Tergantung rute hariannya om. Kalo kayak saya cuma 30km an sehari, ya cukup2 aja. 30km tuh sekitar 10%. Batre MG4 ev 51kwh, 10% brarti sekitar 5kwh. Asumsi portable charger masuk 2kw sejam, ya 3-4 jam lah untuk dpt 10%ilhami wrote: Wed Dec 25, 2024 1:35 kalau pakai portable charger doang untuk harian cukup ga?
Karena dengan 2200 watt bisa 48 jam untuk charge full.
EV's Safety?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Tue May 17, 2016 4:16
Re: EV's Safety?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 662
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: EV's Safety?
claifornia ga kaget

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 662
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: EV's Safety?
yah rata2 kaia gitu sih akuliat2. tapi saya masih nubietol sih bwat dunia bEV jadi jangan jadikan ref tunggal hehedarrelund wrote: Wed Dec 25, 2024 1:22itu harusnya grafik pengetesan IRL siy mbahkayukayuthe5th wrote: Tue Dec 24, 2024 13:25 lumayan ok sih dari grafis yah emang tipikal gitulah. dunia tidak seindah lab.
800v hyundai-kia ajib sih, kalo menurut orang korea juga paleng robust dengan harga yang masuk akal
soal throttling tergantung juga charging station apakah di lowstate ato highstate. kalo di lowstate yah emang nasib berarrti wkwkwkwk
anyway gwa kira bakal laris manis ternyata ioniq5n ini malah sales di euro gak gitu bagus, barusan denger poodcastnya behindtheglass cman laku ratusan unit doang.
di eropa gak laku soalnya dari merk sono jg mobil performance nya jg banyak mbah, mrk masih ada privilege itu![]()
lah disini
GTI aja 1.2
asem![]()
karena kalo liat 65k euro menurutku setara m3 csl harga 85k euro gwa kira laris. ternyata emang EV downfall moment di europ gak bohong
kalo harga mobil di tanah air beta mah no comment saya

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12545
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety?
Bilang aja cara jualan Bencong

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6207
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety?
padahal di sana vintage nilai bisnisnya gila2xan soalnya suka ada lelang dan dari lelang itu mobil bisa terbang kemana2x emang otak kalo gak di pake susah

belom ngomongin bisnis restorasi sama spare partsnya lebih milih jd gembel, ud mau jadi negara bagian misqueeeen aja masih banyak gaya.........

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6207
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety?
kasarnya gitu kalo law modelan gini bisa kasih ide kesini yang doyanya ngikut2x makannya gerah dengerinnya........

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 662
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: EV's Safety?
tipikal californian moga2 kaia texas drawback EV mandates setelah kena badai apa itu yang jadi kaia apolacypse karena gas, disel ma petrolnya dipangkas. makanya sitrump juga ngancem soal incentives EV dia di california sebanyak 7500usd ~ 120 juta IDR buat EVb0ku wrote: Wed Dec 25, 2024 4:21padahal di sana vintage nilai bisnisnya gila2xan soalnya suka ada lelang dan dari lelang itu mobil bisa terbang kemana2x emang otak kalo gak di pake susah![]()
belom ngomongin bisnis restorasi sama spare partsnya lebih milih jd gembel, ud mau jadi negara bagian misqueeeen aja masih banyak gaya.........![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12545
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety?
Banting harga mbah gannn

