
vote aja lah kalo gitu...
yg irrasional itu sebenernya capt ato fort.......?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Ane setuju bahwa engga ada yg tau pasti kemana gerak harga si oil (makanya ane selalu bilang bahwa analogi ini gak "kena" untuk menggambarkan consumer fortuner, anyway okelah balik lagi ke oil futuresCaptivated wrote:A. setiap trader pasti berspekulasi, tinggal tergntung kecil besarnya jumlah brg atau harga yg diinginkan/diincar.Risol1 wrote: OK, ane ulang lagi, kalo diliat dari tujuannya:
A- Spekulan itu cuma mao duit spread harga beli oil dimasa sekarang dengan harga yg bisa dia jual di masa depan
- Spekulan pengen duitnya yg 400 jt bisa menjadi 800 jt setelah main oil ini
- Spekulan gak mao terima delivery oil berjerigen2 tsb, spekulan gak mao nyediain gudang buat nyimpen oil tsb, spekulan gak mao bayar transportasi buat antar jemput oli. Kalo mereka harus lakukan ini, percaya deh gak ada yg mao lakukan spekulasi komoditi ini.
B- Pembeli fortie tujuan utama nya adalah make produknya, buat dipake piknik sama keluarganya, buat dipake kerja, anter jemput sekolah, dll
- Pembeli fortie pengen duitnya yg 400 jt menjadi (umpamanya) 300jt setelah 3 tahun pemakaian, bukan jadi 800jt....alias sebenernya cuma simple resale value aja, bukan pemilik fortie pengen profit/untung, mereka cuma gak mao rugi terlalu banyak u/ barang konsumsinya (bukan barang spekulasinya)!
- pembeli fortie mao terima delivery, bawa pulang mobilnya, masukkin ke garasinya.....mereka beli fortie karena kebutuhan/keinginan thd fortinya, artinya pembeli fortie ini mencerminkan real market, sehingga pantes disebut dgn simply "Customer" atau konsumen, bukan spekulan.
krn kita ga prnh tau berapa nilai pastinya suatu komoditi pd satu waktu (misal : minyak). kita cm bs kira2, skrg mgkn di $70, mk hedging, jual/beli kita diarahkan ke situ. warren buffet pun cm bs ngira2, mknya dia bs untung bs rugi
ada 2 macam trader/spekulan, fisik dan kertas. trader/spekulan fisik mau kok dikasih brgnya, dia udh nyiapin gudang/infrastruktur utk itu
B. ada jg pembeli fortie bgtu dpt lsg taruh di showroom mobkas... ahahaha :
kalo bukan rally namanya apa bos? Steady decline?Captivated wrote: busway... anjlok ke $35 itu bukan rally![]()
buset, kok jd ngebahas market
Gak ada yg pernah menyangsikan tulisan diatasroadtrain99 wrote:nah ini..kemarin2 gw jg kurang lebih sama dgn pendaat ini, ctv murah dibanding saingan tapi performa mesinya ternyata ga murahan...evolution21 wrote:captiva harganya murah meriah, tapi bukan berarti murahan.
image lebih mahal selalu lebih bagus itu yg harusnya dikoreksi ulang
bener sekali, image mahal selalu bagus udah ga terlalu valid lagi, ga semua type dari semua merk bs memakai perspective ini.....
hehehehe......Betul, saya suka koq modelnya....buat saya sih Fortuner salah satu mobil yg cukup bagus.roadtrain99 wrote:ngomong2 risol1 memang lebih suka 42ner bukan?
ato ....Abu2 wrote:belum ada kesimpulannya yah?![]()
vote aja lah kalo gitu...
yg irrasional itu sebenernya capt ato fort.......?
Terima kasih udah dijawabinroadtrain99 wrote:pengen ikut nimbrung..
klo imo, captiva sales nya ga bs sekuat pesaing, krn memang image merk chevy disini (jaman sekarang) ga sebagus pesaingnya..
kalo dulu2, org2 jadul byk bilang merk2 amerika (spt chevy/ford) kuat dibanding jepang. Mungkin setelah di indonesia sempet ada anti barat dsb..jadi pengaruh sehingga pasarannya jadi menurun hingga sekarang.
skrg ditambah lagi GM kemarin drop bangkrut, walaupun skrg udah dpt bantuan *cmiiw*. Tp tetep aja org indonesia krn udah terbiasa dgn merk tyt, honda jadi agak risih kalo milih merk lain yg kedengerannya jarang...apalagi kalo yg blm pernah ngalamin punya merk itu....
