abis race biasanya engine jg hrs rebuilt
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Makanya kl saya sehh.. mo pake oli apa aja, tiap 7000 km max pasti d buang.. kcuali kmaren aj waktu paike DGO ama total, itu rada cepet ud saya buang.. jd slaen patokan odo, perilaku mesin jg saya perhatiin, kl ud mulai doyan glitik2, yah pasti saya ganti
Toh mobil saya ngukur jalan tiap ari.. 7000 km itu 2.5 bulan jg ud dapet
Toh mobil saya ngukur jalan tiap ari.. 7000 km itu 2.5 bulan jg ud dapet
Omnibus wrote: Mon Sep 21, 2020 14:42 pakai oli encer utk city driving itu juga bisa misconception. city driving yg spt apa dulu. memangnya ada city driving di indonesia yg spt di kota kecil di eropa atau amerika.
beberapa point city driving menurut sumber terpercaya malah membuat mobil masuk dlm kategori "severe service condition" a. l. mengharuskan jadwal service dipercepat termasuk percepatan ganti oli 1/2x OCI normal. artinya secara overall oli dlm kondisi extra stress and strain.
yg sy beri tanda biru itu semua karakter city driving. point2 tsb membuat mobil masuk dlm kategori severe service condition. yg di pegunungan itu banyak kota2 kecil indonesia di pegunungan, wong +62 terkenal dgn volcanoes.
Screenshot_20200921_210406_com.android.chrome~2.jpg
source: https://team.valvoline.com/diy/maintena ... conditions
Screenshot_20200921_210426_com.android.chrome~3.jpg
source: https://www.getcastrol.com/pages/page/s ... ar-service
itulah makanya sy ganti oli di oci 7k meskipun sy pakai amsoil ss.
ane pernah baca, semakin encer oli utk bisa tetap menjaga kemampuan engine protection terutama dlm kondisi extreme (consider severe condition di atas) itu mengandalkan additive pack yg diatas rata2. dan additive pack yg bagus kaga murah mbah. memang kita ga bicara pas dimasukin itu oli langsung breakdown tp ane bicara wear rates yg hubungannya ke seberapa lama mesin performance nya bertahan spt baru.DOHC wrote: Mon Sep 21, 2020 13:14
serius nanya :
emg knapa mbah dgn oli 0W-20 ?? pasti ga awet kah ?? si oli "itu" yg kita bahas dl, padahal 5-30 tp lebi ga enak lohh drpd oli 0-20 nya eneos
ngebanyol nanya :
kl oli biar ga cepet kotor, bagus nya filter udara saya pakein masker N95 atau tabung oxygen scuba yg 3 liter mbah ?![]()
![]()
tabung oksigen? tanya ke yg lebih ngerti hepa filter aja dah. di point severe service condition tuh diatas disebut dusty roads.
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
numpang nyimak diskusi para shifu di pojokan. 
sy alhamdulillah selama pakai mobil, beli parts, oli, atau apapun ya disesuaikan aja antara kantong dan cara pakai
so far so good aja.
cmn klo lg masa semi-psbb gini ya ganti oli dgn KM lbh pendek aja.
klo oli kelas keraton, bole aja dipush sampai 1 thn dgn KM pendek, dgn catatan kondisi mesin prima.
in my view...klo beli oli kelas kurleb 100rb seliter, ya gantinya max per 6 bulan, atau per 5rb KM.
lbh baik buang oli, harga gak seberapa, tp resiko lbh kecil.
yg artinya klo udah aus tu daleman mesin, ya harus ganti parts nya, gak mungkin bisa sembuh sendiri
sm spt beli parts kaki2, masa iya pakai kaki 555 tapi gaya nyetir mau ala2 rifat sungkar?

sy alhamdulillah selama pakai mobil, beli parts, oli, atau apapun ya disesuaikan aja antara kantong dan cara pakai

so far so good aja.
cmn klo lg masa semi-psbb gini ya ganti oli dgn KM lbh pendek aja.
klo oli kelas keraton, bole aja dipush sampai 1 thn dgn KM pendek, dgn catatan kondisi mesin prima.
in my view...klo beli oli kelas kurleb 100rb seliter, ya gantinya max per 6 bulan, atau per 5rb KM.
lbh baik buang oli, harga gak seberapa, tp resiko lbh kecil.
yg artinya klo udah aus tu daleman mesin, ya harus ganti parts nya, gak mungkin bisa sembuh sendiri

sm spt beli parts kaki2, masa iya pakai kaki 555 tapi gaya nyetir mau ala2 rifat sungkar?

