Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus - Part 02
Posted: Sat Jan 07, 2023 6:43
Haik, maturnuwun ilmunya om 

Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
siaap maturnuwun mbahSuryaputra wrote: Sat Jan 07, 2023 2:15Bebas mbahMuhalafta wrote: Sat Jan 07, 2023 1:32hehe, dari temen ane baiknya bergantian antara fikter oli dan solar tiap ganti oli, tp cari aman saya ganti keduanyaSuryaputra wrote: Fri Jan 06, 2023 14:20
Aditif ini preferensi pribadi aja
Cmn klo saya gak yakin, klo ditambah aditif... Apakah karakter long drain nya berkurang atau nggak?
Lom pernah test
baiknya gimna ya om hehe
hoo bwgitu, berarti saya pantau dlu ya untuk ling drainnya bagaiman, okey okey
Klo filter bbm mah sesuai kebutuhan dicek scr berkala![]()
hehe siaapsahabatq8 wrote: Sat Jan 07, 2023 3:26Rajin ganti oli sesuai spek dan pake filter oli yang sesuai interval ganti aja yang penting. Gak perlu flushing, uangnya buat oli lebih bagusMuhalafta wrote: Sat Jan 07, 2023 1:30okeyy makasih banyak om, bisa jadi opsi lain selain ptt,sahabatq8 wrote: Fri Jan 06, 2023 13:41
Ok ok aja kok om yang penting di cek aja penguapannya gimana. Kalo mau 10w40 ada T800 jg 10rb/1 tahun ok. Tapi di 2gd sih enak yang FT7000 kalo mau budget , di tokped masih ada yang harga miring.
kemuadian perihal flushing ada rekomendasi baiknya tiap kapan dan pakai apa?
maaf kalau banyak bertanya![]()
![]()
keren mbah ternyata bardahl s9 xtc iniTurboman wrote: Sun Jan 08, 2023 1:55 Sharing report :
UOA BARDAHL S9 - 5W30 ACEA C3
Durasi = 9150 km
Durasi waktu = 4 bulan
BBM = Full Biosol + HS* E*T
ECU ReMapped by BonkBonk - ACT
Gaya nyetir mostly pulse n glide dan kadang2 bejek poll di Toll yg kosong
Oli ada Top up sekitar 300 - 400 cc di KM 6000 karena ganti filter oli
TBN akhir = 5,1 mg KOH
V100 = 10,2 cSt
Summary = ternyata aman dipake sampe 9000 km dgn allowance sampe 10 rb km (Tapi jangan lebih dr 10 rb km jika melihat data V100 nya)
IMHO
(Batas kritis TBN = 2,5 mg KOH)
FB_IMG_16731428177908186.jpg
Om turbo mau nanya nih, berhubung sekarang banyak oli diesel ACEA C2/C3 series, kalau buat di pake d mesin yg required minimal A1/B1 atau API CI, bagai mana kita tau kalau s oli C2/C3 nya bisa d pake d diesel2 yg minta API CI? Aditif apa yg di pake oli C2/C3 buat gantiin SAPS yg lebih sedikit? (Contoh kasus mesin 2 GD)Turboman wrote: Sun Jan 08, 2023 1:55 Sharing report :
UOA BARDAHL S9 - 5W30 ACEA C3
Durasi = 9150 km
Durasi waktu = 4 bulan
BBM = Full Biosol + HS* E*T
ECU ReMapped by BonkBonk - ACT
