Perlakuan thd aki & embel2nye....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

I-Com
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:18

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by I-Com »

sjamsul wrote:
I-Com wrote:numpang tanya sama prop dan suhu2 yang lain nih, cara ngecharge aki yang bener itu gimana sih, kmrn kebetulan liat2 di ace kan ada banyak macemnya, ada outpunya max 16A, nah cara yang baik dan bener itu gimana yah??
klo yg nt maksud caranya ...... saat pasang jepitan akinye, jangan terbalik, yg merah ke positip, sedangkan yg item ke negatip aki.......trus arus pengisiannya jangan terlalu besar, kasih aja arus pengisiannya antara 5 sampai 10 amper..... jangan terlalu besar, tp hasilnya akan lbh maksimal dibandingkan klo pake arus yg terlalu besar. Tapi dg pengisian yg relatif kecil dibutuhkan waktu yg relatip lama sampai aki akan full charge.......

klo bisa nt cari yg otomatis... maksudnya klo akinya makin penuh stroomnya, mk arus pengisian akan berkurang sendiri......

smoga bermanfaat..............
makasih prop bermanfaat banget, iya cara mengisinya soalnya kan banyak pilihan arus ampere nya.
nanya lagi nih prop, berarti beli yang arus pengisian kecil aja ya? trus kalo misalnya tidak ada yang otomatis, ambil manual gak apa2? dan cara tau kalo udah penuh gimana ya?

prop, kebetulan mau beli aki 12v 75Ah, nah ini kalo mau isi vitamin dari baru, berarti air aki zur nya dibuang diganti vit dan di charge gitu ya? makasih banyak ya prop
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

I-Com wrote: makasih prop bermanfaat banget, iya cara mengisinya soalnya kan banyak pilihan arus ampere nya.
nanya lagi nih prop, berarti beli yang arus pengisian kecil aja ya? trus kalo misalnya tidak ada yang otomatis, ambil manual gak apa2? dan cara tau kalo udah penuh gimana ya?

prop, kebetulan mau beli aki 12v 75Ah, nah ini kalo mau isi vitamin dari baru, berarti air aki zur nya dibuang diganti vit dan di charge gitu ya? makasih banyak ya prop
sama2 bro..... betul, banyak pilihan ampernya, tergantung besarnya aki.....
betul, sebaiknya beli yg arus pengisiannya kecil aja, antara 5 sampai 10 amper dah cukup..... krn aki yg akan disetroom cuma 1 buah aja khan.... lain klo nt sekali stroom aki beberapa buah, baru diperlukan yg daya pengisiannya yg lbh besar......

klo ambil yg manual, bearti nt harus lebih sering mengecek kondisi akinya, jangan sampai arusnya terlalu besar, shg aki akan menjadi lbh panas bodinya......misalkan saat awal disetroom nt kasih arus sekitar 8 amper, trus setelah 3 jam arusnya dikurangi menjadi 5 amper, setelah 8 jam, arus pengisiannya cukup 3 amper ajah.....
cara taunya adalah dg mengetes berat jenis airnya, pake hydrometer.... klo tinggi permukaannya antara warna ijo n putih, bearti dah cukup baik. Selain itu diperiksa voltage akinya.... klo dah lebih diatas 13 volt, nampaknya dah cukup bro....

bukan begitu caranya bro.... air zuurnya cukup dikurangi sebanyak 40 cc aja per lubang, kmd diisi dg vitamin aki sebanyak itu..... jadi jangan semua air zuurnya dibuang trus diganti dg vitamin aki...... ga boleh.....
setelah itu aki di charge deh, ampe full...... n biasanya umur aki akan lbh awet dari sebelumnya........ dg catatan perawatan aki tetap diperhatikan ya..... antara lain, jangan ampe aki kekeringan.... krn klo ampe kekeringan airnya, mk aki akan jadi rusak sebelon waktunya (spt yg ane dah sering tulis).....

