Koleksi hand tools [Part 06]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by Omnibus »

jd sebetulnya boleh2 aja menjumper dr mobil lain n kl dibuat kunci sukses mengenai jumper menjumper adalah sbb:

1. kondisi aki n alternator pendonor kuat. kl perlu pake multimeter buat baca volt reading sebelum dan ketika prosesnya. jd kl tau volt udah kritis bisa berhenti dulu bentar jangan dicoba2 terus apalagi kl nolonginnya mobil tua yg msh karburator n lg banjir main cranking aja terus2an. amsiong bozzzz ..... :big_cry:
2. kabel jumper dlm keadaan bagus dan gauge nya (AWG) sesuai utk ampere dan panjang kabelnya. kondisi alligator clip nya jg bagus tanpa karat.
3. koneksi alligator clip ke kepala aki ataupun grounding point bagus
4. menyambung dan melepas koneksi kabel jumper jangan sampai ada hubungan pendek ataupun salah konek. ini momen kritikal dan urusannya senggol bacok kl ane yg ngerjain n digangguin. :big_biglaugh:

dah gitu aja .... :mky_03:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by marmut »

belajar naik sepeda saja pasti pernah jatuh dan luka.
ngejumper aki kalo belum ngalamin panik karena kabel meleleh sampai berasap ya nggak seru dong...

:big_biglaugh:
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by k1493nk »

Omnibus wrote:
Profith83 wrote: Sun Jul 18, 2021 2:45 .............

Jadi kita tahu karena aki lemah, harusnya aman yah nolong untuk jumper
Tapi repot juga yah kalau pas masti kita jumper, waktu itu juga ada konslet .....
Naaaah tanya sendiri kok dijawab sendiri ....

Kelistrikan memang tidak mudah yah.

Ada referensi power bank untuk jumper?
seandainya pun ga ada konslet (atau korslet) dan kabel jumper pun bagus, msh ada 1 lg ancaman, yaitu voltage drop akibat aki dan alternator di mobil pendonor ga sanggup handle. yaitu pas mobil yg mogok di cranking turunlah itu voltage katakan sampai 8V atau bahkan lbh rendah. nah itu kedua mobil bisa sama2 rusak komponennya akibat voltage surge tadi kl lg apes. knp sy bilang kl lg apes, krn namanya elektronik ga tau kapan dia jebol, bisa aja ga apa2 ketika itu atau bisa jg jebol. selalu ada resiko utk itu.

trus 1 lagi nih yg kl ane suka takut. pas masangin kabel2 jumpernya itu sangat besar kejadian kabel +ve nempel dgn kabel -ve secara ga sengaja.
atau kabel itu ketuker jd +ve pendonor ga sengaja nyolok ke -ve dan -ve nya ke +ve. ga perlu waktu lama itu dlm sekejap langsung amsiong. jangan kira ga kejadian yg begitu, justru banyak human error masalah cable handling itu. apalagi sambil haha hihi diajak ngobrol dll jd ga fokus.
Harusnya ndak sehoror ini sih mbah...
Asal kita bisa mastiin
1. Aki pendonor lbh besar atau sama dengan yg didonor
2. Ga ada short circuit.
3. Kabel ckp besar atau besi boleh (harus 2 orang yg pegang)
4. Pasang kabel ke aki mobil yg didonor saat udah siap crank starter dan langsung lepas saat mobil dah berhasil nyala.
5. Hati2.

Karena kita kadang ga pernah tau kpn aki di mobil kita rusak, pernah kejadian ada kerjaan ke luar kota selama 1 minggu lebih, pas mau pulang tiba2 mbl ga bisa start. Ga ada kabel jumper dan jauh dari kota. Ya akhirnya jumper pakai besi beton.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by Omnibus »

k1493nk wrote: Sun Jul 18, 2021 4:35
Omnibus wrote:
Profith83 wrote: Sun Jul 18, 2021 2:45 .............

Jadi kita tahu karena aki lemah, harusnya aman yah nolong untuk jumper
Tapi repot juga yah kalau pas masti kita jumper, waktu itu juga ada konslet .....
Naaaah tanya sendiri kok dijawab sendiri ....

Kelistrikan memang tidak mudah yah.