Gaya nyetir mostly pulse n glide dan kadang2 bejek poll di Toll yg kosong
Oli ada Top up sekitar 300 - 400 cc di KM 6000 karena ganti filter oli
TBN akhir = 5,1 mg KOH
V100 = 10,2 cSt
Summary = ternyata aman dipake sampe 9000 km dgn allowance sampe 10 rb km (Tapi jangan lebih dr 10 rb km jika melihat data V100 nya)
IMHO
(Batas kritis TBN = 2,5 mg KOH)
FB_IMG_16731428177908186.jpg
Cek aja kadar Ca / Ca - Mg nyaac235287 wrote:Om turbo mau nanya nih, berhubung sekarang banyak oli diesel ACEA C2/C3 series, kalau buat di pake d mesin yg required minimal A1/B1 atau API CI, bagai mana kita tau kalau s oli C2/C3 nya bisa d pake d diesel2 yg minta API CI? Aditif apa yg di pake oli C2/C3 buat gantiin SAPS yg lebih sedikit? (Contoh kasus mesin 2 GD)Turboman wrote: Sun Jan 08, 2023 1:55 Sharing report :
UOA BARDAHL S9 - 5W30 ACEA C3
Durasi = 9150 km
Durasi waktu = 4 bulan
BBM = Full Biosol + HS* E*T
ECU ReMapped by BonkBonk - ACT
Gaya nyetir mostly pulse n glide dan kadang2 bejek poll di Toll yg kosong
Oli ada Top up sekitar 300 - 400 cc di KM 6000 karena ganti filter oli
TBN akhir = 5,1 mg KOH
V100 = 10,2 cSt
Summary = ternyata aman dipake sampe 9000 km dgn allowance sampe 10 rb km (Tapi jangan lebih dr 10 rb km jika melihat data V100 nya)
IMHO
(Batas kritis TBN = 2,5 mg KOH)
FB_IMG_16731428177908186.jpg
Biasa nya ane liat kalo oli C2/C3 itu Saps nya 0.8 kebawah dan TBN sering d 8 atau 7 aja.
Sip, thanks Om turbo.Turboman wrote: Mon Jan 09, 2023 4:17Cek aja kadar Ca / Ca - Mg nyaac235287 wrote:Om turbo mau nanya nih, berhubung sekarang banyak oli diesel ACEA C2/C3 series, kalau buat di pake d mesin yg required minimal A1/B1 atau API CI, bagai mana kita tau kalau s oli C2/C3 nya bisa d pake d diesel2 yg minta API CI? Aditif apa yg di pake oli C2/C3 buat gantiin SAPS yg lebih sedikit? (Contoh kasus mesin 2 GD)Turboman wrote: Sun Jan 08, 2023 1:55 Sharing report :
UOA BARDAHL S9 - 5W30 ACEA C3
Durasi = 9150 km
Durasi waktu = 4 bulan
BBM = Full Biosol + HS* E*T
ECU ReMapped by BonkBonk - ACT
Gaya nyetir mostly pulse n glide dan kadang2 bejek poll di Toll yg kosong
Oli ada Top up sekitar 300 - 400 cc di KM 6000 karena ganti filter oli
TBN akhir = 5,1 mg KOH
V100 = 10,2 cSt
Summary = ternyata aman dipake sampe 9000 km dgn allowance sampe 10 rb km (Tapi jangan lebih dr 10 rb km jika melihat data V100 nya)
IMHO
(Batas kritis TBN = 2,5 mg KOH)
FB_IMG_16731428177908186.jpg
Biasa nya ane liat kalo oli C2/C3 itu Saps nya 0.8 kebawah dan TBN sering d 8 atau 7 aja.
