update udah coba n skrg udah smoothhh.., udah keliling komplek buat learning kondisi stop n go
overall oke
Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive
Posted: Wed Sep 13, 2023 13:18
by walid_007
IMG_2247.jpeg
Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive
Posted: Sat Sep 23, 2023 1:07
by KSG88
ChZ wrote:
kendibocor wrote: Tue Sep 12, 2023 4:15
Emang gitu mbah, maztri tuh kurang sporty apa coba tampangnya, kap mesin panjang, eh dijejelin 2.0NA. Masih kopong banyak itu ruang mesin. Kalo mo luxury biasanya temennya kan comfort, lha ini row kedua selalu sempit, bantingan kebanyakan jg lebih keras dari rival sekelasnya. Akhirnya jati dirinya ga jelas mau kemana. Kalo mo jadi brand2 mainstream macem H n T kok ya ga ada lcgcnya bwat jd volume maker
2.0 NA sebetulnya ganas yang lama mbah 170PS sama kek civic turbo cuma musti pake ron95 minimal. Ya ini bikin rada kesel sama mazda sih, target driving enthusiast tp mesin jg disunat demi bisa mimik ron90
Masalahnya kalo keras kayak BMW ok sih ngeredamnya enak jd gak cape, kerasnya masda dulu 10 thn lalu enak kerasnya CX5 KE dibanding RM yang ga trlalu keras tp glodakan, tp begitu keluar RW itu CX5 KF aja rasanya kok agak gerobak yah.
Meski ya kalo ngomong interior RW build quality karawang
Mesin 3000cc turbo harga 1M mimik ron 90. Kog bisa ya padahal mobil kategori mewah. Apa beli ron 90 nya di pom bensin swasta kali ya.
kendibocor wrote: Tue Sep 12, 2023 4:15
Emang gitu mbah, maztri tuh kurang sporty apa coba tampangnya, kap mesin panjang, eh dijejelin 2.0NA. Masih kopong banyak itu ruang mesin. Kalo mo luxury biasanya temennya kan comfort, lha ini row kedua selalu sempit, bantingan kebanyakan jg lebih keras dari rival sekelasnya. Akhirnya jati dirinya ga jelas mau kemana. Kalo mo jadi brand2 mainstream macem H n T kok ya ga ada lcgcnya bwat jd volume maker
2.0 NA sebetulnya ganas yang lama mbah 170PS sama kek civic turbo cuma musti pake ron95 minimal. Ya ini bikin rada kesel sama mazda sih, target driving enthusiast tp mesin jg disunat demi bisa mimik ron90
Masalahnya kalo keras kayak BMW ok sih ngeredamnya enak jd gak cape, kerasnya masda dulu 10 thn lalu enak kerasnya CX5 KE dibanding RM yang ga trlalu keras tp glodakan, tp begitu keluar RW itu CX5 KF aja rasanya kok agak gerobak yah.
Meski ya kalo ngomong interior RW build quality karawang
Mesin 3000cc turbo harga 1M mimik ron 90. Kog bisa ya padahal mobil kategori mewah. Apa beli ron 90 nya di pom bensin swasta kali ya.Screenshot_20230923_080013_Instagram.jpg
Mesin yg cenggo cc nya aja kalo diminumin pertalite beda banget sama mnm pertamax. Ga ngerti lg deh kalo yg 3000cc gmn rasanya
Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive
Posted: Sat Sep 23, 2023 1:40
by darrelund
kendibocor wrote: Sat Sep 23, 2023 1:13
Mesin yg cenggo cc nya aja kalo diminumin pertalite beda banget sama mnm pertamax. Ga ngerti lg deh kalo yg 3000cc gmn rasanya
kemungkinan rasanya sama um, paling lemot dikit
krn tu mesin yg spek 280hp kan emg didesain buat minum 90/91
cengli lah, mesin gede minum pertalit
Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive
Posted: Sat Sep 23, 2023 2:29
by ChZ
KSG88 wrote: Sat Sep 23, 2023 1:07
Mesin 3000cc turbo harga 1M mimik ron 90. Kog bisa ya padahal mobil kategori mewah. Apa beli ron 90 nya di pom bensin swasta kali ya.Screenshot_20230923_080013_Instagram.jpg
mazda sky engine selalu didesain buat nenggak oktan rendah om. thx to direct injection dan design kepala piston khusus nya.
mapping mesin aja disesuaikan. walau yakin yang beli mobil ini nggak keberatan kalo dibilang minimal oktan 95 wkwkwk
KSG88 wrote: Sat Sep 23, 2023 1:07
Mesin 3000cc turbo harga 1M mimik ron 90. Kog bisa ya padahal mobil kategori mewah. Apa beli ron 90 nya di pom bensin swasta kali ya.Screenshot_20230923_080013_Instagram.jpg
mazda sky engine selalu didesain buat nenggak oktan rendah om. thx to direct injection dan design kepala piston khusus nya.
