Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
jd sebetulnya boleh2 aja menjumper dr mobil lain n kl dibuat kunci sukses mengenai jumper menjumper adalah sbb:
1. kondisi aki n alternator pendonor kuat. kl perlu pake multimeter buat baca volt reading sebelum dan ketika prosesnya. jd kl tau volt udah kritis bisa berhenti dulu bentar jangan dicoba2 terus apalagi kl nolonginnya mobil tua yg msh karburator n lg banjir main cranking aja terus2an. amsiong bozzzz .....
2. kabel jumper dlm keadaan bagus dan gauge nya (AWG) sesuai utk ampere dan panjang kabelnya. kondisi alligator clip nya jg bagus tanpa karat.
3. koneksi alligator clip ke kepala aki ataupun grounding point bagus
4. menyambung dan melepas koneksi kabel jumper jangan sampai ada hubungan pendek ataupun salah konek. ini momen kritikal dan urusannya senggol bacok kl ane yg ngerjain n digangguin.
belajar naik sepeda saja pasti pernah jatuh dan luka.
ngejumper aki kalo belum ngalamin panik karena kabel meleleh sampai berasap ya nggak seru dong...
Profith83 wrote: Sun Jul 18, 2021 2:45
.............
Jadi kita tahu karena aki lemah, harusnya aman yah nolong untuk jumper
Tapi repot juga yah kalau pas masti kita jumper, waktu itu juga ada konslet .....
Naaaah tanya sendiri kok dijawab sendiri ....
Kelistrikan memang tidak mudah yah.
Ada referensi power bank untuk jumper?
seandainya pun ga ada konslet (atau korslet) dan kabel jumper pun bagus, msh ada 1 lg ancaman, yaitu voltage drop akibat aki dan alternator di mobil pendonor ga sanggup handle. yaitu pas mobil yg mogok di cranking turunlah itu voltage katakan sampai 8V atau bahkan lbh rendah. nah itu kedua mobil bisa sama2 rusak komponennya akibat voltage surge tadi kl lg apes. knp sy bilang kl lg apes, krn namanya elektronik ga tau kapan dia jebol, bisa aja ga apa2 ketika itu atau bisa jg jebol. selalu ada resiko utk itu.
trus 1 lagi nih yg kl ane suka takut. pas masangin kabel2 jumpernya itu sangat besar kejadian kabel +ve nempel dgn kabel -ve secara ga sengaja.
atau kabel itu ketuker jd +ve pendonor ga sengaja nyolok ke -ve dan -ve nya ke +ve. ga perlu waktu lama itu dlm sekejap langsung amsiong. jangan kira ga kejadian yg begitu, justru banyak human error masalah cable handling itu. apalagi sambil haha hihi diajak ngobrol dll jd ga fokus.
Harusnya ndak sehoror ini sih mbah...
Asal kita bisa mastiin
1. Aki pendonor lbh besar atau sama dengan yg didonor
2. Ga ada short circuit.
3. Kabel ckp besar atau besi boleh (harus 2 orang yg pegang)
4. Pasang kabel ke aki mobil yg didonor saat udah siap crank starter dan langsung lepas saat mobil dah berhasil nyala.
5. Hati2.
Karena kita kadang ga pernah tau kpn aki di mobil kita rusak, pernah kejadian ada kerjaan ke luar kota selama 1 minggu lebih, pas mau pulang tiba2 mbl ga bisa start. Ga ada kabel jumper dan jauh dari kota. Ya akhirnya jumper pakai besi beton.
Profith83 wrote: Sun Jul 18, 2021 2:45
.............
Jadi kita tahu karena aki lemah, harusnya aman yah nolong untuk jumper
Tapi repot juga yah kalau pas masti kita jumper, waktu itu juga ada konslet .....
Naaaah tanya sendiri kok dijawab sendiri ....
Kelistrikan memang tidak mudah yah.