Kalo spt PTT Super Comm Rail C3 Pernah di test lab Ca nya 1900 an ppm
Ca 1900 an ppm itu sebetulnya boleh dibilang equal dgn oli ber TBN 9
Dan oli yg SAPS lebih rendah biasanya minta syarat Grade Base oil nya lebih tinggi
spt ACEA C3 syarat base oil minimal harus Grup 3 sedang B4 pake mix Gr 2 +3 boleh
C3 = MID SAPS
B4 = Full SAPS
Saya sendiri skg lagi test oli 5W30 ACEA C3 yg Ca nya gak sampe 1700 ppm tapi Grup 3 mix PAO, BBM full Biosol
nanti KM 9000 - 9500 buang mau test lab rencana
PTT 5w30 yaa?Turboman wrote: Mon Jan 09, 2023 4:17Cek aja kadar Ca / Ca - Mg nyaac235287 wrote:Om turbo mau nanya nih, berhubung sekarang banyak oli diesel ACEA C2/C3 series, kalau buat di pake d mesin yg required minimal A1/B1 atau API CI, bagai mana kita tau kalau s oli C2/C3 nya bisa d pake d diesel2 yg minta API CI? Aditif apa yg di pake oli C2/C3 buat gantiin SAPS yg lebih sedikit? (Contoh kasus mesin 2 GD)Turboman wrote: Sun Jan 08, 2023 1:55 Sharing report :
UOA BARDAHL S9 - 5W30 ACEA C3
Durasi = 9150 km
Durasi waktu = 4 bulan
BBM = Full Biosol + HS* E*T
ECU ReMapped by BonkBonk - ACT
Gaya nyetir mostly pulse n glide dan kadang2 bejek poll di Toll yg kosong
Oli ada Top up sekitar 300 - 400 cc di KM 6000 karena ganti filter oli
TBN akhir = 5,1 mg KOH
V100 = 10,2 cSt
Summary = ternyata aman dipake sampe 9000 km dgn allowance sampe 10 rb km (Tapi jangan lebih dr 10 rb km jika melihat data V100 nya)
IMHO
(Batas kritis TBN = 2,5 mg KOH)
FB_IMG_16731428177908186.jpg
Biasa nya ane liat kalo oli C2/C3 itu Saps nya 0.8 kebawah dan TBN sering d 8 atau 7 aja.
Kalo spt PTT Super Comm Rail C3 Pernah di test lab Ca nya 1900 an ppm
Ca 1900 an ppm itu sebetulnya boleh dibilang equal dgn oli ber TBN 9
Dan oli yg SAPS lebih rendah biasanya minta syarat Grade Base oil nya lebih tinggi
spt ACEA C3 syarat base oil minimal harus Grup 3 sedang B4 pake mix Gr 2 +3 boleh
C3 = MID SAPS
B4 = Full SAPS
Saya sendiri skg lagi test oli 5W30 ACEA C3 yg Ca nya gak sampe 1700 ppm tapi Grup 3 mix PAO, BBM full Biosol
nanti KM 9000 - 9500 buang mau test lab rencana
Sorento diesel mesinnya 2.2D kan? Di manual book bukanya rekomendasi pake 5w30 ya? Dengan asumsi mesin sehat HX6 kan 10w40 , otomatis FC lebih buruk. Sebelumnya apakah pernah di cek kalau ada masalah di mesin? Ato dari dulu emang FCnya seperti itu?Esgerdian wrote: Sat Jan 21, 2023 7:53 Salam suhu2 semua,
Saya baru berapa bulan ini melihara sorento diesel 2013 dan sebentar lagi jadwalnya ganti oli.
Kalo keluhannya saat ini konsumsi bbmnya boros banget di 1:5/6 dalkot padahal pake dex dan mendekati 5000km suaranya jadi kasar.
Dan yang saya tau penggantian oli sebelumnya pake kerang HX6.
Dan ke depannya mau nyobain pake biosol, kira2 penambahan BP filter perlu atau ngga ya?
Dan yang paling penting saya minta saran atau rekomendasinya untuk merbaikin angka konsumsi bbmnya terutama dari faktor olinya.
Matur nuwun..
Halo om sobatQ,sahabatq8 wrote: Sat Jan 21, 2023 8:24Sorento diesel mesinnya 2.2D kan? Di manual book bukanya rekomendasi pake 5w30 ya? Dengan asumsi mesin sehat HX6 kan 10w40 , otomatis FC lebih buruk. Sebelumnya apakah pernah di cek kalau ada masalah di mesin? Ato dari dulu emang FCnya seperti itu?Esgerdian wrote: Sat Jan 21, 2023 7:53 Salam suhu2 semua,
Saya baru berapa bulan ini melihara sorento diesel 2013 dan sebentar lagi jadwalnya ganti oli.
Kalo keluhannya saat ini konsumsi bbmnya boros banget di 1:5/6 dalkot padahal pake dex dan mendekati 5000km suaranya jadi kasar.
Dan yang saya tau penggantian oli sebelumnya pake kerang HX6.
Dan ke depannya mau nyobain pake biosol, kira2 penambahan BP filter perlu atau ngga ya?
