musti custom... ga ada yg nissan genuine.Es De Gucchi wrote:Spion untuk GL yang bisa lipat sendiri dah ada blum ya ? (nissan genuine)
Grand Livina Users..! - PART 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Wed Aug 12, 2009 7:53
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
sip, thk u broesh wrote:tombol overdrive saat ditekan dan O/D off indikator menyala berarti pergantian gigi akan terjadi pada rpm yang lebih tinggi, sedangkan bila ditekan sekali lagi dan indikator O/D off-nya mati berarti pergantian gigi akan terjadi pada rpm rendah.candraetatea wrote:
bro esh, tombol overdrive o/d itu fungsi pastinya buat apa ya? belum pernah dipake soalnya.
gw mikirnya, kalau dipencet berarti giginya ngga akan pindah ke gigi tinggi (jadi stay di gigi yang sama ketika dipencet)
bener ga? atau seperti yang dibilang tadi, akan turun ke gigi lebih rendah?
thk u

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
@ candraetatea: sama2 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
overdrive itu gigi ke 4, atau tertinggi (bisa 5 kalo matic 5 speed) dimana rpm lebih rendah dari speedometer (rasio giginya beda) ..kalo 4 speed non overdrive berarti di top gear speedometer bergerak sama dengan rpm, karena putaran mesin & final drive 1:1..kurang lebih gitulah..
jadi kalau overdrive dipencet, berarti mobil akan cruising di gigi tertinggi/top gear..kalau dimatikan, berarti cuma akan sampai satu gigi sebelum top gear
gunanya overdrive adalah rpm mesin lebih rendah saat cruising, sehingga tidak terlalu berisik dan lebih hemat bahan bakar
ga enaknya, begitu mau nambah kecepatan, musti turun gigi dulu terutama untuk mbl2 cc kecil/torsi rendah..untuk cc besar sih ga terlalu masalah..
untuk rute2 tertentu, nanjak/beban berat atau lagi ngebut, overdrive bisa dimatikan, jadi mesin di rpm tengah dan tinggi terus, di powerband, sehingga selalu dapat akselerasinya..
untuk pengaturan rpm saat ganti gigi, ada beberapa mobil yang pakai Economy/SPort..di economy gigi akan ganti di rpm 2500an, sementara di sport ganti giginya di rpm lebih tinggi,..di 4500 misalnya..dan ini tergantung posisi throttle/pedal gas, kalau lagi middle kickdown atau full kickdown ya jadi beda rpm change up-nya..saya biasa ganti gigi di 6500rpm/red line kalau lagi full kickdown...nyeprin deh ban blakang..walaupun matic..hehe:D
jadi kalau overdrive dipencet, berarti mobil akan cruising di gigi tertinggi/top gear..kalau dimatikan, berarti cuma akan sampai satu gigi sebelum top gear
gunanya overdrive adalah rpm mesin lebih rendah saat cruising, sehingga tidak terlalu berisik dan lebih hemat bahan bakar
ga enaknya, begitu mau nambah kecepatan, musti turun gigi dulu terutama untuk mbl2 cc kecil/torsi rendah..untuk cc besar sih ga terlalu masalah..
untuk rute2 tertentu, nanjak/beban berat atau lagi ngebut, overdrive bisa dimatikan, jadi mesin di rpm tengah dan tinggi terus, di powerband, sehingga selalu dapat akselerasinya..
untuk pengaturan rpm saat ganti gigi, ada beberapa mobil yang pakai Economy/SPort..di economy gigi akan ganti di rpm 2500an, sementara di sport ganti giginya di rpm lebih tinggi,..di 4500 misalnya..dan ini tergantung posisi throttle/pedal gas, kalau lagi middle kickdown atau full kickdown ya jadi beda rpm change up-nya..saya biasa ganti gigi di 6500rpm/red line kalau lagi full kickdown...nyeprin deh ban blakang..walaupun matic..hehe:D

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Tue Jul 07, 2009 15:59
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Bang, tadi siang dapat pengalaman berharga.
Cuci mobil didoorsmeer, soalnya sudah kotor sekali. SEtelah selesai cuci mobil, bayar, ambil kunci. Mobil diparkirkan ke tempat pengambilan mobil yang agak terjal sekitar 30 derajat mungkin, kira2 gitu. Terus buka pintu, duduk,
.. masukin kunci kontak, putar ke on, tunggu beberapa detik, baru start mobil.