sama2 bro... n smoga bermanfaat.............
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by buatandi »

sjamsul wrote:
I-Com wrote: makasih prop bermanfaat banget, iya cara mengisinya soalnya kan banyak pilihan arus ampere nya.
nanya lagi nih prop, berarti beli yang arus pengisian kecil aja ya? trus kalo misalnya tidak ada yang otomatis, ambil manual gak apa2? dan cara tau kalo udah penuh gimana ya?

prop, kebetulan mau beli aki 12v 75Ah, nah ini kalo mau isi vitamin dari baru, berarti air aki zur nya dibuang diganti vit dan di charge gitu ya? makasih banyak ya prop
sama2 bro..... betul, banyak pilihan ampernya, tergantung besarnya aki.....
betul, sebaiknya beli yg arus pengisiannya kecil aja, antara 5 sampai 10 amper dah cukup..... krn aki yg akan disetroom cuma 1 buah aja khan.... lain klo nt sekali stroom aki beberapa buah, baru diperlukan yg daya pengisiannya yg lbh besar......

klo ambil yg manual, bearti nt harus lebih sering mengecek kondisi akinya, jangan sampai arusnya terlalu besar, shg aki akan menjadi lbh panas bodinya......misalkan saat awal disetroom nt kasih arus sekitar 8 amper, trus setelah 3 jam arusnya dikurangi menjadi 5 amper, setelah 8 jam, arus pengisiannya cukup 3 amper ajah.....
cara taunya adalah dg mengetes berat jenis airnya, pake hydrometer.... klo tinggi permukaannya antara warna ijo n putih, bearti dah cukup baik. Selain itu diperiksa voltage akinya.... klo dah lebih diatas 13 volt, nampaknya dah cukup bro....

bukan begitu caranya bro.... air zuurnya cukup dikurangi sebanyak 40 cc aja per lubang, kmd diisi dg vitamin aki sebanyak itu..... jadi jangan semua air zuurnya dibuang trus diganti dg vitamin aki...... ga boleh.....
setelah itu aki di charge deh, ampe full...... n biasanya umur aki akan lbh awet dari sebelumnya........ dg catatan perawatan aki tetap diperhatikan ya..... antara lain, jangan ampe aki kekeringan.... krn klo ampe kekeringan airnya, mk aki akan jadi rusak sebelon waktunya (spt yg ane dah sering tulis).....

sama2 bro... n smoga bermanfaat.............
iya prop sering bgt ente nulis sampe bosen ane bacany :big_weee: :big_weee: :big_weee: :ngacir: :ngacir:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

hush, bro buattandi jgn gak sopan dgn orang tua :e-naughty:
sana masuk tret 21++ aja biar gak bosen :off_man:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

buatandi wrote: iya prop sering bgt ente nulis sampe bosen ane bacany :big_weee: :big_weee: :big_weee: :ngacir: :ngacir:
emangnye yg suruh nt baca itu siapa........ wakakakakaka.......Image
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by buatandi »

ah bro badak..koh sjamsul kan masi muda sapa bilang orang tua orang ngaku ny umur 17++ hayuuuuu :big_weee: :big_weee:

yang suru baca kan ente,,kalo ane tanya pasti bilang ny" sana baca aj di forum"
wakkakakak :ngacir: :ngacir: :ngacir:
I-Com
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:18

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by I-Com »

prop, akhirnya udah beli smart charger punya krisbow yang 6A, nah bentuknya kecil banget jadi agak tidak meyakinkan, mau nanya lagi nih prop, mau charge aki 12V 60Ah, nah aku charge pake yang 6A berarti ya? itu di kotaknya ada tulisan auto shutoff (berarti otomatis kan ya prop?)
di buku manualnya bilang kalo 6A fast charge trus ada pilihan 4A dan 2A, kalo 2A itu buat maintain aja, bener gitu ya prop?
btw udah coba buat charge aki basah, udah jalan sekitar 4 jam tapi kok kayaknya ga ada panasnya sama sekali ya prop, cmn tempat air kan dibuka, nah itu airnya bisa gelembung2 kayak air mau mendidih, betul ya prop, mohon pencerahannya ya?
makasih banyak prop
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

