Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Misi om turbo mau tanya soal atf
Kondisi k14b sudah 23 rb km 2.3 thn
Sikon maticnya berasa ga enak perpindahan sedikit berasa sentakan saat ini kaga smooth lagi
Bawaan atf kan dexron 3
Nah kalo saya tap 3-4 liter atfnya saya isi dgn atf jaso 1A gpp ?
Netral ga jaso 1A bercampur dgn dexron 3 ?
Mengingat kalo kuras dalem juga ke dompet
Atau lebih baik saya kuras aja total 10 liter aja atfnya ?
Kondisi k14b sudah 23 rb km 2.3 thn
Sikon maticnya berasa ga enak perpindahan sedikit berasa sentakan saat ini kaga smooth lagi
Bawaan atf kan dexron 3
Nah kalo saya tap 3-4 liter atfnya saya isi dgn atf jaso 1A gpp ?
Netral ga jaso 1A bercampur dgn dexron 3 ?
Mengingat kalo kuras dalem juga ke dompet
Atau lebih baik saya kuras aja total 10 liter aja atfnya ?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
matic jedug bisa juga krn volume ATF nya kurangfernando_lim wrote: Fri Apr 14, 2017 10:56 Misi om turbo mau tanya soal atf
Kondisi k14b sudah 23 rb km 2.3 thn
Sikon maticnya berasa ga enak perpindahan sedikit berasa sentakan saat ini kaga smooth lagi
Bawaan atf kan dexron 3
Nah kalo saya tap 3-4 liter atfnya saya isi dgn atf jaso 1A gpp ?
Netral ga jaso 1A bercampur dgn dexron 3 ?
Mengingat kalo kuras dalem juga ke dompet
Atau lebih baik saya kuras aja total 10 liter aja atfnya ?
Tapi kalo dah 20 rb km sih buang aja yg di pan, trus isi sesuai volume yg keluar
isi dengan ATF yg sama
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Harga oli q8 ultra 0w-20 klo di luaran pasarannya berapa ya?
Bulan februari lalu beli di bli2 cuma 4 liter krn mau nyoba dulu. Pas udah dipake dan berasa enak.. Mau beli lagi eh stok sudah habis.
Mana pas ganti oli dikerjakan di bengkel pinggir jalan yg apesnya lagi kurang ok hasilnya oli jadi ada rembesan dan setelah pemakaian 2 minggu ada pengurangan level oli di dipstick.
Klo sisa oli q8 ultra 0w20 yg tinggal suedikit itu sudah habis dipake top-up dan blm nemu q8 lagi, boleh gak klo di top up pake sisa Amsoil 0w20 yg dipakai sebelumnya?
Bulan februari lalu beli di bli2 cuma 4 liter krn mau nyoba dulu. Pas udah dipake dan berasa enak.. Mau beli lagi eh stok sudah habis.
Mana pas ganti oli dikerjakan di bengkel pinggir jalan yg apesnya lagi kurang ok hasilnya oli jadi ada rembesan dan setelah pemakaian 2 minggu ada pengurangan level oli di dipstick.
Klo sisa oli q8 ultra 0w20 yg tinggal suedikit itu sudah habis dipake top-up dan blm nemu q8 lagi, boleh gak klo di top up pake sisa Amsoil 0w20 yg dipakai sebelumnya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Kalo lampu tekanan oli menyala agak lama setelah starter kira2 masalah ga ya??
