Proton Exora - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Proton Exora

Post by DOHC »

kan ane cuman membagi informasi doank bro.... lagian biar yg penasaran bisa baca selengkap nya di forum tsb... kalo ane yg post2 gambarnya atau ane yg terlalu ngumbar critanya kan ga enak jg....

nah itu dia, ntuh forum ane rasa agak kurang hoax nya soalnya itu ada bukti otentik yaitu foto2 nya, trus itu FORUM PENGGUNA MOBIL proton.... yah kcuali itu forum yg isi nya pengguna mobil perodua atau honda atau nissan yah laen crita dehh... :mrgreen: :mrgreen:

btw ntuh emang rada kaget jg sehh ane liatnya, gile crankshaft yg patah, kalo cuman seal piston yg gampang jebol kaya di kasus2 mobil2 buatan korea yg jadul sehhh masi maklum dahh ane.... tapi ini crankshaft....
muda2an yg mesin campro with CPS dan IAFM yg skrg ini di exora bisa lebi awet....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
jeifung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
Location: tangerang

Re: Proton Exora

Post by jeifung »

Thanks info nya bro. Mungkin akan lebih elok bila di dukung oleh data yg lebih detail, seperti : berapa banyak kejadian yg sama, pemakain mobil normal atau abnormal dll.
Saya hanya berpendapat obyektif, jangan subyektif thd merk tertentu, karena data / gambar seperti ada ribuan di internet, baik utk mobil jepang, amerika dan eropa.
Again, terima kasih atas infonya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Proton Exora

Post by DOHC »

nah itu jg bisa jadi acuan tuh bro.... soalnya kalo berdasar komen2 yg di forum tsb, mereka yg mengalami musibah2 tsb pemakaian mobil nya normal2 aja, rutin service dan pake oli yg bagus.... dan stelah ane obrak abrik google jg masi blom ketemu website yg ngebahas ttg masalah ini selengkap link forum tsb...

kayanya utk kasus2 masalah mesin emang susah bro cari di inet, soalnya pasti bakal ditutup rapat2 oleh pihak2 yg berkepentingan.... jgnkan di malaysia, di indo sini aja uda brapa banyak tuh atpm2 yg mobil nya ada masalah2 toh ga perna di publish scara resmi kan.... smua info ttg kekurangan mobil2 tertentu kita dapat hanya melalui milis2 atau forum2 independen macam SM ini....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
teketak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Sun Jul 26, 2009 12:59

Re: Proton Exora

Post by teketak »

HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

ga ada yg beli exora lagi nih ?

aneh kok yah indo, hrg murah feature banyak, technology bagus, kok ga laku......
bener2 dibegoin ama merk yg beken kayak honda toyota yg akhir2 ini byk mobilnya di recall.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Proton Exora

Post by DOHC »

yg beli mungkin banyak bro... cuman yg jadi anggota di forum ini masi dikit.... ini aja tiap kali pulang sore ane masi suka liat tuh exora di jalanan....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Proton Exora

Post by Hansen »

Iya tuh....ane sering liatnya yg warna putih ama silper...
Image
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Proton Exora

Post by aldy »

Bukan bego bro after sales service ga ada jaminan di luar jabodetabek..Lagian (proton) exora merk baru..Untuk sekarang aja masih dibawah mobkorea seperti hyundai,KIA..Untuk after sales service,resale value,populasi dll..Belum lagi isu2 politik buat sebagian orang.. :big_smoking:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

aldy wrote:Bukan bego bro after sales service ga ada jaminan di luar jabodetabek..Lagian (proton) exora merk baru..Untuk sekarang aja masih dibawah mobkorea seperti hyundai,KIA..Untuk after sales service,resale value,populasi dll..Belum lagi isu2 politik buat sebagian orang.. :big_smoking:
yah semua merk beken terkenal kan dulunya juga merintis, keluar duit byk, marketing gencar, dll. dan yg terpenting sewaktu honda toyota blon beken, pastilah penjualan mobilnya tinggi, kalo rendah mana mgkn bisa terkenal kyk gini ? lagipula mnrt gue nih, masa sih di saat honda toyota msh cupu lsg investasi besar2an kyk skrg dimana2 ada cabang ?? boro2 ada resale value.

