Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
kemuningauto wrote: Fri Oct 09, 2020 10:44
Kalo umur mobil udah tua, dan kita gatau history AC nya (tapi masih normal semua performa), bisa bersihin total, ganti Dryer, Expansion Valve, Oli Compressor. Ibaratnya kita reset lg penghitungan umur parts2 AC nya, aman buat 3-5 taun kedepan.
soal drier jadi kepikiran, march k13 saya, sudah 8 tahun ga pernah ganti drier + expansion valve, sudah pernah ganti evap 2x, tentu saja freon juga diisi ulang dsb di bengkel ac umum, oli juga katanya sudah ditambah, terakhir dicek di beres dengan mesin katanya aman.
nah ganti drier apakah perlu? kalau perlu ngerjain sendiri di rumah bisa ga ya? kan part saya bisa order online atau ke beres terdekat, mayan hemat ongkos kerja juga menghindari tertular c19.
blloewy wrote:Ijin gabung dan tanya2 seputar AC mobil suhu di mari semua.
Saya dpt Nissan Lipina 2012 dan AC ngga begitu dingin.
Pas serpis ternyata EVAP nya kering banget, basah sedikit sekali dan tdk ada lumut.
AKhirnya dibersihkan semua EVAP, KONDENSOR, dan tambah Oli Kompresor serta ganti sealnya.
Skrg sdh dingin tp ya kl cuaca panas terik sekali ngga dingin2 amat kl di blower 1 dan full mentok kanan.
Apakah benar dngn ganti resistor blower bisa membuat hembusan blower Livina lbh kencang?
Krn livina 2013 pertengahan type L11 pakai resistor blower yg lebih kecil dan semburannya bisa lbh kenceng.
Kemudian u perawatan AC bagaimana om sebaiknya?
Motor Blowernya diturunin ngga dan dibersihkan om? Filter Cabinnya dicek ngga? Karena 2 hal ini sangat berpengaruh terhadap hembusan angin AC mobil.
Perawatan AC simpel sebenernya. Tinggal rutin dicek aja Filter Cabin setiap 3-6 bulan sekali, kalo kotor bisa dibersihin atau diganti.
Kalo umur mobil udah tua, dan kita gatau history AC nya (tapi masih normal semua performa), bisa bersihin total, ganti Dryer, Expansion Valve, Oli Compressor. Ibaratnya kita reset lg penghitungan umur parts2 AC nya, aman buat 3-5 taun kedepan.
Sepertinya ngga om kl motor blower krn dashboard ngga dibuka.
Kl filter sdh dibersihkan tetapi saya mau ganti aja dn sdh beli yg Denso.
Siap Om...
terima kasih pencerahannya
blloewy wrote:Ijin gabung dan tanya2 seputar AC mobil suhu di mari semua.
Saya dpt Nissan Lipina 2012 dan AC ngga begitu dingin.
Pas serpis ternyata EVAP nya kering banget, basah sedikit sekali dan tdk ada lumut.
AKhirnya dibersihkan semua EVAP, KONDENSOR, dan tambah Oli Kompresor serta ganti sealnya.
Skrg sdh dingin tp ya kl cuaca panas terik sekali ngga dingin2 amat kl di blower 1 dan full mentok kanan.
Apakah benar dngn ganti resistor blower bisa membuat hembusan blower Livina lbh kencang?
Krn livina 2013 pertengahan type L11 pakai resistor blower yg lebih kecil dan semburannya bisa lbh kenceng.
Kemudian u perawatan AC bagaimana om sebaiknya?
Motor Blowernya diturunin ngga dan dibersihkan om? Filter Cabinnya dicek ngga? Karena 2 hal ini sangat berpengaruh terhadap hembusan angin AC mobil.
Perawatan AC simpel sebenernya. Tinggal rutin dicek aja Filter Cabin setiap 3-6 bulan sekali, kalo kotor bisa dibersihin atau diganti.
Kalo umur mobil udah tua, dan kita gatau history AC nya (tapi masih normal semua performa), bisa bersihin total, ganti Dryer, Expansion Valve, Oli Compressor. Ibaratnya kita reset lg penghitungan umur parts2 AC nya, aman buat 3-5 taun kedepan.
Sepertinya ngga om kl motor blower krn dashboard ngga dibuka.
Kl filter sdh dibersihkan tetapi saya mau ganti aja dn sdh beli yg Denso.
