Saran dan Pertimbangan Mobil Bekas Ga Rewel + Keren
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 613
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: Saran dan Pertimbangan Mobil Bekas Ga Rewel + Keren
Pernah punya t31 xt 2.0, trouble free karena cuma pelihara 3 tahun dari baru. Nyaman. Gantinya hyundai tucson xg. Rasanya mirip2, sedikit lebih keras. Sunroof + moonroof (bener gak ya istilahnya?). Pakai 3 tahun trouble free juga. Minus di steering yang dull (terlalu ringan) dan agak underpowered, sparepart masih available di bengkel resmi hyundai kalo di kota om ada beresnya. Atau saudaranya kia sportage platinum, cuman gak tau gimana peliharanya
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Mon Dec 19, 2016 0:19
Re: Saran dan Pertimbangan Mobil Bekas Ga Rewel + Keren
vote grand vitara kalau tampang dan durability jadi prioritas, modelnya long lasting dari thn 2006 sampai stop produksi tahun 2018 cuma ada facelift major di 2012..minus ya gak senyaman innova, T31 even captiva.
karena nyari captiva dan xtrail T31 yang bukan ticking time bomb itu gampang-gampang susah..saya pribadi belajar dari pengalaman masalah cvt nissan ini,
jadi bagi saya pribadi pilihannya kalaupun mau beli lagi mobil cvt nissan buat daily mending ambil yang cvt udah jebol sekalian terus nego sadis biar bisa beli segelondong cvt baru atau beli yang ownernya aware dan rajin banget ganti oli cvt
kalau no problem dengan sedan bisa pertimbangkan camry dan accord, ambil warna putih/hitam terus dicoating..dijamin road presencenya dapet banget.
safe bet sih innova bensin, syukur syukur bisa dapet V luxury putih at, aura old money
semua mobil yg saya sarankan diatas maticnya masih konvensional, power steering beberapa diantaranya masih hidrolik sehingga cenderung lebih reliable, kalaupun rusak biaya servis tidak akan semahal mobil cvt atau diesel commonrail canggih.
karena nyari captiva dan xtrail T31 yang bukan ticking time bomb itu gampang-gampang susah..saya pribadi belajar dari pengalaman masalah cvt nissan ini,
jadi bagi saya pribadi pilihannya kalaupun mau beli lagi mobil cvt nissan buat daily mending ambil yang cvt udah jebol sekalian terus nego sadis biar bisa beli segelondong cvt baru atau beli yang ownernya aware dan rajin banget ganti oli cvt
kalau no problem dengan sedan bisa pertimbangkan camry dan accord, ambil warna putih/hitam terus dicoating..dijamin road presencenya dapet banget.
safe bet sih innova bensin, syukur syukur bisa dapet V luxury putih at, aura old money
semua mobil yg saya sarankan diatas maticnya masih konvensional, power steering beberapa diantaranya masih hidrolik sehingga cenderung lebih reliable, kalaupun rusak biaya servis tidak akan semahal mobil cvt atau diesel commonrail canggih.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Apr 17, 2023 2:59
- Location: Jakarta
Re: Saran dan Pertimbangan Mobil Bekas Ga Rewel + Keren
Jujur kami dari awal kurang tertarik Honda om... terlebih lagi ada sedikit gengsi juga dengan tetangga (tetangga ada yang pake HRV sama CRV tahun baru), meski tetangga saya baik banget dan ga mungkin ngatain di belakangXMTdeluxe wrote: Fri Apr 21, 2023 6:49Yg saya bold, kriteria awal si Om. Kenapa tidak memasukkan CRV gen 3 ke daftar Om? Rasanya masih cukup bergengsi, tdk kalah dengan captiva. Adik saya masih pakai CRV 2.0 gen 3 keluaran september 2012 (interior sdh jok kulit, padahal 2.0 MT) masih nyaman, tapi jajannya udah lumayan banyak, ganti kaki2 (depan belakang kecuali shock), engine mounting dan kopling 1 set kalau di bengkel resmi habis 23 jutaan, hihihihi.... Akhirnya ganti di bengkel spesialis honda di jatiasih.Faragal59 wrote: Mon Apr 17, 2023 5:54 Hello om dan kakak kakak sekalian, saya sedang cari mobil bekas untuk ibu saya keperluan sehari hari (ngantor) dan gaya buat gengsi jabatan![]()
-Budget ada di sekitaran 150jt.