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28
Re: EV's Safety?
Swedish Civil Contingencies Agency (MSB)
In 2022, the MSB reported 23 fires in 611,000 EVs, or 0.004%, compared to 3,400 fires in 4.4 million ICE cars, or 0.08%
Data di swedia kok ternyata aman juga ya mobil listrik, resiko terbakarnya 20 kali lebih rendah, padahal di swedia mobil listriknya kan mayoritas volvo/geely, mobil listrik buatan china lumayan lah berarti safety nya
In 2022, the MSB reported 23 fires in 611,000 EVs, or 0.004%, compared to 3,400 fires in 4.4 million ICE cars, or 0.08%
Data di swedia kok ternyata aman juga ya mobil listrik, resiko terbakarnya 20 kali lebih rendah, padahal di swedia mobil listriknya kan mayoritas volvo/geely, mobil listrik buatan china lumayan lah berarti safety nya
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12545
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety?
nah berarti scr data safer dong yaJoehard30 wrote: Tue Dec 31, 2024 9:22 Swedish Civil Contingencies Agency (MSB)
In 2022, the MSB reported 23 fires in 611,000 EVs, or 0.004%, compared to 3,400 fires in 4.4 million ICE cars, or 0.08%
Data di swedia kok ternyata aman juga ya mobil listrik, resiko terbakarnya 20 kali lebih rendah, padahal di swedia mobil listriknya kan mayoritas volvo/geely, mobil listrik buatan china lumayan lah berarti safety nya
berarti challengenya tinggal di range anxiety,
tp nothing is perfect sih
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6207
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety?
data swedia kan lebih biased lagi gak di sebutin kebakarannya kenapa kalo accident sama motuba ya gak heran, coba diadu self combust juga Ko itu ev mobil bensin paling susah namanya self combust dan yang concern dari ev itu self combust gak tau bisa kapan kejadiannya susah di cegah dan susah di handle.....Joehard30 wrote: Tue Dec 31, 2024 9:22 Swedish Civil Contingencies Agency (MSB)
In 2022, the MSB reported 23 fires in 611,000 EVs, or 0.004%, compared to 3,400 fires in 4.4 million ICE cars, or 0.08%
Data di swedia kok ternyata aman juga ya mobil listrik, resiko terbakarnya 20 kali lebih rendah, padahal di swedia mobil listriknya kan mayoritas volvo/geely, mobil listrik buatan china lumayan lah berarti safety nya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6207
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety?
Suryaputra wrote: Tue Dec 31, 2024 10:00
nah berarti scr data safer dong ya
berarti challengenya tinggal di range anxiety,
tp nothing is perfect sih
nah mendingan gw percayakan nyawa gw sama benda yang lebih banyak mekanikal...................

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12545
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety?
Ya sebetulnya auto update harusnya bs override manual aja.b0ku wrote: Tue Dec 31, 2024 14:25Suryaputra wrote: Tue Dec 31, 2024 10:00
nah berarti scr data safer dong ya
berarti challengenya tinggal di range anxiety,
tp nothing is perfect sih
nah mendingan gw percayakan nyawa gw sama benda yang lebih banyak mekanikal...................![]()
Bnyk gak ngeh, active autoupdate by default.
Kyk windows aja

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 598
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: EV's Safety?
Range anxiety enggak juga koq, saya sekarang malah di SPKLU cuma cas 80%. Tinggal trik-nya aja, kalo pas libur nataru tiap masuk rest area (biasanya cari WC) saya sempatin cas 10 menit, kalo mesin 50kW (rata2 tol transjawa) di I5 dapet 8.3kW, alias 12%an. Ketemu 200kW juga saya masukin 80% doang, dari 20% cuma butuh 20menit.Suryaputra wrote: Tue Dec 31, 2024 10:00
nah berarti scr data safer dong ya
berarti challengenya tinggal di range anxiety,
tp nothing is perfect sih
Contoh : kemaren balik dr SBY cas cuma 3x, 1x di Sragen 10 menit, 1x di Pemuda Semarang 2 jam (20 menit cas, 100 menit antri lumpia Mbak Lien



