jalan paving bener nya bikin rusak mobil kaga?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
- Location: surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
para rekan2 yang menanyakan stopper itu apa adalah batas maksimum shockbreker bekerja. Artinya seperti ini, bila mobil full muatan trus kena jalanan berlubang, pasti kadang2 dari suspensi ada bunyi "jedak", bunyi yang mengagetkan dsb itu. Itu tandanya shockbreker sudah di batas maksimum,tidak bisa lebih dalam lagi kerjanya. Nanti kalau ada gambar mengenai shock, saya posting d. Yang pasti batang shock, udah mentok, ga bisa lebih dalem lagi. nah itu namanya stopper
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
pak saya mo nanya, rute sehari2 mobil yg dipakai sering melewati jalanan yg rusak ato jalan paving ato jalan non aspal ngga? banyak polisi tidur?Danny wrote:Para rekan2 SMer's:
ini pengalaman pribadi sy 4 hr yg lalu,,sy bersama keluarga jalan2 ke Taman safari di Prigen.
kan setelah pintu masuk ada JALANAN COR yg agak panjang,nah sy lewat di situ,dalam perjalanan pulang sy merasakan sesuatu yg aneh dgn kendali mobil sy,,handlingnya lgsg kacau,,setelah nyampe rumah keesokan harinya sy cek; ternyata Stoppernya Pecah,, padahal sy pake stopper yg dr Polyurethane,sy juga tlh mengganti velg dgn yg lbh kecil< Daily: 17> sy ganti dgn yg 16,,Shock mobil sy keluaran KYB Jepang Spek Rally yg agak keras dan mobil tidak ceper.
KESIMPULANNYA: Mitos ini benar juga berdasrkan pengalaman pribadi sy.,untung yg kena cuma Stopper,,klo yg lainnya selamat.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51
tidak bung,,sy tidak pernah lwt jln rusak,,klopun ada tuntutan pekerjaan yg mengharuskan sy keluar kota yg jalannya rusak sy mesti naik mobil perusahaan.johnlegend wrote:pak saya mo nanya, rute sehari2 mobil yg dipakai sering melewati jalanan yg rusak ato jalan paving ato jalan non aspal ngga? banyak polisi tidur?Danny wrote:Para rekan2 SMer's:
ini pengalaman pribadi sy 4 hr yg lalu,,sy bersama keluarga jalan2 ke Taman safari di Prigen.
kan setelah pintu masuk ada JALANAN COR yg agak panjang,nah sy lewat di situ,dalam perjalanan pulang sy merasakan sesuatu yg aneh dgn kendali mobil sy,,handlingnya lgsg kacau,,setelah nyampe rumah keesokan harinya sy cek; ternyata Stoppernya Pecah,, padahal sy pake stopper yg dr Polyurethane,sy juga tlh mengganti velg dgn yg lbh kecil< Daily: 17> sy ganti dgn yg 16,,Shock mobil sy keluaran KYB Jepang Spek Rally yg agak keras dan mobil tidak ceper.
KESIMPULANNYA: Mitos ini benar juga berdasrkan pengalaman pribadi sy.,untung yg kena cuma Stopper,,klo yg lainnya selamat.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
menurut saya, secara fisik ball-joint or arm2 nya....tidak jauh beda dengan di aspal. Tapi buat ban sepertinya ngaruh bikin nggak rata, seperti kalo sering lewat jalan beton.
Paving lebih cocok utk jalan dalam komleks/ area tertentu yang membutuhkan penyerapan air dan jalan yang tidak dilewati muatan2 berat... Kalo utk highway cocok aspal deh...
Paving lebih cocok utk jalan dalam komleks/ area tertentu yang membutuhkan penyerapan air dan jalan yang tidak dilewati muatan2 berat... Kalo utk highway cocok aspal deh...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Stopper itu karet yang ada ditengah-tengah ujung sebelah atas per (coil/leaf spring). Yaitu gunanya untuk menahan beban dalam kondisi ekstrem dimana shock sudah dalam keadaan terkompres abis... Ada yang terbuat dari karet biasa ada yang dari Polyurethane. Yang saya heran, apakah memang benar mempengaruhi handling seperti yang dialami pak Danny.naldo wrote:para rekan2 yang menanyakan stopper itu apa adalah batas maksimum shockbreker bekerja. Artinya seperti ini, bila mobil full muatan trus kena jalanan berlubang, pasti kadang2 dari suspensi ada bunyi "jedak", bunyi yang mengagetkan dsb itu. Itu tandanya shockbreker sudah di batas maksimum,tidak bisa lebih dalam lagi kerjanya. Nanti kalau ada gambar mengenai shock, saya posting d. Yang pasti batang shock, udah mentok, ga bisa lebih dalem lagi. nah itu namanya stopper
Dari Solo ke Oslo


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
mmh.. ic ic.. serem jg nih..Danny wrote:tidak bung,,sy tidak pernah lwt jln rusak,,klopun ada tuntutan pekerjaan yg mengharuskan sy keluar kota yg jalannya rusak sy mesti naik mobil perusahaan.johnlegend wrote:pak saya mo nanya, rute sehari2 mobil yg dipakai sering melewati jalanan yg rusak ato jalan paving ato jalan non aspal ngga? banyak polisi tidur?Danny wrote:Para rekan2 SMer's:
ini pengalaman pribadi sy 4 hr yg lalu,,sy bersama keluarga jalan2 ke Taman safari di Prigen.
