Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by Salvanost »

ow yg ada lubang kaya buat nempatin semacam tabung ya

kata beres itu ventilasi doank :wkkk:

pantesan aja bentuknya kaya gitu

sunmotor jalan fatmawati jakarta

ganti oli kena 216k

banyak ternyata yg ganti oli
User avatar
ekin87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon Dec 10, 2012 8:38

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by ekin87 »

Salvanost wrote:ow yg ada lubang kaya buat nempatin semacam tabung ya

kata beres itu ventilasi doank :wkkk:

pantesan aja bentuknya kaya gitu

sunmotor jalan fatmawati jakarta

ganti oli kena 216k

banyak ternyata yg ganti oli
Bgmn bro suda bisa direview setelah penggantian oli MMO 5W 30?

Malah jadi nyesal saya setelah ganti 5W 30, ntar klo suda jatah ganti oli mau kembali ke MMO 10W 40
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by Salvanost »

saya malah senang pas ganti 5 w 30
dalam mobil itu lebih hening, dan makin halus
tapi orang2 rumah makin komplain, katanya suara mesin makin kasar
cuma bisa bilang karakter mitsu emang kaya gitu

buat top speed masih nunggu toll sepi
buat FC kayanya ga ada perubahan, masih perlu ubah gaya nyetir
kalau santai 1:10 itu bisa dapat dalkot

justru saya ngerasa ga enak pas make xcs3 + 10w 40
enakan ga make xcs3, oli 10w 40
kasar tapi feelingnya enak

ini foto xcs3nya, ikutin gaya bro claude pasang samping aki aja
salahnya itu akinya lupa dibersihin, jadi ada debu, nempelnya ga kuat
Image

ngomongin xcs3
coba ke mitosi
mereka ada make replikanya
harga 350k
lumayan hemat duidnya :big_peace:
cuma ya saya dah keburu beli xcs3
jaid ga bisa ngasih testi replika xcs3 :mky_01:
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by claude_wallace »

anyway, suara mesin kasar cuma bentar aja kan, abis gitu kembali normal ke suara mesin bensin pada umumnya..
apa mungkin ini pengaruh penggunaan timing chain di mesin 4B11 ya? hmm...
iam3103
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Dec 09, 2012 3:01

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by iam3103 »

Agan-agan OS Owners..
Cuma mau menginformasikan sekaligus mengundang : Minggu 10 Maret 2013 akan diadakan acara Pengukuhan MitOSI (Mitsubishi Outlander Sport Indonesia), untuk info detailnya silahkan cek link FB ini https://www.facebook.com/groups/MOscI/


Thanks,
Ilham
MitOSI #003
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by M-90 »

Salvanost wrote:saya malah senang pas ganti 5 w 30
dalam mobil itu lebih hening, dan makin halus
tapi orang2 rumah makin komplain, katanya suara mesin makin kasar
cuma bisa bilang karakter mitsu emang kaya gitu

buat top speed masih nunggu toll sepi
buat FC kayanya ga ada perubahan, masih perlu ubah gaya nyetir
kalau santai 1:10 itu bisa dapat dalkot

justru saya ngerasa ga enak pas make xcs3 + 10w 40
enakan ga make xcs3, oli 10w 40
kasar tapi feelingnya enak

ini foto xcs3nya, ikutin gaya bro claude pasang samping aki aja
salahnya itu akinya lupa dibersihin, jadi ada debu, nempelnya ga kuat
Image

ngomongin xcs3
coba ke mitosi
mereka ada make replikanya
harga 350k
lumayan hemat duidnya :big_peace:
cuma ya saya dah keburu beli xcs3
jaid ga bisa ngasih testi replika xcs3 :mky_01:


Voltage Stabilizer memang bisa dibikin sendiri Bro,

Ikuti aja petunjuk dari Blog berikut : http://www.saft7.com/bikin-voltage-stab ... obilmotor/

Ane sendiri udah pake voltage stabilizer di Rush dan Avanza. Kebetulan ada temen ane yg bisa buat berdasarkan petunjuk blog tsb.

Biaya komponen berkisar Rp 100 rb s/d Ro 125 rb, tergantung kualitas komponen yg dibeli.