Siap Om...
terima kasih pencerahannya
Ngga perlu buka dashboard buat bersihin blower Livina.
kemuningauto wrote: Fri Oct 09, 2020 10:44
Kalo umur mobil udah tua, dan kita gatau history AC nya (tapi masih normal semua performa), bisa bersihin total, ganti Dryer, Expansion Valve, Oli Compressor. Ibaratnya kita reset lg penghitungan umur parts2 AC nya, aman buat 3-5 taun kedepan.
soal drier jadi kepikiran, march k13 saya, sudah 8 tahun ga pernah ganti drier + expansion valve, sudah pernah ganti evap 2x, tentu saja freon juga diisi ulang dsb di bengkel ac umum, oli juga katanya sudah ditambah, terakhir dicek di beres dengan mesin katanya aman.
nah ganti drier apakah perlu? kalau perlu ngerjain sendiri di rumah bisa ga ya? kan part saya bisa order online atau ke beres terdekat, mayan hemat ongkos kerja juga menghindari tertular c19.
8 taun bolehlah ganti dryer. Bisa kok kalo ada alat2nya.
blloewy wrote: Fri Oct 09, 2020 10:25
Ijin gabung dan tanya2 seputar AC mobil suhu di mari semua.
Saya dpt Nissan Lipina 2012 dan AC ngga begitu dingin.
Pas serpis ternyata EVAP nya kering banget, basah sedikit sekali dan tdk ada lumut.
AKhirnya dibersihkan semua EVAP, KONDENSOR, dan tambah Oli Kompresor serta ganti sealnya.
Skrg sdh dingin tp ya kl cuaca panas terik sekali ngga dingin2 amat kl di blower 1 dan full mentok kanan.
Apakah benar dngn ganti resistor blower bisa membuat hembusan blower Livina lbh kencang?
Krn livina 2013 pertengahan type L11 pakai resistor blower yg lebih kecil dan semburannya bisa lbh kenceng.
Kemudian u perawatan AC bagaimana om sebaiknya?
Livina dirumah dinginnya nyess Om, jarang bgt di set suhu mentok kanan dan blower di 1. Kmrn kejadian evaporatornya bocor di usia tahun ke 7, anginnya ga ada dingin2nya walopun di metokin kekana suhunya. Ganti evap sekalian dryer, yg ex valve nya dibersihin. Langsung balik nyess lagi ac nya.
blloewy wrote: Fri Oct 09, 2020 10:25
Ijin gabung dan tanya2 seputar AC mobil suhu di mari semua.
Saya dpt Nissan Lipina 2012 dan AC ngga begitu dingin.
Pas serpis ternyata EVAP nya kering banget, basah sedikit sekali dan tdk ada lumut.
AKhirnya dibersihkan semua EVAP, KONDENSOR, dan tambah Oli Kompresor serta ganti sealnya.
Skrg sdh dingin tp ya kl cuaca panas terik sekali ngga dingin2 amat kl di blower 1 dan full mentok kanan.
Apakah benar dngn ganti resistor blower bisa membuat hembusan blower Livina lbh kencang?
Krn livina 2013 pertengahan type L11 pakai resistor blower yg lebih kecil dan semburannya bisa lbh kenceng.
Kemudian u perawatan AC bagaimana om sebaiknya?
Livina dirumah dinginnya nyess Om, jarang bgt di set suhu mentok kanan dan blower di 1. Kmrn kejadian evaporatornya bocor di usia tahun ke 7, anginnya ga ada dingin2nya walopun di metokin kekana suhunya. Ganti evap sekalian dryer, yg ex valve nya dibersihin. Langsung balik nyess lagi ac nya.
Terkadang kadar nyess tiap2 org berbeda om
Dan faktor lokasi + kondisi kaca film jg berpengaruh..
Fan kipas kondensor AC saya sudah 3 kali ini terbakar - Fan ndak berputar dan jadi seret. Akibatnya AC ndak dingin...Apa yang musti di cek ya Om? orang bengkel AC nyaranin ganti kompressor. Masalahnya kalau fan jalan, AC mobilnya super dingin. Mohon pencerahan, terima kasih. Mobil Suzuki Neo Baleno AT 2009, beli second, entah tangan keberapa....
Fan kipas kondensor AC saya sudah 3 kali ini terbakar - Fan ndak berputar dan jadi seret. Akibatnya AC ndak dingin...Apa yang musti di cek ya Om? orang bengkel AC nyaranin ganti kompressor. Masalahnya kalau fan jalan, AC mobilnya super dingin. Mohon pencerahan, terima kasih. Mobil Suzuki Neo Baleno AT 2009, beli second, entah tangan keberapa....
Coba dicek Fan nya kenapa bs terbakar dulu. Apa kabel2 pernah disambung menyambung? Motor fan pake original atau imitasi? Udah ganti 3x fan selama brp KM? Biasa standard Motor Fan mati itu sekitar 50.000 KM - 75.000 KM. Kalo AC nyala, fan Condenser dan fan Radiator bekerja semua ngga?
Yasser wrote:Kabel ada sambungan om, rapi sambungannya dan rapat. Motor fan pakai Panasonic. Baru jalan 1000 an KM. Kalau AC nyala, kedua motor juga nyala Om...