kan setelah pintu masuk ada JALANAN COR yg agak panjang,nah sy lewat di situ,dalam perjalanan pulang sy merasakan sesuatu yg aneh dgn kendali mobil sy,,handlingnya lgsg kacau,,setelah nyampe rumah keesokan harinya sy cek; ternyata Stoppernya Pecah,, padahal sy pake stopper yg dr Polyurethane,sy juga tlh mengganti velg dgn yg lbh kecil< Daily: 17> sy ganti dgn yg 16,,Shock mobil sy keluaran KYB Jepang Spek Rally yg agak keras dan mobil tidak ceper.
KESIMPULANNYA: Mitos ini benar juga berdasrkan pengalaman pribadi sy.,untung yg kena cuma Stopper,,klo yg lainnya selamat.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51
skrg sy sdh masang stopper lg dr bahan PU jg,,handling jd mantep lg.€lj€p€ wrote:Stopper itu karet yang ada ditengah-tengah ujung sebelah atas per (coil/leaf spring). Yaitu gunanya untuk menahan beban dalam kondisi ekstrem dimana shock sudah dalam keadaan terkompres abis... Ada yang terbuat dari karet biasa ada yang dari Polyurethane. Yang saya heran, apakah memang benar mempengaruhi handling seperti yang dialami pak Danny.naldo wrote:para rekan2 yang menanyakan stopper itu apa adalah batas maksimum shockbreker bekerja. Artinya seperti ini, bila mobil full muatan trus kena jalanan berlubang, pasti kadang2 dari suspensi ada bunyi "jedak", bunyi yang mengagetkan dsb itu. Itu tandanya shockbreker sudah di batas maksimum,tidak bisa lebih dalam lagi kerjanya. Nanti kalau ada gambar mengenai shock, saya posting d. Yang pasti batang shock, udah mentok, ga bisa lebih dalem lagi. nah itu namanya stopper
bro eljepe: apa mungkin kerena shock sy adustable yg bs ngatur bound n rebound , soft n hard?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Maaf saya kurang pengalaman dengan jenis-2 shock yang adjustable.Setahu saya, kalau penumpang penuh untuk perjalanan jauh harus di set ke keras/hard. Sedangkan dalam kota / penumpang sedikit, diset soft.... Tapi belum pernah coba lho... jadi betul-2 CMIIW.Danny wrote:skrg sy sdh masang stopper lg dr bahan PU jg,,handling jd mantep lg.€lj€p€ wrote:Stopper itu karet yang ada ditengah-tengah ujung sebelah atas per (coil/leaf spring). Yaitu gunanya untuk menahan beban dalam kondisi ekstrem dimana shock sudah dalam keadaan terkompres abis... Ada yang terbuat dari karet biasa ada yang dari Polyurethane. Yang saya heran, apakah memang benar mempengaruhi handling seperti yang dialami pak Danny.naldo wrote:para rekan2 yang menanyakan stopper itu apa adalah batas maksimum shockbreker bekerja. Artinya seperti ini, bila mobil full muatan trus kena jalanan berlubang, pasti kadang2 dari suspensi ada bunyi "jedak", bunyi yang mengagetkan dsb itu. Itu tandanya shockbreker sudah di batas maksimum,tidak bisa lebih dalam lagi kerjanya. Nanti kalau ada gambar mengenai shock, saya posting d. Yang pasti batang shock, udah mentok, ga bisa lebih dalem lagi. nah itu namanya stopper
bro eljepe: apa mungkin kerena shock sy adustable yg bs ngatur bound n rebound , soft n hard?
Dari Solo ke Oslo