Pengaruh voltage stabilizer tsb BBM relatif lebih irit (tp nggak signifikan), torsi lebih terasa terutama kalo di tanjakan.
User avatar
GLS_SMG
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Mon Feb 04, 2013 15:18

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by GLS_SMG »

gan, bisa minta info merk LED untuk lampu senja dan foglamp yang bagus apa ya. tq
denny3ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: Tue Nov 06, 2012 6:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by denny3ck »

maap, baru buka SM lagi.. :)
claude_wallace wrote: saya tidak pernah bilang kalau MID OS tidak akurat, tetapi pengukuran sekali aja tdk bisa dibuat patokan bahwa FC OS di angka segitu. hehehe..
iya mksd sy sih kalau sy patokan dari MID saja karena hanya kurang sedikit2 dari hitung manual.. akan tetapi setuju juga dgn bro claude, memang benar trial and error tidak bisa dgn percobaan 1x minimal, 5x diambil rata2.. he he he . . . nanti saya coba lagi ya bro . . :cupss:
ekin87 wrote: Secara AVG sebenarnya akurat bro denny, paling meleset 1-2 km / ltr. itu bro Denny pake bbm ap? pertamax / pertamax plus? btw hebat juga bisa sampai 17,2 km / ltr.
itu bbm premium prtmx+,MGO :big_peace:
sebenernya lbh sih cuma yg ke foto 17,2..

tadi di pantura panas bgt innova diesel, innova bensin lagi susul-susulan jadi pengen ngetes OS deh pas lampu merah mereka jalan dulu 6 meter, terus ane lgsg ganti manual paddle shift mode di tebas jauh bgt sama OS saya pdhl cuma tarik smpe 5000RPM ganti loh..
baru kali ini narik ternyata galak bgt ya. gile bener . . ha ha ha . . . :mky_02:
mengingat belum ganti oli bawaan pabrik kendorin gas lagi deh.. besok rencana lgsg ganti Oli ahh.. hi hi hi hi. . .
sibeng
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Thu Jul 19, 2012 21:14
Location: Jogja

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by sibeng »

ngikut lomba MID ya hehehe

Image

Jam 2 pagi jalanan agak menurun sih dari ketinggian 300dpl ke 200dpl, kecepatan rata-rata 60km/jam, jarak tempuh 30km :frm_bang_head:
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by RVR »

Contoh kaki kanan terpelajar
Hehehehe....
denny3ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: Tue Nov 06, 2012 6:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by denny3ck »

kaki kanan terpelajar dan belajar jadi orang sabar :big_peace:

good job bro sibeng...
User avatar
ekin87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon Dec 10, 2012 8:38

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by ekin87 »

claude_wallace wrote:anyway, suara mesin kasar cuma bentar aja kan, abis gitu kembali normal ke suara mesin bensin pada umumnya..
apa mungkin ini pengaruh penggunaan timing chain di mesin 4B11 ya? hmm...
Mungkin karena OS saya belum pake XCS3 bro claude, rencanasih mau pasang cuman bingung di semarang bengkel recommended ada dimana...
sibeng wrote:ngikut lomba MID ya hehehe

Image

Jam 2 pagi jalanan agak menurun sih dari ketinggian 300dpl ke 200dpl, kecepatan rata-rata 60km/jam, jarak tempuh 30km :frm_bang_head:
Good job bro Sibeng, buat orang "gilo" haha
Harusnya OS juga ngadakan touring jakarta - bali kayak Mazda CX-5.

Katanya dengan tangki 56 liter, Mazda CX-5 bisa nempuh jakarta bali tanpa isi bensin sama sekali. Tepatnya 1.118 km, klo dirata2 hampir 1 lter menepuh 20 km. :big_peace:
User avatar
ekin87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon Dec 10, 2012 8:38

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by ekin87 »

denny3ck wrote:kaki kanan terpelajar dan belajar jadi orang sabar :big_peace:

good job bro sibeng...

BTW OS bro denny pasang XCS3? gila klo tanjakan lemot banget ini OS padahal rumah di bukit
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by claude_wallace »

barusan saya konfirmasi ke org KTB.
Mitsubishi Motor Oil itu OEM di PT. Idemitsu Lube Indonesia.
kiddy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Wed Feb 17, 2010 6:14

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by kiddy »

ekin87 wrote:
denny3ck wrote:kaki kanan terpelajar dan belajar jadi orang sabar :big_peace:

good job bro sibeng...

