Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

kayukayuthe5th wrote: Sat Oct 26, 2024 23:37
tapi DGO ini murah juga untuk ukuran 0w16 150kan perliter kalo kyukyu kemaren ada itu 300k wkwkwkw emang beli 1 kyu dapet 2 dgo.
anyway apakah ini berarti bentaran muncul tuh PFG 0w16 secara DGO kan masih manufactured by plat merah y
DGO biarpun buatan plaat mrah

tetep ga bsa disamain ama line up plaat merah yg top of the line , dcobain pake jlas berasa beda nya koq

DGO besar kmungkinan 11 12 ama line up fastron ijo atau biru mentok

nah yg 0-16, entahlah kiblat kmana, cuman liat harga sgitu, kecil kmungkinan sehh masup line up gold
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
RezPrat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 550
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by RezPrat »

feri307 wrote: Sat Oct 26, 2024 13:57
dimasapri wrote: Sat Oct 26, 2024 3:31 Kalau saya justru terbalik.
Untuk yg jarang jalan, mending kasih oli standar API certified yg murah.
Kenapa API dan bukan ACEA?
Karena ACEA standard itu bukan certified, tapi sifatnya voluntary.
Jadi masalah benar2 sesuai dgn standar ACEA dikembalikan lagi ke produsen oli...ujung2nya ribet untuk produsen oli yg belum top tier dan punya nama besar.
Kalau top tier apa ada yg murah?
Jadi lebih aman pakai oli murah API certified, karena sdh diuji oleh 3rd party untuk mendapatkan API Donut.

Untuk yg sering jalan, kasih oli kualitas bagus.

Karena untuk pemakaian normal sesuai peruntukan mesin/mobilnya, perlindungan terhadap mesin dari oli2 murah yg sudah API certified (tentu juga dgn oli yg benar2 ACEA standar) hasilnya akan sama saja dgn oli kualitas bagus API certified.
Tapi kalau soal power (walaupun dalam margin yg sangat kecil, tapi cukup terasa), kehalusan suara mesin, dan long drain, oli kualitas bagus diatas oli murah.
Dan keuntungan itu yg perlu didapatkan untuk mobil yg sering jalan.
Kalau skenarionya begini:
1. Sering jalan, tp short trip. Maksimal 20km per hari,
2. Jarang jalan, tp sekali jalan, minimal 70km-100km, round trip bisa 150km-200km.

Oli bagaimana yg direkomendasikan untuk masing2 skenario tersebut, Om?
For both scenario, Kalo mobilnya GDI or Turbo GDI, pakai oli yg "agak" kental (buntut 30, dgn hths tinggi), sebab biasanya ada fuel dilution, yg bikin oli jd lebih encer(rusak), Yg non GDI pun gak pa pa buat jarang pake pake buntut 30 yg visco nya lebih tinggi.
Screenshot_2024-10-27-08-52-55-891_com.android.chrome-edit.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
RezPrat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 550
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by RezPrat »

kayukayuthe5th wrote: Sat Oct 26, 2024 23:37 saking setrongnya oli 0W16 seliter dapet 2 liter DGO 0W16... :big_think:
padahal alternatif 0W16 masih susah :big_biglaugh:
Sebaiknya buat oli buntut 16 harus bener2 hati2 milihnya, kalo emang mau pake buntut 16, pilih yg high end sekalian, soalnya makin encer oli ada kemungkinan film strength nya makin tipis (unless oli encer yg bener2 berkualitas).
Coba aja liat hasil test oli buntut 20 yg kelas menengah kebawah biasanya udah pada borderline, beda yg visco 30 atau 40 oli kelas biasa2 aja masi bisa d push dlm waktu/ millage yg lama.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

RezPrat wrote: Sun Oct 27, 2024 3:45
kayukayuthe5th wrote: Sat Oct 26, 2024 23:37 saking setrongnya oli 0W16 seliter dapet 2 liter DGO 0W16... :big_think:
padahal alternatif 0W16 masih susah :big_biglaugh:
Sebaiknya buat oli buntut 16 harus bener2 hati2 milihnya, kalo emang mau pake buntut 16, pilih yg high end sekalian, soalnya makin encer oli ada kemungkinan film strength nya makin tipis (unless oli encer yg bener2 berkualitas).
Coba aja liat hasil test oli buntut 20 yg kelas menengah kebawah biasanya udah pada borderline, beda yg visco 30 atau 40 oli kelas biasa2 aja masi bisa d push dlm waktu/ millage yg lama.
Setuju banget buat w16

