Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ada yg tau rumus penyimpangan kecepatan di speedometer pada ban dgn ring yg berbeda? standart ban yaris brp inci? kalo ga salah makin gede ringnya makin ketinggian kecepatan yg terbaca di speedometer.
misal dgn ban standart kecepatan 100kmj di speedometer tetap 100kmj. jika pake ring yg lebih besar kecepatan 100kmj tp terbacanya jd 110kmj dst..
mohon koreksi bila salah...
Maaf pak, mungkin terbalik
Kalau diameter makin besar, dengan sidewall tetap, yang terbaca di speedometer lebih rendah dari actual
stlh gw itung2 kasar standart 14" dipasangin 19" ternyata penyimpangannya kira2 10%
so kalo si yaris dispeedonya terbaca 200kmj dgn velg 19" maka aslinya kira2 dia lari 220!!!
angkat 10 jempol buat yaris!!!
mobil gw aja blom tentu dapet tuh.. hiks... hiks...
cerita dikit :
suatu jaman gw abis ambil tiket di tol ciawi arah jakarta. agak lumayan kenceng dijalur kanan (lupa2 inget tp kira2 120kmj). didepan gw ada mobil lebih pelan dan dijalur kiri ada truk. so gw sabar aja tunggu mobil didepan gw sadar dan minggir sendiri tanpa gw kasi klakson ato lampu beam. tiba2 dr belakang muncul mobil yg "dia pikir dia kencang" kasi gw lampu supaya minggir.. pdhal seharusnya dia tau di depan gw msh ada mobil yg lbh pelan lg.
oke.. gw ambil jalur kiri dan membiarkan dia lewat.. ternyata dia adalah yaris.. krn mobil ini baru turun gunung (blom byk beredar) ya iseng aja gw jajal. lgsg gw tempel ketat dibelakang dia (dgn gw pasang lampu beam jg spt kelakuan dia ke gw diawal ).
dan hasilnya ga jauh2 dr 160kmj topspeednya.. krn bosan ya gw tinggal..
masih mending swift yg gw temuin jaman sblom mrk launcing, saat itu di tol cikampek. 180kmj..!!! speedonya mentok tuh... kakakakak..
datsu wrote:Jangan cuman negrendahin mobilnya... liatsupirnya..siapa tau supirnya kelas metro mini...lagi pelan suka nyeruduk tapi gak mau diajak kenceng...
Kalo mau ngetes mobil cari yang supirnya udha dikenal dan emang gak bermental metro mini..
bro... kasi ilmunya dong gmn caranya ngenalin ini sopir metromini, bajaj, ojek sepeda, beca dll dan kasi jg mereka ilmu cara ngenalin kelas pengendara lain macan gw yg demen jajal
sayang gw ga punya kenalan yg punya mobil keluaran baru.. jd ya random aja.. mumpung ketemu ya jajal dulu. hehehe..
saptaaji wrote:
bro... kasi ilmunya dong gmn caranya ngenalin ini sopir metromini, bajaj, ojek sepeda, beca dll dan kasi jg mereka ilmu cara ngenalin kelas pengendara lain macan gw yg demen jajal
sayang gw ga punya kenalan yg punya mobil keluaran baru.. jd ya random aja.. mumpung ketemu ya jajal dulu. hehehe..
Disini banyak nih... Secara garis besar kalo mau tau langsung ada 2.. yang pertama supir yang pake mobil yang emang lemot tapi jalannya dikanan terus... Yang kedua, sopir yang pake mobil lemot tapi ngedim terus dari belakang... Kalo pake mobil baru terus ngedim2 dari belakang harus dites dulu... Mental metromini itu kalo diajak ngadu ampe 140KPH udah gak nahan..
