Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by VanzMatic »

DOHC wrote:mending tetep hajar api sm dehh drpd pake NGO... itu oli sama caur nya sperti QC nya si pabrikan batu makam... baru dipake 2000an km aja uda drop banget performa nya...

L10 ane skrg pake api sm yg 5-30 aja jauhhhhhhhhhh lebi enakk performa nya dibanding si NGO yg overpriced itu.... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
OOT:
Kok si klonengan idup itu ngga kesini yah, denger kata overpriced....?
:big_slap:

BTT:
Spek si NGO, kayak apa om?
Mosok sama2 5w30 hanya enak dipake 2000-an km?

Oli magna 5w30 di K3VE ane aja udah mau 10.000km, masih enak2 aja nih....
Ngga nyadar juga kalo olinya udh mau 10rb km....


*keluar duid lagi deh... :big_slap:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by PlantFoot »

1. lebih baik mana sebenarnya 5w-30 dengan 5w-40 (ktnya sih lebih irit pke yg belakangnya 30 yah?? blum ane ukur)
2. sebaiknya utk ganti oli berikutnya balik ke 5w-30 or tetap di 5w-40 klo memang performa sama?? dan penguapan juga selama ini sedikit sekali di mobil ane...(krn yg buntutnya 40 ternyata lebih murah hehe, ane kira lebih mahal, bis budget kmrn 500rb buat segalon/4l)
3. ternyata bengkel kmrn maen tuang aja smua tuh 4l, alhasil melebihi batas max dipstick, apakah sebaiknya dikurangi atau tidak, krn klo dari performa kmrn sih enteng2 aja

1. buntut 30 lbh enteng bro, fc ane blm prnh ukur, tp suara mesin lbh garing. ini d mobil ane lho y.
2. buntut 30 biasanya emg lbh mahal dr buntut 40. Kl performa emg bnr2 sama y pk yg lbh pas di kantong ente aja.
3. mending dikurangin sesuai batas dipstick...yg berlebih2an biasanya tidak baik :big_slap:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

crushadi wrote: yang mau ditanya:
1. lebih baik mana sebenarnya 5w-30 dengan 5w-40 (ktnya sih lebih irit pke yg belakangnya 30 yah?? blum ane ukur)
2. sebaiknya utk ganti oli berikutnya balik ke 5w-30 or tetap di 5w-40 klo memang performa sama?? dan penguapan juga selama ini sedikit sekali di mobil ane...(krn yg buntutnya 40 ternyata lebih murah hehe, ane kira lebih mahal, bis budget kmrn 500rb buat segalon/4l)
3. ternyata bengkel kmrn maen tuang aja smua tuh 4l, alhasil melebihi batas max dipstick, apakah sebaiknya dikurangi atau tidak, krn klo dari performa kmrn sih enteng2 aja

thanks berat smuanya....
1. Berhubung mobil th 2004 lebih prefer buntut 40

2. Coba aja test pake 5W30, jika penguapan sgt kecil maka next-nya boleh pake

3. Harus dikurangi sampai batas F, malah kalau mau enak sedikit di bawah level F. Ke tempat yg punya mesin sedot oli aja.

Oli kepenuhan / di atas batas F efeknya buruk, mesin jadi berat & oli bisa foaming karena permukaan oli kena sabet bandul crankshaft.
* Bukan ajakan Beli *
crushadi
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Aug 02, 2010 4:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by crushadi »

PlantFoot wrote:
1. lebih baik mana sebenarnya 5w-30 dengan 5w-40 (ktnya sih lebih irit pke yg belakangnya 30 yah?? blum ane ukur)
2. sebaiknya utk ganti oli berikutnya balik ke 5w-30 or tetap di 5w-40 klo memang performa sama?? dan penguapan juga selama ini sedikit sekali di mobil ane...(krn yg buntutnya 40 ternyata lebih murah hehe, ane kira lebih mahal, bis budget kmrn 500rb buat segalon/4l)
3. ternyata bengkel kmrn maen tuang aja smua tuh 4l, alhasil melebihi batas max dipstick, apakah sebaiknya dikurangi atau tidak, krn klo dari performa kmrn sih enteng2 aja

