Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
standar keamanan indonesia dr dulu tetep konsisten : mengacu pada security bukan safety ... pintu bisa di kunci ; jendela bisa ditutup rapet
urusan uji tabrak kita ga pernah pake artificial dummies tapi real dummies (krn lbh murah n ada ratusan juta) n blm ada brand yg lolos meski balon terpasang lbh dr satu tempat
standar keselamatan indonesia dr dulu tetap konsisten: mengacu pada doa (mobil-motor-sepeda-kaki, kapal udara, kapal laut)
itu sebap indo tdk terdampak (yg tertulis itu kan cuma teori)
newrubble wrote: ↑Sun Dec 24, 2023 9:46
standar keamanan indonesia dr dulu tetep konsisten : mengacu pada security bukan safety ... pintu bisa di kunci ; jendela bisa ditutup rapet
urusan uji tabrak kita ga pernah pake artificial dummies tapi real dummies (krn lbh murah n ada ratusan juta) n blm ada brand yg lolos meski balon terpasang lbh dr satu tempat
standar keselamatan indonesia dr dulu tetap konsisten: mengacu pada doa (mobil-motor-sepeda-kaki, kapal udara, kapal laut)
itu sebap indo tdk terdampak (yg tertulis itu kan cuma teori)
Hahaha, menohok memang om.
Hanya di Negara kita tercinta ini naik pesawat krunya ngajak berdoa dulu. Pas naik maskapai luar diluar region indonesia g ada gini2an - doa apa enggak urusan pribadi dan tidak diendorse by system krn SOP sudah diupayakan (dan cukup PD) supaya keselamatan tidak tergantung sama amal ibadah penumpang
Apa mungkin kedepan sales ngajak doa juga pas mau SPK
Cuma seenggaknya jadi insentif buyer untuk pilih global model yang uji tabraknya bisa dibenchmark ke negara2 lain yang lebih kredible - harusnya (berharap keras) ngga segitunya structural integrity disunat untuk versi rakitan lokalnya.
Ini yang kena platform D-NGA kan ya, selain ke SEA dan Jepang, ini mobil diekspor kemana ya ?, soalnya kalo cuma SEA sih legal liability-nya ndak bikin bangkrut, lain lagi kalo ke Aus-NZ.
Kalo orang2 Astra pinter si mulai kumpulin bukti2 kalo desain persis plek ikutin apa kata DMC, paling enggak cuman boncos ndak bisa jualan, biar boncos recall+legal ditombokin DMC, sapa tau abis gini Astra pinter & ndak dibegoin prinsipal bolak-balik
Terus kayaknya kalo pinter KNKT-Dephub ndak usah ikut2 deh, jangan sampe KNKT bilang mobil oke tau2 diluar direcall sama DMC
Bibieight wrote: ↑Sun Dec 24, 2023 20:48
Ini yang kena platform D-NGA kan ya, selain ke SEA dan Jepang, ini mobil diekspor kemana ya ?, soalnya kalo cuma SEA sih legal liability-nya ndak bikin bangkrut, lain lagi kalo ke Aus-NZ.
Kalo orang2 Astra pinter si mulai kumpulin bukti2 kalo desain persis plek ikutin apa kata DMC, paling enggak cuman boncos ndak bisa jualan, biar boncos recall+legal ditombokin DMC, sapa tau abis gini Astra pinter & ndak dibegoin prinsipal bolak-balik
Terus kayaknya kalo pinter KNKT-Dephub ndak usah ikut2 deh, jangan sampe KNKT bilang mobil oke tau2 diluar direcall sama DMC
Kredibilitas knkt sbg world class investigator, bisa drop
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bibieight wrote: ↑Sun Dec 24, 2023 20:48
Ini yang kena platform D-NGA kan ya, selain ke SEA dan Jepang, ini mobil diekspor kemana ya ?, soalnya kalo cuma SEA sih legal liability-nya ndak bikin bangkrut, lain lagi kalo ke Aus-NZ.