Pas diukur pake stopwatch di hape sih ga nyampe 1 detik tapi menurut ane masih agak lama
Soalnya di mobil lain sekali starter lampu tekanan oli langsung mati
Ada 2 mobil ane yg kyk gitu. Yg lainnya sekali starter langsung mati lampu tekanan olinya
Mobil crv 2012 odo 33rb KM Oli mesin pake honda oem 5w-30 filter oli oem honda
Satu lagi innova bensin 2012 odo 54rb KM oli tmo 10w-40 filter oli oem toyota
Agak khawatir takut mesin rusak kalo dibiarkan
Atau ane yg terlalu paranoid
Pas diukur pake stopwatch di hape sih ga nyampe 1 detik tapi menurut ane masih agak lama
Soalnya di mobil lain sekali starter lampu tekanan oli langsung mati
Ada 2 mobil ane yg kyk gitu. Yg lainnya sekali starter langsung mati lampu tekanan olinya
Mobil crv 2012 odo 33rb KM Oli mesin pake honda oem 5w-30 filter oli oem honda
Satu lagi innova bensin 2012 odo 54rb KM oli tmo 10w-40 filter oli oem toyota
Agak khawatir takut mesin rusak kalo dibiarkan

Atau ane yg terlalu paranoid

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
normal lahJambangan wrote:Kalo lampu tekanan oli menyala agak lama setelah starter kira2 masalah ga ya??
Pas diukur pake stopwatch di hape sih ga nyampe 1 detik tapi menurut ane masih agak lama
Soalnya di mobil lain sekali starter lampu tekanan oli langsung mati
Ada 2 mobil ane yg kyk gitu. Yg lainnya sekali starter langsung mati lampu tekanan olinya
Mobil crv 2012 odo 33rb KM Oli mesin pake honda oem 5w-30 filter oli oem honda
Satu lagi innova bensin 2012 odo 54rb KM oli tmo 10w-40 filter oli oem toyota
Agak khawatir takut mesin rusak kalo dibiarkan![]()
Atau ane yg terlalu paranoid
kecuali lampu nyala terus gak mati2
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Icic om turboTurboman wrote: Sat Apr 15, 2017 3:15normal lahJambangan wrote:Kalo lampu tekanan oli menyala agak lama setelah starter kira2 masalah ga ya??
Pas diukur pake stopwatch di hape sih ga nyampe 1 detik tapi menurut ane masih agak lama
Soalnya di mobil lain sekali starter lampu tekanan oli langsung mati
Ada 2 mobil ane yg kyk gitu. Yg lainnya sekali starter langsung mati lampu tekanan olinya
Mobil crv 2012 odo 33rb KM Oli mesin pake honda oem 5w-30 filter oli oem honda
Satu lagi innova bensin 2012 odo 54rb KM oli tmo 10w-40 filter oli oem toyota
Agak khawatir takut mesin rusak kalo dibiarkan![]()
Atau ane yg terlalu paranoid
kecuali lampu nyala terus gak mati2

Thx jawabannya om

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 388
- Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Pas nutup oli di bawah kali om yg ga bener, makanya rembes?speedfreak wrote: Sat Apr 15, 2017 2:28 Harga oli q8 ultra 0w-20 klo di luaran pasarannya berapa ya?
Bulan februari lalu beli di bli2 cuma 4 liter krn mau nyoba dulu. Pas udah dipake dan berasa enak.. Mau beli lagi eh stok sudah habis.
Mana pas ganti oli dikerjakan di bengkel pinggir jalan yg apesnya lagi kurang ok hasilnya oli jadi ada rembesan dan setelah pemakaian 2 minggu ada pengurangan level oli di dipstick.
Klo sisa oli q8 ultra 0w20 yg tinggal suedikit itu sudah habis dipake top-up dan blm nemu q8 lagi, boleh gak klo di top up pake sisa Amsoil 0w20 yg dipakai sebelumnya?
atau pasang filter oli yg ga bener?
hehe pas promo di blibl* saya langsung borong 10 liter... mumpung murah dan direkomendasikam oleh Om Turboman... cuman skrg habis... hehe
E300 W212
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Saat ganti oli biasakan bersihkan baut pembuangan oli karter entah pake bensin / solar / mitan / carb cleaner / brake cleaner / degreaser supaya kotoran2 terlepas
lalu kasi teflon tape
lalu kasi teflon tape
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Sun Nov 27, 2016 15:59
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Teman" nanya dong ada yg pernah pake top 1 evolution 5w-30 kah?
