Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
solar_kerosen wrote:oli itu vital pak , jangan dicoba coba yg gak perlu. ikutin buku manual kan sudah ada , gak mungkin anda ganti oli mahal tenaga mobil tambah 20 ps
maksud ane bukan supaya nambah 20 ps kalo pake oli heavy duty, tapi kalo mesin heavy duty denganbeban kerja berat fine aja apa lgi mesin mobil penumpang pasti lebi protection lagi. gitu sih broo maksud ane..
biasanya, untuk kendaraan/mesin berat, kinerja mesinnya justru konstan dan relatif di rpm rendah, salah satunya ya supaya mesinnya itu sendiri awet...
jadi definisi "heavy duty"nya agak rancu...
justru untuk mesin kendaraan niaga/penumpang, oli-nya malah mesti lebih "heavy duty", secara putaran mesinnya lebih dinamis, lebih tinggi rpm-nya dan kondisinya berubah-ubah...makanya spek oli-nya justru kadang mintanya lebih tinggi dibanding oli untuk kendaraan berat/mesin
cmiiw lho...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
JAKARTA (Suara Karya) Agen tunggal pemegang merek (ATPM) tidak dibenarkan merekomendasikan suatu merek pelumas (oli) atau bahkan mewajibkan penggunaan pelumas tertentu kepada konsumen pemilik kendaraan bermotor. Dalam hal ini, ATPM juga tidak bisa memaksa konsumen untuk memakai pelumas merek/buatan sendiri, meski masih dalam masa garansi atau setelah masa garansi
Jika dilakukan, maka ATPM bisa terancam hukuman karena sudah melanggar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat ATPM juga bisa dianggap melanggar hak dan kebebasan konsumen dalam memilih barang sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen...
...Menurut Sudaryatmo, ATPM hanya bisa merekomendasikan spesifikasi pelumas yang sesuai untuk kendaraan bersangkutan. Untuk itu. ATPM tidak dibenarkan membatalkan masa garansi mesin kendaraan karena selama pemakaian menggunakan pelumas merek tertentu di luar buatan ATPM. Jika dilakukan, maka ini termasuk dalam pemahaman memaksa atau mewajibkan konsumen menggunakan pelumas merek ATPM sendiri, ini cenderung melanggar hak dan kebebasan konsumen...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
Pengalaman di BeRes Sijuki sampe detik ini (PT UMC, Pucang, Surabaya), mereka gak memaksa pake oli Indomob. Ane malah bole bawa oli sendiri dari luar. Cuman dicharge biaya jasa. Auto2000 Kertajaya juga gak mewajibkan konsumen beli oli di mereka.
Jadi penasaran, ada yang tau (data valid) apa sih sebenernya merk oli yang direbrand jadi oli Indomob, TGMO, Nissan, dll itu y?
Pengalaman di BeRes Sijuki sampe detik ini (PT UMC, Pucang, Surabaya), mereka gak memaksa pake oli Indomob. Ane malah bole bawa oli sendiri dari luar. Cuman dicharge biaya jasa. Auto2000 Kertajaya juga gak mewajibkan konsumen beli oli di mereka.
Jadi penasaran, ada yang tau (data valid) apa sih sebenernya merk oli yang direbrand jadi oli Indomob, TGMO, Nissan, dll itu y?
kalau gak idemitsu re badge castrol atau shell gak jauh jauhlah
seperti kata om doq, prakteknya gimana ya. kalo dilihat informasi semacam ini kurang terdengar plus lembaga2 perlindungan konsumen sepertinya masih lebih fokus di jawa sana. mungkin kalo kita bilang dengan yakin ke beres (ataupun pemberi garansi) ada undang2 yang mengatur dan melindungi konsumen sehubungan masalah yang dimaksud, beres (ataupun atpm) bakal berpikir ulang buat memaksakan oli mereka sebagai oli wajib kalo garansi ga mau hangus.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
imho hal2 seperti ini mesti nya di blow-up oleh media massa, tidak lain agar kedua pihak (konsumen dan atpm) sama2 sadar dan mengerti hak/kewajiban masing2
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
setuju om. yang kaya gini kan biasanya beritanya cuman sekali dimuat (bahkan sering tak dimuat), dah gitu jarang pula ada berita2 semacam ini (mungkin jauh lebih banyak dari yang kita lihat cuman karena kurangnya pemberitaan jadi seperti tak ada). dengan diblowupnya berita kek gini, pihak atpm pun juga terinformasikan akan hak-hak konsumen yang mesti dihormatinya.