Pulau Jawa ini paling pas buat EV, dengan sebaran SPKLU kayak gini sih ndak perlu ada range anxiety lagi kalo jalan2 di Jawa, dari titik manapun jarak ke SPKLU 50kW ndak lebih dari 100 km (alias 15-20% batere)...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1222
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: EV's Safety?
nih banting harga, baca baca byd seal di thailand jg turun karena oversupply dan masuk sealion, jadi tinggal 500an aja yang premium rwd
itu perasaan yang beli ioniq 6 nyesek jg ya kalo masih di 1m+. seenak jidat ngasih diskon bisa turun lebih dari 300 jt, sama kyk casenya mg4
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3908
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: EV's Safety?
+1, luar kota aja ga terlalu pusing kok nyari charging point, sepanjang transjavabahn banyak bgt charging point. Tp tentunya pasti kalo user EV nambah ya saat2 tertentu kayak long weekend akan ngantri jg charging pointnya.Bibieight wrote: Tue Dec 31, 2024 16:45Range anxiety enggak juga koq, saya sekarang malah di SPKLU cuma cas 80%. Tinggal trik-nya aja, kalo pas libur nataru tiap masuk rest area (biasanya cari WC) saya sempatin cas 10 menit, kalo mesin 50kW (rata2 tol transjawa) di I5 dapet 8.3kW, alias 12%an. Ketemu 200kW juga saya masukin 80% doang, dari 20% cuma butuh 20menit.Suryaputra wrote: Tue Dec 31, 2024 10:00
nah berarti scr data safer dong ya
berarti challengenya tinggal di range anxiety,
tp nothing is perfect sih
Contoh : kemaren balik dr SBY cas cuma 3x, 1x di Sragen 10 menit, 1x di Pemuda Semarang 2 jam (20 menit cas, 100 menit antri lumpia Mbak Lien![]()
![]()
), 1x di 208B 20 menit buat ke 80%. Dari sini saya bablas jakarta masih sisa 40%.
Pulau Jawa ini paling pas buat EV, dengan sebaran SPKLU kayak gini sih ndak perlu ada range anxiety lagi kalo jalan2 di Jawa, dari titik manapun jarak ke SPKLU 50kW ndak lebih dari 100 km (alias 15-20% batere)...
Kalo dalkot sih gawsa pusing, ga pernah berasa range anxiety. Ane ga pernah charge di spklu selama make kecuali pas ke jateng kemaren. Emang mo muter brp ratus kilo sehari, kecuali jd online ya. Yg pake MG4 aja ada yg buat narik online, odonya baru setaon uda 50rb

Ane aja sehari2 selalu make mode sport, full gas ga pake mikir kalo jalanan kosong. Sekelas diejel2 arogan begitu kita tempel dari belakang kasi sen kiri jg

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12545
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety?
Karena penggunanya msh bs dihitung jari.Bibieight wrote: Tue Dec 31, 2024 16:45Range anxiety enggak juga koq, saya sekarang malah di SPKLU cuma cas 80%. Tinggal trik-nya aja, kalo pas libur nataru tiap masuk rest area (biasanya cari WC) saya sempatin cas 10 menit, kalo mesin 50kW (rata2 tol transjawa) di I5 dapet 8.3kW, alias 12%an. Ketemu 200kW juga saya masukin 80% doang, dari 20% cuma butuh 20menit.Suryaputra wrote: Tue Dec 31, 2024 10:00
nah berarti scr data safer dong ya
berarti challengenya tinggal di range anxiety,
tp nothing is perfect sih
Contoh : kemaren balik dr SBY cas cuma 3x, 1x di Sragen 10 menit, 1x di Pemuda Semarang 2 jam (20 menit cas, 100 menit antri lumpia Mbak Lien![]()
![]()
), 1x di 208B 20 menit buat ke 80%. Dari sini saya bablas jakarta masih sisa 40%.
Pulau Jawa ini paling pas buat EV, dengan sebaran SPKLU kayak gini sih ndak perlu ada range anxiety lagi kalo jalan2 di Jawa, dari titik manapun jarak ke SPKLU 50kW ndak lebih dari 100 km (alias 15-20% batere)...
Cb klo makin banyak, lain cerita, ini yg jd masalah di europe dan us tp yg hobinya road trip.
Udh rahasia umum mereka prefer hybrid, apalagi klo insentif udh dihapus.. Scr cost jd on par konsumsi cost per kilometernya

Untuk sub-urban cruiser sih no issue, ngecharge average bs seminggu sekali
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6207
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety?
kyk windows????Suryaputra wrote: Tue Dec 31, 2024 16:01
Ya sebetulnya auto update harusnya bs override manual aja.
Bnyk gak ngeh, active autoupdate by default.
Kyk windows aja![]()
iya ud di off sampe gw bawa ke tukang service tetep aja ngupdate mulu..............

suka2x mereka kan mereka yang bikin besok kalo mau liat loe nyungsep di jalan juga bisa...........