Ganti yg original. Pake punya X-Over bisa. Dudukan sama soalnya Baleno Neo dengan Aerio. Dan punya X-Over bs masuk ke Aerio.
Alternatif lain cari yg bagusan kualitas Motor Fannya, bisa kok diubah pake Motor Fan Denso 2061 atau 3330.
kemuningauto wrote: Fri Oct 09, 2020 14:17
8 taun bolehlah ganti dryer. Bisa kok kalo ada alat2nya.
seberapa sulitkah untuk diy di rumah om? butuh tools atau trik khusus?
Ngga sulit sih sebenernya. Intinya keluarin kondensornya dulu. Buka palang atas (Radiator Support). Yang penting teliti sih, apa yg dibuka dipasang lg, baut2 jg jgn ketinggalan.
Kunci2 paling kunci 10 ring pas, ring ring, T10, standard2 kok.
kemuningauto wrote: Sat Oct 10, 2020 13:12
Ngga sulit sih sebenernya. Intinya keluarin kondensornya dulu. Buka palang atas (Radiator Support). Yang penting teliti sih, apa yg dibuka dipasang lg, baut2 jg jgn ketinggalan.
Kunci2 paling kunci 10 ring pas, ring ring, T10, standard2 kok.
walah kirain tinggal lepas pasang drier + dudukan saja. kunci2 si ada.
bawa ke bengkel saja nampaknya
kemuningauto wrote: Sat Oct 10, 2020 13:12
Ngga sulit sih sebenernya. Intinya keluarin kondensornya dulu. Buka palang atas (Radiator Support). Yang penting teliti sih, apa yg dibuka dipasang lg, baut2 jg jgn ketinggalan.
Kunci2 paling kunci 10 ring pas, ring ring, T10, standard2 kok.
walah kirain tinggal lepas pasang drier + dudukan saja. kunci2 si ada.
bawa ke bengkel saja nampaknya
Harus dibuang dulu jg freonnya. Baru ganti dryernya. Iya kalo ngga enthusiast, mahalan alat2nya. Di bengkel paling kisaran 300 rapi.
untuk dryer gt ada rekomen merk yg bagus kah om?
kl begini ganti dryer sekalian servis berkala AC aja ya...
pas kondensor turun, evap turun dibersihkan jd ngga kena ongkos kerja 2x.
blloewy wrote:untuk dryer gt ada rekomen merk yg bagus kah om?
kl begini ganti dryer sekalian servis berkala AC aja ya...
pas kondensor turun, evap turun dibersihkan jd ngga kena ongkos kerja 2x.
Betul. Sebaiknya seperti itu, jadi ga 2x ongkos kerja, 2x buang freon. Dryer rata2 sama mau merk Kasuya, Protech, Sigma, dll.
kemuningauto wrote: Sat Oct 10, 2020 14:38Harus dibuang dulu jg freonnya. Baru ganti dryernya. Iya kalo ngga enthusiast, mahalan alat2nya. Di bengkel paling kisaran 300 rapi.
ohh proses isi ulang freon ya. sayang juga buang freon. coba ah tanya ke beres berapa duit. karena bengkel umum AC disini ga ada yang punya mesin recycle freon. thanks om
Fan kipas kondensor AC saya sudah 3 kali ini terbakar - Fan ndak berputar dan jadi seret. Akibatnya AC ndak dingin...Apa yang musti di cek ya Om? orang bengkel AC nyaranin ganti kompressor. Masalahnya kalau fan jalan, AC mobilnya super dingin. Mohon pencerahan, terima kasih. Mobil Suzuki Neo Baleno AT 2009, beli second, entah tangan keberapa....
Coba dicek Fan nya kenapa bs terbakar dulu. Apa kabel2 pernah disambung menyambung? Motor fan pake original atau imitasi? Udah ganti 3x fan selama brp KM? Biasa standard Motor Fan mati itu sekitar 50.000 KM - 75.000 KM. Kalo AC nyala, fan Condenser dan fan Radiator bekerja semua ngga?
Ganti motornya aja ya?
Kalo iya, kemungkinan besar pas masang blade ke motor, gak dicek blade-nya bisa muter bebas gak.
Kalo muternya gak bebas, mesti ditambah ring spacer di as-nya.
Fan kipas kondensor AC saya sudah 3 kali ini terbakar - Fan ndak berputar dan jadi seret. Akibatnya AC ndak dingin...Apa yang musti di cek ya Om? orang bengkel AC nyaranin ganti kompressor. Masalahnya kalau fan jalan, AC mobilnya super dingin. Mohon pencerahan, terima kasih. Mobil Suzuki Neo Baleno AT 2009, beli second, entah tangan keberapa....
