Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Salvanost wrote: Sat Dec 06, 2025 6:53
Dia langsung upgrade audio
Tetapi gua tetap ga setuju sih upgrade audio aki soak
Kan audio nyala = mobil nyala = tugas isi listrik aki 12v tetap tugasnya baterai mobil EV
Gua setuju seharusnya ada indikator baterai aki
Indikator tekanan ban aja ada
Dulu gua selalu pro masalah aki mobil ICE
Tapi ternyata selama starter udah susah ya ganti aki aja jadi udah ga perlu cek indikator aki lewat catridge yg buat nyalain rokok itu(sambil matiin mesin dan nyalain ac + lampu mobil)
Anyway... gua bersyukur sih ada kontennya dia
Minimal gua ga bakalan upgrade audio mobil EV
yg owe pikirin, mang di BYD batere HV nya gabisa charge 12V punya?
di ioniq klo ga salah bisa
dan emang upgred audio harusnya ga bikin soak, klo soak tabokin aja installernya
nyama nyamain karbu ke injeksi, nyama nyamain manual vs matic. padahal perbandingannya gak relevan. karbu injeksi manual matic itu nggak butuh adaptasi terlalu lama, lha ini kan barang yang sama sekali berbeda.
ternyata ya balik kucing ke combustion.
udah dibilang sejarah membuktikan akhirnya combustion lagi yang menang.
bilang toyota bakal bangkrut gini gitu, nyatanya toyota masih alive and well malah ngetawain yang nyembah tesla skrg nyungsep.
yah mungkin biasa dikasih mobil busuk ama big giants makanya dgn harga sama dapat barang bagus jadinya sebuah novelty
mau EV ya silahkan, mau konven main turbo ya silahkan juga
cuma yg problem itu klo sampe rendahin org karena pilihannya gak sama/ gak milih EV
lagian jg klo emg combustion se ampas itu ngapain chery sama geely ngejer thermal efficiency sampe mampus?
timbermaniac123 wrote: Sat Dec 06, 2025 13:57
Nanti mungkin pas lebaran akan baru muncul keluhan seputar susahnya nyari chargingan, lamanya antrian, sampai spklu error. Secara atto 1 (mobil merakyat) sudah mulai pada di delivery dari november kemarin.
Apalagi kalau mobil kaya gini keluar...
Baterai 20kwh doank
Kalau masuk Indonesia kemungkinan ga nyampe 150juta
Mau bilang mobil dalkot kok dipaksa lukot
Lah air ev aja ada yg pake ratusan km
FB_IMG_1764873169603.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Salvanost wrote: Sat Dec 06, 2025 6:53
Dia langsung upgrade audio
Tetapi gua tetap ga setuju sih upgrade audio aki soak
Kan audio nyala = mobil nyala = tugas isi listrik aki 12v tetap tugasnya baterai mobil EV
Gua setuju seharusnya ada indikator baterai aki
Indikator tekanan ban aja ada
Dulu gua selalu pro masalah aki mobil ICE
Tapi ternyata selama starter udah susah ya ganti aki aja jadi udah ga perlu cek indikator aki lewat catridge yg buat nyalain rokok itu(sambil matiin mesin dan nyalain ac + lampu mobil)
Anyway... gua bersyukur sih ada kontennya dia
Minimal gua ga bakalan upgrade audio mobil EV
yg owe pikirin, mang di BYD batere HV nya gabisa charge 12V punya?
di ioniq klo ga salah bisa
dan emang upgred audio harusnya ga bikin soak, klo soak tabokin aja installernya
Emang bulan ini ada rencana mau upgrade audio om di voxy
Malah diracunin kalau m6 enak banget upgrade audio dan udah banyak yg ngebuktiin (upgrade audio di m6)
Tapi aki tekor dalam 1 tahun sih... repot om
Terlepas penyebabnya apa, mendadak rusak gitu ga enak
Apalagi dijumper ga bisa hidup akinya tetap wajib ditowing
kayukayuthe5th wrote: Sat Dec 06, 2025 11:15
gimana2? gwa gapaham
User mobil hybrid atau ivi
Jangan upgrade biled atau audio2an / nambah amplifier.
