15 tahun yang lalu, saya pernah tulis surat ke Mercedes Benz, bertanya tentang transmisi matic di mobil mereka,
saya tanya, di Indonesia kan stop and go traffic, jadi mana lebih baik, kalau berhenti, tetap di D dan injek rem, atau pindah ke N, nanti kalau jalan Pndah lagi ke D?
jawaban mereka : Tidak ada bedanya. tetapi bila berhenti cukup lama, bileh dipindah ke N saja, nanti kalau mau jalan ke D lagi.
kami sudah pakai mobil Matic sejak 1997,
bahkan sejak 2005, kami tidak punya lagi mobil manual.
kerusakan transmisi matic yang pernah kami alami hanya, bushing transmisi matic di C200 W202 1996, dalam kurun waktu 17 tahun kami piara mobil itu 2 kali ganti, bentuknya plastik seperti tutup botol. kalo gak diganti, waktu pindah posisi transmisi, agak loncer, tidak mantap.
barangnya murah cuma 100rb, pasang 100rb.
Cara Halus dengan Transmisi Matik
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1088
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: Sun Dec 29, 2013 10:53
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
makasih gan inpohnyaFiz wrote:nubi coba ngasih pendapat yah CMIIWarkwright wrote:numpang bangkitin thread ini lagi..
mau nanya gan, ane udah setaonan pakai mobil matic dan akhir2 ini muncul beberapa pertanyaan di otak ane.. beberapa udah muncul dan ane baca di thread ini, tapi ane masi kurang ngerti.
Kurang lebih pertanyaannya ini:
1. Ane pemakai matic CVT. Kalau lagi macet-macetan, kalau berhenti lebih dari 5-10 detik, ane cenderung suka mainin transmisi dari D ke N dan sebaliknya, dengan anggapan... sedikit lebih irit BBM (?) dan rem. Tapi kira2 ada kerugiannya ga ya, terutama di transmisinya?
2. Kalau lagi bermacet ria di turunan, ane sering biarin di N.. sampai di jalan datar, baru main di mode poin (1) lagi... main transmisi D-N.
3. Kalau sedang mau melakukan pengereman dan masih ada jarak yang lumayan ke mobil depannya, boleh ga sih kita oper transmisi dari D ke N dan mengerem pelan2? pengalaman ane di matic ane, kok kalau rem di posisi D, lebih berat daripada posisi N.. (lebih enak ngerem di posisi N dengan mobil meluncur).
Mohon dibantu ya suhu2.. jadi kalau ada kebiasaan ane yang salah, bisa ane ganti sebelum bikin mobil matic ane jebol.![]()
1. memang sebaiknya seperti itu, bahkan kalo gak salah pernah baca, untuk transmisi dengan teknologi dual clutch 'diwajibkan' ke N ketika berhenti >5detik.. kerugian? kayaknya gak ada ya kalo dari sisi teknis
2&3 waduh, ternyata ada aja yang kayak begini.. gw juga pernah baca juga, dan jawabannya BIG NO. Gampangnya gini sih, coba deh agan liat ketika mobil (khususnya matic) ketika di derek, ban mana yang napak dan ban mana yang diangkat : ban yang di angkat adalah ban yang menggerakkan mobil (RWD atau FWD), dan ban yang boleh jalan/napak adalah ban yang gak ada penggeraknya. Bahkan untuk mobil mobil bagus, haram diderek seperti itu, doi harus diangkat semobil mobilnya.. nah diderek aja tu ban yang berpenggerak gak boleh, apalagi ketika kecepatan rada tinggi mobil matic di 'luncurkan' (di N).. lama lama pasti rusak..
Jadi inget di forum sebelah ada yang ngasih statement perihal masalah ini : "ingetin ane supaya gak beli mobil secondnya agan ya" ..
silahkan suhu suhu yang lebih expert menambahkan..

nah.. yang ane mau argumen dikit ya, gan.. bukannya kalau mesin ga nyala, berarti ada sistem 'pendukung mobil berjalan' (pompa oli misalnya) yang ga jalan juga ya? dan ini yang menyebabkan kalau derek mobil, yang boleh napak adalah ban yang tidak berpenggerak? soalnya kan kalau diderek, mesinnya mati..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1088
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
kalau turunan atau rem mobil matic JANGAN DIPINDAHKAN KE Narkwright wrote:makasih gan inpohnyaFiz wrote:nubi coba ngasih pendapat yah CMIIWarkwright wrote:numpang bangkitin thread ini lagi..
mau nanya gan, ane udah setaonan pakai mobil matic dan akhir2 ini muncul beberapa pertanyaan di otak ane.. beberapa udah muncul dan ane baca di thread ini, tapi ane masi kurang ngerti.
Kurang lebih pertanyaannya ini:
1. Ane pemakai matic CVT. Kalau lagi macet-macetan, kalau berhenti lebih dari 5-10 detik, ane cenderung suka mainin transmisi dari D ke N dan sebaliknya, dengan anggapan... sedikit lebih irit BBM (?) dan rem. Tapi kira2 ada kerugiannya ga ya, terutama di transmisinya?
2. Kalau lagi bermacet ria di turunan, ane sering biarin di N.. sampai di jalan datar, baru main di mode poin (1) lagi... main transmisi D-N.
3. Kalau sedang mau melakukan pengereman dan masih ada jarak yang lumayan ke mobil depannya, boleh ga sih kita oper transmisi dari D ke N dan mengerem pelan2? pengalaman ane di matic ane, kok kalau rem di posisi D, lebih berat daripada posisi N.. (lebih enak ngerem di posisi N dengan mobil meluncur).