Makjang om. Mobil gua ga jalan, ban depan berputar sendiri, kata tukang cucinya mundur lagi bang, gimana mundur, sudah semakin dekat dengan dinding, gila, apa masih basah bannya, atau memang lantaran mereka kasih pelicin di ban, jadinya hasil begitu. waduh gua gas terus, sampai keluar asap putih, entah dari mana lagi itu. gile om kok bisa, bener2 rasakan sendiri, terkejut saya.
Yang jadi pertanyaan,
1. apa yang menyebabkan GL bisa begitu
2. Apa yang harus saya lakukan jika ketemu kondisi seperti itu, soalnya sy dulu pakai Atoz sering ke Brastagi muatan penuh juga jalan, dengan GL masih belum pernah, kuatir kalau hujan dan jalan licin, menanjak, gimana.
3. Apakah traksi Ban sangat mempengaruhi, mengingat ban masih bawaan dari pabrik yaitu merek dunlop. Dulu semua mobil yang pernah saya pakai di ganti ke BS Bridgestone, pengalaman menggunakan dunlop hanya kali ini
Cuci mobil didoorsmeer, soalnya sudah kotor sekali. SEtelah selesai cuci mobil, bayar, ambil kunci. Mobil diparkirkan ke tempat pengambilan mobil yang agak terjal sekitar 30 derajat mungkin, kira2 gitu. Terus buka pintu, duduk,

Makjang om. Mobil gua ga jalan, ban depan berputar sendiri, kata tukang cucinya mundur lagi bang, gimana mundur, sudah semakin dekat dengan dinding, gila, apa masih basah bannya, atau memang lantaran mereka kasih pelicin di ban, jadinya hasil begitu. waduh gua gas terus, sampai keluar asap putih, entah dari mana lagi itu. gile om kok bisa, bener2 rasakan sendiri, terkejut saya.
Yang jadi pertanyaan,
1. apa yang menyebabkan GL bisa begitu
2. Apa yang harus saya lakukan jika ketemu kondisi seperti itu, soalnya sy dulu pakai Atoz sering ke Brastagi muatan penuh juga jalan, dengan GL masih belum pernah, kuatir kalau hujan dan jalan licin, menanjak, gimana.
3. Apakah traksi Ban sangat mempengaruhi, mengingat ban masih bawaan dari pabrik yaitu merek dunlop. Dulu semua mobil yang pernah saya pakai di ganti ke BS Bridgestone, pengalaman menggunakan dunlop hanya kali ini
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
ratio matic GL 1.5 itu buat rute non-tol dalkot udah cukup bahkan tanpa perlu topgear (o/d = off).iwang wrote:overdrive itu gigi ke 4, atau tertinggi (bisa 5 kalo matic 5 speed) dimana rpm lebih rendah dari speedometer (rasio giginya beda) ..kalo 4 speed non overdrive berarti di top gear speedometer bergerak sama dengan rpm, karena putaran mesin & final drive 1:1..kurang lebih gitulah..
jadi kalau overdrive dipencet, berarti mobil akan cruising di gigi tertinggi/top gear..kalau dimatikan, berarti cuma akan sampai satu gigi sebelum top gear
gunanya overdrive adalah rpm mesin lebih rendah saat cruising, sehingga tidak terlalu berisik dan lebih hemat bahan bakar
ga enaknya, begitu mau nambah kecepatan, musti turun gigi dulu terutama untuk mbl2 cc kecil/torsi rendah..untuk cc besar sih ga terlalu masalah..
untuk rute2 tertentu, nanjak/beban berat atau lagi ngebut, overdrive bisa dimatikan, jadi mesin di rpm tengah dan tinggi terus, di powerband, sehingga selalu dapat akselerasinya..