Krn klo kebutuhan daya naek, dia akan kalkulasi ulang, ambil daya dari aki jd extra, ngorbanin arus daya yg lain, akibatnya bisa masuk safe mode / error.
Kata dukun mobil gtu
sebenrnya gamasalah la di SEMA ama tokyo auto saloon dah banyak.
cman karena teknisi kita terlalu "kreatif" keliatan kabel kosong langsung colok2.
Salvanost wrote: Sat Dec 06, 2025 6:53
Dia langsung upgrade audio
Tetapi gua tetap ga setuju sih upgrade audio aki soak
Kan audio nyala = mobil nyala = tugas isi listrik aki 12v tetap tugasnya baterai mobil EV
Gua setuju seharusnya ada indikator baterai aki
Indikator tekanan ban aja ada
Dulu gua selalu pro masalah aki mobil ICE
Tapi ternyata selama starter udah susah ya ganti aki aja jadi udah ga perlu cek indikator aki lewat catridge yg buat nyalain rokok itu(sambil matiin mesin dan nyalain ac + lampu mobil)
Anyway... gua bersyukur sih ada kontennya dia
Minimal gua ga bakalan upgrade audio mobil EV
yg owe pikirin, mang di BYD batere HV nya gabisa charge 12V punya?
di ioniq klo ga salah bisa
dan emang upgred audio harusnya ga bikin soak, klo soak tabokin aja installernya
masih debatable sih ada yang bisa asal ga dijumper antar mobil, ada yang emang ga safe.
timbermaniac123 wrote: Sat Dec 06, 2025 13:57
Nanti mungkin pas lebaran akan baru muncul keluhan seputar susahnya nyari chargingan, lamanya antrian, sampai spklu error. Secara atto 1 (mobil merakyat) sudah mulai pada di delivery dari november kemarin.
Apalagi kalau mobil kaya gini keluar...
Baterai 20kwh doank
Kalau masuk Indonesia kemungkinan ga nyampe 150juta
Mau bilang mobil dalkot kok dipaksa lukot
Lah air ev aja ada yg pake ratusan km
FB_IMG_1764873169603.jpg
ah orang indo LCGC dulu juga niatnya dibikin dalkot, banyak yang antarpulau haha
ada port yang hidup terus walaupun mobil dimatikan. Dashcam dan audio rawan kalau dipasang ke jalur ini.
Kalau mobil ICE upgrade aki itu biasa, sepanjang dudukannya masih cocok.
Kalau mobil EV ya sebaiknya dilihat dulu karena aki 12V nya ukuran dan tempatnya kecil. kapasitasnya hanya sekitar 35AH.
untuk kasus zenix itu memang KF bawaan kelas biasa, asal hitam aja. Kalau parkir buka kaca kanan kiri lihat spion.
Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 5:42
mobil bensin:
- emg kuno, tp konsisten biayanya segitu, dan predictable
+1, even eropaan (asal yang masih common modelnya) masih aman banget di kantong buat dipelihara
kmaren saya benerin selang radiator ada yang netes, ternyata cuman perlu seal ulang dan ganti klem aja. tinggal isi ulang coolant + amidis abis cuman gopekceng. ini uda berikut jasa montir terima jadi. gaperlu colok colok obd, mobil lgsg jalan lagi tanpa kendala
kalo dipikir pikir, pelihara mobil yang majority masih digerakin sama mechanical tetep jauh lebih gampang dr yang uda majority electrical
Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 5:42
mobil bensin:
- emg kuno, tp konsisten biayanya segitu, dan predictable
+1, even eropaan (asal yang masih common modelnya) masih aman banget di kantong buat dipelihara
kmaren saya benerin selang radiator ada yang netes, ternyata cuman perlu seal ulang dan ganti klem aja. tinggal isi ulang coolant + amidis abis cuman gopekceng. ini uda berikut jasa montir terima jadi. gaperlu colok colok obd, mobil lgsg jalan lagi tanpa kendala
kalo dipikir pikir, pelihara mobil yang majority masih digerakin sama mechanical tetep jauh lebih gampang dr yang uda majority electrical
iya mbah
biar dikata orang money pit, ttp aja predictable dan managed expektasi sesuai isi rekening kan.
klo moblis atau urusan sm listrik... waduh, butuh waktu panjang (not today).
apalagi udh di luar garansi
mungkin setelah ratusan purnama baru common
apalagi hibrid, maintain 2 hal:
mekanikal dan electrical
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
timbermaniac123 wrote: Sun Dec 07, 2025 5:07
Maaf melenceng dari ev. Tapi di grup zenix ada yang share estimasi perbaikan hybrid.
