Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Salvanost wrote: Wed Mar 08, 2023 5:58
waduh disini banyak yg curhat daikin masalah ya...
bocoran donk daikin yg awet merk apa jarang main2 di forum ac soalnya
Katanya yg asli punya pabrik itu selain Daikin ada Panasonic (Indo) trus Gree, Midea, Haier, Changhong. Sisanya kayak Sharp mayan awet tp sbnrnya satu pabrik ama GREE
jd kl tertarik AC Cina bisa coba Gree/Midea. Kl merk Jepang lain Panasonic sama Sharp
Sharp kalo yg made in thailand itu pabrik sendiri kok oom. Modelnya juga model in house mereka.
Sharp yg satu pabrik sama gree itu cuma yg serinya UCY/UCYN/VEY doang. Kalo itu iya dia lebih bisa dibilang rebadge gree. Liat mulai dari indoor outdoor sampe ke remotenya juga bener2 mirip model AC nya gree. Kalo cobain diremote pake remotenya gree asli dijamin bisa. Bahkan kalo pake remotenya hp xiaomi, setting ke ac gree pasti juga bisa ngerespon dia
Dulu prnah ngobrol ama tukang AC, katnya kalo mau Daikin yg beneran Daikin musti beli yg made in Japan. Itu baru awet kata dia. Kalo beli Daikin tp yg Malaysia ato Thailand memang jelek ktnya, karena itu d bikin d pabrik toshiba Malaysia yg konon diambil Daikin, cmn QC kurang. Untuk harga range sgitu benar memang beli Gree / Sharp / Panasonic. Cmn dari segi keawetan lebih awet Gree/SHarp dri pengalaman saya, cmn Sharp dinginnya sejuk2 gunung, kurang gigit.
Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun
Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali
Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
ya ampun kok sama ya...
gree walau ukuran ac kecil dibanding daikin
daikin saya module sensor remotenya juga rusak
Daikin skrg made in thai dan malon oom. Udah ngga ada lagi model yg masuk dari china.
Masalah segitu kayanya masih mending oom. Belon tau aja dia kalo user model inverternya kalo udah kena PCB nya sekali kena gantinya bisa 2 jutaan Ane sering nangkring di trit AC forum sebelah dah mayan kenyang baca orang curhat daikinnya masalah, mulai dari evap bocor sampe PCB bermasalah khusus seri inverter FTKC
btw,
Freon abis mah ga wajar oom... Yg namanya freon mah gabakal pernah abis kecuali ada bocor...
waduh disini banyak yg curhat daikin masalah ya...
bocoran donk daikin yg awet merk apa jarang main2 di forum ac soalnya
Wah penyakit modul sensor remote daikin banyak uga yah yg kena di sini...
Maksudnya daikin yg awet merek apa gmn tuh oom? Kan daikin itu udh merek...
Mungkin merek AC yg awet kali ya? Kalo itu sih ane sendiri jg bingung jawabnya. Kayanya merek apapun kalo apes ada aja penyakitnya. Elektronik zaman sekarang itu pada hoki2an soalnya isinya cost cutting semua... Miriplah sama otomotip yg dimana2 cost cutting
Kalo menurut pendapat ane, daikin dibilang lebih jelek dari merek lain mungkin belum tentu kali ya. Tapi lebih ke kualitasnya ga kaya dulu yang mungkin one step ahead kompetitornya, sekarang cenderung mirip2 aja sama merek2 lain. Masalahnya kan harganya yang cenderung lebih mahal daripada merek lain, tapi ga ada poin plusnya, ya IMHO jadi kurang worth it aja gitu. Banyak merek lain yg harganya mungkin lebih murah tp kualitas kurang lebih mirip seperti merek2 dari korea, china, hingga brand lokal Indo.
Oh maksud saya type daikin yg awet
Tapi saya kepikiran terus sih masalah daikin yg garansi 1 tahun kalau rusak biayanya gede.