Kalo orang2 Astra pinter si mulai kumpulin bukti2 kalo desain persis plek ikutin apa kata DMC, paling enggak cuman boncos ndak bisa jualan, biar boncos recall+legal ditombokin DMC, sapa tau abis gini Astra pinter & ndak dibegoin prinsipal bolak-balik
Terus kayaknya kalo pinter KNKT-Dephub ndak usah ikut2 deh, jangan sampe KNKT bilang mobil oke tau2 diluar direcall sama DMC
klo dari laporan kemarin sih ke latin america & middle east (+negara arab lain) um, gakda yg ke EU & oceania
kyknya emg sengaja buat negara yg gak ketat safetynya
darrelund wrote: ↑Mon Dec 25, 2023 4:33
klo dari laporan kemarin sih ke latin america & middle east (+negara arab lain) um, gakda yg ke EU & oceania
kyknya emg sengaja buat negara yg gak ketat safetynya
ke ozzies mah brabe tuh, kasus dpf aja kg kelar"
Kayaknya emang prioritas konsumen Indonesia beda ya ?. Yang penting kenceng, murah, sukur2 wibawa pejabat, bisa makan bensin busuxx, onderdil bisa KW, bisa diservis di Asem Reges. Sewa Camry di MEL, dapet hybrid, tapi colokan USB cuma 1, kunci udah keyless tp belum proximity, jok masih fabric, kaca belakang ama jendela kiri-kanan belakang ndak ada tirai, nekuk spion modal tangan, audio cuman ada carplay ndak ada android auto, tapi ADAS udah LDW, LKA, udah radar jd auto follow, indikator speed limit real time. Disini dikasih fitur begini dah dihindarin kayak wabah sampar
darrelund wrote: ↑Mon Dec 25, 2023 4:33
klo dari laporan kemarin sih ke latin america & middle east (+negara arab lain) um, gakda yg ke EU & oceania
kyknya emg sengaja buat negara yg gak ketat safetynya
ke ozzies mah brabe tuh, kasus dpf aja kg kelar"
Kayaknya emang prioritas konsumen Indonesia beda ya ?. Yang penting kenceng, murah, sukur2 wibawa pejabat, bisa makan bensin busuxx, onderdil bisa KW, bisa diservis di Asem Reges. Sewa Camry di MEL, dapet hybrid, tapi colokan USB cuma 1, kunci udah keyless tp belum proximity, jok masih fabric, kaca belakang ama jendela kiri-kanan belakang ndak ada tirai, nekuk spion modal tangan, audio cuman ada carplay ndak ada android auto, tapi ADAS udah LDW, LKA, udah radar jd auto follow, indikator speed limit real time. Disini dikasih fitur begini dah dihindarin kayak wabah sampar
Konsumen indo klo dikasih fitur2 penunjang keselamatan lengkap banyak yg skeptis n bilang:
- ngurangin sense/feeling nyetir
- nambah biaya perbaikan klo error
Malah banyakan yg ngarep fitur2 gimmick yg nice to have n hampir ga kepake
darrelund wrote: ↑Mon Dec 25, 2023 4:33
klo dari laporan kemarin sih ke latin america & middle east (+negara arab lain) um, gakda yg ke EU & oceania
kyknya emg sengaja buat negara yg gak ketat safetynya
ke ozzies mah brabe tuh, kasus dpf aja kg kelar"
Kayaknya emang prioritas konsumen Indonesia beda ya ?. Yang penting kenceng, murah, sukur2 wibawa pejabat, bisa makan bensin busuxx, onderdil bisa KW, bisa diservis di Asem Reges. Sewa Camry di MEL, dapet hybrid, tapi colokan USB cuma 1, kunci udah keyless tp belum proximity, jok masih fabric, kaca belakang ama jendela kiri-kanan belakang ndak ada tirai, nekuk spion modal tangan, audio cuman ada carplay ndak ada android auto, tapi ADAS udah LDW, LKA, udah radar jd auto follow, indikator speed limit real time. Disini dikasih fitur begini dah dihindarin kayak wabah sampar
Konsumen indo klo dikasih fitur2 penunjang keselamatan lengkap banyak yg skeptis n bilang:
- ngurangin sense/feeling nyetir
- nambah biaya perbaikan klo error
Malah banyakan yg ngarep fitur2 gimmick yg nice to have n hampir ga kepake
rasanya kebalik om kalau fitur safety, rasanya comment warganet Indo paling seneng nyinyir kalau kurang fitur ADAS, apalagi kalau banding-bandingin produk
padahalmah yakin banyak juga yg belum terbiasa akhirnya matiin fitur ADASnya, lah wong yg namanya seat belt aja banyak yg males atau ga terbiasa pakai
whitehorse4 wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 1:47
di bagian komentar salah satu video skandal toyodai yang diliput cnbc:
1EB713A4-05F1-4BA9-827E-BB6BAE244DEB.jpeg
ini astra mau nunggu ada korban jiwa dulu apa gimana?