Ada referensi power bank untuk jumper?
seandainya pun ga ada konslet (atau korslet) dan kabel jumper pun bagus, msh ada 1 lg ancaman, yaitu voltage drop akibat aki dan alternator di mobil pendonor ga sanggup handle. yaitu pas mobil yg mogok di cranking turunlah itu voltage katakan sampai 8V atau bahkan lbh rendah. nah itu kedua mobil bisa sama2 rusak komponennya akibat voltage surge tadi kl lg apes. knp sy bilang kl lg apes, krn namanya elektronik ga tau kapan dia jebol, bisa aja ga apa2 ketika itu atau bisa jg jebol. selalu ada resiko utk itu.

trus 1 lagi nih yg kl ane suka takut. pas masangin kabel2 jumpernya itu sangat besar kejadian kabel +ve nempel dgn kabel -ve secara ga sengaja.
atau kabel itu ketuker jd +ve pendonor ga sengaja nyolok ke -ve dan -ve nya ke +ve. ga perlu waktu lama itu dlm sekejap langsung amsiong. jangan kira ga kejadian yg begitu, justru banyak human error masalah cable handling itu. apalagi sambil haha hihi diajak ngobrol dll jd ga fokus.
Harusnya ndak sehoror ini sih mbah...
Asal kita bisa mastiin
1. Aki pendonor lbh besar atau sama dengan yg didonor
2. Ga ada short circuit.
3. Kabel ckp besar atau besi boleh (harus 2 orang yg pegang)
4. Pasang kabel ke aki mobil yg didonor saat udah siap crank starter dan langsung lepas saat mobil dah berhasil nyala.
5. Hati2.

Karena kita kadang ga pernah tau kpn aki di mobil kita rusak, pernah kejadian ada kerjaan ke luar kota selama 1 minggu lebih, pas mau pulang tiba2 mbl ga bisa start. Ga ada kabel jumper dan jauh dari kota. Ya akhirnya jumper pakai besi beton.
di tangan org yg mengerti memang ga horor.

jangankan jumper aki, operasi bypass jantung manusia aja ga horor kl di tangan yg ngerti.

yg jd masalah kl ada org sok tau ikut2an mau bantu.
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by k1493nk »

Mbah2, selain jumper adakah cara start mobil matic yg akinya soak?
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by blloewy »

k1493nk wrote: Sun Jul 18, 2021 4:44 Mbah2, selain jumper adakah cara start mobil matic yg akinya soak?
Ganti aki baru mbah :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by k1493nk »

blloewy wrote:
k1493nk wrote: Sun Jul 18, 2021 4:44 Mbah2, selain jumper adakah cara start mobil matic yg akinya soak?
Ganti aki baru mbah :big_grin:
Maksudnya pas darurat, kalau mbil manual kan bisa didorong.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by marmut »

k1493nk wrote: Sun Jul 18, 2021 4:55 Maksudnya pas darurat, kalau mbil manual kan bisa didorong.

obatnya ya cuman 2.
jumper pake sumber daya lain atau ganti baru.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by blloewy »

k1493nk wrote: Sun Jul 18, 2021 4:55
blloewy wrote:
k1493nk wrote: Sun Jul 18, 2021 4:44 Mbah2, selain jumper adakah cara start mobil matic yg akinya soak?
Ganti aki baru mbah :big_grin:
Maksudnya pas darurat, kalau mbil manual kan bisa didorong.
Ngga ada pilihan lain selain Jumper mbah...
Krn matic ngga bs didorong meskipun kdg ada yg nekat mau dorong juga :upss:
nubie in all things - still need to learn
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by yanuarra »

Omnibus wrote: Sun Jul 18, 2021 3:50
yanuarra wrote: Sun Jul 18, 2021 3:06
Menurut hemat nubi,
udah mah bukan nubi, cuma ngaku2 doang
juga kaga hemat, mana ada hemat belinya tw stahlwille sm wera

:big_weee:
Asli mbah ane mah nubi tulen :big_biglaugh:

Ngga ada 1/100 nya dari master shifu :big_bored:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
indeskey wrote: Fri Jul 16, 2021 10:42
Profith83 wrote:Penampakan steering rack HRV 2018. KM dibawah 10rb

Terima kasih om @DOHC @Omnibus.

Steering rack.jpg
Steering rack 1.jpg

BTW om Omnibus sudah pakai TW Stahlwille ada 10 thn om?
Soalnya yang baru belum dipake umurnya 10 thn, karetnya mati apa gak yah. dalamnya apakah kemungkinan berkarat
Mbah Profith clampnya bisa dipake lagi atau pake clamp aftermarket ya?
kemana aja mbah, lama ga nonghol? :mky_03:
Ada mbah, ketinggalan ilmu banyak bgt ini saya, lagi pura2 sibuk kerjaan hehe.

Kemaren ganti busi gerobak kayaknya 2 thn lalu kurang kenceng ngencengin busi soalnya enteng bgt bukanya, jadi nya kok gini penampakan busi yg diganti (dari ki-ka) posisi menghadap mobil. Yg skg saya kencengin 22Nm.

