Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by purrfect »

VanzMatic wrote:
purrfect wrote:
VanzMatic wrote: per 8 bulan...atau 6500-an km.... :ungg: :ungg: :ungg:
saya malah ganti oli mesin di 10.000 km biasanya juga lewat dikit trus gantinya itu tiap 4-6 bulan.
-cut-
ngng..maksut ane, 8 bulan itu baru jalan 6500km.... :ungg: :ungg:
banyakan diperem di garasi juga ya om :upss:
Image
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10470
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ak4ng »

maklum.... apanja om vm biar beranak diperem di garasi.......
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

purrfect wrote:
VanzMatic wrote: per 8 bulan...atau 6500-an km.... :ungg: :ungg: :ungg:
saya malah ganti oli mesin di 10.000 km biasanya juga lewat dikit trus gantinya itu tiap 4-6 bulan.

oli gardan sejak ganti di posisi odometer 19.000km 2 tahun yang lalu belum diganti (posisi odometer sekarang 65.435 km :big_peace: )
pake oli mesin nya apaan om ?? full synthetic atau semi synthetic ?? kalo semi sehhh ane saranin jangan.. terlalu sadis utk mesin apalagi utk rute jakarta yg macet mulu... ane pake oli semi syn merek apa aja, kalo uda masuk 3000-4000an km aja uda ga enak... pasti mesin ada glitik, trus respon mesin jg agak ga enak...

gardan ama transmisi jg jgn terlalu lama gt kaga diganti om... namanya oli, tiap hari kena gesekan atau panas, biarpun ga separah di ruang mesin tp tetep aja bikin oli jadi terdegradasi... normal nya sehh 40 rebu atau 2 taon lahh.. mana yg tercapai terlebih dahulu... tapi kalo hobi lari di tol atau rute nya emang tol mulu.. musti lebi cepet tuh ganti oli gardan ama transmisi nya..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ilhami »

di forum sebelah sebaiknya oli diganti tiap 250 jam @60 kpj=15.000km, @20kpj=5000km. Masuk akal nggak tuh?
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by solar_kerosen »

ilhami wrote:di forum sebelah sebaiknya oli diganti tiap 250 jam @60 kpj=15.000km, @20kpj=5000km. Masuk akal nggak tuh?

kalau buat Angkot atau bus masuk akal deh belum lagi ditambah bbm subsidi yg murah dan kotor tapi mobil mobil mewah kayaknya gak deh paling pake feeling aja karena jakarta tau sendiri macet otomotis mesinkan jalan terus lihat aja feeling kaya kata turboman kalau udah mesin gak ngerasa enak biar belum 10 ribu ganti aja olinya
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

ilhami wrote:di forum sebelah sebaiknya oli diganti tiap 250 jam @60 kpj=15.000km, @20kpj=5000km. Masuk akal nggak tuh?
parameter nya darimana yahh mreka bisa mematok angka sgitu... kalo ane sehh lebi percaya feeling pas nyetir aja yahh... tohh scara kita tiap ari berinteraksi dgn mobil tsb... sgala kekurangan atau ada yg ga enak sekecil apapun jg pasti kita yg ngerasain sendiri... :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10470
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ak4ng »

lha emg pake mobil bisa konstan 60 kpj terus??
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by purrfect »

DOHC wrote:
purrfect wrote: saya malah ganti oli mesin di 10.000 km biasanya juga lewat dikit trus gantinya itu tiap 4-6 bulan.

oli gardan sejak ganti di posisi odometer 19.000km 2 tahun yang lalu belum diganti (posisi odometer sekarang 65.435 km :big_peace: )
pake oli mesin nya apaan om ?? full synthetic atau semi synthetic ?? kalo semi sehhh ane saranin jangan.. terlalu sadis utk mesin apalagi utk rute jakarta yg macet mulu... ane pake oli semi syn merek apa aja, kalo uda masuk 3000-4000an km aja uda ga enak... pasti mesin ada glitik, trus respon mesin jg agak ga enak...

