bosan dengan mobil tampilan standar... akhirnya mulai hunting2 velg lagi di beberapa marketplace. yang mana udahlah velg BMW itu langka, banyakan speknya untuk seri-3 pula.
sempat nemu hartge type A replika 17 inch lebar depan 8.5 belakang 10 ET35. datang ke toko fitting, nah ini untuk ganti velg di E39 sangatlah tricky dan mungkin ends up seringnya liat E39 stance velgnya sulit, not to mention ini mobil kayaknya either susah atau nggak boleh pake velg spek lain selain punya E39.
1. standar E39 itu ET20. dan udah 100% tidak muat kalo dikasih velg di atas ET30 karena akan mentok di shock.
ok, solusinya pasti spacer. tapi kini muncul masalah kedua :
2. center bore (CB) E39 adalah 74.1 mm yang mana lebih besar dari kebanyakan BMW lain yang 72.5 dan jelas tidak muat spacer universal kecuali mau agak dikikis-kikis dan main gerinda sedikit.
artinya mau gak mau, spacer nya musti model spacer nok. pertama untuk biar gak mentok offset, kedua biar center bore nya bisa masuk velg aftermarket.
IMG20230707124916.jpg
Spacer nok
Q : kok gak pake velg yang udah ET kecil dan CB 74.1 ?
A : pertama velg ET kecil dengan CB 74.1 itu yang cukup pasaran adalah the legendary M-Parr style37 yang harganya udah ga ngotak (25jt per pcs, even bukan part number pun mahal), lalu OEM 540i style66 yang udah di atas 15 jutaan juga. kenapa? ya supply and demand lah klasik. mobil spek susah.
bahkan standar E60 aja yang udah ET20 tetep gak masuk, karena CBnya 72.5 .
Q : ih, pake spacer apa gak bahaya tuh?
A : bahkan ketika ane bertanya ke grup E39, jawabannya "spacer itu udah sebuah kepastian, berdamai sajalah". artinya E39 yang tidak pakai M-parr / style66, itu sudah hampir pasti pakai spacer / adapter. Kecuali beruntung dpt spek bagus kek owner sblm ane depan et15 blkg et20 tanpa spacer.
bahaya atau tidak?
sy punya prinsip modifikasi velg/baut/spacer itu tdk ada yang bahaya. semua akan bahaya kalau
1. ban ketipisan,
2. ban kurang angin,
3. masangnya gak bener (misal bautnya kurang panjang atau masang bautnya kekencengan)
4. hajar lobang terlalu jahanam. mang ente2 pikir velg OEM jaminan aman hajar lobang? pecah2 jg kalo lobangnya jahanam. Baut std jg sama aja bisa patah.
saya dah pengalaman pakai spacer di Harrier dulu dipakai hajar pantura pulang-pergi surabaya dan nggak ada cerita bautnya patah.
lalu kemudian saya drop si hartge krn nemu offer lebih menarik di marketplace. ada yg jual seken R18 replika HRE... ane gak tau HRE model apa keknya HRE C103. warna silver polish. awalnya kuatir bakal nabrak warnanya sama mobilnya.
sayang sy pesan spacer nok via online yang masuk cuma yang depan, belakangnya mentok center hub jd kurang panjang 2-3mm. panjang center hubnya yg belakang beda.
tapi ane pun keknya curiga ini center hub belakang udah gak rata. solusi sementara tambahin spacer universal buat ganjal supaya masuk ke center borenya.
aman? ya semalem si bawa ke bandungan aman. tp namanya solusi sementara. rencana ane bubut aja center hubnya.