Impresinya gmn?
Impresinya gmn?
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sat Mar 04, 2017 14:23
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Om turbo mau nanya ni, bentar lagi triton tahun 2009 ane uda mau ganti oli di odo 251.[cencored]. Mau minta saran lebih baik pake Fastron Diesel atau Rimula R4X aja ya? Ane uda liat pds kedua produk tsb ttp masih ragu ni, makanya coba2 cari pencerahan di forum ini. Terima kasih banyak
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Iya penyebabnya dari baut oli karter.kurniakerten wrote: Sat Apr 15, 2017 6:31
Pas nutup oli di bawah kali om yg ga bener, makanya rembes?
atau pasang filter oli yg ga bener?
hehe pas promo di blibl* saya langsung borong 10 liter... mumpung murah dan direkomendasikam oleh Om Turboman... cuman skrg habis... hehe
Seminggu setelah ganti oli, dicek ke bengkel spesialis nissan non resmi katanya krn ring di baut karter olinya harus diganti jg. Setelah oli dikeluarin dan ditampung, ganti ring di baut karter dan pasang ke karter, lalu oli dimasukin lagi. Setelah itu dapat laporan dari orang rumah klo bocornya tambah parah. Kemarin sabtu akhirnya dibawa ke bengkel resmi dan cuma dibersihin pake brake cleaner utk membersihkan kotoran2 dan ternyata cuma harus dikencengin lebih kenceng drpd standar momennya aja katanya. Setelah didiamkan 1jam udah gak ngerembes lagi.
Btw beruntung banget itu om udah ngeborong 10 liter. Saya nunggu promo batch berikutnya lagi aja deh.
Iya om turbo.. Makasi utk masukannya.Turboman wrote: Sat Apr 15, 2017 10:24 Saat ganti oli biasakan bersihkan baut pembuangan oli karter entah pake bensin / solar / mitan / carb cleaner / brake cleaner / degreaser supaya kotoran2 terlepas
lalu kasi teflon tape
Dulu2 saya klo ganti oli sendiri gak pernah membersihkan baut karter oli ini dan hanya pasang solasi putih itu aja dan so far gak pernah ada rembes / bocor. Baru aja kejadian kali ini. Next time bakalan selalu dibersihkan ini baut karter nya.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
oli yg udah dibuang dr karter mesin sangat tidak dianjurkan utk dimasukkan lagi ke dalam mesin
kecuali sebelum dimasukkan di sirkulasi dulu lewat filter (filter oli) dan setelah bersih baru dimasukkan ke mesin
wadah nya juga harus benar2 bersih
kecuali sebelum dimasukkan di sirkulasi dulu lewat filter (filter oli) dan setelah bersih baru dimasukkan ke mesin
wadah nya juga harus benar2 bersih
* Bukan ajakan Beli *
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sat Mar 04, 2017 14:23
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Dear om turboman, saya lagi bingung antara pertamina fastron diesel dan shell rimula r4x untuk triton exceed tahun 2009 non vgt om. Udah liat2 pds kedua produk tsb namun masih bingung jg. Menurut om turbo lebih baik yg mana ya? Pilihan jatuh pd kedua produk tsb krna susah dapet merk lain kalo di daerah saya om. Terima kasih banyak
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Waduh makasi lagi untuk sarannya..Turboman wrote: Sun Apr 16, 2017 2:02 oli yg udah dibuang dr karter mesin sangat tidak dianjurkan utk dimasukkan lagi ke dalam mesin.
kecuali sebelum dimasukkan di sirkulasi dulu lewat filter (filter oli) dan setelah bersih baru dimasukkan ke mesin
wadah nya juga harus benar2 bersih
Kemarin itu oli Q8 nya baru jalan 300an km dalam waktu seminggu..
