Kijang Innova D-4D - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

rexmale
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12

Re: Kijang Innova D-4D

Post by rexmale »

Jadi pengen ganti VVTI matic saya dengan D4D nih, minta saran lebih baik ke D4D matic atau manual saja untuk pemakaian sehari-hari kantor-rumah dengan jarak kira-kira 30km kalau pulang lewat tol bisa 2 jam kadang kurang kadang lebih, kalau berangkat non tol bisa 1 jam.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ak4ng »

rexmale wrote:Jadi pengen ganti VVTI matic saya dengan D4D nih, minta saran lebih baik ke D4D matic atau manual saja untuk pemakaian sehari-hari kantor-rumah dengan jarak kira-kira 30km kalau pulang lewat tol bisa 2 jam kadang kurang kadang lebih, kalau berangkat non tol bisa 1 jam.
meningan metik bro.... setelan torsinya beda jauh.....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Kijang Innova D-4D

Post by htannis »

ak4ng wrote:
rexmale wrote:Jadi pengen ganti VVTI matic saya dengan D4D nih, minta saran lebih baik ke D4D matic atau manual saja untuk pemakaian sehari-hari kantor-rumah dengan jarak kira-kira 30km kalau pulang lewat tol bisa 2 jam kadang kurang kadang lebih, kalau berangkat non tol bisa 1 jam.
meningan metik bro.... setelan torsinya beda jauh.....
Topspeed pun lebih dapet yg matic, kalau tarikan awal sih manual masih megang lah
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Kijang Innova D-4D

Post by zweifellos »

ak4ng wrote:
rexmale wrote:Jadi pengen ganti VVTI matic saya dengan D4D nih, minta saran lebih baik ke D4D matic atau manual saja untuk pemakaian sehari-hari kantor-rumah dengan jarak kira-kira 30km kalau pulang lewat tol bisa 2 jam kadang kurang kadang lebih, kalau berangkat non tol bisa 1 jam.
meningan metik bro.... setelan torsinya beda jauh.....
maksudnya gimana itu kang, stelan torsi beda jauh? lebih berasa bertenaga jadinya?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ak4ng »

zweifellos wrote:
ak4ng wrote:
rexmale wrote:Jadi pengen ganti VVTI matic saya dengan D4D nih, minta saran lebih baik ke D4D matic atau manual saja untuk pemakaian sehari-hari kantor-rumah dengan jarak kira-kira 30km kalau pulang lewat tol bisa 2 jam kadang kurang kadang lebih, kalau berangkat non tol bisa 1 jam.
meningan metik bro.... setelan torsinya beda jauh.....
maksudnya gimana itu kang, stelan torsi beda jauh? lebih berasa bertenaga jadinya?
kl g salah dlm kondisi STD yg manual 20,5... tp yg metik 26,5.....bedanya jauh bgt... cari aja di webnya Toyota..... bandingin yg mt vs at..... lg males guling2....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
rexmale
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12

Re: Kijang Innova D-4D

Post by rexmale »

ak4ng wrote:
rexmale wrote:Jadi pengen ganti VVTI matic saya dengan D4D nih, minta saran lebih baik ke D4D matic atau manual saja untuk pemakaian sehari-hari kantor-rumah dengan jarak kira-kira 30km kalau pulang lewat tol bisa 2 jam kadang kurang kadang lebih, kalau berangkat non tol bisa 1 jam.
meningan metik bro.... setelan torsinya beda jauh.....
Ooh gitu yang beda torsinya.
Kalau itu mobil mau dipakai 6 tahun saja, apa saja yang perlu diperhatikan, dan apa saja yang perlu diadjust atau dimodif.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ak4ng »

rexmale wrote:
ak4ng wrote:
rexmale wrote:Jadi pengen ganti VVTI matic saya dengan D4D nih, minta saran lebih baik ke D4D matic atau manual saja untuk pemakaian sehari-hari kantor-rumah dengan jarak kira-kira 30km kalau pulang lewat tol bisa 2 jam kadang kurang kadang lebih, kalau berangkat non tol bisa 1 jam.
meningan metik bro.... setelan torsinya beda jauh.....
Ooh gitu yang beda torsinya.
Kalau itu mobil mau dipakai 6 tahun saja, apa saja yang perlu diperhatikan, dan apa saja yang perlu diadjust atau dimodif.
tambahin intercooler+unicip aja.. biar adem.. bisa 4 setingan.. output sekitar 170an HP..
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Hansen »

Ooo begitu?
Image
dharma168
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Sep 29, 2010 1:25

Re: Kijang Innova D-4D

Post by dharma168 »

bro mau tanya donk.