untuk pengaturan rpm saat ganti gigi, ada beberapa mobil yang pakai Economy/SPort..di economy gigi akan ganti di rpm 2500an, sementara di sport ganti giginya di rpm lebih tinggi,..di 4500 misalnya..dan ini tergantung posisi throttle/pedal gas, kalau lagi middle kickdown atau full kickdown ya jadi beda rpm change up-nya..saya biasa ganti gigi di 6500rpm/red line kalau lagi full kickdown...nyeprin deh ban blakang..walaupun matic..hehe:D
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Tue Jul 05, 2005 5:32
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
semua mobil dengan jenis penggerak depan akan menghadapi yang seperti demikian, salah satu cara menghadapinya adalah musti terampil menggunakan hand rem
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Tue Jul 07, 2009 15:59
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
iya FWD, maksudnya hand rame, handbrakenya ditarik sedikit ya? atau gimana om. ..lancar wrote:semua mobil dengan jenis penggerak depan akan menghadapi yang seperti demikian, salah satu cara menghadapinya adalah musti terampil menggunakan hand rem
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Tue Jul 05, 2005 5:32
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
tarik dulu handremnya, injak gas, rasakan hingga mau jalan, baru lepas handremnya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Tue Jul 07, 2009 15:59
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Fungsinya buat apa om lancar (maaf, soalnya saya kurang ngerti yang ginian), apakah menambah traksi? oya om lancar, kalau saya mengganti bannya gimana? ke BS yang mungkin potenza misalkan. Ada rekomendasi yang lain?lancar wrote:tarik dulu handremnya, injak gas, rasakan hingga mau jalan, baru lepas handremnya
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Wed Aug 12, 2009 7:53
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
tengkyu banget infonya.iwang wrote:overdrive itu gigi ke 4, atau tertinggi (bisa 5 kalo matic 5 speed) dimana rpm lebih rendah dari speedometer (rasio giginya beda) ..kalo 4 speed non overdrive berarti di top gear speedometer bergerak sama dengan rpm, karena putaran mesin & final drive 1:1..kurang lebih gitulah..
jadi kalau overdrive dipencet, berarti mobil akan cruising di gigi tertinggi/top gear..kalau dimatikan, berarti cuma akan sampai satu gigi sebelum top gear
gunanya overdrive adalah rpm mesin lebih rendah saat cruising, sehingga tidak terlalu berisik dan lebih hemat bahan bakar
ga enaknya, begitu mau nambah kecepatan, musti turun gigi dulu terutama untuk mbl2 cc kecil/torsi rendah..untuk cc besar sih ga terlalu masalah..
untuk rute2 tertentu, nanjak/beban berat atau lagi ngebut, overdrive bisa dimatikan, jadi mesin di rpm tengah dan tinggi terus, di powerband, sehingga selalu dapat akselerasinya..
untuk pengaturan rpm saat ganti gigi, ada beberapa mobil yang pakai Economy/SPort..di economy gigi akan ganti di rpm 2500an, sementara di sport ganti giginya di rpm lebih tinggi,..di 4500 misalnya..dan ini tergantung posisi throttle/pedal gas, kalau lagi middle kickdown atau full kickdown ya jadi beda rpm change up-nya..saya biasa ganti gigi di 6500rpm/red line kalau lagi full kickdown...nyeprin deh ban blakang..walaupun matic..hehe:D
gw musti banyak belajar nih buat ngerti total maksudnya. maklum, newbie urusan mesin2, apalagi matic. hahaha..
harus dicoba dulu kayanya baru ngeh.
