Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Setahu ane sistem VTEC yg DOHC pun pake sliding rocker arm krn di tengah2 rocker arm itulah ada pasak pengunci-nya. Nah mesin L12 A ini bukankah SOHC i-VTEC ? Kalo SOHC pasti pakai rocker arm & utk std low emission dia ada bearing di ujung yg kena ke Cam
Coba dilihat lagi dgn lebih seksama deh
Kalo ada bearingnya maka API SM juga bisa, en kalo pake yg API SL or SN akan lebih baik lagi.
SHU AB 5W30 sy gak paham grup brp, yg pasti base nya Grup III then apa ada campuran grup IV nya atau enggak sy gak paham.
Itu yg saya dapet info dari mekanik hondanya.. tapi gak tau bner apa gaknya..
jadi mankin pusing dah..
tapi over all pake SHU 5w-30 AB, both for flat or roller udah pasti bisa ya..
k9fisher wrote:
Itu yg saya dapet info dari mekanik hondanya.. tapi gak tau bner apa gaknya..
jadi mankin pusing dah..
tapi over all pake SHU 5w-30 AB, both for flat or roller udah pasti bisa ya..
Om turboman new avanza kmrn ganti oli 1000 km pake total quartz 10w-40 api sm, saya baru baca mnrt om harusnya api sl/sn. Ada efek ap aj ya klo pake api sm? Sayang baru ganti pula
flodiuz wrote:Om turboman new avanza kmrn ganti oli 1000 km pake total quartz 10w-40 api sm, saya baru baca mnrt om harusnya api sl/sn. Ada efek ap aj ya klo pake api sm? Sayang baru ganti pula
API SM asal gak ada ILSAC GF-4 nya masih oke, apalagi kalau ada ACEA A3 / B3 nya atau MB 229.1 nya lebih baik lagi.
flodiuz wrote:Om turboman new avanza kmrn ganti oli 1000 km pake total quartz 10w-40 api sm, saya baru baca mnrt om harusnya api sl/sn. Ada efek ap aj ya klo pake api sm? Sayang baru ganti pula
API SM asal gak ada ILSAC GF-4 nya masih oke, apalagi kalau ada ACEA A3 / B3 nya atau MB 229.1 nya lebih baik lagi.
See backlabel
Yang repot Idemitsu extreme eco 5w-30, di backlabel ga ada keterangan standardisasinya.
adanya SM/CF gitu aja....
flodiuz wrote:Om turboman new avanza kmrn ganti oli 1000 km pake total quartz 10w-40 api sm, saya baru baca mnrt om harusnya api sl/sn. Ada efek ap aj ya klo pake api sm? Sayang baru ganti pula
API SM asal gak ada ILSAC GF-4 nya masih oke, apalagi kalau ada ACEA A3 / B3 nya atau MB 229.1 nya lebih baik lagi.
See backlabel
Om turboman di black labelnya ga ad tulisan ILSAC GF-4, ACEA A3/B3, MB nya.. Oia klo untuk km 1000, 5000 pake oli 10w-40 dl baru ntr di km 10000 ganti yg bagusan 5w-30 knp ya? Pas ganti perlu pake engine flush ga? Merk ap yg recommended?
flodiuz wrote:
Om turboman di black labelnya ga ad tulisan ILSAC GF-4, ACEA A3/B3, MB nya.. Oia klo untuk km 1000, 5000 pake oli 10w-40 dl baru ntr di km 10000 ganti yg bagusan 5w-30 knp ya? Pas ganti perlu pake engine flush ga? Merk ap yg recommended?
ya wes, buat inreyen aja sampe 5000 Km
Utk seterusnya mau pake buntut 40 atau buntut 30 ya terserah, cuman ya pake yg API SL atau API SN yg ada ACEA A3 / B3 atau MB 229.1 nya aja, spt HX7 Diesel atau yg HX7 API SN contohnya.