-Kalau bisa SUV.
-Ga terlalu irit pun tak apa selama masih 1:8-10 di dalam kota.
-Stylenya Timeless karena memang niatannya minang yang agak tua.
-Manual atau AT tak masalah, yang penting Transmisi tidak terkenal rewel.
-Ga berani diesel karena kalo ada masalah aneh aneh saya pasti digetok ibu saya![]()
Saya pemula banget nih soal otomotif, baru nyemplung sini karena disuruh riset buat milih mobil bekas yg tepat untuk alasan yang telah disebutkan hehe![]()
Dari yang sudah dicari sana sini, liat review dll... sepertinya saya dan ibu seneng nih lihat Chevy Captiva bensin 2011 dan Xtrail T31 (2012) yang kelihatan keren nan macho.
Walau saya kurang yakin karena masing masing dari mobil ada kelemahan dan kelebihannya, sepertinya saya butuh dorongan lebih untuk memutuskan pilihan nih, om dan kakak sekalian.
Saya pribadi lebih condong ke Captiva, tetapi saya lihat di YT ada saja masalahnya... seperti TCM korsleting lah, atau matic jebol...dll.
Tolong sarannya om dan kakak sekalianKalau ada saran mobil lain juga boleh gan, asal masuk budget (itu budget udah sama buat perbaikan) dan sesuai kriteria yang dicari
![]()
Terimakasih.
Tinggal pilih 2.0 atau 2.4, kalau mau manual bisa ambil yg 2.0, sdh 6 speed. Harga sdh murah, apalagi ambil yg 2.0 MT dengan budget 150 juta masih bisa ngambil tahun 2012.
"Kalau bisa SUV". Kalau tdk mandatory, bisa dipertimbangkan sedan seperti camry atau altis. Malah lebih keren presence nya, berkelas, hehehe...
Altis bisa dpt thn 2013, kendaraan operasional Kepala Cabang Bank.
Foto-foto dari marketplace
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Untuk Camry, personal ibu saya sih, ternyata beliau pikirnya kalau pakai Camry berasa begayaan orang kaya dan kayak kakek kakek


Padahal mah yang penting nyaman dan keren aja buat saya. Pola pikir ibu ibu memang beda.
Makasih ya om sarannya, dipertimbangkan.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Apr 17, 2023 2:59
- Location: Jakarta
Re: Saran dan Pertimbangan Mobil Bekas Ga Rewel + Keren
Awalnya pas cari cari mobil saya masukin list itu om, cuma ada aja kurangnya untuk kami sampai sepertinya yang benar benar dipertimbangkan hanya 2...FR6 wrote: Thu Apr 20, 2023 2:59 Minat Ford Ecosport Titanium MT gak Om?
-Budget ada di sekitaran 150jt. CHECK
-Kalau bisa SUV. CHECK
-Ga terlalu irit pun tak apa selama masih 1:8-10 di dalam kota. CHECK, bisa lebih irit
-Stylenya Timeless karena memang niatannya minang yang agak tua. Selera sih, tapi IMHO masuk. jadii... CHECK
-Manual atau AT tak masalah, yang penting Transmisi tidak terkenal rewel. CHECK
-Ga berani diesel karena kalo ada masalah aneh aneh saya pasti digetok ibu saya CHECK
Keren? Jelas, merk oval biru kalo di mata orang awam 1 tingkat di atas jejepangan..
Ada sunroof, jok super nyaman, lumayan lega, perawatan harusnya lebih murah dari Captiva/Xtrail di sektor kaki2, krn suspensi belakang masih torsion beam.