1. buntut 30 lbh enteng bro, fc ane blm prnh ukur, tp suara mesin lbh garing. ini d mobil ane lho y.
2. buntut 30 biasanya emg lbh mahal dr buntut 40. Kl performa emg bnr2 sama y pk yg lbh pas di kantong ente aja.
3. mending dikurangin sesuai batas dipstick...yg berlebih2an biasanya tidak baik :big_slap:
sip thanks bro, kykna sih emang lebih cocok pke buntut 40 nih lebih hening suaranya dan pas di dompet :mky_01: :mky_01:
crushadi
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Aug 02, 2010 4:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by crushadi »

Turboman wrote:
crushadi wrote: yang mau ditanya:
1. lebih baik mana sebenarnya 5w-30 dengan 5w-40 (ktnya sih lebih irit pke yg belakangnya 30 yah?? blum ane ukur)
2. sebaiknya utk ganti oli berikutnya balik ke 5w-30 or tetap di 5w-40 klo memang performa sama?? dan penguapan juga selama ini sedikit sekali di mobil ane...(krn yg buntutnya 40 ternyata lebih murah hehe, ane kira lebih mahal, bis budget kmrn 500rb buat segalon/4l)
3. ternyata bengkel kmrn maen tuang aja smua tuh 4l, alhasil melebihi batas max dipstick, apakah sebaiknya dikurangi atau tidak, krn klo dari performa kmrn sih enteng2 aja

thanks berat smuanya....
1. Berhubung mobil th 2004 lebih prefer buntut 40

2. Coba aja test pake 5W30, jika penguapan sgt kecil maka next-nya boleh pake

3. Harus dikurangi sampai batas F, malah kalau mau enak sedikit di bawah level F. Ke tempat yg punya mesin sedot oli aja.

Oli kepenuhan / di atas batas F efeknya buruk, mesin jadi berat & oli bisa foaming karena permukaan oli kena sabet bandul crankshaft.
wah thanks om turbo ntar ane coba tanya2 yg bisa ngurangin olinya klo mau ngerjain sendiri di rumah garasi ane sempit banget, penguapan sih minimal banget selama pke total quartz 9000 5w-30, tapi kykna jazz ane ini memang lebih cocok yg 40 mesin jadi lebih hening (di lampu merah kadang ane jadi ragu tuh mesin nyala apa gak??? hehe)

** sorry SM gak bisa multiquote yah.....
cabulbugil
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Fri Aug 31, 2012 12:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by cabulbugil »

crushadi wrote:ijin tanya yah om2 smua :mky_01: :mky_01:

kbetulan ane pake jazz idsi 2004 dari september 2012, yg punya jazz yg lama pke olinya eneos yg 10w-40, trus krn pengalaman pake total quartz di mobil lama ane bagus, jadi ane ganti pke total quartz 5w-30, setelah 6 bulan ane pake dengan km hanya sekitar 3000km, ane rasa sih performa masih enak yah, nah krn dah 6 bulan kmrn ane ganti,

awalnya cari total quartz yg 5w-40 krn baca2 cocok utk jakarta yg panas dan macet, tapi kmrn akhirnya dapetnya Q8 excel 5w-40, dah test drive kykna sih rasanya sama aja dengan total yg 5w-30 tapi pas berhenti terasa lebih hening dibanding 5w-30

yang mau ditanya:
1. lebih baik mana sebenarnya 5w-30 dengan 5w-40 (ktnya sih lebih irit pke yg belakangnya 30 yah?? blum ane ukur)
2. sebaiknya utk ganti oli berikutnya balik ke 5w-30 or tetap di 5w-40 klo memang performa sama?? dan penguapan juga selama ini sedikit sekali di mobil ane...(krn yg buntutnya 40 ternyata lebih murah hehe, ane kira lebih mahal, bis budget kmrn 500rb buat segalon/4l)
3. ternyata bengkel kmrn maen tuang aja smua tuh 4l, alhasil melebihi batas max dipstick, apakah sebaiknya dikurangi atau tidak, krn klo dari performa kmrn sih enteng2 aja