mnrt gue nih proton exora lg di saat honda toyota msh cupu nih....mo berkembang, brg bagus, tp dipolitikin jd ga bisa berkembang. tambah lagi marketingnya proton kurang....yah gini deh hasilnya

oh ya ditambah lagi org indo gengsi tinggi, brand minded, ga tau brg deh judge duluan, sama malaysia disebut malingasia....yah komplit deh tuh exora ga bisa maju

betul ga sih ????
soalnya dipikir2 drpd ambil avanza mahal gitu ga dpt apa2, diharga sama dpt exora feature aman dpt semua, crashtest jelas, stabil, bantingan enak jauh, technology lotus. pernah baca2 exora hybrid bakal keluar di R&D research developmnt di UK alias inggris.

btw : gue deh test nih mobil, enak bgt, palnig jelek cuma di akselerasinya doang
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Proton Exora

Post by jalu »

HasanFenny wrote:ga ada yg beli exora lagi nih ?

aneh kok yah indo, hrg murah feature banyak, technology bagus, kok ga laku......
bener2 dibegoin ama merk yg beken kayak honda toyota yg akhir2 ini byk mobilnya di recall.
relax bro....harga mobil disini sangat mahal, perlu pengorbanan berat waktu membelinya sehingga tipikal konsumen di sini cenderung "bermain aman" dalam memilih mobil, sehingga mind set jadi terpaku kepada aspek brand image, resale value dan jaringan 3S.

banyak cara untuk memperbaiki aspek2 itu, contohnya hyundai dengan buy back guarantee, atau chery yang terus berekspansi memperluas jaringan 3S. Nah sekarang proton sendiri sudah sejauh mana langkah2nya ?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

setau saya sih proton ada buy back service...spt yg saya bilang,....marketingnya kurang gencar sih, gimana org mau tercuci otaknya ?
hrsnya di tiap radius 20km disediakan test drive gratis, promo gila2an, garansi 5thn(terpenting). heboh2in deh tuh kehebatan technology lotusnya, feature amannya, buy back nya, bikin byk service centrenya, jaminan spare part tersedia 2x24jam

kalo mo bermain aman sih saya pikir exora jauh lbh aman dari segi keamanannya diliat dr segi hrg dan feature dibanding mobil di harga kisaran segitu. jelas2 exora ada hasil test crash, sedangkan xenia, avanza, innova......saya ga tau deh ada apa engak.

plat mobil tebel
semua roda abs, ebd, dual airbag, speaker phone via blutut, lalu ada system (salah satunya dr 20bh technology eropa) lampu hazard bisa otomatis nyala sendiri kalo kita rem mendadak.

kalo maen resale value, jelas unknown. tapi jika kita hitung2, dgn hrg murah dpt semua feature aman, walaupun jualnya jatuh, toh masa sih bisa turun ampe 50jt sethn ? setau saya resale value jatuh kalo produk itu produk gagal, byk masalah dll
kalo nantinya exora byk masalah yah lumrah kalo jd gagal

jujur aje, gue suka bgt ama exora kecuali akselerasinya. gue juga suka innova, tp bawa innova ga enak bgt di high speed. jadi gue kepikir pake innova utk family, tp ya itu, hrgnya ga masuk akal sekali....181,4jt radio tape aje ga dikasih...bayangin aje tuh.

kok jadi sewot gua yah ama merk jepang ? huahuahuahauh
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Proton Exora

Post by jalu »

bicara kualitas, banyak kok mobil bagus2 bahkan yg lebih bagus beredar disini...namun tidak semua bisa bernasib bagus....kembali lg seleksi alam di market bisa berbeda hasilnya.

proton udah berani bikin trobosan buy back service seperti yg om sebutkan...tinggal agenda berikutnya memperluas jaringan 3S khususnya spare part. kecenderungan pemilik mobil2 yg dicap pasaran anjlog itu umumnya memilih untuk menggunakan mbl itu dalam jangka waktu agak lama, disitulah ketersediaan part yg sangat diharapkan untuk menunjang masa pakainya.

simpelnya, meski kualitas bagus tapi jika brand image kurang kuat, resale value tidak jelas dan jaringan 3S susah, maka orang2 akan kapok membelinya...contohnya ya ssangyong.....(no offence to ssangyong owner...:))

waktu masih banyak tersedia bagi proton untuk berbenah diri...kita tunggu saja kedepannya nanti :beer:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Proton Exora

Post by aldy »

