Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
VanzMatic wrote:
per 8 bulan...atau 6500-an km....
saya malah ganti oli mesin di 10.000 km biasanya juga lewat dikit trus gantinya itu tiap 4-6 bulan.
oli gardan sejak ganti di posisi odometer 19.000km 2 tahun yang lalu belum diganti (posisi odometer sekarang 65.435 km )
pake oli mesin nya apaan om ?? full synthetic atau semi synthetic ?? kalo semi sehhh ane saranin jangan.. terlalu sadis utk mesin apalagi utk rute jakarta yg macet mulu... ane pake oli semi syn merek apa aja, kalo uda masuk 3000-4000an km aja uda ga enak... pasti mesin ada glitik, trus respon mesin jg agak ga enak...
gardan ama transmisi jg jgn terlalu lama gt kaga diganti om... namanya oli, tiap hari kena gesekan atau panas, biarpun ga separah di ruang mesin tp tetep aja bikin oli jadi terdegradasi... normal nya sehh 40 rebu atau 2 taon lahh.. mana yg tercapai terlebih dahulu... tapi kalo hobi lari di tol atau rute nya emang tol mulu.. musti lebi cepet tuh ganti oli gardan ama transmisi nya..
ilhami wrote:di forum sebelah sebaiknya oli diganti tiap 250 jam @60 kpj=15.000km, @20kpj=5000km. Masuk akal nggak tuh?
kalau buat Angkot atau bus masuk akal deh belum lagi ditambah bbm subsidi yg murah dan kotor tapi mobil mobil mewah kayaknya gak deh paling pake feeling aja karena jakarta tau sendiri macet otomotis mesinkan jalan terus lihat aja feeling kaya kata turboman kalau udah mesin gak ngerasa enak biar belum 10 ribu ganti aja olinya
ilhami wrote:di forum sebelah sebaiknya oli diganti tiap 250 jam @60 kpj=15.000km, @20kpj=5000km. Masuk akal nggak tuh?
parameter nya darimana yahh mreka bisa mematok angka sgitu... kalo ane sehh lebi percaya feeling pas nyetir aja yahh... tohh scara kita tiap ari berinteraksi dgn mobil tsb... sgala kekurangan atau ada yg ga enak sekecil apapun jg pasti kita yg ngerasain sendiri...
purrfect wrote:
saya malah ganti oli mesin di 10.000 km biasanya juga lewat dikit trus gantinya itu tiap 4-6 bulan.
oli gardan sejak ganti di posisi odometer 19.000km 2 tahun yang lalu belum diganti (posisi odometer sekarang 65.435 km )
pake oli mesin nya apaan om ?? full synthetic atau semi synthetic ?? kalo semi sehhh ane saranin jangan.. terlalu sadis utk mesin apalagi utk rute jakarta yg macet mulu... ane pake oli semi syn merek apa aja, kalo uda masuk 3000-4000an km aja uda ga enak... pasti mesin ada glitik, trus respon mesin jg agak ga enak...
gardan ama transmisi jg jgn terlalu lama gt kaga diganti om... namanya oli, tiap hari kena gesekan atau panas, biarpun ga separah di ruang mesin tp tetep aja bikin oli jadi terdegradasi... normal nya sehh 40 rebu atau 2 taon lahh.. mana yg tercapai terlebih dahulu... tapi kalo hobi lari di tol atau rute nya emang tol mulu.. musti lebi cepet tuh ganti oli gardan ama transmisi nya..
mesin dulunya make elf 10w-40 sintetik, trus ganti ke idemitsu eco 10w-30 mineral sekarang pake SGO 5w-30 sintetik. ganti di tiap 10.000 km karena mobil banyakan diperem.
tapi mau cari sintetik yang 10w-30 lagi.... pake 5w-30 kaki masih blum lulus sekolah.
oli gardan make shell spirax 80w-90 & transmisi shell spirax juga yang 75w-90.
soalnya udah ada pembuktian dari KR temen yang odometr udah 400 ribuan ganti oli gardan + transmisi di 100.000. kopling & gardan masih sehat wal-afiat sejak mobil dibeli tahun 93
tapi saya sih penasaran aja mau coba ganti di 80.000 km
kalo 10W-30 biasa ane pake yg semi syn... ada petronas, oli nissan, atau pake yg kluaran mobil1... lumayan harga dibawah 100 rebu... tapi entah knapa yah, kalo yg 10W-30, ane ngerasa kalo lagi macet2an... mesin jadi gampang glitik... ini emang mesin ane uda banyak kerak nya atau emang karakter oli nya ga cocok buat disiksa panas2 an macet gt... tolong pencerahan nya donkkk para ahli2 oli...
mengenai oli gardan dan transmisi.... ada tuh apanja temen bokap... skrg kalo masuk gigi 1 atau lagi jalan mundur, ada bunyi dengung kenceng banget... nahh tuh owner nya kaga perna ganti tuh oli transmisi ama gardan, padahal tuh mobil uda jalan 100an rebu km lebih, tiap ari jadi kuda perang ngangkut barang dagangan... ga tau dehh ini ada korelasi ama oli yg ga perna diganti atau karena faktor lain..
ak4ng wrote:lha emg pake mobil bisa konstan 60 kpj terus??
kita nggak akan bisa konstan kecepatannya. Makanya seandainya ada engine hour meter, trus dibandingkan dengan odometer yang ditempuh. Bisa ketahuan berapa rata-rata kecepatan kita.