mungkin ada baiknya informasi2 bagus seperti ini dibuat di thread khusus, jadi postingan bagus kaya di atas itu tak tenggelam ataupun terlewatkan oleh banyak user. sekadar usulan saja.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
mobil2 om zomb cemana? pake oli dari beres atau bawa sendiri om?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
ada beberapa beres yg menyediakan pilihan oli2 merek lain selain oli brand produsen kendaraan tsb tapi melarang konsumen membawa oli dr luar.....dan meski banyak pilihan merek oli yg disediakan mereka tapi kesemuanya dihargakan jauh lbh mahal dr harga pasaran.
memang tidak ada pemaksaan merek oli tertentu dr produsen kendaraan krn ada mereka menyediakan beberapa pilihan merek lain, tapi dengan modus penerapan harga tinggi plus larangan membawa oli dr luar ini juga sama dengan mencekik konsumen....ujung2nya konsumen gak berdaya krn terpaksa membayar harga oli yg kelewat mahal tsb krn takut garansi hangus.
ini cuma pengalaman saya yang pernah terpaksa membeli oli merek Mobil-1 di beres Honda dng selisih harga per liternya lbh mahal Rp. 40rb dibanding harga pasaran.
pengalaman tsb mungkin related dng artikel dibawah ini :
Bengkel Resmi adalah Kartel
REP | 13 September 2010 | 08:24 166 4 Nihil
Bengkel-bengkel mobil resmi dari ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) mempunyai standar pelayanan yang seragam. Tidak hanyak bangunan dan peralatan, tapi juga harga jasa dan spare parts adalah sama di semua bengkel resmi ATPM itu.
Sepintas hal ini wajar. Namun kalau dipikirkan, seseorang yang membeli mobil biasanya memakai mobil itu rata-rata antara 5 - 7 tahun. Selama 5 - 7 tahun itu dia akan terikat dengan pelayanan bengkel-bengkel resmi dengan tidak ada alternatif. Hal ini mengingat bahwa mobil-mobil saat ini kendali mesinnya sudah terkomputerisasi, misalnya kontrol pengapian/pembakaran, transmisi otomatis, sistem keamanan, dan sistem penurunan gas buang. Bengkel-bengkel di luar ATPM tidak akan mempunyai perlatan komputer yang bisa dipakai untuk mendeteksi kerusakan dan melakukan perbaikan.
Dengan kondisi seperti ini, ATPM bisa menentukan margin keuntungan dari jasa perawatan mobil, dan harga-harga spare parts tanpa ada saingan.
Perlu dipikirkan untuk men-dekartelisasi tata niaga perawatan dan perbaikan mobil dengan mewajibkan ATPM untuk juga memberikan akses teknologi dan peralatan bagi bengkel-bengkel non afiliasi, dan membebaskan semua bengkel untuk menentukan biaya jasa dan spare parts sesuai margin kompetitif masing-masing bengkel itu.
ATPM selama ini menikmati margin yang sangat besar dari penjualan mobil dan jasa perawatan mobil dan spare parts.
istilah "garansi hangus" sampe skrg ini masih jadi momok menakutkan bagi konsumen, kondisi tsb memang peluang bagus bagi beres untuk melakukan taktik dagang tertentu sehingga konsumen rela berkorban biaya dan waktu demi mempertahankan validitas garansi tsb. Tapi sayangnya meski konsumen sudah rela mematuhi term & condition yg ditetapkan beres selama masa garansi, ternyata proses claim garansi sendiri gak ada jaminan mulus, masih banyak berita konsumen yg ngotot dng pihak beres untuk claim garansi, atau mobil2 konsumen yg terbengkalai di beres krn menunggu part yg diclaim krn garansi tanpa ada kepastian waktu yg jelas.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
Ya kakak pembina..biasanya memang jago ngeyel...walau gak semua BeRes begitu:)
Kalau mau dibilang sih di service book ataupun manual tidak tertulis spesifik oli tertentu kecuali dianjurkan misalkan toyota dianjurkan memakai tgo:)
mau nanya oli mesin buat innova diesel:
1. Motul CRDi 5w40 api CI-4
2. FK Massimo Diesel Dash 10w30 api CF
Bagusan mana ya? dlm range harga mahalan Motul sedikit, cuman kalo beli FK ga ada 1literan, adanya galonan 4liter. Sekarang pake FK Pulse GT 10w40. Makasih sebelumnya
sudah pake dex bro. Setiap setengah tanki isi 200rb. Cuman kalo keluar kota ke arah surabaya bali bisa pusing nyari dex... Adanya cuman jerikenan aja. Mesin lebih halus+tarikan enteng