Tinggal gabung komunitas & cari ilmu di sana, krn ada sedikit effort dibanding pelihara mobil macem Rush/Avanza.
Oh iya, grille nya di modif ala ala Ford F150 Raptor + Headlamp ganti yg model Projector biar lebih berasa awet muda nya.
- Ford Ecosport = Depan pesek, belakang konde, ibu saya benci liatnya.
- Ford Escape = Pas liat reviewnya ternyata boros bener, dan keliatan tua desainnya.
- Renault Duster = Kayaknya build qualitynya kurang bagus, sparepart gatau gimana nantinya dan tampilannya culun.
- Captiva NFL AWD = Meski katanya mesin diesel paling kuat (diantara captiva lain), saya ga berani dah kena amukan emak kalo sampe kenapa kenapa
+ Agak jadul
- outlander sport = Banyak yg bilang kurang nyaman, handling kurang, tenaga pas pasan.
- Rush n Terios = Mobil lama bapak saya, jadi ibu saya ogah

- Harrier 2008 = dianggap ketuaan + maksa budget (perbaikan ga murah ini kayaknya untuk tahun segini)
- Grand Vitara = Suzuki, Konde. (Padahal mah ganteng juga sih)
- Camry 2012, dan teman teman elitnya = "Kayak orang kaya aja"
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Apr 17, 2023 2:59
- Location: Jakarta
Re: Saran dan Pertimbangan Mobil Bekas Ga Rewel + Keren
Banyak sekali yang respon permintaan saran saya, Terimakasih banyak ya om dan kakak sekalian.
Banyak juga ternyata yang recommend GV...

Banyak juga ternyata yang recommend GV...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Sun Jan 26, 2020 1:31
Re: Saran dan Pertimbangan Mobil Bekas Ga Rewel + Keren
Ini kalau ane pribadi, lebih baik melarkan budget sekalian di range 200 - 210 juta. Supaya sekalian dapat All New Toyota Rush, kalau rencana bawa mobil tidak dibejek, tidak di gas sampai redline lebih make sense pakai A/T.
Untung2 harga segitu dapat yg GR Sport. Kemarin riset di harga diler mobkas harga segitu sudah dapet.
Untung2 harga segitu dapat yg GR Sport. Kemarin riset di harga diler mobkas harga segitu sudah dapet.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 616
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Saran dan Pertimbangan Mobil Bekas Ga Rewel + Keren
Lebih mudah, iya Om.ChZ wrote: Thu Apr 20, 2023 14:24Sekilas baca siwer kirain lebih murah w140 omthestoneroses wrote: Thu Apr 20, 2023 11:30 Tapi tetep jauh lebih murah dari W140 sih, running costnya.![]()
Contoh: Ganti radiator Outlander --> ke beres ada (merk tdk bisa milih, harga diketok, jasa demikian); ke blok m basement --> pilihannya seabrek; artinya rusak sekarang, langsung diganti kemungkinan besar, iya.
Ganti radiator w140 --> ke beres depan gandaria menunggu 2 bulan, ke blok m syukur2 ada merk Behr, ada non merk (Peking) atau copotan yang mana keudanya sama saja dengan tidak usah ganti radiator bocor.
Benerin ac Outlander --> di deket keluar tol Veteran, paling habis seribu dua ribu
Benerin ac w140 --> dapet vario baru, garansi setahun
Tapi tetap mobil paling bikin sakit hati ya mobilio.
Haha
Ron Asheton Forever
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27
Re: Saran dan Pertimbangan Mobil Bekas Ga Rewel + Keren
thestoneroses wrote: Tue Apr 25, 2023 3:41Lebih mudah, iya Om.ChZ wrote: Thu Apr 20, 2023 14:24Sekilas baca siwer kirain lebih murah w140 omthestoneroses wrote: Thu Apr 20, 2023 11:30 Tapi tetep jauh lebih murah dari W140 sih, running costnya.![]()
Contoh: Ganti radiator Outlander --> ke beres ada (merk tdk bisa milih, harga diketok, jasa demikian); ke blok m basement --> pilihannya seabrek; artinya rusak sekarang, langsung diganti kemungkinan besar, iya.
