share captiva - PART 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 03
hari ini isi solar, kondisi jarum pas ditengah perkiraan full tank 30liter karena menurut buku kapasitws tangki 60liter
biasa sampe bunyi cklek paling isi sedikit lg ane suruh stop petugasnya, takutnya sampe tumpah.
tp hari ini ane coba isi terus bener2 full, dan kagetnya mencapai 8liter dr bunyi cklek
pdhl sepengamatan ane biasa kalo dah ceklek paling nambahnya 3-5liter
jadi tadi total isinya mencapai 38liter dr jarum tengah ke full
jd heran, sebetulnya total kapasitas tangkinya brapa ya, kok rasanya ga mungkin 60 tp bisa2 mencapai 70 liter nih.
biasa sampe bunyi cklek paling isi sedikit lg ane suruh stop petugasnya, takutnya sampe tumpah.
tp hari ini ane coba isi terus bener2 full, dan kagetnya mencapai 8liter dr bunyi cklek
pdhl sepengamatan ane biasa kalo dah ceklek paling nambahnya 3-5liter
jadi tadi total isinya mencapai 38liter dr jarum tengah ke full
jd heran, sebetulnya total kapasitas tangkinya brapa ya, kok rasanya ga mungkin 60 tp bisa2 mencapai 70 liter nih.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: share captiva - PART 03
begini bro, jarum penunjuk level itu tidak bisa dipakai untuk merepresentasikan secara langsung rasio kapasitas tangki.evolution21 wrote:hari ini isi solar, kondisi jarum pas ditengah perkiraan full tank 30liter karena menurut buku kapasitws tangki 60liter
biasa sampe bunyi cklek paling isi sedikit lg ane suruh stop petugasnya, takutnya sampe tumpah.
tp hari ini ane coba isi terus bener2 full, dan kagetnya mencapai 8liter dr bunyi cklek
pdhl sepengamatan ane biasa kalo dah ceklek paling nambahnya 3-5liter
jadi tadi total isinya mencapai 38liter dr jarum tengah ke full
jd heran, sebetulnya total kapasitas tangkinya brapa ya, kok rasanya ga mungkin 60 tp bisa2 mencapai 70 liter nih.
contoh analogi saja jika desain tangki yg mengerucut (bagian atas besar lalu makin ke bawah makin kecil), pelampung biasanya hanya bisa mendeteksi level permukaan cairan bbm. kalo kasusnya begini biasanya sih ciri2nya jarum kalo masih full kelihatan turunnya lama tapi kalo udah di bawah setengah turunnya lebih cepat


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
Re: share captiva - PART 03
evolution21 wrote:hari ini isi solar, kondisi jarum pas ditengah perkiraan full tank 30liter karena menurut buku kapasitws tangki 60liter
biasa sampe bunyi cklek paling isi sedikit lg ane suruh stop petugasnya, takutnya sampe tumpah.
tp hari ini ane coba isi terus bener2 full, dan kagetnya mencapai 8liter dr bunyi cklek
pdhl sepengamatan ane biasa kalo dah ceklek paling nambahnya 3-5liter
jadi tadi total isinya mencapai 38liter dr jarum tengah ke full
jd heran, sebetulnya total kapasitas tangkinya brapa ya, kok rasanya ga mungkin 60 tp bisa2 mencapai 70 liter nih.
posisi tangki bbm captiva dimana ya?
mungkin karena saluran masuk yg panjang om. 2x isi solar sampe bibir, tp belakangan uda ga mau sampe bibir. busanya banyak banget kalo solar, petugas maen pencet lepas aja nozzle nya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 03
@hansen
hal seperti itu, jarum saat full tank lama, pas turun tiba2 cepet terjadi di t30 ane alamin
utk captiva tidak seperti itu, ane merasakan penurunannya stabil...
so....?