BTW OS bro denny pasang XCS3? gila klo tanjakan lemot banget ini OS padahal rumah di bukit
Di tanjakan lemot? Masa om? Waktu itu liat d cipularang km 90an d tanjakan OS merah kalo enggak salah ngacir banget ampe ilang cepet hahaha
User avatar
ekin87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon Dec 10, 2012 8:38

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by ekin87 »

kiddy wrote:
ekin87 wrote:
denny3ck wrote:kaki kanan terpelajar dan belajar jadi orang sabar :big_peace:

good job bro sibeng...

BTW OS bro denny pasang XCS3? gila klo tanjakan lemot banget ini OS padahal rumah di bukit
Di tanjakan lemot? Masa om? Waktu itu liat d cipularang km 90an d tanjakan OS merah kalo enggak salah ngacir banget ampe ilang cepet hahaha
Klo dari tarikan kencang ya kencang, tapi klo pas tengah2 macet. nah tarikan awalnya (sumpah lemottttttttttttt abes) soalnya dlu saya pakai CRV 2003, itu saja mobil tua masih garang tarikan awalnya.
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by claude_wallace »

hahahaha..
mungkin ada perbedaan settingan ya, di tanjakan sy jg tdk pernah kerasa lemot.
User avatar
GLS_SMG
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Mon Feb 04, 2013 15:18

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by GLS_SMG »

Bro ekin87 di semarang ya. kemarin liat px white full spoiler depan belakang mondar mandir di daerah peterongan, apa itu punya bro ya? ga liat plat nomornya sih.
kalo mo cari xcs3 boleh ane temenin kl pas ane lg free, kebetulan ane di semarang juga. ane jg baru pasang xcs3 nih ditoko langganan.
denny3ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: Tue Nov 06, 2012 6:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by denny3ck »

ekin87 wrote: BTW OS bro denny pasang XCS3? gila klo tanjakan lemot banget ini OS padahal rumah di bukit
Saya pasang xcs3 dari pertama pakai OS bro, jauh banget beda tenaganya.. :frm_tumbright:

Btw di tanjakan lbh enak OS loh daripada cx5.. karena saya pernah coba keduanya di tanjakan di mall artha gading yg sangat curam, berhenti di tgh2 stop and go, OS lumayan bertenaga kok, enaklah tdk terlalu di bejek juga.. cx5 harus bejek abis baru jalan klo gak bejek boyo bgt euy, mungkin ini kelemahan cx5 di tanjakan, kebantu hill start assist aja gak mundur.

oya, kmrn abis italian tune up jadi lbh enak nih OS nya.. jadi lbh enteng.. apa cuma perasaan saya aja ya? :wkkk:

OS red plat semarang H 2222 siapa kah ini minggu kmrn mampir kota tegal nih papasan di lampu merah McD.. he he he..
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by Salvanost »

hari ini tol sepi...langsung test triptronic...

pas tekan paddle shift D berubah jadi 6.
heran... "kok 6..." saya coba tekan up lagi, ga berubah, berarti 6 paling tinggi
mungkin karena dah 80kpj (ini first time saya make triptronic)

nah itu rpm masih 1000an....
saya tekan pedal 50%.... rpm ga naik...
70% rpm masih ga naik....
tekan full 100% rpm naik dikit2
speed baru 100kpj sekitar 5detik 110kpj
lemot...
naik lagi 120kpj rpm baru nyentuh angka 2000
heran... saya tetap tekan gas
130kpj 140kpj... rpm mau ke 3000
berhubung sepi masih berani, tetap hajar
mau tau top speed bisa berapa...
tiba2... kecium bau gosong nyengat
kaget...
langsung pelan2 turunin speed ke 80kpj, ganti ke D

lupa matiin ac, panik, saya matiin acnya
trus saya naikin speed lagi masih di transmisi D, baru rpmnya responsive gampang ke angka 3000
saya kirain ada masalah di xcsnya makanya rpm ga mau naik
cepat ke 110kpj

buka jendela
anginin mobil
test triptronic lagi
tekan paddle shift, lagi2 angka 6
tapi saya turunin dulu ke angka 4,
baru deh rpm responsive
kemudian iseng2 ke angka 5 maish responsive

bau2 ga muncul... mungkin karena mentok di 120kpj
pas sampai rumah saya buka kabin mesin, ga ada bau...
ntar iseng2 ke beres deh besok, sekalian tanya2
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by claude_wallace »

bro salvanost kalau aktifin triptronic, tarik paddle kiri atau kanan?
mungkin pakai paddle kanan ya, jadinya selalu dapat 1 tingkat di gigi awal waktu itu (kemungkinan gigi 5), yaitu gigi 6.
OS paling terasa responsif setelah RPM 4k (torsi puncak). jadi misal masuk model triptronic, turunin terus giginya, sampai dapat rpm 4k.