Engine flush sama sekali gak perlu jika selalu pake oli bagus & gak pernah campur2 additive oli
flodiuz wrote:
Om turboman di black labelnya ga ad tulisan ILSAC GF-4, ACEA A3/B3, MB nya.. Oia klo untuk km 1000, 5000 pake oli 10w-40 dl baru ntr di km 10000 ganti yg bagusan 5w-30 knp ya? Pas ganti perlu pake engine flush ga? Merk ap yg recommended?
ya wes, buat inreyen aja sampe 5000 Km
Utk seterusnya mau pake buntut 40 atau buntut 30 ya terserah, cuman ya pake yg API SL atau API SN yg ada ACEA A3 / B3 atau MB 229.1 nya aja, spt HX7 Diesel atau yg HX7 API SN contohnya.
Engine flush sama sekali gak perlu jika selalu pake oli bagus & gak pernah campur2 additive oli
Om turboman barusan dpt spec dari web total :
- API SM / CF
- ACEA A3/B3-04, MB 229.1, VW 505.00
Misi om turbo..saya pake new aveo barusan dapet infom dari beres kalo ganti oli 600rb...spec oli 5w-30...nah ada temen ganti oli pake kendall,denso jatuhnya 700rban....oli bawaan aveo kata ommturbo dexsos ya....bagusan mana performanya om?
Chevyman wrote:Misi om turbo..saya pake new aveo barusan dapet infom dari beres kalo ganti oli 600rb...spec oli 5w-30...nah ada temen ganti oli pake kendall,denso jatuhnya 700rban....oli bawaan aveo kata ommturbo dexsos ya....bagusan mana performanya om?
Nuwun
supaya enak kita pakai perbandingan harganya per L aja pak
Kendall, denso itu apa yah pak ?
Dexos itu adalah pengembangan dari AP SN / ILSAC GF-5 dimana banyak aspek lebih baik drpd std ILSAC GF-5 basic
Tapi kalo ngeliat dr chart itu sih jika kita compare ama standard MB 229.5 atau 229.51 yah menurut ane si Dexos std gak ada apa2-nya
Chevyman wrote:Misi om turbo..saya pake new aveo barusan dapet infom dari beres kalo ganti oli 600rb...spec oli 5w-30...nah ada temen ganti oli pake kendall,denso jatuhnya 700rban....oli bawaan aveo kata ommturbo dexsos ya....bagusan mana performanya om?
Nuwun
supaya enak kita pakai perbandingan harganya per L aja pak
Kendall, denso itu apa yah pak ?
Dexos itu adalah pengembangan dari AP SN / ILSAC GF-5 dimana banyak aspek lebih baik drpd std ILSAC GF-5 basic
Tapi kalo ngeliat dr chart itu sih jika kita compare ama standard MB 229.5 atau 229.51 yah menurut ane si Dexos std gak ada apa2-nya
k9fisher wrote:
Itu yg saya dapet info dari mekanik hondanya.. tapi gak tau bner apa gaknya..
jadi mankin pusing dah..
tapi over all pake SHU 5w-30 AB, both for flat or roller udah pasti bisa ya..
1. Kalo volume oli kurang dikit dari tanda FULL (kira2 volume oli 3/4) aman ga buat mesin??
2. Boleh ga sih bro nambahin oli yg spesifikasinya beda?? Misalnya oli yg didalam mesin motul h-tech 5-30 API SM/GF-4 ane tambah olinya pake motul h-tech 5-30 API SN/GF-5
3. Sebaiknya nambahin oli itu kalo volume oli dibawah tanda MIN atau volume oli setengah diantara tanda FULL & MIN bro???
1. Kalo volume oli kurang dikit dari tanda FULL (kira2 volume oli 3/4) aman ga buat mesin??
2. Boleh ga sih bro nambahin oli yg spesifikasinya beda?? Misalnya oli yg didalam mesin motul h-tech 5-30 API SM/GF-4 ane tambah olinya pake motul h-tech 5-30 API SN/GF-5
3. Sebaiknya nambahin oli itu kalo volume oli dibawah tanda MIN atau volume oli setengah diantara tanda FULL & MIN bro???