Dan yang paling penting saya minta saran atau rekomendasinya untuk merbaikin angka konsumsi bbmnya terutama dari faktor olinya.
Matur nuwun..
Kalo ada budget boleh coba oli diesel 5w30 seperti Q8 FT8800 buat biosolar pun aman dan fuel consumption. Itu pake 10rb/1 tahun masih enak, kalo HX6 kelasnya memang 4000-5000 aja/6 bulan.
Ada logo2 spt di bawah ini gak saat kunci kontak ke ON & mesin belom start ?Esgerdian wrote:Halo om sobatQ,sahabatq8 wrote: Sat Jan 21, 2023 8:24Sorento diesel mesinnya 2.2D kan? Di manual book bukanya rekomendasi pake 5w30 ya? Dengan asumsi mesin sehat HX6 kan 10w40 , otomatis FC lebih buruk. Sebelumnya apakah pernah di cek kalau ada masalah di mesin? Ato dari dulu emang FCnya seperti itu?Esgerdian wrote: Sat Jan 21, 2023 7:53 Salam suhu2 semua,
Saya baru berapa bulan ini melihara sorento diesel 2013 dan sebentar lagi jadwalnya ganti oli.
Kalo keluhannya saat ini konsumsi bbmnya boros banget di 1:5/6 dalkot padahal pake dex dan mendekati 5000km suaranya jadi kasar.
Dan yang saya tau penggantian oli sebelumnya pake kerang HX6.
Dan ke depannya mau nyobain pake biosol, kira2 penambahan BP filter perlu atau ngga ya?
Dan yang paling penting saya minta saran atau rekomendasinya untuk merbaikin angka konsumsi bbmnya terutama dari faktor olinya.
Matur nuwun..
Kalo ada budget boleh coba oli diesel 5w30 seperti Q8 FT8800 buat biosolar pun aman dan fuel consumption. Itu pake 10rb/1 tahun masih enak, kalo HX6 kelasnya memang 4000-5000 aja/6 bulan.
Bener om yang 2.2 kalo di manual sih emang untuk olinya di 5W30 cuman km sudah di 79 rb dan bentar lagi usia mobil 1 dekade memang masih aman ya om pake 5W30?
Sama kalo kata orang karna sorento ini ada dpfnya jadi better pake yang acea c3, aman ga tuh om pake yang ft8800?
Sama sapatau di sini ada yang pake BP filter juga ngga ya saya pengen tau reviewnya untuk penggunaan biosol soalnya kalo ga salah sorento ada pre dan main filter.
Maklum saya baru ini melihara diesel
Kalo mesinnya sehat , konsumsi oli masih normal aman om. Dulu saya punya camry aja sampe 200rb km lebih masih 5w30. Setau saya kalo sorento yang di Indo DPFnya di lepas karena dulu dex kita aja belom euro 4. Tapi andai kata ada dpfnya pun , 8800 termasuk oli lowsap seperti C3 bedanya kalo 8800 itu heavy duty jadi bukan c3 tapi E9 ato E6. Nah kebetulan si 8800 itu meet dua duanya + meet E4 jg karena TBN 13 (sangat cocok buat biosolar/BBM sulfur tinggi)Esgerdian wrote: Sat Jan 21, 2023 9:17Halo om sobatQ,sahabatq8 wrote: Sat Jan 21, 2023 8:24Sorento diesel mesinnya 2.2D kan? Di manual book bukanya rekomendasi pake 5w30 ya? Dengan asumsi mesin sehat HX6 kan 10w40 , otomatis FC lebih buruk. Sebelumnya apakah pernah di cek kalau ada masalah di mesin? Ato dari dulu emang FCnya seperti itu?Esgerdian wrote: Sat Jan 21, 2023 7:53 Salam suhu2 semua,
Saya baru berapa bulan ini melihara sorento diesel 2013 dan sebentar lagi jadwalnya ganti oli.
Kalo keluhannya saat ini konsumsi bbmnya boros banget di 1:5/6 dalkot padahal pake dex dan mendekati 5000km suaranya jadi kasar.
Dan yang saya tau penggantian oli sebelumnya pake kerang HX6.