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6207
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety?
itulah yang namanya biased enak enak enak padahal mereka harusnya musti berdoa semoga EV gak laku biar nyaman makin banyak yang pake liatin aja deeh............ makannya di china juga pelan2x beralih EV ke HYBRID.........Suryaputra wrote: Tue Dec 31, 2024 23:08 Karena penggunanya msh bs dihitung jari.
Cb klo makin banyak, lain cerita, ini yg jd masalah di europe dan us tp yg hobinya road trip.
Udh rahasia umum mereka prefer hybrid, apalagi klo insentif udh dihapus.. Scr cost jd on par konsumsi cost per kilometernya
Untuk sub-urban cruiser sih no issue, ngecharge average bs seminggu sekali

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 662
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: EV's Safety?
definisi membeli belum tentu memiliki. lagi trend even steam aja di database game bisa ilang loh gila jaman skrg wkwkwkwb0ku wrote: Wed Jan 01, 2025 0:57kyk windows????Suryaputra wrote: Tue Dec 31, 2024 16:01
Ya sebetulnya auto update harusnya bs override manual aja.
Bnyk gak ngeh, active autoupdate by default.
Kyk windows aja![]()
iya ud di off sampe gw bawa ke tukang service tetep aja ngupdate mulu..............![]()
suka2x mereka kan mereka yang bikin besok kalo mau liat loe nyungsep di jalan juga bisa...........![]()
![]()

sepakat belum lagi issue low-high state alias kadang kalo banyak yang pake; SPKLU daya output akan berkurang menyebabkan charge power menurun, ngisi batere makin lama sepakat di pinggiran US ma UK pedesaan EU jarang karena enak negaranya city-oriented mungkin EUnorth ma south yang masalahSuryaputra wrote: Tue Dec 31, 2024 23:08Karena penggunanya msh bs dihitung jari.Bibieight wrote: Tue Dec 31, 2024 16:45Range anxiety enggak juga koq, saya sekarang malah di SPKLU cuma cas 80%. Tinggal trik-nya aja, kalo pas libur nataru tiap masuk rest area (biasanya cari WC) saya sempatin cas 10 menit, kalo mesin 50kW (rata2 tol transjawa) di I5 dapet 8.3kW, alias 12%an. Ketemu 200kW juga saya masukin 80% doang, dari 20% cuma butuh 20menit.Suryaputra wrote: Tue Dec 31, 2024 10:00
nah berarti scr data safer dong ya
berarti challengenya tinggal di range anxiety,
tp nothing is perfect sih
Contoh : kemaren balik dr SBY cas cuma 3x, 1x di Sragen 10 menit, 1x di Pemuda Semarang 2 jam (20 menit cas, 100 menit antri lumpia Mbak Lien![]()
![]()
), 1x di 208B 20 menit buat ke 80%. Dari sini saya bablas jakarta masih sisa 40%.
Pulau Jawa ini paling pas buat EV, dengan sebaran SPKLU kayak gini sih ndak perlu ada range anxiety lagi kalo jalan2 di Jawa, dari titik manapun jarak ke SPKLU 50kW ndak lebih dari 100 km (alias 15-20% batere)...
Cb klo makin banyak, lain cerita, ini yg jd masalah di europe dan us tp yg hobinya road trip.
Udh rahasia umum mereka prefer hybrid, apalagi klo insentif udh dihapus.. Scr cost jd on par konsumsi cost per kilometernya
Untuk sub-urban cruiser sih no issue, ngecharge average bs seminggu sekali
yes EV di indo masih terbilang "honeymoon periods"
1. masih subsidi pembelian
2. insentif SPKLU
3. belum banyak troubel "gede"
4. ada campur tangan "atas"
5. safety level from the local firefighter? (pernah liat demo sepeda listrik udah bisa, cman masih ragu kalo mobil)
sepakat sub-urban n city driving + secondary car or more + bisa pasang EV charge rumah + SPKLU banyak di area perjalanan sih go for it
Last edited by kayukayuthe5th on Wed Jan 01, 2025 7:25, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 662
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: EV's Safety?
EUK aja mulai nglirik soal EVs mandate, mulai cabut satu2 insentif EV, mulai dipikirkan tax untuk charging station public (remember charging station needed to be maintanaced and also......its expensives makanya NACS tesla ekspansi mulai agak mandeg di luar amrik), udah gaboleh lagi parkir sebarangan bwat EV karean issue safety, n mulai mikirin carbon neutral option lain (synthetic fuel, hydrogen, ammonia) yang lain(merek akhirnya sadar lithium/rare mineral mining is.....non-sustainables)b0ku wrote: Wed Jan 01, 2025 0:59itulah yang namanya biased enak enak enak padahal mereka harusnya musti berdoa semoga EV gak laku biar nyaman makin banyak yang pake liatin aja deeh............ makannya di china juga pelan2x beralih EV ke HYBRID.........Suryaputra wrote: Tue Dec 31, 2024 23:08 Karena penggunanya msh bs dihitung jari.
Cb klo makin banyak, lain cerita, ini yg jd masalah di europe dan us tp yg hobinya road trip.
Udh rahasia umum mereka prefer hybrid, apalagi klo insentif udh dihapus.. Scr cost jd on par konsumsi cost per kilometernya
Untuk sub-urban cruiser sih no issue, ngecharge average bs seminggu sekali![]()
gak heran juga sih nordic style statistics mah emang gitu, selalu pro EVs (karena mereka hydropower gede plus "activist climate" country. toh ntar juga winter kalo poweroutrage butuh2 juga gas n oil dari negara asia