========== I'm flying with my Siti Powered by L15Z1 N/A
saptaaji wrote:
bro... kasi ilmunya dong gmn caranya ngenalin ini sopir metromini, bajaj, ojek sepeda, beca dll dan kasi jg mereka ilmu cara ngenalin kelas pengendara lain macan gw yg demen jajal
sayang gw ga punya kenalan yg punya mobil keluaran baru.. jd ya random aja.. mumpung ketemu ya jajal dulu. hehehe..
bro, kalo udah ketemu tolong tanyain dia masuk kategori yang mana..
saptaaji wrote:
bro... kasi ilmunya dong gmn caranya ngenalin ini sopir metromini, bajaj, ojek sepeda, beca dll dan kasi jg mereka ilmu cara ngenalin kelas pengendara lain macan gw yg demen jajal
sayang gw ga punya kenalan yg punya mobil keluaran baru.. jd ya random aja.. mumpung ketemu ya jajal dulu. hehehe..
bro, kalo udah ketemu tolong tanyain dia masuk kategori yang mana..
halo ssenior2
ehm.... tolong donk yang di bhas jgn top speed mobil doank motor kek sekali gw yang gak punya mobil jadi mupeng nih hehehe
ehh iya gw mau nanya top speed motor2 nih ada yang tau gak
1.CBr 150
2.satria f150
3.ninja 150
datsu wrote:Sudah dites di jalan layang pasupati dengan sebuah Jazz hitam Manual... Jazz lari lebih kurang 100KPH (speedometer jarum), vios gw lari tepat 98KPH ... Kalo ada yang mau ngetes juga silahkan.. Ya saya tau Anda memang gak bisa naek mobil murah yang di kelas vios.. silahkan..tapi walaupun vios hanya ada di pasar2 tertentu kualitas mesinnya yahud.. Gw rasa dulu toyota gak ngira bahwa mesin dengan kode FE (Fuel Economy) ini bisa cukup gahar... Gimana kalo ada kelas GE nya?
Maap ya bukan maxudnya offence... trus klo GE singkatannya apa ya mas????
setau saya F itu kode toyota untuk mesin kelas economy memang benar tapi bukan FE untuk Fuel Economy... E itu singakatan toyota untuk EFI...
klo G itu untuk mesin2 yang udah high performance... Apakah singkatannya jadi Gahar Engine? khan enggak....
Ini Toyota Engine Codes:
4 = 4th engine design in that family
Ax= engine family (most engines at Toyota now have two family character codes, ie 2AZ-FE)
F/G = head design (G is a sporty head, F is an economy head - relates to horsepower performance, ie. Last gen Celica - 1ZZFE is the base engine (130hp) 2ZZGE is the sport engine (180hp).
[F=Narrow included valve angle, G=Wide included valve angle]
Z = Supercharged (4A-GZE  1.6 L (1587 cc) I4, 16-valve DOHC, FI, wide valve angle, supercharger, 165 hp (121 kW) GT-Z)
T = Turbocharged
E = Fuel injection
S = Direct injection (along with fuel injection - ie 1JZFSE)
datsu wrote:Sudah dites di jalan layang pasupati dengan sebuah Jazz hitam Manual... Jazz lari lebih kurang 100KPH (speedometer jarum), vios gw lari tepat 98KPH ... Kalo ada yang mau ngetes juga silahkan.. Ya saya tau Anda memang gak bisa naek mobil murah yang di kelas vios.. silahkan..tapi walaupun vios hanya ada di pasar2 tertentu kualitas mesinnya yahud.. Gw rasa dulu toyota gak ngira bahwa mesin dengan kode FE (Fuel Economy) ini bisa cukup gahar... Gimana kalo ada kelas GE nya?
Maap ya bukan maxudnya offence... trus klo GE singkatannya apa ya mas????
setau saya F itu kode toyota untuk mesin kelas economy memang benar tapi bukan FE untuk Fuel Economy... E itu singakatan toyota untuk EFI...
klo G itu untuk mesin2 yang udah high performance... Apakah singkatannya jadi Gahar Engine? khan enggak....
Ini Toyota Engine Codes:
4 = 4th engine design in that family
Ax= engine family (most engines at Toyota now have two family character codes, ie 2AZ-FE)
F/G = head design (G is a sporty head, F is an economy head - relates to horsepower performance, ie. Last gen Celica - 1ZZFE is the base engine (130hp) 2ZZGE is the sport engine (180hp).