Gpp pakai yg mid end,
Bisa diakali dgn memperpendek OCI (5rb km or 6 bulan)

Kecuali aliran
- anti budak mobil
- dompet susah lipat
- rusak, ganti mobil baru

Bebasss
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

RezPrat wrote: Sun Oct 27, 2024 3:45
kayukayuthe5th wrote: Sat Oct 26, 2024 23:37 saking setrongnya oli 0W16 seliter dapet 2 liter DGO 0W16... :big_think:
padahal alternatif 0W16 masih susah :big_biglaugh:
Sebaiknya buat oli buntut 16 harus bener2 hati2 milihnya, kalo emang mau pake buntut 16, pilih yg high end sekalian, soalnya makin encer oli ada kemungkinan film strength nya makin tipis (unless oli encer yg bener2 berkualitas).
Coba aja liat hasil test oli buntut 20 yg kelas menengah kebawah biasanya udah pada borderline, beda yg visco 30 atau 40 oli kelas biasa2 aja masi bisa d push dlm waktu/ millage yg lama.
yoi, karena GF-6b ini bener2 ketat juga. so far di indonesia yang muncul top-of-line eneos X prime, idemtsu FG7, ravenol hi , Q8. menyusul FK ama Aisin kaianya karena dijepun ma SG dah masuk 0w-16nya ; kebanyakan OEM jepun karena biar bisa ganti oli si prius karena doyan yang encer2 :mky_03:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

According to manual book honda hybrid (crv 2023)

- Olmes yg direkomen: hanya 0w20, Acea c5
- Oli transmisi yg direkomen: Honda HEVF-Type 1
https://www.honda.co.uk/cars/owners/man ... nuals.html

Image

Tp klo oli Transmisi HRV Hybrid cukup pakai ATF DW-1

Jadi untuk mesin turbo, N/A, HEV
Oli mesin visco 0w20 ini emang sweet spot yah.

Cuma oli transmisinya aja nih harus sesuai spec yg dianjurkan.
Generasi HEV terakhir beda sendiri.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Sun Oct 27, 2024 11:55 According to manual book honda hybrid (crv 2023)

- Olmes yg direkomen: hanya 0w20, Acea c5
- Oli transmisi yg direkomen: Honda HEVF-Type 1
https://www.honda.co.uk/cars/owners/man ... nuals.html

Image

Tp klo oli Transmisi HRV Hybrid cukup pakai ATF DW-1

Jadi untuk mesin turbo, N/A, HEV
Oli mesin visco 0w20 ini emang sweet spot yah.

Cuma oli transmisinya aja nih harus sesuai spec yg dianjurkan.
Generasi HEV terakhir beda sendiri.
wow gabutuh 0w16.....tapi yah gimana honda ini hybridnya kan sebenernya pake gen sebelumnya dirombak2 dikit doang jadinya :big_bored:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Sun Oct 27, 2024 12:12
Suryaputra wrote: Sun Oct 27, 2024 11:55 According to manual book honda hybrid (crv 2023)

- Olmes yg direkomen: hanya 0w20, Acea c5
- Oli transmisi yg direkomen: Honda HEVF-Type 1
https://www.honda.co.uk/cars/owners/man ... nuals.html

https://www.collegehillshonda.com/mm5/g ... 05x640.jpg

Tp klo oli Transmisi HRV Hybrid cukup pakai ATF DW-1

Jadi untuk mesin turbo, N/A, HEV
Oli mesin visco 0w20 ini emang sweet spot yah.