Sekarang mazda aja yang jelas2 mobil bagus kagak begitu laku..Padahal kalo menurut ane perfect di segala hal lho tuh mobil terutama Mazda 6,Mazda 5.. Misal proton bisa ngunggulin merk mazda aja udah bagus bgt..
Ya sekarang buka mata aja deh kalo misal exora yang diunggulin..1. Apa udah bisa memenuhi gengsi pemiliknya (orang indo brand minded) 2.After sales service gimana apa udah tersebar disemua kota2 besar spare part gimana (apa yakin bisa ready barangnya dll) 3.Dengan harga rentang exora bisa dapet mobil2 lain yg good value (dengan menomor duakan fitur2 yg berjibun di exora)
Jadi kesimpulan ane kalo pengen exora eksis dan diakui orang indo butuh minimal +-4 tahun lah.Itupun proton harus bener2 konsisten ama pengembangan produknya,menjaga kualitas,memperluas jaringan dealer dan bengkel SDM dll..So kalo proton pengen diakui orang indo dalam waktu singkat ga mungkin deh..Semua itu butuh waktu untuk membangun image sebuah produk ga asal jadi aja.. :big_smoking:
Note : sekarang mengaca aja ama produk merk2 korea ga gampang membangun sebuah merk mobil yang baru eksis..Butuh kerja keras dan usaha yg gila2an.. :off_good_job:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Proton Exora

Post by zweifellos »

3S itu apaan ya? ada hubungannya ama 3G kah? :thanks:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Proton Exora

Post by aldy »

Sales,service,spare part..CMIIW
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

zweifellos wrote:3S itu apaan ya? ada hubungannya ama 3G kah? :thanks:
jadi seger ada bercandaannya
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Proton Exora

Post by evolution21 »

aldy wrote:Sekarang mazda aja yang jelas2 mobil bagus kagak begitu laku..Padahal kalo menurut ane perfect di segala hal lho tuh mobil terutama Mazda 6,Mazda 5.. Misal proton bisa ngunggulin merk mazda aja udah bagus bgt..
Ya sekarang buka mata aja deh kalo misal exora yang diunggulin..1. Apa udah bisa memenuhi gengsi pemiliknya (orang indo brand minded)
gengsi pemilik
contohnya
lexus
baru masuk langsung laris manis

sayang banget sama mazda 3 dan 5
udah discontinue.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Proton Exora

Post by jalu »

nah...sekarang gimana dengan timor disini :

1. apakah timor bisa memenuhi gengsi pemilik ?
2. bagaimana dengan layanan 3S timor saat dulu dan skrg ?
3. harga barunya timor sama dengan kijang yg jadi mobil favorit, tapi kok banyak yg membeli
4. sampe skrg masih banyak timor yg melenggang dijalan, kok tidak cepet punah populasinya ?

kenapa demikian ? :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
jeifung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
Location: tangerang

Re: Proton Exora

Post by jeifung »

saya termasuk orang yg tidak fanatik thd satu merk mobil, dalam 20 tahun pakai mobil, kira2 tiap 3 tahun ganti mobil (baca : fasilitas prsh), makanya cukup senang juga menikmati ganti merk / model.
termasuk pakai exora, adalah keputusan yg sudah dipertimbangkan cukup masak. yg paling utama, seperti yg sudah disampaikan rekan-rekan, dg harga kurang dari 200jt, mendapat mobil dg fitur seperti mobil 300jt. Jadi in-front kita sudah untung 100jt, kalau resale value kalah 50jt dibanding kompetitor, ya masih untung 50jt.
mungkin ini pemikiran dari sudut yg berbeda. salam.
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

jeifung wrote:saya termasuk orang yg tidak fanatik thd satu merk mobil, dalam 20 tahun pakai mobil, kira2 tiap 3 tahun ganti mobil (baca : fasilitas prsh), makanya cukup senang juga menikmati ganti merk / model.
termasuk pakai exora, adalah keputusan yg sudah dipertimbangkan cukup masak. yg paling utama, seperti yg sudah disampaikan rekan-rekan, dg harga kurang dari 200jt, mendapat mobil dg fitur seperti mobil 300jt. Jadi in-front kita sudah untung 100jt, kalau resale value kalah 50jt dibanding kompetitor, ya masih untung 50jt.
mungkin ini pemikiran dari sudut yg berbeda. salam.
bro jiefung, minta reviewnya donk yg jelas soal exora, mgkn bro jiefung ada waku berbagi commentnya soal pake exora
saya mau tau sekali soal tarikannya tuh mobil, apalagi kalo nyelap nyelip, menyusul mobil/truk didepan di tanjakan arah ke puncak misalnya
apakah kalo di D lemot, tapi tidak lemot jika kita manually turun gigi ke 3. oh iya, AT kah exora anda ?