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Kalo kita test lab kan akan keliatan
V100 :
Kekentalan Sample oli bekas apakah masih sesuai spec ataukah udah turun 1 tingkat
Oxidation :
Gimana kondisi Oksidasi si oli masih normal atau udah di atas Normal (perkecualian utk oli yg ada Ester nya)
TBN akhir :
Batas kritis TBN = 2,5 mg KOH
V100 :
Kekentalan Sample oli bekas apakah masih sesuai spec ataukah udah turun 1 tingkat
Oxidation :
Gimana kondisi Oksidasi si oli masih normal atau udah di atas Normal (perkecualian utk oli yg ada Ester nya)
TBN akhir :
Batas kritis TBN = 2,5 mg KOH
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 643
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
waduh.. saya kalo oli mesin mobil selalu ganti di 5k km. oli selalu bawaan honda. e-pro
baik yg gold maupun yg biru...
kebiasaan dari lama bawa motor.. spec oli tiap 4k km ganti, tp selalu sy ganti di 2000-2500km. oli bawaan honda..
dan kalo oli bawaan honda motor emg jelek. selalu berasa di tangan dan kaki, cepet ga enaknya...
jadinya kebiasaan deh, selalu ganti sebelum rekomendasi BeRes.
pecinta lingkungan pasti kesel liat org bgini...
*kalo ganti oli sendiri, oli bekasnya diapain ya? dikasi ke bengkel terdekat?
sy kalo ganti oli gear motor, biasanya buang ke got atau dibungkus plastik trus masukin tong sampah.... soalnya cm 120ml
haha
**pecinta lingkungan fix ga suka sama saya....
baik yg gold maupun yg biru...
kebiasaan dari lama bawa motor.. spec oli tiap 4k km ganti, tp selalu sy ganti di 2000-2500km. oli bawaan honda..
dan kalo oli bawaan honda motor emg jelek. selalu berasa di tangan dan kaki, cepet ga enaknya...
jadinya kebiasaan deh, selalu ganti sebelum rekomendasi BeRes.
pecinta lingkungan pasti kesel liat org bgini...
*kalo ganti oli sendiri, oli bekasnya diapain ya? dikasi ke bengkel terdekat?
sy kalo ganti oli gear motor, biasanya buang ke got atau dibungkus plastik trus masukin tong sampah.... soalnya cm 120ml
haha
**pecinta lingkungan fix ga suka sama saya....
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
NGV 5W40 di bensin bisa 10.000 km / 12 bulanwengzhixiang wrote:Kalau PTT performance NGV rekomendasi nya dipakai berapa km atau berapa bulan om?Turboman wrote: Sun Sep 20, 2020 22:13oli buntut 30wengzhixiang wrote:Om mini tolong tanya, Alphard gen 1 selama ini pakai idemitsu 10w40, ada rekomendasi oli apa untuk coba merk lain?
Kepala bebas
Asal kondisi mesin masih prima / penguapan oli sgt minim
TBN nya 8 lebih
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
oli bekas dlm jumlah besar dikasihkan aja ke bengkel langganan andaPoporing wrote:waduh.. saya kalo oli mesin mobil selalu ganti di 5k km. oli selalu bawaan honda. e-pro
baik yg gold maupun yg biru...
kebiasaan dari lama bawa motor.. spec oli tiap 4k km ganti, tp selalu sy ganti di 2000-2500km. oli bawaan honda..
dan kalo oli bawaan honda motor emg jelek. selalu berasa di tangan dan kaki, cepet ga enaknya...
jadinya kebiasaan deh, selalu ganti sebelum rekomendasi BeRes.
pecinta lingkungan pasti kesel liat org bgini...
*kalo ganti oli sendiri, oli bekasnya diapain ya? dikasi ke bengkel terdekat?
sy kalo ganti oli gear motor, biasanya buang ke got atau dibungkus plastik trus masukin tong sampah.... soalnya cm 120ml
haha
**pecinta lingkungan fix ga suka sama saya....
oli bekas dr si bengkel juga kan akan dia jual lagi ke pengepul
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Mon May 27, 2019 13:07
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Mumpung lagi pada bahas oli encer vs oli kental...
Ada yang pernah ngetes perbedaan konsumsi BBM kah antara oli encer dan kental?
Ada yang pernah ngetes perbedaan konsumsi BBM kah antara oli encer dan kental?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Belum pernah & tak mauTaufiq6210 wrote: Tue Sep 22, 2020 12:11 Mumpung lagi pada bahas oli encer vs oli kental...
Ada yang pernah ngetes perbedaan konsumsi BBM kah antara oli encer dan kental?