kla selang wastagee itu dalamnya seperti kaya ada ganjelan,jadi tdk loss selangnya

tadi nubie copotin selangnya trus colok pake kawat ada ganjelan

emang begitu ya selangnya
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Kijang Innova D-4D

Post by juanaxel »

rexmale wrote:Jadi pengen ganti VVTI matic saya dengan D4D nih, minta saran lebih baik ke D4D matic atau manual saja untuk pemakaian sehari-hari kantor-rumah dengan jarak kira-kira 30km kalau pulang lewat tol bisa 2 jam kadang kurang kadang lebih, kalau berangkat non tol bisa 1 jam.
Kalo sudah biasa pake matic, mending pakai matic aja bro... Saya pengguna D4D manual aja pengen ganti yg matic. Kalo macet2an bisa letoy tuh kaki kiri.
rexmale
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12

Re: Kijang Innova D-4D

Post by rexmale »

ak4ng wrote:tambahin intercooler+unicip aja.. biar adem.. bisa 4 setingan.. output sekitar 170an HP..
Kalau tambah itu kira-kira kena berapa yang mas?
Temen kantor saya yang pakai D4D manual dia tambah delayer ya kalau ga salah, jadi kalau kunci kontak sudah dicabut mesin masih nyala sampai kira-kira 3 menit baru mati, itu berguna ga ya?
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ak4ng »

rexmale wrote:
ak4ng wrote:tambahin intercooler+unicip aja.. biar adem.. bisa 4 setingan.. output sekitar 170an HP..
Kalau tambah itu kira-kira kena berapa yang mas?
Temen kantor saya yang pakai D4D manual dia tambah delayer ya kalau ga salah, jadi kalau kunci kontak sudah dicabut mesin masih nyala sampai kira-kira 3 menit baru mati, itu berguna ga ya?
kl intercooler+unichip+ down pipe+ replacement sekitar 15jetian....... yg delayer itu turbo timer..... biar awet turbonya..... cmiiw....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Kijang Innova D-4D

Post by htannis »

rexmale wrote:
ak4ng wrote:tambahin intercooler+unicip aja.. biar adem.. bisa 4 setingan.. output sekitar 170an HP..
Kalau tambah itu kira-kira kena berapa yang mas?
Temen kantor saya yang pakai D4D manual dia tambah delayer ya kalau ga salah, jadi kalau kunci kontak sudah dicabut mesin masih nyala sampai kira-kira 3 menit baru mati, itu berguna ga ya?
Kalau yg manual gak bisa di tune sampe 170HP, karena kopling akan selip, harus ganti koling set, konsekwensinya yah senam kaki lah. Anyway 3 menit mesin baru mati? Mau bakar bbm sia2 tuh bro? Kl dengan kondisi indonesia sih sebenarnya gak perlu, soalnya kl kita lepas gas aja, tunggu bentar, egt akan nge drop jauh dan sudah aman untuk langsung mesin dimatikan. Untuk jelasnya paging om turbo nih, dia perhatiin egt banget tuh
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Kijang Innova D-4D

Post by juanaxel »

htannis wrote:Anyway 3 menit mesin baru mati? Mau bakar bbm sia2 tuh bro? Kl dengan kondisi indonesia sih sebenarnya gak perlu, soalnya kl kita lepas gas aja, tunggu bentar, egt akan nge drop jauh dan sudah aman untuk langsung mesin dimatikan. Untuk jelasnya paging om turbo nih, dia perhatiin egt banget tuh
Tergantung oli mesin nya juga bro... Tp untuk lebih jelasnya baca2 aja komen2 nya bro Turboman. 3menit... lama amat tuh, habis balap di tanjakan mungkin.
rexmale
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12

Re: Kijang Innova D-4D

Post by rexmale »

ak4ng wrote:
rexmale wrote:
ak4ng wrote:tambahin intercooler+unicip aja.. biar adem.. bisa 4 setingan.. output sekitar 170an HP..
Kalau tambah itu kira-kira kena berapa yang mas?
Temen kantor saya yang pakai D4D manual dia tambah delayer ya kalau ga salah, jadi kalau kunci kontak sudah dicabut mesin masih nyala sampai kira-kira 3 menit baru mati, itu berguna ga ya?
kl intercooler+unichip+ down pipe+ replacement sekitar 15jetian....... yg delayer itu turbo timer..... biar awet turbonya..... cmiiw....
Kalau keluarin duit 15jeti untuk mobil yang akan dipakai selama 6 tahun kira-kira worthed ga pak? manfaat yang didapat apa saja ya pak?
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Kijang Innova D-4D