@goodboy
lubang tangki disebelah kiri
hal seperti itu, jarum saat full tank lama, pas turun tiba2 cepet terjadi di t30 ane alamin
utk captiva tidak seperti itu, ane merasakan penurunannya stabil...
so....?
@goodboy
lubang tangki disebelah kiri
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sat Apr 28, 2012 11:41
Re: share captiva - PART 03
Bos, ada yg udah pasang tv belom, mau pasang nih, tapi bingung yg bagus dan pas yg kyk apa?
Terus, kalo kita pasang ditempatnya, kan itu agak kebawah, gaada tempat laen ya bos bos?
Terus, kalo kita pasang ditempatnya, kan itu agak kebawah, gaada tempat laen ya bos bos?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 03
Setau saya ada yg pasang tv di atas, ada yg pasang di bawah. Yg banyak dipake buat captiva sih merk caska yah, tp denger2 dari yg dah pake, kualitas suara menurun krn arkamyss nya hilang (kalau pake captiva SS/FL).
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 03
ya, penggantian hu captiva fl yg tidak menyertakan setting crossocer, time correction, graphic eq, kemungkinan besar suaranya bakal jd sangat buruk.
oh ya arkamys itu merk speaker aja kan? soalnya hu nya itu ada capnya clarion
atau arkamys = clarion?
oh ya arkamys itu merk speaker aja kan? soalnya hu nya itu ada capnya clarion
atau arkamys = clarion?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sat Apr 28, 2012 11:41
Re: share captiva - PART 03
Ohh, saya ada niat masang, tapi maunya di atas. Gimana yah? Bisa nggak?
Ada yg udh pernah masang belom? Kena berapaan?
Ada yg udh pernah masang belom? Kena berapaan?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 03
Setau saya udah ada settingannya lgs antara headunit dan speaker yaitu 3D Surroundnya, jadi ketika HU diganti 3D Surroundnya juga hilang, begitu kata sales saya. Beres pd indah pernah nawarin saya ganti TV + GPS + rear camera seharga 8 jt. Harusnya kalau lgs ke toko audio bisa dpt harga lebih murah.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sat Apr 28, 2012 11:41
Re: share captiva - PART 03
Kayaknya gak semua merek bisa dipasang ke captiva ya?
Iya waktu itu pernah liat org punya udh dipasang tv gitu, kualitas suaranya gak sebaggus yg bawaannya skrg.
Ada yg udh masang tv dashboard atas blm? Mau masang disitu rencananya tp gatau bisa apa nggk
Iya waktu itu pernah liat org punya udh dipasang tv gitu, kualitas suaranya gak sebaggus yg bawaannya skrg.
Ada yg udh masang tv dashboard atas blm? Mau masang disitu rencananya tp gatau bisa apa nggk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 03
kalo ganti hu, contoh merk alpin, minimum yg tipe 105 + processor.
