Fortuner paling diminati

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Fortuner paling diminati

Post by ricz »

Turboman wrote:
ricz wrote:
Turboman wrote:@um ricz :

Kalau boleh tahu apakah anda dari IU ?
Gue bukan org IU, cuman tau dari temen aja yg sering ambil mobil IU om... :mky_01:
Lalu apa anda sering bawa Harrier / RX 270 / CX-9 juga 42ner dan AN Santa Fe ?

seberapa sering anda bawa mobil2 tsb dan sudah pernah coba di berbagai kondisi jalanan ?

Ditunggu jawabannya
Harrier,RX270, 42ner diesel AT 2010 pernah nyoba py temen, Santi pernah TD sebentar, CX9 pernah numpang py temen yg model taon 2009 py..

Mulai dari Harrier...

Harrier: material dasbor bagus, softpadded smua, jahitan kulitnya jg bagus... Tarikan & pengendalian biasa aja, bantingan suspensi empuk, tp X Trail lebih empuk menurut gue...

RX: mirip2 ama Harrier, cuman desain interior yg gue suka bgt... Tarikan mirip2 ama Harrier menurut gue, tp pengendalian lebih bagus dari Harrier...

Fortie : tarikan lebih boyo dari Ipah, bs dimaklumi krn mesin menggerakkan bobot yg lebih berat... Masalah pengendalian lebi lincah Ipah drpd Fortie ini.. Bantingan tergolong keras menurut gue... Interior ya mirip mirip ama Ipah lah...

Santi: kemaren TD bentar aja, jadi gk bs eksplorasi lbh jauh, tarikan menurut gw mirip ama CTV AWD... Pengendalian biasa aja... Interior masi lebih bagus dari Sorento...

CX9: material interior cukup bagus, bantingan keras (apa krn pake velg 24" ato mmg dari sananya dh keras)...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Fortuner paling diminati

Post by F272 »

Hahahahaa... Oom Ricz di interogasi...
:mky_01: :mky_01:

Kita buka Showroom IU bareng yuk Oom...sama oom Turboman
seru kali yah..
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Fortuner paling diminati

Post by ricz »

Hahaaa, kagak enak gak jawab pertanyaan sesepuh... :mky_01:

Jadi ya ceritakan apa yg ada diisi otak nubie aja... :mky_01:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: Fortuner paling diminati

Post by vote42ner »

Turboman wrote:
ricz wrote:Prado itu beda bgt ama Fortuner...

Mulai dari bantingan, kenyamanan, & fitur beda jauh bgt...

Cuman kalo mengingat harganya yg 900 jutaan bagusan RX270 aja kalo gue.. Lebih enak dikendarai & interiornya yg bagus bgt...
Kalo soal bantingan & kenyamanan ya 42ner-nya :
- Per belakang pakai W123
- Shock HotBits DT-1
- Kasih ban yg grip-nya bagus & comfort
- Per TRD jika prefer handling

Nah abis itu test drive lagi deh

Consider harga 42ner khan jauh di bawah Prado.....
om turbo, apakah dengan semua penggantian part di atas bisa mendapat hasil yg sebanding dengan KDSSnya prado??...
maaf kuli kebanyakan nanya... :mky_01:
Erwintel
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Wed Oct 21, 2009 7:00

Re: Fortuner paling diminati

Post by Erwintel »

Turboman wrote:Beda karakter aja sebetulnya krn yg 1 Gasoline NA mmg respons saat diinjak pertama lebih instant drpd TurboDiesel

Bukan soal harga lah mas.......mesin2 Gasoline NA cc gede buatan 15 taun yg lalu juga responnya instant......tapi ya siap2 minumnya aja......heheheh

Well oke, utk ngurangi lag VNT :
- Ground cables
- SuperGround @ECU (tapi skg teknisinya lagi bedrest)
- Oli mesin Full Synth khusus Diesel atau yg comply MB 229.5
- Copot katalik / ganti center pipe
- K&N filter (bila jalanan yg dilewati gak kelewat bedebu)

Tapi dgn no 1 & 2 aja lag berkurangnya banyak sekali........saya dah pernah bandingin antara VNT perawan murni VS VNT dgn GC + SGC @ECU + oli mesin pake Delvac1......VNT perawan tarikan awalnya jujur aja "below expectation", apalagi masih pake oli TGMO....lengkaplah sudah penderitaan......hahahahah....

kalo di id42ner belum lama pada kloteran centre pipe utk VNT

Btw bisa join milis id42ner di [email protected] atau intip trit KFOC (Kaskus Fortuner owners club)
Salam KFOC ßro..
Sering2 mampir disebelah ya bro kita2 msh hijau dan butuh banyak info bermanfaat dr ßro.. Sekalian jg bagi member yg lain mampir2 sebelah sesama penggemar fortuner sharing bareng, kita sering jg grupbuy, oli q8, klakson hella, frontpipe vnt dan yg masih anget swaybar ultraracing dll.. ˚╬╬ϱϱ˚╬╬ϱϱ˚╬╬ϱϱ˚.
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Fortuner paling diminati

Post by F272 »

vote42ner wrote:
Turboman wrote:
ricz wrote:Prado itu beda bgt ama Fortuner...

Mulai dari bantingan, kenyamanan, & fitur beda jauh bgt...

Cuman kalo mengingat harganya yg 900 jutaan bagusan RX270 aja kalo gue.. Lebih enak dikendarai & interiornya yg bagus bgt...
Kalo soal bantingan & kenyamanan ya 42ner-nya :
- Per belakang pakai W123
- Shock HotBits DT-1
- Kasih ban yg grip-nya bagus & comfort
- Per TRD jika prefer handling

Nah abis itu test drive lagi deh

Consider harga 42ner khan jauh di bawah Prado.....
om turbo, apakah dengan semua penggantian part di atas bisa mendapat hasil yg sebanding dengan KDSSnya prado??...
maaf kuli kebanyakan nanya... :mky_01:
KDSS pasti lebih yahid Bro.....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner paling diminati

Post by Turboman »

Prado pakai KDSS belom pernah TD.........cuman KDSS yg pasti kalau ada yg rusak jadi Kantong Dompetku Sakit Sekali......

Kalo si HB DT-1 ada yg rusak bisa diservis, ganti parts yg rusak aja

*Bukan seles shock*
* Bukan ajakan Beli *
pichuchu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26

Re: Fortuner paling diminati

Post by pichuchu »

Turboman wrote:Beda karakter aja sebetulnya krn yg 1 Gasoline NA mmg respons saat diinjak pertama lebih instant drpd TurboDiesel

Bukan soal harga lah mas.......mesin2 Gasoline NA cc gede buatan 15 taun yg lalu juga responnya instant......tapi ya siap2 minumnya aja......heheheh

Well oke, utk ngurangi lag VNT :
- Ground cables
- SuperGround @ECU (tapi skg teknisinya lagi bedrest)
- Oli mesin Full Synth khusus Diesel atau yg comply MB 229.5
- Copot katalik / ganti center pipe
- K&N filter (bila jalanan yg dilewati gak kelewat bedebu)

Tapi dgn no 1 & 2 aja lag berkurangnya banyak sekali........saya dah pernah bandingin antara VNT perawan murni VS VNT dgn GC + SGC @ECU + oli mesin pake Delvac1......VNT perawan tarikan awalnya jujur aja "below expectation", apalagi masih pake oli TGMO....lengkaplah sudah penderitaan......hahahahah....

kalo di id42ner belum lama pada kloteran centre pipe utk VNT

Btw bisa join milis id42ner di [email protected] atau intip trit KFOC (Kaskus Fortuner owners club)
Om Turbo.. Sebelumnya thank you bgt atas saran2, dah lama bgt ga ngepost di SM nih.

Saya dah ikutin semua om bilang diatas, dan hasilnya sangat puas dengan hasilnya. Dan akhirnya skrg jg dah pasang piggyback :)

Klo misalnya untuk lanjutin ningkatin performa kebo vnt, bisa diapain lagi ya?

Yg saya suka dr saran om diatas itu, semuanya plug n play. Jadi sewaktu2 bisa dlepas lagi, mungkin kecuali SGC ECUnya. Cmiiw. Tpi hasilnya memank mantap sih
reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: Fortuner paling diminati

Post by reinhard_harley »

pichuchu wrote:
Turboman wrote:Beda karakter aja sebetulnya krn yg 1 Gasoline NA mmg respons saat diinjak pertama lebih instant drpd TurboDiesel

Bukan soal harga lah mas.......mesin2 Gasoline NA cc gede buatan 15 taun yg lalu juga responnya instant......tapi ya siap2 minumnya aja......heheheh

Well oke, utk ngurangi lag VNT :
- Ground cables
- SuperGround @ECU (tapi skg teknisinya lagi bedrest)
- Oli mesin Full Synth khusus Diesel atau yg comply MB 229.5
- Copot katalik / ganti center pipe
- K&N filter (bila jalanan yg dilewati gak kelewat bedebu)

Tapi dgn no 1 & 2 aja lag berkurangnya banyak sekali........saya dah pernah bandingin antara VNT perawan murni VS VNT dgn GC + SGC @ECU + oli mesin pake Delvac1......VNT perawan tarikan awalnya jujur aja "below expectation", apalagi masih pake oli TGMO....lengkaplah sudah penderitaan......hahahahah....

kalo di id42ner belum lama pada kloteran centre pipe utk VNT

Btw bisa join milis id42ner di [email protected] atau intip trit KFOC (Kaskus Fortuner owners club)

Yg saya suka dr saran om diatas itu, semuanya plug n play. Jadi sewaktu2 bisa dlepas lagi, mungkin kecuali SGC ECUnya. Cmiiw. Tpi hasilnya memank mantap sih
om turbo, bener banget tuh om saya tadinya tertarik ama fortuner vnt krn heboh dgn torque nya , tp kok saya coba gak kok kurang responsif ya, kaya ada lag nya.
nah dgn perubahan yg ini :
- Ground cables
- SuperGround @ECU (tapi skg teknisinya lagi bedrest)
- Oli mesin Full Synth khusus Diesel atau yg comply MB 229.5
- Copot katalik / ganti center pipe
apakah bs nyamain tarikan nya seperti jeep cherokee 4.0 limited?
ow ya apakah langkah2 diatas bs dilakukan juga utk ford everest TDCi?
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Fortuner paling diminati

Post by MonSTER_GTR »

wah jangan disamaiin sama jeep cherokee, mau dimodif seperti itu kalo menurut ane belum bisa menyamakan. jauh tenan bos :mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01:
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner paling diminati

Post by Turboman »

karakter mesin Gasoline NA cc gede vs TurboDiesel tetap ada beda yah......btw akselerasi 402 M Cherokee 4.0 brp detik ya ?

Mobil di bawah ini 402 M nya masuk 16 detikan
Image

Saya pernah test Drive mobil tsb, di Tol menuju Serpong dari 100 ke 170 Km nya nariknya konstant, sama sekali gak kehabisan napas....di 175 kepaksa lepas gas krn traffic rame.
reinhard_harley wrote:
nah dgn perubahan yg ini :
- Ground cables
- SuperGround @ECU (tapi skg teknisinya lagi bedrest)
- Oli mesin Full Synth khusus Diesel atau yg comply MB 229.5
- Copot katalik / ganti center pipe
apakah bs nyamain tarikan nya seperti jeep cherokee 4.0 limited?
ow ya apakah langkah2 diatas bs dilakukan juga utk ford everest TDCi?
* Bukan ajakan Beli *
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Fortuner paling diminati

Post by ricz »

Buset mobil segede gaban gitu dipake buat balap..

Knalpotnya keren amat, kek G klasse :off_good_job:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: Fortuner paling diminati

Post by reinhard_harley »

Turboman wrote:karakter mesin Gasoline NA cc gede vs TurboDiesel tetap ada beda yah......btw akselerasi 402 M Cherokee 4.0 brp detik ya ?

Mobil di bawah ini 402 M nya masuk 16 detikan
Image

Saya pernah test Drive mobil tsb, di Tol menuju Serpong dari 100 ke 170 Km nya nariknya konstant, sama sekali gak kehabisan napas....di 175 kepaksa lepas gas krn traffic rame.
[/quote]

gak tau seh om blom pernah nyoba ngukur brp detik itu crq, cuman sensasi bawa mobilnya utk nyalip atau ariannya enak bgt utk dalam kota. cuman krn bbm mau naek, he.he..terpaksa harus berpikir realistis, pgn mobil gede tp enak. saya sdh test drive fortuner vnt dan everest, dan saya terapkan bawa mobinya dgn gaya bawa jeep cherokee, alias maen bejek, nah yg paling mendekati itu si sensasi tarikan dan drivingnya ya ford everest, nah cuman klo diatas kertas VNT tenaga lbh besar dan torsi lbh besar. klo ford everest yg di foto punya yudi sdh banyak modifnya. he..he..saya mau kaya yg om turbo jelaskna, modif ringan tp enak, gak usah sampe ruuar biasa pake piggyback segala.
maaf oot ya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner paling diminati

Post by Turboman »

reinhard_harley wrote: gak tau seh om blom pernah nyoba ngukur brp detik itu crq, cuman sensasi bawa mobilnya utk nyalip atau ariannya enak bgt utk dalam kota. cuman krn bbm mau naek, he.he..terpaksa harus berpikir realistis, pgn mobil gede tp enak. saya sdh test drive fortuner vnt dan everest, dan saya terapkan bawa mobinya dgn gaya bawa jeep cherokee, alias maen bejek, nah yg paling mendekati itu si sensasi tarikan dan drivingnya ya ford everest, nah cuman klo diatas kertas VNT tenaga lbh besar dan torsi lbh besar. klo ford everest yg di foto punya yudi sdh banyak modifnya. he..he..saya mau kaya yg om turbo jelaskna, modif ringan tp enak, gak usah sampe ruuar biasa pake piggyback segala.
maaf oot ya.
Ikutin tuning ala Pichupichu

Ditambah :
- Free flow air filter
- Center pipe plong
- Tail pipe gedein ke 2,5"

Piggyback bukan sesuatu yg luar biasa lah.....Piggyback banyak kelasnya, yg mau pompa dikit sampai pompa banyak, tinggal pilih aja yg mana

Kalau saya sih udah pernah TD VNT yg pakai ECU Shop MonsMax.....250 Hp / 520 Nm........di Tol narik dr 100 ke 180 tarikannya konstant, napasnya ngisi terus......di 180 lepas gas krn dah gak berani lebih since suspensi en rem masih std.
* Bukan ajakan Beli *
reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: Fortuner paling diminati

Post by reinhard_harley »

iya om, tp piggyback kan rata2 mahal2. dan klo mau mblnya dijual, susah balikin standard lg.
iya om tenaga VNT paling gede klo sdh dimodif ya. mantab banget.
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Fortuner paling diminati

Post by Penikmat_Kopi »

tergantung kebutuhanlah. pertanyaannya, dimodif nambah power itu buat apa atau buat kemana ya?
reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: Fortuner paling diminati

Post by reinhard_harley »

modif nambah power utk pemakian sehari2 dlm kota om, spy dicolek dikit sdh lari, mudah utk menyalip dan konsumsi bahan bakar juga membaik.
dan klo utk kluar kota keemua tanjakan tetep santai .
jd bawa mobil gak cape. nah itu semua ada di jeep cherokee, tp sayangnya bensin akan naek, jd sdh gak seru lg.he..he.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner paling diminati

Post by Turboman »

Piggyback start dr hrg 3,5 jt ada

bahkan kalo mau cari PP / RCP seken cuman 2 jt an en bisa pasang sendiri

Definisi mahal itu senilai brp yah ?
reinhard_harley wrote:iya om, tp piggyback kan rata2 mahal2. dan klo mau mblnya dijual, susah balikin standard lg.
iya om tenaga VNT paling gede klo sdh dimodif ya. mantab banget.
* Bukan ajakan Beli *
reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: Fortuner paling diminati

Post by reinhard_harley »

Turboman wrote:Piggyback start dr hrg 3,5 jt ada

bahkan kalo mau cari PP / RCP seken cuman 2 jt an en bisa pasang sendiri

Definisi mahal itu senilai brp yah ?
soalnya say liat utk upgrade vnt utk enak dgn piggyback, bs sampe diatas 7 jtan,
klo kaya RCP gitu, gak signifikan naek tenaganya, kebanyakan pd pgn upgrade lg, dan ganti dastek atau mons max. yg jatuhnya diatas 6-15 jt.
dan klo sdh sampe diatas 240 hp dan 520 nm, suara mesin agak kasar.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner paling diminati

Post by Turboman »

ah siapa bilang upgrade enak hrs pake Piggy seharga 7 jt ? hehehe

Kalo intake / exhaust dah oke, dah pake GC, pakai Piggy 3,5 jt juga udah beda dignifikan buat daily driving