Kalo dulu kan pernah rame kita diedukasi sama TAM, pas airbag Fortie kena lobang airbagnya mbledug, sampe ditambahin di buku manual kriteria2 apa yg bikin airbag mbledug. Kalo ampe masuk kriteria di manual dan ndak bledug, harusnya si press aja, sapa tau bisa out of court settlement.... Abis gitu, yang udah2 si itu buku tambah tebel, tambah kriteria kenapa ndak bledug, jadi nabrak-pun harus sesuai resep si TAM ....
BTW, manualnya bukan buku ding, CD ROM sekarang, bagian cost reductionnya si TAM, pasti yg rubah buku jd CD ROM udah naik pangkat tinggi tuh
Kayaknya emang prioritas konsumen Indonesia beda ya ?. Yang penting kenceng, murah, sukur2 wibawa pejabat, bisa makan bensin busuxx, onderdil bisa KW, bisa diservis di Asem Reges. Sewa Camry di MEL, dapet hybrid, tapi colokan USB cuma 1, kunci udah keyless tp belum proximity, jok masih fabric, kaca belakang ama jendela kiri-kanan belakang ndak ada tirai, nekuk spion modal tangan, audio cuman ada carplay ndak ada android auto, tapi ADAS udah LDW, LKA, udah radar jd auto follow, indikator speed limit real time. Disini dikasih fitur begini dah dihindarin kayak wabah sampar
Konsumen indo klo dikasih fitur2 penunjang keselamatan lengkap banyak yg skeptis n bilang:
- ngurangin sense/feeling nyetir
- nambah biaya perbaikan klo error
Malah banyakan yg ngarep fitur2 gimmick yg nice to have n hampir ga kepake
rasanya kebalik om kalau fitur safety, rasanya comment warganet Indo paling seneng nyinyir kalau kurang fitur ADAS, apalagi kalau banding-bandingin produk
padahalmah yakin banyak juga yg belum terbiasa akhirnya matiin fitur ADASnya, lah wong yg namanya seat belt aja banyak yg males atau ga terbiasa pakai
1) beli colokan seatbelt yg bisa nipu sensor
2) seatbelt ga pernah dilepas dari colokan, tinggal duduk trus belt yg melintang dislobokin lewat atas. Sopir saya pernah begini langsung saya tatar, sejak itu insyaf.
darrelund wrote: ↑Mon Dec 25, 2023 4:33
klo dari laporan kemarin sih ke latin america & middle east (+negara arab lain) um, gakda yg ke EU & oceania
kyknya emg sengaja buat negara yg gak ketat safetynya
ke ozzies mah brabe tuh, kasus dpf aja kg kelar"
mana tuh yang berbusa busa ngebelain platform DNGA ga beda ma TNGA beda judul aja WKWKWK nyatanya cuma buat cutting cost diem diem diekspor ke third world countries
Bibieight wrote: ↑Mon Dec 25, 2023 6:52
Kayaknya emang prioritas konsumen Indonesia beda ya ?. Yang penting kenceng, murah, sukur2 wibawa pejabat, bisa makan bensin busuxx, onderdil bisa KW, bisa diservis di Asem Reges. Sewa Camry di MEL, dapet hybrid, tapi colokan USB cuma 1, kunci udah keyless tp belum proximity, jok masih fabric, kaca belakang ama jendela kiri-kanan belakang ndak ada tirai, nekuk spion modal tangan, audio cuman ada carplay ndak ada android auto, tapi ADAS udah LDW, LKA, udah radar jd auto follow, indikator speed limit real time. Disini dikasih fitur begini dah dihindarin kayak wabah sampar
gimana gak dihindarin, infrastruktur nggak mendukung, habit mengemudi sopan blm terbentuk. pake ADAS jatohnya intrusif bukan ngebantu. ujungnya cuma bikin mobil tambah mahal.