gardan ama transmisi jg jgn terlalu lama gt kaga diganti om... namanya oli, tiap hari kena gesekan atau panas, biarpun ga separah di ruang mesin tp tetep aja bikin oli jadi terdegradasi... normal nya sehh 40 rebu atau 2 taon lahh.. mana yg tercapai terlebih dahulu... tapi kalo hobi lari di tol atau rute nya emang tol mulu.. musti lebi cepet tuh ganti oli gardan ama transmisi nya..
mesin dulunya make elf 10w-40 sintetik, trus ganti ke idemitsu eco 10w-30 mineral sekarang pake SGO 5w-30 sintetik. ganti di tiap 10.000 km karena mobil banyakan diperem.

tapi mau cari sintetik yang 10w-30 lagi.... pake 5w-30 kaki masih blum lulus sekolah.

oli gardan make shell spirax 80w-90 & transmisi shell spirax juga yang 75w-90.

soalnya udah ada pembuktian dari KR temen yang odometr udah 400 ribuan ganti oli gardan + transmisi di 100.000. kopling & gardan masih sehat wal-afiat sejak mobil dibeli tahun 93 :upss:

tapi saya sih penasaran aja mau coba ganti di 80.000 km
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

ngomong2 mobil nya apaan om ??

kalo 10W-30 biasa ane pake yg semi syn... ada petronas, oli nissan, atau pake yg kluaran mobil1... lumayan harga dibawah 100 rebu... tapi entah knapa yah, kalo yg 10W-30, ane ngerasa kalo lagi macet2an... mesin jadi gampang glitik... ini emang mesin ane uda banyak kerak nya atau emang karakter oli nya ga cocok buat disiksa panas2 an macet gt... tolong pencerahan nya donkkk para ahli2 oli...

mengenai oli gardan dan transmisi.... ada tuh apanja temen bokap... skrg kalo masuk gigi 1 atau lagi jalan mundur, ada bunyi dengung kenceng banget... nahh tuh owner nya kaga perna ganti tuh oli transmisi ama gardan, padahal tuh mobil uda jalan 100an rebu km lebih, tiap ari jadi kuda perang ngangkut barang dagangan... ga tau dehh ini ada korelasi ama oli yg ga perna diganti atau karena faktor lain..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ilhami »

ak4ng wrote:lha emg pake mobil bisa konstan 60 kpj terus??
kita nggak akan bisa konstan kecepatannya. Makanya seandainya ada engine hour meter, trus dibandingkan dengan odometer yang ditempuh. Bisa ketahuan berapa rata-rata kecepatan kita.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

200 jam adalah lumrah, kalau di per-genset-an, misalkan denyo kalau ndak salah 200jam
User avatar
purrfect
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Thu Oct 20, 2011 6:52

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by purrfect »

DOHC wrote:ngomong2 mobil nya apaan om ??

kalo 10W-30 biasa ane pake yg semi syn... ada petronas, oli nissan, atau pake yg kluaran mobil1... lumayan harga dibawah 100 rebu... tapi entah knapa yah, kalo yg 10W-30, ane ngerasa kalo lagi macet2an... mesin jadi gampang glitik... ini emang mesin ane uda banyak kerak nya atau emang karakter oli nya ga cocok buat disiksa panas2 an macet gt... tolong pencerahan nya donkkk para ahli2 oli...

mengenai oli gardan dan transmisi.... ada tuh apanja temen bokap... skrg kalo masuk gigi 1 atau lagi jalan mundur, ada bunyi dengung kenceng banget... nahh tuh owner nya kaga perna ganti tuh oli transmisi ama gardan, padahal tuh mobil uda jalan 100an rebu km lebih, tiap ari jadi kuda perang ngangkut barang dagangan... ga tau dehh ini ada korelasi ama oli yg ga perna diganti atau karena faktor lain..
:ungg: karapel bantet :upss:

soalnya platform tes ujinya make pitara epi punya temen taun 93, tiap ganti oli gardan & transmisi di kelipatan 100.000 km.... ikut cara dia sih sejak di bantet ganti oli gardan - transmisi di 19.000 km sampe sekarang udah 65.000-an km nggak pernah ada masalah tuh.
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