Masukannya mbah kondisi busi begini.
IMG20210717124431.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by indeskey »

marmut wrote:
sintoni wrote: Sat Jul 17, 2021 14:49

Wkwk.

Kalo mbah Hamster pake yg kayak apa mbah? Ada rekomendasi?

yang pertama, itu guinea pig. bukan hamster.
yang kedua, saya pake yang warna kabelnya kuning. beli awal tahun 2000. seperti ini barangnya :


Beli Fire Eagle Kabel Jumper Kuning
https://tokopedia.link/rISFZnI4Xhb di toko JualAki Rp158.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!



sampe sekarang masih sehat dan siap bertugas.
Wah matur suwun bin makasih mbah, saya langsung serok kebetulan blm punya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by marmut »

indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 10:58
Masukannya mbah kondisi busi begini.IMG20210717124431.jpg

wah, masih bagus banget ini....
situasi kaya sekarang musti berhemat, sayang kalo diganti.
ini contoh penganut aliran hemat :



20200815_174019.jpg















:ngacir:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by marmut »

indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 11:06 Wah matur suwun bin makasih mbah, saya langsung serok kebetulan blm punya.


:big_okay:


jangan lupa minta ke mbah delko tutorial cara ngejumper aki pake kabel.
saya sudah 3x nonton kok nggak ngerti juga.... entah mbah delko berapa kali nonton itu, mungkin sehari 3x selama seminggu.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by indeskey »

marmut wrote:
indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 10:58
Masukannya mbah kondisi busi begini.IMG20210717124431.jpg

wah, masih bagus banget ini....
situasi kaya sekarang musti berhemat, sayang kalo diganti.
ini contoh penganut aliran hemat :



20200815_174019.jpg















:ngacir:
Hahaha... 100k/2thn keknya masih hemat mbah suhu.

Itu pentil (tergantung bacanya yak), nya busi bisa trepes (ini apa ya bhs indonesianya) gitu gimana mbah?
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by yanuarra »

marmut wrote: Sun Jul 18, 2021 11:16
indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 10:58
Masukannya mbah kondisi busi begini.IMG20210717124431.jpg

wah, masih bagus banget ini....
situasi kaya sekarang musti berhemat, sayang kalo diganti.
ini contoh penganut aliran hemat :




20200815_174019.jpg
















:ngacir:
Belom sah itu, belom hemat.. ground bengkokin...gap nya masih bisa disetel itu mbah.. trus pake lagi.. :mky_02:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by marmut »

indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 11:22

Itu pentil (tergantung bacanya yak), nya busi bisa trepes (ini apa ya bhs indonesianya) gitu gimana mbah?

aus karena lompatan bunga api.


*hanya analisa sotoy.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11869
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by marmut »

yanuarra wrote: Sun Jul 18, 2021 11:36

Belom sah itu, belom hemat.. ground bengkokin...gap nya masih bisa disetel itu mbah.. trus pake lagi.. :mky_02:

kalo dibengkokin nanti tugel...

:big_childish:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by Omnibus »

indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 10:58
Masukannya mbah kondisi busi begini.IMG20210717124431.jpg
bagus businya utk ukuran 2 thn pake

cuma agak kurang kenceng, keliatan dr ring washernya ngga gepenk banget. ya udah bagus ksh 22-25Nm. kl bisa bersihin dulu drat sm dudukan di lubang businya.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by indeskey »

marmut wrote:
indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 11:22

Itu pentil (tergantung bacanya yak), nya busi bisa trepes (ini apa ya bhs indonesianya) gitu gimana mbah?

aus karena lompatan bunga api.


*hanya analisa sotoy.
Itu penampakan busi berapa abad mbah suhu wkwkwkw
Omnibus wrote:
indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 10:58
Masukannya mbah kondisi busi begini.IMG20210717124431.jpg
bagus businya utk ukuran 2 thn pake

cuma agak kurang kenceng, keliatan dr ring washernya ngga gepenk banget. ya udah bagus ksh 22-25Nm. kl bisa bersihin dulu drat sm dudukan di lubang businya.
Nggak di bersihkan mbah, ganti 4 busi udah ampun2an ini pinggang. Nggak punya lifting kayak punya mbah suhu yg bisa tiduran haha.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by DOHC »

indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 15:44 Nggak di bersihkan mbah, ganti 4 busi udah ampun2an ini pinggang. Nggak punya lifting kayak punya mbah suhu yg bisa tiduran haha.
:mky_03: :mky_03:

BRV yah

itu masi mending mbah, walaupun kayanya posisi koil emg rada nyempil ke belakang

tp itu blom selaknat posisi koil dan busi inofa ribon... sampe hari ini saya masi belom ketemu disainer nya, kl ampe ketemu, mo ta patahin pinggang nya, biar tau rasa penderitaan berjuta2 montir di dunia yg mo ganti busi inofa
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by Omnibus »

indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 15:44
marmut wrote:
indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 11:22

Itu pentil (tergantung bacanya yak), nya busi bisa trepes (ini apa ya bhs indonesianya) gitu gimana mbah?

aus karena lompatan bunga api.


