai 7500 Km atau 9 bulan yg mana duluan tiba.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by c_adhi_k »

Turboman wrote: memang rata2 oli 10W40 bisa pakai sampai 7000 Km kok

Kalao mau yg spec terbaru ya bisa pakai Shell HX7 API SN, krn dia comply ke MB 229.3

Pakai saja sampai 7500 Km atau 9 bulan yg mana duluan tiba.
shell helix hx7 aman om untuk 7500 km?
kan semi synthetic
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

c_adhi_k wrote:
Turboman wrote: memang rata2 oli 10W40 bisa pakai sampai 7000 Km kok

Kalao mau yg spec terbaru ya bisa pakai Shell HX7 API SN, krn dia comply ke MB 229.3

Pakai saja sampai 7500 Km atau 9 bulan yg mana duluan tiba.
shell helix hx7 aman om untuk 7500 km?
kan semi synthetic
HX7 yg API SN om

see backlabel, ada comply ke MB 229.3

229.3 itu scr teoritis bisa dipakai sampai 30.000 Km (jika traffic ideal dan BBM ideal), jadi jika dipakai utk 7500 Km aja sih ya masih jauh dr batas siksa-nya

Oli ini sy lagi test di ToKiDies, kalo dulu HX-7 Diesel sih pakai sampai 7300 Km yg mana HX7 Diesel spec-nya sedikit di bawah yg API SN

*bukan sales Shell*
* Bukan ajakan Beli *