Cuma oli transmisinya aja nih harus sesuai spec yg dianjurkan.
Generasi HEV terakhir beda sendiri.
wow gabutuh 0w16.....tapi yah gimana honda ini hybridnya kan sebenernya pake gen sebelumnya dirombak2 dikit doang jadinya :big_bored:
Honda hybridnya laen
Hi performance hybrid

Accord hybrid aja bs 7 detik 0-100 kmh :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Sun Oct 27, 2024 12:31, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

DOHC wrote: Sun Oct 27, 2024 0:37
kayukayuthe5th wrote: Sat Oct 26, 2024 23:37
tapi DGO ini murah juga untuk ukuran 0w16 150kan perliter kalo kyukyu kemaren ada itu 300k wkwkwkw emang beli 1 kyu dapet 2 dgo.
anyway apakah ini berarti bentaran muncul tuh PFG 0w16 secara DGO kan masih manufactured by plat merah y
DGO biarpun buatan plaat mrah

tetep ga bsa disamain ama line up plaat merah yg top of the line , dcobain pake jlas berasa beda nya koq

DGO besar kmungkinan 11 12 ama line up fastron ijo atau biru mentok

nah yg 0-16, entahlah kiblat kmana, cuman liat harga sgitu, kecil kmungkinan sehh masup line up gold
yoi mbah. pol2an paleng setara techno ato ecogreen. kalo dari TMO kan bisa diliat dari tutup botolnya wkwkwkwkw
nah itu masih misteri. tapi kalo mengikuti standard yah mestinya GF-6b gold ya
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Sun Oct 27, 2024 12:26
kayukayuthe5th wrote: Sun Oct 27, 2024 12:12
Suryaputra wrote: Sun Oct 27, 2024 11:55 According to manual book honda hybrid (crv 2023)

- Olmes yg direkomen: hanya 0w20, Acea c5
- Oli transmisi yg direkomen: Honda HEVF-Type 1
https://www.honda.co.uk/cars/owners/man ... nuals.html

Image

Tp klo oli Transmisi HRV Hybrid cukup pakai ATF DW-1

Jadi untuk mesin turbo, N/A, HEV
Oli mesin visco 0w20 ini emang sweet spot yah.

Cuma oli transmisinya aja nih harus sesuai spec yg dianjurkan.
Generasi HEV terakhir beda sendiri.
wow gabutuh 0w16.....tapi yah gimana honda ini hybridnya kan sebenernya pake gen sebelumnya dirombak2 dikit doang jadinya :big_bored:
Honda hybridnya laen
Hi performance hybrid

Accord hybrid aja bs 7 detik 0-100 kmh :big_biglaugh:
tetep aja mbah merk H ini lagi "gajes" inovasinya dari 2010s jaman hachigosan belum ada perubahan literally si mibesan ini gaada inovasi, agak repot sih emang kalo background "akuntan" model doi.
ya kenceng emang civic,accord,cr-v hybrid sama2 2.0l hybrid plus lockupclutch motor makanya nendang akselerasinya. cman diluar sana bilang camry baru ama accord baru hybrid seperti ketuker. yang camry makin sporty yang accord makin nyaman :big_biglaugh:

yang 1.5l hybrid akan emang konfigurasi trans beda makanya masih bisa pake oltrans konvensional.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Sun Oct 27, 2024 12:33
Suryaputra wrote: Sun Oct 27, 2024 12:26
kayukayuthe5th wrote: Sun Oct 27, 2024 12:12
wow gabutuh 0w16.....tapi yah gimana honda ini hybridnya kan sebenernya pake gen sebelumnya dirombak2 dikit doang jadinya :big_bored:
Honda hybridnya laen
Hi performance hybrid

Accord hybrid aja bs 7 detik 0-100 kmh :big_biglaugh:
tetep aja mbah merk H ini lagi "gajes" inovasinya dari 2010s jaman hachigosan belum ada perubahan literally si mibesan ini gaada inovasi, agak repot sih emang kalo background "akuntan" model doi.
ya kenceng emang civic,accord,cr-v hybrid sama2 2.0l hybrid plus lockupclutch motor makanya nendang akselerasinya. cman diluar sana bilang camry baru ama accord baru hybrid seperti ketuker. yang camry makin sporty yang accord makin nyaman :big_biglaugh:

yang 1.5l hybrid akan emang konfigurasi trans beda makanya masih bisa pake oltrans konvensional.
Ya soalnya skrg concern nyari irit mbah
Last edited by Suryaputra on Sun Oct 27, 2024 12:51, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Sun Oct 27, 2024 12:38
kayukayuthe5th wrote: Sun Oct 27, 2024 12:33
Suryaputra wrote: Sun Oct 27, 2024 12:26

