AD74YA wrote:Saya pribadi tidak ada masalah dengan merk mobil apapun, apalagi jepang.. Untuk nissan khususnya dulu sempat mengganti Innova 2.7 ke GL di tahun 2008, karena GL terkenal dengan iritnya. Begitu mobilnya sampai dirumah saya sehari, stnk belum ada, saya bawa keliling bersama keluarga. Besok hari ya spk GL diganti ke Serena karena ortu tidak suka dengan space GL.. Akhirnya sejak itu menggunakan Serena..
2 tahun jalan, tidak ada masalah dengan konsumsi BBM meskipun terhitung cukup boros dan nyaris kena masalah fuel pump.. Tetapi ada masalah dengan kualitas kabin bagian belakang.. Satu demi satu klip panelnya lepas, dan timbulnya rattling parah sekeliling interior... Sempat dibawa ke tukang audio untuk dikencengin lagi tetap terulang masalah yg sama.. Akhirnya tahun ini ada rejeki untuk ganti ke Mazda8.. Cukup mengagetkan dengan 2300cc dan performa lebih besar, konsumsi BBM nya sama dengan serena.. Dan yg pasti lebih nyaman..
Nissan lain yg dimiliki diantara keluarga besar saya adalah Juke dan sering sekali saya menggunakannya.. Bahkan reviewnya sudah saya buat disini...
Kembali ke NV, ane rasa mobil ini akan jadi suksesor yang cocok untuk mengganti GL... Mobil seperti ini yg dibutuhkan konsumen indonesia.. Tapi ane yakin om fusion.. Ente Pasti merasa lebih nyaman GL dibanding NV....
Cmiiw
Sama lah om seperti halnya motor juga.. Tergantung kebutuhan saat itu bagaimana.. Saya ngga tutup mata dengan merk lain. Tapi saya milih satu merk yang jauh lebih lama dikenal masyarakat, semata2 memang kelebihan2nya itu lah yang saya butuhkan..
Dulu jaman pertama merantau ke jakarta, montor buat kerja aja masih pinjem motor om: Shogun 125 dobel mata pertama. Buat pekerjaan sales saat tu, bawa shogun untuk ngiderin barang, jelas makan ati om, gimana kagak, wong dibawa speed 40 kpj aja, bengsinnya 1:35. Saya coba pakai petromax atau Primax 92, cuman jadi seliter untuk 40km. Padahal rutenya paling jauh dari Bojonggede ke Tigaraksa. Menengah, ke daerah Larangan. Udah gitu, pantat ampun ampunan om jarak jauh segitu speed cuman 40kpj. Cuman, yaa maknyoss banget kalo buat ngejar waktu dari Kunciran via BSD ke Bojonggede. Macam udh dikejar macan, kepegang kok 35 menit sampe bojonggede. Tapi yaa abis itu nangis bombay aja ama bengsinnya...
Ga kuat nombokin bengsinnya, ane pindah kerja. Dapet di Thamrin. Rute Serpong Thamrin awal2 dijabanin pake kereta. Setelah lumayan dapet posisi, ane beraniin coba beli motor.
Nah, berawal dari kapoknya pakai Shogun, ane sempet kepikir beli Jupi MX, secara ane pernah pinjem punya adek sepupu. Riding position nya enak, ga bikin pegel kaki kayak Shogun. Tarikan enak smooth, diajak pelan, okey. Water cooled pulak.. Tapi karena melihat rute harian ane yang 75-80km pp sehari, taroh kata bbm nya 1:40, berarti habis 2 liter sehari. Gile bener! Boros mampus lah!! Daripada Jupie MX, masih mending ane tebus balik Force1 ane yang ane lego! Lah Force1 kalo 1:40 aja mah sanggup!
Akhirnya ane pilih Repoh 100cc. Kalo riding alus, bisa tembus 1 liter untuk 65km. Kalo lagi macet mampus, paling jebolnya ke 1:50. Lumayan, 1 hari hanya 1 liter lebih dikit. Pulang kerja hari kedua bisa ngisi lagi. Atau, berangkat kerja hari ketiga, baru ngisi. Dan ane pilih nih Repoh dibanding motor 'laki', semata karena kepraktisan aja. Masih enakan GL-Pro kemana mana lah, minus ngeslah kick starternya lo! GL-Pro aja masih sanggup 1:45 untuk bensinnya. Tapi, kalo bini mau pake kan repot, kalo misalnya pas Honda Grand dia bermasalah.
Yasud, sampe detik ini, ane masih pertahanin itu Repoh, walopun untuk saat ini, nebus motor baru macam new Jupie MX plus modalin bensin ama perawatannya udh lebih dari cukup, tapi ane ngga mau.. Yang ane butuhin ya yang sekarang ada ini.
So, milih berdasar kebutuhan. Saya butuhnya motor yang irit, ngrawat gampang, bahkan seperti sekarang, udh jalan 7000km belum serpis, cuman ganti oli tiap 5000-6000km, masih maknyoss... paling pas speed 90kpj, skrg udh brasa geter-geter di setangnya. Ini juga baru ganti 2 ban luar, 1 ban dalam belakang plus stel pelek pelek, jatuhnya hanya 225rb. Pakai Ban IRC size Grand depan belakang kembangan jadul.
Ban yang lama, ban depan bertahan 2 taon. Yang belakang 1 taon. Cukup bersahabat di kantong kan!
So, saya pakai yang banyak dipakai orang untuk produk motor maupun mobil, bukan latah, tapi karena memang ORANG LAIN lah yang juga sudah membuktikannya.
Ogah nyoba-nyoba.. Bukan level juragan, ... duit really does matter lah... Daripada ntar ngga sreg, mo jual lagi makan ati, tetep dipake malah bikin nelangsa kan?
Just my 2 cents..