thanks bro
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Tue Jul 05, 2005 5:32
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
fungsinya adalah untuk menungu moment dengan kondisi diam, sehingga moment yang diharapkan tidak terlalu besar (seolah olah nilai gravitasi=0).budiharjono wrote:Fungsinya buat apa om lancar (maaf, soalnya saya kurang ngerti yang ginian), apakah menambah traksi? oya om lancar, kalau saya mengganti bannya gimana? ke BS yang mungkin potenza misalkan. Ada rekomendasi yang lain?lancar wrote:tarik dulu handremnya, injak gas, rasakan hingga mau jalan, baru lepas handremnya
jika tidak dibantu handrem maka kita akan segera mendapat gaya lawan dari gravitasi, sehingga gaya balik yang kita butuhkan untuk menjalankan mobil relatif lebih besar
demikian sedikit infonya.. mohon maaf sedikit berbau ilmu fisika
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Tue Jul 07, 2009 15:59
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Thanks Om, bener2 pelajaran yang berharga buat mengerti karakteristik mobil ini. Thankslancar wrote:fungsinya adalah untuk menungu moment dengan kondisi diam, sehingga moment yang diharapkan tidak terlalu besar (seolah olah nilai gravitasi=0).budiharjono wrote:Fungsinya buat apa om lancar (maaf, soalnya saya kurang ngerti yang ginian), apakah menambah traksi? oya om lancar, kalau saya mengganti bannya gimana? ke BS yang mungkin potenza misalkan. Ada rekomendasi yang lain?lancar wrote:tarik dulu handremnya, injak gas, rasakan hingga mau jalan, baru lepas handremnya
jika tidak dibantu handrem maka kita akan segera mendapat gaya lawan dari gravitasi, sehingga gaya balik yang kita butuhkan untuk menjalankan mobil relatif lebih besar
demikian sedikit infonya.. mohon maaf sedikit berbau ilmu fisika
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Bro disini semua mau nanya..Ane kalo service selalu dikasih Engine Conditioner Pro-Care..Ada yang bisa ngasih tau wujud kemasannya kayak apa sih?? Ini sejenis carbon clean apa injector cleaner??Sharing yaa..Btw ane habis servis 30ribu km mantabs habis service kayak mobil baru..qiqiqiqi
sambil memanfaatkan diskon spare part 25%.. 


RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Tue Jul 07, 2009 15:59
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Sampai sekarang masih ga habis mikir, mengapa konsumsi bbm GL saya tinggi sekali masih di kisaran 1 = 7.8, memang ga openin lagi sih, tapi masih ga habis mikir. OYa saya sudah ke semua beres Nissan, kalau saya bawa ke beres non resmi, kira2 mereka tau ga ya masalahnya dimana?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 108
- Joined: Thu Jun 14, 2007 15:35
- Location: jakarta
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
masih prihatin, kenapa bisa begitu ya...budiharjono wrote:Sampai sekarang masih ga habis mikir, mengapa konsumsi bbm GL saya tinggi sekali masih di kisaran 1 = 7.8, memang ga openin lagi sih, tapi masih ga habis mikir. OYa saya sudah ke semua beres Nissan, kalau saya bawa ke beres non resmi, kira2 mereka tau ga ya masalahnya dimana?
soalnya GL saya 1.8 a/t aja baru service 1000 minggu lalu masih bisa 1: 11 - 13, rute cijantung-cengkareng via tol yg sering macet juga, nyetir gak agresif maklum belum selesai masa break in nya.
baru 2 kali isi penuh, pertama bensin 1 : 11, kedua coba shell super 1:13.
trust your hope................ not your fear
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Tue Jul 07, 2009 15:59
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
iya om joe, kok bisa ya, dari pertamax, pindah ke premium, malah premim 7.6, kok bisa.. kalau isi full tank biasa 200 ribuan, approx 220 - 250 pertamax. itu pun km odometer hanya di 288 (kalau ada didalam kota) kalau luarkota isi full tank lagi sekitar di km 3xx, itu bisa dapet 9.8 (dalam kota dibarengi luarkota masuk tol). Oya kemarin sy lihat mesinnya kok di plat seperti besinya entar sy foto, kok sepertinya ada tulisan japan?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
@budihardjono
Udah dicoba bro ngukur pake GPS jarak temppuhnya??
Udah dicoba bro ngukur pake GPS jarak temppuhnya??
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Sun Sep 13, 2009 7:07
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
salam kenal senior2 pemakai GL,
sy pemakai GL 1.5xv automatic 2008,
mau tanya ya, skrg2 ini kok sepertinya mbl sy jd agak boros ya?
perbandingan 1 :8.5 - 1:9, KM saat ini 12rban, bensin slalu shell super..
sebelum service KM 10rb, perbandingan 1 : 11an, skrg mala jd boros gini rasanya? apa pengaruh drmn ya?
sebelum service KM 10rb, sy bw sdiri mbl ini, tp stlh service uda mulai pake supir, apa pengaruh dr cr bawa mbl? tp supir jg ga ngebut2 atau sering tarik2 bawanya..
mohon bantuannya senior.. thx
sy pemakai GL 1.5xv automatic 2008,
mau tanya ya, skrg2 ini kok sepertinya mbl sy jd agak boros ya?
perbandingan 1 :8.5 - 1:9, KM saat ini 12rban, bensin slalu shell super..
sebelum service KM 10rb, perbandingan 1 : 11an, skrg mala jd boros gini rasanya? apa pengaruh drmn ya?
sebelum service KM 10rb, sy bw sdiri mbl ini, tp stlh service uda mulai pake supir, apa pengaruh dr cr bawa mbl? tp supir jg ga ngebut2 atau sering tarik2 bawanya..
mohon bantuannya senior.. thx
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Tue Jul 07, 2009 15:59
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
ga ada gps pula om he-he... memangnya ada salah dgn odometernya?aldy wrote:@budihardjono
Udah dicoba bro ngukur pake GPS jarak temppuhnya??
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
@ budiharjono: menurut pengukuran di GPS Garmin odometer dan speedometer GL lebih banyak 10 persen.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
jangan2 speedo nya om budi itu uda bukan 10 % lagi bedanya...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Iya ada kemungkinan lo odometer ga beres bro budi.. Pinjem punya temen bro GPSnya..he2
Setau ane kalo mesin 1500cc ga mungkin deh habisnya bensin segitu banyak apalagi jalan kombinasi..Dapet 1:9an..Ane aja dalkot nyetir rada ekstrem masih dapet 1:9an..
Setau ane kalo mesin 1500cc ga mungkin deh habisnya bensin segitu banyak apalagi jalan kombinasi..Dapet 1:9an..Ane aja dalkot nyetir rada ekstrem masih dapet 1:9an..

RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Tue Jul 07, 2009 15:59
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
hmm.. gini bro, oke kita katakan dia lebih 10%, bukannya lebih parah lagi borosnya, seperti kia Carens saya dulu, .. wah, berabe juga.. he-he, kalua telat 10% baru berarti hemat, sudah bbrp kali diskusi dengan beres yang berbeda tempat, hasilnya sama juga, saya sendiri juga ga ngerti. Katanya sih cara bawa saya yang mungkin membuat boros, bisa jadi juga kalau dimikir2 tapi ga sering bejek kok. Entahlah bingung juga.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
GL setahu saya tidak sampai 10% ... saya sudah buktikan dengan meteran di komplex perumahan Araya Surabaya tahap 1. Di Jalan raya nya semua rumah lebarnya 20 meter.
Saya coba melewati pelan pelan tidak sampai 5 rumah sudah mencapai 100 meter ...
Nah saya coba lagi pada waktu hampir sampai rumah ke 5 saya coba pelan pelan begitu ODO menunjukkan 100 meter maka saya berhenti ... nah kurangnya itu sekitar 4-5 meter.
Artinya 100 meter GL itu setara 95 meter
1 KM GL setara dengan 950 meter
10 KM GL setara dengan 9.5 KM
Nah saya sendiri pakai GL 1.5 XV MT pakai pertamax plus selalu dapat 1 L=11.2 KM dapat dibawah 11 pun jarang
Driving style ... kalau pas kosong ... saya injak gas sampai RPM 5.000 kecepatan sampai 100 KM/jam lebih di gigi 3.
Jadi hanya saya bejek tuh Gas nya apabila RPM telah melewati 2500
Sebab kalau dibawah 2500 percuma juga dibejek ... gak jalan mobilnya
Saya coba melewati pelan pelan tidak sampai 5 rumah sudah mencapai 100 meter ...
Nah saya coba lagi pada waktu hampir sampai rumah ke 5 saya coba pelan pelan begitu ODO menunjukkan 100 meter maka saya berhenti ... nah kurangnya itu sekitar 4-5 meter.
Artinya 100 meter GL itu setara 95 meter
1 KM GL setara dengan 950 meter
10 KM GL setara dengan 9.5 KM
Nah saya sendiri pakai GL 1.5 XV MT pakai pertamax plus selalu dapat 1 L=11.2 KM dapat dibawah 11 pun jarang
Driving style ... kalau pas kosong ... saya injak gas sampai RPM 5.000 kecepatan sampai 100 KM/jam lebih di gigi 3.
Jadi hanya saya bejek tuh Gas nya apabila RPM telah melewati 2500
Sebab kalau dibawah 2500 percuma juga dibejek ... gak jalan mobilnya