Sayang bener klo gak dimasukkan lagi ke mesin


Cara melakukan yang ini : "sebelum dimasukkan di sirkulasi dulu lewat filter (filter oli)" gimana ya om?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
kalo sy sih ganti oli selalu saya liatin dr dekat, baut karter selalu sy semprot degreaser + saya minta kasi teflon tape
lalu kalo nuang oli ke mesin sy anti pake coring, krn biasa si bengkel corong nya dah kotor2
saya bisa nuang oli dr gallon 4 L lgs masuk ke lubang pengisian tanpa corong
bengkel yg teknik nya spt sy itu cuman Siaga Motor - Cikini (skg di Sunter), dulu mrk tuang Yacco yg botol 2 liter, ga pernah pake corong & oli lgs masuk ke lubang pengisian
lalu kalo nuang oli ke mesin sy anti pake coring, krn biasa si bengkel corong nya dah kotor2
saya bisa nuang oli dr gallon 4 L lgs masuk ke lubang pengisian tanpa corong
bengkel yg teknik nya spt sy itu cuman Siaga Motor - Cikini (skg di Sunter), dulu mrk tuang Yacco yg botol 2 liter, ga pernah pake corong & oli lgs masuk ke lubang pengisian
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Mar 11, 2015 14:12
Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Soal e dah expert nuang tanpa corong..... HahahahTurboman wrote:kalo sy sih ganti oli selalu saya liatin dr dekat, baut karter selalu sy semprot degreaser + saya minta kasi teflon tape
lalu kalo nuang oli ke mesin sy anti pake coring, krn biasa si bengkel corong nya dah kotor2
saya bisa nuang oli dr gallon 4 L lgs masuk ke lubang pengisian tanpa corong
bengkel yg teknik nya spt sy itu cuman Siaga Motor - Cikini (skg di Sunter), dulu mrk tuang Yacco yg botol 2 liter, ga pernah pake corong & oli lgs masuk ke lubang pengisian
Sent from my Redmi Note 3 using Tapatalk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Oli mineral 5W30
Om Turbo & suhu2 SM lainnya,
Saya mau tanya, oli mineral 5W30 yg dijual di Indonesia merk apa saja yak?
Saya rencana pakai Liqui Moly Engine flush dengan cara:
1. Buang oli lama
2. Isi oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
3. Tambahkan Liquimoly engine flush.
4. Hidupkan mesin 10 menit dalam keadaan idle untuk bersihkan mesin sesuai petunjuk engine flush
5. Buang lagi olinya
6. Isi oli baru, oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
7. Pakai sampai beberapa ratus km.
8. Kuras oli lagi.
9. Isi dengan oli baru, oli full synthetic Amsoil ASL
Karena boros oli, saya cari 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
Ada info gak, oli apa yg cocok untuk keperluan tersebut?
Thank you in advance
Saya mau tanya, oli mineral 5W30 yg dijual di Indonesia merk apa saja yak?
Saya rencana pakai Liqui Moly Engine flush dengan cara:
1. Buang oli lama
2. Isi oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
3. Tambahkan Liquimoly engine flush.
4. Hidupkan mesin 10 menit dalam keadaan idle untuk bersihkan mesin sesuai petunjuk engine flush
5. Buang lagi olinya
6. Isi oli baru, oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
7. Pakai sampai beberapa ratus km.
8. Kuras oli lagi.
9. Isi dengan oli baru, oli full synthetic Amsoil ASL
Karena boros oli, saya cari 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
Ada info gak, oli apa yg cocok untuk keperluan tersebut?
Thank you in advance
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Oli mineral 5W30
busetdimasapri wrote:Om Turbo & suhu2 SM lainnya,
Saya mau tanya, oli mineral 5W30 yg dijual di Indonesia merk apa saja yak?
Saya rencana pakai Liqui Moly Engine flush dengan cara:
1. Buang oli lama
2. Isi oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
3. Tambahkan Liquimoly engine flush.
4. Hidupkan mesin 10 menit dalam keadaan idle untuk bersihkan mesin sesuai petunjuk engine flush
5. Buang lagi olinya
6. Isi oli baru, oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
7. Pakai sampai beberapa ratus km.
8. Kuras oli lagi.
9. Isi dengan oli baru, oli full synthetic Amsoil ASL
Karena boros oli, saya cari 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
Ada info gak, oli apa yg cocok untuk keperluan tersebut?