Pernah ngalamin 1x soalnya yg inverter versi murah cepet rusak juga, tapi habis diperbaikin 1x jadi awet sih
ini yg saya lihat orang buka bengkel mobil jg kok hidup - hidup aja meski level workshopnya below standard beres ..
ya orang prefer repair di situ jg .. murah ..
belakangan saya mikir, wah memang lezat dagang mobil bekas di sini haha
terutama mobil yg terkenal rawatannya gampang, gak rusakan, agak boros bensin gpp .. toh dipake hanya weekend
hari - hari ya naik jetski darat alias motor metik 150cc
setuju banget om
baru aja saya muter cek harga seltos used sama baru dapet disc gede >50jt
saya minta simulasi kredit 3 tahun dgn tdp sama dan guess what ternyata setelah dihitung harga nya ga sampe 10jt antara mobil bekas tahun 2020 sama mobil baru KM 0
entah yang beli mobkas ga ngitung apa gimana itu
mana yg baru dapet penyegaran fitur lebih lengkap interior soft touch
kalau ngomongin mobcin menurut saya strategi kayak wuling udah pas sih liat wuling dijalanan udah lebih banyak dari merk korea cem kia yg udah malang melintang sejak lama yaa main di harga price 200-400 jt aja
consumer elektronik tiongkok juga yang laku yang seri seri low - mid end kan
mau BEV ? Mindset orang indo masih banyak yg takut mogok dijalan kehabisan batere dan ngerasa gabisa dibawa jauh
kalau saya sih melihatnya mayoritas konsumen otomotif di Indonesia (segmen LCGC dan LMPV) itu punya beberapa point yang harus dipenuhi untuk sebuah mobil.
Point 1, mobil adalah status sosial. Disisi lain, semua berbau "made in china", di Indonesia dianggap barang murah/murahan. Jadi ada rasa "malu" pakai brand china. Solusinya ya dikaburkan merk china nya. Contoh seperti MG, brand Inglis yang dibeli china. Atau royal enfield, brand inglis yang made in India.
Point 2, mobil harus reliable sesuai standar Indonesia. Apa itu???? salah satunya mobil harus bisa dipake minimal > 100.000 km tanpa ada gangguan di mesin, transmisi dan kelistrikan. Service selama periode ini hanya bersifat rutin dan konsumable. Solusinya, garansi mesin, transmisi dan kelistrikan mencapai 100.000 km.
Point 3, mobil harus punya tampang keren/berpotensi di dandanin jadi keren. Solusinya, fokus ke design mobil di tampilan eksterior yg kece.
Point 4, mobil harus bisa nelen produk subsidi. Jangan sekali kali jualan mobil tapi cuma bisa minum pertamax keatas/dex series. Biar kata mobil boros, tapi kalo bisa negak pertalite, masih dimaapkan konsumen Indonesia.
Point 5, kaki kaki kendaraan harus tahan banting dengan segala jenis jalan busuk Indonesia. Jadi design kaki kaki yang awet lebih bagus daripada design kaki kaki yg nyaman
Point 6, Orang Indo paling mudah dipengaruhi yang terlihat langsung di mata. Jadi brand china harus sering campaign melalui influencer agar mereka mempromosikan dan juga menggunakan mobil wuling untuk aktifitas sehari hari. Contoh paling mudah ya influencer yg dikenal sultan di Indonesia. Kalo orang Indonesia liat wuling ada digarasi mereka, lihat mereka sehari hari pake wuling buat ke mall, atau ada parkir eksklusif buat pengguna wuling dimall mall. Yakin deh, langsung berubah tuh isi otak mereka soal wuling.
Jenson wrote: Wed Mar 08, 2023 16:18
Dulu prnah ngobrol ama tukang AC, katnya kalo mau Daikin yg beneran Daikin musti beli yg made in Japan. Itu baru awet kata dia. Kalo beli Daikin tp yg Malaysia ato Thailand memang jelek ktnya, karena itu d bikin d pabrik toshiba Malaysia yg konon diambil Daikin, cmn QC kurang. Untuk harga range sgitu benar memang beli Gree / Sharp / Panasonic. Cmn dari segi keawetan lebih awet Gree/SHarp dri pengalaman saya, cmn Sharp dinginnya sejuk2 gunung, kurang gigit.
Oh emang gitu toh. Dulu tuh gw 2x punya Sharp, pas baru, 2-2nya gw kira rusak, panggil tukang AC buat bersihin, tetep aja. Ternyata karakternya toh wkwkwk.
Kalau kayak Daikin atau Gree kan dinginnya gigit tuh, nyess
Jenson wrote: Wed Mar 08, 2023 16:18
Dulu prnah ngobrol ama tukang AC, katnya kalo mau Daikin yg beneran Daikin musti beli yg made in Japan. Itu baru awet kata dia. Kalo beli Daikin tp yg Malaysia ato Thailand memang jelek ktnya, karena itu d bikin d pabrik toshiba Malaysia yg konon diambil Daikin, cmn QC kurang. Untuk harga range sgitu benar memang beli Gree / Sharp / Panasonic. Cmn dari segi keawetan lebih awet Gree/SHarp dri pengalaman saya, cmn Sharp dinginnya sejuk2 gunung, kurang gigit.