Dulu pernah make Mobil1000 ntah Mobil2000 sae 10w30, tarikan berat, gas mesti lebih. Gak sa.pe 1 bulan ganti, pake bawaan Batu Makam yang 5w30. Lebih ringan, gak perlu injak gas dalam udah ngacir
Gas dalam ujung2nya BBM ngocor
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Sun Aug 23, 2020 2:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Kalau saya sih ngga terlalu percaya dengan pengetesan dengan alat benchtest semacam itu Oom FU27.FU27 wrote: Tue Sep 22, 2020 4:01 Wah, kalo testnya gini, cari BM1 aja deh. Dulu sering banget di bengkel motor ada alat benchtest seperti test bearing di atas, dan BM1 bagus banget, ga ninggalin bekas gesekan
Dulu pernah punya pengalaman dikasih demo di bengkel teman waktu BM1 awal2 launching. Waktu itu saya baru beli oli Aral, seingat saya yg type high tronic, SAE buntut 50 awalnya lupa. Dibandingkan di depan mata saya, Aral compared dengan BM1 sama2 buntut 50, sama2 fresh oil buka dari kemasannya, Aral kalah jauh.
Ya sudah, saya isi dulu Aral ke mesin mobil saya karena sudah terlanjur beli juga, waktu itu mobilnya Peugeot 505. Setelah penggantian oli berikutnya saya coba BM1 karena penasaran dari hasil benchtest yang pernah didemoin ke saya sebelumnya. Hasilnya? Begitu sudah masuk ke dalam mesin, berbamding terbalik dengan demo benchtest nya. Aral lebih mantap kemana2 setelah dipakai di dalam mesin.
Jadi performa oli bagus ngganya baru ketahuan kalau sudah dimasukkan ke dalam mesin dan dijalankan, ngga bisa cuma dari alat benchtest.

Regards,
Herrianto.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
ha ha aral bukan lawannya. ga usah bench test sy pasti pilih aral om.Herrianto wrote: Tue Sep 22, 2020 14:03Kalau saya sih ngga terlalu percaya dengan pengetesan dengan alat benchtest semacam itu Oom FU27.FU27 wrote: Tue Sep 22, 2020 4:01 Wah, kalo testnya gini, cari BM1 aja deh. Dulu sering banget di bengkel motor ada alat benchtest seperti test bearing di atas, dan BM1 bagus banget, ga ninggalin bekas gesekan
Dulu pernah punya pengalaman dikasih demo di bengkel teman waktu BM1 awal2 launching. Waktu itu saya baru beli oli Aral, seingat saya yg type high tronic, SAE buntut 50 awalnya lupa. Dibandingkan di depan mata saya, Aral compared dengan BM1 sama2 buntut 50, sama2 fresh oil buka dari kemasannya, Aral kalah jauh.
Ya sudah, saya isi dulu Aral ke mesin mobil saya karena sudah terlanjur beli juga, waktu itu mobilnya Peugeot 505. Setelah penggantian oli berikutnya saya coba BM1 karena penasaran dari hasil benchtest yang pernah didemoin ke saya sebelumnya. Hasilnya? Begitu sudah masuk ke dalam mesin, berbamding terbalik dengan demo benchtest nya. Aral lebih mantap kemana2 setelah dipakai di dalam mesin.
Jadi performa oli bagus ngganya baru ketahuan kalau sudah dimasukkan ke dalam mesin dan dijalankan, ngga bisa cuma dari alat benchtest.![]()
Regards,
Herrianto.
btw ngetest bearing load begitu valid kok krn termasuk common method asal fair; diberi beban yg sama, qty oli sama, rpm sama, besar penampang bearing sama antara merk yg dikonteskan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Mumpung bahas per olie an.
Saya ada beli PTT
5w30 SN/CF ACEA A5/B5/C2 sebelum diskon 125 rb
0w30 SP ILSAC GF6a sebelum diskon 140 rb
0w20 SP ILSAC GF6a sebelum diskon 140 rb
dengan harga sama diatas, lebih milih 0w20 atau 0w30? asumsi jalan kota max 80 km per jam, tapi kota Surabaya lumayan sering macet. Tidak perah ke luar kota
PSBB mungkin 8 bulan cuma sampai 3000 KM.
Dengan kondisi diatas sebenarnya bagus yg mana yah?
oh iya mobilnya misal kalau HRV cocok mana? Mobilio cocok mana?
Saya ada beli PTT
5w30 SN/CF ACEA A5/B5/C2 sebelum diskon 125 rb
0w30 SP ILSAC GF6a sebelum diskon 140 rb
0w20 SP ILSAC GF6a sebelum diskon 140 rb
dengan harga sama diatas, lebih milih 0w20 atau 0w30? asumsi jalan kota max 80 km per jam, tapi kota Surabaya lumayan sering macet. Tidak perah ke luar kota
PSBB mungkin 8 bulan cuma sampai 3000 KM.
