maskopat wrote:coba di jawab ya..
1 dan 2. PS itu di tuasnya ada 2H, 4H, 4HLc dan 4LLc..
2H itu untuk perjalanan biasa dalam kota
4H untuk jalan yang sedikit licin karena hujan dsb.. dan bisa untuk jalanan berliku2.. posisi ini tidak dilocking antara gardan depan dan gardan belakang.
4HLc untuk jalan yang lebih berat licin lagi seperti melibas lumpur tipis. posisi ini akan melocking gardan depan dan belakang.
4LLc untuk tanjakan berat atau berendem di lumpur. Low gear dan dilocking gardan depan dan gardan belakang.
oo berarti yang 4H fulltimenya ya om.
katanya (di web KTB) perpindahan 2H<-->4H<-->4HLc dapat dilakukan pada saat kendaraan berjalan sampai kecepatan 100 kpj. yang membuat saya bingung :
1. 4H itu cuman bisa 100 kpj dipake? atau perpindahannya aja (dari 4H ke 2H) cuman boleh dilakukan sampe 100 kpj?
2. 4H ini apakah maksudnya di jalan aspal licin (karena hujan) ya om? trus ini bisa dipake seperti kondisi normal (2H di jalanan aspal buat jalan cukup kencang)?
2. 4HLc kalo ngunci pembagian torsi ke gardan depan dan belakang, maka ini mestinya 4WD part-time. trus 4WD part-time bisa (boleh/tidak merusak komponen terhubung dengan roda) kalo dipake sampe kecepatan 100 kpj seperti itu? atau memang 4WD cuman sangat tidak dianjurkan (tidak boleh) dipakai di pavement (jalan yang traksinya besar)?
maskopat wrote:
3 sampe 5, kurang tahu dimana LSD nya, harusnya sih di gardan depan dan belakang. di transfer case rasanya tidak ada LSD karena sudah ada Locking.
saya juga pengen tau ini, kalo bagian gardan (setidaknya garda belakang) ada LSD nya karena memang PS yg 4x4 ada LSD menurut web PS versi KTB.
nah kalo ada locking kan om cuman berfungsi mengubah fulltime menjadi partime (jadi gimanapun keadaannya gardan depan dan belakang dapat jatah 50:50). yang maksud saya itu jadi tidak hanya fulltime yang ada locker nya tapi juga LSDnya yang bisa bikin gardan depan belakang beda porsi torsi nya (ntah 70:30, 40:60, dll), mirip AWD yang diatur ECU.
maskopat wrote:
perkiraan saya sih, kalo PS, dengan 3 roda tidak dapat traksi dan 1 roda dapat traksi, masih bisa jalan.. cmiiw..
ini saya masih bingung apa PS mampu seperti itu.
satu lagi yang masih mengganjal (belum ngerti) tentang differential. apakah mobil 4x2 (misal kijang) di bagian depannya ada differential? Atau differential itu hanya ada di bagian gardan (bagian roda yang bergerak karena torsi dari mesin)?
Akhir kata, terima kasih banyak buat jawabannya om maskopat.

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.