Memang kalau udah main batre2an. Harus pakai asuransi full cover perluasan.
waduh turut berduka mbah.
ini baru hybrid belum EV : batere listrik ama ICCU plus Motornya (cman dikit , tapi rumor motornya juga mahal bedz)
malesnya eCVT rusak MGU1 ato MGU2 harus ganti segelondongan (hybrid transaxle + inverter Hybrid)
baterinya sih 50 jutaan yah
bentar ada yang aneh itu kenapa oli dikasih 10w30?
Suryaputra wrote: Sun Dec 07, 2025 5:42
mobil bensin:
- emg kuno, tp konsisten biayanya segitu, dan predictable
+1, even eropaan (asal yang masih common modelnya) masih aman banget di kantong buat dipelihara
kmaren saya benerin selang radiator ada yang netes, ternyata cuman perlu seal ulang dan ganti klem aja. tinggal isi ulang coolant + amidis abis cuman gopekceng. ini uda berikut jasa montir terima jadi. gaperlu colok colok obd, mobil lgsg jalan lagi tanpa kendala
kalo dipikir pikir, pelihara mobil yang majority masih digerakin sama mechanical tetep jauh lebih gampang dr yang uda majority electrical
iya mbah
biar dikata orang money pit, ttp aja predictable dan managed expektasi sesuai isi rekening kan.
klo moblis atau urusan sm listrik... waduh, butuh waktu panjang (not today).
apalagi udh di luar garansi
mungkin setelah ratusan purnama baru common
apalagi hibrid, maintain 2 hal:
mekanikal dan electrical
hybrid sih biar bisa atleast EU7 minimal 48v ato MHEV lah.kalo mau ribet dikit sih dual injection (GDI+PFI)
setidaknya kalo estimasi diatas bisa diliat 4 poin bawah mekanikal harganya masih masuk akal yang sisanya wadidaw
timbermaniac123 wrote: Sun Dec 07, 2025 5:07
Maaf melenceng dari ev. Tapi di grup zenix ada yang share estimasi perbaikan hybrid.
Memang kalau udah main batre2an. Harus pakai asuransi full cover perluasan.
Ini kyknya kebanjiran ya?
Itu zenix hybrid korban banjir SumUt.
Waktu banjir jakarta awal tahun zenix hybrid biaya perbaikan 150jt an. Kenapa ini sampai dua kalinya ya?
Mesinnya kerendem, yg ICE-nya selamet, yg EV-nya zonk, gimana2 kan desainnya IP64, bukan kapal selam
Tinggal liat tu, di IG kan keliatan ada Binguo ama Atto 1 ngambang, perlu dimonitor biaya-nya berapa....
bandingin aja sama yang lama generartor compresornya gak ada sih sama harga batrenya beda yang lama malahan lebih mahal
KESIMPULAN
Invoice 171 juta = BANJIR NERABAS
✔ Oli gardan & matic masuk air
✔ HV battery + battery ECU rusak
✔ MG/Generator rusak
✔ ECU lain aman
✔ Wiring aman
✔ Tidak tenggelam lama
Invoice 305 juta = BANJIR TENGGELAM/BARBAR
✔ Semua ECU rusak
✔ Wiring harness rusak
✔ Inverter rusak
✔ HV motor rusak
✔ Battery box rusak
✔ Sensor-sensor rusak
✔ Total 305 juta
menurut ai kompresssor jebol kalo di pake nerabas karena posisi lagi kerja jd itu 300jt kompressornya selamet karena korban tenggelam kalo kompresor wassalam bisa 400jt malahan
Andhyka wrote: Sun Dec 07, 2025 10:05
Waduh sebagai pemilik Zenix hybrid jadi takut ada kenapa nih misal tiba2 hujan dan banjir, apalagi GC cuma 18.5 cm
Otw ke toko variasi suspensi ganti per yg lebih tinggi dan ban aspect ratio 70-75