Dengan kondisi diatas sebenarnya bagus yg mana yah?
oh iya mobilnya misal kalau HRV cocok mana? Mobilio cocok mana?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Sun Aug 23, 2020 2:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Ya waktu itu khan saya dikasih demonya seperti itu Oom Omnibus.Omnibus wrote: Tue Sep 22, 2020 14:45ha ha aral bukan lawannya. ga usah bench test sy pasti pilih aral om.
btw ngetest bearing load begitu valid kok krn termasuk common method asal fair; diberi beban yg sama, qty oli sama, rpm sama, besar penampang bearing sama antara merk yg dikonteskan.
Kebetulan oli yang dicompare dengan oli BM1 waktu itu oli Aral yang baru saya beli. Kalau misalnya waktu itu saya beli oli merek lain, ya oli merek itu yang dicompare. Bukan bermaksud secara spesifik mengunggulkan merek Aral nya tapi lebih menyorot kepada hasil tes oli menggunakan alat tersebut.
Pakai alat tes yang sama (seingat saya pakai single speed motor, ngga tau berapa rpm nya), suhu ruangan relatif sama lah, jumlah oli yg dites kurang lebih juga sama lah (memakai wadah yang sama untuk menampung oli yang akan dites). Sama2 fresh oil juga.
Aral baru dikasih beban beberapa lempeng logam pemberat sudah langsung bunyi bearing di alatnya. Sedangkan itu BM1 sampai berapa lempeng logam pemberat lebih banyak baru bunyi (lupa jumlah tepatnya, yang pasti lebih banyak dari waktu tes Aral).
Itu dari pengalaman saya pribadi yang saya lihat dengan mata saya sendiri lho, menurut saya tes semacam itu belum mencerminkan kondisi sebenarnya seperti saat oli sudah dipakai di dalam mesin mobil kita.
Regards,
Herrianto.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
sy tau alat bench test itu pertama kali kira2 thn 90an waktu liat2 pameran di PRJ. liat di booth yg jual additive oli, merk additive nya lupa. waktu itu msh jaman kasih2 additive di oli mesin. sama persis spt cerita om, merk lain yg ditest bunyi juga dan ada scar, merk dia smooth dan ga ada scar.
hmmm ....

bedanya yg ditest Project Farm ini semua ada scar hanya beda ukuran scarnya aja tiap2 merk oli..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Sun Aug 23, 2020 2:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Sedikit OOT nih Oom,tokezz wrote: Mon Sep 21, 2020 13:29Mau sedikit sharing pengalaman pribadi, mungkin related sama om turbo pernah bilang kalau sering high rpm lbh baik pake yg lbh kenteldieselkiki wrote:
Mobil 2010 keatas kyknya pke oli range buntut 0 - 40 gk ada masalah lbh kemasalah perilaku berkendara.
Memang oli encer dimobil baru itu untuk efisiensi, dan perilaku mobil jaman sekarang yg didesign untuk main di rpm rendah mungkin macet"an atau karena rasio gigi yg lebih rapet" dengan jumlah byk.
Pengalaman pd ford fiesta udh 2 kali ganti pke oli ptt 0w20 sn+, pada pergantian oli sebelumnya 8.000 km ( sebelum pademik) sma sekali tdk ada pengurangan pd dipstick pemakaian dalkot sesekali keluar kota, tp pergantian saat ini baru 6.000 km oli sudah sudah menunjukan sedikit pengurangan yg saya rasa jg karena jalanan saat ini yg relatif lbh sepi dan pernah saya geber ke semarang 2 kali matengin gas main di 4000- 5000 rpm di tol cipali karena jalanan yg kosong [emoji28] .
Nextnya kyknya better pke 5w30 klo yg sering high rpm
Gaya berkendara ngaruh bgt deh buat pemilihan kekentalan oli selama masih dalam range yg ada dibuku manual, mungkin ini jg yg buat mesin sport car minta oli lbh kentel smpe buntut 60
Untuk next mungkin boleh dicoba tuh Motul Specific 913D 5w30. Dibilangnya didevelop untuk Ford dan ada embel2 Fuel Efficient nya segala.
Lihat TBN nya di angka 10. Lihat harganya di official Store nya Motul di Tokped, menurut saya masih wajar untuk oli full synthetic sekelas Motul.
Pernah baca somewhere, low HTHS full SAPS. Mungkin para suhu disini bisa bantu kasih pencerahan yang dimaksud low HTHS full SAPS itu kira2 seperti apa?
#bukan sales Motul#
Regards,
Herrianto.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Jalan slow & jarang RPM tinggi = 0W20Profith83 wrote:Mumpung bahas per olie an.
Saya ada beli PTT
5w30 SN/CF ACEA A5/B5/C2 sebelum diskon 125 rb
0w30 SP ILSAC GF6a sebelum diskon 140 rb
0w20 SP ILSAC GF6a sebelum diskon 140 rb
dengan harga sama diatas, lebih milih 0w20 atau 0w30? asumsi jalan kota max 80 km per jam, tapi kota Surabaya lumayan sering macet. Tidak perah ke luar kota
PSBB mungkin 8 bulan cuma sampai 3000 KM.
