jalan paving bener nya bikin rusak mobil kaga?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

Stoopper itu apaan??
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

mmh.. ada saran batasan maksimal berkendara di jalan sejenis paving dll dll?
naldo

Post by naldo »

para rekan2 yang menanyakan stopper itu apa adalah batas maksimum shockbreker bekerja. Artinya seperti ini, bila mobil full muatan trus kena jalanan berlubang, pasti kadang2 dari suspensi ada bunyi "jedak", bunyi yang mengagetkan dsb itu. Itu tandanya shockbreker sudah di batas maksimum,tidak bisa lebih dalam lagi kerjanya. Nanti kalau ada gambar mengenai shock, saya posting d. Yang pasti batang shock, udah mentok, ga bisa lebih dalem lagi. nah itu namanya stopper
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

Danny wrote:Para rekan2 SMer's:
ini pengalaman pribadi sy 4 hr yg lalu,,sy bersama keluarga jalan2 ke Taman safari di Prigen.
kan setelah pintu masuk ada JALANAN COR yg agak panjang,nah sy lewat di situ,dalam perjalanan pulang sy merasakan sesuatu yg aneh dgn kendali mobil sy,,handlingnya lgsg kacau,,setelah nyampe rumah keesokan harinya sy cek; ternyata Stoppernya Pecah,, padahal sy pake stopper yg dr Polyurethane,sy juga tlh mengganti velg dgn yg lbh kecil< Daily: 17> sy ganti dgn yg 16,,Shock mobil sy keluaran KYB Jepang Spek Rally yg agak keras dan mobil tidak ceper.
KESIMPULANNYA: Mitos ini benar juga berdasrkan pengalaman pribadi sy.,untung yg kena cuma Stopper,,klo yg lainnya selamat.
pak saya mo nanya, rute sehari2 mobil yg dipakai sering melewati jalanan yg rusak ato jalan paving ato jalan non aspal ngga? banyak polisi tidur?
Danny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51

Post by Danny »

johnlegend wrote:
Danny wrote:Para rekan2 SMer's:
ini pengalaman pribadi sy 4 hr yg lalu,,sy bersama keluarga jalan2 ke Taman safari di Prigen.
kan setelah pintu masuk ada JALANAN COR yg agak panjang,nah sy lewat di situ,dalam perjalanan pulang sy merasakan sesuatu yg aneh dgn kendali mobil sy,,handlingnya lgsg kacau,,setelah nyampe rumah keesokan harinya sy cek; ternyata Stoppernya Pecah,, padahal sy pake stopper yg dr Polyurethane,sy juga tlh mengganti velg dgn yg lbh kecil< Daily: 17> sy ganti dgn yg 16,,Shock mobil sy keluaran KYB Jepang Spek Rally yg agak keras dan mobil tidak ceper.
KESIMPULANNYA: Mitos ini benar juga berdasrkan pengalaman pribadi sy.,untung yg kena cuma Stopper,,klo yg lainnya selamat.
pak saya mo nanya, rute sehari2 mobil yg dipakai sering melewati jalanan yg rusak ato jalan paving ato jalan non aspal ngga? banyak polisi tidur?
tidak bung,,sy tidak pernah lwt jln rusak,,klopun ada tuntutan pekerjaan yg mengharuskan sy keluar kota yg jalannya rusak sy mesti naik mobil perusahaan.
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

menurut saya, secara fisik ball-joint or arm2 nya....tidak jauh beda dengan di aspal. Tapi buat ban sepertinya ngaruh bikin nggak rata, seperti kalo sering lewat jalan beton.

Paving lebih cocok utk jalan dalam komleks/ area tertentu yang membutuhkan penyerapan air dan jalan yang tidak dilewati muatan2 berat... Kalo utk highway cocok aspal deh...
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

naldo wrote:para rekan2 yang menanyakan stopper itu apa adalah batas maksimum shockbreker bekerja. Artinya seperti ini, bila mobil full muatan trus kena jalanan berlubang, pasti kadang2 dari suspensi ada bunyi "jedak", bunyi yang mengagetkan dsb itu. Itu tandanya shockbreker sudah di batas maksimum,tidak bisa lebih dalam lagi kerjanya. Nanti kalau ada gambar mengenai shock, saya posting d. Yang pasti batang shock, udah mentok, ga bisa lebih dalem lagi. nah itu namanya stopper
Stopper itu karet yang ada ditengah-tengah ujung sebelah atas per (coil/leaf spring). Yaitu gunanya untuk menahan beban dalam kondisi ekstrem dimana shock sudah dalam keadaan terkompres abis... Ada yang terbuat dari karet biasa ada yang dari Polyurethane. Yang saya heran, apakah memang benar mempengaruhi handling seperti yang dialami pak Danny.
Dari Solo ke Oslo
Image
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