I-Com wrote:prop, akhirnya udah beli smart charger punya krisbow yang 6A, nah bentuknya kecil banget jadi agak tidak meyakinkan, mau nanya lagi nih prop, mau charge aki 12V 60Ah, nah aku charge pake yang 6A berarti ya? itu di kotaknya ada tulisan auto shutoff (berarti otomatis kan ya prop?)
di buku manualnya bilang kalo 6A fast charge trus ada pilihan 4A dan 2A, kalo 2A itu buat maintain aja, bener gitu ya prop?
btw udah coba buat charge aki basah, udah jalan sekitar 4 jam tapi kok kayaknya ga ada panasnya sama sekali ya prop, cmn tempat air kan dibuka, nah itu airnya bisa gelembung2 kayak air mau mendidih, betul ya prop, mohon pencerahannya ya?
makasih banyak prop
sebaiknya nt baca yg jelas di manual booknya bro..... yg 2 A nampaknya buat spd mtr deh bro, krn arus penyetromannya relatip kecil.....

pada aki yg masih baik, wlp dah dicharge selama 24 jam, aki ga akan panas, cuma hangat aja di bodinya..... lain halnya klo akinya dah rusak atau ga bagus, mk panas yg dihasilkan saat disetroom akan lbh tinggi.... betul, saat aki di charge, mk akan timbul gelembung2 kayak air mau mendidih n hal ini normal bro...... cuma perlu diperhatikan saat melakukan charge aki yaitu HARUS di udara terbuka..... JANGAN di dalam ruangan tertutup, krn saat di charge, aki akan mengeluarkan bau spt asam gitu..... n berbahaya klo tercium terus2an.... trus satu lagi nih, jangan merokok di dekat aki saat aki sedang di charge......krn agak berbahaya.......

smoga bermanfaat.........
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by ilhami »

dikontrol bro hasil chargingnya:
http://en.wikipedia.org/wiki/Car_battery
Terminal voltage

Tegangan sirkuit tebuka, diukur ketika mesin mati dan tidak ada beban.Perkiraannya:
Aki (12 V) Aki (6 V) Hasil Charge Berat Jenis cairan
12.65 V 6.32 V 100% 1.265 g/cm3
12.45 V 6.22 V 75% 1.225 g/cm3
12.24 V 6.12 V 50% 1.190 g/cm3
12.06 V 6.03 V 25% 1.155 g/cm3
11.89 V 6.00 V 0% 1.120 g/cm3


Tegangan aki full charge: 12.6 V
Aki kosong: 11.8 V
Charge dilakukan pada tegangan 13.2–14.4 V
Gass mulai muncul: 14.4 V
Menjaga-kapasitas max. 13.2 V

Kalau saya baca2 manual charger, biasanya Bulk charge pada 14,4-14,7V sampai kapasitas 80%.
Kemudian top Up di 13,6Volt sampe penuh 100%.
I-Com
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:18

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by I-Com »

thank you banget buat penjelasannya prop, se engga2 nya ngerti dikit2 nih sekarang.
thanks juga buat bro ilhami, wah koq di chargernya tidak ada tulisan voltasenya(v) ya, adanya cmn "A" doank, btw voltase aki ukurnya pake amper meter bisa kan ya? trus hydrometer itu alat yang kayak gimana ya :mrgreen:
anyway :thanks: :thanks: buat penjelasannya
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by poeticmind »

sjamsul wrote:.... trus satu lagi nih, jangan merokok di dekat aki saat aki sedang di charge......krn agak berbahaya.......

smoga bermanfaat.........
waaaaaaaaaah saya sering tuh koh.... :frm_bang_head:
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Hansen »

poeticmind wrote:
sjamsul wrote:.... trus satu lagi nih, jangan merokok di dekat aki saat aki sedang di charge......krn agak berbahaya.......

smoga bermanfaat.........
waaaaaaaaaah saya sering tuh koh.... :frm_bang_head:
Awas muka ente gosong rom.......:big_weee: :big_weee: :big_weee:
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by poeticmind »

Hansen wrote:
poeticmind wrote:
sjamsul wrote:.... trus satu lagi nih, jangan merokok di dekat aki saat aki sedang di charge......krn agak berbahaya.......