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 598
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: EV's Safety?
Di Transjawabahn mesin2 SPKLU Delta 50 kW lama emang paroan, udah gitu kalo dah anget ndak 50:2, tapi bisa 40:2. Tapi PLN dah mulai pinter sekarang, semua mesin baru di tol antara ndak bisa dipake paroan (ABB Terra 50kW), atau kalo paroan juga mesin 100kW atau 200kW (Signet atau Delta).kayukayuthe5th wrote: Wed Jan 01, 2025 7:15 sepakat belum lagi issue low-high state alias kadang kalo banyak yang pake; SPKLU daya output akan berkurang menyebabkan charge power menurun, ngisi batere makin lama sepakat di pinggiran US ma UK pedesaan EU jarang karena enak negaranya city-oriented mungkin EUnorth ma south yang masalah
Kayaknya memang strategis rest area, gardunya kan gardu komplek 20kVa, saingan SPKLU cuma AC ama lampu Indomart+Alfamart doang

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 662
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: EV's Safety?
nice info ; skrg ga paroan which is goodjob haha *kaianya niru malay ma sg ini. tapi perlu diingat seiring ama statement mbah senior diatas belum banyak moblis juga jadi faktor stabilitas daya output, bisa dikata masih stabil itu turun ke 40:2.Bibieight wrote: Wed Jan 01, 2025 10:45Di Transjawabahn mesin2 SPKLU Delta 50 kW lama emang paroan, udah gitu kalo dah anget ndak 50:2, tapi bisa 40:2. Tapi PLN dah mulai pinter sekarang, semua mesin baru di tol antara ndak bisa dipake paroan (ABB Terra 50kW), atau kalo paroan juga mesin 100kW atau 200kW (Signet atau Delta).kayukayuthe5th wrote: Wed Jan 01, 2025 7:15 sepakat belum lagi issue low-high state alias kadang kalo banyak yang pake; SPKLU daya output akan berkurang menyebabkan charge power menurun, ngisi batere makin lama sepakat di pinggiran US ma UK pedesaan EU jarang karena enak negaranya city-oriented mungkin EUnorth ma south yang masalah
Kayaknya memang strategis rest area, gardunya kan gardu komplek 20kVa, saingan SPKLU cuma AC ama lampu Indomart+Alfamart doang![]()
kalo kaia nanti misal wholesale aja digit empat ato puluhan ribu gwa pingin liat aja , NACS yang jadi benchmark aja kewalahan kalo lagi full ngecas bareng

untuk EVs sih gwa nunggu batterai mature (solid state terutama), tumbuh organik termasuk soal suplai chain sparepart, ama kejelasan regulasi charging port (sampe skrg sih holy grail NACS yah), charging station daya gede , n harga bener2 di "business as usual"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: EV's Safety?
di transjawa atau rest area pada umumnya, berapa jumlah slot SPKLU nya ya?
kalau cuma 3 ya lumayan antrinya di musim liburan.
kalau cuma 3 ya lumayan antrinya di musim liburan.