gimana soal keiritan bensinnya ? bolehkah pake premium ?
wah msh byk lagi yg lain ....
jeifung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
Location: tangerang

Re: Proton Exora

Post by jeifung »

saya sudah pernah sharing ttg fuel-consumption (FC) exora di posting yg lalu, tapi baiklah saya coba rangkum lagi.
2 kali pergi ke jawa (jogja & p.kerto), exora matic, penumpang 3 dewasa, 2 anak 10 & 8 th, isi premium, lewat pantura saat ke jogja, lewat nagrk saat ke p'kerto. FC utk luar kota sekitar 1liter = 11-12km, utk dalam kota 1 liter = 8-9 km (seputar serpong).

mesin lebih responsive compare to innova (sama2 matic), karena ratio hp vs berat mobil lebih bagus exora. Memang agak lemot pada rpm di bawah 3000, namun pada rpm 3000- 4000 torsi cukup besar (krn karakter mesin ini torsi max di 4000). saya lewat nagrek tdk ada masalah dan tentu nyalip truk dg gampang, walau harus main manual di gigi 1 dan 2.

demikian utk detail nya silakan liaht posting terdahulu. Salam.
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

jeifung wrote:saya sudah pernah sharing ttg fuel-consumption (FC) exora di posting yg lalu, tapi baiklah saya coba rangkum lagi.
2 kali pergi ke jawa (jogja & p.kerto), exora matic, penumpang 3 dewasa, 2 anak 10 & 8 th, isi premium, lewat pantura saat ke jogja, lewat nagrk saat ke p'kerto. FC utk luar kota sekitar 1liter = 11-12km, utk dalam kota 1 liter = 8-9 km (seputar serpong).

mesin lebih responsive compare to innova (sama2 matic), karena ratio hp vs berat mobil lebih bagus exora. Memang agak lemot pada rpm di bawah 3000, namun pada rpm 3000- 4000 torsi cukup besar (krn karakter mesin ini torsi max di 4000). saya lewat nagrek tdk ada masalah dan tentu nyalip truk dg gampang, walau harus main manual di gigi 1 dan 2.

demikian utk detail nya silakan liaht posting terdahulu. Salam.
terimkasih jeifung.......memang saya prnh baca review anda , hanya saja saya ga prnh perhatikan sapa yg bikin postingannya
hehehehe
jeifung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
Location: tangerang

Re: Proton Exora

Post by jeifung »

salah satu yg saya suka dg exora adalah legroom baris ke-2, lebih luas compare dg innova, seluas nissan serena, seluas suzuki apv, kalah nyaman/luas dibanding carnival/alpard, apalagi vw caravelle - namun, sangat cukup nyaman utk perjalanan luar kota.

demikian pula, kaca baris ke-2 sangat lebar (tidak dibagi 2 seperti innova), selebar carnival, lebih lebar sedikit dari nissan serena, lebih lebar juga dari alpard, kalau duduk di baris 2 dan melihat jendela serasa "naik kereta api" pemandangan tidak terhalang pilar.
Mudah2an kaca jendela tdk mudah rewel karena "terlalu lebar".
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

jeifung wrote:salah satu yg saya suka dg exora adalah legroom baris ke-2, lebih luas compare dg innova, seluas nissan serena, seluas suzuki apv, kalah nyaman/luas dibanding carnival/alpard, apalagi vw caravelle - namun, sangat cukup nyaman utk perjalanan luar kota.

demikian pula, kaca baris ke-2 sangat lebar (tidak dibagi 2 seperti innova), selebar carnival, lebih lebar sedikit dari nissan serena, lebih lebar juga dari alpard, kalau duduk di baris 2 dan melihat jendela serasa "naik kereta api" pemandangan tidak terhalang pilar.
Mudah2an kaca jendela tdk mudah rewel karena "terlalu lebar".
bro jiefung, apa bener kalo mesin exora makin enak diatas km tertentu ?
bagaimana dgn kaki2/suspensi exoranya skrg ? apakah ada perubahan sejak beli ?
berisik kah ?
yg saya takutkan jika beli mobil ini hanya 1........yaitu brp lama daya tahan kenyamanan mobil ini stlh saya bali dan pakai.
saya takut, stlh 1thn, nyaman berubah total jadi kacau dan problem sana sini