thanks berat smuanya....
Pengalaman ane di honda city idsi 08 punya istri pernah tak kasih motul h tech 100 plus 5w-30 API SM.
Rpm cepat naik, gigi 1 dan 2 tembus 6000 rpm tanpa brebet, bbm premium murni. cuma mesin agak berisik dikit. trs kasih minum pertamax plus, benar2 asyik, dijalan rata aja naik mobil serasa turun dari tanjakan, ampun bro enteng buuanget. dan suara mesin jg jd rada halus.

Pas ganti oli saya coba turun grade 5w-40 saya milih SHU API SM karna spec nya lebih encer dibanding Q8 excel 5w-40. Untuk akselerasi mirip2 sama motul h tech, tp mesin benar2 hening dan senyap. Tp harga ga ketulungan untuk oli basestock group 3.

Kalo TQ 9000 SM 5w-40 menurut ana specnya hampir sama dengan oli grade 10w-40, kecuali, TQ 9000 5w-40 tanpa embel2 SM specnya beda.

kalo gerobak pribadi all new city i-vtec 2010 sementara tetap setia dengan honda geniune oil 5w-30, mau beli oli yang bagusan kadang msh mikir, wong gerobak jarak dipake, direntang 8 bln aja km pling 4000an dan oli tetap saya ganti....
kucinghitam
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Sun Oct 14, 2012 11:53

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kucinghitam »

Om Turbo dan Master2 Oli,

Saya mempunyai 2 mobil diesel, yaitu Captiva Facelift dan Pajero Dakkar.
Saya ingin bertanya recomended Oli untuk kedua mobil itu apa ya ?

Saat ini keduanya memakai :
1. Pajero Dakkar : Castrol Magnatec 10/40 for Gasoline and Diesel --> Tarikan enteng, rekomendasi dari bengkel Nawilis (odo 43000), tp gpp tuh Diesel pakai 10-40 ?
2. Captiva Diesel : Masih bawaan pabrik, belum ganti oli.. (odo 4000km)

Trims penjelasannya Om
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Chevyman »

Misi om turbo..rekomen oli untuk aveo 2012 apa ya..di spek manual minta 5w-30...standarnya chevy pake oli apa ya merknya om?...nuwun
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

kucinghitam wrote: Saat ini keduanya memakai :
1. Pajero Dakkar : Castrol Magnatec 10/40 for Gasoline and Diesel --> Tarikan enteng, rekomendasi dari bengkel Nawilis (odo 43000), tp gpp tuh Diesel pakai 10-40 ?
2. Captiva Diesel : Masih bawaan pabrik, belum ganti oli.. (odo 4000km)

Trims penjelasannya Om
1. PJS malah diijinkan pakai 5W30, tapi yg penting kandungan ZDDP dan TBN nya. Castrol Magnatec sy no comment since ada tulisan API SM nya itu harus dipelajari dulu kandungan ZDDP nya. Coba ada tulisan ACEA B4 nya gak.

kalo sy pribadi utk 10W40 lebih sreg pakai Sh*ll HX7 Diesel / HX API SN / Q8 Advanced Diesel / Q8 T800 / Elf TurboDiesel 10W40 yg mana oli2 tsb kadar ZDDP 1000 ppm or higher, std ACEA B4 or ACEA E-4

2. Captiva VCDi rekomen 5W30, tapi krn sulphur solar kita tinggi sy lebih pilih standard MB 229.5 drpd Dexos 2

MB 229.5 spt Shell helix Ultra AB 5W30, cari aja di DTMF banyak yg jual, harga 130 rebuan / L.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Chevyman wrote:Misi om turbo..rekomen oli untuk aveo 2012 apa ya..di spek manual minta 5w-30...standarnya chevy pake oli apa ya merknya om?...nuwun
GM Dexos standard

tapi sebetulnya pakai yg comply ke MB 229.51 / MB 229.3 / MB 229.5 / VW 506 / BMW LL-01 juga bisa, karena std tsb ada klausul utk antiwear yg baik juga.
* Bukan ajakan Beli *
kucinghitam
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Sun Oct 14, 2012 11:53