Saya aja di D4 D uzur buat daily driving hanya pakai Map yg settingan 120 Hp aja....udah cukup
reinhard_harley wrote:
Turboman wrote:Piggyback start dr hrg 3,5 jt ada

bahkan kalo mau cari PP / RCP seken cuman 2 jt an en bisa pasang sendiri

Definisi mahal itu senilai brp yah ?
soalnya say liat utk upgrade vnt utk enak dgn piggyback, bs sampe diatas 7 jtan,
klo kaya RCP gitu, gak signifikan naek tenaganya, kebanyakan pd pgn upgrade lg, dan ganti dastek atau mons max. yg jatuhnya diatas 6-15 jt.
dan klo sdh sampe diatas 240 hp dan 520 nm, suara mesin agak kasar.
* Bukan ajakan Beli *
reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: Fortuner paling diminati

Post by reinhard_harley »

Turboman wrote:ah siapa bilang upgrade enak hrs pake Piggy seharga 7 jt ? hehehe

Kalo intake / exhaust dah oke, dah pake GC, pakai Piggy 3,5 jt juga udah beda dignifikan buat daily driving

Saya aja di D4 D uzur buat daily driving hanya pakai Map yg settingan 120 Hp aja....udah cukup
ow gitu ya om, ok deh om nanti saya saya coba ikutin trik2nya.
makasih atas pencerahannya.
pichuchu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sun Sep 16, 2012 10:26

Re: Fortuner paling diminati

Post by pichuchu »

Turboman wrote:
Ikutin tuning ala Pichupichu

Ditambah :
- Free flow air filter
- Center pipe plong
- Tail pipe gedein ke 2,5"

Piggyback bukan sesuatu yg luar biasa lah.....Piggyback banyak kelasnya, yg mau pompa dikit sampai pompa banyak, tinggal pilih aja yg mana

Kalau saya sih udah pernah TD VNT yg pakai ECU Shop MonsMax.....250 Hp / 520 Nm........di Tol narik dr 100 ke 180 tarikannya konstant, napasnya ngisi terus......di 180 lepas gas krn dah gak berani lebih since suspensi en rem masih std.
Berarti tinggal tail pipe nih om, itu om bikin sendiri tail pipenya?

Hati2 om, klo ban masi standard, kecepatan maksimum bannya jg cm 180, jgn lama2 diatas itu
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Fortuner paling diminati

Post by F272 »

Turboman wrote:
reinhard_harley wrote: Piggyback bukan sesuatu yg luar biasa lah.....Piggyback banyak kelasnya, yg mau pompa dikit sampai pompa banyak, tinggal pilih aja yg mana

Kalau saya sih udah pernah TD VNT yg pakai ECU Shop MonsMax.....250 Hp / 520 Nm........di Tol narik dr 100 ke 180 tarikannya konstant, napasnya ngisi terus......di 180 lepas gas krn dah gak berani lebih since suspensi en rem masih std.
Wowww.. ini saya pernah Baca di JIP, pake ECU Shop MonsMax, tapi kalo ga salah dia bukan VNT ya Bro Turboman..
User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: Fortuner paling diminati

Post by vote42ner »

Turboman wrote:Prado pakai KDSS belom pernah TD.........cuman KDSS yg pasti kalau ada yg rusak jadi Kantong Dompetku Sakit Sekali......

Kalo si HB DT-1 ada yg rusak bisa diservis, ganti parts yg rusak aja

*Bukan seles shock*
emangnya KDSS itu mahal banget ya om turbo?
ada info ndak sampai berapa duit kalo kena rusak...
makasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fortuner paling diminati

Post by Turboman »

yah cobain aja survey harganya......heheheheheh

Btw KDSS ini bukan shock active, melainkan stabilizer aktif

Image

Jadi dia nahan body roll

Kalau yg kita bahas di atas khan shockbreker di ke 4 rodanya

Kalau HB DT-1 kira2 ilustrasi kasarnya spt ini :

Image

Hanya saja di tabung extensionnya ada valve putar utk mengatur oil flow......valve menutup, oil flow tertahan, maka shock akan lebih keras dan sebaliknya.

*Bukan seles DT-1*
vote42ner wrote:
Turboman wrote:Prado pakai KDSS belom pernah TD.........cuman KDSS yg pasti kalau ada yg rusak jadi Kantong Dompetku Sakit Sekali......

Kalo si HB DT-1 ada yg rusak bisa diservis, ganti parts yg rusak aja

*Bukan seles shock*
emangnya KDSS itu mahal banget ya om turbo?
ada info ndak sampai berapa duit kalo kena rusak...
makasih
* Bukan ajakan Beli *