Honda hybridnya laen
Hi performance hybrid

Accord hybrid aja bs 7 detik 0-100 kmh :big_biglaugh:
tetep aja mbah merk H ini lagi "gajes" inovasinya dari 2010s jaman hachigosan belum ada perubahan literally si mibesan ini gaada inovasi, agak repot sih emang kalo background "akuntan" model doi.
ya kenceng emang civic,accord,cr-v hybrid sama2 2.0l hybrid plus lockupclutch motor makanya nendang akselerasinya. cman diluar sana bilang camry baru ama accord baru hybrid seperti ketuker. yang camry makin sporty yang accord makin nyaman :big_biglaugh:

yang 1.5l hybrid akan emang konfigurasi trans beda makanya masih bisa pake oltrans konvensional.
Ya soalnya skrg concern nyari irit mbah :big_biglaugh:
yoi tapi tetep aja sih kaianya honda musti ganti CEO baru new tech baru, agak tumben2an biasanya si chairmannya cari yang background teknis *apa karena waktu co co yah ? jadi agak panic dec. who knows
tapi camry hybrid MPG lebih gede loh 50mpg gampang banget sedangkan honda accord hybrid 46mpg (again mid2010s tech that is impressives at that time yang saat itu camry hybrid masih 42mpg) *dan new camry hybrid dah masuk thai ma filipina kaianya bentar lagi diakhir taun atao taun depan masuk indo, setirnya keren ala2 crown gitu haha.

harga berapaan tuh mbah trans hybrid ?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Sun Oct 27, 2024 12:46
Suryaputra wrote: Sun Oct 27, 2024 12:38
kayukayuthe5th wrote: Sun Oct 27, 2024 12:33

tetep aja mbah merk H ini lagi "gajes" inovasinya dari 2010s jaman hachigosan belum ada perubahan literally si mibesan ini gaada inovasi, agak repot sih emang kalo background "akuntan" model doi.
ya kenceng emang civic,accord,cr-v hybrid sama2 2.0l hybrid plus lockupclutch motor makanya nendang akselerasinya. cman diluar sana bilang camry baru ama accord baru hybrid seperti ketuker. yang camry makin sporty yang accord makin nyaman :big_biglaugh:

yang 1.5l hybrid akan emang konfigurasi trans beda makanya masih bisa pake oltrans konvensional.
Ya soalnya skrg concern nyari irit mbah :big_biglaugh:
yoi tapi tetep aja sih kaianya honda musti ganti CEO baru new tech baru, agak tumben2an biasanya si chairmannya cari yang background teknis *apa karena waktu co co yah ? jadi agak panic dec. who knows
tapi camry hybrid MPG lebih gede loh 50mpg gampang banget sedangkan honda accord hybrid 46mpg (again mid2010s tech that is impressives at that time yang saat itu camry hybrid masih 42mpg) *dan new camry hybrid dah masuk thai ma filipina kaianya bentar lagi diakhir taun atao taun depan masuk indo, setirnya keren ala2 crown gitu haha.

harga berapaan tuh mbah trans hybrid ?
klo accord emg product positioningnya mulai dirubah

mnrt test data grid oto, lbh senyap dibanding ioniq 6 malah

@60 kmh
GWM Tank 500 = 55.5 dB
Accord HEV = 56.5 dB
Ioniq 6 = 58.4 dB

rada gila noise insulation honda tumben2an :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Sun Oct 27, 2024 13:01, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Sun Oct 27, 2024 12:51
kayukayuthe5th wrote: Sun Oct 27, 2024 12:46
Suryaputra wrote: Sun Oct 27, 2024 12:38

Ya soalnya skrg concern nyari irit mbah :big_biglaugh:
yoi tapi tetep aja sih kaianya honda musti ganti CEO baru new tech baru, agak tumben2an biasanya si chairmannya cari yang background teknis *apa karena waktu co co yah ? jadi agak panic dec. who knows
tapi camry hybrid MPG lebih gede loh 50mpg gampang banget sedangkan honda accord hybrid 46mpg (again mid2010s tech that is impressives at that time yang saat itu camry hybrid masih 42mpg) *dan new camry hybrid dah masuk thai ma filipina kaianya bentar lagi diakhir taun atao taun depan masuk indo, setirnya keren ala2 crown gitu haha.