The market has already voted, bukan hanya dengan isapan jempol vote di internet...tapi vote dengan duitnya.Abu2 wrote:belum ada kesimpulannya yah?![]()
vote aja lah kalo gitu...
yg irrasional itu sebenernya capt ato fort.......?
makasihhh..huehuheuhe..apa mksdnya hah?jadi mksdnya ane ini biasanya gebo?Abu2 wrote:kalo mau murah fitur lengkap, beli suzuki aja......merek jepang, fitur banyak,
, adu2an fitur dah....ha,,,ha,h,a,
setuju ama jombie...(tumben kali ini pinter dia)![]()
ada sesuatu selain fitur fitur yg berupa barang/fisik yang memiliki nilai yg tidak di miliki oleh Produsen lain..ntah apa lah itu namanya, reputasi, prestasi, presentasi..ntah apa lah..
nah itu harus nya juga termasuk poin yg mendasar pada saat mau membeli kendaraan.
kayak jombie bilang..ekstrel XT vs siarpi 2.4..beda harga lumayan jauh, ya mau di bilang overprice, ya terserah masing2....harga ya dari masing2 prinsipil..
kalo di bilang masyarakat gak beli , harga mobil bisa turun, gimana pulak cara menggerakan masyarakat untuk nunda beli mobil thd 1 merek yg di anggap OP..
menurut ane , yg penting, sesuaikan isi kantong ama kebutuhan...tabahkan hati, tetap berdoa....tetap semangat.....
kalau ini ane setuju sekali...fortie lebih disukai market...sudah mutlak itu..hehehe...liat saja angka penjualan...hehehhee....IMO, di range harga gemuk segitu kecuali exotic cars, sudah tentu jumlah angka penjualan adalah bukti sahih sukses ngak nya mobil itu...palagi di kelas harga fortie yg notabene tidak murah buat mayoritas rakyat indonesia..cmiiw..toh afterall produsen paling mementing kan angka penjualan(diliat dari segi bisnis..sapa sih ngak ngarep produk nya laris???):)Risol1 wrote:Terima kasih udah dijawabinroadtrain99 wrote:pengen ikut nimbrung..
klo imo, captiva sales nya ga bs sekuat pesaing, krn memang image merk chevy disini (jaman sekarang) ga sebagus pesaingnya..
kalo dulu2, org2 jadul byk bilang merk2 amerika (spt chevy/ford) kuat dibanding jepang. Mungkin setelah di indonesia sempet ada anti barat dsb..jadi pengaruh sehingga pasarannya jadi menurun hingga sekarang.
skrg ditambah lagi GM kemarin drop bangkrut, walaupun skrg udah dpt bantuan *cmiiw*. Tp tetep aja org indonesia krn udah terbiasa dgn merk tyt, honda jadi agak risih kalo milih merk lain yg kedengerannya jarang...apalagi kalo yg blm pernah ngalamin punya merk itu....![]()
Ane rangkum aja nih:
1. Resale Value
2. Image bangkrut
3. Gak ada pengalaman (artinya perceived quality belum sebagus merek besar lain, walaupun mungkin actual quality gak masalah)
KAlo boleh ane tambahin sendiri:
4. Buat pembeli2 di daerah, mungkin mereka takut kurang banyaknya jaringan BERES Chevy, dll
Nah maksud ane disini nih, letak keunggulan fortie di mata masyarakat. Mungkin ini nilai2 yg di fortie dianggap lebih tinggi daripada misalnya di Captiva.
Itu aja poin saya.
Sebenernya kalo boleh jujur, ane ogah ngadu2in mobil manapun. Ane cuma bilang "fortie lebih disukai market" atau "memang maunya market fortie dijual dgn harga segitu" aja banyak yg protes, padahal udah terang2an faktanya begitu (emang udah fakta fortie cukup laku di harga segitu). Sebenernya yg ane ngomong tuh cuma ngulang fakta, gak even personal opinion.