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kucinghitam »

Turboman wrote:
kucinghitam wrote: Saat ini keduanya memakai :
1. Pajero Dakkar : Castrol Magnatec 10/40 for Gasoline and Diesel --> Tarikan enteng, rekomendasi dari bengkel Nawilis (odo 43000), tp gpp tuh Diesel pakai 10-40 ?
2. Captiva Diesel : Masih bawaan pabrik, belum ganti oli.. (odo 4000km)

Trims penjelasannya Om
1. PJS malah diijinkan pakai 5W30, tapi yg penting kandungan ZDDP dan TBN nya. Castrol Magnatec sy no comment since ada tulisan API SM nya itu harus dipelajari dulu kandungan ZDDP nya. Coba ada tulisan ACEA B4 nya gak.

kalo sy pribadi utk 10W40 lebih sreg pakai Sh*ll HX7 Diesel / HX API SN / Q8 Advanced Diesel / Q8 T800 / Elf TurboDiesel 10W40 yg mana oli2 tsb kadar ZDDP 1000 ppm or higher, std ACEA B4 or ACEA E-4

2. Captiva VCDi rekomen 5W30, tapi krn sulphur solar kita tinggi sy lebih pilih standard MB 229.5 drpd Dexos 2

MB 229.5 spt Shell helix Ultra AB 5W30, cari aja di DTMF banyak yg jual, harga 130 rebuan / L.
Terima kasih MAster..... Berikut saya lampirakan Spec nya (Mohon advise kira2 sudah seperti yang suhu maksud?):

PRODUCT DESCRIPTION
Castrol Magnatec 10W-40 is a part synthetic SAE 10W-40 API SN/CF, ACEA A4/B4 engine oil
formulated to suit a wide range of petrol and diesel engines used in passenger car and light
commercial vehicles, either naturally aspirated or turbocharged.
Up to 75% of engine wear happens while your engine warms up. When the engine stops oils
drain off critical engine parts, however Castrol Magnatec’s intelligent molecules don’t, they cling
to the engine like a magnet providing an extra layer of protection ready to protect from the
moment you turn the key.
Castrol Magnatec’s molecules are always there, always ready, dramatically reducing* engine
wear when the most damage happens; as your car warms up.
Castrol Magnatec. Instant protection from the moment you turn the key.
*As tested against the industry Sequence IVA wear test.
PRODUCT APPLICATION
Castrol Magnatec 10W-40 is formulated for all types of passenger, 4WD and light commercial
vehicle engines - petrol, diesel or gas, old or new, turbocharged or naturally aspirated.
Castrol Magnatec 10W-40 complies with the Australian motor industry agreed phosphorus limits,
to assist in prolonging catalyst and oxygen sensor life.
Castrol Magnatec 10W-40 is NOT recommended for two-stroke engines.
PRODUCT FEATURES & BENEFITS
Castrol Magnatec’s intelligent molecules:
• Cling to critical engine parts when the oil drains down
• Cling to your engine forming an extra layer that protects during start-up and beyond;
• Bond to metal surfaces to make engine parts more resistant to wear;
• Are combined with synthetic technology to provide increased protection in high and low
temperature applications;
• Provide continuous protection for all driving conditions, styles and temperatures;
It is important to note that the superior wear protection offered by Castrol
Magnatec 10W-40 will be reduced if mixed with other engine oils.
Page 2 of 3 PRODUCT DATA
TYPICAL CHARACTERISTICS
PERFORMANCE LEVELS
Castrol Magnatec 10W-40 is recommended where the following current and superseded
classifications and performance fuels are cited.
• American Petroleum Institute API Service Classification:
Petrol: SN (SM, SL, SJ, SH and all superseded classifications)
Diesel: CF
• Association des Constructeurs Européens d’Automobiles (ACEA):
Petrol: A3
Diesel: B4
The ACEA specifications are defined as “Stable stay-in-grade oils intended for use in gasoline
(A3) and passenger car and light commercial direct injection diesel (B4) engines and/or for
extended drain intervals where specified by the engine manufacturer, and/or year-round use of
low viscosity oils, and/or for severe operating conditions as defined by the engine manufacturer.”
SAEViscosity Grade: 10W-40
KV @ 100 0C(cSt) : 14.5
KV @400C (cSt) : 98.8
cP @-25 0C : 6600
Viscosity Index : 151
Pour Point (0C) :<-35
TBN : 8.4
Service Rating :SN/CF A3/B3,A3/B4
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