Thank you in advance
emang mobilnya dah jalan brp ratus ribu km ?
mesin penuh sludge kah ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: RE: Oli mineral 5W30
Iseng saja Om...Turboman wrote: Mon Apr 17, 2017 3:00busetdimasapri wrote:Om Turbo & suhu2 SM lainnya,
Saya mau tanya, oli mineral 5W30 yg dijual di Indonesia merk apa saja yak?
Saya rencana pakai Liqui Moly Engine flush dengan cara:
1. Buang oli lama
2. Isi oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
3. Tambahkan Liquimoly engine flush.
4. Hidupkan mesin 10 menit dalam keadaan idle untuk bersihkan mesin sesuai petunjuk engine flush
5. Buang lagi olinya
6. Isi oli baru, oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
7. Pakai sampai beberapa ratus km.
8. Kuras oli lagi.
9. Isi dengan oli baru, oli full synthetic Amsoil ASL
Karena boros oli, saya cari 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
Ada info gak, oli apa yg cocok untuk keperluan tersebut?
Thank you in advance
emang mobilnya dah jalan brp ratus ribu km ?
mesin penuh sludge kah ?
Pgn tau seberapa kotor mesinnya & seberapa efektif kerja engine flush.
Makanya pgn pakai engine flush di oli baru.
Biar ketahuan benar2 ada kotoran yg terangkat atau gak.
Kalau oli baru kan masih jernih.
Kalau oli lama yg dituang engine flush, gak ketahuan.
Pakai oli mineral baru selama beberapa ratus km berikutnya untuk buang sisa2 engine flush.
Sdh 160an ribu km sih
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: RE: Oli mineral 5W30
ooo gitudimasapri wrote:Iseng saja Om... [emoji16]Turboman wrote: Mon Apr 17, 2017 3:00busetdimasapri wrote:Om Turbo & suhu2 SM lainnya,
Saya mau tanya, oli mineral 5W30 yg dijual di Indonesia merk apa saja yak?
Saya rencana pakai Liqui Moly Engine flush dengan cara:
1. Buang oli lama
2. Isi oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
3. Tambahkan Liquimoly engine flush.
4. Hidupkan mesin 10 menit dalam keadaan idle untuk bersihkan mesin sesuai petunjuk engine flush
5. Buang lagi olinya
6. Isi oli baru, oli mineral 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
7. Pakai sampai beberapa ratus km.
8. Kuras oli lagi.
9. Isi dengan oli baru, oli full synthetic Amsoil ASL
Karena boros oli, saya cari 5W30 yg murah tapi bukan murahan gak jelas.
Ada info gak, oli apa yg cocok untuk keperluan tersebut?
Thank you in advance
emang mobilnya dah jalan brp ratus ribu km ?
mesin penuh sludge kah ?
Pgn tau seberapa kotor mesinnya & seberapa efektif kerja engine flush.
Makanya pgn pakai engine flush di oli baru.
Biar ketahuan benar2 ada kotoran yg terangkat atau gak.
Kalau oli baru kan masih jernih.
Kalau oli lama yg dituang engine flush, gak ketahuan.
Pakai oli mineral baru selama beberapa ratus km berikutnya untuk buang sisa2 engine flush.
Sdh 160an ribu km sih
katup HLA ?
kalo HLA
- buang oli lama
- ganti filter oli murah
- tuang aja oli SAE 30 curah mesran
- tuang EF (flush)
- idle 40 menit
- buang oli dan filter
- tuang 1 L mesran buat dorong sisa2
pasang filter oli baru dan masukkiin oli baru
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: RE: Re: RE: Oli mineral 5W30
Iya, bener Om Turbo...pakai HLA.Turboman wrote: Mon Apr 17, 2017 3:10ooo gitudimasapri wrote:Iseng saja Om... [emoji16]Turboman wrote: Mon Apr 17, 2017 3:00
buset
emang mobilnya dah jalan brp ratus ribu km ?
mesin penuh sludge kah ?
