Sekedar sharing pengalaman saya 5 tahun bersama GL 1.5 Ultimate AT 2011.
Bulan Desember 2015 baru servis 50.000 km. Beda dg cerita para mods diatas, alhamdulillah selama ini belum pernah ada masalah besar. Masalah2 "biasa" yg saya alami:
-Remotnya ga berfungsi di bbrp area di seputaran Bintaro (pake frekuensi gelap kali nih remot

).
-Mesin kadang ngelitik. Biasanya hilang atau at least berkurang sehabis servis rutin dan balik setelah +5000km.
-Cakram depan ga rata sejak taun pertama. Seharusnya bisa klaim ke beres tp krn waktu itu msh tolerable saya ga klaim. Don't follow me, kalo ada gejala pedal rem geter pas ngerem di kecepatan tinggi bagusnya cepet2 klaim.
Spare part yg sdh diganti:
-Aki diganti tahun ke 2. Bukan karena rusak ato ga bisa start tapi sekedar upaya pencegahan berhub sehari-hari dipake istri. Sekarang dah 3 taunan dipake dan belum diganti krn pengen tahu aja batas pemakaiannya hehehe... Oh ya, saya pake GS hybrid dg kapasitas yg sedikit lebih besar dari asli.
-Brake pad depan diganti km 40.000.
-Karet wiper tiap tahun saya ganti utk menghindari kaca baret.
-V belt diganti km 40.000.
-Ban diganti di tahun ke 3. Waktu pake ban standar GL, cengkeramannya parah banget terutama saat nikung. Di tikungan saya cuma berani 50 kpj krn terasa ngebuang. Stlh ganti BS eco* dg ukuran yg sama, nikung 80 kpj msh mantap.
Kaki2, enjin mounting dan slow moving parts lain masih sehat. Padahal ane tinggal di TangSel yg gubernurnya Atut walikotanya Airin, jalanannya butut tapi dibiarin
Bbrp hal yg saya suka dari GL:
+ Reliabilitynya so far so good, no big issue. Ke bengkel tiap servis rutin 10.000 km aja. Saya punya bbrp temen kantor yg pake GL juga dan kita ga pernah dpt masalah.
+ Plat bodi paling tebal di kelasnya. Dibanding HRV 2015 ato ANKI sekalipun msh lebih tebal GL.
+ Build quality paling bagus di kelasnya.
+ Material plastik interior dan busa kursi cukup tebal di R1 & R2. Kualitas lbh bagus dibanding kompetitor walau secara desain sudah membosankan.
+ Racikan suspensi paling pas, cukup nyaman, tidak kekerasan ato keempukan. Produk tetangga ada yg terlalu empuk sampai mengayun seperti perahu n ada yg terlalu keras sampai bikin pusing penumpang.
+ Handling mungkin kalah dr merek H tapi lebih bagus dr yg lain. (Utk memperbaiki handling ane saranin ganti ban standar).
+ EPS bikin setir cukup ringan di kecepatan rendah dan masih stabil di kecepatan tinggi.
Yang menurut saya perlu diperbaiki dari GL:
- Exterior & interior sudah saatnya ganti desain.
- NVH pernah jadi yg terbaik dikelasnya tapi sekarang dikejar kompetitor.
- Mesin loyo di putaran 1750-2500 rpm. Dibawah & diatasnya cukup OK dg transmisi manual/matic konven.
- Harga part slow moving kemahalan.
- Overhang belakang terlalu panjang, bikin susah pas parkir mundur.
- Radius putar lebar padahal wheelbase termasuk kecil.
- Fitur keamanan paling irit
Segitu dulu yang bisa saya ingat. Kalau ada waktu saya sambung lagi.