harga berapaan tuh mbah trans hybrid ?
klo accord emg product positioningnya mulai dirubah

mnrt test data grid oto, lbh senyap dibanding ioniq 6 malah
rada gila noise insulation honda tumben2an :big_biglaugh:
accord gantiin legend mungkin :big_slap:
nganu mbah, engineered in japan jadinya :big_exellent:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Sun Oct 27, 2024 13:00
Suryaputra wrote: Sun Oct 27, 2024 12:51
kayukayuthe5th wrote: Sun Oct 27, 2024 12:46

yoi tapi tetep aja sih kaianya honda musti ganti CEO baru new tech baru, agak tumben2an biasanya si chairmannya cari yang background teknis *apa karena waktu co co yah ? jadi agak panic dec. who knows
tapi camry hybrid MPG lebih gede loh 50mpg gampang banget sedangkan honda accord hybrid 46mpg (again mid2010s tech that is impressives at that time yang saat itu camry hybrid masih 42mpg) *dan new camry hybrid dah masuk thai ma filipina kaianya bentar lagi diakhir taun atao taun depan masuk indo, setirnya keren ala2 crown gitu haha.

harga berapaan tuh mbah trans hybrid ?
klo accord emg product positioningnya mulai dirubah

mnrt test data grid oto, lbh senyap dibanding ioniq 6 malah
rada gila noise insulation honda tumben2an :big_biglaugh:
accord gantiin legend mungkin :big_slap:
nganu mbah, engineered in japan jadinya :big_exellent:
made in PTT country mbah :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Sun Oct 27, 2024 13:04
kayukayuthe5th wrote: Sun Oct 27, 2024 13:00
Suryaputra wrote: Sun Oct 27, 2024 12:51

klo accord emg product positioningnya mulai dirubah

mnrt test data grid oto, lbh senyap dibanding ioniq 6 malah
rada gila noise insulation honda tumben2an :big_biglaugh:
accord gantiin legend mungkin :big_slap:
nganu mbah, engineered in japan jadinya :big_exellent:
made in PTT country mbah :mky_03:
full made? saya taunya assembly doang, tapi spek mirip jepun, se android2 auto juga dibawa agak kaget juga dimana yang lain cman andro integrated.

ngomong2 kekedapan diatas GMW yah jelas baowu skrg no.1 ngalahin luxemborg ama jepun steel. gak heran lawong metalnya aja tuebel pol *tipikal mobil china sih hehe

kembali ke topik oli. emang agak heran sih ternyata masih dipake 0w20, kalo ACEA5 compl. mestinya kasih lah ifg7 ama eneos x prime 0w20 nyusul kaia di thai/sg bisalah masuk indo
*atau jangan2 emang udah mau keluar :big_grin:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Sun Oct 27, 2024 13:11
Suryaputra wrote: Sun Oct 27, 2024 13:04
kayukayuthe5th wrote: Sun Oct 27, 2024 13:00
accord gantiin legend mungkin :big_slap:
nganu mbah, engineered in japan jadinya :big_exellent:
made in PTT country mbah :mky_03:
full made? saya taunya assembly doang, tapi spek mirip jepun, se android2 auto juga dibawa agak kaget juga dimana yang lain cman andro integrated.

ngomong2 kekedapan diatas GMW yah jelas baowu skrg no.1 ngalahin luxemborg ama jepun steel. gak heran lawong metalnya aja tuebel pol *tipikal mobil china sih hehe

kembali ke topik oli. emang agak heran sih ternyata masih dipake 0w20, kalo ACEA5 compl. mestinya kasih lah ifg7 ama eneos x prime 0w20 nyusul kaia di thai/sg bisalah masuk indo
*atau jangan2 emang udah mau keluar :big_grin:
iya beda tipis cuma 1 dB sm GWM tank 500 sadisss
mengingat dia ladder frame.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
FordBadak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Fri Feb 10, 2017 10:22
Location: bekasi
Daily Vehicle: K14B Duratorq TDCI 1KR-VET

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by FordBadak »

Mesin diesel sama gasoline beda banget ya

Ptt 10w30, Tdci 2010, biosolar tanpa addictive, 3500km, oci 8 september:
20241027_152626.jpg