bro jiefung, boleh tau hal2 :
1. sdh brp lama anda miliki exora ini ?
2. manual ato automatic yah
3. jalan yg anda lewati byk lobang kah ? ga rata ? lobang2 kecil ? mulus ? jalan tol mulu ?
4. bagaimana karakteristik mengemudi anda ?
5. di kecepatan brp maximal anda prnh test kestabilan mobil ini di high speed ?
6. BCM (body control module) yg hangat dibicarakan apakah bener2 berfungsi di exora ?
7. anda prnh duduk di baris ke 3 ga ? ada coment ?

terus terang saya suka dgn mobil ini, tp ga 1 pun dr sodara, teman maupun relative mendukung utk beli mobil ini
yg saya butuh feature aman, kelegaan dlm mobilnya

seblomnya, byk trims dulu
jeifung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
Location: tangerang

Re: Proton Exora

Post by jeifung »

HasanFenny wrote:
jeifung wrote:salah satu yg saya suka dg exora adalah legroom baris ke-2, lebih luas compare dg innova, seluas nissan serena, seluas suzuki apv, kalah nyaman/luas dibanding carnival/alpard, apalagi vw caravelle - namun, sangat cukup nyaman utk perjalanan luar kota.

demikian pula, kaca baris ke-2 sangat lebar (tidak dibagi 2 seperti innova), selebar carnival, lebih lebar sedikit dari nissan serena, lebih lebar juga dari alpard, kalau duduk di baris 2 dan melihat jendela serasa "naik kereta api" pemandangan tidak terhalang pilar.
Mudah2an kaca jendela tdk mudah rewel karena "terlalu lebar".
bro jiefung, apa bener kalo mesin exora makin enak diatas km tertentu ?

tidak ada perubahan hingga sekarang di 8.000 km (setelah 6 bulan).

bagaimana dgn kaki2/suspensi exoranya skrg ? apakah ada perubahan sejak beli ?
berisik kah ?

tidak ada perubahan juga. suspensi masih enak (empuk), malah saya akan bilang exora lebih bagus dari mobil jepang bila sampai 1 tahun masih empuk suspensinya.
saat service ke-2 (5.000 km) hanya termostat AC diset ulang agar lebih stabil dinginnya.

yg saya takutkan jika beli mobil ini hanya 1........yaitu brp lama daya tahan kenyamanan mobil ini stlh saya bali dan pakai.
saya takut, stlh 1thn, nyaman berubah total jadi kacau dan problem sana sini

bro jiefung, boleh tau hal2 :
1. sdh brp lama anda miliki exora ini ?
sudah 6 bulan.

2. manual ato automatic yah
matic

3. jalan yg anda lewati byk lobang kah ? ga rata ? lobang2 kecil ? mulus ? jalan tol mulu ?
seputar serpong, bsd, gading serpong, lubang di asobirin, tol saat ke jogja (3 x PP)

4. bagaimana karakteristik mengemudi anda ?
kalau bawa sedan org bilang : bengis, pernah bawa carnival, masih kelihatan bengisnya, bawa jazz ... bengis plus, bawa exora biar tobat dikit.

5. di kecepatan brp maximal anda prnh test kestabilan mobil ini di high speed ?
150 km di tol kanci cirebon, masih stabil

6. BCM (body control module) yg hangat dibicarakan apakah bener2 berfungsi di exora ?
BCM dari siemens berfungsi baik, yg saya suka :
- intermitent wiper tidak pakai tombol
- lampu in-door mati sendiri bila kita sedang cuci mobil / bersihin carpet
- blue-tooth, telp tinggal pencet di stir
- dll

7. anda prnh duduk di baris ke 3 ga ? ada coment ?
pernah, masih lebih nyaman dari innova, walau sama-sama suara knalpot masih sedikit mengganggu, terutama utk perjalanan luar kota.


terus terang saya suka dgn mobil ini, tp ga 1 pun dr sodara, teman maupun relative mendukung utk beli mobil ini
yg saya butuh feature aman, kelegaan dlm mobilnya

seblomnya, byk trims dulu
saya juga demikian, tapi sekali-kali boleh dong ego kita didulukan ! ayo jangan terpengaruh org lain, kita beli mobil (baca teknologi) bukan beli merk.

salam dan selamat berpikir.