Sampe "protes" yg paling ekstrim, adalah keseluruhan marketnya yg disalahin, tanpa mao melihat mungkin aja ada jg faktor2 bawaan (bisa eksternal atau internal) dari produknya yg memang ada yg kurang (spt contohnya di poin2 diatas)
Hwaaa.....bener juga yak? tumben nih belakangan ini nt mendadak jadi pinter.....salah makan apa jom?ZombiEE wrote:sebetul nya lebih realistis dan rasional di lapangan..karena duit bicara..sapa sih yg tidak rasional kalo duit nya dipertaruhkan?
102hp, 143hp, 150hp, dst.... itu eksak! (mau diliat bgmn pun 150 itu lbh besar dr 102)Risol1 wrote: Kalo parameternya mau diulur sepanjang/selebar itu, berarti faktor internal juga bisa beda2 dilihatnya bergantung yg liat hehehe....
horsepower 150bhp, di indo udah termasuk gede, di negara lain engga......
tenaga 150 bhp sekarang udah termasuk gede, 2-3 tahun kedepan lagi engga.....Yah bisa aja ane jg bilang gitu![]()
Kalo soal sushi, ya itu namanya selera aja (artinya berat kanan-kiri udah 50-50 alias produsen udah engga usah "membangun" apa2 lagi)......sama aja kaya variable "gengsi", yg sebenernya sama aja juga dengan 150 hp (spek teknis) yg buat sebagian orang bisa berarti gede, bisa juga kecil......kalo udah selera gini, semua juga bisa beda2 jawabnya.
Kalo soal perceived quality di mata konsumen bisa berganti karena faktor waktu, ane percaya om, ane setuju karena udah banyak contoh juga. Tapi IMO, mustinya spek teknis lebih gampang berubah spt yg ane contohkan kemaren
Kalo barang fisik bersifat gak berubah, ya itu ane juga tau bro.....rem cakram = rem cakram hahaha......
Anda yg gak ngerti. Nobody is denying angka hp Captiva lebih gede dr Fortuner. Nobody. Yang ente gak ngerti, bukan itu doang kriteria orang untuk mencari mobil. Pajero Sport juga kalah hp dr Captiva, tapi langsung disalip dengan enteng tuh penjualan Captiva. Irasional?Captivated wrote:102hp, 143hp, 150hp, dst.... itu eksak! (mau diliat bgmn pun 150 itu lbh besar dr 102)Risol1 wrote: Kalo parameternya mau diulur sepanjang/selebar itu, berarti faktor internal juga bisa beda2 dilihatnya bergantung yg liat hehehe....
horsepower 150bhp, di indo udah termasuk gede, di negara lain engga......
tenaga 150 bhp sekarang udah termasuk gede, 2-3 tahun kedepan lagi engga.....Yah bisa aja ane jg bilang gitu![]()
Kalo soal sushi, ya itu namanya selera aja (artinya berat kanan-kiri udah 50-50 alias produsen udah engga usah "membangun" apa2 lagi)......sama aja kaya variable "gengsi", yg sebenernya sama aja juga dengan 150 hp (spek teknis) yg buat sebagian orang bisa berarti gede, bisa juga kecil......kalo udah selera gini, semua juga bisa beda2 jawabnya.
Kalo soal perceived quality di mata konsumen bisa berganti karena faktor waktu, ane percaya om, ane setuju karena udah banyak contoh juga. Tapi IMO, mustinya spek teknis lebih gampang berubah spt yg ane contohkan kemaren
Kalo barang fisik bersifat gak berubah, ya itu ane juga tau bro.....rem cakram = rem cakram hahaha......![]()
gede/kecil, enak/ga, cantik/jelek.... relatif (krn tergantung persepsi)
anda sndri yg blg ttg faktor2 eksternal, yg bergantung persepsi. mknya gw blg paramater "persepsi" ini bs berubah2
mknya gw bukan blg "ini gede"! yg gw blg adlh : hp ctv lbh besar dr fortie.... bukan fakta kah?
gitu aja ga ngerti?
nah ini.... mesti diulang2 lgRisol1 wrote: Sama aja kaya bro kemaren nanya ke saya ttg salesnya Hyundai Genesis? boleh2 aja tuh, saya gak komplain kan![]()
walaupun genesis jg lagi gak dibahas sesuai judul tret ini.