Coba dicek Fan nya kenapa bs terbakar dulu. Apa kabel2 pernah disambung menyambung? Motor fan pake original atau imitasi? Udah ganti 3x fan selama brp KM? Biasa standard Motor Fan mati itu sekitar 50.000 KM - 75.000 KM. Kalo AC nyala, fan Condenser dan fan Radiator bekerja semua ngga?
Ganti motornya aja ya?
Kalo iya, kemungkinan besar pas masang blade ke motor, gak dicek blade-nya bisa muter bebas gak.
Kalo muternya gak bebas, mesti ditambah ring spacer di as-nya.
Iya tinggal nanti pas instalasi fan ke motornya diperhatiin aja biar rapi. Kan melalui tes dulu dilangsungin ke aki motor dan kipasnya pas dipasang, bagus atau ngga dll.
Coba dicek Fan nya kenapa bs terbakar dulu. Apa kabel2 pernah disambung menyambung? Motor fan pake original atau imitasi? Udah ganti 3x fan selama brp KM? Biasa standard Motor Fan mati itu sekitar 50.000 KM - 75.000 KM. Kalo AC nyala, fan Condenser dan fan Radiator bekerja semua ngga?
Ganti motornya aja ya?
Kalo iya, kemungkinan besar pas masang blade ke motor, gak dicek blade-nya bisa muter bebas gak.
Kalo muternya gak bebas, mesti ditambah ring spacer di as-nya.
Iya tinggal nanti pas instalasi fan ke motornya diperhatiin aja biar rapi. Kan melalui tes dulu dilangsungin ke aki motor dan kipasnya pas dipasang, bagus atau ngga dll.
Mesti diputer pake tangan Om.
Kalo cuma tes pasang kabel doank, pasti muter.
kemuningauto wrote: Sat Oct 10, 2020 13:12
Ngga sulit sih sebenernya. Intinya keluarin kondensornya dulu. Buka palang atas (Radiator Support). Yang penting teliti sih, apa yg dibuka dipasang lg, baut2 jg jgn ketinggalan.
Kunci2 paling kunci 10 ring pas, ring ring, T10, standard2 kok.
walah kirain tinggal lepas pasang drier + dudukan saja. kunci2 si ada.
bawa ke bengkel saja nampaknya
Harus dibuang dulu jg freonnya. Baru ganti dryernya. Iya kalo ngga enthusiast, mahalan alat2nya. Di bengkel paling kisaran 300 rapi.
Kalau ganti dryer seperti ini kan cukup recovery freon ya, ga perlu sampai ganti?
kemuningauto wrote: Tue Sep 29, 2020 7:06
Condensernya coba dicek lg keseluruhan. Sering di situ soalnya.
Siap om kemuning nanti coba fokus di condenser lg dulu deh.... ketimbang intip2 evap tp metode bongkar dashboard
Makasih banyak om
Siaap om. 2x nemuin dr Condenser mulu bocornya. Soalnya kuat sih Evaporator dia. Kalo Condenser kan bisa kena kerikil2 dr depan tuh. Dibuka aja bagian cover atas biar keliatan jelas.
Hari ini bawa ke bengkel ac, dan bener perkiraan om kemuning, condensernya ada beberapa spot kerikil yg sekitarannya ada ngompol minyak/oli AC.
josomba wrote:
Siap om kemuning nanti coba fokus di condenser lg dulu deh.... ketimbang intip2 evap tp metode bongkar dashboard
Makasih banyak om
Siaap om. 2x nemuin dr Condenser mulu bocornya. Soalnya kuat sih Evaporator dia. Kalo Condenser kan bisa kena kerikil2 dr depan tuh. Dibuka aja bagian cover atas biar keliatan jelas.
Hari ini bawa ke bengkel ac, dan bener perkiraan om kemuning, condensernya ada beberapa spot kerikil yg sekitarannya ada ngompol minyak/oli AC.
Ganti pake merk Sigma jadinya ni.
hbs dari mbah marmut ganti kondensor nya om?
ngga bisa dibersihkan itu kondensor nya?
adityabp wrote:
Ganti motornya aja ya?
Kalo iya, kemungkinan besar pas masang blade ke motor, gak dicek blade-nya bisa muter bebas gak.
Kalo muternya gak bebas, mesti ditambah ring spacer di as-nya.
Iya tinggal nanti pas instalasi fan ke motornya diperhatiin aja biar rapi. Kan melalui tes dulu dilangsungin ke aki motor dan kipasnya pas dipasang, bagus atau ngga dll.
Mesti diputer pake tangan Om.
Kalo cuma tes pasang kabel doank, pasti muter.
Bukan. Kalo pake tangan terlalu enteng. Kan beda sama putaran motor. Gunanya dites dulu motor baru sebelum dipasang di mobil biar bisa dicek putaran kipasnya bagus ngga, aman ngga dari kepentok2 dengan rumah kipasnya, karena motor fan modifan.