kucinghitam wrote: KV @ 100 0C(cSt) : 14.5
KV @400C (cSt) : 98.8
cP @-25 0C : 6600
Viscosity Index : 151
Pour Point (0C) :<-35
TBN : 8.4
Service Rating :SN/CF A3/B3,A3/B4[/b]
Cukup Ini saja yg dilihat

Oke lah krn dah comply ke API SN dan ada ACEA B4 nya, bisa pakai utk Passenger Diesel yg valvetrain belum roller rocker.
* Bukan ajakan Beli *
kucinghitam
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Sun Oct 14, 2012 11:53

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kucinghitam »

Turboman wrote:
kucinghitam wrote: KV @ 100 0C(cSt) : 14.5
KV @400C (cSt) : 98.8
cP @-25 0C : 6600
Viscosity Index : 151
Pour Point (0C) :<-35
TBN : 8.4
Service Rating :SN/CF A3/B3,A3/B4[/b]
Cukup Ini saja yg dilihat

Oke lah krn dah comply ke API SN dan ada ACEA B4 nya, bisa pakai utk Passenger Diesel yg valvetrain belum roller rocker.
Terima kasih Master Turboman....

:off_good:
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Chevyman »

Turboman wrote:
Chevyman wrote:Misi om turbo..rekomen oli untuk aveo 2012 apa ya..di spek manual minta 5w-30...standarnya chevy pake oli apa ya merknya om?...nuwun
GM Dexos standard

tapi sebetulnya pakai yg comply ke MB 229.51 / MB 229.3 / MB 229.5 / VW 506 / BMW LL-01 juga bisa, karena std tsb ada klausul utk antiwear yg baik juga.
Baru mau 1000 tp tarikan rasanya kokmagak berat ya..matik soalnya..ada rekomendasi biar enteng tarikannya om?nuwun..
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by nugroho bagor »

Turboman wrote:
kucinghitam wrote: KV @ 100 0C(cSt) : 14.5
KV @400C (cSt) : 98.8
cP @-25 0C : 6600
Viscosity Index : 151
Pour Point (0C) :<-35
TBN : 8.4
Service Rating :SN/CF A3/B3,A3/B4[/b]
Cukup Ini saja yg dilihat

Oke lah krn dah comply ke API SN dan ada ACEA B4 nya, bisa pakai utk Passenger Diesel yg valvetrain belum roller rocker.
Wadhuh kan liat kembalian,masak g boleh Om
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by juanaxel »

Motul specific CRDi 5w-40
Acea A3//B4 dan Api SN
Visc at 40"C : 85,1
Visc at 100"C : 14,0
Visc Index : 170
TBN : 10,8
Harga : 105.000/liter
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Chevyman wrote:
Turboman wrote:
Chevyman wrote:Misi om turbo..rekomen oli untuk aveo 2012 apa ya..di spek manual minta 5w-30...standarnya chevy pake oli apa ya merknya om?...nuwun
GM Dexos standard

tapi sebetulnya pakai yg comply ke MB 229.51 / MB 229.3 / MB 229.5 / VW 506 / BMW LL-01 juga bisa, karena std tsb ada klausul utk antiwear yg baik juga.
Baru mau 1000 tp tarikan rasanya kokmagak berat ya..matik soalnya..ada rekomendasi biar enteng tarikannya om?nuwun..
bensin pake apa ? Kalo pake yg 4500 yaa kasih additive PEA dah....tuang dikit2

Kalo oli 5W30 yg comply dgn standard2 di atas sih banyak yah, jalan2 aja ke Toda, lihat label di balik botolnya.