setelah disetting bs kok kualitas suaranya kembali jd bagus, atau malah lebih baik, tergantung settingnya gimana
memang sih awalnya pasti kaget dah ganti mahal2 kok malah jd buruk, ditambah toko yg masangin jg ngomporin, harus ganti speaker dll estimasi biasa 10jt, kalo ga, ga akan bagus. tp ane ga percaya begitu aja, coba browsing belajar cara setting hu alpin, akhirnya ketemu deh, utak atik sendiri trial error sampe berhari hari sampe hasilnya bisa bagus
setelah disetting bs kok kualitas suaranya kembali jd bagus, atau malah lebih baik, tergantung settingnya gimana
memang sih awalnya pasti kaget dah ganti mahal2 kok malah jd buruk, ditambah toko yg masangin jg ngomporin, harus ganti speaker dll estimasi biasa 10jt, kalo ga, ga akan bagus. tp ane ga percaya begitu aja, coba browsing belajar cara setting hu alpin, akhirnya ketemu deh, utak atik sendiri trial error sampe berhari hari sampe hasilnya bisa bagus
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: share captiva - PART 03
Arkamsys itu bukan Clarion, melainkan perusahaan sound engineering yang biasa produksi software sound buat film dan lagu-lagu.. Jadi di HU Clarionnya ada software Arkamsys? yah.. kalau mau beli HU harus yang ada prosesornya yang capable handle banyak speaker...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Jul 04, 2010 0:38
Re: share captiva - PART 03
mungkin bisa konsultasi ma bung penyubali, captiva nya da modif abis..keyenn..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 03
Thank you infonya om momod, kalo kuping murahan saya sih ngerasa dah cukup puas sama kualitas audionya captiva, cuma kurang dentuman sub, tapi spacenya ga cukup klo bangku baris ke3 dibuka 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 03
ni foto HU nya captiva
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 03
http://www.bosmobil.com/m/page_detail.html?ne=3262
pimpinan mercy pindah ke chevy
semoga bisa mendongkrak kualutas pelayanan chevy
pimpinan mercy pindah ke chevy
semoga bisa mendongkrak kualutas pelayanan chevy
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
Re: share captiva - PART 03
masa seh kurang dentuman sub?Belphegor wrote:Thank you infonya om momod, kalo kuping murahan saya sih ngerasa dah cukup puas sama kualitas audionya captiva, cuma kurang dentuman sub, tapi spacenya ga cukup klo bangku baris ke3 dibuka
biasa nyalain audio di volume berapa om? uda coba di volume 18 ke atas?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
Re: share captiva - PART 03
report sedikit dari nubie.
hari jumat tgl 11/05/2012 kemaren, bawa captiva yg odo nya masih 600km keluar kota, penumpang 1 dewasa + 1doggie. dr surabya-jember. jarak tempuh +- 190km, lama perjalanan 4jam (macet di lapindo 1jam sendiri). sisanya bejek abis. sampe di jember, mobil dipake sedikit (+- 15km)
terus hari senin tgl 14/05/2012 balik ke surabaya, penumpang 3 dewasa + 1doggie. plus dipake dalkot surabaya (+- 25km)
odometer 435,4km, isi solar 2x total 43.22liter.
cuma dapet 1:10
tapi waktu perjalanan balek ke surabaya, sempet idle selama 20menit.
waktu dibawa kenceng, seperti terasa understeer. buat belok terasa gimana gitu
terus kalo mau kickdown, bener2 mesti injek gas nya sampe abis. kalo ga sampe abis, tetep ga mau turun gigi.
overall puas sama tenaganya.
sekian report nubie.. masih berharap setelah inreyen dalkot surabaya bisa dapet 1:10
hari jumat tgl 11/05/2012 kemaren, bawa captiva yg odo nya masih 600km keluar kota, penumpang 1 dewasa + 1doggie. dr surabya-jember. jarak tempuh +- 190km, lama perjalanan 4jam (macet di lapindo 1jam sendiri). sisanya bejek abis. sampe di jember, mobil dipake sedikit (+- 15km)
terus hari senin tgl 14/05/2012 balik ke surabaya, penumpang 3 dewasa + 1doggie. plus dipake dalkot surabaya (+- 25km)
odometer 435,4km, isi solar 2x total 43.22liter.
cuma dapet 1:10

tapi waktu perjalanan balek ke surabaya, sempet idle selama 20menit.
waktu dibawa kenceng, seperti terasa understeer. buat belok terasa gimana gitu
terus kalo mau kickdown, bener2 mesti injek gas nya sampe abis. kalo ga sampe abis, tetep ga mau turun gigi.
overall puas sama tenaganya.