Motul h 0w20, 1kr-vet 2021, pertalite, 5000KM, oci 20 juli
20241027_151836.jpg
Keduanya jarang kena macet. Tp rencana mau testlab 0w20nya di km 9rb/10rb
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
https://www.tokopedia.com/os-custom
www.shopee.co.id/oscustom
https://www.blibli.com/merchant/bombardier-store/BOS-60039
sunsun89
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Oct 28, 2024 10:14
Location: Palembang
Daily Vehicle: mobilio 2014 e cvt

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sunsun89 »

hai om, saya baru pemula soal oli, dan mau coba mendalami pemakaian oli yang proper. krn sebelumnya ga liat spek asal ganti oli aja yg dikasih sama bengkel mobil.

nah kemaren saya baru ganti oli, dikasih oli SPT 5W-30 untuk mobilio 2014 ecvt.
next time sy mau ganti ke oli 0W-20, kira2 oli yang plg bagus apa ya? sy uda browsing sih oli amsoil, ravenol, sama mobil 1 paling sering di sebutin.
kira2 dari 3 brand itu oli mana yg paling bagus? dan ada toko rekomendasi tempat beli? takut kena oli palsu, sy liat di youtube mesinnya jadi kaya lumpurm, jadi ngeri juga..

sama 1 lagi kalo oli additives itu rekomend ga sih? sempet browsing jg ada yg pakein lupromax EA, kalau rekomend, kira2 additives mana yang paling bagus?
oh iya saya dari Palembang, kira2 ada rekomendasi bengkel mobil yang baik untuk mobil honda? untuk tuneup, ganti oli, dsb.
mohon dibantu ya om2 sekalian.
terimakasih.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

FordBadak wrote: Mon Oct 28, 2024 9:24 Mesin diesel sama gasoline beda banget ya

Ptt 10w30, Tdci 2010, biosolar tanpa addictive, 3500km, oci 8 september:
20241027_152626.jpg


Motul h 0w20, 1kr-vet 2021, pertalite, 5000KM, oci 20 juli
20241027_151836.jpg

Keduanya jarang kena macet. Tp rencana mau testlab 0w20nya di km 9rb/10rb
Bisa mbah harusnya yaa 10rb km dlm 6 bulan dan jarang macet :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2546
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

RezPrat wrote: Sun Oct 27, 2024 3:45
kayukayuthe5th wrote: Sat Oct 26, 2024 23:37 saking setrongnya oli 0W16 seliter dapet 2 liter DGO 0W16... :big_think:
padahal alternatif 0W16 masih susah :big_biglaugh:
Sebaiknya buat oli buntut 16 harus bener2 hati2 milihnya, kalo emang mau pake buntut 16, pilih yg high end sekalian, soalnya makin encer oli ada kemungkinan film strength nya makin tipis (unless oli encer yg bener2 berkualitas).
Coba aja liat hasil test oli buntut 20 yg kelas menengah kebawah biasanya udah pada borderline, beda yg visco 30 atau 40 oli kelas biasa2 aja masi bisa d push dlm waktu/ millage yg lama.
Bener bgt, 0w16 dan 0w20 kalo untuk interval panjang oli murah sama mahal makin keliatan bedanya dibanding perbedaannya di buntut 40. Dalam kata lain sebenernya lebih worth it kalo 0w20 dan 0w16 beli yang kelasnya lebih tinggi. Paling harganya cuma beda 1.5x dan kalo itung itungan sesuai kilometernya malah bisa murahan pake oli mahal.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

FordBadak wrote: Mon Oct 28, 2024 9:24 Mesin diesel sama gasoline beda banget ya

Ptt 10w30, Tdci 2010, biosolar tanpa addictive, 3500km, oci 8 september:
20241027_152626.jpg