soal bau gosong, itu adalah endapan di catalytic converter yg terbakar saat kita berada di rpm tinggi.
setelah endapan terbakar, kita bawa mobil di rpm tinggi lg beberapa saat setelah itu, tentu baunya sudah hilang.
tetapi coba pakai santai lagi beberapa hari, lalu tarik lagi sampai rpm tinggi, pasti bau gosongnya timbul lg. karena endapannya sudah terkumpul lagi.

bau gosong karena endapan terbakar itu wajar, mungkin hampir semua mobil mengalamin ini.
salahnya KTB kenapa tdk bisa membuat OS kedap bau dari arah catalytic seperti beberapa mobil lain.
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by claude_wallace »

ini respon KTB kemarin dari surat pembaca di jawa pos beberapa waktu lalu..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
denny3ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: Tue Nov 06, 2012 6:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by denny3ck »

bro salvanost itu emg wangi aroma therapi nya OS.. :wkkk:

IMO ya bro saya bantu jawab, di semua mobil baik transmisi manual maupun otomatis kalau mau ditarik dan ingin akselerasi mesin mobil RPM jgn rendah pake gigi tinggi donk, tentu saja ilang tenaga alias ngempos dan boros bbm.. bro salvanost ganti ke D di teken gas 50% lgsg naik kan RPM nya? kalau di teken lebih dalam lagi akan turun gigi lagi tuh bro.. itu artinya ECU membaca secara otomatis turun ke gigi lbh rendah sesuai kebutuhan gas si driver menginginkan akselerasi.. triptonik OS enak kok maen aja di atas 4000RPM bro..
oya jgn lupa start paddle shift pakai yg kiri bro sesuai bacaan "ON/-" jadi langsung turun gigi misalkan 80kmpj mulai di gigi 5, kalau start dari kanan ya lgsg 6 donk tulisannya kan "OFF/+". :upss:

bener yg di katakan bro claude_wallance, wangi sangit nya sdh mulai berkurang tidak terlalu pedas dan menyengat, OS sy di 4000km.. dan keluar wanginya kalau pakai full D kalau pakai manual jarang sekali wangi keluar..
User avatar
ekin87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon Dec 10, 2012 8:38

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by ekin87 »

GLS_SMG wrote:Bro ekin87 di semarang ya. kemarin liat px white full spoiler depan belakang mondar mandir di daerah peterongan, apa itu punya bro ya? ga liat plat nomornya sih.
kalo mo cari xcs3 boleh ane temenin kl pas ane lg free, kebetulan ane di semarang juga. ane jg baru pasang xcs3 nih ditoko langganan.
Liatnya Hari ap bro? plat nomernya pasti hafal koq, H 777 haha
Saya rutenya klo kantor, lewat tol gayam lsg ke kiri arah supriyadi sampe arteri sukarno hatta.
Klo lewat peterongan ada jam2 tertentu bro.
bole2 bro, tlg pm nomer hpnya bro. Kita kontek2 via hp saja.
User avatar
ekin87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon Dec 10, 2012 8:38

Re: Mitsubishi Outlander Sport 2012 - PART 02

Post by ekin87 »

claude_wallace wrote:hahahaha..
mungkin ada perbedaan settingan ya, di tanjakan sy jg tdk pernah kerasa lemot.
wah benar ini pasti perbedaan di XCS3, padahal ini OS dr awal selalu isi pertamax. sumpah lemot banget klo ditanjakan.
Memangnya perbedaannya di settingan ap ya bro claude? bukannya semuanya harusnya standart sama kan ya?

Ada yg bisa kasi info ga ini untuk pemasangan XCS3 di bengkel yg recommended ?? Klo memang ngefek langsung saya pasang ini, plg males klo balik rumah liat tanjakan. padahal rumah ada di bukit (masa ini mobil harus terbang ?? :mky_05: )