sekian report nubie.. masih berharap setelah inreyen dalkot surabaya bisa dapet 1:10
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: share captiva - PART 03
pakenya bbm apa tu Pak GoodBoy?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 03
Wah2, kok mau ya dari mercy pindah ke chevy, mudah2an kualitas chevy makin ok ya kedepannya.evolution21 wrote:http://www.bosmobil.com/m/page_detail.html?ne=3262
pimpinan mercy pindah ke chevy
semoga bisa mendongkrak kualutas pelayanan chevy
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 03
Bass nya kalo saya naikin sih kerasa dentumannya, tapi doortrim geter2 n kadang sember, jadi butuh sub yg di belakang supaya lebih asikGood_boy86 wrote:masa seh kurang dentuman sub?Belphegor wrote:Thank you infonya om momod, kalo kuping murahan saya sih ngerasa dah cukup puas sama kualitas audionya captiva, cuma kurang dentuman sub, tapi spacenya ga cukup klo bangku baris ke3 dibuka
biasa nyalain audio di volume berapa om? uda coba di volume 18 ke atas?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 03
Nice review om Good_boy86, menurut saya selagi masa inreyen dapet 1:10 udah lumayan irit lho bro. Perjalanan kan bukan tol terus juga kan?Good_boy86 wrote:report sedikit dari nubie.
hari jumat tgl 11/05/2012 kemaren, bawa captiva yg odo nya masih 600km keluar kota, penumpang 1 dewasa + 1doggie. dr surabya-jember. jarak tempuh +- 190km, lama perjalanan 4jam (macet di lapindo 1jam sendiri). sisanya bejek abis. sampe di jember, mobil dipake sedikit (+- 15km)
terus hari senin tgl 14/05/2012 balik ke surabaya, penumpang 3 dewasa + 1doggie. plus dipake dalkot surabaya (+- 25km)
odometer 435,4km, isi solar 2x total 43.22liter.
cuma dapet 1:10![]()
tapi waktu perjalanan balek ke surabaya, sempet idle selama 20menit.
waktu dibawa kenceng, seperti terasa understeer. buat belok terasa gimana gitu
terus kalo mau kickdown, bener2 mesti injek gas nya sampe abis. kalo ga sampe abis, tetep ga mau turun gigi.
overall puas sama tenaganya.
sekian report nubie.. masih berharap setelah inreyen dalkot surabaya bisa dapet 1:10
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: share captiva - PART 03
betul om, sy setuju memang harus dicek. Dulu awalnya memang saya cek. Namun lama2, sy agak heran krn sy menemukan cekungan (penyok sedikit) di tempat2 yang lain. Di tempat yg tadinya sy yakin gak ada, di kemudian hari jadi penyok atau tidak rata, apalagi tempat/spot nya bukan tempat yg mudah terkena senggol, misalnya seperti pilar A, atau kap mesin. Kalaupun krn dempulan, hrsnya tidak melekuk atau menjadi gelombang permukaannya.Hansen wrote:IMHO musti dicek dengan benar bro apakah bagian tsb bekas dempulan karena bisa saja bagian tsb pernah kesenggol dalam perjalanan selama pengiriman dan bukan tidak mungkin ada dealer yg melakukan body repair terlebih dahulu sebelum mobilnya dideliver ke konsumen.roadtrain99 wrote:Mungkin captiva owner perhatikan kondisi body2 mobil nya krn seperti nya saya menemukan kejanggalan pada bagian2 body, seperti tidak rata, padahal sebelumnya rata, terutama di daerah yang rasanya tidak mungkin tersenggol.
Betul om, memang ada mobil yg pas delivery nya lecet lalu di repair dulu sama dealer nya. Kebetulan sy pernah liat ada mobil baru (blm ada plat nomor) udah masuk bengkel cat.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: share captiva - PART 03
Oh ya hampir lupa, akhirnya setelah 7 minggu menunggu, plat asli dan STNK saya keluar juga kemarin 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: share captiva - PART 03
sy lupa istilahnya, tp kalo ga salah sih pulse driving. Maksudnya instead of pijek gas steady, mendingan pijek-lepas pijek-lepas, contoh sperti drpd kita stabil di lari 100kmh, mendingan kita gas (santai ga perlu dibejek) sampai 110kmh, lalu lepas biarkan turun sampai kira2 95kmh, lalu gas lagi sampai kira2 110kmh. Nanti bisa dapet rata2 105kmh. Pas penurunan speed dari 110 ke 95 (gliding=meluncur) bbm yang terbakar minim, kalo ada MID bisa diliat mungkin 0ltr/100km beberapa mobil 0ltr/30km.Good_boy86 wrote: pulse driving itu bagaimana om?