ADAS itu di indo nggak works. sistem pintar harus diimbangi penduduk pintar.
saya mah mobil penting kenceng dan bisa dikontrol om braking suspension dll mumpuni. percuma kenceng tapi SUV tinggi kenceng doang remnya kedodoran buat apa musti upgrade lagi apalagi banyak sistem sok canggih buat nyamarin kalo sasisnya jelek ampe ngadalin prosedur gini
newrubble wrote: ↑Sun Dec 24, 2023 9:46
standar keamanan indonesia dr dulu tetep konsisten : mengacu pada security bukan safety ... pintu bisa di kunci ; jendela bisa ditutup rapet
urusan uji tabrak kita ga pernah pake artificial dummies tapi real dummies (krn lbh murah n ada ratusan juta) n blm ada brand yg lolos meski balon terpasang lbh dr satu tempat
standar keselamatan indonesia dr dulu tetap konsisten: mengacu pada doa (mobil-motor-sepeda-kaki, kapal udara, kapal laut)
itu sebap indo tdk terdampak (yg tertulis itu kan cuma teori)
GAK salah om kan hasil crash test cuma buat ajang gagah2xan doank makannya di sini belom ada institut yang ngurus crash test adapun ntar mobil astra rantingnya bintang 10 semua padahal maks 5
jd emang gak berdampak karena disini gak ada std safetynya yang penting pake baloon = aman kalo bisa semua dibalonin
b0ku wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 2:47
GAK salah om kan hasil crash test cuma buat ajang gagah2xan doank makannya di sini belom ada institut yang ngurus crash test adapun ntar mobil astra rantingnya bintang 10 semua padahal maks 5
jd emang gak berdampak karena disini gak ada std safetynya yang penting pake baloon = aman kalo bisa semua dibalonin
mobil kepleset keguling selalu = salah driver. padahal skelas toyota hilux moose test aja keguling sblm direvisi trc nya.
nih perusahaan emang ada masalah sama etik dari dulu. skelas lexusnya karpet nyangkut pedal gas aja nunggu ada yang meninggal dulu.
tuh barusan temuannya malah daihatsu ternyata udah ngakalin prosedural gini2 sejak 90an.
peterming77 wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 2:23
1) beli colokan seatbelt yg bisa nipu sensor
2) seatbelt ga pernah dilepas dari colokan, tinggal duduk trus belt yg melintang dislobokin lewat atas. Sopir saya pernah begini langsung saya tatar, sejak itu insyaf.
GEMES
ane yang kayak gini malah bokap sendiri om. di slempangin doang kalo lewat yang ada camera.
mo negur tapi bokap sendiri, susah kasi taunya. ya udahlah seatbelt aja dari dulu zaman dia masih bisa nyetir diganjel pake cable ties biar longgar. lah matiin fungsi auto tensionernya dong.
gw bodo amat, semua mobil yang gw pake sendiri gw balikin normal lah. kaga nyaman jg malah berserakan tuh seatbelt digituin bikin kabin gak rapi.
Last edited by ChZ on Tue Dec 26, 2023 3:22, edited 1 time in total.
Bibieight wrote: ↑Mon Dec 25, 2023 6:52
Kayaknya emang prioritas konsumen Indonesia beda ya ?. Yang penting kenceng, murah, sukur2 wibawa pejabat, bisa makan bensin busuxx, onderdil bisa KW, bisa diservis di Asem Reges. Sewa Camry di MEL, dapet hybrid, tapi colokan USB cuma 1, kunci udah keyless tp belum proximity, jok masih fabric, kaca belakang ama jendela kiri-kanan belakang ndak ada tirai, nekuk spion modal tangan, audio cuman ada carplay ndak ada android auto, tapi ADAS udah LDW, LKA, udah radar jd auto follow, indikator speed limit real time. Disini dikasih fitur begini dah dihindarin kayak wabah sampar
gimana gak dihindarin, infrastruktur nggak mendukung, habit mengemudi sopan blm terbentuk. pake ADAS jatohnya intrusif bukan ngebantu. ujungnya cuma bikin mobil tambah mahal.
ADAS itu di indo nggak works. sistem pintar harus diimbangi penduduk pintar.
saya mah mobil penting kenceng dan bisa dikontrol om braking suspension dll mumpuni. percuma kenceng tapi SUV tinggi kenceng doang remnya kedodoran buat apa musti upgrade lagi apalagi banyak sistem sok canggih buat nyamarin kalo sasisnya jelek ampe ngadalin prosedur gini
betul sekali! sistem pintar harus diimbangi penduduk pintar.