Dengan kondisi diatas sebenarnya bagus yg mana yah?
oh iya mobilnya misal kalau HRV cocok mana? Mobilio cocok mana?
Macet2 hanya akan bikin suhu oli naik dikit
Yg bikin suhu oli naik banyak = geber2 RPM tinggi / high speed driving dgn RPM tinggi
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Ford M2C 913 - 5W30 kan berbasis ACEA A5 / B5Herrianto wrote:Sedikit OOT nih Oom,tokezz wrote: Mon Sep 21, 2020 13:29Mau sedikit sharing pengalaman pribadi, mungkin related sama om turbo pernah bilang kalau sering high rpm lbh baik pake yg lbh kenteldieselkiki wrote:
Mobil 2010 keatas kyknya pke oli range buntut 0 - 40 gk ada masalah lbh kemasalah perilaku berkendara.
Memang oli encer dimobil baru itu untuk efisiensi, dan perilaku mobil jaman sekarang yg didesign untuk main di rpm rendah mungkin macet"an atau karena rasio gigi yg lebih rapet" dengan jumlah byk.
Pengalaman pd ford fiesta udh 2 kali ganti pke oli ptt 0w20 sn+, pada pergantian oli sebelumnya 8.000 km ( sebelum pademik) sma sekali tdk ada pengurangan pd dipstick pemakaian dalkot sesekali keluar kota, tp pergantian saat ini baru 6.000 km oli sudah sudah menunjukan sedikit pengurangan yg saya rasa jg karena jalanan saat ini yg relatif lbh sepi dan pernah saya geber ke semarang 2 kali matengin gas main di 4000- 5000 rpm di tol cipali karena jalanan yg kosong [emoji28] .
Nextnya kyknya better pke 5w30 klo yg sering high rpm
Gaya berkendara ngaruh bgt deh buat pemilihan kekentalan oli selama masih dalam range yg ada dibuku manual, mungkin ini jg yg buat mesin sport car minta oli lbh kentel smpe buntut 60
Untuk next mungkin boleh dicoba tuh Motul Specific 913D 5w30. Dibilangnya didevelop untuk Ford dan ada embel2 Fuel Efficient nya segala.
Lihat TBN nya di angka 10. Lihat harganya di official Store nya Motul di Tokped, menurut saya masih wajar untuk oli full synthetic sekelas Motul.
Pernah baca somewhere, low HTHS full SAPS. Mungkin para suhu disini bisa bantu kasih pencerahan yang dimaksud low HTHS full SAPS itu kira2 seperti apa?
#bukan sales Motul#
Regards,
Herrianto.
A5 / B5 = low HTHS......gugel ke web lubrizol ada penjelasannya
HTHS = High Temp High shear
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Thu Jun 25, 2015 15:34
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Jd menarik pembahasannya saya sharing berdasarkan pengalaman aja yah omHerrianto wrote:Sedikit OOT nih Oom,tokezz wrote: Mon Sep 21, 2020 13:29Mau sedikit sharing pengalaman pribadi, mungkin related sama om turbo pernah bilang kalau sering high rpm lbh baik pake yg lbh kenteldieselkiki wrote:
Mobil 2010 keatas kyknya pke oli range buntut 0 - 40 gk ada masalah lbh kemasalah perilaku berkendara.
Memang oli encer dimobil baru itu untuk efisiensi, dan perilaku mobil jaman sekarang yg didesign untuk main di rpm rendah mungkin macet"an atau karena rasio gigi yg lebih rapet" dengan jumlah byk.
Pengalaman pd ford fiesta udh 2 kali ganti pke oli ptt 0w20 sn+, pada pergantian oli sebelumnya 8.000 km ( sebelum pademik) sma sekali tdk ada pengurangan pd dipstick pemakaian dalkot sesekali keluar kota, tp pergantian saat ini baru 6.000 km oli sudah sudah menunjukan sedikit pengurangan yg saya rasa jg karena jalanan saat ini yg relatif lbh sepi dan pernah saya geber ke semarang 2 kali matengin gas main di 4000- 5000 rpm di tol cipali karena jalanan yg kosong [emoji28] .
Nextnya kyknya better pke 5w30 klo yg sering high rpm
Gaya berkendara ngaruh bgt deh buat pemilihan kekentalan oli selama masih dalam range yg ada dibuku manual, mungkin ini jg yg buat mesin sport car minta oli lbh kentel smpe buntut 60
Untuk next mungkin boleh dicoba tuh Motul Specific 913D 5w30. Dibilangnya didevelop untuk Ford dan ada embel2 Fuel Efficient nya segala.
Lihat TBN nya di angka 10. Lihat harganya di official Store nya Motul di Tokped, menurut saya masih wajar untuk oli full synthetic sekelas Motul.
Pernah baca somewhere, low HTHS full SAPS. Mungkin para suhu disini bisa bantu kasih pencerahan yang dimaksud low HTHS full SAPS itu kira2 seperti apa?
#bukan sales Motul#
Regards,
Herrianto.
Pernah nyobain sih pas di beres dulu tp secara performnce gk enak, jd sbenernya oli resmi di beres ford dulu ada 2 si motul dan castrol. Menurut mereka motul itu kerjasama ford yang dulu sedangkan untuk mesin baru menggunakan castrol speksifik 948-B (A5/B5 atau oli low SAPS). Nah setelah saya cek 913D itu buat diesel mesin TDI ford ternyata [emoji28].
Kurang lebih kaya gambar spek untuk yg 948 B. Tp ada pertanyaan saya, klo kekental oli angka depan 0w, 5w , 10w dimana rata" tulisanya angka W ini winter dimana suhu oli ketika dibawah 0'. Apakah berarti klo buat iklim indo angka depan ini gk ngaruh? Karena kan kita tdk pernah minus, berarti kekental oli selalu berada diangka belakang?
Bener gk sih om? Heheh
Soalnya aga jarang oli 5w-20 di Indo, jd saya selalu pke klo gk 0w20 atau 5w30 hehe.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Sun Aug 23, 2020 2:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Terus terang saya masih awam juga soal spesifikasi teknis dari oli.tokezz wrote: Wed Sep 23, 2020 3:23Jd menarik pembahasannya saya sharing berdasarkan pengalaman aja yah omHerrianto wrote:
Pernah nyobain sih pas di beres dulu tp secara performnce gk enak, jd sbenernya oli resmi di beres ford dulu ada 2 si motul dan castrol. Menurut mereka motul itu kerjasama ford yang dulu sedangkan untuk mesin baru menggunakan castrol speksifik 948-B (A5/B5 atau oli low SAPS). Nah setelah saya cek 913D itu buat diesel mesin TDI ford ternyata [emoji28].
Kurang lebih kaya gambar spek untuk yg 948 B. Tp ada pertanyaan saya, klo kekental oli angka depan 0w, 5w , 10w dimana rata" tulisanya angka W ini winter dimana suhu oli ketika dibawah 0'. Apakah berarti klo buat iklim indo angka depan ini gk ngaruh? Karena kan kita tdk pernah minus, berarti kekental oli selalu berada diangka belakang?
Bener gk sih om? Heheh
Soalnya aga jarang oli 5w-20 di Indo, jd saya selalu pke klo gk 0w20 atau 5w30 hehe.
20200923_101317.jpg
Soal angka "w" di spek oli secara teori mungkin ngga terlalu berpengaruh dengan kondisi disini karena kita jelas ngga akan mengalami winter disini. Viscosity nya pasti lebih banyak bermain di angka buntutnya.
Tapi kalau pemahaman saya, walaupun untuk daerah panas seperti disini, angka "w" makin rendah makin berguna buat mesin saat cold cranking / start mesin pertama kali dari kondisi dingin. Semakin encer semakin cepat olinya bersirkulasi pada saat kondisi mesin masih dingin, CMIIW.
Regards,
Herrianto.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Nah, kalau cara testnya valid, berarti perlindungan dari oli gak selamanya berbanding lurus sama rasa enak meain ketika menggunakan oli tersebut donkOmnibus wrote: Tue Sep 22, 2020 14:45ha ha aral bukan lawannya. ga usah bench test sy pasti pilih aral om.Herrianto wrote: Tue Sep 22, 2020 14:03Kalau saya sih ngga terlalu percaya dengan pengetesan dengan alat benchtest semacam itu Oom FU27.FU27 wrote: Tue Sep 22, 2020 4:01 Wah, kalo testnya gini, cari BM1 aja deh. Dulu sering banget di bengkel motor ada alat benchtest seperti test bearing di atas, dan BM1 bagus banget, ga ninggalin bekas gesekan
Dulu pernah punya pengalaman dikasih demo di bengkel teman waktu BM1 awal2 launching. Waktu itu saya baru beli oli Aral, seingat saya yg type high tronic, SAE buntut 50 awalnya lupa. Dibandingkan di depan mata saya, Aral compared dengan BM1 sama2 buntut 50, sama2 fresh oil buka dari kemasannya, Aral kalah jauh.
Ya sudah, saya isi dulu Aral ke mesin mobil saya karena sudah terlanjur beli juga, waktu itu mobilnya Peugeot 505. Setelah penggantian oli berikutnya saya coba BM1 karena penasaran dari hasil benchtest yang pernah didemoin ke saya sebelumnya. Hasilnya? Begitu sudah masuk ke dalam mesin, berbamding terbalik dengan demo benchtest nya. Aral lebih mantap kemana2 setelah dipakai di dalam mesin.
Jadi performa oli bagus ngganya baru ketahuan kalau sudah dimasukkan ke dalam mesin dan dijalankan, ngga bisa cuma dari alat benchtest.![]()
Regards,
Herrianto.
btw ngetest bearing load begitu valid kok krn termasuk common method asal fair; diberi beban yg sama, qty oli sama, rpm sama, besar penampang bearing sama antara merk yg dikonteskan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
begini om ... utk test yg Aral vs BM1 sy ga mau komentar lebih jauh krn utk bilang test tsb A, B, atau C sy ga punya bukti apapun nanti akhirnya dianggap sok tau. tp sy dulu pemakai aral dan selalu puas dgn kualitasnya.FU27 wrote: Wed Sep 23, 2020 14:25
Nah, kalau cara testnya valid, berarti perlindungan dari oli gak selamanya berbanding lurus sama rasa enak meain ketika menggunakan oli tersebut donk
tp disini penjelasan sy ttg test itu (yg puluhan taun lalu sy saksikan di PRJ dan ketika itupun sy anggap fishy) ternyata diambil sbg metode pengujian bearing wear rate oleh Project Farm. dari semua pengujian dia, termasuk membuat kontes championship mirip pertandingan bola sistem gugur sampai final yang penontonnya banyak bgt itu, disitu tidak ada 1 pun oli yg tidak membuat scar ataupun material removal (material terkikis/berat menjadi kurang). not even amsoil yg menjadi pemenang final battle. semua oli menghasilkan scar. perbedaannya adalah ada yg scar nya kecil atau material removal (wear rate) sedikit atau yg lebih besar dan banyak. tentu bisa disimpulkan kriteria yg dianggap oli bagus yg mana.
Projector Farm punya 1.37 million subscribers dan final battle itu ditonton oleh 805,000 viewers. yg memberi thumbs up 29,000 dan thumbs down hanya 313 org pada saat tulisan ini dibuat. kl memang metode dia fishy ataupun berpihak yg dislike akan banyak sekali. sy disini tidak paksa om utk percaya pengetesan itu, tapi dr comments nya banyak sekali org yg excited dan appreciate dgn cara dia dan hasil testnya.
dia banyak membuat oil comparison2 jg sebelumnya dan selalu memakai cara bearing load test tsb utk mengetahui scar dimension dan material removal (wear rate). om bisa search sendiri video2nya kl tertarik. dr video2 dia inilah sy bisa tarik kesimpulan bagaimana cara oli melindungi komponen (cold flow test, noack volatility/cooking test, bearing load test, etc) dan lebih mudah menyimpulkan more scientifically bahwa tidak semua oli diciptakan sama.
disclaimer: topik oli itu sensitif, sy dr awal bilang "to each his own" atau terserah yg punya duit dan mobil mau beli/pake oli apa. at least for me, I know my bases. lagipula itu bukan urusan sy krn sy tidak jualan oli.
video final battle championship. utk pertandingan setiap oli dr babak 1 bisa cari sendiri di list video dia:
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Kalo mau adu kuat test gesek sih gampang, campurin aja Gear oil yg meet GL-5 ke oli mesin........jamin deh kuat hadapi shear test
Tapi dlm realita mungkin gak kita mix oli mesin dgn Gear oil GL-5 utk engine oil ?
he he hee
Tapi dlm realita mungkin gak kita mix oli mesin dgn Gear oil GL-5 utk engine oil ?
he he hee
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Thu Jun 25, 2015 15:34
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Haha awalny sih saya juga berpikiran kaya gituh om angka w untuk cold starter yg lbh moncer. Tp kok klo liat pds angka w itu keketalan ketika suhu minus.Herrianto wrote:Terus terang saya masih awam juga soal spesifikasi teknis dari oli.tokezz wrote: Wed Sep 23, 2020 3:23Jd menarik pembahasannya saya sharing berdasarkan pengalaman aja yah omHerrianto wrote:
Pernah nyobain sih pas di beres dulu tp secara performnce gk enak, jd sbenernya oli resmi di beres ford dulu ada 2 si motul dan castrol. Menurut mereka motul itu kerjasama ford yang dulu sedangkan untuk mesin baru menggunakan castrol speksifik 948-B (A5/B5 atau oli low SAPS). Nah setelah saya cek 913D itu buat diesel mesin TDI ford ternyata [emoji28].
Kurang lebih kaya gambar spek untuk yg 948 B. Tp ada pertanyaan saya, klo kekental oli angka depan 0w, 5w , 10w dimana rata" tulisanya angka W ini winter dimana suhu oli ketika dibawah 0'. Apakah berarti klo buat iklim indo angka depan ini gk ngaruh? Karena kan kita tdk pernah minus, berarti kekental oli selalu berada diangka belakang?