Dan ke depannya mau nyobain pake biosol, kira2 penambahan BP filter perlu atau ngga ya?
Dan yang paling penting saya minta saran atau rekomendasinya untuk merbaikin angka konsumsi bbmnya terutama dari faktor olinya.
Matur nuwun..
Kalo ada budget boleh coba oli diesel 5w30 seperti Q8 FT8800 buat biosolar pun aman dan fuel consumption. Itu pake 10rb/1 tahun masih enak, kalo HX6 kelasnya memang 4000-5000 aja/6 bulan.
Bener om yang 2.2 kalo di manual sih emang untuk olinya di 5W30 cuman km sudah di 79 rb dan bentar lagi usia mobil 1 dekade memang masih aman ya om pake 5W30?
Sama kalo kata orang karna sorento ini ada dpfnya jadi better pake yang acea c3, aman ga tuh om pake yang ft8800?
Sama sapatau di sini ada yang pake BP filter juga ngga ya saya pengen tau reviewnya untuk penggunaan biosol soalnya kalo ga salah sorento ada pre dan main filter.
Maklum saya baru ini melihara diesel![]()
Wah suhu besar juga ikut komen,Turboman wrote: Sat Jan 21, 2023 10:56Ada logo2 spt di bawah ini gak saat kunci kontak ke ON & mesin belom start ?Esgerdian wrote:Halo om sobatQ,sahabatq8 wrote: Sat Jan 21, 2023 8:24
Sorento diesel mesinnya 2.2D kan? Di manual book bukanya rekomendasi pake 5w30 ya? Dengan asumsi mesin sehat HX6 kan 10w40 , otomatis FC lebih buruk. Sebelumnya apakah pernah di cek kalau ada masalah di mesin? Ato dari dulu emang FCnya seperti itu?
Kalo ada budget boleh coba oli diesel 5w30 seperti Q8 FT8800 buat biosolar pun aman dan fuel consumption. Itu pake 10rb/1 tahun masih enak, kalo HX6 kelasnya memang 4000-5000 aja/6 bulan.
Bener om yang 2.2 kalo di manual sih emang untuk olinya di 5W30 cuman km sudah di 79 rb dan bentar lagi usia mobil 1 dekade memang masih aman ya om pake 5W30?
Sama kalo kata orang karna sorento ini ada dpfnya jadi better pake yang acea c3, aman ga tuh om pake yang ft8800?
Sama sapatau di sini ada yang pake BP filter juga ngga ya saya pengen tau reviewnya untuk penggunaan biosol soalnya kalo ga salah sorento ada pre dan main filter.
Maklum saya baru ini melihara diesel
cek juga ke downpipe sesudah turbo apakah ada tabung besar dgn pipa solar ke tabung tsb ?
kalo gak ada itu semua, aman, gak ada DPF berarti
Tinggal ke bengkel knalpot bikin downpipe nya dan lepas katalik nya
images%20-%202023-01-21T175444.140.jpgimages%20-%202023-01-21T175433.168.jpg
Ooh siap omkyu,sahabatq8 wrote: Sat Jan 21, 2023 10:59Kalo mesinnya sehat , konsumsi oli masih normal aman om. Dulu saya punya camry aja sampe 200rb km lebih masih 5w30. Setau saya kalo sorento yang di Indo DPFnya di lepas karena dulu dex kita aja belom euro 4. Tapi andai kata ada dpfnya pun , 8800 termasuk oli lowsap seperti C3 bedanya kalo 8800 itu heavy duty jadi bukan c3 tapi E9 ato E6. Nah kebetulan si 8800 itu meet dua duanya + meet E4 jg karena TBN 13 (sangat cocok buat biosolar/BBM sulfur tinggi)Esgerdian wrote: Sat Jan 21, 2023 9:17Halo om sobatQ,sahabatq8 wrote: Sat Jan 21, 2023 8:24
Sorento diesel mesinnya 2.2D kan? Di manual book bukanya rekomendasi pake 5w30 ya? Dengan asumsi mesin sehat HX6 kan 10w40 , otomatis FC lebih buruk. Sebelumnya apakah pernah di cek kalau ada masalah di mesin? Ato dari dulu emang FCnya seperti itu?
Kalo ada budget boleh coba oli diesel 5w30 seperti Q8 FT8800 buat biosolar pun aman dan fuel consumption. Itu pake 10rb/1 tahun masih enak, kalo HX6 kelasnya memang 4000-5000 aja/6 bulan.
Bener om yang 2.2 kalo di manual sih emang untuk olinya di 5W30 cuman km sudah di 79 rb dan bentar lagi usia mobil 1 dekade memang masih aman ya om pake 5W30?
Sama kalo kata orang karna sorento ini ada dpfnya jadi better pake yang acea c3, aman ga tuh om pake yang ft8800?
Sama sapatau di sini ada yang pake BP filter juga ngga ya saya pengen tau reviewnya untuk penggunaan biosol soalnya kalo ga salah sorento ada pre dan main filter.
Maklum saya baru ini melihara diesel![]()
images - 2023-01-21T175716.691.jpeg
Q8 FT 7000 lumayan worthed beli di tokped , udah di tes pake 12rb biosol masih bagus.Esgerdian wrote: Sat Jan 21, 2023 13:19Ooh siap omkyu,sahabatq8 wrote: Sat Jan 21, 2023 10:59Kalo mesinnya sehat , konsumsi oli masih normal aman om. Dulu saya punya camry aja sampe 200rb km lebih masih 5w30. Setau saya kalo sorento yang di Indo DPFnya di lepas karena dulu dex kita aja belom euro 4. Tapi andai kata ada dpfnya pun , 8800 termasuk oli lowsap seperti C3 bedanya kalo 8800 itu heavy duty jadi bukan c3 tapi E9 ato E6. Nah kebetulan si 8800 itu meet dua duanya + meet E4 jg karena TBN 13 (sangat cocok buat biosolar/BBM sulfur tinggi)Esgerdian wrote: Sat Jan 21, 2023 9:17
Halo om sobatQ,
Bener om yang 2.2 kalo di manual sih emang untuk olinya di 5W30 cuman km sudah di 79 rb dan bentar lagi usia mobil 1 dekade memang masih aman ya om pake 5W30?
Sama kalo kata orang karna sorento ini ada dpfnya jadi better pake yang acea c3, aman ga tuh om pake yang ft8800?
Sama sapatau di sini ada yang pake BP filter juga ngga ya saya pengen tau reviewnya untuk penggunaan biosol soalnya kalo ga salah sorento ada pre dan main filter.
Maklum saya baru ini melihara diesel![]()
images - 2023-01-21T175716.691.jpeg
Next nya saya cobain deh.
Sama btw kalo alternatif ekonomisnya dari 8800 tapi masih klop dengan biosol ada ngga ya?![]()
Om sejak beli dr seken, sdh ganti apa saja?Esgerdian wrote: Sat Jan 21, 2023 7:53 Salam suhu2 semua,
Saya baru berapa bulan ini melihara sorento diesel 2013 dan sebentar lagi jadwalnya ganti oli.
Kalo keluhannya saat ini konsumsi bbmnya boros banget di 1:5/6 dalkot padahal pake dex dan mendekati 5000km suaranya jadi kasar.
Dan yang saya tau penggantian oli sebelumnya pake kerang HX6.
Dan ke depannya mau nyobain pake biosol, kira2 penambahan BP filter perlu atau ngga ya?
Dan yang paling penting saya minta saran atau rekomendasinya untuk merbaikin angka konsumsi bbmnya terutama dari faktor olinya.
Matur nuwun..