ADAS percuma kalau drivernya punya:
1. Kebiasaan buruk pindah jalur without indicating (sein)
2. Kebiasaan trabas marka jalan (chevron, garis putus, garis tidak putus)
3. Kebiasaan unsafe tailgating
4. Kebiasaan buruk serobot antrian
5. Kebiasaan buruk tidak pakai safety belt
bukan berarti Indonesia ga perlu ADAS, saya senang manufacture sudah mulai pasang, in line dgn perkembangan global. Tapi suka kesal/gemez sama drivernya (penduduknya).
mkamil wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 3:22
betul sekali! sistem pintar harus diimbangi penduduk pintar.
ADAS percuma kalau drivernya punya:
1. Kebiasaan buruk pindah jalur without indicating (sein)
2. Kebiasaan trabas marka jalan (chevron, garis putus, garis tidak putus)
3. Kebiasaan unsafe tailgating
4. Kebiasaan buruk serobot antrian
5. Kebiasaan buruk tidak pakai safety belt
bukan berarti Indonesia ga perlu ADAS, saya senang manufacture sudah mulai pasang, in line dgn perkembangan global. Tapi suka kesal/gemez sama drivernya (penduduknya).
teknologi emang ujung ujungnya sebaik penggunanya. ya kayak smartphone di tangan yang benar jadi tools buat meningkatkan produktivitas, di tangan orang tol*l jadi sarana penyebaran hoax.
di sini seringnya tebalik, teknologinya ada dulu tp orangnya kagak di upgrade.
kebiasaan mengemudi amannya belum terbentuk. kota besar tuh lumayan sopan walau gak bisa dibilang sopan2 bgt, kalo udah geser kota kecil dikit atau kampung udahlah... namanya lampu itu cuma hiasan, helem dan spion cuma aksesoris, riding on 2W deathtrap yang standar safetynya nggak jelas dan mudah dipakai. ngelanggar tabrakan ya tinggal kenceng kencengan bacot siapa yang paling kenceng ama biasa makin gede kendaraan makin besar chance untuk disalah salahin.
Bibieight wrote: ↑Mon Dec 25, 2023 6:52
Kayaknya emang prioritas konsumen Indonesia beda ya ?. Yang penting kenceng, murah, sukur2 wibawa pejabat, bisa makan bensin busuxx, onderdil bisa KW, bisa diservis di Asem Reges. Sewa Camry di MEL, dapet hybrid, tapi colokan USB cuma 1, kunci udah keyless tp belum proximity, jok masih fabric, kaca belakang ama jendela kiri-kanan belakang ndak ada tirai, nekuk spion modal tangan, audio cuman ada carplay ndak ada android auto, tapi ADAS udah LDW, LKA, udah radar jd auto follow, indikator speed limit real time. Disini dikasih fitur begini dah dihindarin kayak wabah sampar
gimana gak dihindarin, infrastruktur nggak mendukung, habit mengemudi sopan blm terbentuk. pake ADAS jatohnya intrusif bukan ngebantu. ujungnya cuma bikin mobil tambah mahal.
ADAS itu di indo nggak works. sistem pintar harus diimbangi penduduk pintar.
saya mah mobil penting kenceng dan bisa dikontrol om braking suspension dll mumpuni. percuma kenceng tapi SUV tinggi kenceng doang remnya kedodoran buat apa musti upgrade lagi apalagi banyak sistem sok canggih buat nyamarin kalo sasisnya jelek ampe ngadalin prosedur gini
betul sekali! sistem pintar harus diimbangi penduduk pintar.
ADAS percuma kalau drivernya punya:
1. Kebiasaan buruk pindah jalur without indicating (sein)
2. Kebiasaan trabas marka jalan (chevron, garis putus, garis tidak putus)
3. Kebiasaan unsafe tailgating
4. Kebiasaan buruk serobot antrian
5. Kebiasaan buruk tidak pakai safety belt
bukan berarti Indonesia ga perlu ADAS, saya senang manufacture sudah mulai pasang, in line dgn perkembangan global. Tapi suka kesal/gemez sama drivernya (penduduknya).
Masalahnya sistem ADAS nya apalagi yg active system, didesain dengan asumsi driver lain patuh aturan, kl dimarih penuh dengan driver yg serobotan sih kayaknya bingung juga itu sistem wkwkwkkw