[F=Narrow included valve angle, G=Wide included valve angle]
Z = Supercharged (4A-GZE  1.6 L (1587 cc) I4, 16-valve DOHC, FI, wide valve angle, supercharger, 165 hp (121 kW) GT-Z)
T = Turbocharged
E = Fuel injection
S = Direct injection (along with fuel injection - ie 1JZFSE)
Jadi FE pada 1NZ-FE bukan singkatan Fuel Economy.
Yup, penjelasan kode mesinnya emank bener...
sebagai tambahan, kode untuk model Toyota adalah gabungan dari kode mesin dan kode sasisnya..
misal, AE110 (Toyota Corolla) berarti adalah mesinnya seri A (4A-FE) dan
E adalah Corolla (dan Sprinter), sedangkan 110 adalah nomor urut model.
begitu juga Toyota AE86 (Sprinter Trueno), mesinnya 4A-GE...
kalo di sini ada 2 jenis Toyota Great Corolla, AE101 dan EE101, berarti yg AE101 itu mesinnya seri A (4A-FE) sedangkan yg EE101 bermesin sama dengan Starlet (2E)
sip di tunggu legenda nya lagi nih mr bram hehehe,tapi ati ati nyetir nya eh ngebutnya
Belom mencapai 200 km/h tp perkiraan bisa sampe 200 km/h.
Oya, kemaren malem abis bawa Eterna dari tol buah batu keluar tol pasteur. Then gw mau anter Bram pulang, tp lewat kota. Di jalan perempatan naripan pas lampu merah, ada Galant lele (racing look dan lampu dpn mati satu) dan Soluna (knalpot pake 2 buah kiri dan kanan, suaranya lumayan sih). Waktu lampu hijau gw bejek tuh gas, ngruuuummmmm !!! Mungkin pada panas kali ya hahaha ... then yg nempel di belakang Galant lele. Soluna dibelakangnya.
Di perempatan gatsu, si Galant belok kanan. Tinggal My Eterna and Soluna, lampu hijau gw bejek lagi and Soluna ketinggalan cukup jauh di belakang. Then gw harus belok kiri, udah deket rmh Bram. Seru juga sih balap dalam kota dr pd balap di tol yg ngga ketemu rival sama sekali hehehe ... waktu gw liat si Bram jg tegang tuh mukanya hehehe ... tp dia bilangnya lagi ngantuk hahaha ...
dasar sembalap... soluna dilawanin eterna.. bhahahaha...
Lah gw cuma panas2in tp dia yg mau, yah salah sendiri kali hehehe ... Mungkin dia pikir nih mobil dah tua pasti bisa dikejar, eh ngga taunya ketinggalan hehe 4G63 geto loh ...
spiderkids wrote:halo ssenior2
ehm.... tolong donk yang di bhas jgn top speed mobil doank motor kek sekali gw yang gak punya mobil jadi mupeng nih hehehe
ehh iya gw mau nanya top speed motor2 nih ada yang tau gak
1.CBr 150
2.satria f150
3.ninja 150
Hmm ... iya juga sih. Saran gw sih gimana kalo bro spiderkids buka thread baru dgn judul "Top Speed Motor" ?! Soalnya digabung disini jadi makin puyeng hehehe
@ Senior2 anggota Forum Motor, silahkan ditindaklanjuti hehehe
wuih...udah lama gak masuk.....ternyata mr bram udah ganti boil jadi lancer , selamat ya....tambah maju aja nih.... :D:D jangan lupa report top speed nya ya...
dulu saya pernah bawa mentok di 190 km/h udah gak bisa naik....ya sekelas 1600cc wajarlah...
siapa tau punya mr bram bisa lebih heboh lagi... :D:D ditunggu ya....btw hati2 ya bro...
bagi yang mau ngetes top speed untuk kondisi sekarang, rute tol merak arah jakarta paling enak untuk pagi2 (jam 6pagi) atau sore (jam 5), kalo gak mau jauh2 dari tol serpong arah jakarta juga enak.... kondisi bener2 lengang.... tapi jangan yang arah jakarta - merak.
Adakah rekan2 yang mau bareng2 ngetes mobil2 kita ? Jeskoneng lagi ada di Jkt, kmaren ada musibah sedikit (gara2 tukang derek geblek) tapi sekarang sudah kembali sehat, mesinnya siap berteriak bebas di tol..... mumpung suasana liburan nih...