Motul h 0w20, 1kr-vet 2021, pertalite, 5000KM, oci 20 juli
20241027_151836.jpg

Keduanya jarang kena macet. Tp rencana mau testlab 0w20nya di km 9rb/10rb
wah mbah ford badak kok janjian sama2 lagi KRVET user pake motul h 0w20 manteph sih mbah kebetulan sama2 pake pertalite wkwkwkwk
cman disaya starter pagi agak kasar,tapi tarikan jos sih sedikit diatas TQ9000......ditunggu mbah testlabnya
sahabatq8 wrote: Mon Oct 28, 2024 11:29
RezPrat wrote: Sun Oct 27, 2024 3:45
kayukayuthe5th wrote: Sat Oct 26, 2024 23:37 saking setrongnya oli 0W16 seliter dapet 2 liter DGO 0W16... :big_think:
padahal alternatif 0W16 masih susah :big_biglaugh:
Sebaiknya buat oli buntut 16 harus bener2 hati2 milihnya, kalo emang mau pake buntut 16, pilih yg high end sekalian, soalnya makin encer oli ada kemungkinan film strength nya makin tipis (unless oli encer yg bener2 berkualitas).
Coba aja liat hasil test oli buntut 20 yg kelas menengah kebawah biasanya udah pada borderline, beda yg visco 30 atau 40 oli kelas biasa2 aja masi bisa d push dlm waktu/ millage yg lama.
Bener bgt, 0w16 dan 0w20 kalo untuk interval panjang oli murah sama mahal makin keliatan bedanya dibanding perbedaannya di buntut 40. Dalam kata lain sebenernya lebih worth it kalo 0w20 dan 0w16 beli yang kelasnya lebih tinggi. Paling harganya cuma beda 1.5x dan kalo itung itungan sesuai kilometernya malah bisa murahan pake oli mahal.
nganu mbah kondisi dompetnya............ :big_chicken:
User avatar
FordBadak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Fri Feb 10, 2017 10:22
Location: bekasi
Daily Vehicle: K14B Duratorq TDCI 1KR-VET

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by FordBadak »

Suryaputra wrote: Mon Oct 28, 2024 11:20
FordBadak wrote: Mon Oct 28, 2024 9:24 Mesin diesel sama gasoline beda banget ya

Ptt 10w30, Tdci 2010, biosolar tanpa addictive, 3500km, oci 8 september:
20241027_152626.jpg


Motul h 0w20, 1kr-vet 2021, pertalite, 5000KM, oci 20 juli
20241027_151836.jpg

Keduanya jarang kena macet. Tp rencana mau testlab 0w20nya di km 9rb/10rb
Bisa mbah harusnya yaa 10rb km dlm 6 bulan dan jarang macet :big_exellent:
Siap, Terima kasih atas wejangannya Mbah. nanti ta share disini klo sudah testlab :big_grin:

kayukayuthe5th wrote: Mon Oct 28, 2024 13:13 wah mbah ford badak kok janjian sama2 lagi KRVET user pake motul h 0w20 manteph sih mbah kebetulan sama2 pake pertalite wkwkwkwk
cman disaya starter pagi agak kasar,tapi tarikan jos sih sedikit diatas TQ9000......ditunggu mbah testlabnya
Iya mbah 1kr-vet ane jg suaranya lumayan kasar di banding wa-ve yang pernah datang di bengkel ane. tp karna miara mobil diesel jg jadi suara 1kr-vet jadi ga menganggu hehe :mky_01:



sunsun89 wrote: Mon Oct 28, 2024 10:20 hai om, saya baru pemula soal oli, dan mau coba mendalami pemakaian oli yang proper. krn sebelumnya ga liat spek asal ganti oli aja yg dikasih sama bengkel mobil.

nah kemaren saya baru ganti oli, dikasih oli SPT 5W-30 untuk mobilio 2014 ecvt.
next time sy mau ganti ke oli 0W-20, kira2 oli yang plg bagus apa ya? sy uda browsing sih oli amsoil, ravenol, sama mobil 1 paling sering di sebutin.
kira2 dari 3 brand itu oli mana yg paling bagus? dan ada toko rekomendasi tempat beli? takut kena oli palsu, sy liat di youtube mesinnya jadi kaya lumpurm, jadi ngeri juga..

sama 1 lagi kalo oli additives itu rekomend ga sih? sempet browsing jg ada yg pakein lupromax EA, kalau rekomend, kira2 additives mana yang paling bagus?
oh iya saya dari Palembang, kira2 ada rekomendasi bengkel mobil yang baik untuk mobil honda? untuk tuneup, ganti oli, dsb.
mohon dibantu ya om2 sekalian.
terimakasih.
yang paling bagus sih dah pasti ketiga itu, udah top tier
kalau oli bagus, info pengalaman disini jangan pakai tambahan addictive lagi ya karna malah ngerusak oli
https://www.tokopedia.com/os-custom
www.shopee.co.id/oscustom
https://www.blibli.com/merchant/bombardier-store/BOS-60039
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