Ada referensi power bank untuk jumper?
seandainya pun ga ada konslet (atau korslet) dan kabel jumper pun bagus, msh ada 1 lg ancaman, yaitu voltage drop akibat aki dan alternator di mobil pendonor ga sanggup handle. yaitu pas mobil yg mogok di cranking turunlah itu voltage katakan sampai 8V atau bahkan lbh rendah. nah itu kedua mobil bisa sama2 rusak komponennya akibat voltage surge tadi kl lg apes. knp sy bilang kl lg apes, krn namanya elektronik ga tau kapan dia jebol, bisa aja ga apa2 ketika itu atau bisa jg jebol. selalu ada resiko utk itu.
trus 1 lagi nih yg kl ane suka takut. pas masangin kabel2 jumpernya itu sangat besar kejadian kabel +ve nempel dgn kabel -ve secara ga sengaja.
atau kabel itu ketuker jd +ve pendonor ga sengaja nyolok ke -ve dan -ve nya ke +ve. ga perlu waktu lama itu dlm sekejap langsung amsiong. jangan kira ga kejadian yg begitu, justru banyak human error masalah cable handling itu. apalagi sambil haha hihi diajak ngobrol dll jd ga fokus.
Harusnya ndak sehoror ini sih mbah...
Asal kita bisa mastiin
1. Aki pendonor lbh besar atau sama dengan yg didonor
2. Ga ada short circuit.
3. Kabel ckp besar atau besi boleh (harus 2 orang yg pegang)
4. Pasang kabel ke aki mobil yg didonor saat udah siap crank starter dan langsung lepas saat mobil dah berhasil nyala.
5. Hati2.
Karena kita kadang ga pernah tau kpn aki di mobil kita rusak, pernah kejadian ada kerjaan ke luar kota selama 1 minggu lebih, pas mau pulang tiba2 mbl ga bisa start. Ga ada kabel jumper dan jauh dari kota. Ya akhirnya jumper pakai besi beton.
di tangan org yg mengerti memang ga horor.
jangankan jumper aki, operasi bypass jantung manusia aja ga horor kl di tangan yg ngerti.
yg jd masalah kl ada org sok tau ikut2an mau bantu.
Profith83 wrote:Penampakan steering rack HRV 2018. KM dibawah 10rb
Terima kasih om @DOHC @Omnibus.
Steering rack.jpg
Steering rack 1.jpg
BTW om Omnibus sudah pakai TW Stahlwille ada 10 thn om?
Soalnya yang baru belum dipake umurnya 10 thn, karetnya mati apa gak yah. dalamnya apakah kemungkinan berkarat
Mbah Profith clampnya bisa dipake lagi atau pake clamp aftermarket ya?
kemana aja mbah, lama ga nonghol?
Ada mbah, ketinggalan ilmu banyak bgt ini saya, lagi pura2 sibuk kerjaan hehe.
Kemaren ganti busi gerobak kayaknya 2 thn lalu kurang kenceng ngencengin busi soalnya enteng bgt bukanya, jadi nya kok gini penampakan busi yg diganti (dari ki-ka) posisi menghadap mobil. Yg skg saya kencengin 22Nm.
Masukannya mbah kondisi busi begini.
IMG20210717124431.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 11:06
Wah matur suwun bin makasih mbah, saya langsung serok kebetulan blm punya.
jangan lupa minta ke mbah delko tutorial cara ngejumper aki pake kabel.
saya sudah 3x nonton kok nggak ngerti juga.... entah mbah delko berapa kali nonton itu, mungkin sehari 3x selama seminggu.
indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 10:58
Masukannya mbah kondisi busi begini.IMG20210717124431.jpg
bagus businya utk ukuran 2 thn pake
cuma agak kurang kenceng, keliatan dr ring washernya ngga gepenk banget. ya udah bagus ksh 22-25Nm. kl bisa bersihin dulu drat sm dudukan di lubang businya.
Itu pentil (tergantung bacanya yak), nya busi bisa trepes (ini apa ya bhs indonesianya) gitu gimana mbah?
aus karena lompatan bunga api.
*hanya analisa sotoy.
Itu penampakan busi berapa abad mbah suhu wkwkwkw
Omnibus wrote:
indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 10:58
Masukannya mbah kondisi busi begini.IMG20210717124431.jpg
bagus businya utk ukuran 2 thn pake
cuma agak kurang kenceng, keliatan dr ring washernya ngga gepenk banget. ya udah bagus ksh 22-25Nm. kl bisa bersihin dulu drat sm dudukan di lubang businya.