kalo 10W-30 biasa ane pake yg semi syn... ada petronas, oli nissan, atau pake yg kluaran mobil1... lumayan harga dibawah 100 rebu... tapi entah knapa yah, kalo yg 10W-30, ane ngerasa kalo lagi macet2an... mesin jadi gampang glitik... ini emang mesin ane uda banyak kerak nya atau emang karakter oli nya ga cocok buat disiksa panas2 an macet gt... tolong pencerahan nya donkkk para ahli2 oli...
mengenai oli gardan dan transmisi.... ada tuh apanja temen bokap... skrg kalo masuk gigi 1 atau lagi jalan mundur, ada bunyi dengung kenceng banget... nahh tuh owner nya kaga perna ganti tuh oli transmisi ama gardan, padahal tuh mobil uda jalan 100an rebu km lebih, tiap ari jadi kuda perang ngangkut barang dagangan... ga tau dehh ini ada korelasi ama oli yg ga perna diganti atau karena faktor lain..
karapel bantet
soalnya platform tes ujinya make pitara epi punya temen taun 93, tiap ganti oli gardan & transmisi di kelipatan 100.000 km.... ikut cara dia sih sejak di bantet ganti oli gardan - transmisi di 19.000 km sampe sekarang udah 65.000-an km nggak pernah ada masalah tuh.
ZombiEE wrote:200 jam adalah lumrah, kalau di per-genset-an, misalkan denyo kalau ndak salah 200jam
bang jemb... ipah nt dipakein oli delvac yg kentel itu yahh ?? ad bunyi2 ga kalo start pagi ??... ane sejak pake yg 10W-40 skrg koq kadang suka ada bunyi2 tek2 gt yahh... waktu pake yg 10W-30 ga ada tuh...
Kaga ada chiong
5w-40 start up kan encer...Ђåђåђå =)) Ђåђåђå™
10w40 jauh lebih kental umum nya dr 10w30:)
Delvac 1 selama ane pakai aman saja dan terus terang degradasi performa berdasarkan butt dyno sih konsisten:)
entahlah jemb.. di ipah ane ane perhatiin sehh kaya gt... kalo start up pagi2.. kadang bisa kluar suara tek2.. tapi kadang kaga... kaga keras sehh.. cuman kalo ane buka kap mesin dan dengerin bener2 aja baru berasa... kalo waktu pake oli yg 10W-30 kaga ada malah...
di lipina ane malah lebi gawat... pake 10W-40 kalo start pagi, ane buka kap mesin itu berasa banget suara tek2 nya... bener2 ga ramah ini mesin nissan ama oli 10W-40...
Kalau nissan lebih manja....t31 ane pnh bunyi HLA nya gara2 oli 5w50.....
Saya rasa tek tek tek itu suara fuel pulse nya......itu bunyi lgsg ilang atau gmn chiong?
beda jemb... kalo yg tik2 (instead tek2) kalo yg ane denger sehh itu terus2an... emang itu suara dari fuel injection atau dari fuel rail nya...
tapi kalo yg suara tek2 ini, kedengeran di skitaran enjin head nya... nahh ini sehh ga bunyi terus2an... cuman pas baru nyala aja... nahh ntar ga lama jg ilang suaranya...
Nah kalau mcm gitu setau saya yg cupu antara karbon menumpuk atau oli nya kurang encer...cmiiw
Kan tek2 nya ilang kalau mesin panas kan?
Bisa jg rantai keteng nya:)
DOHC wrote:beda jemb... kalo yg tik2 (instead tek2) kalo yg ane denger sehh itu terus2an... emang itu suara dari fuel injection atau dari fuel rail nya...
tapi kalo yg suara tek2 ini, kedengeran di skitaran enjin head nya... nahh ini sehh ga bunyi terus2an... cuman pas baru nyala aja... nahh ntar ga lama jg ilang suaranya...
Betul bunyi tek 2x kalau pagi start antara 0.5 -1 menit ilang, pakai olie beli dan ganti di AUTO 2000 yaitu Catrol Magnatec. Itu 10-40 yah sepertinya ?
kalo rante keteng kan kena oli terus jemb... masa cuman pas pagi doank bunyi.. ane curiga dari klep2 HLAnya tuh... oli kentel rada lama naek kesana nya...
DOHC wrote:beda jemb... kalo yg tik2 (instead tek2) kalo yg ane denger sehh itu terus2an... emang itu suara dari fuel injection atau dari fuel rail nya...
tapi kalo yg suara tek2 ini, kedengeran di skitaran enjin head nya... nahh ini sehh ga bunyi terus2an... cuman pas baru nyala aja... nahh ntar ga lama jg ilang suaranya...
Betul bunyi tek 2x kalau pagi start antara 0.5 -1 menit ilang, pakai olie beli dan ganti di AUTO 2000 yaitu Catrol Magnatec. Itu 10-40 yah sepertinya ?
kaya nya sehh gt jemb... cuman susah nya.. oli 10W-30 rada susah nyari nya... di jakarta cuman tempat2 tertentu jual nya... mana jauh2 smua dari rumah ane pula...
wahh hebat... kalo di ipah ama lipina ane.. biar kata ane pakein 10W-30 atau 40... 2 2 nya sama aja nguap nya jemb.. per 1000 km pasti musti tambah kira2 100an cc oli... ipah malah kadang agak extreem... bisa2 per 1000 km nambah 300an cc...