Bener gk sih om? Heheh
Soalnya aga jarang oli 5w-20 di Indo, jd saya selalu pke klo gk 0w20 atau 5w30 hehe.
20200923_101317.jpg
Soal angka "w" di spek oli secara teori mungkin ngga terlalu berpengaruh dengan kondisi disini karena kita jelas ngga akan mengalami winter disini. Viscosity nya pasti lebih banyak bermain di angka buntutnya.
Tapi kalau pemahaman saya, walaupun untuk daerah panas seperti disini, angka "w" makin rendah makin berguna buat mesin saat cold cranking / start mesin pertama kali dari kondisi dingin. Semakin encer semakin cepat olinya bersirkulasi pada saat kondisi mesin masih dingin, CMIIW.
Regards,
Herrianto.
Malah kepikiran apa jangan" klo kya iklim indo cukup pke oli single grade aja. Kan ada mesran tuh yg sae 40 hahaha, tp sayang gk ada oli sae 20 wkwkw
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
nimbrung sedikit ya om.tokezz wrote: Wed Sep 23, 2020 16:47Haha awalny sih saya juga berpikiran kaya gituh om angka w untuk cold starter yg lbh moncer. Tp kok klo liat pds angka w itu keketalan ketika suhu minus.Herrianto wrote:Terus terang saya masih awam juga soal spesifikasi teknis dari oli.tokezz wrote: Wed Sep 23, 2020 3:23 Jd menarik pembahasannya saya sharing berdasarkan pengalaman aja yah om
Pernah nyobain sih pas di beres dulu tp secara performnce gk enak, jd sbenernya oli resmi di beres ford dulu ada 2 si motul dan castrol. Menurut mereka motul itu kerjasama ford yang dulu sedangkan untuk mesin baru menggunakan castrol speksifik 948-B (A5/B5 atau oli low SAPS). Nah setelah saya cek 913D itu buat diesel mesin TDI ford ternyata [emoji28].
Kurang lebih kaya gambar spek untuk yg 948 B. Tp ada pertanyaan saya, klo kekental oli angka depan 0w, 5w , 10w dimana rata" tulisanya angka W ini winter dimana suhu oli ketika dibawah 0'. Apakah berarti klo buat iklim indo angka depan ini gk ngaruh? Karena kan kita tdk pernah minus, berarti kekental oli selalu berada diangka belakang?
Bener gk sih om? Heheh
Soalnya aga jarang oli 5w-20 di Indo, jd saya selalu pke klo gk 0w20 atau 5w30 hehe.
20200923_101317.jpg
Soal angka "w" di spek oli secara teori mungkin ngga terlalu berpengaruh dengan kondisi disini karena kita jelas ngga akan mengalami winter disini. Viscosity nya pasti lebih banyak bermain di angka buntutnya.
Tapi kalau pemahaman saya, walaupun untuk daerah panas seperti disini, angka "w" makin rendah makin berguna buat mesin saat cold cranking / start mesin pertama kali dari kondisi dingin. Semakin encer semakin cepat olinya bersirkulasi pada saat kondisi mesin masih dingin, CMIIW.
Regards,
Herrianto.
Malah kepikiran apa jangan" klo kya iklim indo cukup pke oli single grade aja. Kan ada mesran tuh yg sae 40 hahaha, tp sayang gk ada oli sae 20 wkwkw
meskipun tidak mengalami winter dan tdk pernah minus tp dlm temperature normal ketika start up pagi hari (katakanlah 25°C) oli single grade (sae 30, sae 40, dll) tetap lebih kental drpd oli multigrade dgn buntut sama.
kurva perubahan kekentalan vs temperatur spt ini:
untuk melihat perbandingan oli multigrade sae lainnya silahkan gugel dgn keyword di bawah.
source: google. keyword: multigrade oil viscosity chart
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
singkatnya om, testnya valid atau tidak harus dilakukan oleh pihak yg tidak punya kepentingan. jadi netral. seperti si project farm itu yg menurut pengakuan dia ga ada vested interest.FU27 wrote: Wed Sep 23, 2020 14:25
Nah, kalau cara testnya valid, berarti perlindungan dari oli gak selamanya berbanding lurus sama rasa enak meain ketika menggunakan oli tersebut donk
berbanding lurus atau tidak sm rasa enak? gini aja, di test project farm itu pemenangnya siapa, om cobain aja rasanya enak ngga. cobain juga juara 2 dan 3 nya kl ada. juara bontot cobain juga. dibandingin begitu om ...

padahal dulu amsoil aja sy anggap fishy marketingnya. tiap search gugel best synthetic motor oil keluarnya dia.