Thx jawabannya bro
1. aman aja, kalo ane sih biasa isi sampe 80-90% F aja
2. Kalo semerek apalagi satu variant, hanya beda API rating ga masalah. Ane aja kalo emergency kadang campur beda merek, tapi merek lainnya minoritas aja, yg penting SAE sama (ini just in case of emergency aja). Pernah mix Mobil delvac1 yg 5W40 dgn 1 L Syntex GT 5W40 malah enak dipake sampe 12.000 Km.
laporan dulu ah om,
tadi udah tanya ke graha.. harga SHU 5w-30 gak pake AB Rp135, ELF exilium 5w-30 Rp130
btw isi EFL n Total kayanya sama ya om? secara ELF grup Total juga.
k9fisher wrote:
laporan dulu ah om,
tadi udah tanya ke graha.. harga SHU 5w-30 gak pake AB Rp135, ELF exilium 5w-30 Rp130
btw isi EFL n Total kayanya sama ya om? secara ELF grup Total juga.
@pak turboman....
m50 saya kmrn oli mesin pake 5-40 sperti sarannya tp saya kurang puas...saya rencana mau pake yg encer lg..sbelumnya 5 30..nah encer kira2 dibawah itu yang rekomen apa ya tp jgn kelas racing....
kalo transmsi pake mobil 1 multi puas skali krn samping transmisi dipegang panasnya kurang dr sbelumnya...
kompresorz wrote:@pak turboman....
m50 saya kmrn oli mesin pake 5-40 sperti sarannya tp saya kurang puas...saya rencana mau pake yg encer lg..sbelumnya 5 30..nah encer kira2 dibawah itu yang rekomen apa ya tp jgn kelas racing....
om turboman tanya lg ya, brsan ganti oli gardan di km 1700, oli bawaan pabrik warna biru keiteman, ad gram tapi ga banyak. td ganti merk sainz yg 80w-90 GL-5, ada juga yg 75w-90 GL-5. lebih baik 75w-90 atau 80w-90 ya? di buku manual cm ditulis 90 GL-5.
dan di buku ditulis 2,4liter untuk gardan, tp td montir blg 2liter cukup. gpp kah? mobil new avanza.
c_adhi_k wrote:om turbo mau nanya
1nz-fe pakai shell helix HX7 10w-40 api sn gapapa ya?
trus kalau shell helix hx7 semi synth atau udah full?
thx before
shell helix HX7 itu semi synth bro
bro turbo mo nanya lagi dong
kalo oli transmisi manual yg bagus apa ya??
mobil ane udh 9000 KM nih dari baru belum pernah ganti oli transmisi
kalo di buku manual sih pake SGO 75W-90 GL-4
Kalo diganti Shell 80W GL-4 atau Castrol 80W-90 GL-4 oke ga bro??
males ke beres kerjannya beberapa kali ga bener & ga bisa diawasi kerjaannya
flodiuz wrote:om turboman tanya lg ya, brsan ganti oli gardan di km 1700, oli bawaan pabrik warna biru keiteman, ad gram tapi ga banyak. td ganti merk sainz yg 80w-90 GL-5, ada juga yg 75w-90 GL-5. lebih baik 75w-90 atau 80w-90 ya? di buku manual cm ditulis 90 GL-5.
dan di buku ditulis 2,4liter untuk gardan, tp td montir blg 2liter cukup. gpp kah? mobil new avanza.
Kalo oli gardan mineral jgn yg lebar2 rentangnya, 80w90 or 85w90
Isi volume spt di buku manual aja, atau colok jari ke lobang isi, kobel ke bawah dikit, kalo permukann oli kepegang yah ok