Sharp ada 2 jenis freon
- R32
- R410
klo mau dingin lbh gigit, pakai yg R32,
karena Cooling Indexnya paling tinggi.
Daikin rata" pakai R32.
dan pas pasang, pipa freon nya bagusnya divakum dulu, jadi minim udara.
vakum gtu ada tambahan cost dr tukang ac.
bimzbim wrote: Thu Mar 09, 2023 7:31
kalau saya sih melihatnya mayoritas konsumen otomotif di Indonesia (segmen LCGC dan LMPV) itu punya beberapa point yang harus dipenuhi untuk sebuah mobil.
Point 1, mobil adalah status sosial. Disisi lain, semua berbau "made in china", di Indonesia dianggap barang murah/murahan. Jadi ada rasa "malu" pakai brand china. Solusinya ya dikaburkan merk china nya. Contoh seperti MG, brand Inglis yang dibeli china. Atau royal enfield, brand inglis yang made in India.
Point 2, mobil harus reliable sesuai standar Indonesia. Apa itu???? salah satunya mobil harus bisa dipake minimal > 100.000 km tanpa ada gangguan di mesin, transmisi dan kelistrikan. Service selama periode ini hanya bersifat rutin dan konsumable. Solusinya, garansi mesin, transmisi dan kelistrikan mencapai 100.000 km.
Point 3, mobil harus punya tampang keren/berpotensi di dandanin jadi keren. Solusinya, fokus ke design mobil di tampilan eksterior yg kece.
Point 4, mobil harus bisa nelen produk subsidi. Jangan sekali kali jualan mobil tapi cuma bisa minum pertamax keatas/dex series. Biar kata mobil boros, tapi kalo bisa negak pertalite, masih dimaapkan konsumen Indonesia.
Point 5, kaki kaki kendaraan harus tahan banting dengan segala jenis jalan busuk Indonesia. Jadi design kaki kaki yang awet lebih bagus daripada design kaki kaki yg nyaman
Point 6, Orang Indo paling mudah dipengaruhi yang terlihat langsung di mata. Jadi brand china harus sering campaign melalui influencer agar mereka mempromosikan dan juga menggunakan mobil wuling untuk aktifitas sehari hari. Contoh paling mudah ya influencer yg dikenal sultan di Indonesia. Kalo orang Indonesia liat wuling ada digarasi mereka, lihat mereka sehari hari pake wuling buat ke mall, atau ada parkir eksklusif buat pengguna wuling dimall mall. Yakin deh, langsung berubah tuh isi otak mereka soal wuling.
poin 1 lebih ke brand china mungkin hari gini apa yg ga made in china ?? iphone aja made in china
poin 6 influencer rasanya mobil nya ga cuma 1 apalagi yg dikenal sultan
Jenson wrote: Wed Mar 08, 2023 16:18
Dulu prnah ngobrol ama tukang AC, katnya kalo mau Daikin yg beneran Daikin musti beli yg made in Japan. Itu baru awet kata dia. Kalo beli Daikin tp yg Malaysia ato Thailand memang jelek ktnya, karena itu d bikin d pabrik toshiba Malaysia yg konon diambil Daikin, cmn QC kurang. Untuk harga range sgitu benar memang beli Gree / Sharp / Panasonic. Cmn dari segi keawetan lebih awet Gree/SHarp dri pengalaman saya, cmn Sharp dinginnya sejuk2 gunung, kurang gigit.
Sharp ada 2 jenis freon
- R32
- R410
klo mau dingin lbh gigit, pakai yg R32,
karena Cooling Indexnya paling tinggi.
Daikin rata" pakai R32.
dan pas pasang, pipa freon nya bagusnya divakum dulu, jadi minim udara.
vakum gtu ada tambahan cost dr tukang ac.
Jenson wrote: Wed Mar 08, 2023 16:18
Dulu prnah ngobrol ama tukang AC, katnya kalo mau Daikin yg beneran Daikin musti beli yg made in Japan. Itu baru awet kata dia. Kalo beli Daikin tp yg Malaysia ato Thailand memang jelek ktnya, karena itu d bikin d pabrik toshiba Malaysia yg konon diambil Daikin, cmn QC kurang. Untuk harga range sgitu benar memang beli Gree / Sharp / Panasonic. Cmn dari segi keawetan lebih awet Gree/SHarp dri pengalaman saya, cmn Sharp dinginnya sejuk2 gunung, kurang gigit.