Danny wrote:
johnlegend wrote:
Danny wrote:Para rekan2 SMer's:
ini pengalaman pribadi sy 4 hr yg lalu,,sy bersama keluarga jalan2 ke Taman safari di Prigen.
kan setelah pintu masuk ada JALANAN COR yg agak panjang,nah sy lewat di situ,dalam perjalanan pulang sy merasakan sesuatu yg aneh dgn kendali mobil sy,,handlingnya lgsg kacau,,setelah nyampe rumah keesokan harinya sy cek; ternyata Stoppernya Pecah,, padahal sy pake stopper yg dr Polyurethane,sy juga tlh mengganti velg dgn yg lbh kecil< Daily: 17> sy ganti dgn yg 16,,Shock mobil sy keluaran KYB Jepang Spek Rally yg agak keras dan mobil tidak ceper.
KESIMPULANNYA: Mitos ini benar juga berdasrkan pengalaman pribadi sy.,untung yg kena cuma Stopper,,klo yg lainnya selamat.
pak saya mo nanya, rute sehari2 mobil yg dipakai sering melewati jalanan yg rusak ato jalan paving ato jalan non aspal ngga? banyak polisi tidur?
tidak bung,,sy tidak pernah lwt jln rusak,,klopun ada tuntutan pekerjaan yg mengharuskan sy keluar kota yg jalannya rusak sy mesti naik mobil perusahaan.
mmh.. ic ic.. serem jg nih..
Danny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51

Post by Danny »

€lj€p€ wrote:
naldo wrote:para rekan2 yang menanyakan stopper itu apa adalah batas maksimum shockbreker bekerja. Artinya seperti ini, bila mobil full muatan trus kena jalanan berlubang, pasti kadang2 dari suspensi ada bunyi "jedak", bunyi yang mengagetkan dsb itu. Itu tandanya shockbreker sudah di batas maksimum,tidak bisa lebih dalam lagi kerjanya. Nanti kalau ada gambar mengenai shock, saya posting d. Yang pasti batang shock, udah mentok, ga bisa lebih dalem lagi. nah itu namanya stopper
Stopper itu karet yang ada ditengah-tengah ujung sebelah atas per (coil/leaf spring). Yaitu gunanya untuk menahan beban dalam kondisi ekstrem dimana shock sudah dalam keadaan terkompres abis... Ada yang terbuat dari karet biasa ada yang dari Polyurethane. Yang saya heran, apakah memang benar mempengaruhi handling seperti yang dialami pak Danny.
skrg sy sdh masang stopper lg dr bahan PU jg,,handling jd mantep lg.
bro eljepe: apa mungkin kerena shock sy adustable yg bs ngatur bound n rebound , soft n hard?
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Danny wrote:
€lj€p€ wrote:
naldo wrote:para rekan2 yang menanyakan stopper itu apa adalah batas maksimum shockbreker bekerja. Artinya seperti ini, bila mobil full muatan trus kena jalanan berlubang, pasti kadang2 dari suspensi ada bunyi "jedak", bunyi yang mengagetkan dsb itu. Itu tandanya shockbreker sudah di batas maksimum,tidak bisa lebih dalam lagi kerjanya. Nanti kalau ada gambar mengenai shock, saya posting d. Yang pasti batang shock, udah mentok, ga bisa lebih dalem lagi. nah itu namanya stopper
Stopper itu karet yang ada ditengah-tengah ujung sebelah atas per (coil/leaf spring). Yaitu gunanya untuk menahan beban dalam kondisi ekstrem dimana shock sudah dalam keadaan terkompres abis... Ada yang terbuat dari karet biasa ada yang dari Polyurethane. Yang saya heran, apakah memang benar mempengaruhi handling seperti yang dialami pak Danny.
skrg sy sdh masang stopper lg dr bahan PU jg,,handling jd mantep lg.
bro eljepe: apa mungkin kerena shock sy adustable yg bs ngatur bound n rebound , soft n hard?
Maaf saya kurang pengalaman dengan jenis-2 shock yang adjustable.Setahu saya, kalau penumpang penuh untuk perjalanan jauh harus di set ke keras/hard. Sedangkan dalam kota / penumpang sedikit, diset soft.... Tapi belum pernah coba lho... jadi betul-2 CMIIW.
Dari Solo ke Oslo
Image