FordBadak wrote: Mon Oct 28, 2024 17:53
kayukayuthe5th wrote: Mon Oct 28, 2024 13:13 wah mbah ford badak kok janjian sama2 lagi KRVET user pake motul h 0w20 manteph sih mbah kebetulan sama2 pake pertalite wkwkwkwk
cman disaya starter pagi agak kasar,tapi tarikan jos sih sedikit diatas TQ9000......ditunggu mbah testlabnya
Iya mbah 1kr-vet ane jg suaranya lumayan kasar di banding wa-ve yang pernah datang di bengkel ane. tp karna miara mobil diesel jg jadi suara 1kr-vet jadi ga menganggu hehe :mky_01:

cman waktu tuang ini motul 0w20 lebih kasar dibanding TQ9000 cman start pagi aja. setelah itu yah aman2 aja sih
kalo saya karena mantan pengguna *rajanya diesel naik ini yah kerasa upgrade wkwkwkw
ditunggu hasil labnya mbah
Last edited by kayukayuthe5th on Tue Oct 29, 2024 0:20, edited 1 time in total.
Angelpesek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 285
Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Kia_rio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Angelpesek »

FordBadak wrote: Mon Oct 28, 2024 17:53
Suryaputra wrote: Mon Oct 28, 2024 11:20
FordBadak wrote: Mon Oct 28, 2024 9:24 Mesin diesel sama gasoline beda banget ya

Ptt 10w30, Tdci 2010, biosolar tanpa addictive, 3500km, oci 8 september:
20241027_152626.jpg


Motul h 0w20, 1kr-vet 2021, pertalite, 5000KM, oci 20 juli
20241027_151836.jpg

Keduanya jarang kena macet. Tp rencana mau testlab 0w20nya di km 9rb/10rb
Bisa mbah harusnya yaa 10rb km dlm 6 bulan dan jarang macet :big_exellent:
Siap, Terima kasih atas wejangannya Mbah. nanti ta share disini klo sudah testlab :big_grin:

kayukayuthe5th wrote: Mon Oct 28, 2024 13:13 wah mbah ford badak kok janjian sama2 lagi KRVET user pake motul h 0w20 manteph sih mbah kebetulan sama2 pake pertalite wkwkwkwk
cman disaya starter pagi agak kasar,tapi tarikan jos sih sedikit diatas TQ9000......ditunggu mbah testlabnya
Iya mbah 1kr-vet ane jg suaranya lumayan kasar di banding wa-ve yang pernah datang di bengkel ane. tp karna miara mobil diesel jg jadi suara 1kr-vet jadi ga menganggu hehe :mky_01:



sunsun89 wrote: Mon Oct 28, 2024 10:20 hai om, saya baru pemula soal oli, dan mau coba mendalami pemakaian oli yang proper. krn sebelumnya ga liat spek asal ganti oli aja yg dikasih sama bengkel mobil.

nah kemaren saya baru ganti oli, dikasih oli SPT 5W-30 untuk mobilio 2014 ecvt.
next time sy mau ganti ke oli 0W-20, kira2 oli yang plg bagus apa ya? sy uda browsing sih oli amsoil, ravenol, sama mobil 1 paling sering di sebutin.
kira2 dari 3 brand itu oli mana yg paling bagus? dan ada toko rekomendasi tempat beli? takut kena oli palsu, sy liat di youtube mesinnya jadi kaya lumpurm, jadi ngeri juga..

sama 1 lagi kalo oli additives itu rekomend ga sih? sempet browsing jg ada yg pakein lupromax EA, kalau rekomend, kira2 additives mana yang paling bagus?
oh iya saya dari Palembang, kira2 ada rekomendasi bengkel mobil yang baik untuk mobil honda? untuk tuneup, ganti oli, dsb.
mohon dibantu ya om2 sekalian.
terimakasih.
yang paling bagus sih dah pasti ketiga itu, udah top tier
kalau oli bagus, info pengalaman disini jangan pakai tambahan addictive lagi ya karna malah ngerusak oli
Addictive oli apa bensin ituh?