Kalo yg ekonomis dan spt nya oke salah 1 nya = Kendall 5W30 GT-1 API SN, itu konon antiwearnya sampe 1000 ppm (ZDDP + Bo + Ti), TBN juga 8 lebih. Harga miring di Sanjaya Knalpot DTMF

Sy lom pernah coba tapi pernah coba "sodaranya" yg 10W30 Super DXA - Diesel, pake di ToKiDies sampe 9000 Km lebih stabil aja
* Bukan ajakan Beli *
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Chevyman »

[q

bensin pake apa ? Kalo pake yg 4500 yaa kasih additive PEA dah....tuang dikit2

Kalo oli 5W30 yg comply dgn standard2 di atas sih banyak yah, jalan2 aja ke Toda, lihat label di balik botolnya.

Kalo yg ekonomis dan spt nya oke salah 1 nya = Kendall 5W30 GT-1 API SN, itu konon antiwearnya sampe 1000 ppm (ZDDP + Bo + Ti), TBN juga 8 lebih. Harga miring di Sanjaya Knalpot DTMF

Sy lom pernah coba tapi pernah coba "sodaranya" yg 10W30 Super DXA - Diesel, pake di ToKiDies sampe 9000 Km lebih stabil aja[/quote]

Iya minum premi aja om..hehehe...di solo kayanya susah nyari kendall itu om...

Makasih banyak om turbo...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Chevyman wrote: Iya minum premi aja om..hehehe...di solo kayanya susah nyari kendall itu om...

Makasih banyak om turbo...
kalau begitu pakai Fastron Gold 5W30 aja krn comply ke MB 229.51

Atau Q8 5W30 Formula Super / Special, Q8 di Solo hubungi 08170187577
* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

VanzMatic wrote:
DOHC wrote:mending tetep hajar api sm dehh drpd pake NGO... itu oli sama caur nya sperti QC nya si pabrikan batu makam... baru dipake 2000an km aja uda drop banget performa nya...

L10 ane skrg pake api sm yg 5-30 aja jauhhhhhhhhhh lebi enakk performa nya dibanding si NGO yg overpriced itu.... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
OOT:
Kok si klonengan idup itu ngga kesini yah, denger kata overpriced....?
:big_slap:

BTT:
Spek si NGO, kayak apa om?
Mosok sama2 5w30 hanya enak dipake 2000-an km?

Oli magna 5w30 di K3VE ane aja udah mau 10.000km, masih enak2 aja nih....
Ngga nyadar juga kalo olinya udh mau 10rb km....


*keluar duid lagi deh... :big_slap:
NGO mahh ampas om.... tingkatan 10W-30.. di btol nya tulis nya semi synthetic dan API SL...

dgn harga yg ga murah (66 rebu/ liter non ppn)... jauhhhhhh lebi mending ambil petronas syntium 800 yg 10W-30 atau valvoline... harga cuman 50an rebu... scara butt o meter jg sama ampas nya... tp jauhh lebi murah...

ga mau cobain q8 aja om ?? yg special 5-30 uda ane coba yg kedua kali nya... terakhir di ipah ane, dihajar ampe 12rebu km (rute akap jawa terus) aja masi enakk... harganya ckup miring...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kucinghitam
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Sun Oct 14, 2012 11:53

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kucinghitam »

DOHC wrote:
VanzMatic wrote:
DOHC wrote:mending tetep hajar api sm dehh drpd pake NGO... itu oli sama caur nya sperti QC nya si pabrikan batu makam... baru dipake 2000an km aja uda drop banget performa nya...

L10 ane skrg pake api sm yg 5-30 aja jauhhhhhhhhhh lebi enakk performa nya dibanding si NGO yg overpriced itu.... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
OOT:
Kok si klonengan idup itu ngga kesini yah, denger kata overpriced....?
:big_slap:

BTT:
Spek si NGO, kayak apa om?
Mosok sama2 5w30 hanya enak dipake 2000-an km?