*hanya analisa sotoy.
Itu penampakan busi berapa abad mbah suhu wkwkwkw
Omnibus wrote:
indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 10:58
Masukannya mbah kondisi busi begini.IMG20210717124431.jpg
bagus businya utk ukuran 2 thn pake

cuma agak kurang kenceng, keliatan dr ring washernya ngga gepenk banget. ya udah bagus ksh 22-25Nm. kl bisa bersihin dulu drat sm dudukan di lubang businya.
Nggak di bersihkan mbah, ganti 4 busi udah ampun2an ini pinggang. Nggak punya lifting kayak punya mbah suhu yg bisa tiduran haha.
hrs sering take a break mbah, jangan digeber

kl ane, abis buka coil take a break stretching lurusin pinggang
lanjut lepasin busi, take a break lagi
lanjut bersihin lubang, take a break lagi

sering lah pokoknya take a break lurusin pinggang

makanya baru nonton yutup itu andala ban ganti shock reborn depan belakang 1 jam dan proud sbg accomplishment, ya wajar krn mrk bengkel komersil. lah ane ganti shock vrz bisa 6 jam lebih. tujuannya emang take it easy without error. n terlebih, harus enjoy krn ini hobi bukan nyari duit. :big_grin:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by Omnibus »

dyno fail ..... :upss:


indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by indeskey »

DOHC wrote: Sun Jul 18, 2021 16:58
indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 15:44 Nggak di bersihkan mbah, ganti 4 busi udah ampun2an ini pinggang. Nggak punya lifting kayak punya mbah suhu yg bisa tiduran haha.
:mky_03: :mky_03:

BRV yah

itu masi mending mbah, walaupun kayanya posisi koil emg rada nyempil ke belakang

tp itu blom selaknat posisi koil dan busi inofa ribon... sampe hari ini saya masi belom ketemu disainer nya, kl ampe ketemu, mo ta patahin pinggang nya, biar tau rasa penderitaan berjuta2 montir di dunia yg mo ganti busi inofa
Ternyata ada yg lbh nggak enak lagi :big_biglaugh:
Omnibus wrote: Sun Jul 18, 2021 18:41
indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 15:44
marmut wrote:

aus karena lompatan bunga api.


*hanya analisa sotoy.
Itu penampakan busi berapa abad mbah suhu wkwkwkw
Omnibus wrote:
bagus businya utk ukuran 2 thn pake

cuma agak kurang kenceng, keliatan dr ring washernya ngga gepenk banget. ya udah bagus ksh 22-25Nm. kl bisa bersihin dulu drat sm dudukan di lubang businya.
Nggak di bersihkan mbah, ganti 4 busi udah ampun2an ini pinggang. Nggak punya lifting kayak punya mbah suhu yg bisa tiduran haha.
hrs sering take a break mbah, jangan digeber

kl ane, abis buka coil take a break stretching lurusin pinggang
lanjut lepasin busi, take a break lagi
lanjut bersihin lubang, take a break lagi

sering lah pokoknya take a break lurusin pinggang

makanya baru nonton yutup itu andala ban ganti shock reborn depan belakang 1 jam dan proud sbg accomplishment, ya wajar krn mrk bengkel komersil. lah ane ganti shock vrz bisa 6 jam lebih. tujuannya emang take it easy without error. n terlebih, harus enjoy krn ini hobi bukan nyari duit. :big_grin:
Bener mbah, kalau ngerjain sendiri biasanya lebih lama salah satunya kebanyakan yg dilap :big_peace:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4632
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by Profith83 »

Kalau saya kelamaan malah jadinya pikiran gak fokus.
Santai sana sini, bisa bisa lupa detail apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang harus final check.

Saya jadinya tidak bekerja sistematis (tidak sesuai urutan)
Tapi tetap tidak buru2x juga seperti bengkel pinggiran yang kalau cari 1 masalah, hanya fokus ke masalah itu tanpa check2x bagian yang lain.