Nggak di bersihkan mbah, ganti 4 busi udah ampun2an ini pinggang. Nggak punya lifting kayak punya mbah suhu yg bisa tiduran haha.
indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 15:44
Nggak di bersihkan mbah, ganti 4 busi udah ampun2an ini pinggang. Nggak punya lifting kayak punya mbah suhu yg bisa tiduran haha.
BRV yah
itu masi mending mbah, walaupun kayanya posisi koil emg rada nyempil ke belakang
tp itu blom selaknat posisi koil dan busi inofa ribon... sampe hari ini saya masi belom ketemu disainer nya, kl ampe ketemu, mo ta patahin pinggang nya, biar tau rasa penderitaan berjuta2 montir di dunia yg mo ganti busi inofa
Itu pentil (tergantung bacanya yak), nya busi bisa trepes (ini apa ya bhs indonesianya) gitu gimana mbah?
aus karena lompatan bunga api.
*hanya analisa sotoy.
Itu penampakan busi berapa abad mbah suhu wkwkwkw
Omnibus wrote:
indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 10:58
Masukannya mbah kondisi busi begini.IMG20210717124431.jpg
bagus businya utk ukuran 2 thn pake
cuma agak kurang kenceng, keliatan dr ring washernya ngga gepenk banget. ya udah bagus ksh 22-25Nm. kl bisa bersihin dulu drat sm dudukan di lubang businya.
Nggak di bersihkan mbah, ganti 4 busi udah ampun2an ini pinggang. Nggak punya lifting kayak punya mbah suhu yg bisa tiduran haha.
hrs sering take a break mbah, jangan digeber
kl ane, abis buka coil take a break stretching lurusin pinggang
lanjut lepasin busi, take a break lagi
lanjut bersihin lubang, take a break lagi
sering lah pokoknya take a break lurusin pinggang
makanya baru nonton yutup itu andala ban ganti shock reborn depan belakang 1 jam dan proud sbg accomplishment, ya wajar krn mrk bengkel komersil. lah ane ganti shock vrz bisa 6 jam lebih. tujuannya emang take it easy without error. n terlebih, harus enjoy krn ini hobi bukan nyari duit.
indeskey wrote: Sun Jul 18, 2021 15:44
Nggak di bersihkan mbah, ganti 4 busi udah ampun2an ini pinggang. Nggak punya lifting kayak punya mbah suhu yg bisa tiduran haha.
BRV yah
itu masi mending mbah, walaupun kayanya posisi koil emg rada nyempil ke belakang
tp itu blom selaknat posisi koil dan busi inofa ribon... sampe hari ini saya masi belom ketemu disainer nya, kl ampe ketemu, mo ta patahin pinggang nya, biar tau rasa penderitaan berjuta2 montir di dunia yg mo ganti busi inofa
Omnibus wrote:
bagus businya utk ukuran 2 thn pake
cuma agak kurang kenceng, keliatan dr ring washernya ngga gepenk banget. ya udah bagus ksh 22-25Nm. kl bisa bersihin dulu drat sm dudukan di lubang businya.
Nggak di bersihkan mbah, ganti 4 busi udah ampun2an ini pinggang. Nggak punya lifting kayak punya mbah suhu yg bisa tiduran haha.
hrs sering take a break mbah, jangan digeber
kl ane, abis buka coil take a break stretching lurusin pinggang
lanjut lepasin busi, take a break lagi
lanjut bersihin lubang, take a break lagi
sering lah pokoknya take a break lurusin pinggang
makanya baru nonton yutup itu andala ban ganti shock reborn depan belakang 1 jam dan proud sbg accomplishment, ya wajar krn mrk bengkel komersil. lah ane ganti shock vrz bisa 6 jam lebih. tujuannya emang take it easy without error. n terlebih, harus enjoy krn ini hobi bukan nyari duit.
Bener mbah, kalau ngerjain sendiri biasanya lebih lama salah satunya kebanyakan yg dilap
Kalau saya kelamaan malah jadinya pikiran gak fokus.
Santai sana sini, bisa bisa lupa detail apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang harus final check.
Saya jadinya tidak bekerja sistematis (tidak sesuai urutan)
Tapi tetap tidak buru2x juga seperti bengkel pinggiran yang kalau cari 1 masalah, hanya fokus ke masalah itu tanpa check2x bagian yang lain.