Oli magna 5w30 di K3VE ane aja udah mau 10.000km, masih enak2 aja nih....
Ngga nyadar juga kalo olinya udh mau 10rb km....


*keluar duid lagi deh... :big_slap:
NGO mahh ampas om.... tingkatan 10W-30.. di btol nya tulis nya semi synthetic dan API SL...

dgn harga yg ga murah (66 rebu/ liter non ppn)... jauhhhhhh lebi mending ambil petronas syntium 800 yg 10W-30 atau valvoline... harga cuman 50an rebu... scara butt o meter jg sama ampas nya... tp jauhh lebi murah...

ga mau cobain q8 aja om ?? yg special 5-30 uda ane coba yg kedua kali nya... terakhir di ipah ane, dihajar ampe 12rebu km (rute akap jawa terus) aja masi enakk... harganya ckup miring...
Om.. Q8 5-30W beli dimana dan harga berapa ?
ndnd
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Thu Jan 15, 2009 15:53

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ndnd »

Sori saya butuh bantuan, saya baru2 ini ganti oli shell helix hx7 10w-40. Biasanya saya pakai yang ada tulisan "diesel"nya untuk fortuner diesel saya. Berhubung bengkel di tempat saya ganti kemarin engga jual dan dia bilang pakai yang biasa itu bisa untuk mesin diesel jadi saya uda keburu pakai olinya. Apakah ini aman untuk mesin diesel? Mohon bantuannya
Terima kasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

ndnd wrote:Sori saya butuh bantuan, saya baru2 ini ganti oli shell helix hx7 10w-40. Biasanya saya pakai yang ada tulisan "diesel"nya untuk fortuner diesel saya. Berhubung bengkel di tempat saya ganti kemarin engga jual dan dia bilang pakai yang biasa itu bisa untuk mesin diesel jadi saya uda keburu pakai olinya. Apakah ini aman untuk mesin diesel? Mohon bantuannya
Terima kasih
Selain hx7 diesel, pastikan pakainya yg HX7 API SN
* Bukan ajakan Beli *
ndnd
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Thu Jan 15, 2009 15:53

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ndnd »

Turboman wrote:
ndnd wrote:Sori saya butuh bantuan, saya baru2 ini ganti oli shell helix hx7 10w-40. Biasanya saya pakai yang ada tulisan "diesel"nya untuk fortuner diesel saya. Berhubung bengkel di tempat saya ganti kemarin engga jual dan dia bilang pakai yang biasa itu bisa untuk mesin diesel jadi saya uda keburu pakai olinya. Apakah ini aman untuk mesin diesel? Mohon bantuannya
Terima kasih
Selain hx7 diesel, pastikan pakainya yg HX7 API SN
Terima kasih untuk infonya, saya kurang yakin kalo oli yang saya pakai itu HX7 API SN, apakah rata2 oli HX7 di pasaran sudah ber API SN?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

ndnd wrote:
Turboman wrote:
ndnd wrote:Sori saya butuh bantuan, saya baru2 ini ganti oli shell helix hx7 10w-40. Biasanya saya pakai yang ada tulisan "diesel"nya untuk fortuner diesel saya. Berhubung bengkel di tempat saya ganti kemarin engga jual dan dia bilang pakai yang biasa itu bisa untuk mesin diesel jadi saya uda keburu pakai olinya. Apakah ini aman untuk mesin diesel? Mohon bantuannya
Terima kasih
Selain hx7 diesel, pastikan pakainya yg HX7 API SN
Terima kasih untuk infonya, saya kurang yakin kalo oli yang saya pakai itu HX7 API SN, apakah rata2 oli HX7 di pasaran sudah ber API SN?
Ya, skg ini HX7 adanya yg Diesel dan API S, udah mayan lama

Yg API SN ini bisa dipakai di Diesel krn std nya ACEA B4 dan MB 229.3

Jadi jangan mau dikasi HX7 biasa yg API SM, krn ini menyangkut soal kandungan ZDDP dan TBN nya

2KD itu kan flat tappet
* Bukan ajakan Beli *