Pgn tau seberapa kotor mesinnya & seberapa efektif kerja engine flush.
Makanya pgn pakai engine flush di oli baru.
Biar ketahuan benar2 ada kotoran yg terangkat atau gak.
Kalau oli baru kan masih jernih.
Kalau oli lama yg dituang engine flush, gak ketahuan.
Pakai oli mineral baru selama beberapa ratus km berikutnya untuk buang sisa2 engine flush.
Sdh 160an ribu km sih
katup HLA ?
kalo HLA
- buang oli lama
- ganti filter oli murah
- tuang aja oli SAE 30 curah mesran
- tuang EF (flush)
- idle 40 menit
- buang oli dan filter
- tuang 1 L mesran buat dorong sisa2
pasang filter oli baru dan masukkiin oli baru
Mesran SAE 30 aman ya?
Kalau murah, buat dorong sisa2 EF sekalian 4 liter juga gak pa2 deh
Sippp...thanks atas sharing ilmunya Om Turbo
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: RE: Re: RE: Oli mineral 5W30
Maaf Om Turbo, baru perhatikan baik2...Turboman wrote: Mon Apr 17, 2017 3:10 ooo gitu
katup HLA ?
kalo HLA
- buang oli lama
- ganti filter oli murah
- tuang aja oli SAE 30 curah mesran
- tuang EF (flush)
- idle 40 menit
- buang oli dan filter
- tuang 1 L mesran buat dorong sisa2
pasang filter oli baru dan masukkiin oli baru
Idle 40 menit tdk kelamaan?
Takutnya mesin overheat.
Atau mistype, 10 menit mungkin?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: RE: Re: RE: Oli mineral 5W30
emang selama ini kalo macet2 an apa overheat ?dimasapri wrote:Maaf Om Turbo, baru perhatikan baik2...Turboman wrote: Mon Apr 17, 2017 3:10 ooo gitu
katup HLA ?
kalo HLA
- buang oli lama
- ganti filter oli murah
- tuang aja oli SAE 30 curah mesran
- tuang EF (flush)
- idle 40 menit
- buang oli dan filter
- tuang 1 L mesran buat dorong sisa2
pasang filter oli baru dan masukkiin oli baru
Idle 40 menit tdk kelamaan?
Takutnya mesin overheat.
Atau mistype, 10 menit mungkin?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Thu Oct 15, 2015 2:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
bemaiself wrote: Fri Apr 14, 2017 4:49 Om Turbo, kalau pakai oli yang bisa sampai 10.000 km ke atas, filter oli standar dealer apa bisa dipakai selama itu juga?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: RE: Re: RE: Re: RE: Oli mineral 5W30
Selama ini tidak pernah mengalami macet sampai harus berhenti 40 menit sih...jadi gak tau bakal overheat atau tdk.Turboman wrote: Mon Apr 17, 2017 4:37emang selama ini kalo macet2 an apa overheat ?dimasapri wrote:Maaf Om Turbo, baru perhatikan baik2...Turboman wrote: Mon Apr 17, 2017 3:10 ooo gitu
katup HLA ?
kalo HLA
- buang oli lama
- ganti filter oli murah
- tuang aja oli SAE 30 curah mesran
- tuang EF (flush)
- idle 40 menit
- buang oli dan filter
- tuang 1 L mesran buat dorong sisa2
pasang filter oli baru dan masukkiin oli baru
Idle 40 menit tdk kelamaan?
Takutnya mesin overheat.
Atau mistype, 10 menit mungkin?
Jadi sebenarnya masih aman ya jalankan mesin selama 40 menit dalam kondisi idle?
Secara tdk ada hembusan angin tambahan yg membantu radiator fan mendinginkan radiator.
Kuatir kalau gak overheat, olinya gosong