Sharp ada 2 jenis freon
- R32
- R410
klo mau dingin lbh gigit, pakai yg R32,
karena Cooling Indexnya paling tinggi.
Daikin rata" pakai R32.
dan pas pasang, pipa freon nya bagusnya divakum dulu, jadi minim udara.
vakum gtu ada tambahan cost dr tukang ac.
Hmm kalau sharp tipe low watt memang kurang nusuk dingin nya. Tp kl yg normal watt sih lbh dingin, sy jg pake sharp r32 yang seri ...Y (lupa depannya apa), setelah kapok pake daikin - bocor evap, di las ga lama bocor lagi, beli part ganti evap, ga lama kompresor yg kena. Ga smp 3thn total umurnya.
bimzbim wrote: Thu Mar 09, 2023 7:31
kalau saya sih melihatnya mayoritas konsumen otomotif di Indonesia (segmen LCGC dan LMPV) itu punya beberapa point yang harus dipenuhi untuk sebuah mobil.
Point 1, mobil adalah status sosial. Disisi lain, semua berbau "made in china", di Indonesia dianggap barang murah/murahan. Jadi ada rasa "malu" pakai brand china. Solusinya ya dikaburkan merk china nya. Contoh seperti MG, brand Inglis yang dibeli china. Atau royal enfield, brand inglis yang made in India.
Point 2, mobil harus reliable sesuai standar Indonesia. Apa itu???? salah satunya mobil harus bisa dipake minimal > 100.000 km tanpa ada gangguan di mesin, transmisi dan kelistrikan. Service selama periode ini hanya bersifat rutin dan konsumable. Solusinya, garansi mesin, transmisi dan kelistrikan mencapai 100.000 km.
Point 3, mobil harus punya tampang keren/berpotensi di dandanin jadi keren. Solusinya, fokus ke design mobil di tampilan eksterior yg kece.
Point 4, mobil harus bisa nelen produk subsidi. Jangan sekali kali jualan mobil tapi cuma bisa minum pertamax keatas/dex series. Biar kata mobil boros, tapi kalo bisa negak pertalite, masih dimaapkan konsumen Indonesia.
Point 5, kaki kaki kendaraan harus tahan banting dengan segala jenis jalan busuk Indonesia. Jadi design kaki kaki yang awet lebih bagus daripada design kaki kaki yg nyaman
Point 6, Orang Indo paling mudah dipengaruhi yang terlihat langsung di mata. Jadi brand china harus sering campaign melalui influencer agar mereka mempromosikan dan juga menggunakan mobil wuling untuk aktifitas sehari hari. Contoh paling mudah ya influencer yg dikenal sultan di Indonesia. Kalo orang Indonesia liat wuling ada digarasi mereka, lihat mereka sehari hari pake wuling buat ke mall, atau ada parkir eksklusif buat pengguna wuling dimall mall. Yakin deh, langsung berubah tuh isi otak mereka soal wuling.
poin 1 lebih ke brand china mungkin hari gini apa yg ga made in china ?? iphone aja made in china
poin 6 influencer rasanya mobil nya ga cuma 1 apalagi yg dikenal sultan
point 1, betul, lebih ke brand china. Yang perlu dikaburkan brand china nya.
poin 6, minimal di deretan garasinya muncul tuh mobil. Misal nya kayak wuling air EV, kemarin liat di chanel nya andre nongki tuh mobil digarasi andre. di klaim dipake ama anaknya. Ini sih bagus banget buat ngubah mindset konsumen. Tapi belum pernah liat almaz atau cortez dicase serupa
Di rumah masih ada 2 AC Daikin yg dari taon 97 (rumah berdiri) sampe skrg masih OK. 2 lagi ud rusak karena jarang dipake sejak saya & adik2 study overseas jd kamarnya ga dipake. Diganti Daikin lagi taon 2006 masih bertahan sampai skrg. AC di kantor juga semua Daikin tp ga seawet yang di rumah. Ada 1 AC Daikin kantor dari taon 2010 sampe skrg msh OK (tulisannya Thailand). Di apt OZ, pasang extra AC Daikin ipe inverter yg heaternya kepake utk winter (2002-2014) sampai dijual masih OK.