ZombiEE wrote:200 jam adalah lumrah, kalau di per-genset-an, misalkan denyo kalau ndak salah 200jam
bang jemb... ipah nt dipakein oli delvac yg kentel itu yahh ?? ad bunyi2 ga kalo start pagi ??... ane sejak pake yg 10W-40 skrg koq kadang suka ada bunyi2 tek2 gt yahh... waktu pake yg 10W-30 ga ada tuh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Kaga ada chiong
5w-40 start up kan encer...‎​Ђåђåђå ‎​=)) Ђåђåђå™
10w40 jauh lebih kental umum nya dr 10w30:)
Delvac 1 selama ane pakai aman saja dan terus terang degradasi performa berdasarkan butt dyno sih konsisten:)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

entahlah jemb.. di ipah ane ane perhatiin sehh kaya gt... kalo start up pagi2.. kadang bisa kluar suara tek2.. tapi kadang kaga... kaga keras sehh.. cuman kalo ane buka kap mesin dan dengerin bener2 aja baru berasa... kalo waktu pake oli yg 10W-30 kaga ada malah...

di lipina ane malah lebi gawat... pake 10W-40 kalo start pagi, ane buka kap mesin itu berasa banget suara tek2 nya... bener2 ga ramah ini mesin nissan ama oli 10W-40...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Kalau nissan lebih manja....t31 ane pnh bunyi HLA nya gara2 oli 5w50.....
Saya rasa tek tek tek itu suara fuel pulse nya......itu bunyi lgsg ilang atau gmn chiong?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

beda jemb... kalo yg tik2 (instead tek2) kalo yg ane denger sehh itu terus2an... emang itu suara dari fuel injection atau dari fuel rail nya...

tapi kalo yg suara tek2 ini, kedengeran di skitaran enjin head nya... nahh ini sehh ga bunyi terus2an... cuman pas baru nyala aja... nahh ntar ga lama jg ilang suaranya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Nah kalau mcm gitu setau saya yg cupu antara karbon menumpuk atau oli nya kurang encer...cmiiw
Kan tek2 nya ilang kalau mesin panas kan?
Bisa jg rantai keteng nya:)
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Profith83 »

DOHC wrote:beda jemb... kalo yg tik2 (instead tek2) kalo yg ane denger sehh itu terus2an... emang itu suara dari fuel injection atau dari fuel rail nya...

tapi kalo yg suara tek2 ini, kedengeran di skitaran enjin head nya... nahh ini sehh ga bunyi terus2an... cuman pas baru nyala aja... nahh ntar ga lama jg ilang suaranya...
Betul bunyi tek 2x kalau pagi start antara 0.5 -1 menit ilang, pakai olie beli dan ganti di AUTO 2000 yaitu Catrol Magnatec. Itu 10-40 yah sepertinya ?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

kalo rante keteng kan kena oli terus jemb... masa cuman pas pagi doank bunyi.. ane curiga dari klep2 HLAnya tuh... oli kentel rada lama naek kesana nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

Profith83 wrote:
DOHC wrote:beda jemb... kalo yg tik2 (instead tek2) kalo yg ane denger sehh itu terus2an... emang itu suara dari fuel injection atau dari fuel rail nya...

tapi kalo yg suara tek2 ini, kedengeran di skitaran enjin head nya... nahh ini sehh ga bunyi terus2an... cuman pas baru nyala aja... nahh ntar ga lama jg ilang suaranya...
Betul bunyi tek 2x kalau pagi start antara 0.5 -1 menit ilang, pakai olie beli dan ganti di AUTO 2000 yaitu Catrol Magnatec. Itu 10-40 yah sepertinya ?
yup, magnatec sgitu tingkatan nya om...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Kalau gitu kudu oli encer chiong....sama kaya t31 itu sindrom nya
Paling terasa kalau cuaca pagi agak sejuk...bunyi dah
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

kaya nya sehh gt jemb... cuman susah nya.. oli 10W-30 rada susah nyari nya... di jakarta cuman tempat2 tertentu jual nya... mana jauh2 smua dari rumah ane pula... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Beli bulk lah chiong....ane jg beli bulk..‎​Ђåђåђå ‎​=)) Ђåђåђå™
5w30....ga pernah nguap....
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

wahh hebat... kalo di ipah ama lipina ane.. biar kata ane pakein 10W-30 atau 40... 2 2 nya sama aja nguap nya jemb.. per 1000 km pasti musti tambah kira2 100an cc oli... ipah malah kadang agak extreem... bisa2 per 1000 km nambah 300an cc...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: