quyquy wrote: Wed May 17, 2023 4:08
Yaris cross lokal ini pake DNGA.
kalo yang versi non lokal pake TNGA (cmmiw)
Sebenernya DNGA dibandingkan dengan TNGA beda jauh nggak sih kalo fokus berbicara pada nyaman berkendaranya?
Penasaran aja perbedaan DNGA sama TNGA.
Karena masih satu grup jadi di Indonesia TNGA dan DNGA ga bertabrakan kelasnya, susah membandingkan apple to apple. Kelas A dan B dikasih ke DNGA: DNGA-A (Rocky, Raize, Ayla, Agya), DNGA-B (Avanza, Xenia, Veloz, new Vioz, Yaris Cross). Toyota masuk di kelas C, D dan F: TNGA-C (Corolla, CHR, Innova Zenix, Voxy, Lexus UX), TNGA-D (Camry, Harrier, Lexus ES NX RX LM), TNGA-F (Land Cruiser, Lexus LX).
All new Sienta yg TNGA-B belum ada kabar masuk ke Indonesia. IMHO ga mungkin membandingkan DNGA-B dengan TNGA-C krn pasti kelas C diatasnya dari semua sisi. Kecuali nanti Sienta baru masuk baru kita bisa bandingkan.
problemnya mobil GA-B dimari itu positioning um
100-450jt DNGA-B, 400-600 TNGA-C
terus TNGA-B mau ditaro dimana, spread harganya DNGA-B udah kegedean
sienta GA-B pun klo tar dimasukin pasti diatas 400jt, yg mana ud teritori zenix dgn TNGA-C. jelas dong lebi worth GA-C
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
Posted: Wed May 17, 2023 13:21
by Haiqalesha
Bicara sasis emang iya si, honda pasti lebih unggul. Ane agak oot, tapi avanza baru 3 dnga sama mobilio rs ane aja, enakan mobilio buat jalan garut tasik. Apalagi sama platform baru honda. Cuma ya orang beli mobil bukan buat sat set sat set si, apalagi positioningnya ini emang pas bgt toyota.
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
Posted: Wed May 17, 2023 14:13
by b0ku
Chr1stm1 wrote: Wed May 17, 2023 11:45
Prediksi mbl ini bakal lebih kenceng dr HRV SE yg super lemot.
Cuma utk sat set pasti enak HRV SE...
Galau...
Udah ke BRV aja deh aing tahun depan
HRV KALO masih 1.5 bagusan BRV kemana2x headroom lebih enak mesin lebih rapi kolong pun lebih rapi, mesin pun di setel lebih galak low RPMnya
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
quyquy wrote: Wed May 17, 2023 4:08
Yaris cross lokal ini pake DNGA.
kalo yang versi non lokal pake TNGA (cmmiw)
Sebenernya DNGA dibandingkan dengan TNGA beda jauh nggak sih kalo fokus berbicara pada nyaman berkendaranya?
Penasaran aja perbedaan DNGA sama TNGA.
Karena masih satu grup jadi di Indonesia TNGA dan DNGA ga bertabrakan kelasnya, susah membandingkan apple to apple. Kelas A dan B dikasih ke DNGA: DNGA-A (Rocky, Raize, Ayla, Agya), DNGA-B (Avanza, Xenia, Veloz, new Vioz, Yaris Cross). Toyota masuk di kelas C, D dan F: TNGA-C (Corolla, CHR, Innova Zenix, Voxy, Lexus UX), TNGA-D (Camry, Harrier, Lexus ES NX RX LM), TNGA-F (Land Cruiser, Lexus LX).
All new Sienta yg TNGA-B belum ada kabar masuk ke Indonesia. IMHO ga mungkin membandingkan DNGA-B dengan TNGA-C krn pasti kelas C diatasnya dari semua sisi. Kecuali nanti Sienta baru masuk baru kita bisa bandingkan.
Saya sih pesimis All New Sienta gen 3 bakal masuk pasar Indo.
Paling model yang sekarang nanti hanya dapat minor facelift atau disuntik mati kalau penjualan tidak bagus.
Kalau nanti Toyota ngeluarin Sienta versi all new kemungkinan besar sasisnya pasti pakai DNGA-B. Bukan TNGA-B.
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
Harusnya CorCross itu saingan CRV sama2 platform C, meski memang dibanding CRV si CorCross ini kepolosan fiturnya. Skrg Toyota terbitkan Yaris Cross utk frontal HRV di platform B, dan sepertinya di sisi safety akan tiru strategi HRV yg udah sensing di semua varian (Zenix Hybrid V menangis kalo bener).
Dan karena Yaris hybrid ini udah DNGA, gampang buat Toyota diversifikasi hybrid di kelas 7-seater MPV Rush/Avanza/Veloz, dan pricingnya bisa menarik karena mana mungkin lebih mahal dari Yaris Cross? Tapi ini Toyota ya, anything is possible
CRV lbh pas dicompare sama CHR sebetulnya
platform sekelas dan full independent depan belakang.
meskipun scr dimensi lbh panjang CRV, dibanding CHR
tapi platform dan konstruksi kaki betul2 sekelas
kalo di luar negri, CRV dibanding-bandingin sama RAV4 mbah
cuma RAV4 khan ga masuk ke Indonesia
RAV4 gosipnya mungkin bakal masuk ke Indo.
Kemarin kan sempat dipamerin RAV4 versi EU.
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
Posted: Wed May 17, 2023 17:00
by KielConstantine
Cuman seru ya ada shifting tren otomotif di indo dm. Segment yg tadinya LMPV pindah ke Compact crossover yg jadi berdarah-darah gini.
Mulai dari fans garis kerasnya pada betingkah bagus2in mobil punya sendiri (the famous cretoudZ , mungkin si omodo bakal nyusul muncul fans garis keras jg); blom lg salesnya pada berantem rebutan customer
Keknya gegara faktor user / calon usernya generasi milenial seh yg ud mulai berkluarga beranjak umur kepala 3 awal. Baru rintis usaha / kerja . Mereka cendrung melek teknologi informasi, mau mobil yg modern terdepan a.k.a kg ketinggalan jaman; ada hal unik, blom faktor FOMO pada kg mau kalah sama generasi seangkatannya
LMPV yg dulu segmentnya berdarah2 (gen X yg hobi berantem urusan lmpv) jdi pindah medan perang nya ke nih compact crossover (gen Y / milenial) .
Kebukti seh hampir 90% temen gw (gen Y) tiap ditanya mau ganti mobil apa pasti pada jawab ya bginian smua (hrv, cretods, cx3 and so on). LMPV udah kg masuk radar mereka ditambah skrang mulai naek tren kg nikah & kg punya anak alias childfree
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
Posted: Thu May 18, 2023 0:45
by fl4b1e
Mnrt saya, Yaris Cross ini lumayan oke sih.
setuju mengenai DNGA B, tapi krn ada mesin 2NR-VEX, mnrt saya sih bakalan jadi game changer. Begitu ntar produk ini diproduksi masal dan di test, ada review konsumsi BBM misalnya diatas 1:16 kpl, bakalan boom deh produk ini.
Dan kalau dah diproduksi masal disini, liat saja tahun depan bakalan rilis Veloz Hybrid pakai 2NR -VEX juga.
Ya artinya, investasinya ga percuma, baik dari chasis (Veloz, Avanza, Xenia) maupun engine, yang harusnya produk ini bakal sustain dalam jangka panjang.
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
ariswp wrote: Mon May 15, 2023 15:08
DNGA harga TNGA
Untung HRV masi platform global
Udah bolak balik nyetir all new avanza sama raize DNGA rasanya selalu ada yg kurang
Untuk serial hybrid serupa prinsip nissan kicks epower, tapi motor elektrik di kicks jauh lebih powerful ya baik power dan torque
Tapi sebaliknya, mesin 2NR sbg genset di yaris cross "emerging market" ini lebih gede ketimbang HR12 di kicks
Apa secara teori artinya performa bakal lebih kenceng di kicks tapi mesin genset lebih jarang hidup di yaris cross?
Oh iya sistem genset yah. Kl gensetnya jarang idup bagus deh. Itu kicks batre dikit2 nyala. Kl luar kota banyakan nyalanya jd malah boros dan ngebunuh batrenya sendiri
Secara teori hybrid serial ini kayaknya bakal lebih pendek umur baterenya ya om?
Disatu sisi batere lagi diisi tapi disatu sisi juga sambil disedot sama motor listrik
Logika awam saya, mirip batere hp ketika di cas tapi sambil dimainin, beban batere berat dan jadi lebih panas, sementara musuh besar batere ya panas ini
Dapat info Dari mana Om kalo Hybridnya serial?
Kalo buat saya sih, Yaris Cross ini dampak positifnya bisa nahan Honda buat ga ngasih harga semaunya di HRV E-HEV
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
Oh iya sistem genset yah. Kl gensetnya jarang idup bagus deh. Itu kicks batre dikit2 nyala. Kl luar kota banyakan nyalanya jd malah boros dan ngebunuh batrenya sendiri
Secara teori hybrid serial ini kayaknya bakal lebih pendek umur baterenya ya om?
Disatu sisi batere lagi diisi tapi disatu sisi juga sambil disedot sama motor listrik
Logika awam saya, mirip batere hp ketika di cas tapi sambil dimainin, beban batere berat dan jadi lebih panas, sementara musuh besar batere ya panas ini
Dapat info Dari mana Om kalo Hybridnya serial?
Kalo buat saya sih, Yaris Cross ini dampak positifnya bisa nahan Honda buat ga ngasih harga semaunya di HRV E-HEV
Dapet dari video impressionnya CVT indonesia om, serial hybrid dan mirip hybridnya nissan kicks
HPM mah uda ga bisa semaunya ngasi harga, HRV RS sepi dan makin sepi dengan hype HEV skrg ini
HPM udah ketinggalan 2-3 langkah sih klo urusan HEV, terlalu lama ngandelin dan ngebanggain L15Z series jadinya terjebak nostalgia
Berat ngasi harga untuk bisa bersaing dibanding kompetitor,
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
Secara teori hybrid serial ini kayaknya bakal lebih pendek umur baterenya ya om?
Disatu sisi batere lagi diisi tapi disatu sisi juga sambil disedot sama motor listrik
Logika awam saya, mirip batere hp ketika di cas tapi sambil dimainin, beban batere berat dan jadi lebih panas, sementara musuh besar batere ya panas ini
Dapat info Dari mana Om kalo Hybridnya serial?
Kalo buat saya sih, Yaris Cross ini dampak positifnya bisa nahan Honda buat ga ngasih harga semaunya di HRV E-HEV
Dapet dari video impressionnya CVT indonesia om, serial hybrid dan mirip hybridnya nissan kicks
HPM mah uda ga bisa semaunya ngasi harga, HRV RS sepi dan makin sepi dengan hype HEV skrg ini
HPM udah ketinggalan 2-3 langkah sih klo urusan HEV, terlalu lama ngandelin dan ngebanggain L15Z series jadinya terjebak nostalgia
Berat ngasi harga untuk bisa bersaing dibanding kompetitor,
Cocoknya dikasih nama Veloz Cross
Tp klo scr strategi marketing, lbh ngejual nama "Yaris" untuk market harga segitu
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
Posted: Thu May 18, 2023 13:11
by DLM
Serious question:
1. DNGA-B vs TNGA-B sebetulnya secara objective dan subjective, mana yang lebih baik?
2. Kalau pake TNGA-B, apakah akan lebih mahal? Mengingat harga Yaris Cross versi regional sudah mepet dengan Zenix yang TNGA-C.
3. Apakah selama ini mobil berplatform DNGA-B "terdiskriminasi" di mata car enthusiast, karena tidak dianggap platform Toyota betulan?
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
Posted: Thu May 18, 2023 15:35
by quyquy
DLM wrote: Thu May 18, 2023 13:11
Serious question:
1. DNGA-B vs TNGA-B sebetulnya secara objective dan subjective, mana yang lebih baik?
2. Kalau pake TNGA-B, apakah akan lebih mahal? Mengingat harga Yaris Cross versi regional sudah mepet dengan Zenix yang TNGA-C.
3. Apakah selama ini mobil berplatform DNGA-B "terdiskriminasi" di mata car enthusiast, karena tidak dianggap platform Toyota betulan?
mmm....
ini my oppinion sederhana ane ya Om..
Sementara kita buang dulu fitur2.
Fokus berbicara ttg platformnya doank.
Nah menurut ane, DNGA ini platform ekonomis daripada TNGA.
Ibarat mie instant,
Indomie dan supermi itu satu pabrik namun supermi utk second produknya sehingga racikan bumbunya tidak 'seharum' indomie.
Nah si DNGA ini supermi, TNGA itu indomie nya.
DNGA,karena platform ekonomis, pasti ada suatu bumbu2 yang dikurangi daripada si TNGAnya. Apa bumbu yang kurang itu rahasianya si toyota dan akan susah kita lacak karena itu bukan sesuatu yang langsung nampak di mata tapi bakal berasasa beda di feel driving terutama driving yg berjam2 lamanya. Hal ini yng menjawab pertanyaan2 kenapa mobil pure toyota yg tipe terondol fiturnya kok masih lebih nyaman nyetir berjam2 daripada nyetir mobil cap toyota produk daihatsu tapi full fitur.
Nah karena platformnya ekonomis, maka memberikan ruang si toyota utk bisa kasih fitur jor2an. Kasih fitur yg jor2an pasti mengkerek harga namun tidak berlebihan. Ini yg ngobrolin point nomer 2. Harga yaris cross versi regional mepet dengan zenix yg TNGA-C -> iya kalau si yaris cross dikasih full fitur. Tpi kalo sama2 'terondol' fiturnya, misal zenix tipe G dengan yariss cross tipe G (kalau ada) maka gap harganya jaaauh Om, masih jauh lebih mahal yg TNGAnya dengan kondisi sama2 terondolnya.
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
Posted: Thu May 18, 2023 15:41
by Suryaputra
DLM wrote: Thu May 18, 2023 13:11
Serious question:
1. DNGA-B vs TNGA-B sebetulnya secara objective dan subjective, mana yang lebih baik?
2. Kalau pake TNGA-B, apakah akan lebih mahal? Mengingat harga Yaris Cross versi regional sudah mepet dengan Zenix yang TNGA-C.
3. Apakah selama ini mobil berplatform DNGA-B "terdiskriminasi" di mata car enthusiast, karena tidak dianggap platform Toyota betulan?
Intinya, bicara teknis tidak bisa lepas dr Harga.
Tapi sbrp better sih?
Ya Hanya Product Development TMC yg bisa jawab dan ini confidential info pastinya
Knp pakai DNGA?
Karena memang built-in Indonesia (udah tau dong kelebihannya dr POV bisnis apa?)
Knp gak pakai TNGA?
Karena platform ini belum diproduksi di sini atau negara tetangga, dan harus impor dr jepang (udah tau dong dr sisi bisnis why?)
Makanya klo jinik harga 400an & udah pakai TNGA-C?
itu sangat sangat worth the money sih
Dan super user diuntungkan Karena belum ada platform mirip TNGA-C dari DNGA sendiri
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
DLM wrote: Thu May 18, 2023 13:11
Serious question:
1. DNGA-B vs TNGA-B sebetulnya secara objective dan subjective, mana yang lebih baik?
2. Kalau pake TNGA-B, apakah akan lebih mahal? Mengingat harga Yaris Cross versi regional sudah mepet dengan Zenix yang TNGA-C.
3. Apakah selama ini mobil berplatform DNGA-B "terdiskriminasi" di mata car enthusiast, karena tidak dianggap platform Toyota betulan?
Intinya, bicara teknis tidak bisa lepas dr Harga.
Tapi sbrp better sih?
Ya Hanya Product Development TMC yg bisa jawab dan ini confidential info pastinya
Knp pakai DNGA?
Karena memang built-in Indonesia (udah tau dong kelebihannya dr POV bisnis apa?)
Knp gak pakai TNGA?
Karena platform ini belum diproduksi di sini atau negara tetangga, dan harus impor dr jepang (udah tau dong dr sisi bisnis why?)
Makanya klo jinik harga 400an & udah pakai TNGA-C?
itu sangat sangat worth the money sih
Ya memang kemungkinan amortisation dan cost-effectiveness termasuk utama. Cuma memang tinggal stigma "anak haram" yang harus dilawan produk-produk toyota berplatform DNGA. Padahal, di luar negeri beberapa kali kejadian mobil yang pake platform versi lebih "pahe" malah lebih laku, contohnya seperti pabrikan Dacia yang termasuk laku di Eropa sana.
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
Posted: Thu May 18, 2023 15:52
by Suryaputra
So.. jika kita ada di sepatu TMC
Anggap kita adalah shareholdernya deh, mikirnya secara bisnis yg sustainable dan gak semua orang paham DNGA dan TNGA
Hanya segelintir orang 0 koma 0 sekian persen yg concern platform mobil.
Mau pilih produksi city car dengan DNGA-B atau TNGA-B ?
Kenapa Platform pahe lbh laku?
Ya jelas, jadi bisa maximize di cost lain nya
Terutama marketing costnya untuk diskon, bayar influencer, iklan, review, dsb
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
Posted: Fri May 19, 2023 0:59
by cruising
Mantab Toyota, mudah mudahan dgn dijualnya Yaris Cross ini terutama yg hybrid bikin diskon HRV RS jadi tambah besar.
Yg untung calon konsumen, jadi banyak pilihan
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
quyquy wrote: Wed May 17, 2023 4:08
Yaris cross lokal ini pake DNGA.
kalo yang versi non lokal pake TNGA (cmmiw)
Sebenernya DNGA dibandingkan dengan TNGA beda jauh nggak sih kalo fokus berbicara pada nyaman berkendaranya?
Penasaran aja perbedaan DNGA sama TNGA.
Karena masih satu grup jadi di Indonesia TNGA dan DNGA ga bertabrakan kelasnya, susah membandingkan apple to apple. Kelas A dan B dikasih ke DNGA: DNGA-A (Rocky, Raize, Ayla, Agya), DNGA-B (Avanza, Xenia, Veloz, new Vioz, Yaris Cross). Toyota masuk di kelas C, D dan F: TNGA-C (Corolla, CHR, Innova Zenix, Voxy, Lexus UX), TNGA-D (Camry, Harrier, Lexus ES NX RX LM), TNGA-F (Land Cruiser, Lexus LX).
All new Sienta yg TNGA-B belum ada kabar masuk ke Indonesia. IMHO ga mungkin membandingkan DNGA-B dengan TNGA-C krn pasti kelas C diatasnya dari semua sisi. Kecuali nanti Sienta baru masuk baru kita bisa bandingkan.
Saya sih pesimis All New Sienta gen 3 bakal masuk pasar Indo.
Paling model yang sekarang nanti hanya dapat minor facelift atau disuntik mati kalau penjualan tidak bagus.
Kalau nanti Toyota ngeluarin Sienta versi all new kemungkinan besar sasisnya pasti pakai DNGA-B. Bukan TNGA-B.
Sienta udah disuntik mati kok, di web Toyota udah ga ada lagi namanya. Dan rasanya ga mungkin Toyota bakalan bikin Sienta DNGA-B hanya krn Indonesia, krn secara regional All New Sienta TNGA-B udah dijual kok.
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
Posted: Fri May 19, 2023 3:01
by darrelund
DLM wrote: Thu May 18, 2023 13:11
Serious question:
1. DNGA-B vs TNGA-B sebetulnya secara objective dan subjective, mana yang lebih baik?
2. Kalau pake TNGA-B, apakah akan lebih mahal? Mengingat harga Yaris Cross versi regional sudah mepet dengan Zenix yang TNGA-C.
3. Apakah selama ini mobil berplatform DNGA-B "terdiskriminasi" di mata car enthusiast, karena tidak dianggap platform Toyota betulan?
gada jawaban yang pasti, cuma klo oe lihat di bbrp artikel jepun
secara teknologi dia mirip", toh induk toyota juga
cuma beda di approach, fokus & use-case saja, ini contoh segmennya
keliatan DNGA ga terlalu emphasis di handling & fun to drive, tapi fokus di akomodasi, efficient, affordable. biar bisa ngejar nyaman & murah
sementara yg bisa terlihat TNGA scope focus mereka jauh lebih lebar, include faktor handling (fun to drive) juga harus akomodasi luxury model di lexus. makanya TNGA entry price nya lebih tinggi dibanding DNGA (setidaknya di ASEAN)
TNGA-B sampe TNGA-K pun scr platform sebenernya cuma masalah ukuran aja mau di scale berapa gede utk segmen apa
DLM wrote: Thu May 18, 2023 13:11
Serious question:
1. DNGA-B vs TNGA-B sebetulnya secara objective dan subjective, mana yang lebih baik?
2. Kalau pake TNGA-B, apakah akan lebih mahal? Mengingat harga Yaris Cross versi regional sudah mepet dengan Zenix yang TNGA-C.
3. Apakah selama ini mobil berplatform DNGA-B "terdiskriminasi" di mata car enthusiast, karena tidak dianggap platform Toyota betulan?
gada jawaban yang pasti, cuma klo oe lihat di bbrp artikel jepun
secara teknologi dia mirip", toh induk toyota juga
cuma beda di approach, fokus & use-case saja, ini contoh segmennya
keliatan DNGA ga terlalu emphasis di handling & fun to drive, tapi fokus di akomodasi, efficient, affordable. biar bisa ngejar nyaman & murah
sementara yg bisa terlihat TNGA scope focus mereka jauh lebih lebar, include faktor handling (fun to drive) juga harus akomodasi luxury model di lexus. makanya TNGA entry price nya lebih tinggi dibanding DNGA (setidaknya di ASEAN)
TNGA-B sampe TNGA-K pun scr platform sebenernya cuma masalah ukuran aja mau di scale berapa gede utk segmen apa
klo ada yg bisa temuin interview dgn enjinir / slide technical mereka mungkin bisa lebi akurat
kayanya hal hal teknis spt ini adalah info rahasia, gak mungkin dibuka (disclose) oleh mereka
biar satu suara dgn Marketing nya
krn orang kan bawa mobil gak dipush to limit,
fungsinya org beli mobil ngincer fitur, comfort dan yg penting fungsional
hanya bbrp pabrikan yg masih mempertahankan driving dynamics, spt mazda, biem, dan sejenis
Re: [News] Toyota Yaris Cross Resmi Debut Dunia. Versi Hybrid Gunakan Mesin Baru
Posted: Fri May 19, 2023 4:13
by darrelund
Suryaputra wrote: Fri May 19, 2023 3:36
kayanya hal hal teknis spt ini adalah info rahasia, gak mungkin dibuka (disclose) oleh mereka
biar satu suara dgn Marketing nya
krn orang kan bawa mobil gak dipush to limit,
fungsinya org beli mobil ngincer fitur, comfort dan yg penting fungsional
hanya bbrp pabrikan yg masih mempertahankan driving dynamics, spt mazda, biem, dan sejenis
tergantung nanya apa dan ke siapa um , cuma klo yg udah" sih pabrikan biasanya cukup terbuka dalam know-how mereka bikin mobil. bahkan biasanya dikasih resources terkait spt PPT, foto & video.
itu di artikel kan pake material toyodai semua
cuma di indo jarang ada yg gitu kyknya emg pada males nanya aja / emg "rahasia". padahal diluar sana open" aja soalnya
klo dibilang jarang push limit, oe rasa 99% user mobil jg gitu um
itu yg pakai mazda "jinba ittai" seberapa sering usernya bawa nekuk" di tikungan? oe rasa hanya segelintir saja
dan toyota jg sebenernya masi perhatiin fun to drive klo oe liat, itu marketing TNGA aja yg dibahas body & chassis rigidity terus