Ganti radiator w140 --> ke beres depan gandaria menunggu 2 bulan, ke blok m syukur2 ada merk Behr, ada non merk (Peking) atau copotan yang mana keudanya sama saja dengan tidak usah ganti radiator bocor.
Benerin ac Outlander --> di deket keluar tol Veteran, paling habis seribu dua ribu
Benerin ac w140 --> dapet vario baru, garansi setahun
Tapi tetap mobil paling bikin sakit hati ya mobilio.
Haha
Ada apa dgn mobilio?

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda
Re: Saran dan Pertimbangan Mobil Bekas Ga Rewel + Keren
Ada apa dgn mobilio?mobilkutu wrote: Tue Apr 25, 2023 7:45thestoneroses wrote: Tue Apr 25, 2023 3:41Lebih mudah, iya Om.
Contoh: Ganti radiator Outlander --> ke beres ada (merk tdk bisa milih, harga diketok, jasa demikian); ke blok m basement --> pilihannya seabrek; artinya rusak sekarang, langsung diganti kemungkinan besar, iya.
Ganti radiator w140 --> ke beres depan gandaria menunggu 2 bulan, ke blok m syukur2 ada merk Behr, ada non merk (Peking) atau copotan yang mana keudanya sama saja dengan tidak usah ganti radiator bocor.
Benerin ac Outlander --> di deket keluar tol Veteran, paling habis seribu dua ribu
Benerin ac w140 --> dapet vario baru, garansi setahun
Tapi tetap mobil paling bikin sakit hati ya mobilio.
Haha
Ada apa dgn mobilio?![]()

penasaran ane...
kok jarang baca yg ngeluh soal boil yg satu ini..
apakah termasuk berisik khas H?
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
-
- SM Moderator
- Posts: 307
- Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23
Re: Saran dan Pertimbangan Mobil Bekas Ga Rewel + Keren
Semua hal berujung pada satu...
Low KM dg record baik dan lengkap adalah kunci.
Mobil 60-80rb km biasanya masih terasa "baru"
Tinggal ganti cairan2 lengkap bila belum diganti.
100rb up kaki2 mulai minta itu pasti.
120rb up mulai perlu maintenance slow moving yg bersifat mekanikal lainnya.
Happy hunting. Kalao nissan, saya bisa usul/rekom @pedegelivina di IG. Pengalaman teman, barang baik harga masuk.
Lainnya nda ada info. Sekian hehehe
Low KM dg record baik dan lengkap adalah kunci.
Mobil 60-80rb km biasanya masih terasa "baru"
Tinggal ganti cairan2 lengkap bila belum diganti.
100rb up kaki2 mulai minta itu pasti.
120rb up mulai perlu maintenance slow moving yg bersifat mekanikal lainnya.
Happy hunting. Kalao nissan, saya bisa usul/rekom @pedegelivina di IG. Pengalaman teman, barang baik harga masuk.
Lainnya nda ada info. Sekian hehehe
DoctorJDM
Human that can humanize human is the best human.
Human that can humanize human is the best human.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 616
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Saran dan Pertimbangan Mobil Bekas Ga Rewel + Keren
Yaa masuk tahun ke-3, dari 3 unit, ada 1 unit yang kmnya baru 40ribuan.
Tapi yang km rendah ini, punya masalah:
1) Suka ngga mau dihidupin (distarter ngga mau), harus cabut aki baru mau. Solusi beres: Ganti aki, ganti water pump, ganti fuel pump. Ternyata tidak menyelesaikan masalah.
2) Lagi jalan suka nyala lampu check engine, kadang lampu hot. Solusi: ganti radiator, ganti thermostat, sama ganti ecu (10,250k 2017). Ternyata tidak menyelesaikan masalah.
Kalau oom tanya kenapa semua saya kerjain di beres,
1) Jepang, bukan tipe ongkel pula, how hard can it be?
2) Baru 3,5 tahun, apakah sesuram ini? (2 unit lain tdk ada masalah, sampai 150k baru peremajaan)
3) Ternyata [cencored] semua mekaniknya haha
Kesimpulan:
Mesin M104 paling mudah, redblock kedua, baru Xu 9/10 psa.
Lio mirip2 dengan EW10, sama-sama suka lampu disko dashboardnya; atau hdinya 806 setelah diisi solar busuk, nyala-nyala semua. Hahaha
Atau memang saya saja yang kurang apik merawatnya, mungkin juga apes.
Itu peristiwa 6 tahun yang lalu
Ron Asheton Forever
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Saran dan Pertimbangan Mobil Bekas Ga Rewel + Keren
cakep Doc.akbarfit wrote: Tue Apr 25, 2023 9:51 Semua hal berujung pada satu...
Low KM dg record baik dan lengkap adalah kunci.
Mobil 60-80rb km biasanya masih terasa "baru"
Tinggal ganti cairan2 lengkap bila belum diganti.
100rb up kaki2 mulai minta itu pasti.
120rb up mulai perlu maintenance slow moving yg bersifat mekanikal lainnya.
Happy hunting. Kalao nissan, saya bisa usul/rekom @pedegelivina di IG. Pengalaman teman, barang baik harga masuk.
Lainnya nda ada info. Sekian hehehe
setuju sama DocJDM,
kalo uda demen sama satu mobil tanpa preferensi tipe,
seri apapun urusan nanti, baiknya yang low KM dengan record yang baik.
kalo harus T31 vs Captiva Bensin,
anggap lah budget 150 dapetnya FL1 angkatan 2011-2013,,
T31 dapetnya yang Facelift 2012-2014
owe cenderung ke T31. preferensi model dan pernah pelihara Nissan jd uda ga kaget.
tentunya yang 2500cc, karena maintenance cost dan konsumsi BBM nya ga beda jauh.
kebetulan dulu saya pake T30. 2.5, jadi kalo sama T31 harusnya ga jauh beda.
T31 rata2 kawan2 di sebelah sampe 100rb km rusaknya wajar.
ya paling kampas rem, sokbreker, tierod, longtierod, motor fan, dsb. yang enteng enteng.
sama ban.
sampe sini perbaikan masi dibawah angka 10.
100rb sampe 150rb km, paling kaki2 bushing2 kemakan umur, laher2 pada mulai protol, bagian setir mulai bunyi2, piringan rem sama master rem mulai minta dana, koil mulai bocor, bagian pompa bensin mulai kotor dsb, AC mulai ga dingin, cooling system minta duit. ini masih batas wajar.
kaki kaki dan rem siapin 10 uda lebih dari cukup.
pengapian, cooling system sama FP siapin 5 cukup.
AC siapin 5.
150rb km up uda boleh jaga jaga di transmisi sama packing cylinder head, karena T31 sendiri sudah mulai berumur. cuma 2 bagian ini ga terlalu kacau kok biayanya. masih dalam batas wajar kalo inget harga barunya skrg uda 500jt up. jaman dulu 350 jutaan. kena cost 10% dari angka segini uda mesti siap dana.
perna nurunin QR25DE di T30 ga sampe 8 uda naik dan running.
tranny uda nanya2 siap2in 20-25.
sama kalo cari X Trail, makin lengkap body dan interior nya, makin bernilai mobilnya.
cari yang masih standar pabrikan saja.
biasanya yang jual T31 taun2 akhir begini ex PT atau Rental yang merental kan ke PT karena biasa dipake menejer - GM - deputi di masanya.
sukur2 dapet ex pribadi.
cari yang service record nya jelas. andai ga di Bengkel Resmi pun seenggaknya ada riwayat penggantian parts.
kalo sudah menyerah dan melambaikan tangan ke kamera, tenang aja Innova Bensin Matic selalu jadi solusi.
good luck.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012