Coba liat lagi pertanyaan saya: "Kalo memang captiva udah terkenal paling best value, paling berkualitas, dsb.....KENAPA salesnya (atau inden-nya)masih kalah dari Fortuner atau CRV atau mobil lain, yg menurut captivated adalah produk2 overpriced dan irrasional??? KENAPA?
Abis itu Captivated jawab: Karena "Pasar yg irrasional".....jadi artinya Captivated bilang bahwa Captiva gak gitu laku karena pasar yg irrasional, atau kata lainnya, kalo pasarnya rasional maka orang2 belinya Captiva....gitu dong?![]()
Kalo bro salah jawab, ya gak papa.....sori ane nangkepnya gitu. Kalo emang gak maksud jawab begitu, ane masih nunggu jawaban ilmiahnya nih?![]()
beneran, karena kemaren2 ane berusaha buktiin bahwa "fortie lebih laku karena pasar lebih suka", nah sekarang kalo bisa ane diberi pencerahan kenapa produk bagus + spek tinggi + harga murah, tetep gak bisa selaku barang yg lebih "jelek"??? itu aja yg ane mao tau.
tau drmn org beli fortie cm krn gengsi/resale/merk? kolega 1, temen 2 (fortie owners)Risol1 wrote: Tau dari mana bahwa kriteria "barang pake" yg sebenernya dan berlaku mutlak adalah: (nyaman, aman, muat byk, performa, dll)......Kalopun bener, Tau dari mana bahwa engga ada pembeli Fortuner yg beli mobil tsb memang karena faktor2 diatas?
bener, setuju sekaliRisol1 wrote: Sama spt banyak yg bilang harga mahal bukan selalu berarti kualitas lebih baik, sama aja disini harga tinggi bukan berarti performa lebih tinggi.....
dan gw bukan ngebahas ttg mslh salesRisol1 wrote: sama aja, banyak faktor2 lain selain performa yg nentuin mobil itu bakal laku atau engga.![]()
Karena yang lebih bagus menurut anda belum tentu lebih bagus menurut orang lain. Simple sekali (tapi susah buat anda)...kriteria orang mencari mobil itu ber beda beda.Captivated wrote:kenapa produk bagus + spek tinggi + harga murah, tetep gak bisa selaku barang yg lebih "jelek"???
justru ini yg bikin ane buingung... ga masuk logika ane! mknya ane blg ini irrasional
![]()
pasti ujung2nya dibawa2 ke persepsi, yg ga prnh bs ketemu. mknya gw lbh suka bicara kualitas mbl drpd "ini lbh laku loh"
apa mksd ente??mandala1 wrote:Hwaaa.....bener juga yak? tumben nih belakangan ini nt mendadak jadi pinter.....salah makan apa jom?ZombiEE wrote:sebetul nya lebih realistis dan rasional di lapangan..karena duit bicara..sapa sih yg tidak rasional kalo duit nya dipertaruhkan?
kt gw! dan gw ga perlu buka wiki utk caritau hal2 spt iniRisol1 wrote: Ane setuju bahwa engga ada yg tau pasti kemana gerak harga si oil (makanya ane selalu bilang bahwa analogi ini gak "kena" untuk menggambarkan consumer fortuner, anyway okelah balik lagi ke oil futures)
Kata siapa semua trader itu spekulan/melakukan spekulasi?
ada tuh, gw dah tulis diatasRisol1 wrote: Makanya ane bilang secara fundamental analoginya udah salah. pembeli fortie beli fortie karena mobilnya mao dipake. Gak ada yg mata pencariannya beli fortie di A2K, lalu langsung bawa fortienya ke showroom mobkas, dengan tujuan dapet untung.....hihihihi gak ada bos, kecuali salah beli, langsung pengen jual lagi (itupun udah tau dalam hati pasti rugi punya).
ahahaha.... rally itu naek bos, terutama bila bbrp sesi naik terusRisol1 wrote: kalo bukan rally namanya apa bos? Steady decline?
Dalam 5 bulan harga turun dari 147 dollar ke 32 dollar kalo namanya bukan rally, apa dong?