Bukan suhu, cuma share pengalaman aja, baiknya buat Sorento klo mau pake biosolar tambah filter solar tambahan om. Buat masalah boros apa mungkin seal injector ada yg dah getas gak ya? Jadi ada small leak gitu.....mesti d cek injektor nya buat pastiin.Esgerdian wrote: Sat Jan 21, 2023 13:13
Dan untuk filter tambahan gini masih perlu dipake ngga om untuk lebih bagusnya dalam pemakaian biosol? Udah terlanjur beli soalnya![]()
IMG_20230108_134259.jpg
Om turbo, izin nanya pertanyaan noob....Turboman wrote: Sat Jan 21, 2023 10:59 Utk Diesel yg ribet utk purging nya
maka purging bisa pake obat yg tuang ke tangki spt di bawah
pake yg botol 4 Oz tuang ke 50 L Solar
lalu bawa masuk tol lancar 20 - 30 menit, sesekali RPM tarik ke 3200 RPM bbrp X
Screenshot_2023-01-03-12-54-30-408_com.whatsapp.jpg
Bukan om Turbo, tapi bantu jawab.Shyn16 wrote: Tue Feb 21, 2023 6:11Om turbo, izin nanya pertanyaan noob....Turboman wrote: Sat Jan 21, 2023 10:59 Utk Diesel yg ribet utk purging nya
maka purging bisa pake obat yg tuang ke tangki spt di bawah
pake yg botol 4 Oz tuang ke 50 L Solar
lalu bawa masuk tol lancar 20 - 30 menit, sesekali RPM tarik ke 3200 RPM bbrp X
Screenshot_2023-01-03-12-54-30-408_com.whatsapp.jpg![]()
Kalau ini dicampur ke dex / bp diesel bs jg g om?
Solar skrg belinya harus pake QR....
Untuk efek purging nya om...sintoni wrote: Tue Feb 21, 2023 6:25Bukan om Turbo, tapi bantu jawab.Shyn16 wrote: Tue Feb 21, 2023 6:11Om turbo, izin nanya pertanyaan noob....Turboman wrote: Sat Jan 21, 2023 10:59 Utk Diesel yg ribet utk purging nya
maka purging bisa pake obat yg tuang ke tangki spt di bawah
pake yg botol 4 Oz tuang ke 50 L Solar
lalu bawa masuk tol lancar 20 - 30 menit, sesekali RPM tarik ke 3200 RPM bbrp X
Screenshot_2023-01-03-12-54-30-408_com.whatsapp.jpg![]()
Kalau ini dicampur ke dex / bp diesel bs jg g om?
Solar skrg belinya harus pake QR....
Ya bisa aja, malah lebih bagus.
Tapi harusnya kalau sudah isi dex ga osa kasi aditif lg.
Sebelum ini selalu isi solar?Shyn16 wrote: Tue Feb 21, 2023 7:52Untuk efek purging nya om...sintoni wrote: Tue Feb 21, 2023 6:25Bukan om Turbo, tapi bantu jawab.Shyn16 wrote: Tue Feb 21, 2023 6:11
Om turbo, izin nanya pertanyaan noob....![]()
Kalau ini dicampur ke dex / bp diesel bs jg g om?
Solar skrg belinya harus pake QR....
Ya bisa aja, malah lebih bagus.
Tapi harusnya kalau sudah isi dex ga osa kasi aditif lg.
Soalnya sebelum wajib pakai QR, pernah beberapa kali full tank isi solar + aditif...
Saya blum bisa purging sendiri, tapi lihat dari produk yg dikasih om turbo, harganya cuma setengah biaya purging di bengkel diesel...![]()
Ga selalu sih om, beberapa kali lah... jpkalau dihitung sih lebih dr 3rb+ Km...sintoni wrote: Tue Feb 21, 2023 10:35Sebelum ini selalu isi solar?Shyn16 wrote: Tue Feb 21, 2023 7:52Untuk efek purging nya om...sintoni wrote: Tue Feb 21, 2023 6:25
Bukan om Turbo, tapi bantu jawab.
Ya bisa aja, malah lebih bagus.
Tapi harusnya kalau sudah isi dex ga osa kasi aditif lg.
Soalnya sebelum wajib pakai QR, pernah beberapa kali full tank isi solar + aditif...
Saya blum bisa purging sendiri, tapi lihat dari produk yg dikasih om turbo, harganya cuma setengah biaya purging di bengkel diesel...![]()
Ya bisa aja dicampur dex malah lebih bagus jg kan, biasa dex sudah ada aditif jg.
Kalau mau lebih bagus lg, tinggal purging sendiri.
Rasanya ane pernah sharing DIY di trit pajero sport.