sori oot juga, soal harrier dikasi premium, bisa dicoba + additive MGO. so far seh saya pake MGO ngelitik bisa hilang / hampir ga pernah muncul tapi mobil saya bukan harrier
kapan2 saya coba trik nya, sampe sekarang seh cuma asal bejek gas aja
Kalo salah mohon dibetulin om turboman. kira2 spt itu.
Selain cara di atas, ada jg yg sy sering lakukan spt:
- Misalnya di tol / jalan lancar, sy perhitungkan dr jauh apakah mobil didepan akan mengurangi speed atau ga, kalo kira2 posisi dia sudah agak dekat atau dia sperti mengurangi speed, sy tinggal cocokan saja kira2 speed mobil saya sampai ke dekat mobil itu perlu berapa. Kalo seperti ini kita jg jadi hemat kanvas rem dan hemat bbm juga. Kenapa kanvas rem jadi hemat, krn kita ga perlu nginjek rem dalem2.
Jadi kalo biasanya (contoh) kita mengerem pada posisi 80mtr seblm mobil depan, nah ini kita pada posisi 200mtr sudah lepas gas, sementara speed menurun dgn sendirinya dan kita ngerem ga perlu drastis.
misalnya lari 110kmh, berarti lari sekitar 30m/detik lepas gas sampai 95kmh bisa dibayangkan sudah sekian ratus meter mobil dibiarkan meluncur dgn bbm yg minim lalu baru start pijek gas (santai) ke 110kmh lagi.
- Usahakan mencapai gigi tertinggi supaya rpm tetap rendah. Captiva diesel bisa dapet gigi 5 pas speed sedikit di atas 60kmh.
- Pakai tiptronic, kita bisa atur gear. kadang kalo di "D", pada kecepatan 40-50kmh terkadang masih ditahan di gigi 3 (coba pindahkan dari D ke tiptronic). Biasanya kalo begini, sy pindahkan ke tiptronic lalu saya upshift ke 4. Jika gigi 4 blm bisa diraih, sy tekan gas sedikit, upshift lalu turunkan kembali rpm nya.
- kalo dr yg sy sering perhatikan, terkadang nyalip sana sini, speed lebih kencang, lalu misalnya ketemu macet/lampu merah, pasti smers disini pernah ngalamin "lho kok mobil itu lagi, kan tadi udah dilewatin"....Yang kayak gini, kalo situasi kita sering stop n go, nyelap nyelip ngebut kadang percuma, jadi mending santai aja. Kalo jalan lancar akan lain ceritanya.
kira2 seperti itu yg sy sering praktekin, tanpa alat chip/dastek ini itu, most of time biosolar terkadang campur dex/shell/total + additive sy masih bisa dapet rata2 antara 1:8 hingga 1:9.5. terburuk sy pernah dpt 1:7.9, terbaik 1:10.44
soal mobil kompresi tinggi dikasih premium walaupun dikasih additive *imo* tetep berat. blm lama sy denger ada outlet yg return MGO krn ternyata tidak memuaskan resultnya, ini kebetulan sy denger sales outlet itu bicara ke customer lain.
kebetulan sy pernah ngalamin xtrail 2.5 atau camry 2.4 dengan premium, hasilnya ga bagus. Memang bisa diakalin ngatur timing dll, tapi biasanya lama kemudian akan ngelitik lagi. kalo dipaksa lama2 rusak.