Mohon dibantu ya suhu2.. jadi kalau ada kebiasaan ane yang salah, bisa ane ganti sebelum bikin mobil matic ane jebol.![]()
1. memang sebaiknya seperti itu, bahkan kalo gak salah pernah baca, untuk transmisi dengan teknologi dual clutch 'diwajibkan' ke N ketika berhenti >5detik.. kerugian? kayaknya gak ada ya kalo dari sisi teknis
2&3 waduh, ternyata ada aja yang kayak begini.. gw juga pernah baca juga, dan jawabannya BIG NO. Gampangnya gini sih, coba deh agan liat ketika mobil (khususnya matic) ketika di derek, ban mana yang napak dan ban mana yang diangkat : ban yang di angkat adalah ban yang menggerakkan mobil (RWD atau FWD), dan ban yang boleh jalan/napak adalah ban yang gak ada penggeraknya. Bahkan untuk mobil mobil bagus, haram diderek seperti itu, doi harus diangkat semobil mobilnya.. nah diderek aja tu ban yang berpenggerak gak boleh, apalagi ketika kecepatan rada tinggi mobil matic di 'luncurkan' (di N).. lama lama pasti rusak..
Jadi inget di forum sebelah ada yang ngasih statement perihal masalah ini : "ingetin ane supaya gak beli mobil secondnya agan ya" ..
silahkan suhu suhu yang lebih expert menambahkan..
nah.. yang ane mau argumen dikit ya, gan.. bukannya kalau mesin ga nyala, berarti ada sistem 'pendukung mobil berjalan' (pompa oli misalnya) yang ga jalan juga ya? dan ini yang menyebabkan kalau derek mobil, yang boleh napak adalah ban yang tidak berpenggerak? soalnya kan kalau diderek, mesinnya mati..
kenapa???
bila pindah ke N, artinya yang kerja hanya Rem saja, dan itu tidak baik untuk pengereman, biarkan di D, sampai mobil benar2 berhenti baru pindah ke N kalau mau.
sama kayak mobil manual, kan kopling diinjak apabila sudah mau deket berhenti, jadi ada efek dari engine braking.
soal mobil diderek, kalau roda penggeraknya di bawah, maka gear akan ikut berputar waktu rida berputar, sednagkan waktu mesin mati, pelumasan di daerah itu kurang, makanya disarankan supaya ban diangkat.
di buku petunjuk ada tulisan, tidak disarankan untuk di tarik lebih dari 80 km dengan kecepatan lebih dari 80 km/jam.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
1. matic CVT modern kaya di miras, kalau berhenti akan otomatis *berusaha* pindah ke N, sekalipun lever masih di D dan display tetep nunjukin D. dia tidak akan ke N jika kondisi stop n go dengan interval sangat pendek. namanya idle neutral logic, jd ya klw kondisi manualnya y pinter2 aja... klw stop n go dgn interval bentar y di D gpp... klw berhentinya tiap beberapa detik dan relatif lama k netral lebih baikarkwright wrote:numpang bangkitin thread ini lagi..
mau nanya gan, ane udah setaonan pakai mobil matic dan akhir2 ini muncul beberapa pertanyaan di otak ane.. beberapa udah muncul dan ane baca di thread ini, tapi ane masi kurang ngerti.
Kurang lebih pertanyaannya ini:
1. Ane pemakai matic CVT. Kalau lagi macet-macetan, kalau berhenti lebih dari 5-10 detik, ane cenderung suka mainin transmisi dari D ke N dan sebaliknya, dengan anggapan... sedikit lebih irit BBM (?) dan rem. Tapi kira2 ada kerugiannya ga ya, terutama di transmisinya?
2. Kalau lagi bermacet ria di turunan, ane sering biarin di N.. sampai di jalan datar, baru main di mode poin (1) lagi... main transmisi D-N.
3. Kalau sedang mau melakukan pengereman dan masih ada jarak yang lumayan ke mobil depannya, boleh ga sih kita oper transmisi dari D ke N dan mengerem pelan2? pengalaman ane di matic ane, kok kalau rem di posisi D, lebih berat daripada posisi N.. (lebih enak ngerem di posisi N dengan mobil meluncur).
Mohon dibantu ya suhu2.. jadi kalau ada kebiasaan ane yang salah, bisa ane ganti sebelum bikin mobil matic ane jebol.
2 n 3. turunan atw mau berhenti ya di D aja biarin dfco/ decelarate fuel cut out..........manual atw matic sama aja... klw turun panjang ya ada baiknya di pindah ke gigi lebih rendah... klw cvt ya ke B/S/L tergantung namanya apa. g masalah mesin meraung engine brake juga.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: Sun Dec 29, 2013 10:53
Re: Cara Halus dengan Transmisi Matik
wah makasih banyak agan2 SM atas pencerahannya
btw, kalau turunan normal sih ane ga pernah pindahin gigi ke N... yang ane tanyain, kalau kondisi macet, misalnya di turunan parkir mal atau di turunan jembatan jakarta yang macet.. berhubung lagi turunan, ane pikir kalau stop-n-go di turunan, ga usah masukin D.. ternyata ga disarankan ya?

btw, kalau turunan normal sih ane ga pernah pindahin gigi ke N... yang ane tanyain, kalau kondisi macet, misalnya di turunan parkir mal atau di turunan jembatan jakarta yang macet.. berhubung lagi turunan, ane pikir kalau stop-n-go di turunan, ga usah masukin D.. ternyata ga disarankan ya?