Post by htannis »

rexmale wrote: Kalau keluarin duit 15jeti untuk mobil yang akan dipakai selama 6 tahun kira-kira worthed ga pak? manfaat yang didapat apa saja ya pak?
Wakakaka, ane keluar 20 juta untuk bagian engine bay buat D4D ane yg dipake selama setahun, dan worthed banget tuh, kalau ente demen nyetir dan suka street racing sekali2. Tapi yah tetep aja sih tenaganya kalah sama di-d hi power std, hahaha
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

juanaxel wrote:
htannis wrote:Anyway 3 menit mesin baru mati? Mau bakar bbm sia2 tuh bro? Kl dengan kondisi indonesia sih sebenarnya gak perlu, soalnya kl kita lepas gas aja, tunggu bentar, egt akan nge drop jauh dan sudah aman untuk langsung mesin dimatikan. Untuk jelasnya paging om turbo nih, dia perhatiin egt banget tuh
Tergantung oli mesin nya juga bro... Tp untuk lebih jelasnya baca2 aja komen2 nya bro Turboman. 3menit... lama amat tuh, habis balap di tanjakan mungkin.
sejauh pengamatan sy utk mesin std / light tune aka Dastek Q / Q+ only, abis slow down en berhenti cukup 10 - 15 detik EGT dah drop below 250 deg C en bisa lgs dimatikan.

Kalo setting dgn Extender / i-Drive mmg EGT drop lebih lambat, solusinya = pindahkan ke MAP Medium / MAP Irit spy EGT turun lebih cepat.

Yg paling penting oli mesin yg berkualitas.
* Bukan ajakan Beli *
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ak4ng »

kl oli turbo itu apa ga masalah langsung matiin??? cmiiw
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: Kijang Innova D-4D

Post by dieselkiki »

oli turbo apaan ya kang?
- faith humanity freedom -
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ak4ng »

lebih tepat mungkin pelumas jeroan turbo.. bukan oli turbo khusus.... kan putaran turbin nya lebih kenceng drpd putaran mesin...... jadi harus aga lama selain buat nurunin suhu EGT.... cmiiw.....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Kijang Innova D-4D

Post by juanaxel »

ak4ng wrote:lebih tepat mungkin pelumas jeroan turbo.. bukan oli turbo khusus.... kan putaran turbin nya lebih kenceng drpd putaran mesin...... jadi harus aga lama selain buat nurunin suhu EGT.... cmiiw.....
oli mesin=oli turbo kang, makanya bro turbo sangat2 menganjurkan oli yg berkualitas.
Last edited by juanaxel on Wed Mar 21, 2012 4:02, edited 1 time in total.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ak4ng »

kl mengenai putaran turbin yg bisa rontok karna mesin langsung dimatiiin gimana tu??
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kijang Innova D-4D

Post by Turboman »

ak4ng wrote:kl mengenai putaran turbin yg bisa rontok karna mesin langsung dimatiiin gimana tu??
maksudnya apa tu ya ?

Utk mesin turbo yang paling benar adalah sesudah high speed driving en menjelang tiba di tujuan menyetirlah dengan santai / normal selama beberapa menit, minimal 5 menit, preferred 10 menit, agar suhu oli dan Turbo cooling down, sesudah semua cooling down maka begitu sampai parkiran cukup tunggu 10 detik dan mesin bisa lgs dimatikan.

Mau pakai Turbo Timer / enggak yah terserah, tapi nyetir santai 5 - 10 menit menjelang parkir sesudah ngebut itu wajib dilakukan jika ingin Turbo awet.
* Bukan ajakan Beli *
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ak4ng »

Turboman wrote:
ak4ng wrote:kl mengenai putaran turbin yg bisa rontok karna mesin langsung dimatiiin gimana tu??
maksudnya apa tu ya ?

Utk mesin turbo yang paling benar adalah sesudah high speed driving en menjelang tiba di tujuan menyetirlah dengan santai / normal selama beberapa menit, minimal 5 menit, preferred 10 menit, agar suhu oli dan Turbo cooling down, sesudah semua cooling down maka begitu sampai parkiran cukup tunggu 10 detik dan mesin bisa lgs dimatikan.

Mau pakai Turbo Timer / enggak yah terserah, tapi nyetir santai 5 - 10 menit menjelang parkir sesudah ngebut itu wajib dilakukan jika ingin Turbo awet.
kamsudnya bisa cepet aus and rusak.. cmiiw??
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Kijang Innova D-4D

Post by ilhami »

kalau di spbu mesin diesel aman ya tanpa dimatikan ketika mengisi solar? jadi tidak perlu khawatir dengan turbo nya