smoga bermanfaat.........
waaaaaaaaaah saya sering tuh koh.... :frm_bang_head:
Awas muka ente gosong rom.......:big_weee: :big_weee: :big_weee:
kata koh sjamsul kalo deket2 bermanfaat... mungkin gosongin muka ya?! :big_weee:
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

poeticmind wrote:
Hansen wrote:
poeticmind wrote: waaaaaaaaaah saya sering tuh koh.... :frm_bang_head:
Awas muka ente gosong rom.......:big_weee: :big_weee: :big_weee:
kata koh sjamsul kalo deket2 bermanfaat... mungkin gosongin muka ya?! :big_weee:
hayoooo peotttt........ :e-naughty: .....

:ngacir: :ngacir: :ngacir: ..........
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

I-Com wrote:thank you banget buat penjelasannya prop, se engga2 nya ngerti dikit2 nih sekarang.
thanks juga buat bro ilhami, wah koq di chargernya tidak ada tulisan voltasenya(v) ya, adanya cmn "A" doank, btw voltase aki ukurnya pake amper meter bisa kan ya? trus hydrometer itu alat yang kayak gimana ya :mrgreen:
anyway :thanks: :thanks: buat penjelasannya
hmmm..... ukur voltage aki pake multimeter bro..... trus klo nt mau tau yg namanya hydrometer, tinggal datengin aja salah satu toko yg jual aki, biasanya mereka punya alat ini......

smoga bermanfaat.........
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by poeticmind »

koh... sebenernya aki2 bekas yg dituker sama aki baru itu buat apa ya? direcycle lagi? secara itu kan beracun... hehehe
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by DOHC »

buat dikerok timah nya buat diambil kali om...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Abu2 »

timah...timah
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by poeticmind »

oh gitu... malah ane baru tau... hahaha! untung nya bukan emas ya? :upss:
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Hansen »

Yoi.....timahnya diambil...:upss:
Image
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

yg jelas bukan mo diminum air nya :big_slap:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by ilhami »

I-Com wrote:thank you banget buat penjelasannya prop, se engga2 nya ngerti dikit2 nih sekarang.
thanks juga buat bro ilhami, wah koq di chargernya tidak ada tulisan voltasenya(v) ya, adanya cmn "A" doank, btw voltase aki ukurnya pake amper meter bisa kan ya? trus hydrometer itu alat yang kayak gimana ya :mrgreen:
anyway :thanks: :thanks: buat penjelasannya
Anda beli charger yang manual ya?
Kalau sudah mau penuh biasanya arus pengisiannya (Ampere) mengecil. Tapi saya belum pelajari batas nya. Mungkin ada informasinya di buku manualnya tuh. Mengukur tegangannya pakai alat lain (VoltMeter), dan chargernya dilepas dari akinya.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

poeticmind wrote:koh... sebenernya aki2 bekas yg dituker sama aki baru itu buat apa ya? direcycle lagi? secara itu kan beracun... hehehe
setau ane, aki bekas tsb diambil timahnya, kmd dilebur lagi untuk dibuat keperluan lain, misalnya dibuat timah solder atau dijadikan bahan baku untuk produksi aki baru dll...........
trus bodi akinya bisa dipake buat pelihara ikan, misalkan ikan cupang atau ikan kecil lainnya..... asalkan jangan dipake buat piara ikan duyung ajah..... krn ga muat............... hahahahaha........ :ngacir: :ngacir: :ngacir: ....
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Kaleng »

Prof, mau tny kalau pasang volt stabilizer kayak pivot itu ada manfaatnya buat mobil n aki ndak? mohon pencerahannya.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

setau saya aki yg bagus skrg ada campuran peraknya. makanya hrg nya jd mahal.
stabilizer sedikit byk berguna agar alat2 kelistrikan di dlm mbl lbh awet krn tdk terpengaruh naik turunnya tegangan. dr si pembuat jg mengklaim FC akan lbh irit bila dipasang voltage stabilizer. cmiiw
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today