mapping mesin aja disesuaikan. walau yakin yang beli mobil ini nggak keberatan kalo dibilang minimal oktan 95 wkwkwk
KSG88 wrote: Sat Sep 23, 2023 1:07
Mesin 3000cc turbo harga 1M mimik ron 90. Kog bisa ya padahal mobil kategori mewah. Apa beli ron 90 nya di pom bensin swasta kali ya.Screenshot_20230923_080013_Instagram.jpg
mazda sky engine selalu didesain buat nenggak oktan rendah om. thx to direct injection dan design kepala piston khusus nya.
mapping mesin aja disesuaikan. walau yakin yang beli mobil ini nggak keberatan kalo dibilang minimal oktan 95 wkwkwk
coba b48/58 bisa pertalit um, pasti makin laku
Mungkin bisa.
Tapi wa yakin sih itu OBC bakal rewel berisik. Knock sensornya detect bbm jelek. Sama kek X3 isi solar OBC nya langsung ingetin dan auto ngebul.
Klo ngomong jerman speknya ga solbus / pertalite able keknya masalah gamau kasih modifikasi lebih aja. Ribet lagian. Wkwkk. Konsumennya ga minta.
Ampe sekarang namanya mesin m52 aja ane kasih mimik pertalite masih gak tega, dan masih aneh liat E46 isi pertalite.
Padahal ya sebenernya boleh dan fine fine aja pedege bmw tua aja isinya pertalite semua wkwkwkw.
Jd sebenernya iklan tas tus tas tus yang katanya mercy di tus isi pertalite ga valid, wong memang bisa
Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive
Posted: Mon Oct 09, 2023 3:22
by Ronisk
izin nanya soal BBM untuk mesin sky active, Aku new user cx5 2023 - baru service 10rb km pertama (6 bulan - real nya 6800km ) di jumat kemarin.
Selama ini dari awal beli di April - sekarang tenggak bbm nya SHell Vpower (95) atau Nitro+ (98).
SA Mazda Simprug menyarankan ganti ke Pertamina (92 / 98) krn BBM Shell membuat mesin Sky Active cepat error krn injection GDI nya mampet kerak hitam. dan indikator check engine akan nyala trus.
Dan BBM pertamina tidak ada keluhan di hal tsb, ini menurut si SA.
Honestly ku agak bingung, bukan kah bbm 95/98 harus nya dah bebas timbal ya?
Juga ada thread di seraya, Mazda 2 tenggak pertamax turbo (98) malah terjadi error engine check dan mesin sky active berkerak hitam di injections nya.
Kira kira ini sebenarnya issues nya dimana ya? BBM kah atau memang ada faulty error dari mesin?
Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive
Posted: Tue Oct 17, 2023 9:37
by darrelund
ngomongin neh mobil
setelah liat ni vidio oe masih ada kurang ngerti
ni dia komplain, play bushingnya terlalu besar. memang bushing lower arm pada umumnya "oblak" begitu ya?
dan dia nyarankan untuk majukan bushing lower arm +5mm supaya lebih stabil, lebih diem & caster lebih maju? memang efek geserin bushing se signifikan itu ya?
#nanyaserius
Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive
Posted: Tue Oct 17, 2023 9:52
by gboooster
Ronisk wrote: Mon Oct 09, 2023 3:22
izin nanya soal BBM untuk mesin sky active, Aku new user cx5 2023 - baru service 10rb km pertama (6 bulan - real nya 6800km ) di jumat kemarin.
Selama ini dari awal beli di April - sekarang tenggak bbm nya SHell Vpower (95) atau Nitro+ (98).
SA Mazda Simprug menyarankan ganti ke Pertamina (92 / 98) krn BBM Shell membuat mesin Sky Active cepat error krn injection GDI nya mampet kerak hitam. dan indikator check engine akan nyala trus.
Dan BBM pertamina tidak ada keluhan di hal tsb, ini menurut si SA.
Honestly ku agak bingung, bukan kah bbm 95/98 harus nya dah bebas timbal ya?
Juga ada thread di seraya, Mazda 2 tenggak pertamax turbo (98) malah terjadi error engine check dan mesin sky active berkerak hitam di injections nya.
Kira kira ini sebenarnya issues nya dimana ya? BBM kah atau memang ada faulty error dari mesin?
mungkin karena Gum, pernah dibahas teknis di youtube ini. kalau bbm lama ngendap bikin kandungan Gum meningkat.
perputaran bbm di tangki pendam pertamina cenderung lebih cepat karena lebih laku, gum cenderung lebih sedikit.
atau bisa cari shell yg keliatan rame terus, harusnya perputaran bbmnya juga cepet dan aman dari gum dong
Screenshot 2023-10-17 164914.png
berarti berlaku sama buat mobil yang jarang dipakai, bbm yg ngendap lama punya dampak buruk.
Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive
Posted: Wed Jul 17, 2024 6:57
by darrelund
eng ing eng
799jt, mesin cx5 + awd
Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive
Posted: Wed Jul 17, 2024 7:53
by ChZ
darrelund wrote: Wed Jul 17, 2024 6:57
eng ing eng
799jt, mesin cx5 + awd
tuh kan dibilang apa emang aslinya penggantinya CX-5 kwkwkwkkw.
Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive
Posted: Wed Jul 17, 2024 8:08
by faizzz
ChZ wrote: Wed Jul 17, 2024 7:53
tuh kan dibilang apa emang aslinya penggantinya CX-5 kwkwkwkkw.
Ada varian RWD engga ya, kalo ada mungkin bisa mepet CRV
Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive
Posted: Wed Jul 17, 2024 9:06
by darrelund
ChZ wrote: Wed Jul 17, 2024 7:53
tuh kan dibilang apa emang aslinya penggantinya CX-5 kwkwkwkkw.
tapi kebanting jauh yak harga 3.3 ama 2.5nya
padahal spec & gimmiknya sama
cuma beda enjin, overfender sama leder trimmingnya tok
ChZ wrote: Wed Jul 17, 2024 7:53
tuh kan dibilang apa emang aslinya penggantinya CX-5 kwkwkwkkw.
tapi kebanting jauh yak harga 3.3 ama 2.5nya
padahal spec & gimmiknya sama
cuma beda enjin, overfender sama leder trimmingnya tok
Ya anggap yg 3.3 inline 6 itu ada ongkos engine development, kalo 2.5 inline 4 nya kan ongkos develop wes balik modal tinggal cuan
Edit:
Curb weight CX60 kebih berat 200kg dari CX5, powernya juga beda hampir 100 PS dng yg 3.3 inline 6. Good luck dng FC nya. Harusnya Mazda bawa 2.5 turbo, tapi mungkin Mazda Indonesia nga mau kebanyakan macam mesin, jadi cuma ngurusin 1.5 N/A, 2.0 N/A, 2.5 N/A + baru 3.3 Turbo.
Curb weight CX60 kebih berat 200kg dari CX5, powernya juga beda hampir 100 PS dng yg 3.3 inline 6. Good luck dng FC nya. Harusnya Mazda bawa 2.5 turbo, tapi mungkin Mazda Indonesia nga mau kebanyakan macam mesin, jadi cuma ngurusin 1.5 N/A, 2.0 N/A, 2.5 N/A + baru 3.3 Turbo.
CX-9 masih konsisten pake 2.5+Turbo kok, jd kyknya ini emang di-set kl 3 row kyk CX-9 pake turbo, kl 2 row CX-60 pro pake 2.5 NA.
Di luar negeri rata2 Mazda 3 aja udah 2.5 NA, gtw Indonesia mungkin main aman spy lebih "long lasting" krn part NA lebih sederhana drpd part Turbo.
Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive
Posted: Thu Jul 18, 2024 1:03
by AbdulHakim
darrelund wrote: Wed Jul 17, 2024 6:57
eng ing eng
799jt, mesin cx5 + awd
Justified.. harga CRV di 800 itu sangat NORMAL
tinggal nunggu next gen duo ladder frame arrogant di angka 749jt
Curb weight CX60 kebih berat 200kg dari CX5, powernya juga beda hampir 100 PS dng yg 3.3 inline 6. Good luck dng FC nya. Harusnya Mazda bawa 2.5 turbo, tapi mungkin Mazda Indonesia nga mau kebanyakan macam mesin, jadi cuma ngurusin 1.5 N/A, 2.0 N/A, 2.5 N/A + baru 3.3 Turbo.
CX-9 masih konsisten pake 2.5+Turbo kok, jd kyknya ini emang di-set kl 3 row kyk CX-9 pake turbo, kl 2 row CX-60 pro pake 2.5 NA.
Di luar negeri rata2 Mazda 3 aja udah 2.5 NA, gtw Indonesia mungkin main aman spy lebih "long lasting" krn part NA lebih sederhana drpd part Turbo.
Oh iya lupa CX9 2.5 turbo, jarang lewat depan mata soalnya
Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive
Posted: Thu Jul 18, 2024 1:43
by darrelund
peterming77 wrote: Wed Jul 17, 2024 10:34
Ya anggap yg 3.3 inline 6 itu ada ongkos engine development, kalo 2.5 inline 4 nya kan ongkos develop wes balik modal tinggal cuan
Edit:
Curb weight CX60 kebih berat 200kg dari CX5, powernya juga beda hampir 100 PS dng yg 3.3 inline 6. Good luck dng FC nya. Harusnya Mazda bawa 2.5 turbo, tapi mungkin Mazda Indonesia nga mau kebanyakan macam mesin, jadi cuma ngurusin 1.5 N/A, 2.0 N/A, 2.5 N/A + baru 3.3 Turbo.
makanya mbah, perasaan emisinya ga gitu jauh
cuma emg bracket pajak emisi disini beda, yg 3.3 setau oe kena diatas 20%, 2.5 dibawah itu
2.5 turbo emg gak ada di platform ini mbah
lagian ngapaen jg pke 2.5T 250ps, tapi 3.3T 280ps, ya aneh jg si
abis ongkos bikin mesin kali
di poto ini ada batu dibalik udang:
Screenshot 2024-07-18 at 8.30.20 AM.png
Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive
Posted: Thu Jul 18, 2024 1:44
by darrelund
ChZ wrote: Wed Jul 17, 2024 7:53
tuh kan dibilang apa emang aslinya penggantinya CX-5 kwkwkwkkw.
yg kocak cx5 nya kabarnya mau dilanjut, mungkin krn ga gitu laku 60 nya
peterming77 wrote: Wed Jul 17, 2024 10:34
Ya anggap yg 3.3 inline 6 itu ada ongkos engine development, kalo 2.5 inline 4 nya kan ongkos develop wes balik modal tinggal cuan
Edit:
Curb weight CX60 kebih berat 200kg dari CX5, powernya juga beda hampir 100 PS dng yg 3.3 inline 6. Good luck dng FC nya. Harusnya Mazda bawa 2.5 turbo, tapi mungkin Mazda Indonesia nga mau kebanyakan macam mesin, jadi cuma ngurusin 1.5 N/A, 2.0 N/A, 2.5 N/A + baru 3.3 Turbo.
makanya mbah, perasaan emisinya ga gitu jauh
cuma emg bracket pajak emisi disini beda, yg 3.3 setau oe kena diatas 20%, 2.5 dibawah itu
2.5 turbo emg gak ada di platform ini mbah
lagian ngapaen jg pke 2.5T 250ps, tapi 3.3T 280ps, ya aneh jg si
abis ongkos bikin mesin kali
di poto ini ada batu dibalik udang:
Screenshot 2024-07-18 at 8.30.20 AM.png
Mazda2 2.0 ... ZOOM ZOOM ZOOM
Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive
Posted: Thu Jul 18, 2024 13:52
by walid_007
ditawari mazda cz60 yg i6
net 950 baru gres dr diler
gtau apa bs combine bunga 0 persen dr bca kapan lalu (4thn)
refinement interiornya bagus syang naikan nya malah enak an cx5
peterming77 wrote: Wed Jul 17, 2024 10:34
Ya anggap yg 3.3 inline 6 itu ada ongkos engine development, kalo 2.5 inline 4 nya kan ongkos develop wes balik modal tinggal cuan
Edit:
Curb weight CX60 kebih berat 200kg dari CX5, powernya juga beda hampir 100 PS dng yg 3.3 inline 6. Good luck dng FC nya. Harusnya Mazda bawa 2.5 turbo, tapi mungkin Mazda Indonesia nga mau kebanyakan macam mesin, jadi cuma ngurusin 1.5 N/A, 2.0 N/A, 2.5 N/A + baru 3.3 Turbo.
makanya mbah, perasaan emisinya ga gitu jauh
cuma emg bracket pajak emisi disini beda, yg 3.3 setau oe kena diatas 20%, 2.5 dibawah itu
2.5 turbo emg gak ada di platform ini mbah
lagian ngapaen jg pke 2.5T 250ps, tapi 3.3T 280ps, ya aneh jg si
abis ongkos bikin mesin kali
di poto ini ada batu dibalik udang:
Screenshot 2024-07-18 at 8.30.20 AM.png
Mazda2 2.0 ... ZOOM ZOOM ZOOM
gile
body B-Segment
dikasih mesin 2 liter sih ngacirrrr
hati2 berat body di depan aja
wkwkwkw
Re: 2023 Mazda CX-60 Kuro Short Drive
Posted: Fri Jul 19, 2024 1:28
by darrelund
walid_007 wrote: Thu Jul 18, 2024 13:52
ditawari mazda cz60 yg i6
net 950 baru gres dr diler
gtau apa bs combine bunga 0 persen dr bca kapan lalu (4thn)
refinement interiornya bagus syang naikan nya malah enak an cx5
kan emg komplen no 1 nya tuh mobil, soal bantingan. ampe skrg jg kg beres"